cover
Contact Name
AMELIA ANWAR
Contact Email
ameliaanwar@umitra.ac.id
Phone
+6288276560929
Journal Mail Official
lppm@umitra.ac.id
Editorial Address
jl za pagar alam no 7 gedong meneng bandar lampung
Location
Kota surabaya,
Jawa timur
INDONESIA
BUSINESS AND ENTERPREUNERSHIP JOURNAL
ISSN : -     EISSN : 27458547     DOI : -
Core Subject : Economy,
Business and Enterpreneurship Journal (BEJ) adalah media publikasi ilmiah yang ditulis oleh dosen, peneliti, dan mahasiswa di bidang bisnis,dll. BEJ menerbitkan makalah penelitian ahli, yang direview melalui mekanisme secara online. semua makalah direview setidaknya oleh dua orang reviewer. BEJ diterbitkan dan dicetak oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Mitra Indonesia dann diterbitkan dua kali dalam setiap volume (Februari & Agustus)
Articles 8 Documents
Search results for , issue "Vol 3, No 2 (2022)" : 8 Documents clear
Strategi Peningkatan Pelayanan Perpustakaan Di Balai Besar Pengembangan Mekanisasi Pertanian (BBP MEKTAN) Sri Utami; Agung Rachmadi; Hasbullah Hasbullah
Business and Enterpreneurship Journal (BEJ) Vol 3, No 2 (2022)
Publisher : Business and Enterpreneurship Journal (BEJ)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (487.03 KB)

Abstract

Perpustakaan adalah suatu lembaga yang berfungsi sebagai sumber informasi khususnya informasi ilmiah, seperti jurnal, artikel ilmiah, buku, majalah dan referensi lain yang dibutuhkan oleh mahasiswa, guru, mahasiswa, dosen, peneliti dan sebagainya. BBP Mektan menetapkan visinya untuk menjadi lembaga penelitian/perekayasaan terkemuka penghasil teknologi dan inovasi mekanisasi pertanian mendukung pertanian maju, mandiri, dan modern. Visi tersebut dapat tercapai salah satunya jika didukung oleh perpustakaan berbasis teknologi informasi dan komunikasi (TIK). Penelitian ini menggunakan data deskriptif dan analitik serta Analytical Hierarcy Process (AHP). Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor utama yang mempengaruhi strategi peningkatan layanan perpustakaan adalah kemampuan sumber daya manusia dalam memberikan layanan. Sumber daya manusia yang terampil dapat mendukung terwujudnya kualitas pelayanan yang baik. Untuk mencapai hal tersebut, peran kepala BBP Mektan/ kepala organisasi mempunyai pengaruh tertinggi dalam kegiatan pelaksanaan pelayanan perpustakaan, karena kepala BBP Mektan mempunyai kewenangan dalam penetapan atas struktur yang berkaitan dengan kebijakan dalam kegiatan pelayanan perpustakaan dengan skala tertinggi. Tujuan yang menjadi prioritas utama adalah meningkatkan jumlah pemustaka dari kalangan perekayasa/peneliti internal Badan Litbang Pertanian khususnya perekayasa BBP Mektan. Adapun alternatif strategi prioritas utama adalah meningkatkan ketersediaan sumberdaya informasi dan meningkatkan kemampuan SDM.Kata Kunci : Perpustakaan, Strategy, Pelayanan, AHP
Pengaruh Green Product Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Nabella Daffa; Vicky Sanjaya
Business and Enterpreneurship Journal (BEJ) Vol 3, No 2 (2022)
Publisher : Business and Enterpreneurship Journal (BEJ)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (305.849 KB)

Abstract

penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah pengaruh produk hijau atau Green product Sariayu yang ditawarkan oleh PT.Martina Berto memiliki pengaruh terhadap keputusan konsumen untuk membeli produk tersebut. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan menyebarkan kuesioner yang terdiri dari 34 sumber yang berasal dari mahasiswa prodi manajemen bisbis syariah, Ubiversitas Islam Negeri Raden Intan Lampung angkatan 2019, penelitian juga dilakukan dengan memanfaatkan aplikasi SmartPls3 dengan hasil penelitian Variabel green product berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli sedangkan harga berpengaruh positif namun tidak signifikan terhadap minat beli. Kata Kunci : Green Product, harga, keputusan pembelian
Analisis Pengaruh Cita Rasa Produk, Lokasi, Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Bisnis Dijou Coffeebar Vonny Tiara Narundana; Eva Sari; Farida Efriyanti
Business and Enterpreneurship Journal (BEJ) Vol 3, No 2 (2022)
Publisher : Business and Enterpreneurship Journal (BEJ)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (672.981 KB)

Abstract

Perekonomian di segala bidang terus melaju serta berkembang dengan pesat, seperti bisnis industri kuliner, bisnis industri kuliner sekarang semakin meningkat serta berkembang. Semua kalangan, mulai dari remaja hingga manula saat  ini gemar mengunjungi coffee shop. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh cita  rasa produk, lokasi dan harga terhadap keputusan pembelian konsumen di Dijou Coffeebar. Dalam penelitian ini, teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan skala likert. Populasi yang digunakan ialah konsumen yang sedang mengonsumsi Dijou Coffeebar. Sampel penelitian berjumlah 97 orang. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan teknik analisis data untuk menguji hipotesis meliputi uji t (parsial) dan uji f (simultan) uji regresi linier berganda dan koefisien determinasi. Pengujian ini menunjukkan bahwa variabel cita rasa produk, lokasi, dan harga memiliki pengaruh signifikan serta positif terhadap keputusan konsumen pada bisnis Dijou Coffeebar. Perusahaan perlu lebih meningkatkan layanan, memantau dan memperbarui menu atau menambahkan lagi lebih banyak menu, sebagai akibatnya konsumen dapat benar-benar tertarik untuk tetap mengkonsumsi serta mengunjungi bisnis Dijou Coffeebar, selain itu memberikan promo-promo menarik lainnya, maka konsumen akan merasakan manfaat dari apa yang dikonsumsinya sehingga nantinya mempengaruhi kecenderungan konsumen untuk mengkonsumsi lebih.Kata Kunci: Cita Rasa Produk; Lokasi; Harga; Dan Keputusan Pembelian.
Pengaruh Kompetensi Dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Anggota Pada Bidang Keuangan Kepolisian Daerah Lampung ardansyah ardansyah
Business and Enterpreneurship Journal (BEJ) Vol 3, No 2 (2022)
Publisher : Business and Enterpreneurship Journal (BEJ)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (199.889 KB)

Abstract

Adanya kompetensi dan motivasi kerja yang maksimal maka akan mempermudah anggota dalam meningkatkan kinerjanya, begitu juga sebaliknya, tanpa adanya dukungan kompetensi dan motivasi kerja maka pencapaian kinerja akan sangat sulit. Permasalahan dalam penelitian ini yaitu apakah kompetensi dan motivasi kerja secara parsial dan bersama-sama berpengaruh terhadap kinerja anggota pada Bidang Keuangan Kepolisian Daerah Lampung? Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dan inferensial, dengan desain penelitian kausal. Analisis kuantitatif yang digunakan yaitu uji validitas dan reliabilitas, analisis regresi linier berganda, korelasi product moment, koefisien determinasi, uji t dan uji F. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh kompetensi terhadap kinerja anggota pada Bidang Keuangan Kepolisian Daerah Lampung, ada pengaruh motivasi kerja terhadap kinerja anggota pada Bidang Keuangan Kepolisian Daerah Lampung dan ada pengaruh kompetensi dan motivasi kerja secara bersama-sama terhadap kinerja anggota pada Bidang Keuangan Kepolisian Daerah Lampung. Implikasi yang dapat disampaikan dalam penelitian ini yaitu Kepala Bidang Keuangan Kepolisian Daerah Lampung melakukan pengawasan secara intensif baik melalui inspeksi mendadak (sidak) dan pemberian sanksi disiplin.Kata Kunci : Kompetensi, Motivasi Kerja, Kinerja Anggota
Efektifitas Relationship Marketing dalam menyelesaikan Pembiayaan Mudharabah Bermasalah di Baitul Mal Wat Tamwil Fajar Kota Metro Mustika Putri Nuansyah
Business and Enterpreneurship Journal (BEJ) Vol 3, No 2 (2022)
Publisher : Business and Enterpreneurship Journal (BEJ)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (479.956 KB)

Abstract

Pembiayaan mudhârabah adalah produk pembiayaan yang berdasarkan kepercayaan dan kerjasama, tanpa adanya suatu kepercayaan maka akad mudhârabah tidak akan terjadi. Untuk sistem pembagian keuntungannya memakai sistem bagi hasil. Terkait dengan keuntungan usaha yang dikelola oleh nasabah ini dalam realitanya kadang menghasilkan keuntungan kadang juga tidak menghasilkan, apabila usaha tidak menghasilkan keuntungan maka pembayaran bagi hasil tidak dapat dilakukan, hal ini yang menyebabkan terjadinya pembiayaan mudhârabah menjadi macet atau bermasalah. Untuk mengatasi mudhârabah yang bermasalah ini BMT Fajar melakukan penanganan dengan strategi relationship marketing, suatu strategi untuk mempertahankan pelanggan dan juga penyelesaian masalah yang ada pada suatu perjanjian dengan tujuan menghasilkan keputusan win-win solution untuk kedua belah pihak. Penanganan masalah mudhârabah bermasalah ini dengan empat komponen yaitu komunikasi, kepercayaan, komitmen, dan penyelesaian masalah (rescheduling, reconditioning, restructuring, manajemen assitancy). Penanganan masalah dilakukan dengan cara kekeluargaan tanpa menempuh jalur hukum. Efektivitas dari penerapan relationship marketing pada BMT Fajar untuk mudhârabah yang bermasalah dinilai baik namun belum efektif. Karena suatu strategi relationship marketing dalam penyelesaian pembiayaan mudharabah bermasalah seharusnya tidak sampai menempuh jalur hukum dan tetap mengedepankan pendekatan personal secara optimal. Kata Kunci : Relationship Marketing, Mudharabah, Bermasalah
Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kualitas Informasi Laporan Keuangan Pemerintah Daerah Kota Bandar Lampung pipit novila sari; Nety Kumala Sari
Business and Enterpreneurship Journal (BEJ) Vol 3, No 2 (2022)
Publisher : Business and Enterpreneurship Journal (BEJ)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (757.773 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh sumber daya manusia, teknologi informasi, pengendalian intern, pemahaman akuntansi dan faktor eksternal terhadap kualitas informasi laporan keuangan pemerintah daerah Kota Bandar Lampung. Populasi dalan penelitian ini adalah pegawai bagian keuangan pada SKPD di Kota Bandar Lampung. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan metode purposive sampling yang menghasilkan 40 sampel untuk diolah.Metode analisis data menggunakan analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa sumber daya manusia,, teknologi informasi, sistem pengendalian intern dan pemahaman akuntansi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kualitas informasi laporan keuangan pemerintah daerah Kota Bandar Lampung. Sedangkan Faktor ekternal berpengaruh dan tidak signifikan terhadap kualitas informasi laporan keuangan pemerintah daerah Kota Bandar Lampung.Kata Kunci : Sumber Daya Manusia , Teknologi Informasi, Pengendalian Intern Akuntansi, Pemahaman Akuntansi, Faktor Eksternal, Kualitas Informasi Laporan Keuangan.
Pengaruh Pengendalian Internal, Kompemnsasi Financial, dan Kompensasi non Financial terhadap kinerja Karyawan di Rumah Sakit Advent Bandar Lampung Amelia Anwar; Yosi Pratiwi
Business and Enterpreneurship Journal (BEJ) Vol 3, No 2 (2022)
Publisher : Business and Enterpreneurship Journal (BEJ)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (883.011 KB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pengendalian internal, kompensasi finansial dan kompensasi non finansial terhadap kinerja karyawan di Rumah Sakit Advent Bandar Lampung. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer. Selanjutnya, teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah survei yang menggunakan google form untuk mengumpulkan data. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan metode uji t dan metode uji f dengan bantuan program SPSS versi 26. Berdasarkan hasil perhitungan nilai koefisien regresi masing-masing variabel yaitu pengendalian intern sebesar 24,1%, kompensasi finansial sebesar 51,7% dan kompensasi non finansial sebesar 17,6% terhadap kinerja pegawai. Sedangkan hasil nilai koefisien determinasi, pengendalian intern, kompensasi finansial dan kompensasi non finansial diketahui memiliki pengaruh sebesar 73,4% terhadap kinerja pegawai di RS Advent Bandar Lampung, sedangkan sebesar 26,6% dijelaskan oleh variabel lain.
PENGARUH GAJI DAN MOTIVASI KERJA TERHADAP KINERJA KARYAWAN PT. ISTANA MOBILINDO KANTOR CABANG BANDAR LAMPUNG Rina Loli Yana; Rini Loli Yani; Senna Enzovani
Business and Enterpreneurship Journal (BEJ) Vol 3, No 2 (2022)
Publisher : Business and Enterpreneurship Journal (BEJ)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (327.352 KB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah bertujuan untuk mengetahui pengaruh gaji dan motivasi kerja terhadap kinerja karyawan pada PT. Istana Mobilindo kantor cabang bandar lampung. Populasi dalam penelitian ini adalah karyawan yang bekerja pada PT. Istana Mobilindo Kantor Cabang Bandar Lampung, dengan pemilihan sampel menggunakan sampel jenuh dengan jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 56 responden. Teknik analisis data yang digunakan meliputi uji validitas dan uji reliabilitas, uji asumsi klasik, data analisis menggunakan analisis regresi liner berganda. Hasil penelitian menunjukan bahwa pada uji F menyakan variabel gaji (X1) dan motivasi kerja (X2) memiliki nilai Fhitung sebesar 50.592 Fhitung sebesar 3,16. Pada uji T pada variabel gaji memiliki nilai Thitung sebesar 2.188 dengan tingkat signifikan 0,033, uji T untuk variabel motivasi kerja memiliki nilai Thitung sebesar 6.383 dengan tingkat signifikan sebesar 0,000.

Page 1 of 1 | Total Record : 8