cover
Contact Name
Nurul Zahriani Jf
Contact Email
abdicendekiazia@gmail.com
Phone
+6282363776686
Journal Mail Official
abdicendekiazia@gmail.com
Editorial Address
Jalan Pendidikan Pasar XII Gang Sayang, Dusun II, Desa Bandar Setia, Kecamatan Percut Sei Tuan, Kabupaten Deli Serdang, Provinsi Sumatera Utara 20371
Location
Kab. deli serdang,
Sumatera utara
INDONESIA
Abdi Cendekia: Jurnal Pengabdian Masyarakat
Published by Yayasan Zia Salsabila
ISSN : 29638968     EISSN : 29627923     DOI : -
Abdi Cendekia: Jurnal Pengabdian Masyarakat is a regular scientific journal published by by the Zia Salsabila Foundation, Education and Research Sector since 2022. Abdi Cendekia: Jurnal Pengabdian Masyarakat, published four times a year in March, July, and November. Use Mendeley as a citation manager and use Plagiarism Checker & Turnitin as a filter for plagiarism. The focus and scope of Abdi Cendekia: Jurnal Pengabdian Masyarakat are on various problems in the field of education and Islamic studies, both as material objects and as formal objects. We invite scientists, academics, researchers, practitioners, and observers in various scientific fields (multidisciplinary) to publish the results of their service written in the format of their research (according to the template) in our journal, which focuses on articles including: 1. Real Job Lecture 2. Community Service 3. Practice Field Experience
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol 1 No 3 (2022): Desember" : 5 Documents clear
Pandangan Generasi Milenial Terhadap Agama dan Moral (Kajian Pengabdian Cendekiawan Muda Terhadap Masyarakat Umum) Muhammad; Abu Sahrin; Sari Akmar Dalimunthe
Abdi Cendekia : Jurnal Pengabdian Masyarakat Vol 1 No 3 (2022): Desember
Publisher : Yayasan Zia Salsabila

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.61253/abdicendekia.v1i3.77

Abstract

Tulisan ini bertujuan untuk menganalisa pandangan generasi milenial terhadap agama dan moral. Kajian pengabdian ini ditujukan terhadap para cendekiawan muda dalam menunjukkan perannya bagi masyarakat umum. Hal ini didasarkan pada seiring kecanggihan teknologi yang hadir di tengah masyarakat, terutama kaum milenial. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi deskriptif analitis. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, baik melihat fenomena secara langsung dan juga dari berbagai buku, disimpulkan bahwa generasi milenial adalah generasi yang melek akan teknologi dan tidak lepas dari gadget, mulai dari anak-anak hingga orang tua mereka tidak lepas dari handphone. Maka dari itu, perlu memberikan pemahaman kepada generasi milenial bahwa dengan kemajuan teknologi hendaklah manusia mengunakan kemajuan teknologi tersebut sebaik mungkin, bukan hanya sekadar sebagai sarana hiburan atau menjalin hubungan persaudaraan. Lebih lanjut, dapat juga digunakan sebagai tempat belajar dan menambah wawasan baik segi mengenai agama dan moral.
Peran Ibu dalam Menjaga Ketahanan Pangan Keluarga Annida Azhari Ritonga; Novia Rahmadani; Rizki Ramadhani; Windi Melisa
Abdi Cendekia : Jurnal Pengabdian Masyarakat Vol 1 No 3 (2022): Desember
Publisher : Yayasan Zia Salsabila

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.61253/abdicendekia.v1i3.78

Abstract

Permasalahan yang dihadapi dalam rumah tangga ataupun keluarga kerap kali mengalami persoalan-persoalan di mana sistem ketahanan pangan menjadi suatu masalah. Terjadinya kerawanan pangan, disebabkan oleh tidak tercapainya target ketersediaan pangan. Hal ini menjadi paradoks bagi kalangan masyarakat khususnya rumah tangga ataupun keluarga. Maka pembangunan ketahanan pangan yaitu mencapai ketahanan dalam bidang pangan dalam kondisi terpenuhinya pangan bagi setiap individu/rumah tangga dari produksi pangan nasional, yang tercermin dari tersedianya pangan yang cukup, jumlah dan mutu, aman, merata dan terjamin. Untuk itu, hakikat konsep ketahanan pangan di dalam sebuah keluarga merupakan kegigihan dari seorang Ibu yang harus mewujudkan kesejahteraan dalam keluarga. Kajian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar peran Ibu sebagai figur yang mampu mengontrol perekonomian keluarga. Adapun metodologi yang digunakan demi melengkapi kajian dari artikel ini dengan cara menganalisis dan menyimpulkan data-data dari beberapa sumber yang terpercaya.
Urgensi Menumbuhkan Kesadaran Generasi Muda Untuk Berperilaku Anti Koruptif Berlandaskan Pendidikan Anti Korupsi Wahyu Azhari; Erina Damayanti; Alifia Bilqish; Suci Amalia
Abdi Cendekia : Jurnal Pengabdian Masyarakat Vol 1 No 3 (2022): Desember
Publisher : Yayasan Zia Salsabila

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.61253/abdicendekia.v1i3.79

Abstract

Peristiwa korupsi di Indonesia sepertinya tidak ada habisnya, mulai dari pemerintah pusat sampai kepada kalangan masyarakat, karenanya perlu ditanamkan kesadaran pada generasi muda agar tidak terjerumus pada perbuatan yang hina tersebut. Tulisan ini bertujuan agar urgensi pendidikan anti korupsi bisa melekat pada diri generasi muda. Penelitian ini menggunakan metode studi kepustakaan dengan cara pengumpulan data dari menganalisis sumber-sumber dari buku, artikel, dan sejenisnya. Dari penelitian ini dapat ditemukan bahwa (1) Upaya Pemerintah dalam pengembangan sikap dan perilaku anti korupsi pada generasi muda; (2) Fenomena yang ditemui di lapangan menunjukan bahwa pembelajaran tentang korupsi yang dilaksanakan dalam mata pelajaran PKn hanya berfokus pada aspek pengetahuan saja.
Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar dan Membaca Al-Quran pada Anak di Desa Lae Nuaha M. Izhar Ar-Rasyid Manik
Abdi Cendekia : Jurnal Pengabdian Masyarakat Vol 1 No 3 (2022): Desember
Publisher : Yayasan Zia Salsabila

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.61253/abdicendekia.v1i3.80

Abstract

Bimbingan belajar berperan penting dalam rangka meningkatkan motivasi belajar anak terutama bimbingan pembelajaran ini dilakukan di luar persekolahan, maka dampaknya pun sangat besar pada pendidikan anak terutama di Desa Lae Nuaha. Dengan kegiatan non-formal diharapkan dapat menambah minat dan ketertarikan para anak dalam mengikuti pembelajaran dengan semangat. Terutama masalah yang ada di Desa Lae Nuaha ini adalah kurangnya motivasi atau perhatiannya terhadap pengetahuan tentang ilmu keagamaan terlebih pada membaca al-Quran. Oleh karena itu, tentu banyak permasalahan yang dijumpai di dalam penelitian ini. Adapun judul penelitian ini adalah Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar dan Membaca Al-Quran di Desa Lae Nuaha. Tujuan penelitian ini mengidentifikasi serta mendapatkan informasi berapa pentingnya bimbingan belajar dalam upaya meningkatkan motivasi belajar dan membaca al-Quran. Penelitian ini dilakukan dengan deskriptif kualitatif, yaitu analisis data yang menekankan pada makna, penalaran, dan definisi situasi tertentu. Adapun alat pengumpulan data ialah metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Dengan metode yang digunakan ialah observasi dengan mengamati langsung selama proses bimbingan pembelajaran berlangsung. Adapun hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa semua peserta yang ikut dalam bimbingan pembelajaran ialah mengikuti kegiatan dengan antusias dan memperoleh hasil belajar yang terus meningkat.
Metode ODOA (One Day One Ayat) dalam Meningkatkan Kemampuan pada Siswa Kelas IX-2 SMPN 11 Medan Muhammad Rayyan Berliansyah
Abdi Cendekia : Jurnal Pengabdian Masyarakat Vol 1 No 3 (2022): Desember
Publisher : Yayasan Zia Salsabila

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.61253/abdicendekia.v1i3.81

Abstract

Pendidikan memegang peranan penting dalam kehidupan manusia. Pendidikan tidak dapat berkembang dengan baik tanpa kehadiran manusia. Penerapan pendidikan anak harus dimulai sejak dini dengan pendidikan agama, khususnya yang positif. Karena itulah cara untuk memperoleh kekuatan agama. Tugas orang tua, guru dan masyarakat adalah agar kepemimpinan agama, termasuk pendidikan Al-Qur'an, tetap utuh, artinya pendidikan agama tidak boleh hilang. Untuk menjaga kemurnian Al-Qur'an, kami berusaha untuk menghafalnya selain membaca dan memahaminya. Adapun kegiatan yang direncanakan untuk dilakukan, penerapan metode ODOA (One Day, One Ayat) untuk meningkatkan kemampuan siswa. Hafalkan Al-Qur'an dan nilai hafalan terhadap kegiatan Al-Qur'an di SMPN 11 Kelas IX-2 Medan.

Page 1 of 1 | Total Record : 5