cover
Contact Name
Muhammad Arief muttaqien
Contact Email
Jurnal.Sentri@gmail.com
Phone
+6287864420394
Journal Mail Official
Jurnal.Sentri@gmail.com
Editorial Address
LPPM Institut Pendidikan Nusanatara Global Jl. Raya Praya-Mantang KM.07 Aik Mual, Lombok Tengah - NTB 83511 e-mail: jurnal.sentri@gmail.com or sentri@nusantaraglobal.ac.id
Location
Kab. lombok tengah,
Nusa tenggara barat
INDONESIA
SENTRI: Jurnal Riset Ilmiah
ISSN : 29631130     EISSN : 29631130     DOI : https://doi.org/10.55681/sentri
SENTRI: Jurnal Riset Ilmiah accomodates original research, or theoretical papers. We invite critical and constructive inquiries into wide range of fields of study with emphasis on interdisciplinary approaches: Humanities and Social sciences, that include: Engineering Agriculture Economics Health IT Education Language Statistic Religion Tourism Humanities Social Science Law
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 31 Documents
Search results for , issue "Vol. 2 No. 2 (2023): SENTRI : Jurnal Riset Ilmiah, February 2023" : 31 Documents clear
ANALISIS TINGKAT BERPIKIR KRITIS PADA SOAL PENILAIAN AKHIR SEMESTER (PAS) MATEMATIKA KELAS VI SEKOLAH DASAR RIRIN PUJI UTAMI
SENTRI: Jurnal Riset Ilmiah Vol. 2 No. 2 (2023): SENTRI : Jurnal Riset Ilmiah, February 2023
Publisher : LPPM Institut Pendidikan Nusantara Global

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.55681/sentri.v2i2.375

Abstract

Keterampilan berpikir kritis adalah salah satu skill yang harus dikembangkan pada abad 21. Keterampilan ini termuat dalam kompetensi dasar yang dilatihkan dalam pembelajaran.. Berpikir kritis dapat diuji dalam berbagai kegiatan di sekolah, salah satunya adalah melalui kegiatan penilaian akhir semester (PAS). PAS adalah salah satu bentuk evaluasi berisi soal-soal yang dilakukan oleh sekolah untuk mengetahui seberapa besar daya serap kompetensi dasar yang telah dibelajarkan selama satu semester atau 6 bulan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tingkat berpikir kritis pada soal-soal PASĀ  Matematika kelas VI Sekolah Dasar. Sumber data yang digunakan yaitu soal-soal PAS I tahun ajaran 2022/2023 di SDN Tunge 2 Kecamatan Wates kabupaten Kediri Jawa Timur. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode analisis konten. Instrumen yang digunakan adalah menggunakan kerangka analisis. Kerangka analisis berupa indikator berpikir kritis berdasarkan Watson Gletser dan Jacob. Hasil analisis menunjukkan bahwa tingkat berpikir kritis soal-soal pas I Matematika tersebut berada pada kategori sedang dengan persentase 58%.
PENERAPAN ASSESSMENT FOR LEARNING DALAM PROJEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA (P5) TEMA GAYA HIDUP BERKELANJUTAN DI KELAS 1 SD ARIN NURUL MAKRIFAH; Titik Harsiatib; Aynin Mashfufahb
SENTRI: Jurnal Riset Ilmiah Vol. 2 No. 2 (2023): SENTRI : Jurnal Riset Ilmiah, February 2023
Publisher : LPPM Institut Pendidikan Nusantara Global

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.55681/sentri.v2i2.380

Abstract

Penerapan kurikulum merdeka pada tahun 2022 memunculkan projek penguatan profil pelajar Pancasila (P5). Projek penguatan profil pelajar Pancasila (P5) dalam kurikulum merdeka ini dikembangkan berdasarkan tema tertentu. Pelaksanaan P5 dilakukan secara fleksibel, baik muatan, waktu serta bentuk asesmennya. Salah satu tema dalam Projek penguatan profil pelajar Pancasila (P5) adalah tema gaya hidup berkelanjutan topik Cermat Memilah Sampah. Tujuan penelitian ini adalah untuk menggambarkan bagaimana penerapan assessment for learning dalam Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) tema gaya hidup berkelanjutan topik Cermat Memilah Sampah di kelas 1 SD. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif dengan teknik analisis soal LKPD. Data yang digunakan adalah hasil pengerjaan LKPD pada projek penguatan profil pelajar Pancasila (P5) tema gaya hidup berkelanjutan. Hasil analisis menunjukkan bahwa soal LKPD pada projek penguatan profil pelajar Pancasila (P5) tema gaya hidup berkelanjutan topik Cermat Memilah Sampah ini kategori sederhana karena dikerjakan oleh siswa kelas 1 UPT Satuan Pendidikan SDN Tanjungsari 1 yang berjumlah 27 siswa. Soal LKPD sebagai assessment for learning yang dilakukan selama proses pembelajaran berlangsung dan digunakan sebagai dasar untuk melakukan perbaikan proses belajar mengajar. Dengan assessment for learning guru dapat memberikan umpan balik terhadap proses belajar siswa, memantau kemajuan, dan menentukan kemajuan belajarnya.
ANALISIS PROBLEMATIKA GURU DALAM MEMBUAT AKSI NYATA PADA PLATFORM MERDEKA MENGAJAR Choerul Anwar; Ririn Puji Utami
SENTRI: Jurnal Riset Ilmiah Vol. 2 No. 2 (2023): SENTRI : Jurnal Riset Ilmiah, February 2023
Publisher : LPPM Institut Pendidikan Nusantara Global

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.55681/sentri.v2i2.385

Abstract

Platform Merdeka Mengajar adalah salah satu bagian dari program Merdeka Mengajar yang diciptakan oleh Kemendikbudristek untuk mempermudah guru dalam mengimplementasikan kurikulum merdeka. Platform ini membantu guru-guru untuk dapat mengembangkan kompetensinya secara mandiri. Pemahaman guru terhadap topik yang telah dipelajari dalam pelatihan mandiri diwujudkan dalam bentuk unggahan aksi nyata. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis problematika yang dihadapi oleh guru dalam membuat aksi nyata pada Platform Merdeka Mengajar. Penelitian ini merupakan penelitian deskiriptif kualitatif. Subjek penelitian yang dilibatkan dalam penelitian ini adalah 120 orang Guru SD yang berada di Kabupaten Blitar, Kota Blitar, dan Kabupaten Kediri. Semua guru yang terlibat dalam penelitian ini mengajar di sekolah negeri. Pengumpulan data dilakukan dengan survey dan wawancara. Analisis data dilakukan secara deskriptif. Hasil penelitian ini mengungkap bahwa Guru mengalami problematika dalam menyusun aksi nyata. Hal ini tampak dari jumlah sertifikat yang telah diperoleh dari unggah aksi nyata. Peersentase jumlah guru yang belum mendapat sertifikat adalah sebesar 66,9% atau 79 orang guru. Peringkat kedua adalah guru yang sudah mendapat satu sertifikat sebanyak 15,3% atau 18 orang. Hal ini menunjukkan terdapat problematika yang menyebabkan guru tidak berhasil menyusun aksi nyata sesuai dengan kriteria yang ditentukan dalam PMM.
MERANCANG PEMBELAJARAN DENGAN MODEL DISCOVERY LEARNING PERBANTUAN EDDPUZZLE DALAM OPTIMALISASI BERPIKIR KRITIS SISWA SD Choerul Anwar
SENTRI: Jurnal Riset Ilmiah Vol. 2 No. 2 (2023): SENTRI : Jurnal Riset Ilmiah, February 2023
Publisher : LPPM Institut Pendidikan Nusantara Global

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.55681/sentri.v2i2.386

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas model Discovery Learning perbantuan Aplikasi Edpuzzle untuk meningkatkan kemampuan berpikir siswa, Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif. Teknik yang digunakan peneliti adalah studi pustaka yang artinya peneliti melihat dan meriview artikel yang berkaitan dengan topik yang peneliti ambil. Pengumpulan data yang dilakukan peneliti adalah peneliti melakukan pengumpulan data dari berbagai sumber seperti buku, artikel jurnal yang didalamnya berkaitan dengan topik yang diambil yaitu merancang model pembelajaran Discovery Learning berbantuan Ed Puzzle dalam optimalisasi berpikir kritis siswa SD. Hasil penelitian, pada Model Discovery Learning siswa dapat menemukan sendiri konsep pembelajaran sehingga siswa dipaksa aktif dan guru berperan sebagai fasilitator saja. Untuk mengembangkan kemampuan berpikir kritis siswa dalam matematika akan berkembang setelah diberikan model pembelajaran DL ini. Simpulan, model pembelajaran menggunakan Discovery Learning dapat mengoptimalkan kemampuan berpikir kritis siswa. Model pembelajaran Discovery Learning sangat efektif untuk diimplementasikan dalam proses belajar mengajar di kelas. Siswa menjadi lebih aktif menemukan konsep, sehingga dapat meningkatkan berpikir kritis siswa.
PEMANFAATAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS GOOGLE SITES DALAM PEMBELAJARAN IPA DI SEKOLAH DASAR RIRIN PUJI UTAMI
SENTRI: Jurnal Riset Ilmiah Vol. 2 No. 2 (2023): SENTRI : Jurnal Riset Ilmiah, February 2023
Publisher : LPPM Institut Pendidikan Nusantara Global

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.55681/sentri.v2i2.400

Abstract

Kemampuan menggunakan teknologi dalam pembelajaran merupakan adalah satu skill yang harus dimiliki guru pada abad 21. Ini Teknologi dalam pembelajaran dapat diaplikasikan dalam pembuatan media pembelajaran. Media pembelajaran yang menarik dapat meningkatkan motivasi belajar siswa. Salah satu teknologi yang dapat digunakan adalah google sites. Google sites merupakan aplikasi untuk membuat web yang gratis dan memiliki banyak fitur menarik untuk dikreasikan dalam pembelajaran. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pemanfaatan media pembelajaran berbasis google sites dalam pembelajaran IPA di sekolah dasar. Pemanfaatan yang ingin diketahui di sini terkait keefektifan, motivasi siswa, dan tingkat pemahaman materi, pada kelas yang dibelajarkan dengan menggunakan media pembelajaran berbasis google sites. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Tunge 2 Kecamatan Wates Kabupaten Kediri, dengan subjek penelitian siswa kelas VI Tahun Ajaran 2022/2023. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Dari hasil penelitian, tampak bahwa implementasi media pembelajaran berbasis google sites pada pembelajaran IPA ditinjau dari keefektifan, motivasi, dan pemahaman siswa masuk dalam kategori baik (tinggi).
ANALISIS PENGENDALIAN KUALITAS PRODUK GULA MENGGUNAKAN METODE SIX SIGMA PADA PT MADU BARU Suseno Suseno; Revi Aditya Hermansyah
SENTRI: Jurnal Riset Ilmiah Vol. 2 No. 2 (2023): SENTRI : Jurnal Riset Ilmiah, February 2023
Publisher : LPPM Institut Pendidikan Nusantara Global

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.55681/sentri.v2i2.492

Abstract

Kualitas produk industri di Indonesia saat ini sedang berjuang dalam hal pengendalian kualitas produknya. Dalam kegiatan produksi yang berlangsung pasti terdapat cacat dalam produk. Untuk mengurangi masalah tersebut dalam kegiatan produksi ada beberapa hal yang perlu di perhatikan. Six Sigma (DMAIC). Six Sigma merupakan program peningkatan kualitas yang memberikan toleransi terhadap produk cacat serta mampu mengurangi kecacatan produk. Pengumpulan data ini dilakukan dengan observasi kelapangan dan wawancara dengan para pekerja dan ketua Pengumpulan data ini dilakukan dengan observasi kelapangan dan wawancara dengan para pekerja dan ketua KSU Tabek. Dari hasil penelitian didapatkan jumlah produksi yang dihasilkan selama bulan Agustus - September adalah sebesar 58.088 , dan ditemukan produk cacat sebesar 3115. Pada bagian produksi Gula PT Madu Baru PG Madukismo memiliki tingkat sigma 3.12 dengan kemungkinan kerusakan sebasar 53607 untuk sejuta produksi (DPMO).
PENGARUH KOMPRES HANGAT TERHADAP INTENSITAS NYERI PUNGGUNG PADA IBU HAMIL TRIMESTER III DI PMB D KOTA JAKARTA SELATAN TAHUN 2022 Dian Agustyani Putri; Astrid Novita; Siti Hodijah
SENTRI: Jurnal Riset Ilmiah Vol. 2 No. 2 (2023): SENTRI : Jurnal Riset Ilmiah, February 2023
Publisher : LPPM Institut Pendidikan Nusantara Global

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.55681/sentri.v2i2.504

Abstract

Efforts to relieve pain and provide comfort for mothers giving birth non-pharmacologically, one of which is using warm compresses. The purpose of this study was to determine the effect of warm compresses on reducing the intensity of back pain in third trimester pregnant women at PMB D in South Jakarta City in 2022. The research method used a pre-experimental design with a one group pretest posttest design. The number of samples is 30 respondents. The population of this study were all third trimester pregnant women with a sampling technique that was purposive sampling. Data collection techniques used questionnaires and the NRS pain scale. Data analysis used Wilxocone test and paired t test. Results of the Wilcoxone study From the results of the Wilcoxon test, it was found that the negative ranks were higher than the positive ranks, which meant that there was a decrease after being given treatment. From the statistical results obtained a Z value of -4.452 and an asymp.sig (2-tailed) value of 0.000, which means it is smaller than 0.05 so that the data is accepted which means that there is an effect between before and after applying warm compresses. Then the results of the paired t test found that the average back pain before applying warm compresses was 6.80 while the average pain after applying warm compresses was 3.83. These results indicate that there is a decrease in back pain before and after with a difference of 2.97 and a significant result of 0.000 is obtained, which is less than the significant level of 5% (p-value = 0.000 <0.05), so the conclusion is that Ha is accepted, which means that there is an effect of giving warm compresses on the intensity of back pain in third trimester pregnant women. The results of the study suggest that warm compresses can be used as an alternative non-pharmacological therapy in the management of back pain in third trimester pregnant women.
TINGKAT PENGETAHUAN IBU HAMIL TENTANG TANDA BAHAYA KEHAMILAN DI PRAKTIK BIDAN BERSAMA CITRA LESTARI 2022 Arini Kusmintarti; Rini Damayanti; Nia Chrisanta Leksono
SENTRI: Jurnal Riset Ilmiah Vol. 2 No. 2 (2023): SENTRI : Jurnal Riset Ilmiah, February 2023
Publisher : LPPM Institut Pendidikan Nusantara Global

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.55681/sentri.v2i2.505

Abstract

Tanda bahaya kehamilan adalah tanda-tanda yang dapat mengindikasikan adanya bahaya yang selama kehamilan, yang apabila tidak terdeteksi bisa menyebabkan kematian ibu dan janin, untuk itu tanda bahaya kehamilan harus diketahui oleh ibu hamil sehingga bila ibu hamil merasakan adanya tanda bahaya bisa langsung mencaripertolongan ke pelayanan kesehatan terdekat. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui tingkat pengetahuan ibu hamil tentang tanda bahaya kehamilan di Praktik Bidan Bersama Citra Lestari 2022. Variabel yang diteliti adalah, tingkat pengetahuan tentang tanda bahaya kehamilan yang meliputi tingkat pengetahuan tanda bahaya tentang preeklamsia, tanda bahaya perdarahan, tanda bahaya ketuban pecah dini, tanda bahaya hiperemesis gravidarum, dan tanda bahaya lainnya. Desain penelitian menggunakan studi deskritif. Polulasi dalam penelitian ini adalah wanita hamil di Praktik Bidan Bersama Citra Lestari 2022. Sampel pada penelitian ini berjumlah 100 wanita hamil. Pengambilan sampel dilakukan pada bulan September 2022, dengan Teknik Consecutive Sampling. Hasil penelitian menunjukan bahwa tingkat pengetahuan Ibu hamil tentang tanda bahaya kehamilan, sebagian besar yaitu 84% ibu memiliki pengetahuan baik dan 16% mempunyai pengetahuan cukup. Pengetahuan tentang tanda bahaya preeklamsia 67% ibu mempunyai pengetahuan baik, tanda bahaya perdarahan 76% berpengetahuan baik, tanda bahaya ketuban pecah dini 86% mempunyai pengetahuan baik, tanda bahaya hiperemesis 59% ibu mempunyai pengetahuan baik dan tanda bahaya lainnya 67% ibu mempunyai pengetahuan baik. Kesimpulan dari hasil penelitian ini sebagian besar ibu hamil mempunyai tingkat pengetahuan baik tentang tanda bahaya kehamilan.
PENGARUH VIDEO EDUKASI PERSIAPAN PERSALINAN TERHADAP PENURUNAN KEMATIAN IBU AKIBAT KETERLAMBATAN RUJUKAN DI PUSKESMAS CIGOMBONG Rochmawati Rochmawati; Sri Hayungingsih; Pujiati Pujiati
SENTRI: Jurnal Riset Ilmiah Vol. 2 No. 2 (2023): SENTRI : Jurnal Riset Ilmiah, February 2023
Publisher : LPPM Institut Pendidikan Nusantara Global

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.55681/sentri.v2i2.506

Abstract

Pengurangan kematian ibu sudah lama menjadi prioritas kesehatan global dan menjadi tantangan serta perhatian utama bagi kesehatan masyarakat meskipun banyak strategi yang di rancang oleh lembaga dunia untuk membatasi itu. Pelayanan obstetri memerlukan kontinuitas pelayanan serta akses terhadap pelayanan obstetri emergensi ketika timbul komplikasi. Penelitian ini bertujuan untuk dapat menjelaskan untuk mengetahui pengaruh video edukasi persiapan persalinan terhadap peningkatan pengetahuan sebagai upaya penurunan kematian ibu akibat keterlambatan rujukan di Puskesmas Cigombong. Penelitian ini menggunakan metode desain eksperimen kuasi (quasi experimental design) dengan pendekatan non equivalent control group design yaitu desain ini hampir sama dengan pre-test post-test design one group. Hasil dalam penelitian ini Pengaruh Video Edukasi Persiapan Persalinan Terhadap Penurunan Kematian Ibu Akibat Keterlambatan Rujukan Di Puskesmas Cigombong, terdapat pengaruh yang signifikan video edukasi persiapan persalinan terhadap penurunan kematian ibu akibat keterlambatan rujukan. Hal ini dapat dibuktikan dengan Hasil peneltian menunjukkan peningkatan rata-rata skor (mean) praktik responden dalam melakukan persiapan persalinan setelah diberikan penyuluhan persiapan persalinan menggunakan video, pada saat pre-test ke post-test. Hasil uji statistik menunjukkan bahwa ada perbedaan rata-rata skor (mean) praktik responden pada saat pre-test dan post-test sebesar 0,27.
HUBUNGAN PENGETAHUAN, SIKAP IBU SERTA DUKUNGAN KELUARGA TERHADAP KEBERHASILAN PEMBERIAN ASI EKSKLUSIF DI PMB SRI ISNANIYAH KELURAHAN SRENGSENG SAWAH JAKARTA SELATAN TAHUN 2022 Sri Isnaniyah; Madinah Munawaroh; Astrid Novita
SENTRI: Jurnal Riset Ilmiah Vol. 2 No. 2 (2023): SENTRI : Jurnal Riset Ilmiah, February 2023
Publisher : LPPM Institut Pendidikan Nusantara Global

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.55681/sentri.v2i2.507

Abstract

ASI merupakan sumber gizi yang sangat ideal dengan komposisi yang seimbang dan disesuaikan dengan kebutuhan pertumbuhan bayi. Berdasarkan data SDKI 2012, bayi yang menyusui eksklusif sampai 6 bulan yaitu sebesar 42 persen. Penyebab utama adalah rendahnya pengetahuan ibu dan kurangnya dukungan keluarga dalam pemberian ASI. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif analitik dengan menggunakan metode kuantitatif, karena peneliti ingin mengetahui hubungan antara pengetahuan, sikap ibu serta dukungan keluarga terhadap pemberian ASI eksklusif. Penelitian ini menggunakan desain penelitian cross sectional dimana data yang menyangkut variabel bebas dan terikat dikumpulkan dalam waktu bersamaan. sampel penelitian diambil dengan menggunakan teknik total populasi. Populasi dalam penelitian ini adalah ibu yang memiliki bayi usia 0-6 bulan. Tujuan dari analisis ini adalah untuk mendeskripsikan karakteristik masing-masing variabel yang diteliti. Analisis ini dilakukan terhadap setiap variabel dari penelitian. Pada umumnya dalam analisis hanya menghasilkan distribusi frekuensi dan persentase dari tiap variabel. Hasil penelitian menunjukkan ada hubungan antara pengetahuan, sikap ibu serta dukungan keluarga terhadap pemberian ASI eksklusif di PMB Sri isnaniyah Kelurahan Srengseng sawah Jakarta Selatan. Peneliti menyarankan perlu memberikan pendidikan kesehatan pada seluruh masyarakat, khususnya ibu yang memiliki bayi tentang manfaat ASI eksklusif, sehingga masyarakat atau ibu yang belum memberikan ASI eksklusif pada bayinya bisa bertambah pengetahuannya dan akan memberikan ASI eksklusif pada bayinya

Page 1 of 4 | Total Record : 31