cover
Contact Name
Hadi Ismanto
Contact Email
hadiismanto@insud.ac.id
Phone
+6285876620300
Journal Mail Official
jurnal@apji.org
Editorial Address
Jalan Raden Qosim Komplek PP. Sunan Drajat, Kab. Lamongan, Provinsi Jawa Timur
Location
Kab. lamongan,
Jawa timur
INDONESIA
Busyro : Jurnal Dakwah dan Komunikasi Islam
ISSN : 2715209X     EISSN : 28298020     DOI : https://doi.org/10.55352/kpi.v4i1
Core Subject : Social,
Jurnal Busyro : Jurnal Dakwah dan Komunikasi Islam ini berisi naskah ilmiah dengan fokus kajian Bimbingan Konseling Islam serta Komunikasi dan Penyiaran Islam, yang diterbitkan oleh Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam Fakultas Dakwah Institut Pesantren Sunan Drajat Lamongan Jawa Timur
Articles 7 Documents
Search results for , issue "Vol. 1 No. 1 (2019): November : Busyro : Jurnal Dakwah dan Komunikasi Islam" : 7 Documents clear
PESAN DAKWAH PADA LAGU AISYAH ISTRI RASULULLAH Hadi Ismanto
Busyro: Jurnal Dakwah dan Komunikasi Islam Vol. 1 No. 1 (2019): November : Busyro : Jurnal Dakwah dan Komunikasi Islam
Publisher : Institut Pesantren Sunan Drajat Lamongan, Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.55352/kpi.v1i1.196

Abstract

Generasi millenial adalah generasi yang menyukai sesuatu hal yang baru, terutama terkait dengan life style, hobi dan musik. Musik tidak bisa lepas dari kehidupan kaum muda. Musik merupakan salah satu media yang dapat digunakan untuk menyampaikan pesan-pesan dakwah secara simple serta mudah diterima oleh masyarakat. Lagu yang sedang populer (awal periode 2020) saat ini adalah “Aisyah Istri Rasulullah”. Banyak sekali musisi yang membawakan atau meng-cover ulang lagu ini, baik group musik maupun individu. Penelitian ini berupaya menjawab pertanyaan utama, yakni: Pesan dakwah apa sajakah yang terdapat pada lagu Aisyah Istri Rasulullah? Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui isi pesan dakwah yang ada dalam lirik lagu tersebut. Kegunaannya untuk memberikan informasi kajian praktis tentang penggunaan media musik sebagai media dakwah. Penelitian ini termasuk jenis penelitian pustaka (library reserch) yang bersifat deskriptif kualitatif dengan metode pengumpulan data primernya berupa dokumentasi teks lagu Aisyah Istri Rasulullah, sedangkan data skundernya berupa literatur lain seperti Alquran dan buku-buku. Hasil temuan dari penelitian ini menjelaskan, bahwa terdapat pesan dakwah akhlak dan fiqih (Ahwal As-Syahsyiah) keluarga. Pesan akhlak direpresentasikan pada bagian awal song I yang mengekspesikan simbol- simbol keislaman seperti “mulia”, “berani”, “lembut hati”. Pesan fiqih direpresentasikan pada song II yang mengekspresikan simbol-simbol keislaman seperti “selalu bersama hingga ujung nyawa Kau di samping Rasulullah”. Dengan demikian, para audiens yang mendengarkan lagu ini diharapkan dapat mengetahui, memahami dan menghayati pesan-pesan dakwah yang terkandung di dalamnya.
Pengaruh Dakwah Media Sosial Youtube terhadap Religiusitas Remaja di MA.Al-Muhtadi Sendangagun Ahmad Maujuhan Syah
Busyro: Jurnal Dakwah dan Komunikasi Islam Vol. 1 No. 1 (2019): November : Busyro : Jurnal Dakwah dan Komunikasi Islam
Publisher : Institut Pesantren Sunan Drajat Lamongan, Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.55352/kpi.v1i1.197

Abstract

Penelitina ini bertujuan untuk mengukur religiusitas siswa-siswi Al-Muhtadi Sendangagung. Sampel penelitian ini adalah 50 remaja dan pengambilan sampel menggunkan simple random sampling. Alasan peneliti menggunakan teknik sampel tersebut adalah untuk memudahkan penelitian agar tidak banyak klasifikasi khusus sehingga hasil bisa maksimal. Hasil dari penelitian ini adalah nilai signifikansi sebesar 0,049 < 0,05, sehingga dapat disimpulkan bahwa variabel dakwah media sosial youtubeberpengaruh terhadap variabel religiusitas.Sedangkan berdasarkan nilai t, diketahui nilai t hitung sebesar 2,024 > t tabel 2,011, sehingga dapat disimpulkan bahwa variabel dakwah media sosial youtube berpengaruh terhadap variabel religiusitas.
STRATEGI DAKWAH MASYARAKAT SAMIN Luthfi Hidayah
Busyro: Jurnal Dakwah dan Komunikasi Islam Vol. 1 No. 1 (2019): November : Busyro : Jurnal Dakwah dan Komunikasi Islam
Publisher : Institut Pesantren Sunan Drajat Lamongan, Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.55352/kpi.v1i1.198

Abstract

Kehidupan masyarakat Samin telah mengalami banyak perubahan danpergeseran yakni seperti mayoritas telah memeluk agama Islam dankehidupan generasi muda Samin sudah seperti masyarakat lainnya, tetapidisamping itu ajaran Samin mulai luntur dan hilang. Pelaksanaan dakwahIslam telah ada dikalangan masyarakat Samin, meliputi da’I, mad’u, maddah,washilah dan thoriqah serta didukung adanya kegiatan yang bernuansakeislaman seperti Fatayat, Muslimat, TPQ, Seni Hadrah dan PengajianSelapanan. Melalui kegiatan tersebut menjadikan wadah untuk senantiasamengembangkan ajaran agama Islam dikalangan masyarakat Samin. Adapunstrategi yang digunakan dikalangan masyarakat Samin yaitu berpegang padapokok strategi dakwah Bi Al-Hikmah, yaitu berdakwah dengan melihatsituasi dan kondisi masyarakat Samin terlebih dahulu, sehingga dalammenerima dan menjalankan ajaran-ajaran Islam masyarakat Samin tidakmerasa terpaksa atau keberatan. Menurut pendapat penulis strategi ini cukuptepat untuk di aplikasikan pada masyarakat Samin, karena sebelummenyampaikan dakwah da’i telah mengetahui situasi dan kondisi masyarakatSamin, melalui strategi dakwah tersebut masyarakat Samin menerima denganbaik dan memberikan perkembangan yang positiv.
MENYONGSONG DAKWAH BIL MEDSOS DI ERA MILENIAL Siswanto
Busyro: Jurnal Dakwah dan Komunikasi Islam Vol. 1 No. 1 (2019): November : Busyro : Jurnal Dakwah dan Komunikasi Islam
Publisher : Institut Pesantren Sunan Drajat Lamongan, Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.55352/kpi.v1i1.199

Abstract

Media sosial adalah aplikasi berbasis internet (media online) yang penggunanya bisamembuat web page pribadi, kemudian dapat saling terhubung berbagi informasi danberkomunikasi. Blog dan jejaring sosial merupakan bentuk media sosial yang palingumum digunakan oleh masyarakat di seluruh dunia. Media sosial mendukunginteraksi sosial dan media sosial menggunakan teknologi berbasis web yangmengubah komunikasi menjadi dialog interaktif. Media sosial memiliki ciri-ciriantara lain: pesan yang disampaikan tidak hanya untuk satu orang saja, namun bisauntuk banyak orang; pesan yang disampaikan bebas, tanpa harus melalui gatekeeper; pesan yang disampaikan cenderung lebih cepat dibanding media lainnya; danpenerima pesan yang menentukan waktu interaksi. Dalam merespon era generasimilenial maka LDNU MWCNU disamping menggunakan media sosial dalammenyebarkan syi’ar dakwahnya juga membuat website sebagai corong dandokumentasi untuk mudah diakses baik untuk kalangan nahdhiyin maupunmasyarakat pada umumnya.
GRUP SHALAWAT SEBAGAI MEDIA DAKWAH BAGI MASYARAKAT Di ERA MILENIAL Imam Safi’i
Busyro: Jurnal Dakwah dan Komunikasi Islam Vol. 1 No. 1 (2019): November : Busyro : Jurnal Dakwah dan Komunikasi Islam
Publisher : Institut Pesantren Sunan Drajat Lamongan, Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.55352/kpi.v1i1.200

Abstract

Tulisan ini mengkaji tentang fenomena dakwah masyarakat di era milenial yangditandai dengan hadirnya tehnologi yang serba fisik (lama) digantikan dengantehnologi digital yang menghasilkan sesuatu yang benar-benar baru sertalebih efisien dan lebih memberikan manfaat. Internet sebagai salah satu mediayang hadir di era ini menjadi salah satu media yang memberikan kebebasanserta kemudahan kepada para user. Jarak tempuh yang jauh pada era ini sudahtidak lagi menjadi sekkat kehidupan di masyarakat. Maka hadirnya era digitalsebagai salah satu media yang digunakan generasi melenial ini ber-efek padaadanya perubahan pola hidup pada sebagian masyarakat yang meneyebabkanproblematika kehidupan melanda mereka, hal ini di tandai oleh nistepapsikologis, keringnya karakter, keringnya spiritual hingga problematika hidupyang menghampiri mereka. Maka pembacaan shalawat menjadi satu jalanobat alternatife untuk menyembuhkan adanya penyakit yang melanda mereka(generasi milenial) sebagai kebutuhan (basic need) dasar di akibatkan adanyakecenderungan hidup yang serakah, tamak, meterialistik dan hidonistik. Olehsebab itu hadirnya Jam iyah Shalawa Benning diharapkan mampunmengobati adanya kekeringan spiritual dan menghadirkan ketenangan bagimasyarakat milenial disaat mereka tak lagi dipisahkan dengan jarak danwaktu, disaat mereka hidup secara indifidualistik maka grup shalawat jamiyah Benning merupakan salah satu media yang bisa di bilang efektif bagigenerasi ini.
KATA DAN MAKNA HIJRAH DALAM PRESPEKTIK GENERASI MILENIAL Siti Mahmudah Yanti
Busyro: Jurnal Dakwah dan Komunikasi Islam Vol. 1 No. 1 (2019): November : Busyro : Jurnal Dakwah dan Komunikasi Islam
Publisher : Institut Pesantren Sunan Drajat Lamongan, Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.55352/kpi.v1i1.201

Abstract

The purpose of this study is to describe the meaning of jihad according to religionin the prespective of millennial generation. This type of research is qualititativewith descriptive analysis method.Data collection was carried out by theresearchers themselves.The data is taken through direct observation in the town ofLamongan and its surroudings with a phenomonological approach and uses aninterpretive paradigm by building understanding of reality. Rosulullah SAWsaid,with means “ and al muhajjir (people who emigrate) are those who leave theprohibition of Allah SWT ”. According to the big dictionary of Indonesialanguage Muhajjir is a person who moves or is displaced. The perspektive oftoday’s millennial generation is more constructive as a change in self orobediensce for the better in front of Allah SAW.
INTERNALISASI NILAI-NILAI PANCASILA DALAM DAKWAH Elva Imeldatur Rohmah
Busyro: Jurnal Dakwah dan Komunikasi Islam Vol. 1 No. 1 (2019): November : Busyro : Jurnal Dakwah dan Komunikasi Islam
Publisher : Institut Pesantren Sunan Drajat Lamongan, Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.55352/kpi.v1i1.202

Abstract

Pancasila adalah kumpulan lima nilai dasar yang menjadiacuan tingkah laku bangsa Indonesia. Sedangkan dakwah ialahmenyeru kepada manusia untuk berbuat baik dan menjauhiyang buruk sebagai pangkal tolak kekuatan mengubahmasyarakat dan keadaan yang kurang baik kepada keadaanyang lebih baik sehingga merupakan suatu pembinaan.Dakwah pada hakikatnya menyeru kepada manusia untukberbuat baik dan menjauhi yang buruk. Namun tantangandakwah pada era globalisasi saat ini lebih kompleks danberagam. Problematika dakwah yang muncul saat ini adalahadanya pluralitas bangsa kita yang diiringi kemajuan teknologiyang sangat pesat. Maka hal yang harus segeradiimplementasikan untuk menghadapi kondisi masyarakattersebut yakni dengan mengintegrasikan dan internalisasinilai-nilai Pancasila dalam dakwah. Peran dakwah sangatbesar karena dapat mempersatukan, menciptakan ikatanbersama, mewujudkan solidaritas, baik dalam lingkup kecilhingga pada lingkup masyarakat secara menyeluruh. Olehkarena itu, para dai sudah seharusnya memahami secara baikmengenai nilai-nilai Pancasila, sehingga pada saat kegiatandakwah dilakukan, nilai-nilai ini selalu berhasil dimunculkandan diilhami dengan baik bahkan diamalkan oleh masyarakat.

Page 1 of 1 | Total Record : 7