cover
Contact Name
Putu Mega Putra
Contact Email
megabizland@gmail.com
Phone
+6285227679500
Journal Mail Official
megabizland@gmail.com
Editorial Address
Institut Pariwisata dan Bisnis Internasional Jalan Kecak, No. 12, Gatot Subroto Timur - Bali
Location
Kota denpasar,
Bali
INDONESIA
Jurnal Ilmiah Hospitality Management
ISSN : 20875576     EISSN : 25793454     DOI : https://doi.org/10.22334/jihm
Core Subject : Social,
JIHM merupakan wadah kreatifitas dosen dalam menulis karya ilmiah dalam rangka memenuhi kewajiban Tri Dharma Perguruan Tinggi dan sebagai informasi ilmiah yang bisa dikembangkan bersama untuk tujuan pengalaman pengetahuan di kampus. JIHM berkomitmen merangsang penelitian berdampak tinggi dan inovatif yang relevan bagi akademisi dan praktisi di industri pariwisata, termasuk manajemen, rekreasi dan event. Audiensi kami terdiri dari akademisi, mahasiswa pascasarjana, praktisi dan semua yang tertarik pada bidang penelitian pariwisata. Jurnal ini menerima artikel dari para praktisi dan akademisi serta penelitian kualitatif dan kuantitatif. Setiap makalah akan dinilai berdasarkan standar nasional, orisinalitas / inovasi, kontribusi terhadap pengetahuan, relevansinya dengan subjek dan kualitas penyajiannya. Makalah-makalah tersebut akan direview oleh mitra bestari yang kredibel dan dapat dipercaya. Jurnal Ilmiah Hospitality Management diterbitkan dua (2) kali setahun, pada bulan Juni dan Desember
Articles 10 Documents
Search results for , issue "Vol 13 No 1 (2022)" : 10 Documents clear
Behavioral Intention Pada Aplikasi Pemesanan Makanan Gofood, Grabfood dan Shopeefood Lusyana; Rachel Wiastuti
Jurnal Ilmiah Hospitality Management Vol 13 No 1 (2022)
Publisher : Institut Pariwisata dan Bisnis Internasional

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.22334/jihm.v13i1.214

Abstract

Pertumbuhan transaksi secara online melalui media telepon genggam dalam bidang makanan dan minuman meningkat cukup besar yang berdampak pada munculnya aplikasi pemesanan makanan atau food delivery apps. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan convenience motivation, attitude, dan behavioral intention pada pengguna aplikasi pemesanan makanan yang popular di Indonesia yaitu GoFood, GrabFood, dan ShopeeFood. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini adalah 84 penguna GoFood, 95 pengguna GrabFood, dan 16 pengguna ShopeeFood. Instrumen penelitian yang digunakan adalah e-kuesioner yang sifatnya tertutup (close-ended questions) dengan skala Likert ordinal. Teknik survei digunakan untuk mengumpulkan data primer dan studi pustaka dilakukan untuk mengumpulkan data sekunder. Data dianalisis menggunakan teknik path analysis (analisis jalur) dan Uji hipotesis menggunakan uji T. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada GoFood dan GrabFood, convenience motivation memiliki pengaruh positif terhadap behavioral intention melalui attitude sebagai mediasi. Namun hal ini berbeda pada ShopeeFood dimana attitude tidak berperan sebagai mediasi antara convenience motivation dan behavioral intention.
Komitmen Organisasi Sebagai Mediasi Motivasi dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Karyawan LPK Monarch Bali I Ketut Sudama
Jurnal Ilmiah Hospitality Management Vol 13 No 1 (2022)
Publisher : Institut Pariwisata dan Bisnis Internasional

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.22334/jihm.v13i1.215

Abstract

Dalam persaingan global dan era revolusi industri 4.0 dewasa ini, sumber daya manusia (SDM) memegang peranan sangat vital dalam perusahaan agar mampu bersaing. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh komitmen organisasi dalam memediasi pengaruh motivasi kerja dan disiplin kerja terhadap kinerja pegawai pada LPK Monarch Bali. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Sampel untuk survei ini adalah 115 karyawan di LPK Monarch Bali. Metode perolehan data menggunakan metode kuesioner dan dianalisis dengan analisis deskriptif kuantitatif menggunakan analisis Partial Least Squares (PLS). Hasil penelitan menunjukkan: (1) Motivasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap komitmen organisasi. (2) Disiplin kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap komitmen organisasi. (3) Motivasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan. (4) Disiplin kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan. (5) Komitmen organisasi berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap kinerja karyawan. (6) Komitmen organisasi dapat memediasi dengan penuh secara positif dan signifikan pada hubungan motivasi terhadap kinerja karyawan LPK Monarch Bali. (7) Komitmen organisasi dapat memediasi dengan parsial mediasi secara positif dan signifikan pada hubungan disiplin kerja terhadap kinerja karyawan LPK Monarch Bali. Adapun hasil penelitian ini dapat dijadikan sebagai bahan pertimbangan bagi LPK Monarch Bali dalam membuat kebijakan untuk meningkatkan kinerja karyawan.
Studi Netnografi: Dimensi Kepuasan Wisatawan Nusantara Terhadap Homestay di Ubud I Wayan Adi Pratama; Ikhlas Ramadhan
Jurnal Ilmiah Hospitality Management Vol 13 No 1 (2022)
Publisher : Institut Pariwisata dan Bisnis Internasional

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.22334/jihm.v13i1.216

Abstract

Dalam 20 tahun terakhir, pemanfaatan internet menjadi sebuah alat berkompetisi dan komunikasi telah disadari oleh praktisi dan akademisi. Pada industri pariwisata, internet menjadi media pemasaran yang efektif bagi perkembangan homestay permasalahan penelitian ini difokuskan pada dimensi kepuasan wisatawan dalam menggunakan homestay di Ubud melalui ulasan Google. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif berjenis netnografi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dimensi kepuasan wisatawan nusantara terhadap homestay di Ubud. Pengumpulan data dilakukan dalam bentuk observasi non-partisipan. Data yang dibutuhkan dalam penelitian ini diperoleh dari sumber data primer (langsung) dan sumber data sekunder (tidak langsung). Sumber data primer didapatkan peneliti melalui hasil wawancana mendalam bersama pemilik atau pengelola homestay. Sedangkan sumber data sekunder diperoleh melalui kajian pustaka dan informasi berupa ulasan wisatawan. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif model Spradley. Hasil penelitian menunjukkan aspek positif yang menciptakan kepuasan wisatawan nusantara dalam menggunakan homestay di Ubud adalah: (1) Harga menginap yang murah, (2) Pemilik dan keluarga penyedia homestay yang ramah, (3) Kamar homestay yang bersih, (4) Lingkungan homestay yang nyaman dan tenang, (5) Perhatian oleh pemilik homestay kepada tamu yang menginap, (6) Pengalaman berinteraksi dengan kebudayaan masyarakat lokal, dan (7) Lokasi homestay yang strategis. Studi netnografi menunjukkan bahwa aspek positif yang dirasakan menunjukkan adanya indikasi loyalitas pengguna homestay di Ubud yakni Repeat Purchase, Retention dan Referrals.
Corporate Social Responsibility in Small and Medium Sized Enterprises Hotel in Seminyak Area A.A. Ayu Indah Kusuma Dewi; I Nyoman Sudiksa; Ida Ayu Kalpikawati; Ni Wayan Chintia Pinaria
Jurnal Ilmiah Hospitality Management Vol 13 No 1 (2022)
Publisher : Institut Pariwisata dan Bisnis Internasional

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.22334/jihm.v13i1.218

Abstract

This research is motivated by the importance of CSR disclosure among SMEs hotel in the Seminyak area that has been implementing CSR. The purpose of this study is to explore the implementation of CSR activities, the media uses to disclose the CSR activities, and the perceived barriers to disclosing CSR activities on the website. This research is a qualitative research. The population would be chosen through observation by direct phone call to each SMEs hotel area with CSR activities and 5 SMEs hotel have been chosen. The data needed was gathered by doing interviews to the owner or manager of each SMEs hotel. The data were analyzed through three activities, such as data reduction, data display, conclusions, and method triangulation. The results revealed SMEs hotel predominantly undertake corporate social marketing, community volunteering, and corporate philanthropy, then used meetings, word of mouth, briefing, WhatsApp, Instagram, and email to disclose their CSR activities. SMEs hotel perceived barriers in disclosing their CSR on the website are CSR disclosure is not needed, CSR disclosure is not their priority, and lack of human resources.
Potensi Desa Wisata Munggu Sebagai Daya Tarik Wisata Berbasis Masyarakat Di Kabupaten Badung I Wayan Kartimin; Ni Wayan Mekarini; Ni Nyoman Arini
Jurnal Ilmiah Hospitality Management Vol 13 No 1 (2022)
Publisher : Institut Pariwisata dan Bisnis Internasional

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.22334/jihm.v13i1.223

Abstract

Desa Munggu telah ditetapkan sebagai desa wisata melalui Peraturan Bupati Badung Nomor 47 Tahun 2010 tentang Penetapan Kawasan Desa Wisata di Kabupaten Badung. Pengembangan pariwisata di Kabupaten Badung cenderung lebih menonjolkan keindahan alam, suasana pedesaan, dan keaslian sosial budaya masyarakat lokal. Penelitian ini menganalisis tentang pengembangan potensi Desa Wisata Munggu sebagai daya tarik wisata berbasis masyarakat di Kabupaten Badung. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi pengembangan potensi Desa Wisata Munggu sebagai daya tarik wisata berbasis masyarakat di Kabupaten Badung. Penelitian ini dilakukan di Desa Wisata Munggu, Kecamatan Mengwi, Kabupaten Badung. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif kristis dengan melakukan pengamatan langsung atau observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa potensi pengembangan Desa Wisata Munggu didukung dengan daya tarik wisata (attraction) yang terdiri dari daya tarik wisata alam, budaya, spiritual, dan minat khusus, fasilitas pndukung pariwisata, aksesibilitas yang cukup memadai, dan kelembagaan yang mendukung pariwisata di Desa Wisata Munggu.
Gaya Kepemimpinan General Manager dalam Meningkatkan Kualitas Makanan Karyawan dengan Tetap Mempertahankan Standard Food and Beverage Cost I Putu Arnawa; Ketut Sudarsana; Rahayu; Anastasia Amanda; I Gede Yoga Dana Saputra
Jurnal Ilmiah Hospitality Management Vol 13 No 1 (2022)
Publisher : Institut Pariwisata dan Bisnis Internasional

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.22334/jihm.v13i1.231

Abstract

Salah satu indikator tercapainya pemenuhan hak-hak karyawan yang baik adalah dengan diperhatikannya kualitas makanan dan minuman yang disajikan oleh pihak manajemen. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mengidentifikasi pengaruh gaya kepemimpinan mana yang paling baik diterapkan oleh seorang General Manager dalam meningkatkan kualitas makanan karyawan (employee meal) sesuai dengan Standard Food and Beverage Cost yang berlaku. Metode penelitian ini adalah kuantitatif dengan cara mengumpulkan berbagai referensi yang ditemukan dari hotel X, buku, jurnal daring, dan internet mengenai data yang dibutuhkan, kemudian dipaparkan dalam bentuk teks secara deskriptif serta ditampilkan dalam tabel. Data dikumpulkan menjadi satu kesatuan, kemudian dianalisis dan diklasifikasi dalam rangka mencari pertimbangan. Proses analisis data dilakukan secara terperinci dengan melibatkan identifikasi data. Hasil dari penelitian ini menemukan bahwasanya persentase manajemen hotel dalam memberikan makanan yang berkualitas, baik itu sehat dan bergizi bagi karyawannya masih tergolong rendah. Adapun gaya kepemimpinan yang paling baik untuk mengatasi masalah tersebut ialah gaya kepemimpinan demokratis, dimana seorang General Manager harus mau dan mampu untuk mempertimbangkan segala macam masukan dari bawahannya dalam rangka evaluasi dan perkembangan bersama. Sekaligus, dengan adanya gaya kepemimpinan ini diharapkan General Manager sebagai pimpinan puncak dapatmemberikan solusi terbaik dengan menyesuaikan dan merencanakan budget atau anggaran operasional hotel yang sesuai, akan tetapi dengan tanpa mengurangi perhatian terhadap kesejahteraan karyawannya terutama dalam segi pemenuhan makanan dan minuman karyawan yang berkualitas.
Pengaruh Motivasi Terhadap Kinerja Karyawan di Pastry Section Hotel Nurul Sukma Lestari; Hue Sia; Adriani Gunawan
Jurnal Ilmiah Hospitality Management Vol 13 No 1 (2022)
Publisher : Institut Pariwisata dan Bisnis Internasional

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.22334/jihm.v13i1.197

Abstract

Sumber daya manusia adalah aset utama dalam setiap organisasi, karena menjadi salah satu alat untuk mencapai tujuan perusahaan. Dalam menjalankan operasional sehari-hari sumber daya manusialah yang memegang peranan penting dalam suatu organisasi, apalagi suatu hotel. Dimana hotel dituntut untuk dapat memberikan layanan yang terbaik kepada pelanggannya sehingga akan timbul kepuasan pada para pelanggan. Karena dari itu kinerja dari tiap karyawan haruslah ditingkatkan dengan berbagai caram salah satunya adalah dengan cara memberikan motivasi yang sesuai untuk tiap karyawan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat pengaruh dari motivasi terhadap kinerja karyawan pastry section di Hotel X, Jakarta. Penelitian ini menggunakan metode kuantitaif dan pengolahan data dengan SPSS 22. Hasil dari penelitian adalah terdapat pengaruh positif dari motivasi terhadap kinerja karyawan. Maka saran yang dapat diberikan adalah agar manajemen hotel dapat memperhatikan lingkungan kerja, kondisi kerja dan beban kerja dari karyawan di pastry section, agar hal ini tidak menurunkan produktifitas yang akan berimbas pada penurunan kinerja.
Teks Narasi Digital Sebagai Media Promosi Wisata Nusantara Nur Fauzia; Sumarniningsih; Fithriyah Inda Nur Abida
Jurnal Ilmiah Hospitality Management Vol 13 No 1 (2022)
Publisher : Institut Pariwisata dan Bisnis Internasional

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.22334/jihm.v13i1.233

Abstract

Teks narasi digital memiliki struktur teks yang terdiri atas informasi wisata dan memori referensi diri. Elemen naratif ini merangsang empati pembaca terhadap destinasi dan memengaruhi keputusan mereka saat merencanakan liburan mereka. Penelitian kualitatif ini bertujuan untuk mendeskripsikan penggunaan teks naratif digital untuk meningkatkan pariwisata Nusantara. Elemen narasi yang sarat akan informasi dan pengalaman pribadi dapat meyakinkan pembaca dan mempengaruhi keputusan akan perencanaan destinasi liburan yang diambil. Dalam penelitian ini, pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan tahap akhir penarikan kesimpulan dilakukan melalui penggunaan metodologi dokumentasi dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa teks narasi digital dapat memberikan pengetahuan yang mendalam tentang suatu destinasi wisata sekaligus memberikan efek kesenangan yang membuat pembaca bersimpati dan tertarik mengunjungi lokasi yang diceritakan. Platform teks naratif digital juga memungkinkan penyebaran informasi yang cepat dan massif sehingga dapat menjangkau semua kalangan. Strategi ini merupakan alat promosi yang efektif untuk memperkenalkan pariwisata nusantara yang kaya akan tradisi dan budaya.
Model Resiliensi Pelaku Bisnis Sektor Pariwisata Kabupaten Banyuwangi Selama Pandemi Covid-19 Ahmadintya Anggit Hanggraito; Indira Nuansa Ratri; Esa Riandy Cardias
Jurnal Ilmiah Hospitality Management Vol 13 No 1 (2022)
Publisher : Institut Pariwisata dan Bisnis Internasional

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.22334/jihm.v13i1.237

Abstract

Pada triwulan pertama tahun 2020, pandemi covid-19 menggempur berbagai sektor yang ada di dunia. Sektor pariwisata merupakan salah satu yang merasakan dampak negatif dari adanya masa krisis ini. Kawasan Asia dan Pasifik mengalami penurunan kedatangan sebesar 82% pada Januari-Oktober 2020. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji model resiliensi yang dilakukan oleh para pelaku bisnis pariwisata di Kabupaten Banyuwangi selama pandemi Covid-19. Penelitian ini menggunakan metode studi kasus dengan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data menggunakan Forum Group Discussion, wawancara mendalam dan studi literatur. Hasil penelitian ini menunjukkan terdapat dua faktor utama dalam mendukung model resiliensi dari pelaku bisnis di Kabupaten Banyuwangi selama pandemi Covid-19. Kedua faktor itu adalah 1) pengelolaan internal bisnis; dan 2) kebijakan pemerintah daerah. Pengelolaan internal bisnis ditunjukkan dengan strategi bisnis dari pengusaha, dan peralihan pekerjaan dari pemilik bisnis atau subsektor dibawah bisnis itu sendiri. Sedangkan, kebijakan pemerintah daerah mendukung proses pemulihan ekonomi di masa krisis pandemi Covid-19.
Mapping of Toronipa Coastal Tourism in Konawe Regency South East Sulawesi Province Lolita Saraswati Puguh; Francisca Titing Koerniawaty; I Wayan Eka Mahendra
Jurnal Ilmiah Hospitality Management Vol 13 No 1 (2022)
Publisher : Institut Pariwisata dan Bisnis Internasional

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.22334/jihm.v13i1.242

Abstract

This research provides substantial data to reinvigorate Toronipa marine tourism in Konawe Regency, Southeast Sulawesi Province, then this research aims to map the potential attractions around Toronipa beach, and deeply analyze the challenges faced in order to revitalize Toronipa coastal tourism, so that an appropriate development model can be designed for Toronipa coastal tourism destinations. This research implements the initial stage of the Research & Development approach, is a need analysis stage by mapping the potential and challenges with qualitative analysis methods. Data were collected using passive participatory observation techniques, interviews and FGDs. The results showed that the main potential attraction is a beautiful white sandy beach along the 4 km coastline. There are typical Toronipa culinary, tourist facilities in the form of gazebos, toilets, rides and water attractions. The accessibility to destinations is in good condition. The existence of tourism awareness group, tourism human resources and friendly people in welcoming tourists. The challenges faced in developing Toronipa coastal tourism are the unavailability of adequate marine vehicle facilities, the number of artificial attractions is not much, some tourist facilities such as gazebos and toilets are not well maintained, parking lots are still inadequate, and there is no marine tour guide service.

Page 1 of 1 | Total Record : 10