cover
Contact Name
Firdaus Annas
Contact Email
firdaus@uinbukittinggi.ac.id
Phone
+6285278566869
Journal Mail Official
educative.uinbukittinggi@gmail.com
Editorial Address
Data Center Building - Kampus II Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Bukittinggi. Jln Gurun Aua Kubang Putih Kecamatan Banuhampu Kabupaten Agam Sumatera Barat Telp. 0752 33136 Fax 0752 22871
Location
Kab. agam,
Sumatera barat
INDONESIA
Jurnal Educative: Journal of Educational Studies
ISSN : 25494120     EISSN : 25494139     DOI : https://www.doi.org/10.30983/educative
Core Subject : Education,
Jurnal Educative: Journal of Educational Studies (ISSN 2549-4120 and e-ISSN 2549-4139) is a peer-reviewed academic journal published biannually by the Faculty of Tarbiyah and Teaching Training, State Islamic Institute (IAIN) of Bukittinggi. The journal is the transformation of the Analysis Journal published by School Islamic Institute (STAIN) of Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi which had been published periodically from 2007 to 2015. Jurnal Educative: Journal of Educational Studies presents research and development in the field of education, with special reference to curriculum and learning, management, technology, sociology, anthropology, psychology, language, and Islamic education. The journal invites articles that have never been published elsewhere. Please see Author Guidelines for information regarding the process of publication in the journal. The language used in this journal are Indonesian and English. The review process in this journal employs a double-blind review, which means that both the reviewer and author identities are concealed from the reviewers, and vice versa.
Articles 8 Documents
Search results for , issue "Vol 2, No 1 (2017): Juni 2017" : 8 Documents clear
Pengaruh Gaya Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah terhadap Keberhasilan Pelaksanaan MBS pada Pesantren-Pesantren di Kabupaten Agam Junaidi Junaidi
Jurnal Educative: Journal of Educational Studies Vol 2, No 1 (2017): Juni 2017
Publisher : Universitas Islam Negeri Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (465.124 KB) | DOI: 10.30983/educative.v2i1.317

Abstract

Keberhasilan pelaksanaan Manajemen Berbasis Sekolah tidak terlepas dari kepemimpinan Kepala sekolah yang berkualitas. Salah satu model kepemimpinan Kepala sekolah yang sesuai dengan program MBS adalah gaya kepemimpinan transformasional. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kepemimpinan transformasional kepala sekolah terhadap keberhasilan pelaksanaan Manajemen Berbasis Sekolah pada pesantren di Kabupaten Agam. Adapun rumusan masalah penelitian ini adalah apakah terdapat pengaruh kepemimpinan transformasional kepala sekolah terhadap keberhasilan pelaksanaan Manajemen Berbasis Sekolah pada pesantren di Kabupaten Agam? Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah seluruh guru pesantren Kabupaten Agam berjumlah 896 orang. Sampel dipilih dengan teknik Area sampling dan Simple random sampling, sebanyak 413 orang guru. Data dikumpulkan melalui angket model skala Likert dengan validitas dan reliabilitasnya sudah diuji. Analisis data menggunakan teknik korelasi dan regresi dengan bantuan program SPSS versi 15. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa Kepemimpinan transformasional kepala madrasah berpengaruh terhadap pelaksanaan Manajemen Berbasis Sekolah pada pesantren di Kabupaten Agam.
Tauhid: Dasar Perumusan Epistemologi Pendidikan Masa Depan Wedra Aprison
Jurnal Educative: Journal of Educational Studies Vol 2, No 1 (2017): Juni 2017
Publisher : Universitas Islam Negeri Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (299.72 KB) | DOI: 10.30983/educative.v2i1.322

Abstract

Pendidikan Islam berada di tengah ideologi-ideologi dunia Barat yang bermacam-macam. Capra mengatakan bahwa ideologi Barat sudah berada di tepi kehancuran. Dalam kondisi yang demikian, diperlukan alternatif-alternatif ideologi untuk membangun pendidikan masa depan. Kajian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan filosofis. Apa sesungguhnya nilai dasar ajaran Islam, Tauhid adalah jawabannya. Tauhid adalah ideologi Pendidikan Masa depan. Tauhid harus diaktualisasikan: pusat keimanan Islam memang Tuhan, tetapi ujung aktualisasinya adalah manusia. Lalu bagaimana cara mengaktualkan nilai-nilai dasar Islam. Setidaknya ada dua cara: pertama nilia-nilai normatif Islam diaktualkan langsung menjadi perilaku. Cara kedua adalah mentrasformasikan nilai-nilai normatif itu menjadi teori ilmu sebelum diaktualisasikan ke dalam perilaku. Agaknya cara yang kedua ini lebih relevan pada saat ini, jika ingin melakukan restorasi terhadap masyarakat Islam dalam konteks masyarakat industri, suatu restorasi yang membutuhkan pendekatan yang lebih menyeluruh daripada sekedar pendekatan legal. Metode untuk transformasi nilai melalui teori ilmu untuk kemudian diaktualisasikan dalam praksis, memang membutuhkan beberapa fase formulasi: teologi-filsafat sosial-teori sosial- dan perubahan sosial Kata kunci : Tauhid, Epistemologi, dan Ideologi pendidikan
Students’ Aattitudes Toward Using Instagram in Teaching Writing Fitri Handayani
Jurnal Educative: Journal of Educational Studies Vol 2, No 1 (2017): Juni 2017
Publisher : Universitas Islam Negeri Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (357.026 KB) | DOI: 10.30983/educative.v2i1.318

Abstract

This study aims to investigate students’ attitudes towards the use of Instagram in teaching writing. This study was descriptive research which was carried out at English Department UMMY Solok. The population of the research was first grade students of English Department UMMY Solok who took Writing I subject. The total number of 8 students enrolled at the closed group feature of Instagram, in which only group members can interact each other. To get the data of the research, the researcher used questionnaire and interviewed. The research design included a 5 point Likert-type questionnaire which were strongly agree (SA), Agree (A), Undecided (U), Disagree (D), and strongly Disagree (SD). It was used to investigate students’ attitudes toward the use of Instagram in teaching writing. For the interview, the researcher prepared semi-structured interviews. It was done to five students who had randomly selected. The finding of the research showed that students had a very positive attitude towards the use of Instagram as an teaching writing activity in the classroom. Keywords: Instagram, Writing, Teaching Writing
Hubungan Pemanfaatan Internet dalam Pembelajaran dengan Hasil Belajar Siswa Yelmi Yunarti
Jurnal Educative: Journal of Educational Studies Vol 2, No 1 (2017): Juni 2017
Publisher : Universitas Islam Negeri Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (352.575 KB) | DOI: 10.30983/educative.v2i1.339

Abstract

The purpose of this study was to determine a significant positive relationship between internet utilization and student learning outcomes in SMA Negeri 1 OKU. This research is quantitative research using correlation method. The sample in this research is 216 students. Data collection in this research is using questionnaire. Data analysis using Pearson Product Moment formula. Based on the results of research elements of internet utilization in learning in SMA Negeri 1 OKU get good value is in terms of internet as a medium. While the weakest is the use of e-learning for learning. The result of the value of the correlation coefficient is 0.769. The correlation coefficient of 0.569 is included in the strong category. This shows a strong relationship of variable X (the use of Internet in Learning) with variable Y (learning outcomes) in students of SMA Negeri 1 OKU.
Pendidikan Multikultural Untuk Memperkuat Kohesifitas Persatuan dan Kesatuan Bangsa Charles Charles
Jurnal Educative: Journal of Educational Studies Vol 2, No 1 (2017): Juni 2017
Publisher : Universitas Islam Negeri Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (710.203 KB) | DOI: 10.30983/educative.v2i1.319

Abstract

Bangsa Indonesia adalah bangsa yang sangat kuat sikap respeknya terhadap perbedaan. Bangsa Indonesia dengan Bhineka Tunggal Ikanya tidak berangan-angan untuk melahirkan satu kesatuan uniformity, tapi kesatuan dalam keragaman yakni unity in diversity disiniliah pentingnya Pendidikan Multikultural sebagai suatu pendekatan yang progresif untuk melakukan transformasi pendidikan yang secara menyeluruh membongkar kekurangan, kegagalan dan praktek-praktek diskriminasi dalam pendidikan oleh sebab itu pendidikan multikultural merupakan proses penanaman cara hidup menghormati, tulus dan toleran terhadap keragaman kebudayaan yang hidup di tengah-tengah masyarakat plural. Kata Kunci : Pendidikan Multikultural, persatuan, kesatuan bangsa.
Kontribusi Iklim Komunikasi Terhadap Kinerja Guru Sekolah Dasar di Kecamatan Ampek Angkek Kabupaten Agam Wage Ummami
Jurnal Educative: Journal of Educational Studies Vol 2, No 1 (2017): Juni 2017
Publisher : Universitas Islam Negeri Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (439.648 KB) | DOI: 10.30983/educative.v2i1.320

Abstract

Abstrak Abstrak memuat uraian singkat mengenai masalah dan tujuan penelitian, metode yang digunakan dan hasil penelitian. Tekanan penulisan abstrak terutama pada hasil dan analisis penelitian. Abstrak ditulis dalam dua bahasa; bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris, hanya saja abstrak bahasa Inggris disajikan terlebih dahulu dengan format miring atau Italic. Jumlah kata berkisar antara 150-200 kata. Pengetikan abstrak dilakukan dengan spasi 1 atau tunggal front 10 jenis huruf Garamond dengan margin yang lebih sempit dari margin kanan dan kiri teks utama. Kata kunci perlu dicantumkan untuk menggambarkan ranah masalah yang diteliti dan istilah-istilah pokok yang mendasari pelaksanaan penelitian. Kata-kata kunci dapat berupa kata tunggal atau gabungan kata. Jumlah kata-kata kunci 3-5 kata. Kata-kata kunci ini diperlukan untuk komputerisasi. pencarian judul penelitian dan abstraknya dipermudah dengan kata-kata kunci tersebut. Kata Kunci: isi, format, artikel.
An Analysis of Students’ Problem in Writing Recount Text Mezia Kemala Sari
Jurnal Educative: Journal of Educational Studies Vol 2, No 1 (2017): Juni 2017
Publisher : Universitas Islam Negeri Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (448.2 KB) | DOI: 10.30983/educative.v2i1.316

Abstract

This research aims at finding the writings’ problem written by students in writing recount text. This descriptive research is qualitative. The choosen respondent is first semester students in Educational English Program at FKIP UMSB in Padangpanjang which consist of one class. Technique in collecting data is total sampling of ten students and analized due to the document analysis. The analysis guide has been formulated as students’ writing problem indicators in writing recount text which consist of Capitalization, Punctuation, Inexpliciteness/Fuziness, Poor Organization/Illogical Sequence, Spelling And Grammatical Errors. From the document checklist, the result shows that the problem that mostly occur is Capitalization (32%) followed by Punctuation (24%) and also Inexpliciteness/fuziness problem (20%). Then Poor organization/illogical sequence (12%), Spelling (8%). while grammatical error occurs in less percentage (4%).It shows that students need more basic skills in order to improve their writing comprehension. Keywords: Writing Problem, Writing Analysis, Recount Text.
Pengembangan Game Berhitung dengan Menggunakan Visual Basic 6.0 pada Mata Pelajaran Matematika Kelas II di SD Negeri Joko Kuswanto
Jurnal Educative: Journal of Educational Studies Vol 2, No 1 (2017): Juni 2017
Publisher : Universitas Islam Negeri Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (572.141 KB) | DOI: 10.30983/educative.v2i1.321

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media berupa game pembelajaran berhitung untuk Sekolah Dasar kelas II dengan menggunakan program Visual Basic 6.0 selain itu penelitian ini digunakan untuk mengetahui dan mendeskripsikan kelayakan dari game berhitung untuk Sekolah Dasar dan peningkatan keinginan belajar siswa kelas II di SD N 3 OKUT. Dalam penelitian dan pengembangan ini menggunakan metode prosedural dengan teknik pengumpulan data adalah kunsioner yang berupa angket. Analisis data dilakukan dengan mengunakan rumus persentase. Hasil penelitian menunjukkan dari tiga tahap uji coba. Uji tahap satu yaitu ahli media dengan hasil dalam penggunaan warna huruf dengan persentase 78,33% dengan predikat baik dan penggunaan program 100%, lalu untuk ahli desain dengan hasil persentase 83,69% dengan predikat baik dan ahli materi dengan hasil persentase 80,43% dengan predikat baik dilihat dari uji tahap ini maka produk game berhitung dapat diterima dengan baik. Uji tahap dua yaitu uji coba skala kecil dengan hasil analisis yaitu 80,21% dengan mendapat predikat baik. Selanjutnya uji tahap tiga yaitu uji coba skala besar dengan hasil analisis yaitu 86,14 % dengan predikat sangat baik, jadi produk ini telah layak dan diterima baik oleh responden. Berdasarkan aplikasi yang telah dibuat, peneliti menyarankan agar menambahkan level permainan agar permainan lebih menarik dan menyenangkan Kata Kunci: Permainan, visual basic 6.0.

Page 1 of 1 | Total Record : 8