cover
Contact Name
Budiyono
Contact Email
budiyonosp75@gmail.com
Phone
+6285246434606
Journal Mail Official
budiyonosp75@gmail.com
Editorial Address
Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer Universitas Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan Jl. Pahlawan No. 10 Kajen Kab. Pekalongan, Jawa Tengah
Location
Kab. pekalongan,
Jawa tengah
INDONESIA
Surya Teknika: Jurnal Ilmiah Teknik Mesin
ISSN : -     EISSN : 25986198     DOI : 10.48144/suryateknika
Surya Teknika : Jurnal Ilmiah Teknik Mesin merupakan media publikasi makalah hasil penelitian dalam bidang teknik dan permesinan yang mencakup mesin otomotif, mesin industri, dan Teknologi Tepat guna.
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol.4 No.1 April 2020" : 6 Documents clear
RANCANG BANGUN SISTEM ALARM PADA SEPEDA MOTOR HONDA BEAT FI 2014 Budiyono Budiyono; Sofiyan Setiawan; Khoerul Anwar
Surya Teknika Vol.4 No.1 April 2020
Publisher : Universitas Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.48144/suryateknika.v4i1.1296

Abstract

Alarm secara umum dapat didefinisikan sebagai bunyi peringatan atau pemberitahuan. Dalam istilah jaringan, alarm dapat juga didefinisikan sebagai pesan berisi pemberitahuan ketika terjadi penurunan atau kegagalan dalam penyampaian sinyal komunikasi data ataupun ada peralatan yang mengalami kerusakan maupun mengalami penurunan kinerja. Pesan ini digunakan untuk memperingatkan operator atau administrator mengenai adanya masalah (bahaya) pada jaringan. Alarm memberikan tanda bahaya berupa sinyal bunyi ataupun sinar.Fungsi alarm yaitu memberitahukan apabila terjadi bahaya dan kerusakan ataupun kejadian yang tidak di harapkan pada jaringan melalui sinyal sehingga memberikan peringatan secara jelas agar dapat diantisipasi. Rancang bangun sistem alarm sepeda motor honda beat FI 2014 terkait dengan sistem starter, sistem kelistrikan, serta sistem lampu tanda belok yang terintegrasi dan terprogram melalui modul tambahan melalui perintah remote infrared sebagai bagian dari keamanan tambahan padaa sepeda motor.Kata kunci : perancangan, modul remote infrared, sistem alarm sepeda motor honda beat FI 2014
PENGARUH PENGGUNAAN CATALYTIC CONVERTER DARI BAHAN TEMBAGA TERHADAP EMISI GAS BUANG KENDARAAN PADA MOTOR YAMAHA 2 TAK F1ZR Akhmad Pujiono; Arif Feriansah; Nicolas Edmon Matantu
Surya Teknika Vol.4 No.1 April 2020
Publisher : Universitas Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.48144/suryateknika.v4i1.1297

Abstract

Seiring dengan perkembangan zaman, dan jumlah penduduk dunia semakin meningkat. Berbagai aktifitas manusia pada industri, transportasi, rumah tangga dan kegiatan-kegiatan lainnya menyebabkan kualitas udara menurun sehingga lingkungan tercemar. Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Japan International Cooperation Agency (JICA) bahwa sektor transportasi diperkirakan menyumbangkan 70% pencemaran udara di daerah perkotaan (JICA, 1995). Selain itu, pencemaran udara diperkotaan karena aktifitas kendaraan bermotor yang mengeluarkan emisi gas buang antara lain CO, HC, NOx, SOx dan partikulat. Hal ini disebabkan oleh jumlah kendaraan bermotor yang terus meningkat dari tahun ke tahun. Tujuan pada penelitian ini yaitu untuk mengetahui bagaimana pengaruh dari penggunaan catalytic converter dari bahan tembaga untuk mengurangi kadar gas CO dan HC pada kendaraan bermotor. Pengujian dilakukan dengan menggunakan alat gas analyzer untuk mengetahui nilai konsetntrasi CO dan HC. Pengujian emisi gas buang dilakukan dalam dua tahap yaitu uji emisi gas buang dengan knalpot standar dan uji emisi gas buang dengan catalytic converter dengan variasi putaran mesin 1500 rpm, 2000 rpm, 2500 rpm, 3000 rpm, 3500 rpm, 4000 rpm. Dari hasil penelitian didapat bahwa pengaruh penggunaan catalytic converter dari bahan Tembaga dengan ketebalan 0,2 mm perbandingan hasil emisi gas CO dan HC buang dari sebelum dan setelah penggunaan catalytic converter yaitu, dari yang paling rendah yang paling rendah yaitu 1.500 rpm keputaran yang paling tinggi hingga 4.000 rpm, dari data emisi diperoleh beberapa penurunan nilai konsentrasi emisi gas CO yang paling banyak terjadi pada putaran mesin 3.000 rpm yaitu nilai konsentrasinya turun sebanyak 0,09% dari 5,32% menjadi 5,23%, pada putaran mesin 2.500 rpm juga mengalami penurunan nilai emisi gas CO yaitu sebesar 0,03% saja dari 5,12% turun ke 5,09%, nilai konsentrasi gas HC dari putaran mesin 1500 sampai 3500 nilainya sama yaitu 9999 ppm atau tidak mengalami penurunan sama sekali. Bahkan pada putaran mesin 4000 rpm nilai konsentrasi gas HC naik 79 ppm dari 9920 ppm naik ke 9999 ppm.Kata Kunci : Katalis Tembaga, Catalytic Converter, Emisi Gas Buang.
PENGARUH PEMASANGAN FILTER UDARA TERHADAP PERFORMA MESIN VESPA SPRINT 150cc Khoirul Anam; Imam Prasetyo; Muhammad Firdan
Surya Teknika Vol.4 No.1 April 2020
Publisher : Universitas Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.48144/suryateknika.v4i1.1298

Abstract

Now a means of transportation that are rarely loved by the public are old vehicles which are now rarely found in the community. Such as the problem that is often found is that old vehicles have decreased in performance and spare parts are difficult to find. This study aims to determine the effect of the carburetor filter on motorcycle engine performance. The research was conducted with an experimental method using a VESPA SPRINT V 150cc bicycle in 1975. The carburetor filter was varied, namely testing the standard filter, testing without filters. Experiments were carried out using the dynotest test tool. Measurement of engine speed and dynotest roller rotation. Premium fuel consumtion meansurement. The test result data is processed to obtain power and torque. The results of these calculations are displayed in tables and graphs. Based on the test result, it is found that the maximum power increases without an air filter with a result of 6.0hp at 8013rpm while the maximum torque increases with an air filter with a result of 6.0nm at 6268rpm.Keywords : Performance, Air Filter, Vespa
RANCANG BANGUN SISTEM KELISTRIKAN ALARM MOTOR SENSOR SENTUH JARI PADA SEPEDA MOTOR HONDA GRAND Budiyono Budiyono; Imam Prasetyo; Dani Rakhman
Surya Teknika Vol.4 No.1 April 2020
Publisher : Universitas Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.48144/suryateknika.v4i1.1300

Abstract

Alarm motor teknologi baru tanpa memakai remot dan tidak bikin aki boros. Motor kesayanganpun bisa jadi makin aman dan terjaga dari tindakan pencurian atau perampasan. Dengan adanya teknlogi canggih tanpa remote yang bisa digunaan untuk menyalakan motor hanya dengan menggunakan sensor sentuh jari yang letaknya bisa dipindah-pindah dan hanya anda yang tahu. Menggunakan smart sensor digital desaign dan feature pengaman motor (alarm) menggunakan chip (imobilizer) tanpa remote alarm sensor digital smart key. Pemasangan mudah, plug and play, bisa dipasang di motor jenis karburator dan injection (tidak menggunakan kelistrikan ECU). Serta memiliki dua macam tipe, motor 2 tak dan motor 4 tak. Tujuan dari penerapan sensor setuh jari ini adalah mampu menjaga keamanan pada sepeda motor, untuk menghidupkan alarm sepeda motor dengan cara disentuh. Penerapan sensor sentuh jari ini dibuat untuk suatu sistem kamanan kendaraan bermotor dengan menerapkan teknologi sensor. Untuk penerapan sistem sensor sentuh yang penulis gunakan adalah dengan cara Menyambung kabel dari socket modul alarm kekabel bawaan kendaraan, Menyambung kabel warna merah dari modul alarm set ke kabel output kunci kontak, Memasang kabel biru kerangkaian kelstrikan kendaraan, Memasang kabel hitam ke massa, Memasang kabel warna kuning rangkaian klakson. Menguji fungsi alarm set pada sepeda motor grand.Kata Kunci : Sensor, Alarm, Alarm Sensor.
IDENTIFIKASI DAN TROUBLESHOOTING SISTEM PENGISIAN IC REGULATOR PADA MESIN DIESEL MITSUBISHI PS 100 Akhmad Pujiono; Imam Prasetyo; Rias Ngudhi Raharjo
Surya Teknika Vol.4 No.1 April 2020
Publisher : Universitas Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.48144/suryateknika.v4i1.1301

Abstract

Mesin diesel terdiri dari berbagai komponen yang kerjanya saling terkait satu sama lainnya salah satunya sistem pengisian. sistem pengisian terdiri dari beberapa komponen. Komponen-komponen sistem pengisian tersebut diantaranya Baterai, sebagai sumber arus dan media penyimpanan arus pengisian, Kunci Kontak, sebagai pemutus dan penghubung arus dari baterai ke regulator, Alternator sebagai pembangkit arus dan IC Regulator untuk mengatur output yang dihasilkan Alternator. Dalam laporan tugas akhir ini diperlukan identifikasi dan troubleshooting guna untuk mengetahui apa saja permasalahan yang sering pada sistem pengisian mesin diesel mitsubishi PS 100 ini. Berdasarkan Hasil dari tugas akhir tersebut baterai maupun alternator dalam kondisi baik, baik itu dari komponen dan fungsinya namun ada komponen yang harus diganti yaitu sikat/brush karena sikat tersebut lepas antara kawat tembaga dengan karbonnya.Kata Kunci : Sistem Pengisian, Alternator, Ic Regulator.
STUDI EKSPERIMENTAL REDUKSI EMISI GAS BUANG DENGAN CATALYTIC CONVERTER BERBAHAN KUNINGAN PADA ENGINE STAND EFI TOYOTA AVANZA Arif Feriansah
Surya Teknika Vol.4 No.1 April 2020
Publisher : Universitas Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.48144/suryateknika.v4i1.1302

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penurunan kadar emisi gas buang kendaraan bermotor saat menggunakan catalityc converter dengan variasi jumlah lubang 65,115, dan 165. Mesin EFI dengan 4 silinder dipergunakan sebagai media uji catalytic converter. Pengujian menggunakan dua model. Model pertama dilakukan tanpa menggunakan catalytic converter. Model kedua dilakukan dengan menggunakan catalytic converter. Pengujian dilakukan pada putaran mesin antara 1000 - 3000 rpm. Hasil pengujian menunjukan bahwa Catalytic Converter pada putaran mesin 1000 rpm dengan jumlah lubang 165 menurunkan emisi CO sebesar 0,23%. Kadar HCjugamengalamipenurunanpada putaran mesin 3000 rpm sebesar 51 ppm. Hasil perbandingan prosentase menunjukanpenurunankadar CO dan HC saatmenggunakancatalytic converterdantanpacatalytic converter sebesar 29% dan 22%.Kata kunci : Catalytic converter, Desain, Emisi, Rpm, EFI

Page 1 of 1 | Total Record : 6