cover
Contact Name
Rizki Fakhrowan
Contact Email
rizki.fakhrowan@feb.unmul.ac.id
Phone
+6281347230406
Journal Mail Official
jimm.feb@gmail.com
Editorial Address
Jl.Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur Indonesia
Location
Kota samarinda,
Kalimantan timur
INDONESIA
Jurnal Ilmu Manajemen Mulawarman (JIMM)
Published by Universitas Mulawarman
ISSN : -     EISSN : 27153789     DOI : http://dx.doi.org/10.30872/jimm.v1i1
Core Subject : Economy,
Publikasi artikel hasil penelitian bidang Ilmu Manajemen Terbit 4 kali dalam 1 tahun Diterbitkan oleh Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unmul
Articles 89 Documents
Search results for , issue "Vol 3, No 1 (2018)" : 89 Documents clear
Pengaruh kualitas pelayanan dan nilai pelanggan terhadap kepuasaan konsumen Intan Ratna Sari; Tetra Hidayati; Asnawati Asnawati
Jurnal Ilmu Manajemen Mulawarman (JIMM) Vol 3, No 1 (2018)
Publisher : Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Mulawarman

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29264/jimm.v0i0.1010

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui besarnya pengaruh kualitas pelayanan dan nilai pelanggan terhadap kepuasan konsumen. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 60 responden yaitu berasal dari semua konsumen yang pernah berkunjung pada Rumah Makan Tepian Pandan. Metode yang digunakan adalah probability sampling dan non-probability sampling. Uji Hipotesis yang digunakan dalam penelitian ini adalah Regresi Linier Berganda menggunakan SPSS versi 22. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : Kualitas Pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kepuasan Konsumen dibuktikan dengan output dimana nilai thitung > ttabel (3,614 > 2,002) dengan nilai signifikan 0,001 < 0,05. Nilai Pelanggan berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kepuasan Konsumen dengan output dimana nilai thitung > ttabel (2,171 > 2,002) dengan nilai signifikan 0,034 < 0,05. Kualitas pelayanan dan nilai pelanggan secara bersama-sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen. Hasil ini dibuktikan dengan output dimana nilai Fhitung sebesar 11,427 dengan tingkat signifikansi sebesar 0,000. Karena nilai Fhitung yang dihasilkan lebih besar dari pada Ftabel (3,16) dan nilai signifikansi yang dihasilkan tersebut lebih kecil dari 0,05.
Analisa perencanaan suksesi kepemimpinanan
Jurnal Ilmu Manajemen Mulawarman (JIMM) Vol 3, No 1 (2018)
Publisher : Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Mulawarman

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29264/jimm.v3i1.1146

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perencanaan suksesi kepemimpinan, bagaimana transfer pengetahuan dan nilai-nilai kepemimpinan pada CV. Tiga Bintang Buana Paser. Perencanaan suksesi kepemimpinan dan transfer pengetahuan nilai-nilai kepemimpinan diukur dengan menggunakan teori Dubrin dalam Irawanto (2008). Pada penelitian ini pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif, dengan jenis penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis dengan kualitatif deskriptif. Hasil penelitian menunjukan bahwa Perencanaan suksesi kepemimpinan yang dilakukan oleh CV. Tiga Bintang Buana Paser melibatkan anak dari Bapak Budi Heriadi, yaitu Wynda Adystya. Hal yang dilakukan oleh CV. Tiga Bintang Buana Paser dalam mempersiapkan suksesi kepemimpinan adalah dengan mengenalkan calon suksesor kepada perusahaan sendiri serta jaringan-jaringan yang terlibat dalam perusahaan seperti karyawan serta rekan kerja baik di dalam perusahaan maupun di luar perusahaan. Proses persiapan tersebut diawali dengan terlibatnya Wynda di dalam perusahaan. Sedangkan Penerapan dan transfer nilai-nilai kepemimpinan pada CV. Tiga Bintang Buana Paser dari pemimpin perusahaan kepada calon suksesor sudah tepat. Karena pemimpin perusahaan menerapkan atau memberikan nilai-nilai kepemimpinan kepada anaknya untuk melanjutkan perusahaan. Pemimpin perusahaan menerapkan nilai percaya diri, nilai rendah hati, nilai kejujuran, nilai ketegasan, emosi stabil, antusiasme, rasa humor, hangat, dan tahan frustasi. Karena hal ini merupakan nilai-nilai penting dalam menjalankan suatu bisnis perusahaan keluarga.
Pengaruh brand image dan perceived quality
Jurnal Ilmu Manajemen Mulawarman (JIMM) Vol 3, No 1 (2018)
Publisher : Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Mulawarman

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29264/jimm.v0i0.1116

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh brand image terhadap keputusan pembelian pengguna smartphone Samsung pada mahasiswa S1 Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Mulawarman Samarinda, (2) pengaruh perceived quality terhadap keputusan pembelian pengguna smartphone Samsung pada mahasiswa S1 Fakultas Ekonomika dan Universitas Bisnis Mulawarman Samarinda, dan (3) pengaruh brand image, dan persepsi kualitas keputusan pembelian pengguna smartphone Samsung pada mahasiswa S1 Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Mulawarman Samarinda. Penelitian ini merupakan penelitian survey. Populasi penelitian adalah siswa yang menggunakan produk smartphone Samsung. Sampling Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah purposive sampling dengan 112 responden. Data tersebut dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner yang validitas dan reliabilitasnya telah diuji. Teknik analisis data penelitian ini adalah regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) citra merek berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian dengan nilai signifikansi t-test lebih kecil dari tingkat signifikansi yang ditentukan; (2) persepsi kualitas berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian dengan nilai uji t signifikan lebih kecil dari tingkat signifikansi yang ditentukan (3) citra merek dan persepsi kualitas berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian dengan nilai uji f signifikan lebih kecil dari tingkat signifikansi yang ditentukan.
Pengaruh IHSG, SBI, KURS, PDB dan inflasi terhadap kinerja reksadana pendapatan tetap
Jurnal Ilmu Manajemen Mulawarman (JIMM) Vol 3, No 1 (2018)
Publisher : Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Mulawarman

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29264/jimm.v0i0.1055

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh Indeks Harga Saham Gabungan, tingkat suku bunga Sertifikat Bank Indonesia, Kurs, Produk Domestik Bruto, dan Inflasi secara parsial terhadap Kinerja Reksadana Pendapatan Tetap. Hasil dalam penelitian ini menunjukkan bahwa secara parsial dengan menggunakan uji t dapat diketahui variabel indeks harga saham gabungan berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap kinerja reksadana pendapatan tetap. Variabel sertifikat Bank Indonesia berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja reksadana pendapatan tetap. Variabel kurs berpengaruh negatif dan signifikan terhadap kinerja reksadana pendapatan tetap. Variabel produk domestik bruto berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja reksadana pendapatan tetap. Variabel inflasi berpengaruh negatif dan signifikan terhadap kinerja reksadana pendapatan tetap.
Analisis perencanaan agregat
Jurnal Ilmu Manajemen Mulawarman (JIMM) Vol 3, No 1 (2018)
Publisher : Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Mulawarman

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29264/jimm.v3i1.1161

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi pelaksanaan agregat pada CV. Sima Gemilang di kota Bontang dengan menggunakan metode table. Penelitian ini mengunakan data produksi CV. Sima Gemilang tahun 2015. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan wawancara dan penelitian kepustakaan. Analisis yang digunakan adalah dengan menggunakan analisis kuantitatif dengan menerapkan satu strategi agregat yaitu metode tabel. Hasil penelitian ini dengan menggunakan metode table menunjukan bahwa dari ketiga strategi alternative perencanaan agregat yang menghasilkan biaya yang paling minimal adalah strategi tingkat persediaan yaitu sebesar Rp. 786.720.000 yang artinya strategi tersebut menghemat biaya sebesar Rp. 331.175.200 dari biaya sebesar Rp. 1.117.895.200 yang direncanakan perusahaan.
Analisis kualitas website dan kepercayaan terhadap kepuasan konsumen dan loyalitas konsumen online shop
Jurnal Ilmu Manajemen Mulawarman (JIMM) Vol 3, No 1 (2018)
Publisher : Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Mulawarman

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29264/jimm.v0i0.1018

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menilai Pengaruh Pengaruh Pengaruh Kualitas Website dan Kepercayaan Terhadap Kepuasan Konsumen Loyalitas Konsumen (Studi Kasus Travel Agent Online Traveloka). Penelitian ini merupakan kausalitas yang menganalisis pengaruh langsung beberapa variabel independen terhadap variabel dependen dengan menggunakan analisis regresi linier berganda. Variabel yang digunakan adalah Variabel Kualitas Website dan Kepercayaan Terhadap Kepuasan Konsumen Loyalitas Konsumen. Hasil dari 46 responden karyawan Universitas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mulawarman menunjukkan bahwa kualitas website variabel langsung tidak berpengaruh signifikan terhadap Kepuasan Konsumen namun kepercayaan berpengaruh signifikan terhadap Kepuasan Konsumen. Kepuasan Situs Web, Kepercayaan, dan Kepuasan Konsumen berpengaruh signifikan terhadap Loyalitas Konsumen
Pengaruh kepemimpinan transformational dan integritas perilaku, terhadap kepercayaan kepada pimpinan dalam peningkatan kinerja SDM
Jurnal Ilmu Manajemen Mulawarman (JIMM) Vol 3, No 1 (2018)
Publisher : Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Mulawarman

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29264/jimm.v0i0.977

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Kepemimpinan Transformational, Integrtitas Perilaku, dan Kepercayaan Terhadap Pimpinan Dalam Peningkatan Kinerja SDM di PT LG Elektronics Indonesia Cabang Samarinda. Variabel independen dalam penelitian ini adlah Kepemimpinan Transformational dan Integritas Perilaku, sedangkan variable dependen dalam penellitian ini adalah Kepercayaan terhadap pimpinan dan Kinerja. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pegawai pada PT LG Elektronics Indonesia Cabang Samarinda. Jenis penelitian adalah penelitian populasi dengan pendekatan kuantitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner untuk mengamati Pengaruh Kepemimpinan Transformational, Integrtitas Perilaku, dan Kepercayaan Terhadap Pimpinan Dalam Peningkatan Kinerja SDM secara simultan dan parsial. Alat analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan Partial Least Square (PLS). Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa: 1) Kepemimpinan Transformational berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja SDM, 2) Kepemimpinan Transformational berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kepercayaan, 3) Kepecayaan bawahan terhadap atasan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja SDM, 4) Integritas Perilaku berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap kinerja SDM, 5) Integritas Perilaku berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepercayaan bawahan terhadap pimpinan.
Pengaruh kualitas pelayanan terhadap word of mouth dengan kepuasan pelanggan sebagai variabel intervening
Jurnal Ilmu Manajemen Mulawarman (JIMM) Vol 3, No 1 (2018)
Publisher : Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Mulawarman

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29264/jimm.v3i1.1134

Abstract

Penetilian bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas layanan dan Word Of Mouth dengan kepuasan pelanggan sebagai Variabel Intervening (Studi Pada Pengunjung Timezone Plaza Samarinda) independen terhadap Variabel dalam penelitian ini adalah kualitas layanan dan variabel dependen adalah Word Of Mouth sedangkan Intervening Variable adalah kepuasan pelanggan. Penelitian dilakukan dengan mengambil sampel sebanyak 60 Responden dengan menggunakan metode Purposive Sampling dan penyebaran kuesioner. Analisis teknis dalam penelitian ini menggunakan analisis Path. Berdasarkan hasil perhitungan bantuan oleh Perangkat Lunak PLS. diperoleh hasil bahwa kualitas layanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan sehingga satu hipotesis diterima. Kualitas layanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap word of mouth sehingga hipotesis kedua diterima, kepuasan pelanggan berpengaruh positif dan signifikan terhadap word of mouth sehingga hipotesis ketiga diterima, dan kualitas layanan terhadap word of mouth dengan kepuasan pelanggan sebagai variabel intervening. Implikasi dari penelitian ini adalah kualitas layanan pelanggan harus ditingkatkan sehingga dapat menciptakan kepuasan dan rekomendasi pelanggan dari mulut ke mulut
Pengaruh Kecerdasan Emosional dan Kepemimpinan Transformasional Terhadap Kinerja Perawat Rumah Sakit Dirgahayu Samarinda
Jurnal Ilmu Manajemen Mulawarman (JIMM) Vol 3, No 1 (2018)
Publisher : Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Mulawarman

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29264/jimm.v0i0.1094

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) pengaruh kecerdasan emosional terhadap kinerja perawat Rumah Sakit Dirgahayu Samarinda (2) pengaruh kepemimpinan transformasional terhadap kinerja perawat Rumah Sakit Dirgahayu Samarinda Pengumpulan data penelitian menggunakan purposive sampling. Sampel penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu sebanyak 60 responden dengan kriteria perawat yang sudah bekerja minimal 2 tahun pada Rumah Sakit Dirgahayu Samarinda. Penelitian ini menggunakan analisis regresi linier berganda dengan SPSS sebagai alat hitungnya. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) terdapat pengaruh positif dan signifikan antara kecerdasan emosional terhadap kinerja perawat (2) terdapat pengaruh positif dan signifikan antara kepemimpinan transformasional terhadap kinerja perawat.
Pengaruh knowledge management terhadap kinerja karyawan bagian teknisi
Jurnal Ilmu Manajemen Mulawarman (JIMM) Vol 3, No 1 (2018)
Publisher : Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Mulawarman

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29264/jimm.v3i1.1204

Abstract

The purpose of this study was to investigate the Effect of Knowledge Management which consists of Personal Knowledge, Job Procedure, and Technology on the Employee Performance of technicians at Media Nusantara Citra SKY VISION Samarinda. The tool that used for this analysis was multiple linear regressions. Based on the results of multiple linear regressions analysis implied the Knowledge Management variable that consists of Personal Knowledge, Job Procedure, and Technology had a positive effect and significant on the Employee Performance. Based on calculation on correlation of coefficient had indicated the value of 0.615 or 61.50% at the level of coefficient interval from 0.60 to 0.799, then Personal Knowledge, Job Procedure, and Technology have strong relationships on the Employee Performance. The value on determination of coefficient was 0.378 or 37.8%. This implied that independent variables such as Personal Knowledge, Job Procedure, and echnology in this study affect the employee performance amounted 37.8%. While the remaining 62.2% influenced by other variables that were not examined.