cover
Contact Name
Syaipul Ramdhan
Contact Email
syaipulramdhan@global.ac.id
Phone
+6287774181374
Journal Mail Official
syaipulramdhan@global.ac.id
Editorial Address
Jl. Aria Santika No. 43A Margasari Karawaci
Location
Kota tangerang,
Banten
INDONESIA
Jurnal Tren Bisnis Global
ISSN : -     EISSN : 28074181     DOI : https://dx.doi.org/10.38101/jtbg
Core Subject : Economy, Science,
Jurnal Tren Bisnis Global (JTBG) adalah jurnal akses terbuka peer-review yang diterbitkan dua kali setahun (Mei dan November), jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh Institut Teknologi Dan Bisnis Bina Sarana Global. Jurnal JTBG bertujuan untuk menyediakan forum nasional bagi para peneliti dan profesional untuk berbagi ide tentang semua topik yang terkait dengan Bisnis Digital, tetapi tidak terbatas pada topik-topik berikut: financial management science, human resource management, marketing management, and strategic management, entrepreneurship, digital Business, e-business, sistem informasi manajemen. Terbit dengan versi online (e-ISSN 2807-4181).
Articles 10 Documents
Search results for , issue "Vol 1, No 2 (2021): JURNAL TREN BISNIS GLOBAL" : 10 Documents clear
Sistem Informasi Penjualan Motor Bekas Berbasis Web Studi Kasus Jamjam Motor Agency Dedi Dedi; Anggga Dwitama Putra
JURNAL TREN BISNIS GLOBAL Vol 1, No 2 (2021): JURNAL TREN BISNIS GLOBAL
Publisher : Institut Teknologi dan Bisnis Bina Sarana Global

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.38101/jtbg.v1i2.420

Abstract

Jamjam Motor Agency merupakan usaha yang bergerak dibidang penjualan motor bekas yang berada di Kp.Buaran Pln RT03/04 Kel.Cikokol Kec.Tangerang Kota Tangerang. Proses penjualan motor bekas yang berjalan saat ini masih dilakukan secara konvensional (tatap muka). Sementara sistem penjualan yang saat ini diterapkan oleh Jamjam Motor Agency yaitu penjualan dilakukan di tempat. Hal ini menjadi salah satu kendala dalam melakukan penjualan karena terbatasnya informasi yang didapat oleh calon konsumen. Tujuan penulis merancang dan membuat sistem informasi untuk memudahkanpelanggan melihat langsung motor apa saja yang ada di jamjam motor agency tanpa harus datang langsung ke showroom, penulis memakai rancangan untuk menganalisa sistem rancangan menggunakan waterfall. Perancangan ini diharapkan dapat membantu pelanggan melihat langsung motor apa saja yang ada di jamjam motor agency tanpa harus datang langsung ke showroom dan dapat membantu meningkatkan penjualan motor bekas pada showroom jamjam motor agency dalam penjualan motor bekas.
Augmented Reality Sebagai Media Promosi SMK Citra Nusantara Edy Tekat Bronto Waluyo; Aditya Arief Permana
JURNAL TREN BISNIS GLOBAL Vol 1, No 2 (2021): JURNAL TREN BISNIS GLOBAL
Publisher : Institut Teknologi dan Bisnis Bina Sarana Global

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.38101/jtbg.v1i2.428

Abstract

Perkembangan teknologi Augmented Reality ini sedang mengalami kemajuan. Karena dalam penggunaannya yang cukup menarik. Salah satu penerapan teknologi Augmented Reality ini yaitu pada media promosi. Metode promosi menggunakan aplikasi Augmented Reality berbasis Android ini diharapkan dapat memberikan alternatif yang menarik dalam kegiatan promosi sekolah dengan ditampilkannya objek 3D Gedung yang ada disekolah. Diharapkan dengan dibuatnya aplikasi media promosi sekolah ini bisa menarik minat calon siswa/I terutama pada kejuruan Multimedia. Media promosi ini dibuat menggunakan Augmented Reality dengan metode Marked Based Tracking. Dimana metode ini memanfaatkan fungsi sebuah marker sebagai media yang berperan untuk menampilkan objek 3D. Dalam pembuatan aplikasi Augmented Reality ini menggunakan 3DsMax, CorelDraw, Unity 3D, dan Vuforia.
Sistem Aplikasi Penjualan Online Berbasis Content Management System (CMS) Joomla Modul VirtueMart Pada Toko Dito Nunung Nurmaesah; Heriyanto Heriyanto
JURNAL TREN BISNIS GLOBAL Vol 1, No 2 (2021): JURNAL TREN BISNIS GLOBAL
Publisher : Institut Teknologi dan Bisnis Bina Sarana Global

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.38101/jtbg.v1i2.422

Abstract

Dalam kondisi pandemik seperti ini banyak sekali toko-toko yang tutup dikarenakan kebijakan pemerintah untuk menanggulangi wabah penyakit. Padahal toko-toko tersebut memiliki kontribusi besar dalam memenuhi kebutuhkan para masyarakat, termasuk toko kelontong yang sangat dicari masyarakat karena sumber kebutuhan sehari-hari terdapat pada toko tersebut. Dalam keterbatasannya seolah pemilik harus memutar otak untuk menjual dagangannya agar tetap bisa laku dan terjual, maka dari itu pemilik berinisiatif untuk memasarkan produknya mengunakan media internet. Toko Dito yang terletak pada daerah Neglasari Tangerang adalah salah satu toko yang menjual produk kebutuhan pokok dengan mengandalkan konsumen mendatangi toko tersebut. Jika seperti itu akan terjadinya penurunan jumlah pembeli dikarenakan pemerintah membatasi kegiatan di luar rumah. Maka dari itu penulis melakukan beberapa pengkajian kebutuhan pada toko Dito dan menerapkan sistem E-Commerce CMS Joomla modules VirtueMart yang sesuai untuk diterapkan, dengan tujuan untuk memasarkan secara online. Manfaatnya penerapan sistem E-Commerce CMS Joomla modules VirtueMart bagi konsumen adalah konsumen tidak perlu bertatap muka langsung dengan penjual sehingga proses transaksi lebih efesien. Sistem ini diharapkan dapat membantu memasarkan produk pada Toko Dito agar menjadi lebih luas jangkauannya.
Pengaruh Profitabilitas, Aktivitas dan Solvabilitas terhadap Perubahan Laba pada Perusahaan Property dan Realestate Ken Sabardiman Soetjipto; Azienda Handaru Nugroho Ken Putro
JURNAL TREN BISNIS GLOBAL Vol 1, No 2 (2021): JURNAL TREN BISNIS GLOBAL
Publisher : Institut Teknologi dan Bisnis Bina Sarana Global

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.38101/jtbg.v1i2.432

Abstract

Penelitian ini menguji beberapa rasio keuangan yaitu ROA, NPM, DER, dan TATO. Penelitian ini menggunakan data kuantitatif yaitu data yang diukur dalam suatu skala numerik (angka) yang dikumpulkan dengan teknik pengambilan basis data, kemudian disusun secara pooling. Periode penelitian yang digunakan yaitu tahun 2015 sampai dengan tahun 2019. Variabel dependen dalam penelitian ini adalah perubahan laba sedangkan variabel independennya adalah ROA, NPM, DER, dan TATO yang termasuk dalam empat kategori rasio keuangan yaitu kategori likuiditas, solvabilitas, profitabilitas dan aktivitas. Objek penelitian ini adalah perusahaan property dan real estate yang terdaftar dalam Bursa Efek Indonesia (BEI) periode 2015-2019. Penentuan sampel dalam penelitian ini menggunakan metode purposive sampling berdasarkan ketersediaan data selama penelitian dan jenis datanya adalah data sekunder yaitu laporan keuangan perusahaan sampel yang meliputi laporan neraca dan laba rugi diperoleh dari laporan keuangan tahunan yang diterbitkan oleh Bursa Efek Indonesia (BEI). Metode analisis yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah analisis regresi berganda dengan terlebih dahulu melakukan uji asumsi klasik. Untuk mengetahui pengaruh secara simultan digunakan uji F dan untuk mengetahui pengaruh secara parsial digunakan uji t.
Koperasi Simpan Pinjam Berbasis Web (Studi Kasus PT Ching Luh Indonesia) Sri Rahayu; Nunung Nurmaesah; Sulastri Sulastri
JURNAL TREN BISNIS GLOBAL Vol 1, No 2 (2021): JURNAL TREN BISNIS GLOBAL
Publisher : Institut Teknologi dan Bisnis Bina Sarana Global

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.38101/jtbg.v1i2.423

Abstract

Koperasi pada PT Ching Luh Indonesia merupakan salah satu koperasi yang ditujukan untuk mensejahterahkan anggotanya. Koperasi yang memiliki banyak anggota, namun sistem yang digunakan masih menggunakan sistem manual. Sistem ini belum efektif karena disetiap transaksi yang dilakukan untuk pendaftaran anggota maupun transaksi simpan pinjamnya masih secara manual yaitu menggunakan buku catatan dan aplikasi MS.Excel. Pencarian data yang sulit dikhawatirkan data bisa hilang, dan perhitungan yang salah tentang jumlah angsuran dan pembuatan laporannya membutuhkan waktu yang lama. Maka diperlukan suatu aplikasi sistem informasi yang dapat mengubah sistem manual menjadi sistem yang terkomputerisasi agar koperasi dapat menjadi lebih baik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metodologi berorientasi objek atau disebut OOAD (Object Oriented Analysis and Design). Alat pengembangan sistem ini menggunakan bahasa pemrograman PHP, menggunakan database MySQL, Adobe Dreamweaver sebagai tools, serta menggunakan pemodelan UML. Hasil yang di dapat adalah sistem informasi simpan pinjam yang dapat memudahkan pengolahan data transaksi simpan pinjam anggotanya sehingga menghasilkan informasi yang cepat dan akurat.
Sistem Pendukung Keputusan Pemberian Pinjaman Koperasi Menggunakan Metode AHP-TOPSIS Joko S. Dwi Raharjo; Afrizal Afrizal; Ulyah Novitasari
JURNAL TREN BISNIS GLOBAL Vol 1, No 2 (2021): JURNAL TREN BISNIS GLOBAL
Publisher : Institut Teknologi dan Bisnis Bina Sarana Global

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.38101/jtbg.v1i2.427

Abstract

Koperasi merupakan Lembaga Keuangan Non Bank yang melayani kebutuhan anggotanya dalam jasa simpan pinjam dengan tujuan memberikan solusi kepada masyarakat untuk mendapatkan pinjaman modal dan kebutuhan lainnya. Selama ini kegiatan pengambilan keputusan pada Koperasi Simpan Pinjam Palomak Artha Mas masih dilakukan secara manual menggunakan form analisa pinjaman, sehingga tidak menutup kemungkinan terjadinya human error seperti kesalahan saat mempertimbangkan data calon kreditur. Oleh karena itu, untuk membantu mengatasi human error maka perlu dibuat suatu sistem dalam membantu memberikan keputusan berbasis komputer, yang dapat membantu manager koperasi dalam menentukan keputusan pemberian dana kepada calon kreditur dengan cepat, tepat dan akurat sesuai dengan kriteria yang telah ditentukan.. Perancangan sistem pendukung keputusan ini dibangun dengan menggunakan bahasa pemprograman Python dan Django, serta metode yang digunkana adalah metode AHP-Topsis.
Sistem Pendukung Keputusan Penilaian Guru Menggunakan Metode AHP dan TOPSIS Afrizal Afrizal; Dedi Dedi; Bintia Anggundari
JURNAL TREN BISNIS GLOBAL Vol 1, No 2 (2021): JURNAL TREN BISNIS GLOBAL
Publisher : Institut Teknologi dan Bisnis Bina Sarana Global

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.38101/jtbg.v1i2.425

Abstract

Penilaian kinerja guru merupakan acuan untuk menetapkan kenaikan pangkat seorang guru dan diharapkan dapat bermanfaat untuk menentukan berbagai kebijakan yang terkait dengan peningkatan mutu, serta kinerja kerja guru sebagai ujung tombak pelaksanaan proses pendidikan dalam menciptakan insan yang cerdas, komprehensif dan berdaya saing tinggi. Penelitian ini bertujuan untuk merancang sebuah system pendukung keputusan dalam mentukan penilaian guru terbaik dengan menggunakan kombinasi metode Analytical Hierarchy Process (AHP) dan Technique for Order Preference by Similarity to Ideal Solution (TOPSIS). Metode AHP digunakan untuk menghitung bobot dari masing-masing parameter dan metode TOPSIS digunakan untuk melakukan proses perangkingan dan 95% hasil dari penelitian ini dapat digunakan oleh sekolah sebagai rekomendasi dalam menentukan penilaian guru terbaik yang sesuai dengan parameter
Sistem Informasi E-Commerce Berbasis Customer Relationship Management pada CV Dini Colection M. Ramaddan Julianti; Ertalita Br Sembiring
JURNAL TREN BISNIS GLOBAL Vol 1, No 2 (2021): JURNAL TREN BISNIS GLOBAL
Publisher : Institut Teknologi dan Bisnis Bina Sarana Global

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.38101/jtbg.v1i2.429

Abstract

Dengan adanya perkembangan teknologi informasi saat ini, individu maupun organisasi dapat bekerja secara lebih efektif dan efisien. Karena itulah banyak perusahaan maupun instansi pemerintah mulai beralih dalam sitem konvensional menjadi sistem komputer dalam mengerjakan setiap pekerjaan. Dalam sistem yang berjalan seperti pembuatan laporan stok barang dan laporan penjualan pada CV Dini Collection masih menggunakan sistem yang konvensional. Hal ini yang mendukung harus dirancangnya sebuah sistem informasi E-Commerce untuk mempermudah dalam pengolahan data serta menambah keuntungan dan memperkenalkan CV Dini Collection ke masyarakat melalui E-Commerce. Adapun Metode yang digunakan dalam pembuatan sistem yaitu dengan menggunakan metode pengumpulan data yang terdiri dari metode observasi dan metode interview atau wawancara. Dan metode pendekatan Software Development Life Cycle (SDLC)/waterfall karena dalam pembuatan sistem ini perlu adanya pendekatan secara sistematis dan urut mulai dari level kebutuhan sistem menuju ke tahapan alisis, desain, coding, testing dan maintenance. Dalam perancangan ini menggunakan UML (Unified Modelling Language) yang terdiri dari usecase diagram, activity diagram, sequence diagram dan class diagram sebagai metode rancangan. Sehingga berfungsi untuk membantu dalam merancang sistem informasi E-Commerce berbasis Customer Relationship Management .
Sistem Informasi Penjualan Sparepart Custom Berbasis Web Sebagai Sarana Promosi dan Transaksi Studi Kasus Bengkel Arfa Custom Detin Sofia; Zainul Hakim; Mochammad Ramdi Ramadhan
JURNAL TREN BISNIS GLOBAL Vol 1, No 2 (2021): JURNAL TREN BISNIS GLOBAL
Publisher : Institut Teknologi dan Bisnis Bina Sarana Global

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.38101/jtbg.v1i2.419

Abstract

Bengkel Arfa Custom adalah sebuah badan usaha yang bergerak dalam bidang penjualan sparepart motor custom dengan berbagai jenis sparepart untuk berbagai merk motor. Sistem yang sedang berjalan dalam bengkel Arfa Custom saat ini masih menyulitkan calon pembeli, dikarenakan jarak dan lokasi yang jauh dari kota. Bukan hanya untuk melakukan transaksi, bahkan hanya sekedar ingin mencari informasi mengenai harga dan produk apa saja yang dijual oleh bengkel Arfa Custom pun calon pembeli harus datang langsung ke bengkel Arfa Custom. Hal ini tentu membuat konsumen kesulitan mendapatkan informasi dan sulitnya untuk melakukan promosi dan penjualan dengan calon pembeli. Tujuan penulis merancang dan membuat sistem informasi untuk memudahkan calon pembeli dalam melakukan transaksi serta memudahkan calon pembeli untuk mendapatkan informasi seputar produk dan harga barang yang sedang dicari. Adapun dalam pembuatan sistem ini, penulis memakai rancangan menggunakan SDLC (Software Development Life Cycle). Perancangan ini diharapkan dapat membantu bengkel Arfa Custom dalam menaikan omset serta memberikan pelayanan yang maximal untuk para calon pembeli sehingga calon pembeli akan terus bertambah.
Rancang Bangun Pendaftaran Siswa Baru Berbasis Web di SMP Mutiara Bangsa Kemiri Arni Retno Mariana; Saprujiah Saprujiah
JURNAL TREN BISNIS GLOBAL Vol 1, No 2 (2021): JURNAL TREN BISNIS GLOBAL
Publisher : Institut Teknologi dan Bisnis Bina Sarana Global

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.38101/jtbg.v1i2.426

Abstract

Penerimaan siswa baru merupakan salah satu proses yang ada di instansi pendidikan seperti sekolah yang berguna untuk menyaring calon siswa yang akan menjadi siswa didiknya. Diera milenial sekarang teknologi sangat bekembang pesat sehingga menyebabkan kegiatan bisa dilakukan dengan cara online tanpa harus datang ke tempatnya, begitupun dengan pendidikan. Pendaftaran siswa baru secara online sudah sangat marak digunakan diperkotaan namun masih sangat minim dipedesaan, masih banyak wilayah yang tetinggal dengan teknologi dan masih banyak sekolah yang masih menggunakan metode secara manual sehingga calon peserta didik harus datang langsung ke sekolah. Di SMP Mutiara Bangsa dalam kegiatan pendaftaran siswa baru masih menggunakan sistem manual sehingga membutuhkan waktu yang cukup lama dalam pengolahan data siswa baru dan dalam menyampaikan informasi bagi yang membutuhkan layanan informasi dan bagi calon siswa yang ingin mendaftar harus datang langsung ke sekolah, hal ini yang mendukung dirancang sebuah sistem pendaftaran siswa baru secara online. Sistem yang dihasilkan ini memiliki keunggulan karena dapat diakses secara online melalui internet sehingga mempermudah calon siswa untuk mendaftar tanpa harus atang langsung ke sekolah dalam pengolahan data siswa baru dan mempercepat penyampaiann informasi bagi yang membutuhkan layanan informasi.

Page 1 of 1 | Total Record : 10