cover
Contact Name
Mohammad Fajar
Contact Email
jtriste@kharisma.ac.id
Phone
+62411-871555
Journal Mail Official
jtriste@kharisma.ac.id
Editorial Address
Kampus STMIK KHARISMA Makassar Jl. Baji Ateka No.20 Makassar, 90131, INDONESIA
Location
Kota makassar,
Sulawesi selatan
INDONESIA
Journal of Technology Research in Information System and Engineering
ISSN : 23553677     EISSN : 24608548     DOI : https://doi.org/10.55645/jtriste.v9i1
Core Subject : Science,
JTRISTE e-ISSN : 2460-8548 | p-ISSN : 2355-3677 merupakan jurnal yang bertujuan untuk mendiseminasi hasil-hasil penelitian atau pemikiran dalam bidang sistem informasi, ilmu komputer/informatika, rekayasa perangkat lunak, teknologi informasi, dan sistem komputer.
Articles 11 Documents
Search results for , issue "Vol 9 No 2 (2022): JTRISTE" : 11 Documents clear
ANALISIS KUALITAS WEBSITE MIND AND SOUL MENGGUNAKAN METODE WEBQUAL 4.0 Farel Chrisber KawiIarang; Mohammad Fajar; Syamsul Bahri
JTRISTE Vol 9 No 2 (2022): JTRISTE
Publisher : STMIK KHARISMA Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.55645/jtriste.v9i2.373

Abstract

Mind and SouI merupakan pIatform digitaI berbasis website yang menyediakan Iayanan kepada masyarakat untuk menyeIesaikan masaIah gangguan mentaI seperti depresi, kecemasan, kecanduan, dan stress. Agar senantiasa sesuai dengan kebutuhan penggunanya maka diperIukan anaIisis dan pengembangan secara terus menerus. PeneIitian ini bertujuan untuk menginvestigasi pengaruh kegunaan, kuaIitas informasi, kuaIitas interaksi Iayanan terhadap kepuasan peIanggan website mind and souI. PengumpuIan data menggunakan kuesioner dengan totaI responden 43 orang dan diuji secara statistik menggunakan SPSS 26. Kuesioner yang digunakan daIam peneIitian ini berbasis pada metode WebQuaI 4.0 untuk mengukur kepuasan peIanggan dengan tiga variabeI utama. Hasil evaluasi menunjukkan bahwa variabeI kegunaan, kuaIitas informasi, dan kuaIitas interaksi Iayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan peIanggan. Selain itu didapatkan pula bahwa variabeI kegunaan, kuaIitas informasi, dan kuaIitas interaksi Iayanan memiIiki kontribusi sebesar 55,8% terhadap kepuasan peIanggan.
ANALISIS USABILITY FITUR RATING PADA APLIKASI LADDER MENGGUNAKAN METODE SYSTEM USABILITY SCALE Muhammad Rivydho Assidiq; Arianti; Syamsul Bahri
JTRISTE Vol 9 No 2 (2022): JTRISTE
Publisher : STMIK KHARISMA Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.55645/jtriste.v9i2.374

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kepuasan pengguna dalam menggunakan fitur rating pada aplikasi Ladder. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode System Usability Scale (SUS). System Usability Scale (SUS) merupakan kuesioner yang dapat digunakan untuk mengukur usability sistem komputer menurut sudut pandang subyektif pengguna. Jumlah responden yang didapatkan sebanyak 25 responden. Untuk hasil perhitungan skor SUS, setiap pertanyaan bernomor ganjil, skala jawaban responden akan dikurangi dengan nilai 1. Dan setiap pertanyaan bernomor genap akan dihitung dengan nilai 5 dikurangi skala jawaban responden. Kemudian, untuk mendapatkan skor SUS maka skala jawaban per responden dijumlahkan dan jumlah tersebut dikalikan dengan angka 2,5. Selanjutnya total skor SUS dibagi dengan jumlah responden untuk mendapatkan nilai rata-rata skor SUS. Hasil yang didapatkan menggunakan metode SUS sebesar 82,5, dengan kategori dari Acceptable Ranges yaitu Acceptable, Grade Scale yaitu B dan Adjective Rating yaitu Good yang artinya sistem dapat diterima dan digunakan dengan mudah oleh pengguna.
PENERAPAN METODE WHITEHAT SEO ON PAGE PADA WEBSITE WORKERS GUNA MENINGKATKAN TRAFIK WEBSITE Christuaji Nirbawono Atmojo; Abdul Munir; Hasniati
JTRISTE Vol 9 No 2 (2022): JTRISTE
Publisher : STMIK KHARISMA Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.55645/jtriste.v9i2.375

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah agar website terindeks pada mesin pencarian dan mendapatkan lalu lintas pengunjung. Workers adalah website penyedia lowongan pekerjaan yang penggunanya dapat memilih pekerjaan sesuai dengan preferensi mereka. Dalam perilisannya terdapat masalah yang dialami pengelola website Workers yakni tidak terindeksnya website pada mesin pencarian google yang mengakibatkan tidak adanya trafik pengunjung pada website. Masalah ini didasarkan pada data yang dikumpulkan secara kuantitatif melalui tools online seperti Google Analytics dan Google Search Console. Maka digunakan teknik SEO untuk mengatasi masalah tersebut. Dari hasil pengamatan dalam penelitian yang dilakukan, visitor organic website workers meningkat secara signifikan yang awalnhya hanya 17 pencarian organic search pada saat awal sebelum diterapkannya whitehat SEO dapat meningkat hingga 84 orang dari hasil penggunaan SEO whitehat selama 3 bulan yang penggunanya berupa pencarian dari organic search. Meskipun begitu peringkat website pada search engine Google belum optimal karena dipengaruhi tingkat persaingan yang tinggi pada kata kunci yang diterapkan.
ANALISIS KEPUASAN PENGGUNA TERHADAP KUALITAS WEBSITE GEPO MENGGUNAKAN METODE WEBQUAL 4.0 Fitri Puspitasari; Ahyar Muawwal; Afifah
JTRISTE Vol 9 No 2 (2022): JTRISTE
Publisher : STMIK KHARISMA Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.55645/jtriste.v9i2.376

Abstract

Gepo adalah website belanja online berbagai macam makanan. Website Gepo ini bertujuan untuk membantu masyarakat membeli berbagai macam makanan dan minuman yang diinginkan secara mudah dan cepat dengan harga terjangkau karena memiliki banyak promo. Gepo singkatan dari Get Promo. Penelitian ini menggunakan metode webqual 4.0 yang bertujuan untuk mengukur kepuasan pengguna pada kualitas website. Variabel webqual 4.0 terdiri dari kualitas kegunaan, kualitas informasi, dan kualitas interaksi layanan. Berdasarkan data yang telah dianalisis berupa kuesioner dengan total responden yang telah mengisi kuesioner yaitu 75 orang dan sampelnya berjumlah 50 orang. Penelitian ini menganalisis datanya dengan uji regresi linear berganda, dan hasilnya adalah kualitas kegunaan tidak berpengaruh positif terhadap kepuasan pengguna sedangkan kualitas interaksi layanan dan kualitas informasi berpengaruh positif terhadap kepuasan pengguna. Oleh karena itu, peneliti perlu lebih memperindah tampilan website yang disajikan agar pengguna nyaman menggunakan website Gepo. Penelitian ini berfokus kepada kepuasan pengguna dalam kualitas website Gepo dan hal yang perlu ditingkatkan dalam website Gepo. Kesimpulan akhirnya yaitu website Gepo masuk dalam kategori baik.
PERANCANGAN ULANG USER INTERFACE DAN USER EXPERIENCE PADA APLIKASI LADDER MENGGUNAKAN METODE DESIGN THINKING Muhammad Taufiqul Hidayat; Baizul Zaman; Syamsul Bahri
JTRISTE Vol 9 No 2 (2022): JTRISTE
Publisher : STMIK KHARISMA Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.55645/jtriste.v9i2.377

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui apakah metode Design Thinking dapat digunakan untuk merancang ulang User Interface dan User Experience yang lebih baik untuk aplikasi Ladder sehingga bisa memenuhi kebutuhan pengguna. Penelitian ini dimulai dengan studi literatur, dan survei desain awal. Setelah selesai melakukan survei desain awal, selanjutnya tahapan penelitian dilanjutkan dengan rancangan ulang menggunakan metode Design Thinking yang dimulai dari tahap Empathize, Define, Ideate, Prototype, dan Test. Hasil skor usability yang diperoleh sebelum perancangan ulang yaitu 78 untuk skor Maze.co dan skor SUS mencapai 45,9 yang masuk kategori F. Dan hasil yang diperoleh setelah perancangan ulang dengan menggunakan metode Design Thinking diperoleh skor Maze.co sebesar 94 dan skor SUS mencapai 80,1. Sehingga dapat disimpulkan bahwa perancangan ulang aplikasi menggunakan metode Design Thinking dengan pengujian menggunakan Maze.co dan System Usability Scale dapat menghasilkan rancangan User Interface dan User Experience yang sesuai dengan kebutuhan pengguna.
ANALISIS KEPUASAN PENGGUNA TERHADAP KUALITAS WEBSITE SHOPEE PADA KALANGAN REMAJA MAKASSAR MENGGUNAKAN METODE WEBQUAL 4.0 Charlos Velix Gunawan; Arfan Yunus; Sudirman
JTRISTE Vol 9 No 2 (2022): JTRISTE
Publisher : STMIK KHARISMA Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.55645/jtriste.v9i2.379

Abstract

Shopee merupakan sebuah platform berbasis aplikasi dan website yang menyediakan layanan untuk penjualan dan pembelian berbagai macam produk secara online. Dengan adanya berbagai e-commerce di Indonesia dapat memudahkan penggunanya dalam melakukan pembayaran karena sudah memiliki berbagai macam pembayaran, mulai dari cash hingga cashless. Penelitian ini memiliki tujuan untuk menganalisis pengaruh antara variabel bebas di dalam metode webqual yaitu usability quality, information quality, dan interaction quality terhadap variabel terikat user satisfaction baik secara parsial maupun simultan. Hasil perhitungan yang diperoleh yaitu terdapat pengaruh positif dan signifikan antara variabel kualitas kegunaan (X1) terhadap kepuasan pengguna (Y) website shopee.co.id. Sedangkan variabel kualitas informasi (X2), dan kualitas interaksi (X3) tidak memiliki pengaruh terhadap kepuasan pengguna (Y) website shopee.co.id secara parsial. Terdapatnya pengaruh positif dan signifikan antara variabel kualitas kegunaan (X1), kualitas informasi (X2), dan dan kualitas interaksi (X3) terhadap kepuasan pengguna (Y) secara simultan bersama-sama.
EVALUASI USABILITY PADA WEBSITE IOTHOME MENGGUNAKAN SYSTEM USABILITY SCALE Doddy Aprianto; Abdul Munir; Hendra Surasa
JTRISTE Vol 9 No 2 (2022): JTRISTE
Publisher : STMIK KHARISMA Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.55645/jtriste.v9i2.380

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengevaluasi usability pada website IoTHome menggunakan metode System Usability Scale untuk mengetahui sejauh mana tingkat kemudahan pengguna dalam menggunakan website IoTHome. System Usability Scale merupakan alat pengukuran yang dapat digunakan untuk mengukur tingkat usability pada sebuah sistem. Penelitian ini menggunakan kuesioner sebagai media pengumpulan data, kuesioner akan disebarkan sebanyak 10 pertanyaan dengan menggunakan google form. Penulis berharap dengan adanya penelitian ini bisa dijadikan acuan perbaikan dan pengembangan website IoTHome. Hasil penelitian yang dilakukan menggunakan SUS didapatkan nilai rata-rata Usability pada website IoTHome dengan skor 73,75 yang menunjukkan bahwa website IoTHome pada fitur pembelian produk dalam kategori GOOD.
ANALISIS USABILITY PADA WEBSITE AYOMULAI MENGGUNAKAN METODE SYSTEM USABILITY SCALE Chelsea Nadia Kurniawan; Baizul Zaman; Syamsul Bahri
JTRISTE Vol 9 No 2 (2022): JTRISTE
Publisher : STMIK KHARISMA Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.55645/jtriste.v9i2.381

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis usability website Ayomulai dengan menggunakan metode SUS. Usability adalah tingkat kualitas dari sistem yang mudah dipelajari, mudah digunakan dan mendorong pengguna untuk menggunakan sistem sebagai alat bantu positif dalam menyelesaikan tugas. Dalam penelitian ini melibatkan 20 responden yang terdiri dari pengusaha, karyawan, mahasiswa dan lainnya dengan 10 pertanyaan berdasarkan metode SUS. Hasil pengujian usability diperoleh nilai sebesar 61,6 dengan kategori dari acceptability range yaitu marginal low, grade scale yaitu D, dan adjective ratings yaitu good. Hal ini menunjukkan bahwa website Ayomulai masih perlu untuk dikembangkan agar bisa lebih optimal dari sebelumnya.
ANALISIS KEPUASAN PENGGUNA PADA KUALITAS WEBSITE DIGITAL INVITATION17 MENGGUNAKAN METODE WEBQUAL 4.0 Bambang Ardi Muliyanto.m; Marlina; Renny
JTRISTE Vol 9 No 2 (2022): JTRISTE
Publisher : STMIK KHARISMA Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.55645/jtriste.v9i2.383

Abstract

Digital Invitation merupakan aplikasi pemesanan undangan online berbasis website tetapi pengguna dan kualitas aplikasi masih minim. Dengan di bentuknya website digital invitation dapat membantu pengguna dalam mengenal aplikasi berbasis website lebih baik. Website digital invitation menyediakan informasi berupa desain undangan, pemesanan undangan dan pusat bantuan. Namun, dikarenakan aplikasi berbasis website digital invitation ini masih dalam kategori baru dalam masyarakat kota Makassar sehingga perlu dilakukan penelitian untuk menganalisa kepuasan pengguna mengenai website yang telah disajikan dengan metode Webqual 4.0 yang dapat digunakan untuk mengukur kepuasan pengguna yaitu kualitas kegunaan, kualitas informasi, kualitas interaksi layanan serta kepuasan pengguna. Berdasarkan hasil pengumpulan data menggunakan kuisioner dengan total responden 30 dan pengujian data uji validitas dan uji reabilitas. Berdasarkan uji validitas dan uji reabilitas semua data tersebut telah dihitung dalam perbandingan yang sesuai dengan ketentuan dan rumus validitas. Sehingga jika ditarik Analisa deskriptif berdasarkan uji validitas dapat dinyatakan kuisioner/data dari penelitian dinyatakan VALID sehingga untuk selanjutnya perlu dilakukan lagi tahap uji reliabilitas, Setelah dilakukan uji reliabilitas maka dapat dinyatakan seluruh data kuisioner dinyatakan reliabel dengan hasil yang didapatkan, jumlah varian sebanyak 14,3 dan varian total : 72,59885057 dan cronchbach’s alpha : 0,84763737 yang mana berdasarkan ketentuan pada nilai acuan yaitu 0,80, Setelah melakukan uji validitas dan uji reliabilitas maka selanjutnya mengukur indikator dengan skala liker 5 poin didapatkan nilai rata-rata pada masing-masing indikator dengan total nilai UQ 3,71 atau setuju, IQ 3,65 cukup setuju, SQ 3,87 setuju, Y 3,74 sama dengan setuju.
Laboratorium Virtual “Gerak Dan Gaya” Tiga Dimensi Menggunakan High Poly Supriadi Syam; Abdillah SAS
JTRISTE Vol 9 No 2 (2022): JTRISTE
Publisher : STMIK KHARISMA Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

This study aims, (1)To design a virtual laboratory "Motion and Style" in science subjects class VIII junior high school based on 3D (2) To implement the virtual laboratory "Motion and Style" in science subjects class VIII junior high school based on 3D (3)To apply the high poly technique on the virtual laboratory "Motion and Style" in science subjects class VIII junior high school. In designing this application, the development of the system used is UML (Unified Modeling Language). While in making applications, the software used in this researce the author uses software, Unity 2020, Visual Studio Code, 3D Studio Max, Autodesk Maya, using high poly techniques. The result of this research is a learning media that can make it easier for students to understand the material presented in learning and can create learning that is not boring, and is able to increase learning motivation in students.

Page 1 of 2 | Total Record : 11