cover
Contact Name
Dina Khairiah
Contact Email
ppendidikanislamanakusiadini04@gmail.com
Phone
+6285277363733
Journal Mail Official
ppendidikanislamanakusiadini04@gmail.com
Editorial Address
Jl.T. Rizal Nurdin No.Km 4, RW.5, Sihitang, Kec. Padangsidimpuan Tenggara, Kota Padang Sidempuan, Sumatera Utara 22733
Location
Kota padangsidimpuan,
Sumatera utara
INDONESIA
Buhuts Al Athfal : Jurnal Pendidikan dan Anak Usia Dini
ISSN :  2797310     EISSN :  2797020     DOI : https://doi.org/10.24952/alathfal.v1i1
Buhuts Al Athfal: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini adalah penelitian, kajian dan analisis yang berkaitan dengan PAUD meliputi; pengembangan nilai moral dan agama, perkembangan fisik motorik, perkembangan sosial emosional, perkembangan kognitif, perkembangan bahasa, perkembangan artistik dan kreatif, parenting, lembaga pengelola PAUD, asessmen perkembangan anak usia dini, psikologi perkembangan anak, pemberdayaan anak, strategi pembelajaran, bermain alat pendidikan, media pembelajaran, inovasi dalam pendidikan anak usia dini dan berbagai bidang yang berkaitan dengan Pendidikan Anak Usia Dini. Buhuts Al Athfal diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIN Padangsidimpuan. Terbit dua kali dalam setahun, yaitu Edisi 1 pada bulan juni, Edisi 2 pada bulan Desember, dan telah memiliki nomor registrasi p-ISSN: 2797-3107 dan e-ISSN: 2797-0205 diterbitkan oleh Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI).
Articles 51 Documents
Menetapkan Metode Pembelajaran yang Sesuai dengan Keadaan Peserta Didik Darti Dayanti
BUHUTS AL-ATHFAL: Jurnal Pendidikan dan Anak Usia Dini Vol 1, No 1 (2021)
Publisher : UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (463.559 KB) | DOI: 10.24952/alathfal.v1i1.3864

Abstract

Guru adalah seorang yang bertanggung tawab dalam mencerdaskan kehidupan anak didik. Pribadi susila yang cakep adalah hal yang diharapkan ada pada diri seorang peserta didik. Tugas utama seorang guru adalah mendidik peserta didiknya bagaimana caranya untuk bisa merubah karakter siswa menjadi lebih baik, guna untuk ketercapainya tujuan Negara Indonesia yang yang mana yang terdapat dalam UUD 1945 alenia ke empat yaitu ”mencerdaskan kehidupan bangsa”. Oleh karena itu seorang guru dalam mendidik tentunya tidak lepas dari metode yang digunakan seorang guru, dimana metode yang baik akan membuat peserta didik dengan mudah memahami materi yang disampaikan sehingga proses pembelajaranpun dapat berlangsung dengan baik, dan sebaiknya metode yang tidak tepatkan membuat peserta didik kesulitan dalam memahami materi yang disampaikan, untuk itu sangat penting menetapkan metode yang baik sebelum melakukan pelajaran untuk tercapainya tujuan pembelajaran
Asesmen Perkembangan Bahasa Anak Usia 4-6 Tahun di Bustanul Athfal ‘Aisyiyah Gesikan Nadia Aisya; Nurul Amelia
BUHUTS AL-ATHFAL: Jurnal Pendidikan dan Anak Usia Dini Vol 2, No 1 (2022)
Publisher : UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (629.83 KB) | DOI: 10.24952/alathfal.v2i1.5354

Abstract

Asesmen adalah upaya untuk mendapatkan data atau informasi dari proses dan hasil pembelajaran peserta didik ,Hasil dari asesmen juga menjadi panduan bagi guru menentukan sejauh mana perkembangan yang telah dilalui peserta didik serta mengelola pembelajaran di kelas. Sedangkan perkembangan bahasa merupakan aspek penting bagi anak, sebagai alat komunikasi yang digunakan untuk berpikir, mengekspresikan perasaan, dan menerima pikiran dan perasaan orang lain. Metode yang digunakan dalam penelitian ini ialah penelitian kualitatif, prosedur penelitian yang menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orang-orang dan perilaku yang dapat diamati. Hasil penelitian menunjukan asesmen perkembangan bahasa anak usia 4-5 tahun di Bustanul Athfal Aisyiyah Gesikan sudah cukup bagus dilihat dari teknik penilaian yang digunakan oleh guru. Penilaian yang dilakukan guru secara bertahap dalam rentang waktu yang telah ditentukan untuk melihat kemajuan perkembangan bahasa anak setelah mengikuti pembelajaran yang diberikan guru
Pengaruh Teman Sebaya Terhadap Perkembangan Kognitif AUD Anisa Putri; Darul Arifin; Solat Riani
BUHUTS AL-ATHFAL: Jurnal Pendidikan dan Anak Usia Dini Vol 1, No 1 (2021)
Publisher : UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (467.868 KB) | DOI: 10.24952/alathfal.v1i1.3673

Abstract

Setiap individu memiliki ciri dan sifat atau karakteristik bawaan dan karakteristik yang diperoleh dan dipengaruhi lingkungan. Sebagian besar  masih mengalami kesulitan dalam memahami pelajaran tertentu. Hal ini mungkin disebabkan oleh pendekatan, strategi, model, atau metode yang diterapkan oleh guru kurang sesuai, juga kemampuan guru serta sarana pembelajaran pendukung yang meliputi media, alat peraga dan buku pegangan anak yang terbatas atau sebab lain. Akan tetapi beberapa anak usia dini justru dapat memahami pelajaran dengan bantuan teman sebayanya.Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh teman sebaya terhadap perkembangan kognitif anak usia dini. Penelitian ini menggunakan metode observasi langsung kemudian melakukan metode eksperimen. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 32 anak yang mana seluruh populasi dijadikan sampel. Penelitian dilakukan dengan mengamati langsung dan alat pengumpul data berupa tes pribadi untuk mengetahui kognitif anak dan menggunakan model pembelajaran kelompok dengan membagi anak menjadi beberapa kelompok agar dapat melihat dengan jelas perkembangan kognitif anak usia dini dan bagaimana pengaruh teman sebayanya terhadap perkembangan kognitif anak usia dini tersebut.
Layanan Bimbingan dan Konseling Terhadap Penggunaan Media Sosial pada Anak Usia Dini Irda Suriani
BUHUTS AL-ATHFAL: Jurnal Pendidikan dan Anak Usia Dini Vol 2, No 1 (2022)
Publisher : UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (573.619 KB) | DOI: 10.24952/alathfal.v2i1.5314

Abstract

Penggunaan media sosial yang ditampilkan siswa di sekolah sangat mengganggu proses belajar siswa. Sehingga berdampak terhadap perilaku siswa berupa siswa kurang memahami kelemahan dan kelebihan serta kemampuan yang dimilikinya. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pengaruh layanan informasi terhadap penggunaan media sosial  pada anak usis dini. Jumlah populasi 292 siswa dan sampel.Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif yaitu untuk mengetahui hubungan variabel bebas (Layanan Informasi) dengan variabel terikat (Penggunaan Media Sosial). Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu penyebaran angket tertutup. Dari analisis data telah terbukti bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara layanan informasi terhadap penggunaan sosial media. Hal ini ditunjukkan dengan korelasi yang diperoleh dari perhitungan korelasi Product Moment (rhitung = 0,988  rtabel 0,312) dan (thitung = 6,383  ttabel = 1.685). Adanya Pengaruh yang signifikan antara layanan informasi terhadap penggunaan media sosial siswa yaitu sebesar 97,6% yang berarti sangat kuat dan selebihnya merupakan pengaruh dari variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian. Maka dapat disimpulkan Ha diterima dan H0ditolakPenggunaan media sosial yang ditampilkan siswa di sekolah sangat mengganggu proses belajar siswa. Sehingga berdampak terhadap perilaku siswa berupa siswa kurang memahami kelemahan dan kelebihan serta kemampuan yang dimilikinya. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pengaruh layanan informasi terhadap penggunaan media sosial  pada anak usis dini. Jumlah populasi 292 siswa dan sampel.Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif yaitu untuk mengetahui hubungan variabel bebas (Layanan Informasi) dengan variabel terikat (Penggunaan Media Sosial). Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu penyebaran angket tertutup. Dari analisis data telah terbukti bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara layanan informasi terhadap penggunaan sosial media. Hal ini ditunjukkan dengan korelasi yang diperoleh dari perhitungan korelasi Product Moment (rhitung = 0,988  rtabel 0,312) dan (thitung = 6,383  ttabel = 1.685). Adanya Pengaruh yang signifikan antara layanan informasi terhadap penggunaan media sosial siswa yaitu sebesar 97,6% yang berarti sangat kuat dan selebihnya merupakan pengaruh dari variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian. Maka dapat disimpulkan Ha diterima dan H0 ditolak
Analisis Motivasi Belajar Matematika Anak Usia Dini Melalui Media Gambar Rahma Hayati Siregar
BUHUTS AL-ATHFAL: Jurnal Pendidikan dan Anak Usia Dini Vol 1, No 2 (2021)
Publisher : UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (847.687 KB) | DOI: 10.24952/alathfal.v1i2.4125

Abstract

Motivasi belajar matematika adalah daya baik yang datang dari diri sendiri maupun dari luar yang mendorong peserta didik untuk belajar matematika. Anak yang mempunyai motivasi belajar yang kuat akan banyak energi untuk melakukan kegiatan belajar. Prestasi belajar akan lebih optimal dengan adanya motivasi belajar matematika. Penelitian ini mengananalisis motivasi belajar matematika anak usia dini dengan media gambar.  Penelitian ini termasuk kepada jenis penelitian kualitatif. Berdasarkan analisis didapatkan bahwa motivasi belajar matematika anak meningkat setelah diberikan media gambar. Munculnya keinginan atau inisiatif sendiri  anak untuk belajar; keterlibatan secara sungguh-sungguh dalam belajar dan tugas yang diberikan;  serta komitmen untuk terus menerus belajar sehingga bertahan dalam pelajaran. Penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan motivasi belajar matematika pada anak usia dini. Dengan gambar-gambar yang menarik membuat anak-anak terus termotivasi dan semangat dalam belajar matematika. Dengan gambar yang menarik, anak  memperhatikan, mengamati, serta lebih fokus pada suatu tugas tertentu dan mempertahankannya, dan kurang mudah teralihkan oleh peristiwa yang tidak nyata. Kata Kunci : Motivasi Belajar Matematika, Anak Usia Dini 
Pemahaman Ibu Mengenai Stunting dan Dampak Terhadap Tumbuh Kembang Anak Usia Dini Nika Cahyati; Chitra Charisma Islami
BUHUTS AL-ATHFAL: Jurnal Pendidikan dan Anak Usia Dini Vol 2, No 2 (2022)
Publisher : UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (540.397 KB) | DOI: 10.24952/alathfal.v2i2.5835

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan fenomena pemahaman kaum ibu tentang stunting dan dampaknya terhadap tumbuh kembang anak di Kabupaten Kuningan. Penelitian ini mengunakan jenis penelitian Kualitatif dengan pendekatan deskriftif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemahaman kaum ibu tentang stunting cukup rendah. Pada umumnya kaum ibu hanya memahami beberapa hal tentang stunting, yakni: (1) kondisi gagal tumbuh anak (2) praktik pengasuhan yang baik pada balita (3) asupan gizi untuk balita (4) pencegahan diare (5) pemberian ASI eksklusif selama 6 bulan (6) pemenuhan zat gizi ibu hamil. Sedangkan yang tidak dipahami kaum ibu terkait stunting mencakup (1) mengasuh anak stunting(2) mengikuti posyandu (3) mengukur panjang/tinggi badan anak selama 6 bulan terakhir (4) menimbang berat badan anak dalam 6 bulan terakhir (5) dampak stunting (6) pemberian makanan pendamping ASI (MP ASI) (7) pencegahan stunting. Dampak pemahaman ibu yang rendah tentang stunting berpengaruh pada pola pemberian makan pada anak, yakni memberikan makan tidak sesuai kebutuhan anak, sehingga proses tumbuh kembang anak menjadi terhambat. Stunting  dapat dicegah dengan cara memberikan asupan gizi sesuai kebutuhan anak serta rajin mengikuti posyandu setiap bulan untuk mengetahui laju pertumbuhan dan perkembangan anak. Kaum ibu di Kecamatan Darma Kabupaten Kuningan tidak benar-benar mengikuti posyandu, hal ini terlihat dari KMS yang terisi setiap bulannya
Dikotomi dalam Tinjauan Pustaka Terhadap Pendidikan Anak Usia Dini Lusi Marlisa; Eka Septiana
BUHUTS AL-ATHFAL: Jurnal Pendidikan dan Anak Usia Dini Vol 1, No 2 (2021)
Publisher : UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (576.857 KB) | DOI: 10.24952/alathfal.v1i2.4006

Abstract

Penyelenggaraan pendidikan anak usia dini di harapkan bisa menjadi langkah strategis untuk mewujudkan anak yang memiliki jiwa kompetitif. Dikotomi yang hadir dalam tubuh pendidikan anak usia dini, bisa menjadi pembatasan bagi stakeholder dalam memahami terkait dengan pendidikan anak usia dini. Dalam tulisan ini, penulis menggunakan metode kualitatif dengan menggunakan pendekatan kajian pustaka, karena dianggap paling strategis untuk mengungkapkan gagasan-gagasan serta temuan dalam tulisan ini, untuk mendukung proses temuan dalam penelitian ini, maka diperlukan beberapa sumber rujukan serta literatur bacaan yang digunakan seperti buku-buku dan jurnal-jurnal elektronik yang berkaitan dengan variabel penelitian ini. Pembahasan ini memiliki hasil bahwasanya diperlukan sinerginitas yang baik antara peraturan pemerintah, masyarakat juga terlibat dalam kontrol/pengawasan, penilaian serta dalam pengambilan keputusan terhadap pelaksanaan kebijakan PAUD, sehingga pendidikan anak usia dini tidak mengalami dikotomi dari segi apa pun.
Studi Kasus Dampak Game Online Terhadap Perilaku Agresif Anak di Kab Padang Lawas Sumatera Utara Nur Sukma Putri Hasibuan; Ichsan Djalal Djalal; Mhd Akbar Hasibuan
BUHUTS AL-ATHFAL: Jurnal Pendidikan dan Anak Usia Dini Vol 2, No 1 (2022)
Publisher : UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (514.02 KB) | DOI: 10.24952/alathfal.v2i1.5130

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dampak dari game online terhadap perilaku agresif anak. Penelitian ini merupakan representative dari hasil penelitian sebelumnya terkait pengaruh game online terhadap tingkat kekerasan oleh anak anak dan remaja di provinsi sumatera utara. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus pada satu anak laki laki. Dari penelitian yang dilakukan maka dapat disimpulkan bahwa ada dampak yang timbul dari bermain game online terhadap perilaku agresif anak. Dampak itu terjadi baik dari perilaku mengarah ke kerasan fisik maupun verbal. Orang tua sebaiknya mengontrol anak dalam memegang telepon pintar, memperhatikan apa yang dilakukan anak serta memberikan anak batasan dalam bermain telpon pintar banyak dampak yang dtimbulkan telepon pintar ini baik itu segi negatif maupun positif. Anak anak adalah manusia peniru apa yang ia saksikan akan menjadi stimulus bagi otak anak. Diharapkan untuk para orang tua benar benar memperhatikan anaknya apalagi orang tua yang sudah memberikan kebebasan kepada anaknya untuk bermain telepon pintar ini.
Upaya Meningkatkan Kemampuan Menulis Simbolik Awal Anak Usia 4-5 Tahun Melalui Kegiatan Finger Painting Puji Lestari Kurniasih; Fitri Ramadhini
BUHUTS AL-ATHFAL: Jurnal Pendidikan dan Anak Usia Dini Vol 1, No 1 (2021)
Publisher : UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (590.094 KB) | DOI: 10.24952/alathfal.v1i1.3512

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menulis simbolik awal anak usia 4-5 Tahun. Penelitian dilaksanakan di PAUD Mawar, Pondok Kopi,Jakarta Timur. Subjek penelitian adalah anak kelompok A di PAUD Mawar sebanyak 6 orang. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Pengumpulan data dilakukan dengan instrumen, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa berdasarkan data kuantitatif diperoleh persentase kenaikan kemampuan menulis simbolik awal anak 44% pada pra penelitian dan pada siklus I sebesar 66%. Hasil tersebut menunjukkan kesesuaian dengan hipotesis tindakan terjadi kenaikan dari pra penelitian ke siklus I melebihi 20% maka hipotesis diterima. Dengan demikian dapat dinyatakan bahwa kegiatan finger painting dapat meningkatkan kemampuan menulis simbolik awal anak usia 4-5 tahun di PAUD Mawar. Hasil analisis data kualitatif menemukan bahwa kegiatan finger painting dapat meningkatkan kemampuan menulis simbolik awal anak. Anak dapat membuat coretan menyerupai huruf, angka, bentuk dan gambar. Peningkatan tersebut dinyatakan signifikan. Kegiatan finger painting dapat membuat anak aktif dan memberikan pengalam langsung terhadap sensoris anak.
Model Pembelajaran Sentra Pendidikan Anak Usia Dini di KB Al – Falah Kota Gunungsitoli Dina Khairiah; Dinta Ismayana Kurinci
BUHUTS AL-ATHFAL: Jurnal Pendidikan dan Anak Usia Dini Vol 2, No 1 (2022)
Publisher : UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (554.994 KB) | DOI: 10.24952/alathfal.v2i1.5289

Abstract

Pendekatan BCCT merupakan sebuah penghampiran penyelenggaraan  dalam forum PAUD yang tertuju dalam anak pada mana proses pembelajaran dilakukan pada aktivitas pusat–pusat main dan ruang lingkup memakai empat jenis pijakan (scaffolding) buat menstimulasi perkembangan anak. Proses pembelajaran pusat mencakup penempatan lingkungan main, penyambutan anak, main pembukaan, transisi, aktivitas inti dimasing-masing grup yang mencakup pijakan sebelum main, pijakan selama main, pijakan selesainya main, makan bekal bersama, dan aktivitas epilog buat menuntaskan segala aktivitas yang sudah dilakukan. Ancangan ini dilaksanakan menggunakan memakai pendekatan kualitatif dan jenis penelitian studi masalah turun eksklusif pada lapangan. Data yang terkumpul berupa data kualitatif berupa warta yang dihasilkan berdasarkan asal-asal informan pada sekolah tersebut. Hasil berdasarkan penelitian grup ini menerangkan bahwa sekolah melakukan pusat-pusat dalam setiap aktivitas, sebagai akibatnya anak eksklusif mencicipi aktivitas pusat tersebut. Dari apa yang sudah dihasilkan proses pembelajaran menggunakan cara ini sangat mudah dan, sebagai akibatnya anak usia dini sanggup menempatkan diri dalam posisi yang benar.