cover
Contact Name
Agus Purnomo Sidi
Contact Email
agusps@asia.ac.id
Phone
+62341-478494
Journal Mail Official
jubis@asia.ac.id
Editorial Address
Jalan Soekarno Hatta - Rembuksari No. 1A Malang - 65141, Jawa Timur, Indonesia
Location
Kota malang,
Jawa timur
INDONESIA
Jurnal ekonomi Manajemen dan Bisnis (JUBIS)
ISSN : -     EISSN : 27752216     DOI : https://doi.org/10.32815/jubis
Jurnal Ekonomi Manajemen dan Bisnis (Jubis) diterbitkan oleh Program Pasca sarjana Magister Manajemen Institut Teknologi dan Bisnis Asia. Jubis menyediakan forum bagi Mahasiswa dan Dosen untuk mengeksplorasi masalah dan merefleksikan penelitian kuantitatif. Jubis adalah jurnal daring yang didedikasikan untuk publikasi penelitian berkualitas tinggi yang berfokus pada implementasi penelitian yang berfokus di bidang Maanajemen dan Bisnis Misi dari Jubis adalah menjadi jurnal interdisipliner peer-review terkemuka untuk memajukan teori dan praktik yang terkait dengan segala bentuk penelitian khususnya di Manajemen dan Bisnis. Jubis diterbitkan Dua Kali dalam Setahun; Juni dan Desember.
Articles 48 Documents
ANALISIS PENGARUH MASA KERJA, UPAH DAN USIA TERHADAP PRODUKTIVITAS TENAGA KERJA BURUH BORONGAN LINTING ROKOK DI SKT GEBOG, PT.DJARUM KUDUS Ayndri Nico Prayudo; Fathorrahman Fathorrahman; Tin Agustina Karnawati
Jurnal Ekonomi Manajemen dan Bisnis Vol 1 No 1 (2020): JURNAL EKONOMI MANAJEMEN DAN BISNIS
Publisher : PROGRAM PASCA SARJANA MAGISTER MANAJEMEN INSTITUT TEKNOLOGI DAN BISNIS ASIA MALANG

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (258.889 KB) | DOI: 10.32815/jubis.v1i1.311

Abstract

Pencapaian suatu perusahaan erat kaitannya dengan produktivitas tenaga kerja yang ada disana, termasuk juga PT.Djarum yang memproduksi sigaret kretek tangan (SKT). Dalam pembuatannya SKT dibuat oleh pekerja borongan wanita yang menggunakan tenaga manual dan hasilnya fluktuatif. Maka dari itu, perlu dilakukan penelitian yang bertujan untuk mengetahui pengaruh faktor masa kerja, upah dan usia yang berpengaruh terhadap produktivitas tenaga kerja di SKT Gebog, PT Djarum Kudus. Dalam penelitian ini dilakukan analisa kuantitatif dan uji regresi liniear berganda yang menggunakan populasi buruh borongan linting rokok di SKT Gebog,PT Djarum dengan jumlah sebanyak 65 responden. Dimana pengambilan sample dilakukan dengan menggunakan metode random sampling. Penelitian ini menjelaskan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan oleh faktor masa kerja, upah dan usia terhadap produktivitas tenaga kerja buruh linting rokok di SKT Gebog, PT Djarum Kudus. Akan tetapi, untuk variabel usia memiliki kecenderungan yang negatif terhadap produktivitas tenaga kerja yang berarti bahwa terdapat penurunan produktivitas tenaga kerja seiring dengan penambahan usia dari buruh linting rokok di SKT Gebog, PT.Djarum Kudus. Sedangkan untuk variabel masa kerja dan upah memiliki kecenderungan yang positif terhadap produktivitas kerja yang berarti bahwa terdapat peningkatan produktivitas tenaga kerja seiring dengan bertambahnya masa kerja dan upah seorang buruh linting rokok di SKT Gebog, PT.Djarum Kudus.
PENGARUH PROMOSI ONLINE ,WORD OF MOUTH SERTA KUALITAS LAYANANTERHADAP KEPUTUSAN MENGIKUTI PROGRAM BELAJAR DI PKBM HOMESCHOOLING THE BEST PROBOLINGGO Eny Soraya
Jurnal Ekonomi Manajemen dan Bisnis Vol 1 No 1 (2020): JURNAL EKONOMI MANAJEMEN DAN BISNIS
Publisher : PROGRAM PASCA SARJANA MAGISTER MANAJEMEN INSTITUT TEKNOLOGI DAN BISNIS ASIA MALANG

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (204.307 KB)

Abstract

Program homeschooling dan bimbingan belajar diminati karena dapat meningkatkan prestasi dan membantu mengikuti ujian kejar paket.Program homeschooling ditujukan untuk anak anak yang tidak sekolah diformal karena alasan tertentu. Penelitian terdahulu pada promosi online, word of mcuth sertakualitas layanan tidak berpengaruh pada pengambilan keputusan. Penelissssstian ini dilakukan untuk mengetahui beberapa besar pengaruh promosi online, word of mouth dan kualitas layanan terhadap keputusan mengikuti program belajar. Jumlah populasi pada penelitian ini sebanyak 135 orang. Dalam penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jumlah sampel 57 responden dengan pengambilan sampel menggunakan purposive sampling . Analisa yang digunakan dalam penelitian ini yaitu analisa kuantitatif deskriptif dan regresi linier berganda. Penelitian ini menjelaskan bahwa promosi online berpengaruh positif signifikan terhadap keputusan mengikuti program belajar, wordof mouth berpengaruh positif tidak signifikan terhadap keputusan mengikuti program belajar dan kualitas layanan berpengaruh negatif tidak signifikan terhadap keputusan mengikuti program belajar di PKBM Homeschoolong The Best. Secara simultan dengan uji F semua variabel berpengaruh terhadap variabel Y. Lembaga PKBM Homeschooling The Best kedepannya lebih meningktakan kualitas layanannnya dan word of mouth.
PENGARUH KEPEMIMPINAN, KOMPETENSI, MOTIVASI DAN TEKNOLOGI TERHADAP KUALITAS PENDIDIKAN PADA SMK BINA BANGSA DAMPIT MALANG joko kurniawan
Jurnal Ekonomi Manajemen dan Bisnis Vol 1 No 1 (2020): JURNAL EKONOMI MANAJEMEN DAN BISNIS
Publisher : PROGRAM PASCA SARJANA MAGISTER MANAJEMEN INSTITUT TEKNOLOGI DAN BISNIS ASIA MALANG

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (503.812 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kepemimpinan kepala sekolah, kompetensi guru, motivasi guru, dan teknologi terhadap kualitas pendidikan. Populasi dalam penelitian ini adalah semua guru SMK Bina Bangsa Dampit yang berjumlah 96 guru. Teknik pengambilan sempel menggunakan sampel jenuh sehingga semua anggota populasi dijadikan sebagai sampel dalam penelitian ini. Pengumpulan data menggunakan kuesioner yang di bagikan kepada semua guru. Dalam menjawab hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini menggunakan regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Kepemimpinan kepala sekolah memiliki pengaruh positif terhadap kualitas pendidikan; (2) Kompetensi guru memiliki pengaruh positif terhadap kualitas pendidikan; (3) Motivasi guru memiliki pengaruh positif terhadap kualitas pendidikan. Temuan yang menarik dalam penelitian ini bahwa ternyata gaji bukanlah daya dorong motivasi terbesar. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa motivasi guru berpengaruh positif terhadap kualitas pendidikan meski pendapatan seorang guru di SMK Bina Bangsa tidak tergolomg tinggi. Hal ini disebabkan bahwa di daerah Malang selatan profesi guru menjadi sebuah profesi yang sangat dihargai oleh masyarakat. Faktor lingkungan yang memandang image positif pada profesi guru telah membentuk tingginya motivasi guru; dan (4) Teknologi memiliki pengaruh positif terhadap kualitas pendidikan.
PENGARUH INVESTMENT OPPORTUNITY SET (IOS), UKURAN PERUSAHAAN, DAN ARUS KAS BEBAS TERHADAP MANAJEMEN LABA Raudatul Jannah
Jurnal Ekonomi Manajemen dan Bisnis Vol 1 No 1 (2020): JURNAL EKONOMI MANAJEMEN DAN BISNIS
Publisher : PROGRAM PASCA SARJANA MAGISTER MANAJEMEN INSTITUT TEKNOLOGI DAN BISNIS ASIA MALANG

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (232.67 KB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh Investment Opportunity Set (IOS), ukuran perusahaan dan arus kas bebas terhadap manajemen laba baik secara parsial maupun secara simultan. Penelitian ini menggunakan The Modified Jones Model untuk menghitung discretionary accrual yang menjadi proksi dari manajemen laba. Investment Opportunity Set (IOS) diproksikan menggunakan market to book value of equity/berbasis harga yang dinotasikan dengan SKI. Ukuran perusahaan di proksi dengan total aktiva dan arus kas bebas di proksi dengan arus kas operasi dikurangi arus kas investasi. Penelitian ini menggunakan perusahaan manufaktur sub sektor makanan dan minuman di Bursa Efek Indonesia selama 2013-2017 sebagai sampel penelitian. Berdasarkan hasil purposive sampling diperoleh 11 perusahaan yang memenuhi kriteria sampel. Pengujian hipotesis dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan analisis regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Variabel Investment Opportunity Set (IOS) berpengaruh positif dan signifikan terhadap manajemen laba. 2) Variabel Ukuran perusahaan tidak berpengaruh negatif tapi tidak signifikan terhadap manajemen laba. 3) Variabel Arus kas bebas tidak berpengaruh negatif tapi tidak signifikan terhadap manajemen laba. 4) Investment Opportunity Set (IOS), Ukuran perusahaan, dan Arus kas bebas secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap manajemen laba.
PENGARUH KEPERCAYAAN, STATUS AKREDITASI DAN STRATEGI PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN MAHASISWA MEMILIH STIKES HAFSHAWATY PESANTREN ZAINUL HASAN KABUPATEN PROBOLINGGO Santi Damayanti
Jurnal Ekonomi Manajemen dan Bisnis Vol 1 No 1 (2020): JURNAL EKONOMI MANAJEMEN DAN BISNIS
Publisher : PROGRAM PASCA SARJANA MAGISTER MANAJEMEN INSTITUT TEKNOLOGI DAN BISNIS ASIA MALANG

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (657.482 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kepercayaan,status akreditasi dan strategi promosi terhadap keputusan mahasiswa memilih Stikes Hafshawaty Pesantren Zainul Hasan.. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan teknik pengambilan sampel berdasarkan kuesioner dan wawancara. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa angkatan 2019 mahasiswa semester ganjil dari seluruh program studi yang ada di Stikes hafshawaty Pesantren Zainul Hasan yang berjumlah 65 mahasiswa. Jumlah sampel dalam penelitian ini sejumlah 65 responden. Alat analisis yang digunakan dalam penelitian adalah Analisis Regresi Berganda menggunakan program SPSS versi 25. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variable kepercayaan tidak berpengaruh terhadap keputusan mahasiswa memilih Stikes Hafshawaty Pesantren Zainul Hasan, sedangkan variable status akreditsi berpengaruh positif terhadap keputusan mahasiswa memilih Stikes Hafshawaty Pesantren Zainul Hasan dan untuk variable strategi promosi juga tidak berpengaruh terhadap keputusan mahasiswa memilih Stikes Hafshawaty Pesantren Zainul Hasan.
ANALISIS PENGARUH FAKTOR PROFITABILITAS DAN INFLASI TERHADAP RETURN SAHAM PADA BANK UMUM SYARIAH YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA Titis Sosro Triraharjo
Jurnal Ekonomi Manajemen dan Bisnis Vol 1 No 1 (2020): JURNAL EKONOMI MANAJEMEN DAN BISNIS
Publisher : PROGRAM PASCA SARJANA MAGISTER MANAJEMEN INSTITUT TEKNOLOGI DAN BISNIS ASIA MALANG

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (379.016 KB)

Abstract

Penelitian ini berfokus terhadap Analisis Faktor-faktor Profitabilitas dan Inflasi terhadap Return Saham pada Bank Umum Syariah Yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Variabel yang digunakan untuk meneliti faktor-faktor yang mempengaruhi profitabilitas yang dihitung dari 3 (tiga) variabel yaitu: ROA, ROE, EPS dan Inlasi. Return on Equity (ROE), Earning per Share (EPS) berpengaruh positif terhadap return saham Sedangkan Inflasi berpengaruh negatif terhadap return saham. Investor hendaknya mengambil keputusan tidak hanya mengandalkan data internal keuangan perusahaan saja seperti profitabilitas, akan tetapi perlu juga memperhatikan faktor eksternal perusahaan seperti (inflasi, kondisi politik, perubahan kurs mata uang, kebijakan ekonomi dan yang lainya) yang dapat mempengaruhi return saham.
PENGARUH PELATIHAN MUSYAWARAH GURU MATA PELAJARAN (MGMP) TERHADAP KINERJA GURU PPKN SMA KABUPATEN MALANG MELALUI KOMPETENSI SEBAGAI VARIABEL INTERVENING Istinah Sofariyah
Jurnal Ekonomi Manajemen dan Bisnis Vol 1 No 1 (2020): JURNAL EKONOMI MANAJEMEN DAN BISNIS
Publisher : PROGRAM PASCA SARJANA MAGISTER MANAJEMEN INSTITUT TEKNOLOGI DAN BISNIS ASIA MALANG

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (441.239 KB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui 1) pengaruh antara pelatihan MGMP terhadap kompetensi guru PPKN SMA di Kabupaten Malang, 2) pengaruh antara pelatihan MGMP terhadap kinerja guru PPKN SMA di Kabupaten Malang, 3) pengaruh antara kompetensi terhadap kinerja guru PPKN SMA di Kabupaten Malang, 4) pengaruh pelatihan MGMP terhadap kinerja guru PPKN SMA di Kabupaten Malang melalui variabel intervening kompetensi. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kuantitatif. Penelitian deskriptif kuantitatif bertujuan menggambarkan fenomena yang ada dengan menggunakan angka-angka untuk menjelaskan karakteristik individu atau kelompok. Hasil penelitian menunjukkan 1) terdapat pengaruh antara pelatihan MGMP terhadap kompetensi guru PPKN SMA di Kabupaten Malang, 2) terdapat pengaruh antara pelatihan MGMP terhadap peningkatan kinerja guru PPKN SMA di Kabupaten Malang, 3) terdapat pengaruh positif dan tidak signifikan antara kompetensi terhadap kinerja guru PPKN SMA di Kabupaten Malang, 4) terdapat pengaruh positif dan tidak signifikan pelatihan MGMP terhadap kinerja guru PPKN SMA di Kabupaten Malang melalui variabel intervening kompetensi.
VARIABEL-VARIABEL YANG MEMPENGARUHI HARGA PASAR SAHAM PADA PERUSAHAAN TAMBANG BATUBARA YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA Gouw Tjie Hing
Jurnal Ekonomi Manajemen dan Bisnis Vol 1 No 1 (2020): JURNAL EKONOMI MANAJEMEN DAN BISNIS
Publisher : PROGRAM PASCA SARJANA MAGISTER MANAJEMEN INSTITUT TEKNOLOGI DAN BISNIS ASIA MALANG

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (495.602 KB)

Abstract

Jumlah investor pasar modal di Indonesia sangatlah minim, sampai dengan 30 Juli 2020 sebanyak 3.022.366 akun yang terdiri atas investor saham, reksa dana dan obligasi, dengan 42% di antaranya merupakan investor saham. Ketidak-tahuan masyarakat akan penilaian harga saham merupakan permasalahan utama yang menjadi penyebab minimnya jumlah investor saham di Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh faktor fundamental perusahaan terhadap return saham pada sub-sektor pertambangan batu bara yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada periode 2012-2019. Faktor fundamental diwakili oleh rasio likuiditas, rasio solvabilitas, rasio aktivitas dan rasio kinerja. Penelitian dilakukan dengan pendekatan kuantitatif, dengan populasi penelitian sebanyak 24 perusahaan tambang batubara yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Sampel penelitian terdiri dari 5 perusahaan tambang batubara yang dipilih dengan menggunakan purposive sampling method dengan kriteria perusahaan tambang batu bara terbesar di Indonesia dan mempunyai kapitalisasi pasar yang besar di Bursa Efek Indonesia pada periode 2012-2019. Metode statistik yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan 1) Rasio Likuiditas yang diekspresikan oleh Quick Asset Ratio (QAR) berpengaruh tidak signifikan terhadap Harga Pasar Saham, 2) Rasio Solvabilitas yang diekspresikan oleh Debt to Equity Ratio (DER) berpengaruh signifikan terhadap Harga Pasar Saham, 3) Rasio Aktivitas yang diekspresikan oleh Total Assets Turn Over (TATO) berpengaruh tidak signifikan terhadap Harga Pasar Saham, dan 4) Rasio Kinerja yang diekspresikan oleh Earning Per Share (EPS), Price to BookValue (PBV) dan Return On Equity (ROE) berpengaruh signifikan terhadap Harga Pasar.
PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN BUDAYA AKADEMIK TERHADAP KEPUASAN MELALUI BRAND IMAGE PADA MAHASISWA PROGRAM STUDI DESTINASI PARIWISATA, POLITEKNIK KOTA MALANG Arkinanti Hanumi Indahniar
Jurnal Ekonomi Manajemen dan Bisnis Vol 2 No 1 (2021): JURNAL EKONOMI MANAJEMEN DAN BISNIS
Publisher : PROGRAM PASCA SARJANA MAGISTER MANAJEMEN INSTITUT TEKNOLOGI DAN BISNIS ASIA MALANG

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (303.015 KB) | DOI: 10.32815/jubis.v2i2.441

Abstract

Bertujuan mengetahui pengaruh: 1) Kualitas pelayanan terhadap brand image; 2) Budaya akademik terhadap brand image; 3) Kualitas pelayanan terhadap kepuasan mahasiswa; 4) Budaya akademik terhadap kepuasan mahasiswa; 5) Brand image terhadap kepuasan mahasiswa; 6) Kualitas pelayanan terhadap kepuasan melalui brand image pada mahasiswa; 7.) Budaya akademik terhadap kepuasan melalui brand image pada mahasiswa Program Studi Destinasi Pariwisata, Politeknik Kota Malang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Jumlah responden adalah 43 mahasiswa aktif angkatan 2017, 2018, dan 2019 Program Studi Destiasi Pariwisata, Politeknik Kota Malang dengan menggunakan metode sensus. Hasil penelitian ini menunjukkan, antara lain: 1) Kualitas pelayanan berpengaruh terhadap brand image; 2) Budaya akademik tidak berpengaruh terhadap brand image; 3) Kualitas pelayanan berpengaruh terhadap kepuasan mahasiswa; 4) Budaya akademik tidak berpengaruh terhadap kepuasan mahasiswa; 5) Brand image tidak berpengaruh terhadap kepuasan mahasiswa; 6) Kualitas pelayanan tidak berpengaruh terhadap kepuasan melalui brand image pada mahasiswa; 7) Budaya akademik tidak berpengaruh terhadap kepuasan melalui brand image pada mahasiswa Program Studi Destinasi Pariwisata, Politeknik Kota Malang
PENGARUH KUALITAS PRODUK, HARGA, DISKON, DAN KEPUTUSAN PEMBELIAN ONLINE MAHARANI PRIMA SKIN CARE DI BLITAR Devi Marta Dwi
Jurnal Ekonomi Manajemen dan Bisnis Vol 2 No 1 (2021): JURNAL EKONOMI MANAJEMEN DAN BISNIS
Publisher : PROGRAM PASCA SARJANA MAGISTER MANAJEMEN INSTITUT TEKNOLOGI DAN BISNIS ASIA MALANG

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (398.257 KB) | DOI: 10.32815/jubis.v2i2.442

Abstract

Maharani Prima skin care adalah klinik kecantikan di kota Blitar. Maharani Prima skin care menjadi salah satu pelopor pertama klinik kecantikan yang ada di Blitar dan seiring berjalannya waktu Maharani Prima skin care mampu berkembang dengan sangat pesat. Di tahun 2014, klinik yang brlokasi di daerah Sutojayan, Blitar tersebut mulai mengeluarkan brand skine care dengan formula khusus yang dibuat langsung oleh dr. Maharani Prima dan telah terdaftar BPOM serta tersertifikasi halal. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh kualitas produk terhadap keputusan pembelian online Maharani Prima skin care, pengaruh harga terhadap pembelian online Maharani Prima skin care, pengaruh diskon terhadap pembelian online Maharani Prima skin care, pengaruh kepercayaan terhadap pembelian online Maharani Prima skin care. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan menggunakan metode survei. Teknik pengamilan sampel menggunakan sampel slovin dan purposive sampling dengan jumlah 150 responden. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner yang diolah menggunakan SPSS. Analisis data menggunakan regresi linier brganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kualitas produk tidak berpenaruh secara parsial terhadap keputusan pembelian. Sedangkan harga, diskon, kepercayaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian online Maharani Prima skin care. Secara simultan variabel kualitas produk, harga, diskon dan pekercayaan berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian online Maharani Prima skin care, dan keputusan pembelian dapat dijelaskan oleh variable kualitas produk, harga, diskon dan kepercayaan sebesar 75.6% sedangkan sisanya dijelaskan oleh variable lainnya yang tidak terdapat dalam penelitian ini.