cover
Contact Name
Budiyono
Contact Email
budiyonosp75@gmail.com
Phone
+6285246434606
Journal Mail Official
budiyonosp75@gmail.com
Editorial Address
Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer Universitas Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan Jl. Pahlawan No. 10 Kajen Kab. Pekalongan, Jawa Tengah
Location
Kab. pekalongan,
Jawa tengah
INDONESIA
Surya Teknika: Jurnal Ilmiah Teknik Mesin
ISSN : -     EISSN : 25986198     DOI : 10.48144/suryateknika
Surya Teknika : Jurnal Ilmiah Teknik Mesin merupakan media publikasi makalah hasil penelitian dalam bidang teknik dan permesinan yang mencakup mesin otomotif, mesin industri, dan Teknologi Tepat guna.
Articles 67 Documents
OPTIMASI ALAT PENUKAR KALOR DENGAN PEMANFAATAN GAS BUANG PEMBAKARAN KETEL UAP UNTUK PENGERINGAN PAKAIAN budiyono
Surya Teknika: Jurnal Ilmiah Teknik Mesin Vol. 1 No 1 Oktober 2017
Publisher : Surya Teknika: Jurnal Ilmiah Teknik Mesin

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

ABSTRAKSI Potensi energi yang terbuang dari pembakaran Ketel Uap yang dapat dimanfaatkan untuk proses pengeringan sehingga dapat meningkatkan efektivitas dan produktivitas dari hasil ikan yang dikeringkan. Adapun panas yang dihasilkan dari Gas Buang Pembakaran Ketel uap sebesar 250 ˚C – 300 ˚C, dimana gas buang yang berasal dari Ketel Uap tersebut dialirkan ke alat penukar kalor sehingga Udara panas yang dikeluarkan menuju ke alat pengering mempunyai temperature sebesar 60 0C dan kapasitas dari alat pengering sebesar 36kg/1 jam dan Q= 1098 W dan temperatur 60 oC,Sehingga dilakukan perancangan alat penukar kalor yang dibutuhkan untuk mengalirkan udara panas yang sudah di naikan temperaturnya.Gas buang yang beasal dari PLTD dengan laju aliran massa 2.72 kg/s, perancangan alat penukar kalor dengan tipe cangkang and pipa,dimana aliran panas gas buang melalui shell.dan udara melalui pipa. Kata kunci : gas buang, laju aliran massa, cangkang dan pipa
MODIFIKASI REM TROMOL PADA YAMAHA JUPITER Z MENJADI REM CAKRAM DENGAN APLIKASI TEKNOLOGI CBS (COMBI BRAKE SYSTEM) Khoirul Anam; Juweni Triswanto
Surya Teknika: Jurnal Ilmiah Teknik Mesin Vol. 1 No 1 Oktober 2017
Publisher : Surya Teknika: Jurnal Ilmiah Teknik Mesin

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

ABSTRACT Final project aims to improve the function of brake s in older to provide a level of confort and stability for the rider when braking. For those reasons need to modify drum brakes becames discs on a Yamaha Jupiter Z and apply the technologies CBS (Combi Btake System). Modifications process is among other that, changing the drum brake in to brake discs on the rear brake started by making holes for maunting the discs, the maufacture of the base master rear brakes , changing the lever swinging rear brake, the installation disk, the installaton of brake caliper rear, installation of brake hose, filling brake fluid, and bleeding process. This was followed b y applying technologies in to CBS (Combi Brake System) statrting changing the bolt dealer flurida on the master brake front, installation master clutch as a driving motion of the master flurida front towards the rear brake lever, replacing the hose on the front master and clutch master, and bleeding process. Overal brake performance testing can be done by means of a road test, a variable that is visible is the braking distance at varying speeds Keywords: disk brake, modification, test, Yamaha Jupiter Z.
PERANCANGAN DAN PEMBUATAN MESIN PENGIRIS TEMPE DENGAN SISTEM PISAU BERPUTAR Akhmad Pujiono; Eko Hindryanto
Surya Teknika: Jurnal Ilmiah Teknik Mesin Vol. 1 No 1 Oktober 2017
Publisher : Surya Teknika: Jurnal Ilmiah Teknik Mesin

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

ABSTRAK Laporan ini bertujuan untuk : (1) Untuk mendapatkan mekanisme pengiris tempe sebagai dari proses produksikripik tempe, yang dapat menggantikan pekerjaan manual, (2) Untuk meningkatkan produksi kripik tempe, (3) Untuk mengetahui prinsip kerja mesin pengiris kripik tempe, (4) Untuk mengetahui efesiensi mesin pengiris tempe, (5) Mengetahui kinerja mesin pengiris kripik tempe. Proses perancangan mesin pengiris kripik tempedilakukan dengan tahapan yaitu pembuatan gambar kerja, pemilihan komponen, analisis teknik meliputi analisa daya, torsi yang terjadi pada komponen mesin. Daya penggerak mesin pengiris tempe direncanakan menggunakan motor listrik yang disesuaikan dengan kemampuan daya listrik untuk UKM yaitu 250 watt. Hasil perancangan menghasilkan mesin pengiris tempe dengan spesifikasi ukuran panjang 600 mm, lebar 400 mm, tinggi 500 mm. Analisis terhadap hasil irisan secara manual adalah 12 irisan/menit dengan ukuran tidak seragam, sedangkan menggunakan mesin semi otomatis menghasilkan 30 irisan/menit. Sumber penggerak mesin adalah motor listrik ¼ HP dengan putaran 1400 rpm. Sistem transmisi menggunakan V-belt dengan poros penggerak berdiameter 20 mm. Kontruksi rangka terbuat dari besi holo 40 x 20 mm. Kata kunci : Pembuatan, mesin pengiris tempe
TROUBLE SHOOTING SISTEM AIR CONDITIONER (AC) PADA TRAINER AC MOBIL Setiyo Hermawan; Rizki Novianto
Surya Teknika: Jurnal Ilmiah Teknik Mesin Vol. 1 No 1 Oktober 2017
Publisher : Surya Teknika: Jurnal Ilmiah Teknik Mesin

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

ABSTRACT Air Conditioner (AC) adalah suatu alat yang digunakan untuk mengatur atau mengkondisikan kualitas udara yang meliputi sirkulasi udara, mengatur kelembaban udara, mengatur kebersihan udara dan untuk memurnikan udara. Air Conditioner Sudah menjadi kebutuhan yang tergolong penting bagi pengguna kendaraan, baik bagi pengendara mobil angkutan umum maupun mobil pribadi. Dengan menggunakan Air Conditioning di samping memperoleh kenyamanan, keamanan penumpang pun akan lebih terjamin karena pintu dan jendela mobil harus tertutup pada saat Air Conditioner (AC) di hidupkan. Itulah sebabnya pemasangan-pemasangan Air Conditioner (AC) pada mobil-mobil sekarang ini semakin banyak. Apalagi sekarang Perguruan Tinggi serta sekolah-sekolah kejuruan khususnya dalam bidang teknik mesin, sudah ada mata pelajaran tentang Air Conditioner (AC) Mobil, tetapi masih kurangnya alat praktek tentang Air Conditioner (AC) Mobil, sehingga sangatlah perlu adanya alat praktik/Trainer Air Conditioner (AC) Mobil untuk menunjang proses pembelajaran khususnya tentang Air Conditioner (AC) Mobil. Dalam Tugas Akhir pembuatan Trainer Sistem Air Conditioner ini adalah agar dapat dimanfaatkan sebagai media pembelajaran, serta supaya mengetahui apa saja komponen-komponen dan Trobleshooting pada Sistem Air Conditioner (AC) Mobil serta dapat merawat dan memperbaikinya. Kata kunci : Trouble shooting Air Conditioner (AC)
PERAWATAN DAN PERBAIKAN SISTEM PENGISIAN HONDA ACCORD TAHUN 1979 Asep Widiyanto; Zaenal Arifin
Surya Teknika: Jurnal Ilmiah Teknik Mesin Vol. 1 No 1 Oktober 2017
Publisher : Surya Teknika: Jurnal Ilmiah Teknik Mesin

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

ABSTRACT Penelitian ini dapat merawat dan memperbaiki sebuah sistem pengisian yang ada pada HONDA ACCORD Tahun 1979.,Sehingga dapatlah sebuah sistem pengisian yang normal dan sesuai dengan spek yang di inginkan. Sebelum melakukan kegiatan/perbaikan langkah awal pengecekan kondisi sistem pengisian terlebih dahulu.Dalam pengecekan di temukan sebuah sistem pengisian yang tidak dapat bekerja di karenakan komponen sistem pengisian yang kurang. Diantaranya refulator yang tidak ada, wiring tidak ada.hanya ada satu komponen yaitu alternator. Setelah diketahui barulah komponen di lengkapi dan diperiksa kelayakannya dengan sesuai dengan spek yang diinginkan barulah perakitan di mulai. Setelah semua komponen sistem pengisian HONDA ACCORD Tahun 1979 telah ada dan di rakit sesuai dengan speknya. Sistem pengisian dapat bekerja dengan normal. Kesimpulannya sistem pengisian yang ada pada HONDA ACCORD Th 1979 dapat beroperasi dengan baik. Kata kunci : sistem pengisian, Honda accord th 1979, alternator, voltage
PERAWATAN DAN PERBAIKAN SISTEM PELUMASAN MESIN HONDA ACCORD TAHUN 1979 Bambang Edi S; Prabawa Prakasa
Surya Teknika: Jurnal Ilmiah Teknik Mesin Vol. 1 No 1 Oktober 2017
Publisher : Surya Teknika: Jurnal Ilmiah Teknik Mesin

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

ABSTRACT Mesin Honda Accord 1979 merupakan suatu sistem yang bergerak, Dimana sistem tersebut terdiri dari beberapa sub-sub sistem antara lain mekanik penggerak, kelistrikan, bahan bakar, pelumasan dan lain-lainnya. Pada bagian karter terdapat komponen yang merupakan suatu sistem dalam mengatur sirkulasi pelumas, yang disebut sebagai sistem pelumasan beberapa diantara komponen-komponen tersebut yaitu pompa oli, karter, strainer, dan lain-lain. Penggunaan oli yang berkualitas dan perawatan mesin secara teratur dapat menghindari kerusakan maupun keausan pada komponen, sehingga kendaraan bisa berumur panjang. Apabila terjadi kerusakan pada salah satu komponen sistem pelumasan gantilah komponen tersebut dengan spare part yang asli.
ANALISIS STATIS UNTUK MODIFIKASI OUTER FRONT DOOR MOBIL ESEMKA RAJAWALI 2 Sri Wahyu Sarwoko
Surya Teknika: Jurnal Ilmiah Teknik Mesin vol 2 no 1April 2018
Publisher : Surya Teknika: Jurnal Ilmiah Teknik Mesin

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

ABSTRACT The objective of the research was to find out the engineering drawing outer front door of Esemka Rajawali 2 Car by using reverse engineering method. The devices used in this reverse engineering method were the manual of 3D coordinate measurement machine and digital camera, focused on outer front door component. The coordinate data of X, Y, and Z from the manual of 3D coordinate measurement machine and the data acquired from the digital camera in the form of pictures were analyzed with solidwok software was changed into engineering drawing and then its size was compared with the result of average size difference of 1,52 mm. The simple surface form of the Esemka Rajawali 2 Car outer front door can produce a little size difference. Static analysis was conducted on Esemka Rajawali 2 Car surface outer front door employing solidwok software by giving the weight of 950kg or 9500N. Meanwwhile, the material used was alloysteel with the thickness of 0,8mm in order to get the modification of outer front door with the smallest deformation. The result of Esemka Rajawali 2 Car outer front door’s modification was 3,32 mm in which it was way smaller compared with the deformation of the Esemka Rajawali 2 Car outer front door’s original design, that was 17,99 mm. Keywords: reverse engineering, engineering drawing, outer front door, surface, esemka car, manual of 3D coordinate measurement machine
PEMBUATAN STAND KELISTRIKAN SISTEM MIRROR KACA SPION PADA MOBIL Akhmad Pujiono; Farhan Arima
Surya Teknika: Jurnal Ilmiah Teknik Mesin vol 2 no 1April 2018
Publisher : Surya Teknika: Jurnal Ilmiah Teknik Mesin

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

ABSTRACT This final project aims to find anything what mirror electrical system components and how the electrical system of mirrors. The components I use different brands allowing the trouble of having to manually search for the terminal itself may even be improved so that these components can be applied in an electrical system, switch mirror used to use switch-owned Daihatsu xenia and rearview mirrors using mirror-owned suzuki APV. Electric current from the batteries in order not to standardize through fuse surge occurs when a short-circuit. In making the stand carried out gradually from the beginning to the welding welding end, to painting and installation of components required in the manufacture of electrical stand this mirror. Tests performed after all the electrical components mounted on a stand assembled using wired and assembled one by one, requiring 10 red wire and cable 2 negative / black. Keywords : Stand, mirrors and electrical components
ANALISA PERFORMA MESIN DAN KADAR EMISI GAS BUANG KENDARAAN BERMOTOR DENGAN MEMANFAATKAN BIOETANOL DARI BAHAN BAKU SINGKONG SEBAGAI BAHAN BAKAR ALTERNATIF CAMPURAN PERTALITE Imam Prasetyo
Surya Teknika: Jurnal Ilmiah Teknik Mesin vol 2 no 1April 2018
Publisher : Surya Teknika: Jurnal Ilmiah Teknik Mesin

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstrak Bahan bakar fosil saat ini keberadaannya semakin langka, dan diperlukan langkah-langkah pencarian bahan bakar alternatif yang layak untuk menggantikan bahan bakar minyak, terutama bensin, yang kebutuhannya sangat banyak untuk kendaraan bermotor. Salah satu bahan bakar alternatif pengganti bensin adalah bioetanol (BE). Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisa bagaimana performa mesin dan kadar emisi gas buang kendaraan dari variasi jenis busi yang paling optimal dengan menggunakan bahan bakar campuran bioetanol dari bahan baku singkong. Dari hasil pengujian menunjukkan bahwa dengan menggunakan bahan bakar bioetanol, daya dan torsi yang dihasilkan dari mesin semakin meningkat seiring meningkatnya kadar bioetanol dalam campuran bahan bakar. Lalu pada konsumsi bahan bakar semakin hemat dengan menggunakan bahan bakar BE 30%, hal ini didasarkan jarak tempuh dengan memakai bahan bakar BE 30% lebih jauh dari pada memakai bahan bakar pertalite 100%. Sedangkan hasil emisi gas buang pada kendaraan menunjukkan bahwa dengan menggunakan bahan bakar bioetanol emisi gas buang yang dihasilkan semakin menurun seiring meningkatnya kadar bioetanol dalam campuran bahan bakar dari pada emisi gas buang yang dihasilkan dengan menggunakan bahan bakar pertalite 100%. Dan dibuktikan melalui metode analisa data statistik dengan Varian ANOVA satu jalan (Uji F) untuk daya, torsi dan kadar emisi HC, didapat nilai F hitung < F tabel, maka Ho diterima, sehingga hasil dari setiap variasi bahan bakar tidak ada perbedaan yang signifikan. Namun untuk kadar CO, didapat nilai F hitung > F tabel, maka Ho ditolak, sehingga hasil dari setiap variasi bahan bakar ada perbedaan yang signifikan. Kata Kunci : Bioetanol, Singkong, Performa Mesin, Emisi Gas Buang
PENGARUH MODIFIKASI NOKEN AS SUZUKI SATRIA F150 MENGGUNAKAN BEARING (NEEDLE ROLLER BEARING) TERHADAP PERUBAHAN TORSI DAN PUNCAK TENAGA (PEAK POWER) Budiyono Budiyono; Aditya firmansyah
Surya Teknika: Jurnal Ilmiah Teknik Mesin vol 2 no 1April 2018
Publisher : Surya Teknika: Jurnal Ilmiah Teknik Mesin

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

ABSTRACT This modification aims to make the camshaft Suzuki Satria F150 standards just riveted on journals made from aluminum alloy, this journalized not use material bearing or no possible way so much friction. This modification process using the NTN bearing HK 1616 code before the paired bearing on the four ends of the camshaft first turner to 16 mm previously 22 mm in order to get into the shaft bearing . Holder on the size of the head 22 mm is the same as the size of the outside diameter is 22 mm bearing so it does not need to be changed, at the end of the shaft to the right contrived cover with a diameter of 22 mm as cover camshaft with stand head and given a 3 mm gap for track lubrication.Tests were carried out which changes the torque and peak power (peak power) before and after using the modified bearing by means of a variable dynometer with 5000 rpm to 11000 rpm. Keywordes :Camshaft, Bearing, Torque and Peak power