cover
Contact Name
Rohmatun Nurul Hidayah
Contact Email
hidayah240990@gmail.com
Phone
+6281359213086
Journal Mail Official
jurnal@apji.org
Editorial Address
Jalan Raden Qosim Komplek PP. Sunan Drajat, Kab. Lamongan, Provinsi Jawa Timur
Location
Kab. lamongan,
Jawa timur
INDONESIA
Kilmatuna: Journal Of Arabic Education
ISSN : 2775829X     EISSN : 27768775     DOI : https://doi.org/10.55352/pba.v2i02
Core Subject : Education,
Jurnal ini dikelola oleh Program Studi Pendidikan Bahasa Arab Fakultas Tarbiyah Institut Pesantren Sunan Drajat Lamongan dan diterbitkan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LP2M) Institut Pesantren Sunan Drajat Lamongan. Jurnal ini berisikan artikel ilmiah baik penelitian kualitatif maupun kuantitatif, dengan fokus kajian bidang Pendidikan Bahasa Arab, Jurnal ini terbit dua kali dalam setahun, yaitu bulan April dan Oktober
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol. 2 No. 1 (2022): April : KILMATUNA: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab" : 6 Documents clear
دراسة مقارنة عن مدخل التعليم النحوي بين كتاب الفية ابن مالك وكتاب جامع الدروس M. Fathor Rohman; Abdur Rohman Juniansyah
Kilmatuna: Journal Of Arabic Education Vol. 2 No. 1 (2022): April : KILMATUNA: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab
Publisher : Institut Pesantren Sunan Drajat Lamongan, Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.55352/pba.v2i1.69

Abstract

Tata bahasa adalah subjek pelajaran yang dipelajari dalam studi bahasa Arab, dan subjek yang paling penting dalam studi bahasa Arab juga. Kitab Alfiya Ibnu Malik merupakan salah satu kumpulan kitab-kitab tata bahasa yang diwarisi oleh Ibnu Malik kepada umat manusia.Kitab ini tidak hanya dikenal di tanah airnya, tetapi juga telah dipelajari di seluruh dunia, baik di Timur maupun di Barat, di Indonesia sendiri. Buku ini merupakan sumber referensi dalam kajian grammar dan morfologi di lembaga pendidikan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pintu masuk yang digunakan dalam kitab Alfiya Ibn Malik, untuk mengetahui pintu masuk yang digunakan dalam kitab Jami` al-Durus al-Lughah al-Lughah al-Arab, dan untuk mengetahui cara perbandingan antara al- -Buku Alfiya karya Ibnu Malik dan kitab Jami` al-Durus al-Lughah al-Arab. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dan deskriptif dengan metode desk research, alatnya adalah peneliti sendiri yang memfokuskan diri pada penentuan prioritas penelitian, pengumpulan sumber data, pengumpulan data, penilaian kualitas data, analisis data, interpretasi data, dan penarikan kesimpulan. Adapun metode analisis data ada tiga tahap yaitu: Analisis isi, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Adapun hasil penelitiannya adalah: Pendekatan yang digunakan dalam kitab-kitab Alfiya Ibn Malik adalah pendekatan standar, yaitu pendekatan yang mengharuskan peneliti untuk berpikir dan menyimpulkan dari informasi dan fakta kondisi umum kemudian sampai pada hasil khusus, atau maksudnya adalah bahwa pikiran bergerak dari keseluruhan ke bagian. Adapun pendekatan yang digunakan dalam kitab Jami` al-Durus al-Lughah al-Arabiah adalah pendekatan teknis, artinya pendekatan yang dimaksudkan untuk mengandalkan alat bantu pendidikan dan teknologi pendidikan dalam pengajaran bahasa.
Pengaruh Strategi Index Card Match terhadap Penguasaan Mufrodat Bahasa Arab Khoirun Nisa; Lailatur Rohmah
Kilmatuna: Journal Of Arabic Education Vol. 2 No. 1 (2022): April : KILMATUNA: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab
Publisher : Institut Pesantren Sunan Drajat Lamongan, Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.55352/pba.v2i1.71

Abstract

Dalam pembelajaran bahasa diperlukan sebuah metode dan strategi agar tercipta pembelajaran yang inovatif, kreatif serta menyenangkan, dalam pembelajaran mufrodat siswa sangat sulit untuk menguasainya dikarnakan strategi kurang cocok yang digunakan selama ini, oleh karena itu peneliti menerapkan strategi index card match, dengan tujuan menjadikan siswa aktif, memberikan pengetahuan dan ketrampilan. Metode yang digunaan dalam tulisan ini adalah metode kuantitatif dengan pendekatan eksperimen one –group pretest dan posttest desaign, yakni dengan melakukan pretest dan posttest dapat dibandingkan skor sebelum treatment dan sesudah treatment. Adapun pengumpulan data diantaranya, Tes, dokumentasi, wawancara, observasi dan angket. Adapun hasil dalam penelitian ini dilihat dari hasil pre-test dan post-test nya. Pre-test jumlah siswa 28 siswa, siswa yang mendapat nilai 70 berjumlah 4 siswa, siswa yang mendapat nilai 75 berjumlah 4 siswa, siswa yang mendapat nilai 80 berjumlah 18 siswa dan siswa yang mendapat nilai 90 berjumlah 2 siswa. Sedangkan nilai hasil post-test nya yaitu sebagai berikut : jumlah siswa berjumlah 28 siswa, siswa yang mendapat nilai 80 berjumlah 3 siswa, siswa yang mendapat nilai 85 berjumlah 4 siswa, siswa yang mendapat nilai 90 berjumlah 16 siswa, siswa yang mendapat nilai 95 berjumlah 1 siswa dan siswa yang mendapat nilai 100 berjumlah 4 siswa. dan dapat disimpulkan bahwasanya strategi index card match ada pengaruh yang signifikan terhadap penguasaan mufrodat bahasa Arab siswa.
تنفيذ تعليم اللغة العربية لمهارة الكلام بقسم تعليم اللغة العربية بجامعة سونان درجة Arif Widodo
Kilmatuna: Journal Of Arabic Education Vol. 2 No. 1 (2022): April : KILMATUNA: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab
Publisher : Institut Pesantren Sunan Drajat Lamongan, Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.55352/pba.v2i1.72

Abstract

Keterampilan berbicara merupakan aspek aktif dari sebuah bahasa dan model pembelajrannya selalu berkembang, baik dari aspek metode, materi maupun evalusinya. Untuk membuat formulasi baru dalam pembelajrannya, perlu digalakkan berbagai praktik mengajar yang inovatif. Karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pembelajaran keterampilan berbicara kekinian yang diajarkan di Institut Pesantren Sunan Drajat Lamongan. Secara khusus penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pembelajaran. Untuk tujuan itu, data dikumpulkan dengan observasi dan dokumentasi. Data kemudian dianalisis dengan analisis deskriptif dan analisis isi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengajaran keterampilan berbicara lebih menekankan pada aspek praktik tematik dan berbasis penugasan simulasi berbahasa aktif. Secara umum, system pembelajaran kalam ini sudah baik dan mencerminkan unsur-unsur penunjang sistem mutu pembelajaran.
منهج التعليم اللغة العربية في المدرسة المتوسطة Isyna Finurika
Kilmatuna: Journal Of Arabic Education Vol. 2 No. 1 (2022): April : KILMATUNA: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab
Publisher : Institut Pesantren Sunan Drajat Lamongan, Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.55352/pba.v2i1.73

Abstract

Kurikulum adalah Rencana pembelajaran yang sistematis untuk mencapai tujuan dalam pembelajaran. Dalam kurikulum mengatur Tujuan pembelajaran, Materi Pelajaran, Metode dan Teknik Menyampaikan materi pelajaran dan Evaluasi Pembelajaran. Dalam Artikel ini penulis menganalisis Kurikulum Pembelajaran bahasa Arab ditingkatan Madrasah Tsanawiyah. Fokus penulis pada masing-masing standart dalam kurikulum baik Tujuan, Isi, metode dan evaluasi, sedangkan dalam Standart Isi penulis menganalisis setiap kelas dalam tingkatan Madrasah Tsanawiyah. Kurikulum yang penulis Analisis adalah Kurikulum tingkat Satuan Pendidikan dan Kurikum 2013. Dari hasil analisis tersebut penulis memberikan usulan atau masukan pada masing-masing Standart dengan tujuan agar guru dan tenaga kependidikan yang menggunakan kurikulum tersebut bisa mengetahui kekurangan serta usulan pemecahan masalah pada setiap standart dalam kurikulum yang diterapkan.
القيم التربوية المتضمنة في قصة مزاح النبي مع الصحابي زاهر بن حرام Abdur Rohman
Kilmatuna: Journal Of Arabic Education Vol. 2 No. 1 (2022): April : KILMATUNA: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab
Publisher : Institut Pesantren Sunan Drajat Lamongan, Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.55352/pba.v2i1.74

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui nilai-nilai pendidikan yang terkandung dalam kisah Nabi SAW, bercanda dengan para sahabat. Di antara kitab-kitab tafsir, hadits, dan buku pendidikan Islam, kajian tersebut bertujuan untuk menonjolkan kepribadian Nabi yang terintegrasi dan menekankan pentingnya mencontohnya, serta mengungkap pentingnya pendidikan Islam.
فعالية ألعاب سلسلة الهمس في مهارة الإستماع Rohmatun Nurul Hidayah; Fiki ‘Ishmatul; Wilda Rihlasyita
Kilmatuna: Journal Of Arabic Education Vol. 2 No. 1 (2022): April : KILMATUNA: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab
Publisher : Institut Pesantren Sunan Drajat Lamongan, Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.55352/pba.v2i1.75

Abstract

Madrasah Mu’alimin Mu’alimat Sunan Drajat Banjaranyar Paciran Lamongan adalah salah satu madrasah yang memperkenalkan pelajaran bahasa Arab kepada siswanya mulai dari kelas I sampai kelas VI. Proses pembelajaran di madrasah tersebut masih sangat tertumpu pada buku panduan, siswa lebih banyak diarahkan berpikir abstrak yang tidak distimulus oleh hal-hal yang kongkrit terlebih dahulu, sehingga siswa kurang berkonsentrasi dari pelajaran. Seperti halnya di kelas III D di sekolah tersebut, masih banyak dari mereka yang belum mengenal dan memahami betul apa itu maharah istima’, terlebih lagi bagi mereka yang tidak suka bahasa Arab sama sekali. Melihat permasalahan tersebut, maka peneliti tergugah untuk melakukan penelitian ini dan menerapkan proses pembelajaran menggunakan permainan bisik berantai untuk meningkatkan maharah istima’ siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain penelitian eksperimental, yang bertujuan untuk menghasilkan pembelajaran yang lebih efektif dengan cara melakukan uji coba permainan bisik berantai untuk meningkatkan maharah istima’ siswa. Hasil penelitian ini Keefektifan permainan bisik berantai untuk meningkatkan maharah istima’ siswa kelas III D MMA Sunan Drajat dibuktikan dengan hasil ttest lebih tinggi dari pada ttabel pada tingkat signifikan 0,05 dalam tabel tes distribusi T, yakni 11,751 > 2,069 dan tingkat signifikan 0,01 yakni 11,751 > 1,714. Begitu juga dengan nilai prosentase perhitungan angket yang berjumlah 73,63% yang berarti baik. Maka kesimpulannya adalah hasil analisis dari perhitungan t-test lebih tinggi dari pada taraf nilai signifikan dalam tabel t-test. Maka dapat disimpulka bahwa permainan bisik berantai memberikan keefektifan yang signifikan, dan sesuai untuk diimplementasikan dalam pembelajaran bahasa Arab khususnya dalam maharah istima’.

Page 1 of 1 | Total Record : 6