cover
Contact Name
Adiyanto
Contact Email
info@ipem.ac.id
Phone
+6285213677334
Journal Mail Official
info@unipem.ac.id
Editorial Address
Jl. Raya Serang Km. 10 Bitung, Curug, Tangerang 15810
Location
Kota tangerang,
Banten
INDONESIA
Jurnal Insan Pembangunan Sistem Informasi dan Komputer (IPSIKOM)
ISSN : 23384093     EISSN : 26866382     DOI : 10.58217
Jurnal Insan Pembangunan Sistem Informasi dan Komputer (IPSIKOM) diterbitkan oleh Fakultas Ilmu Komputer (FILKOM), Universitas Insan Pembangunan Indonesia sejak Juni 2017. IPSIKOM memuat naskah hasil-hasil penelitian di bidang Sistem Informasi dan Ilmu Komputer. IPSIKOM berkomitmen untuk memuat artikel berbahasa Indonesia yang berkualitas dan dapat menjadi rujukan utama para peneliti dalam bidang Sistem Informasi dan Ilmu Komputer. Scope Jurnal IPSIKOM Big Data Artificial Intelligence Information system Accounting System Information Education Technology Information Security information Data mining Application Information System Business Intelligence Decision Support Systems Intelligent Systems Machine Learning Network and Computer Security Optimization Pattern Recognition Soft Computing Software Engineering Information Technologi
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol 2, No 1 (2014): JUNI" : 6 Documents clear
PENYISIPAN TEXT PADA GAMBAR MENGGUNAKAN STEGANOGRAFI Jumiran .; Aminul Fitri
Insan Pembangunan Sistem Informasi dan Komputer (IPSIKOM) Vol 2, No 1 (2014): JUNI
Publisher : Universitas Insan Pembangunan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.58217/ipsikom.v2i1.149

Abstract

ABSTRAKKebutuhan manusia pada umumnya adalah ingin memiliki rasa aman dan nyaman. Begitu pula halnyadi dunia informasi yang pada saat ini bisa dibilang semuanya serba digital, salah satu solusi yang dapatdilakukan adalah dengan Steganografi yaitu tehnik dan seni menyembunyikan informasi dan data digitaldibalik informasi digital lain. Dalam steganografi modern ada berbagai macam tehnik untukmenyembunyikan infomasi antara lain adalah Modifikasi Least Significant Bit ( LSB ), Metode DiscreteCosine Transform ( DCT ), Metode Red Green Blue Level ( RGB ). Untuk itu penulisan ini akanmembahas tentang suatu aplikasi Steganografi untuk penyisipan informasi dengan menggunakan metodeRGB, LSB dan DCT tersebut. Pengembangan aplikasi ini meliputi beberapa tahap, perancanganaplikasi, pembuatan program serta tahap implementasi program. Dalam pembuatan program, penulismenggunakan program Matlab. Aplikasi Steganografi ini dapat menyembunyikan suatu informasi ataupesan rahasia berupa teks ke dalam media gambar digital dengan menggunakan program Matlab,Aplikasi steganografi ini dapat digunakan untuk menghemat media penyimpanan, dan untuk menjagakeamanan informasi sehingga rasa aman dan nyawan dapat dirasakan oleh pengguna IT.Kata kunci : Steganografi, Matlab, Metode RGB, LSB,DST,IT
PROTEKSI KEAMANAN DOKUMEN TRANSAKSI BERUPA FILE IMAGE, JPG ATAU TIF TRANSFER ANTAR BANK MENGGUNAKAN STEGANOGRAFI DAN KRIPTOGRAFI Sucipto Basuki; Mustar Aman; Reksa Anugrah
Insan Pembangunan Sistem Informasi dan Komputer (IPSIKOM) Vol 2, No 1 (2014): JUNI
Publisher : Universitas Insan Pembangunan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.58217/ipsikom.v2i1.152

Abstract

ABSTRACTInformation security process can be done by hiding the information on other media or by certain methods, so that other people do not realize there is some information in the media. Technique known as Steganography and Cryptography. Steganography is a technique to hide or disguise the existence of secret messages in the media reservoirs. While Cryptography disguise the meaning of a message, but do not hide that there is a message. In a bank cannot be separated in the presence of inter-bank transactions which transfer if the transfer interbank transactions done in branch offices and nominal transaction exceeds the transaction limit branch offices will require official approval in the upper branch. How do I prove the authenticity of the document transfer transaction? Therefore, a company in the banking sector needs to be a medium to prove the validity of the document sent by the branch transaction. In this case the author has designed an application with a blend of steganography and cryptography techniques that can be used in testing the validity of the transaction document. By using steganographic techniques undercover in a media that has brought and cryptographic key assignmentas random, then the document that is sent in the branch office can be proved.Keywords: Steganography, Cryptography, certificates, validity, proofABSTRAKProses pengamanan informasi dapat dilakukan dengan menyembunyikan informasi tersebut pada media lain atau dengan metode tertentu, sehingga orang lain tidak menyadari ada suatu informasi didalam media tersebut. Dikenal dengan teknik Steganografi dan Kriptografi. Steganografi adalah teknik menyembunyikan atau menyamarkan keberadaan pesan rahasia dalam media penampungnya. Sedangkan Kriptografi menyamarkan arti dari suatu pesan, tetapi tidak menyembunyikan bahwa ada suatu pesan. Di dalam sebuah perbankan tidak lepas dengan adanya transaksi transfer antar bank dimana apabila transaksi transfer antar bank dilakukan di kantorcabang pembantu dan nominal transaksi melebihi limit transaksi kantor cabang tersebut maka diperlukan approval pejabat di atas kantor cabang tersebut. Bagaimana cara membuktikan keaslian document transaksi transfer tersebut? Oleh karena itu sebuah perusahaan dibidang perbankan perlu adanya media untuk membuktikan keabsahan document transaksi yang dikirimkan oleh cabang. Dalam hal ini penulis telah merancang sebuah aplikasi dengan perpaduan teknik steganografi dan kriptografi yang dapat digunakan dalam pengujian keabsahan dari document transaksi tersebut. Dengan menggunakan teknik steganografi yang melakukan penyamaran pada media yang dibawa dan kriptografi yang mempunyai tugas sebagai kunci acak, maka dokument yg di dikirimkan kantor cabang dapat di buktikan.Kata Kunci : Steganografi, Kriptografi, keabsahan, pembuktian
ANALISIS PENGARUH STRATEGI PROMOSI DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN NASABAH PT. BPR ARTA PRIMA SEJAHTERA Karnawi Kamar
Insan Pembangunan Sistem Informasi dan Komputer (IPSIKOM) Vol 2, No 1 (2014): JUNI
Publisher : Universitas Insan Pembangunan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.58217/ipsikom.v2i1.147

Abstract

ABSTRAKMengingat persaingan bank dewasa ini semakin ketat, maka manajemen bank harus memiliki kemampuan untukmenyusun strategi promosi dan memberikan pelayanan yang prima sehingga diharapkan mampu memuaskan nasabah,calon nasabah dan pihak-pihak lain yang berhubungan dengan bank. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui danmenganalisis pengaruh strategi promosi dan kualitas pelayanan secara simultan berpengaruh terhadap kepuasannasabah BPR Arta Prima Sejahtera. Adapun desain penelitian yang gunakan dalam penelitian ini, yaitu desainpenelitian deskriptif. Sampel diambil tidak secara acak, tapi ditentukan sendiri oleh peneliti dengan jumlah sampel 100orang. Berdasarkan hasil penelitian baik secara simultan terdapat pengaruh yang posit dan signifikan variabel strategipromosi dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan nasabah BPR Arta Prima Sejahtera. Demikian juga secara parsial,terdapat pengaruh strategi promosi secara positif dan signifikan terhadap kepuasan nasabah BPR Arta Prima Sejahtera.Demikian juga terdapat pengaruh variabel kualitas pelayanan secara positif dan signifikan terhadap kepuasan nasabahBPR Arta Prima Sejahtera.Kata kunci : strategi promosi, kualitas pelayanan, & kepuasan Nasabah
ANALISA DAN PERANCANGAN SISTEM PENDAFTARAN PASIEN PADA KLINIK PT. PANARUB INDUSTRY Ijah Kusnawati; Gusti Nyoman Budiadyana; Karnawi Kamar; . Winanti
Insan Pembangunan Sistem Informasi dan Komputer (IPSIKOM) Vol 2, No 1 (2014): JUNI
Publisher : Universitas Insan Pembangunan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.58217/ipsikom.v2i1.148

Abstract

ABSTRAKPT. Panarub Industry perusahaan yang bergerak dibidang sepatu olahraga. Selain memproduksi produk- produkyang telah disebutkan, PT. Panarub Industry juga memproduksi komponen sepatu seperti Sponge, EVA danRubber. Outsoles di mana 75% karyawan adalah wanita. Demi memenuhi pelayanan karyawan yang semakinhari terus meningkat khususnya dalam pelayanan kesehatan dan demi kelancaran proses aktivitas kerja diperusahaan maka perancangan sistem pendaftaran pelayanan pasien berbasis komputer benar-benar sangatdiperlukan untuk mencapai pelayanan kesehatan yang sangat optimal. Melihat pentingnya pelayanan kesehatanbagi karyawan PT. Panarub Industry dituntut untuk meningkatkan pelayanan pengobatan yang lebih baik.Terdapat beberapa masalah dalam sistem informasi pendaftaran pasien pada klinik PT. Panarub Industry yaituterjadinya penumpukan pasien pada satu waktu dikarenakan belum adanya penjadwalan pendaftaran pasienyang efektif, Pendaftaran pasien dilakukan diruang klinik yang penjadwalanya masih menggunakan no antriansehingga pasien harus antri diruang klinik untuk menunggu no antrian pelayanan yang mengakibatkanpenuhnya ruangan klinik pada satu waktu., Pencatatan laporan medical rocord belum terkomputerisasi sehinggauntuk melihat medical record perkaryawan membutuhkan waktu yang lama. Metode pengumpulan datadilakukan dengan observasi, studi pustaka,dan wawancara terhadap sampel yang dipilih dengan menggunakanmetode purposive sampling, Teknik pengujian sistem dengan pendekatan black-box testing. Pengujian validasimenggunakan FGD (Focus Group Discussion). Kualitas perangkat lunak yang dihasilkan diuji berdasarkanperangkat lunak model ISO 9126, dengan empat karakteristik kualitas yaitu: functionality, reliability, usability,dan efficiency menggunakan metode kuesioner. Hasil penelitian diperoleh sebuah sistem informasi pendaftaranpasien yang terintegrasi yang dapat mengatasi permasalahan-permasalahan yang ada di klinik PT. PanarubIndustry.Kata kunci : sistem informasi, pendaftaran, pasien, klinik
MODEL PENGAMBILAN KEPUTUSAN PENENTUAN HARGA PRODUK FURNITURE (Studi Kasus Pada PT. Trifoli Kayakarya) Jumiran .
Insan Pembangunan Sistem Informasi dan Komputer (IPSIKOM) Vol 2, No 1 (2014): JUNI
Publisher : Universitas Insan Pembangunan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.58217/ipsikom.v2i1.150

Abstract

ABSTRAKPada era globalisasi saat ini persaingan bisnis dibidang usaha manufacturer sangat ketat. Begitu juga dengan perkembangan teknologi informasi, menyebabkan berkembangnya design dan variasi produk khususnya furniture yang pada kenyataannya cukup signifikan. Kecanggihan yang mampu dihasilkan oleh sebuah software dalam mendesign suatu produk, membuat PT. Trifoli Kayakarya berbenah diri dalam mengikuti persaingan bisnis tersebut. Kecepatan dan integritas sudah tidak dapat ditawar lagi. Pemberian informasi yang cepat dan akurat menjadi parameter yang sangat penting terhadap berlangsungnya proses bisnis suatu perusahaan. Salah satu temuan yang menjadi kendalautama pada PT. Trifoli adalah lambatnya sistem perhitungan harga produk sehingga berdampak buruk terhadap kelangsungan bisnis, termasuk hubungan customer dan supplier. Dengan Analytical Hierarchy Process (AHP) membantu kepada decision makers dalam pengambilan keputusan. Metode AHP dalam penentuan harga produk furniture di PT. Trifoli Kayakarya sangatlah tepat mengingat dalam metode tersebut menggunakan beberapa kriteria (multi criteria). Hal senada dalam mencapai keakurasian yang tinggi dalam menentukan harga suatu produk, tentunya semakin banyak juga kriteria-kriteria yang diperlukan seperti ukuran produk, bahan baku utama yang digunakan, bahan pembantu, proses produksi, finishing, packing dan delivery, semuanya dapat dihitung secara detail. Sistem pengambilan keputusan ini membutuhkan bantuan teknologi informasi, penggunaan metode AHP menjadi solusi yang dapat membantu para decision makers untuk mengambil keputusan dalam penentuan perhitungan harga produk secaracepat dan mempunyai keakurasian yang tinggi.Kata kunci : teknologi informasi, manufacturer, multi criteria, decision makers, Analytical Hierarchy ProcessABSTRACTIn the current era of globalization in business, business competition is very tight manufacturer. So also with the development of information technology, led to the development of design and variety of products, especially furniture that is in fact quite significant. Sophistication that can be produced by a design software in a product, make PT. Trifoli Kayakarya improve itself in following the business competition. Speed and integrity are not negotiable. Provision of information quickly and accurately to be a very important parameter in the implementation of business processes of an enterprise. One of the findings that a major constraint on the PT. Trifoli is the latest product price calculation system which adversely affects the continuity of the business, including customer and supplier relationships. With Analytical Hierarchy Process (AHP) to help the decision makers in decision making. AHP method in product pricing furniture in PT. Trifoli Kayakarya is appropriate given the method of using multiple criteria (multi-criteria). The same thing in achieving a high accuracy in determining the price of a product, of course, more and more is also required criteriasuch as the size of the product, the main raw material used, auxiliary materials, production processes, finishing, packing and delivery, all of which can be calculated in detail. This decision system needs help of information technology, the use of AHP method is a solution that can help the decision makers to make decisions in determining product pricing calculations rapidly and has a high accuracy.Keywords: information technology, manufacturer, multi criteria, decision makers, Analytical hierarchy Process
ANALISA DAN PERANCANGAN SISTEM INFORMASI CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT PADA PT. ABC Sucipto Basuki; Winanti .; Ahmad Yani
Insan Pembangunan Sistem Informasi dan Komputer (IPSIKOM) Vol 2, No 1 (2014): JUNI
Publisher : Universitas Insan Pembangunan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.58217/ipsikom.v2i1.208

Abstract

ABSTRAK CRM adalah sebuah sistem informasi yang terintregasi,digunakan untuk merencanakan, menjadwalkan dan mengendalikan aktivitas-aktivitas prapenjualan dan pascapenjualan dalam sebuah organisasi. CRM melingkupi semua aspek yang berhubungan dengan calon pelanggan dan pelanggan saat ini,termasuk didalamnya adalah pusat panggilan (call center), tenaga penjualan (sales force),pemasaran,dukungan teknis (technical support) dan layanan lapangan (fieldservice). Pada jural ilmiah ini telah dikembangkan suatu rancangan Sistem Keluhan Pelanggan berbasis web, dengan menggunakan pendekatan kualitatif,sehingga dapat tercapai suatu efisiensi dalam proses mengajukan keluhan oleh pelanggan. Aplikasi tersebut juga dapat mengurangi beban kerja dari sales representative yang sebelumnya diharuskan untuk mendatangi pelanggan dalam melakukan proses komplain. Aplikasi ini dikembangkan dengan menggunakan PHP sebagai bahasa pemrogramannya dan MySQL sebagai databasenya. Kata Kunci : Customer Relationship Management, Keluhan Pelanggan,Web ABSTRACT CRM is an Information System which integrated, use to plan, schedule,and to control activities of presales and post-sales in organization. CRM coveredall aspect which connected with future customer and customer nowadays, include call center,sales force, marketing, technical support and field services. In this final task, has been developed a design of a web-based customer complain system, with qualitative approach so that can reached efficiency in a complain submiting process by a customer.The application also can reduce a work load of a sales representative which must come to the customer previously to do a complain process. This application is developed with PHP as a programming language and MySQL as database. Keywords : Customer Relationship Management, Customer Complain, Web

Page 1 of 1 | Total Record : 6