cover
Contact Name
Setyo Eko Atmojo
Contact Email
setyoekoatmojo@yahoo.co.id
Phone
+6285225998365
Journal Mail Official
setyoekoatmojo@yahoo.co.id
Editorial Address
Jl PGRI 1 Sonosewu No 117 Yogyakarta
Location
Kota yogyakarta,
Daerah istimewa yogyakarta
INDONESIA
Elementary School: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran ke-SD-an
ISSN : 2338980X     EISSN : 25024264     DOI : DOI : 10.31316/esjurnal.v9i2.3231
Core Subject : Education,
Elementary School : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran ke-SD-an published scientific paper of the research result and literature review in the scope of elementary education and learning. Elementary School : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran ke-SD-an publishes scientific writings from the literature and the results of research in the scope of elementary education and learning. With the research subject of students in the I-VI Elementary School and primary teacher Education undergraduate students in Mathematics, Indonesian Language, Natural Sciences, Science Social and Civics. Each text sent will be reviewed by reviewer partners who are specifically asked for their fields.
Articles 11 Documents
Search results for , issue "Vol. 4 No. 2 (2017): ELEMENTARY SCHOOL (Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Ke-SD-an)" : 11 Documents clear
PERKEMBANGAN MOTORIK SISWA KELAS V DI SEKOLAH DASAR NEGERI 2 REJOSARI KECAMATAN BANDONGAN KABUPATEN MAGELANG Ahmad Syarif Bahtiyar Heru S
Elementary School: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran ke-SD-an Vol. 4 No. 2 (2017): ELEMENTARY SCHOOL (Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Ke-SD-an)
Publisher : Universitas PGRI Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (572.249 KB) | DOI: 10.31316/esjurnal.v4i2.170

Abstract

AbstrakPenelitian ini bertujuan untuk mengukur kemampuan motorik siswa kelas V di SD Negeri 2 Rejosari, Kecamatan Bandongan, Kabupaten Magelang. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif menggunakan metode survei dengan teknik pengambilan datanya menggunakan tes. Subyek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V di SD Negeri 2 Rejosari, Kecamatan Bandongan, Kabupaten Magelang yang berjumlah 15 responden. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif yang dituangkan dalam bentuk persentase kemampuan motorik siswa kelas V di SD Negeri 2 Rejosari, Kecamatan Bandongan, Kabupaten Magelang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan motorik siswa kelas V di SD Negeri 2 Rejosari, Kecamatan Bandongan, Kabupaten Magelang secara keseluruhan sebanyak 1 siswa (6,67%) mempunyai kemampuan motorik kurang sekali, 2 siswa (13,33%) mempunyai kemampuan motorik kurang, 9 siswa (60,00%) mempunyai kemampuan motorik sedang, 1 siswa (6,67%) mempunyai kemampuan motorik baik, dan 2 siswa (13,33%) mempunyai kemampuan motorik baik sekali. Frekuensi terbanyak pada kategori sedang, yaitu sebesar 60,00%, sehingga dapat disimpulkan bahwa kemampuan motorik siswa kelas V di SD Negeri 2 Rejosari, Kecamatan Bandongan, Kabupaten Magelang adalah sedang.Kata Kunci: perkembangan motorik dan sekolah dasar.AbstractThis research aims for measuring the motor abilities of fifth grades students of SD Negeri 2 Rejosari, Bandongan, Magelang. This research is a descriptive research using survey method which the techniques used data retrieval tests. The subject of this research is all students of SD Negeri 2 Rejosari, Bandongan, Magelang amounted to 15 respondents. Analysts engineering data using deskriptive analysis in the form of a percentage of motor abilities of fifth grade students of SD Negeri 2 Rejosari, Bandongan, Magelang. The result showed that motor abilities of fifth grades students of SD Negeri Rejosari, Bandongan, Magelang, overall, as many as 1 student (6,67%) have very less motor ability, 2 students (13, 33%) have less motor ability, 9 students (60,00%) have medium motor abilty, 1 student (6,67%) have good motor ability, and 2 students (13,33%) have very good motor abilty. The most frequent is medium category, that is equal to 60% , it concluded that motor abilties of fifth grade students of SD Negeri 2 Rejosari, Bandongan, Magelang is medium.Keywords: motor development and elementary school.
ANALISIS BUKU SISWA KELAS I SEKOLAH DASAR KURIKULUM 2013 TEMA BENDA, HEWAN, DAN LINGKUNGAN DI SEKITARKU Amaliyah Ulfah
Elementary School: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran ke-SD-an Vol. 4 No. 2 (2017): ELEMENTARY SCHOOL (Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Ke-SD-an)
Publisher : Universitas PGRI Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1130.321 KB) | DOI: 10.31316/esjurnal.v4i2.171

Abstract

AbstrakPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui jenis-jenis kesalahan dalam Buku Siswa Kelas 1 Tema Benda, Hewan, dan Tanaman di Sekitarku. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dalam bentuk deskriptif. Sedangkan metode penelitian yang digunakan yaitu content analysis atau kajian isi dokumen. Sumber data penelitian ini adalah dokumen berupa Buku Guru dan Buku Siswa kelas I SD Kurikulum 2013 dengan tema Benda, Hewan, dan Tanaman di Sekitarku terbitan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. Instrumen pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu lembar analisis buku siswa dan wawancara. Teknik analisis data meliputi 1) pencermatan buku siswa dan buku guru, 2) pengkajian kesesuaian antara buku siswa dan kriteria standar isi dan standar proses K13, 3) pengelompokan temuan-temuan dari dari hasil analisis, 4) verifikasi temuan dengan ahli, praktisi, atau guru. Hasil penelitian menunjukkan ada enam jenis kesalahan yang ditemukan dalam Buku Siswa yaitu pada aspek 1) kekurangsesuaian dengan KD, 2) penggunaan Bahasa, 3) diksi, 4) konten atau isi, 5) pendekatan pembelajaran yang digunakan, dan 6) instruksi atau petunjuk pengerjaan tugas. Dari keenam kesalahan yang ditemukan, prosentase paling banyak yaitu pada kesalahan konten sebesar 43, 75%.Kata Kunci: buku siswa, tema benda, hewan, dan tanaman di sekitarku, kurikulum 2013AbstractThe purpose of this study is to determine the types of errors in Grade 1 Books with the theme of Objects, Animals, and Plants around Me.This is a descriptive qualitative study, the method of which used document analysis. The data source of this study were Curriculum 2013 Grade I teacher books and students books, with the theme of Objects, Animals and Plants around published by the Ministry of Education and Culture of the Republic of Indonesia. Data collection instruments used in this research were the analysis sheet and interviews, while the data analysis technique include 1) analysis of students books and teacher books, 2) suitability of the students books with the criteria of Curriculum 2013 in terms of content and process standards, 3) findings classification of the analysis results, 4) verification of the findings by experts, practitioners, and teachers. The results shows there are six aspect of errors found Grade 1 textbooks, they are 1) inconsistencies with Basic Competencies, 2) spelling, 3) diction, 4) contents, 5) learning approach used, and 6) tasks instruction. Of the six of errors found, the content has the most percentage of errors that is 43, 75%.Keywords: students’ books, the theme of Objects, Animals, and Plants around Me, Curriculum 2013
PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS NARASI MELALUI TEKNIK CERITA GAMBAR BERSERI PADA SISWA KELAS III SD NEGERI GUWO 01 TAHUN PELAJARAN 2015/2016 Mei Irianti
Elementary School: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran ke-SD-an Vol. 4 No. 2 (2017): ELEMENTARY SCHOOL (Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Ke-SD-an)
Publisher : Universitas PGRI Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (636.533 KB) | DOI: 10.31316/esjurnal.v4i2.172

Abstract

AbstrakNilai Keterampilan menulis narasi berdasarkan pengalaman siswa kelas III SDN Guwo 01 masih ada yang dibawah standar ketuntasan belajar minimal dari 12 siswa ada 10 anak yang memperoleh nilai dibawah 60.Reka cerita gambar berseri akan membantu siswa lebih mudah untuk menemukan dan memancing ide dari pada hanya berbentuk judul atau kerangka karangan saja.Dengan mengamati gambar yang cukup jelas, maka anak akan mudah pula dalam menafsirkan dan mengidentifikasi gambar yang tersedia. Rancangan penelitian ini mempunyai variable yang terdiri atas rangkaian empat kegiatan yang dilakukan dalam siklus berulang. Empat kegiatan utama yang ada pada setiap siklus yaitu (a). perencanaan, (b). tindakan, (c). pengamatan, (d). Refleksi. Tes dan observasi yang dilakukan pada saat dilakukan penelitian di kelas III SD Negeri Guwo 01 Kecamatan Tlagawungu Kabupaten Pati menjadi sumber data penelitian. Sumber data penelitian ini adalah di SD Negeri 01 Guwo yang terletak di Jalan Raya Pati Gunung Rawa KM 12, desa Guwo kecamatan Tlogowungu Kabupaten Pati Propinsi Jawa Tengah. Teknik dan alat pengumpulan data dengan menggunakan teknik tes dan observasi. Validasi data dalam penelitian ini adalah menggunakan gambar seri dan hasil karangan siswa kelas III SD Negeri Guwo 01 Kecamatan Tlogowugu Kabupaten Paten Pati tahun pelajaran 2015/2016.Dari 12 siswa hanya 2 siswa yang mampu menulis dalam kategori cukup. Selebihnya 10 siswa nilainya kurang atau hanya 40%.Hasil evaluasi belajar siswa pada siklus I masih banyak yang rendah yaitu siswa yang nilainya di bawah KKM dan tingkat ketuntasan kelas baru mencapai 69% sedangkan target pencapaian adalah 75%. Pada siklus II hasil evaluasi belajar siswa mengalami kenaikan, siswa yang tuntas mencapai 12 anak dengan nilai rata – rata 79,8% dan telah mencapai 75% kelas yang ditargetkan.Dengan demikian teknik reka cerita gambar berseri telah terbukti mampu meningkatkan keterampilan menulis narasi pada siswa kelas III SDN Guwo 01 Kecamatan Tlogowungu Kabupaten Pati Tahun Pelajaran 2015/2016.Kata Kunci: Keterampilan Menulis, Narasi, dan Cerita Gambar Berseri.AbstractThe value of Narrative writing skills based on the experience of grade 3 students of SDN Guwo 01 is still below the minimum learning mastery standard of 12 students there are 10 children who score below 60. The series of series images will help students find it easier to find and provoke ideas than just shaped Title or skeleton of course. By observing the image is quite clear, then the child will also be easy in interpreting and identifying the images available. The design of this study has a variable consisting of a series of four activities performed in a recurring cycle. The four main activities that exist in each cycle are (a). Planning, (b). Action, (c). Observation, (d). Reflection. Tests and observations conducted at the time of research conducted in class III State Elementary School Guwo 01 District Tlagawungu Pati became the source of research data. The data source of this research is in SD Negeri 01 Guwo located on Jalan Raya Pati Gunung Rawa KM 12, Guwo Village Tlogowungu Subdistrict Pati Regency of Central Java Province. Techniques and data collection tools using test and observation techniques. Validation of data in this research is to use series drawing and the result of third grade students of Guwo 01 State Elementary District Tlogowugu Patent Pati Regency in 2015 / 2016. Of the 12 students only 2 students are able to write in enough category. The rest of the 10 students is less or only 40%. The result of student's learning evaluation on cycle I is still low, the students whose value is below KKM and the new grade completeness reach 69% while the target achievement is 75%. In the second cycle of student learning evaluation results have increased, students who complete reached 12 children with an average score of 79.8% and has reached 75% of the targeted class. Thus the concept of serialized image engineering has proven to improve the skills of narrative writing to students Class III SDN Guwo 01 D
PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH MELALUI PENDEKATAN SAINTIFIK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA SISWA KELAS I SD Putri Sari Yuniawati Firosalia Kristin
Elementary School: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran ke-SD-an Vol. 4 No. 2 (2017): ELEMENTARY SCHOOL (Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Ke-SD-an)
Publisher : Universitas PGRI Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (520.579 KB) | DOI: 10.31316/esjurnal.v4i2.173

Abstract

AbstrakTujuan penelitian ini adalah meningkatkan kemampuan membaca dengan menerapkan model pembelajaran Make a Match melalui pendekatan saintifik. Penelitian Tindakan Kelas merupakan jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini, terdiri dari 2 siklus dengan tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Pengumpulan data menggunakan teknik tes dan non tes, data dianalisis menggunakan teknik diskriptif. Hasil penilaian afektifpadasiklus I dan siklus II menunjukkan kenaikan rata-rata indikator teliti 11.46%, partisipasi 1.04% dan kerjasama 9.37%. Ketuntasan penilaian kognitif dari siklus I dari 24 siswa adalah 17 siswa (71%) sedangkan siklus II adalah 21 siswa (88%), kenaikan ketuntasan siklus I ke siklus II adalah 17%. Penilaian psikomotorikpada siklus I dan siklus II menunjukkan kenaikan rata-rata indikator kejelasan 4.17%, volume suara 6.25%, posisi tubuh 1.05%, jeda 8.33%, dan mendengarkan bacaan teman sekelas 6.25%. Hasil penelitian menunjukkan model pembelajaran Make a Match dapat meningkatkan kemampuan membaca dengan target 80%, dengan nilai KKM 67 telah terbukti.Kata kunci : Make a Match, Pendekatan Saintifik, Kemampuan MembacaAbstractThis research aiming to improve the reading skill of students by usingMake a Match learning model through scientific approach. Classroom Action Research is the type of research that is used,consists of 2 cycles with the stage of planning, implementation, observation and reflection. Data collection is done by using test and non test techniques, data were analyzed using descriptive technique. The results of affective assessment in cycle I and cycle II showed an average increase in indicator accurately 11.46%, 1.04% participation and cooperation 9.37%. The completeness of cognitive assessment of 24 students in cycle I was 17 students (71%) while cycle II was 21 students (88%), the increase completeness of cycle I to cycle II was 17%. Psychomotor assessment in cycle I and cycle II showed an increase of 4.17% clarity indicator average, 6.25% sound volume, body position 1.05%, pause 8.33%, and listening to class 6.25% reading. The results show that ‘Make a Match’ learning model can improve reading ability of students with 80% target, with the school standard 67 has been proven.Keywords: Make a Match, Scientific Approach, Reading Ability
ANALISIS KARAKTER NASIONALISME PADA BUKU TEKS KURIKULUM 2013 EDISI REVISI 2016 KELAS I SD Intan Kurniasari Suwandi Indah Perdana Sari
Elementary School: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran ke-SD-an Vol. 4 No. 2 (2017): ELEMENTARY SCHOOL (Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Ke-SD-an)
Publisher : Universitas PGRI Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (438.568 KB) | DOI: 10.31316/esjurnal.v4i2.174

Abstract

AbstrakPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) indikator karakter nasionalisme yang ada dalam materi pembelajaran, (2) sebaran indikator karakter nasionalisme dalam materi pembelajaran, dan (3) teknik pengintegrasian indikator karakter nasionalisme dengan materi pembelajaran pada buku teks Kurikulum 2013 (buku pegangan guru dan buku pegangan siswa). Jenis penelitian ini adalah penelitian analisis konten dengan pendekatan kualitatif yang terdiri atas empat langkah, yaitu pengadaan data, reduksi data, inferensi, dan analisis data. Sumber data penelitian adalah buku teks Kurikulum 2013 edisi revisi 2016 kelas I semester 1 yang terdiri dari empat tema, yaitu tema “Diriku”, “Kegemaranku”, “Kegiatanku”, dan “Keluargaku”. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) semua indikator karakter nasionalisme termuat dalam materi pembelajaran buku teks; (2) sebaran indikator karakter nasionalisme dalam materi pembelajaran sudah merata, kecuali indikator cinta tanah air dan bangsa serta indikator menerima kemajemukan (belum termuat di tema 3); dan (3) teknik pengintegrasian indikator karakter nasionalisme dengan materi pembelajaran dilakukan melalui (a) pengungkapan secara eksplisit dalam materi pembelajaran, (b) lagu, (c) gambar, (d) cerita, dan (e) aktifitas siswa berbasis penugasan. Sedangkan metode pengintegrasiannya menggunakan knowing the good, reasoning the good, feeling the good, dan acting the good.Kata Kunci: karakter nasionalisme, buku teks kurikulum 2013AbstractThis study aims to determine: (1) the indicators of nationalism character that already exist in the learning materials, (2) the distribution of nationalism character indicators in the learning materials, and (3) the integration techniques of nationalism character indicators with learning materials in textbook of Curriculum 2013 (teacher’s handbook and student’s handbook). The type of this research is a content analysis with qualitative approach which consist four steps, that is: data collection, data reduction, inferention, and data analysis. The research source is textbook of Curriculum 2013 revised edition 2016 class I semester 1 consisting of four themes, that is "Myself", "My Hobby", "My Activities", and "My Family". The results showed that (1) all indicators of nationalism character contained in textbook learning materials; (2) the distribution of nationalism character indicator in the learning material be spread evenly, except the indicator of love to the country and the nation and the indicator of acceptance of plurality (not yet contained in theme 3); and (3) the techniques of integration nationalism character indicator with learning material is done through (a) explicit disclosure in the subject matter, (b) song, (c) pictures, (d) stories, and (e) student activities based to assignment. And last, the integration methodes used knowing the good, reasoning the good, feeling the good, and acting the good.Keywords: nationalism character, textbook of curriculum 2013
PENGGUNAAN MEDIA KARTU DOMPER UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR PKn SISWA KELAS V SD NEGERI SUKOHARJO 01 MARGOREJO PATI Jumi’ah Jumi’ah
Elementary School: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran ke-SD-an Vol. 4 No. 2 (2017): ELEMENTARY SCHOOL (Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Ke-SD-an)
Publisher : Universitas PGRI Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (535.571 KB) | DOI: 10.31316/esjurnal.v4i2.175

Abstract

AbstrakTujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan aktivitas dan hasil belajar PKn materi Peraturan Perundang-undangan bagi siswa kelas V SD Negeri Sukoharjo 01 Semester I Tahun Pelajaran 2015/2016 melalui penggunaan Kartu Domper. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri Sukoharjo 01 pada tahun pelajaran 2015/2016 dengan subyek penelitian adalah siswa kelas V yang berjumlah 15 siswa terdiri dari 6 siswa laki-laki dan 9 siswa perempuan. Metode yang digunakan adalah metode penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus. Hasil penelitian menunjukan bahwa: Pertama, penggunaan Kartu Domper dapat meningkatkan aktivitas belajar PKN materi Peraturan Perundang-undangan bagi siswa kelas V SD Negeri Sukoharjo 01 pada semester 1 tahun pelajaran 2015/2016. Terbukti persentase jumlah siswa dalam kategori aktivitas belajar baik meningkat dari kondisi awal 53% menjadi 75% pada siklus I dan menjadi 87% pada siklus II atau pada kondisi akhir mengalami peningkatan sebesar 34% dari kondisi awal. Kedua, penggunaan Kartu Domper dapat meningkatkan hasil belajar PKN materi Peraturan Perundang-undangan bagi siswa kelas V SD Negeri Sukoharjo 01 pada semester 1 tahun pelajaran 2015/2016. Terbukti persentase ketuntasan belajar siswa meningkat dari kondisi awal 40% menjadi 53% pada siklus I dan menjadi 100% pada siklus II atau pada kondisi akhir mengalami peningkatan sebesar 60% dari kondisi awal.Kata kunci: Kartu Domper, hasil belajar, aktivitas belajar, Pendidikan Kewarganegaraan, Peraturan Perundang-undangan.AbstractThe purpose of this study is to determine the increase in activity and learning outcomes PKN Legislation regulation for students of class V SD Negeri Sukoharjo 01 Semester I Year Lesson 2015/2016 through the use of Domper Card. This research was conducted at SD Negeri Sukoharjo 01 in the academic year 2015/2016 with the subject of research is the V student of 15 students consisting of 6 male students and 9 female students. The method used is a classroom action research method consisting of two cycles. The results showed that: First, the use of Domper Card can improve the learning activity of PKN material of Legislation Regulation for the students of Grade V of SD Negeri Sukoharjo 01 in the first semester of academic year 2015/2016. It is proven that the percentage of students in the category of learning activities improved from the initial condition of 53% to 75% in cycle I and to 87% in cycle II or in the final condition increased by 34% from the initial condition. Secondly, the use of Domper Card can improve the learning outcomes of PKN material of Legislation for the students of grade V of SD Negeri Sukoharjo 01 in the first semester of the academic year 2015/2016. Evidently the percentage of students' learning mastery increased from the initial condition of 40% to 53% in cycle I and to 100% in cycle II or in the final condition increased by 60% from the initial conditions.Keywords: Domper Card, Learning Outcomes, Learning Activities, Citizenship Education, Legislation.
ANALISIS MUATAN NILAI-NILAI NASIONALISME PADA BUKU TEKS KTSP PKn KELAS 3 SD Yusinta Dwi Ariyani An-nisa Apriani
Elementary School: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran ke-SD-an Vol. 4 No. 2 (2017): ELEMENTARY SCHOOL (Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Ke-SD-an)
Publisher : Universitas PGRI Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (548.526 KB) | DOI: 10.31316/esjurnal.v4i2.176

Abstract

AbstrakPenelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan nilai-nilai nasionalisme pada buku teks KTSP mata pelajaran PKn kelas 3 SD dan untuk menganalisis komponen-komponen muatan nilainasionalisme dalam buku teks KTSP mata pelajaran PKn kelas 3 SD. Penelitian ini merupakan penelitian analisis konten dengan pendekatan kualitatif melalui empat tahap, yaitu pengadaan data, reduksi data, inferensi dan analisis data. Sumber data penelitian ini adalah buku teks KTSP mata pelajaran PKn kelas 3 SD yang terdiri dari empat Bab yaitu Bab 1 “Makna Sumpah Pemuda”, Bab 2 “Aturan Masyarakat”, Bab 3 “Pentingnya Harga diri”, Bab 4 “Bangga Sebagai Bangsa Indonesia”. Unit analisis adalah nilai-nilai nasionalisme yang terkandung dalam buku teks. Hasil penelitian yaitu: (1) buku teks KTSP mata pelajaran PKn kelas 3 SD tidak semua materi mengandung muatan nilai-nilai nasionalisme, ada 1 materi yang tidak mengandung nilai-nilai nasionalisme. (2) pada buku teks KTSP mata pelajaran PKn kelas 3 SD semester 1 nilai-nilai nasionalisme yang lebih dominan terletak pada indikator persatuan dan kesatuan dan yang paling sedikit terletak pada indikator bangga sebagai bangsa Indonesia. Untuk semester 2 nilai-nilai nasionalisme yang lebih dominan terletak pada indikator persatuan dan kesatuan sedangkan untuk indikator nilai peduli sosial tidak terdapat pada materi di semester 2.Kata kunci: nilai-nilai nasionalisme, buku teks KTSP, PKn.AbstractThis research aims to describe the values of nationalism and to analyze the components of nasionalism content in the civics education textbook with Educational Unit Level Curriculum of third grade elementary school. This research is a research of content analysis with qualitative approach through four stages, such as data procurement, data reduction, inference and data analysis. The source of this research data is civics education textbook with Educational Unit Level Curriculum of third grade elementary school consisted of four chapters, include Chapter 1 "The Meaning of Youth Pledge", Chapter 2 "Rules of Society", Chapter 3 "The Importance of Self-Esteem", Chapter 4 "Proud As The Nation of Indonesia ". The unit of analysis of this research is the values of nationalism contained in the textbooks. The results of this research are: (1) Not all the civics education textbook with Educational Unit Level Curriculum of third grade elementary school contains the content of values of nationalism. There is one material that does not contain the values of nationalism. (2) In the civics education textbook with Educational Unit Level Curriculum of first semester of third grade elementary school, values of nationalism more dominant in indicator of unity and least dominant on proud indicator as Indonesian nation. At the second semester, the values of nationalism more dominant in the indicator of unity, whereas the indicators of social care value is not contained in the material of second semesterKeywords : values of nationalism, textbook with Educational Unit Level Curriculum, civics education
PENINGKATAN KINERJA GURU DALAM MENERAPKAN MANAJEMEN PEMBELAJARAN MELALUI SUPERVISI KLINIS Jumarudin Jumarudin
Elementary School: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran ke-SD-an Vol. 4 No. 2 (2017): ELEMENTARY SCHOOL (Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Ke-SD-an)
Publisher : Universitas PGRI Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (379.842 KB) | DOI: 10.31316/esjurnal.v4i2.177

Abstract

AbstrakTujuan penelitian ini adalah: (1) mengetahui pelaksanaan supervisi klinis sebagai upaya peningkatan kinerja guru dalam menerapkan manajemen pembelajaran pada SD Baturetno Kabupaten Bantul Tahun Pelajaran 2016/2017, dan (2) meningkatkan kinerja guru dalam menerapkan manajemen pembelajaran melalui pelaksanaan supervisi klinis pada SD Baturetno Kabupaten Bantul Tahun Pelajaran 2016/2017. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Sekolah yang dilakukan di SD Baturetno Kabupaten Bantul Tahun Pelajaran 2016/2017. Subjek dalam penelitian ini adalah guru kelas II dan kelas III yang berjumlah sebanyak 4 orang. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan supervisi akademik dilakukan dalam 3 tahap, yaitu konferensi pra observasi, tahap observasi, dan tahap konferensi pasca observasi. Pada siklus I, ketuntasan yang diperoleh adalah sebesar 50% dengan nilai rata-rata sebesar 74,4. Pada siklus I, nilai terendah adalah 65,6 dan nilai tertinggi 82,4. Hal ini belum sesuai dengan yang diharapkan karena hasil yang diharapkan sekurang-kurangnya ketuntasan yang diharapkan > 80%, dengan nilai guru > 75. Pada siklus II, ketuntasan yang diperoleh adalah sebesar 100% dengan nilai rata-rata sebesar 81,8. Nilai terendah 76,8 dan nilai tertinggi 90,4. Hal ini sudah sesuai dengan yang diharapkan karena hasil yang diharapkan seudah mencapai ketuntasan yang diharapkan > 80%, dengan nilai guru > 75.Kata Kunci: supervisi klinis, kinerja guru, manajemen pembelajaranAbstractThe objectives of this research are: (1) to know the implementation of clinical supervision as an effort to improve teacher performance in applying learning management at Baturetno Elementary School of Bantul Regency in Lesson Year 2016/2017, and (2) to improve teacher's performance in applying learning management through the implementation of clinical supervision on SD Baturetno Regency of Bantul Lesson 2016/2017. This research is a School Action Research conducted at SD Baturetno Bantul Regency Lesson Year 2016/2017. Subjects in this study were second and third grade teachers who numbered as many as 4 people. Data collection method used is observation. Data analysis techniques using descriptive analysis. The results showed that the implementation of academic supervision conducted in 3 stages, namely pre-observation conference, observation stage, and post-observation conference stage. In cycle I, the obtained mastery is 50% with an average value of 74.4. In cycle I, the lowest score was 65.6 and the highest score was 82.4. This is not as expected because the expected result is at least the expected mastery > 80%, with the teacher value > 75. In cycle II, the obtained completeness is 100% with an average value of 81.8. The lowest score is 76.8 and the highest score is 90.4. This is in accordance with the expected because the expected results seudah achieve the expected completeness > 80%, with the value of teachers > 75.Keywords: clinical supervision, teacher performance, learning management
EFEKTIVITAS TEKNIK PEMBELAJARAN SQ3R (SURVEY, QUESTION, READ, RECITE, REVIEW) PADA MATAKULIAH PENULISAN KARYA ILMIAH DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN LITERASI MAHASISWA Taufik Muhtarom
Elementary School: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran ke-SD-an Vol. 4 No. 2 (2017): ELEMENTARY SCHOOL (Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Ke-SD-an)
Publisher : Universitas PGRI Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (511.263 KB) | DOI: 10.31316/esjurnal.v4i2.178

Abstract

AbstrakTujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat keefektifan dari teknik pembelajaran model SQ3R (survey, question, read, recite and review) dalam meningkatkan keterampilan literasi mahasiswa PGSD FKIP UPY. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan jenis penelitian quasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa PGSD FKIP UPY Angakatan 2014 dengan sampel sebanyak 75 mahasiswa. Penelitian ini adalah quasi eksperimen untuk membandingkan keefektifan model pembelajaraan SQ3R (search, question, read, recite and review) dan metode konvensional dalam pembelajaran mata kuliah penulisan karya ilmiah. Adapun teknik pengambilan sampel dengan teknik random sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan tes essay untuk mengukur keterampilan literasi/ menulis. Untuk mengetahui validitas soal digunakan rumus korelasi product moment, sementara untuk reliabilitas soal menggunakan rumus Cronbach Alpha, uji prasyarat normalitas menggunakan Kolmogorov Smirnov Z dan homogenitas prestasi belajar menggunakan Levene. Teknik analisis data hasil belajar dan karakter digunakan independent sample t-test, sedangkan pada taraf signifikansi 0,05. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa terdapat perbedaan secara signifikan terhadap penilaian keterampilan literasi mahasiswa pada mata kuliah penulisan karya ilmiah mahasiswa antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Dibuktikan dari hasil analisis independent sample t-test diperoleh thitung > ttabel (2,343 > 2,000). Dari perbandingan tersebut dapat disimpulkan bahwa kenaikan skor penilaian keterampilan literasi mata kuliah penulisan karya ilmiah kelas eksperimen lebih tinggi dari pada kelas kontrol. Dengan kata lain bahwa penggunaan model pembelajaran SQ3R lebih efektif dibandingkan dengan tipe konvensional.Kata kunci: SQ3R, keterampilan literasiAbstractThe purpose of this research is to know the effectiveness level of SQ3R model learning technique (survey, question, read, recite and review) in improving student literacy skill of PGSD FKIP UPY. The method used in this study is quantitative with the type of quasi experimental research. Population in this research is student of PGSD FKIP UPY Angakatan 2014 with sample counted 75 student. This study is a quasi experiment to compare the effectiveness of SQ3R learning model (search, question, read, recite and review) and conventional methods in learning subjects of writing scientific papers. The technique of sampling with random sampling technique. The data collection was done by essay test to measure literacy / writing skill. To know the validity of the problem used the product moment correlation formula, while for the reliability of the problem using the formula Cronbach Alpha, test the prerequisite normality using Kolmogorov Smirnov Z and homogeneity of learning achievement using Levene. Techniques of data analysis of learning outcomes and characters used independent sample t-test, while at a significance level of 0.05. The results of this study conclude that there are significant differences in the students 'literacy skill assessment in the students' scientific writing course between the experimental class and the control class. Evidenced from the analysis of independent sample t-test obtained t count> ttable (2.343> 2,000). From the comparison, it can be concluded that the increase of score of literacy skill assessment in the writing of experimental class is higher than the control class. In other words, the use of the SQ3R learning model is more effective than the conventional type.Keywords: SQ3R, literacy skills
PENGEMBANGAN MEDIA KORAN MELALUI FLIPBOOK BERUPA E-BOOK PADA MATERI IPA Henry Januar Saputra Qoriati Musafanah
Elementary School: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran ke-SD-an Vol. 4 No. 2 (2017): ELEMENTARY SCHOOL (Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Ke-SD-an)
Publisher : Universitas PGRI Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (459.523 KB) | DOI: 10.31316/esjurnal.v4i2.179

Abstract

AbstrakTujuan pengembangan Media Koran Melalui Flipbook Menghasilkan bentuk media koran melalui flipbook materi IPA. Pembuatan media koran dengan bantuan software flipbook merupakan salah satu inovasi media. Metode yang digunakan dalam penelitian tersebut adalah research and development (penelitian dan pengembangan) sebagaimana dikemukakan Borg dan Gall. Dengan adanya media koran dalam bentuk flipbook membantu guru dan siswa dalam memahami materi pembelajaran. Bentuk dari flipbook tersebut berupa e-book yang dapat di gunakan melalui komputer ataupun ponsel android. Pengguaan Media koran melalui flipbook dapat meningkatkan pemahaman siswa, serta dapat menarik siswa dalam mengkomunikasikan suatu materi pembelajaran. Hal tersebut terbukti dalam implementasi penggunaan media koran tersebut mendapat respon positif dari siswa. Hasil respon siswa yang dapat dilihat melalui angket yang telah dibagikan setelah pembelajaran menggunakan media koran tersebut yang di tayangkan oleh guru melalui komputer dan ponsel android mendapatkan hasil 97,62% mendapatkan respon positif yang menjawab ya, sedangkan sisanya 2,38 menjawab tidak.Kata kunci : Media koran, flipbook,respon siswaAbstractThe purpose of this development of Newspapers Through Flipbook Produce the form of newspaper media through flipbook IPA material. The making of newspaper media with the help of flipbook software is one of media innovation. The method used in the research is research and development (research and development) as proposed by Borg and Gall. With the media in the form of flipbook newspaper helps teachers and students in understanding learning materials. The shape of the flipbook is an e-book that can be used through a computer or android phone. Utilization Newspaper media through the flipbook can improve students' understanding, and can attract students in communicating a learning material. This is evident in the implementation of the use of newspaper media received a positive response from students. Results of student responses that can be viewed through a questionnaire that has been distributed after learning using the newspaper media that is broadcast by the teacher through computers and android phone get 97.62% get a positive response that answered yes, while the remaining 2.38 answered no.Keywords: Newspaper media, flipbook, student response

Page 1 of 2 | Total Record : 11


Filter by Year

2017 2017


Filter By Issues
All Issue Vol. 10 No. 1 (2023): ELEMENTARY SCHOOL (Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Ke-SD-an) Vol. 9 No. 2 (2022): ELEMENTARY SCHOOL (Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Ke-SD-an) Vol. 9 No. 1 (2022): ELEMENTARY SCHOOL (Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Ke-SD-an) Vol. 8 No. 2 (2021): ELEMENTARY SCHOOL (Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Ke-SD-an) Vol. 8 No. 1 (2021): ELEMENTARY SCHOOL (Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Ke-SD-an) Vol. 7 No. 2 (2020): ELEMENTARY SCHOOL (Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Ke-SD-an) Vol. 7 No. 1 (2020): ELEMENTARY SCHOOL (Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Ke-SD-an) Special Issue Desember 2020 ELEMENTARY SCHOOL (Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Ke-SD-an) Vol. 6 No. 2 (2019): ELEMENTARY SCHOOL (Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Ke-SD-an) Vol. 6 No. 1 (2019): ELEMENTARY SCHOOL (Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Ke-SD-an) Vol. 5 No. 2 (2018): ELEMENTARY SCHOOL (Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Ke-SD-an) Vol. 5 No. 1 (2018): ELEMENTARY SCHOOL (Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Ke-SD-an) Vol. 4 No. 2 (2017): ELEMENTARY SCHOOL (Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Ke-SD-an) Vol. 4 No. 1 (2017): ELEMENTARY SCHOOL (Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Ke-SD-an) Vol. 3 No. 2 (2016): ELEMENTARY SCHOOL (Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Ke-SD-an) Vol. 3 No. 1 (2016): Elementary School (Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Ke-SD-an) Vol. 2 No. 2 (2015): Elementary School: (Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran ke-SD-an) Vol. 2 No. 1 (2015): Elementary School: (Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran ke-SD-an) Vol. 1 No. 2 (2014): Elementary School: (Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran ke-SD-an) Vol. 1 No. 1 (2014): Elementary School: (Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran ke-SD-an) More Issue