cover
Contact Name
Ahmad Zulfahmi
Contact Email
azulfahmi86@gmail.com
Phone
+6221-82431708
Journal Mail Official
tribisnis@stietribhakti.ac.id
Editorial Address
Jl. Teuku Umar, Cut Mutia No.24, RT.002/RW.001, Sepanjang Jaya, Kec. Rawalumbu, Kota Bekasi, Jawa Barat 17114
Location
Kota bekasi,
Jawa barat
INDONESIA
Jurnal Kewirausahaan, Akuntansi, dan Manajemen TRI BISNIS
ISSN : 26561298     EISSN : 26559838     DOI : -
Core Subject : Economy,
This Open Journal System is designed to publish research articles on accounting and management field. This Journal publishes twice a year in January and August.
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol 1 No 2 (2019): Jurnal Kewirausahaan, Akuntansi, dan Manajemen TRI BISNIS" : 6 Documents clear
STUDI CITRA DESTINASI KEPADA KEPUASAN WISATAWAN DAN NIAT KUNJUNGAN KEMBALI WISATAWAN PADA PARIWISATA INDONESIA Filda Rahmiati
JURNAL KEWIRAUSAHAAN, AKUNTANSI DAN MANAJEMEN TRI BISNIS Vol 1 No 2 (2019): Jurnal Kewirausahaan, Akuntansi, dan Manajemen TRI BISNIS
Publisher : STIE Tri Bhakti

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui citra destinasi pariwisata meliputi: keselamatan & keamanan, infrastruktur, lingkungan alam, dan sejarah budaya yang memiliki pengaruh langsung secara signifikan terhadap kepuasan wisatawan dan efek tidak langsung terhadap niat kunjungan kembali wisatawan melalui kepuasan wisatawan dalam pariwisata Indonesia. Penelitian ini menggunakan desain survei dari 115 responden yang didistribusikan oleh enumerator dan diisi oleh wisatawan asing yang berkunjung ke Indonesia melalui Bandara Internasional Soekarno Hatta. Smart partial least square (SMART PLS) digunakan dalam penelitian ini untuk menganalisis data dan menguji hipotesis penelitian. Temuan menemukan bahwa keselamatan & keamanan, infrastruktur, dan lingkungan alam secara langsung berpengaruh signifikan terhadap kepuasan wisatawan dan secara tidak langsung berpengaruh terhadap niat pengembalian wisatawan melalui kepuasan wisatawan dalam pariwisata Indonesia. Sementara itu, sejarah budaya tidak berpengaruh langsung signifikan terhadap kepuasan wisatawan dan secara tidak langsung berpengaruh terhadap niat pengembalian wisatawan melalui kepuasan wisatawan dalam pariwisata Indonesia. Temuan ini juga menemukan bahwa Keselamatan dan Keamanan menunjukkan sebagai variabel terkuat. Temuan ini memberikan implikasi penting bagi industri pariwisata untuk menciptakan produk wisata yang menarik dari budaya dan sejarah. Dengan menciptakan berbagai acara di situs budaya dan sejarah, dengan harapan dapat menarik wisatawan untuk mengunjungi kembali Indonesia. Penelitian ini terbatas pada pengumpulan data di satu lokasi. Dengan demikian, hasilnya tidak dapat digeneralisasi ke seluruh Indonesia, karenanya peluang untuk penelitian di masa depan. Studi ini berkontribusi untuk memperluas pengetahuan tentang citra destinasi pariwisata di salah satu pasar pariwisata paling berkembang di negara berkembang, dalam hal ini, Indonesia
PENGARUH KEPUTUSAN PENDANAAN, KEPUTUSAN INVESTASI DAN PROFITABILITAS TERHADAP NILAI PERUSAHAAN Daulat Freddy
JURNAL KEWIRAUSAHAAN, AKUNTANSI DAN MANAJEMEN TRI BISNIS Vol 1 No 2 (2019): Jurnal Kewirausahaan, Akuntansi, dan Manajemen TRI BISNIS
Publisher : STIE Tri Bhakti

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan perusahaan secara substansial ada 3 (tiga) namun hanya berbeda pada penekanan yang ingin dicapaioleh masing-masing perusahaan berbeda antara yang satu dengan yang lain.Penelitian ini dilakukan untuk meneliti pengaruh keputusan pendanaan, profitabilitas, dan keputusan investasi terhadap nilai perusahaan. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 15 perusahaan food and beverages yang sudah terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2012 sampai dengan 2016, dengan menggunakan regresi berganda untuk mengetahui keputusan pendanaan, profitabilitas, dan keputusan investasi terhadap nilai perusahaan. Untuk keputusan Pendanaan dilakukan dengan menggunakan Debt to Equity Ratio (DER). Diperoleh hasil bahwa keputusan pendanaan, profitabilitas dan keputusan investasi berpengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan secara parsial dan simultan
PENGARUH BIAYA LINGKUNGAN, UKURAN PERUSAHAAN DAN PENGUNGKAPAN EMISI GAS RUMAH KACA (GRK) PADA NILAI PERUSAHAAN Damayanti Rizki; Eindye Taufiq
JURNAL KEWIRAUSAHAAN, AKUNTANSI DAN MANAJEMEN TRI BISNIS Vol 1 No 2 (2019): Jurnal Kewirausahaan, Akuntansi, dan Manajemen TRI BISNIS
Publisher : STIE Tri Bhakti

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan memverifikasi pengaruh biaya lingkungan, ukuran perusahaan dan pengungkapan emisi gas rumah kaca berpengaruh terhadap nilai perusahaan. Populasi penelitian ini adalah perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Metode pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini di pilih dengan purposive sampling menthod. Analisis dan uji hipotesis data dilakukan menggunakan bantuan program komputer IBM Statistical Product and Service Solution (SPSS) versi 25.Hasil penelitian menemukan bahwa biaya lingkungan yang dikendalikan oleh ukuran perusahaan tidak berpengaruh secara signifikan terhadap nilai perusahaan. Pengungkapan emisi GRK yang dikendalikan oleh ukuran perusahaan tidak berpengaruh secara signifikan terhadap nilai perusahaan. Saran yang dapat diberikan peneliti untuk penelitian selanjutnya perlu mengeksplorasi lebih jauh dalam segi analisis konten dari data pengukuran yang digunakan. Sehingga akan mampu melakukan pembahasan dalam lingkup yang lebih luas.
KONSEP STRUCTURAL EQUATION MODEL DALAM PENELITIAN Parwanto
JURNAL KEWIRAUSAHAAN, AKUNTANSI DAN MANAJEMEN TRI BISNIS Vol 1 No 2 (2019): Jurnal Kewirausahaan, Akuntansi, dan Manajemen TRI BISNIS
Publisher : STIE Tri Bhakti

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Structure Equatiaon Model (SEM) adalah sebuah model yang didalamnya terdapat beberapa faktor (construct/latent) yang masing-masing memiliki indikator dan antar variabel latent yang satu dengan yang lainnya terdapat hubungan kausal. Selanjutnya dalam model struktural terdapat observed variable, endogenous construct dan exogenous construct. Model SEM harus didukung oleh model teoritis yang sangat kuat sehingga SEM juga dapat dimaknai sebagai verivikasi model teoritis terhadap data empiris. Sampel harus random dan koefisien yang diperoleh sudah terstandart, sehingga model ini dapat dikatakan model statistic social yang sudah relatif lengkap dan merupakan gabungan analisis regresi dan analisis faktor dan merupakan perluasan dari analisis jalur
PENGARUH UANG BEREDAR M1 PADA INFLASI IHK, JANUARI 2014 – JUNI 2019 Tigor Hutapea
JURNAL KEWIRAUSAHAAN, AKUNTANSI DAN MANAJEMEN TRI BISNIS Vol 1 No 2 (2019): Jurnal Kewirausahaan, Akuntansi, dan Manajemen TRI BISNIS
Publisher : STIE Tri Bhakti

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Artikel ini mencoba menjelaskan hubungan antara inflasi IHK (inflasi umum/headline inflation) dengan uang beredar M1 dalam periode Januari 2014 – Juni 2019. Hubungan teoretis ini didasarkan pada Teori Kuantitas Uang. Karena data yang dipakai adalah bulanan, maka riset ini mencoba mengidentifikasi faktor musim, trend, dan siklus dalam konteks hubungan/model kausal inflasi-uang beredar. Jadi identifikasi dimaksud melibatkan pemakaian variabel boneka, variabel trend, dan variabel berselang (lagged variable) sebagai variabel-variabel independen termasuk uang beredar sedangkan inflasi IHK sebagai variabel dependen. Berbagai bentuk fungsional dari hubungan regresi tersebut sudah dicobakan hingga menemukan bentuk fungsional yang terbaik berupa model double-log regresi linier berganda. Estimasi model ini menghasilkan beberapa temuan empirik. Pertama, kuantitas uang beredar mempengaruhi secara signifikan Inflasi IHK. Secara parsial, jika kuantitas uang beredar naik 1 persen, maka IHK ternyata naik 0,07 persen. Kedua, ada faktor musim dalam pergerakan inflasi IHK, yaitu pada bulan-bulan Januari, Februari, Juli, dan Agustus. Puncak musim terjadi pada bulan Januari disusul, masing-masing, oleh Juli, Februari, dan Agustus. Ketiga, faktor trend juga hadir dalam pergerakan inflasi IHK. Ternyata inflasi IHK naik 0,02 persen per bulan selama periode pengamatan. Terakhir, keempat, koefisien lagged variable IHK dengan lag 12-bulan ternyata signifikan mempengaruhi dirinya sendiri. Artinya, IHK pada satu bulan sangat berhubungan dengan bulan berikutnya. Misalnya, IHK pada Januari 2014 mempengaruhi IHK pada Januari 2015. Temuan-temuan empirik ini bermanfaat antara lain untuk mengukur efektivitas kebijakan moneter Bank Indonesia (BI). Memang, temuan riset ini menunjukkan, peningkatan uang beredar menyebabkan kenaikan tingkat inflasi, tetapi ini bukan berarti kebijakan moneter BI tidak efektif dalam mengendalikan kuantitas uang beredar sebab BI hanya bertanggungjawab dalam pengendalian Inflasi Inti. Akhirnya, spesifikasi model regresi yang lebih baik serta jumlah pengamatan yang lebih panjang akan semakin menambah kinerja model untuk menjelaskan perilaku inflasi IHK pada masa akan datang.
PENGARUH PELAYANAN, HARGA, DAN LOKASI TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN BENGKEL HYUNDAI KALIMALANG Ali Sujana; Irvan F.C.Oentoeng
JURNAL KEWIRAUSAHAAN, AKUNTANSI DAN MANAJEMEN TRI BISNIS Vol 1 No 2 (2019): Jurnal Kewirausahaan, Akuntansi, dan Manajemen TRI BISNIS
Publisher : STIE Tri Bhakti

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pelayanan, harga dan lokasi terhadap kepuasan pelanggan bengkel Hyundai Kalimalang. Populasi penelitian adalah pelanggan bengkel Hyundai Kalimalang dengan sampel 120 responden. Analisis data menggunakan uji regresi berganda. Hasil penelitian adalah 1) Pelayanan berpengaruh positif signifikan terhadap kepuasan pelanggan dengan nilai signifikansi 0,021. 2) Harga berpengaruh positif signifikan terhadap kepuasan pelanggan dengan nilai signifikansi 0,000. 3) Lokasi berpengaruh positif signifikan terhadap kepuasan pelanggan dengan nilai signifikansi 0,000. 4) Pelayanan, harga dan lokasi berpengaruh positif signifikasn secara simultan terhadap kepuasan pelanggan dengan nilai signifikansi 0,000

Page 1 of 1 | Total Record : 6