cover
Contact Name
Herni Justiana Astuti
Contact Email
jurnalmediaekonomi@ump.ac.id
Phone
+6281215855945
Journal Mail Official
jurnalmediaekonomi@ump.ac.id
Editorial Address
Fakultas Ekonomi & Bisnis Universitas Muhammadiyah Purwokerto Jl. KH. Ahmad Dahlan, Dukuhwaluh, Kembaran, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah 53182 (0281) 636751
Location
Kab. banyumas,
Jawa tengah
INDONESIA
Media Ekonomi
ISSN : 14112973     EISSN : 25794418     DOI : http://dx.doi.org/10.30595/medek
Media Ekonomi Journal invites academics and researchers who do original research in the fields of economics and management including but not limited to: 1. Marketing Management 2. Financial Management 3. Human Resource Management 4. Entrepreneurship 5. Monetary Economics 6. Islamic Econimicsm, Finance and Banking 7. Public Economics 8. Economic Development
Articles 7 Documents
Search results for , issue "Media Ekonomi : Vol 19 No 1 Januari 2019" : 7 Documents clear
FAKTOR – FAKTOR YANG MEMENGARUHI KEPERCAYAAN DAN KEPUASAN PENGGUNAAN MOBILE BANKING Tryas Chasbiandani
Media Ekonomi Media Ekonomi : Vol 19 No 1 Januari 2019
Publisher : Lembaga Publikasi Ilmiah dan Penerbitan (LPIP)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30595/medek.v19i01.4889

Abstract

Penelitian ini mengkaji faktor-faktor yang memengaruhi kepercayaan dan kepuasan pengguna mobile banking. Tingkat kepercayaan pengguna mobile banking dipengaruhi secara langsung oleh tingkat kepuasan pengguna. Tingkat kepuasan dari pengguna mobile banking didukung oleh adanya kualitas sistem yang disediakan, kualitas informasi yang mampu diberikan, serta kemudahan akses agar mudah dimengerti oleh penggunanya. Penelitian ini menggunakan path analisis dengan aplikasi lisrel dengan jumlah responden sebanyak 175 mahasiswa Universitas Pancasila. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh signifikan antara tingkat kepercayaan dengan tingkat kepuasan seorang pengguna mobile banking. Selain itu, tingkat kepercayaan seorang pengguna mobile banking dipengaruhi oleh kualitas sistem, kualitas informasi, dan kemudahan akses informasi yang terkandung dalam aplikasi mobile banking
ANALISIS PENGARUH PROFITABILITAS, STRUKTUR KEPEMILIKAN, DAN UKURAN PERUSAHAAN TERHADAP KINERJA PERUSAHAAN DENGAN STRUKTUR MODAL SEBAGAI VARIABEL INTERVENING Herdina Indah Utami; Naelati Tubastuvi
Media Ekonomi Media Ekonomi : Vol 19 No 1 Januari 2019
Publisher : Lembaga Publikasi Ilmiah dan Penerbitan (LPIP)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30595/medek.v19i01.4884

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh profitabilitas, struktur kepemilikan, dan ukuran perusahaan terhadap kinerja perusahaan dengan struktur modal sebagai variabel intervening. Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2014-2016. Sampel dalam penelitian ini dipilih menggunakan metode purposive sampling, dan diperoleh sebanyak 27 perusahaan. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linier berganda. Hasil analisis menunjukkan bahwa profitabilitas, struktur kepemilikan, dan ukuran perusahaan secara simultan berpengaruh terhadap struktur modal, dan menunjukkan bahwa profitabilitas, struktur kepemilikan, ukuran perusahaan dan struktur modal secara simultan berpengaruh terhadap kinerja perusahaan. Hasil analisis uji parsial menunjukkan bahwa profitabilitas, struktur kepemilikan berpengaruh negatif signifikan terhadap struktur modal, sedangkan ukuran perusahaan berpengaruh positif signifikan terhadap struktur modal. Hasil penelitian ini juga menunjukkan profitabilitas, struktur kepemilikan, ukuran perusahaan dan struktur modal berpengaruh positif signifikan terhadap kinerja perusahaan. Struktur modal dapat memediasi pengaruh variabel profitabilitas, struktur kepemilikan dan ukuran perusahaan terhadap kinerja perusahaan.
PERILAKU PEMBELIAN SECARA ONLINE GENERASI MILENIAL INDONESIA Ardik Praharjo
Media Ekonomi Media Ekonomi : Vol 19 No 1 Januari 2019
Publisher : Lembaga Publikasi Ilmiah dan Penerbitan (LPIP)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30595/medek.v19i01.4890

Abstract

Generasi milenial merupakan generasi yang sangat berpengaruh dalam hal penggunaan internet. Generasi tersebut juga menjadi generasi yang paling banyak dan marak dalam berbelanja secara online. Tujuan pada penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh kegunaan, estetika, interaksi, dan bauran pemasaran pada perilaku pembelian secara online baik secara parsial maupunsimultan. Jenis penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif (explanatory research). Penelitian ini dilakukan pada pelanggan toko online Shoppe yang berjumlah sebanyak 118 responden. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan analisis deskriptif dan regresi berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan pada variabel kegunaan, interaksi, estetika, dan bauran permasaran pada perilaku pembelian online baik secara parsial dan simultan. Hal tersebut menunjukkan bahwa generasi milenial yang membeli pada aplikasi shopee merasa sangat mengetahui menggunakan aplikasi shopee dengan berbagai macam fiturnya dan hal tersebut sangat memengaruhi pada perilaku pembelian secara online.
PENGARUH CURRENT RATIO DAN RETURN ON ASSET ( ROA ) TERHADAP OPINI AUDIT GOING CONCERN PERUSAHAAN PELAYARAN YANG GO PUBLIC PERIODE 2012 - 2016 Indriyani Indriyani; Tiara Pandansari
Media Ekonomi Media Ekonomi : Vol 19 No 1 Januari 2019
Publisher : Lembaga Publikasi Ilmiah dan Penerbitan (LPIP)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30595/medek.v19i01.4886

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan mengetahui pengaruh current ratio dan ROA terhadap opini audit going concern. Objek dari penelitian ini adalah perusahaan pelayaran yang go public. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan mengambil sampel sebanyak 12 perusahaan pelayaran selama 5 tahun (2012–2016), sehingga data yang dianalisis sebanyak 60 data. Analisis data menggunakan regresi logistik. Penelitian ini menunjukkan bahwa CR berpengaruh terhadap opini audit going concern, dan ROA tidak berpengaruh terhadap opini audit going concern.
ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KINERJA DRIVER GRAB-BIKE KABUPATEN BANJARNEGARA Umi Wahidatul Lailiyah; Tri Harsini Wahyuningsih
Media Ekonomi Media Ekonomi : Vol 19 No 1 Januari 2019
Publisher : Lembaga Publikasi Ilmiah dan Penerbitan (LPIP)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30595/medek.v19i01.4887

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh motivasi, insentif, dan kepuasan kerja terhadap kinerja driver Grab-Bike pada Grab Indonesia Wilayah Kabupaten Banjarnegara. Responden sebanyak 200 orang merupakan driver Grab-bike yang sudah bekerja minimal 6 bulan. Dari keseluruhan responden tersebut, 96% pria, 53% berusia diantara 20 – 30 tahun, dan 58% berpendidikan SMA/K. Sampel diambil dengan teknik non probability sampling menggunakan metode purposive sampling, yaitu driver yang telah memiliki masa kerja minimal 6 bulan, karena bila kurang dari itu dimungkinkan belum bisa mengukur kinerjanya. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner. Setelah dilakukan uji instrumen, uji asumsi dasar, dan uji asumsi klasik maka diketahui bahwa semua variabel/item pernyataan diketahui dapat digunakan untuk penelitian. Berdasarkan hasil uji t dan uji regresi linier berganda ditemukan bahwa motivasi dan kepuasa kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja driver, sedangkan insentif tidak berpengaruh terhadap kinerja driver Grab-bike yang bekerja di wilayah Kabupaten Banjarnegara.
PENGARUH MOTIVASI, KOMPENSASI, DAN KEPUASAN KERJA TERHADAP KINERJA KARYAWAN PADA PT BPR SURYA YUDHA KENCANA BANJARNEGARA Anita Ike Lestari; Hengky Widiandhono
Media Ekonomi Media Ekonomi : Vol 19 No 1 Januari 2019
Publisher : Lembaga Publikasi Ilmiah dan Penerbitan (LPIP)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30595/medek.v19i01.4888

Abstract

Jenis Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif untuk mengetahui motivasi, kompensasi, dan kepuasan kerja. Variabel independen dalam penelitian ini adalah motivasi, kompensasi, dan kepuasan kerja, sedangkan variabel dependennya adalah kinerja. Objek penelitian ini adalah karyawan PT BPR Surya Yudha Kencana Banjarnegara, penelitian ini menggunakan 102 sampel responden. Hasil analisis menunjukkan bahwa secara parsial motivasi tidak berpengaruh terhadap kinerja, kompensasi secara parsial berpengaruh terhadap kinerja, serta kepuasan kerja secara parsial berpengaruh terhadap kinerja. Hasil uji F menunjukkan bahwa motivasi, kompensasi, dan kepuasan kerja berpengaruh secara simultan terhadap kinerja.
PENGARUH PROFITABILITAS, LEVERGE, DAN UKURAN PERUSAHAAN TERHADAP HARGA SAHAM ANTARA INDONESIA DAN MALAYSIA Putri Ayu Ifani; Lailah Fujianti; Shinta Budi Astuti
Media Ekonomi Media Ekonomi : Vol 19 No 1 Januari 2019
Publisher : Lembaga Publikasi Ilmiah dan Penerbitan (LPIP)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30595/medek.v19i01.4875

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menguji secara empiris pengaruh dan perbedaan pengaruh Return On Assets, Debt to Equity Ratio, dan ukuran perusahaan terhadap harga saham perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia dan perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Malaysia pada tahun 2016. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini masing-masing sebanyak 60 perusahaan manufaktur. Sampel diperoleh menggunakan metode random sampling dan uji Smith-Satterthwait. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan analisis regresi linear berganda. Penelitian ini memiliki hasil Return On Assets dan ukuran perusahaan, berpengaruh positif terhadap harga saham di Bursa Efek Indonesia dan Malaysia sedangkan Debt to Equity Ratio tidak berpengaruh terhadap harga saham Indonesia dan Malaysia dan Return On Asset dan ukuran perusahaan tidak memiliki perbedaan signifikan terhadap harga saham Indonesia dan Malaysia. Kata kunci : Return On Assets, Earnings Per Share, Debt to Equity Ratio, Ukuran Perusahaan, Harga Saham

Page 1 of 1 | Total Record : 7