cover
Contact Name
Ibnu Rusydi
Contact Email
ibnurs@gmail.com
Phone
+62818637949
Journal Mail Official
ibnurs@gmail.com
Editorial Address
Fakultas Agama Islam Universitas Wiralodra Indramayu Jln. Ir. Juanda Km 3 Indramayu Jawa Barat
Location
Kab. indramayu,
Jawa barat
INDONESIA
Journal Islamic Pedagogia
Published by Universitas Wiralodra
ISSN : 27761037     EISSN : 27764664     DOI : https://doi.org/10.58355/pedagogia
Journal Islamic Pedagogia (JIP) is an journal published by Department of Islamic Education the Faculty of Islamic Studies University Wiralodra Indramayu, posted twice a year on March and September. The journal focuses its scope on the issues of Islamic Education in Indonesia. We invite scientists, scholars, researchers, as well as professionals in the field of Islamic Education in Indonesia to publish their researches in our Journal. The journal publishes high quality empirical and theoretical research covering all aspects of Islamic Education in Indonesia
Articles 9 Documents
Search results for , issue "Vol. 3 No. 1 (2023): Journal Islamic Pedagogia" : 9 Documents clear
Exalting Mean to Compound Islamic Education on Specified Prophet Luminance Word Abdul Aziz Romdhoni
Journal Islamic Pedagogia Vol. 3 No. 1 (2023): Journal Islamic Pedagogia
Publisher : Fakultas Agama Islam Universitas Wiralodra

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31943/pedagogia.v3i1.83

Abstract

Understanding peoples growth based on environmental, was practically been proven most of it in new achievement as to spreading a teaching of Qiroah, whether it simple matter at small altar or utterly be held by major scholar; this to harboring the stalled faith on expressing Harf. On the contrary, upon breaching the people mind, some of other structure that has never be in prime component striating. This research was qualitative approach. Put it within variety stage of assertive term, precisely be as to feel is always coming on the exact fact, but comforting tongue usage makes some path, that is an idea be sided not in signifying the mean on native assortment, this to interact in between cyber mass. Having to know what to tell, on word that is having a meaning, be found on that very first not to learn but yearn; many focus on to clash differentiate but not on the grounded teachers choice in luminance their term of word, this search is to detect narrowed recourse from the Islamic teaching
Sejarah Perkembangan Ilmu di Dunia Barat Supriadi
Journal Islamic Pedagogia Vol. 3 No. 1 (2023): Journal Islamic Pedagogia
Publisher : Fakultas Agama Islam Universitas Wiralodra

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31943/pedagogia.v3i1.84

Abstract

Riset ini bertujuan untuk menguraikan tentang sejarah perkembangan ilmu di dunia barat dari zaman Yunani kuno hingga kontemporer. Adapun jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif yaitu library research (kepustakaan) yang sumber datanya berasal dari buku, artikel dan beberapa literatur lainnya.  Data yang dikumpulkan kemudian dianalisis menggunakan analisis konten supaya memudahkan untuk menemukan ide pokok dari berbagai sumber yang telah dikumpulkan, kemudian dinarasikan ke dalam fokus kajian. Adapun hasil dari kajian ini adalah periodisasi dari sejarah perkembangan keilmuan barat terdiri dari 1) masa Yunani Kuno terbagi menjadi masa pra-Sokrates atau lebih dikenal sebagai filsuf alam yang menyelidiki tentang arkhe (asal mual alam), Masa Sokrates, Plato dan Aristotle dan yang ketiga adalah periode Romawi dan Helenisme, 2) Periode Abad Pertengahan dimana lebih didominasi oleh kekuasaan gereja (agamawan) atas otonomi keilmuan dengan semboyan anshilla theologia, 3) Masa Renainsance dan periode modern yang lebih menekankan kepada integrasi antara fisika dan kimia, 4) Kontemporer yang diawali dengan filsafat dari Nietzche dan terus berkembangnya keilmuan yang pesat dalam teknologi.
Pemanfaatan TIK/ICT (Information and Communication Tehnology) dalam Pengembangan Manajemen Pendidikan Syaefulloh; Rahmat Purnama
Journal Islamic Pedagogia Vol. 3 No. 1 (2023): Journal Islamic Pedagogia
Publisher : Fakultas Agama Islam Universitas Wiralodra

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31943/pedagogia.v3i1.85

Abstract

Pesatnya perkembangan TI, khususnya internet, memungkinkan pengembangan layanan informasi yang lebih baik dalam suatu institusi pendidikan. Dilingkungan pertenaga pendidikan tinggi, pemanfaatan IT lainnya yaitu diwujudkan dalam suatu sistem yang disebut electronic university (e-University). Pengembangan e-University bertujuan untuk mendukung penyelenggaraan pendidikan, sehingga pertenaga pendidikan tinggi dapat menyediakan layanan informasi yang lebih baik kepada komunitasnya, baik didalam maupun diluar pertenaga pendidikan tinggi tersebut melalui internet. Layanan pendidikan lain yang bisa dilaksanakan melalui sarana internet yaitu dengan menyediakan materi kuliah secara online dan materi kuliah tersebut dapat diakses oleh siapa saja yang membutuhkan. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kepustakaan (library research). Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif bekerja pada tataran analitik dan bersifat perspectif emic, yaitu mendapatkan data bukan dari persepsi peneliti, tetapi berdasarkan fakta-fakta konseptual maupun fakta teoritis.  Sumber data yang diperoleh dalam penelitian dari kepustakaan. Untuk mengkaji tema yang relevan penulis menggunakan teknik telaah dokumentasi atau dikenal juga dengan studi dokumentasi sebagai alat untuk mengumpulkan data. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis isi (content analysis). TIK/ICT sangat diperlukan dalam pembelajaran di era sekarang ini. Dengan prinsip penggunaan TIK/ICT yang efektif dan efisien,optimal,menarik, dan merangsang daya kreativitas, ICT menjadi salah satu media pembelajaran yang banyak digunakan di berbagai bidang pendidikan karena meningkatkan efektifitas dan efisiensi dalam proses pembelajaran. Pengguanaan TIK/ICT dalam pembelajaran anataran lain sebagai tutotial, eksplorasi, alat aplikasi, dan komunikasi. Penggunaan TIK/ICT di Indonesia ini sangat diperlukan untuk memajukan kualitas pendidikan yang ada di Indonesia serta menjadi pemicu bangsa Indonesia untuk lebih berkurang. Di Negara-negara maju penggunaan TIK/ICT juga belum bias merata sehingga masih bias diusahakan untuk Indonesia lebih memanfaatkan pembelajaran yang berbasis TIK/ICT ini.
Perspektif Sistem Pendidikan Menurut Penyelenggara dan Pendukungnya : Negara, Pemerintah Pusat dan Daerah, Organisasi Profesional, Orang Tua Siswa, Masyarakat dan Organisasi Swasta Rahmat Purnama; Syaefulloh
Journal Islamic Pedagogia Vol. 3 No. 1 (2023): Journal Islamic Pedagogia
Publisher : Fakultas Agama Islam Universitas Wiralodra

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31943/pedagogia.v3i1.86

Abstract

Tujuan sistem pendidikanagaar berhasil  maka diperlukan dukungan dari  sub system-subsistem. Sub sistem tersebut diantaranya negara, pemerintah pusat dan daerah,  organisasi  profesional,  orang tua siswa dan masyarakat serta organisasi swasta. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kepustakaan (library research). Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif bekerja pada tataran analitik dan bersifat perspectif emic, yaitu mendapatkan data bukan dari persepsi peneliti, tetapi berdasarkan fakta-fakta konseptual maupun fakta teoritis.  Sumber data yang diperoleh dalam penelitian dari kepustakaan. Untuk mengkaji tema yang relevan penulis menggunakan teknik telaah dokumentasi atau dikenal juga dengan studi dokumentasi sebagai alat untuk mengumpulkan data. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis isi (content analysis). Setelah melihat uraian penelitian diatas dapat ditarik kesimpulan bahwa, sistem pendidikan  merupakan  hal  yang kompleks dan  melibatkan banyak sub  sistem. Dinataranya kami bahas dalam penelitian ini adalah Negara, Pemerintah Pusat dan Daerah, Organisasi  Profesional,  orang  tua siswa dan masyarakat serta organisasi swasta. Setiap sub sistem ini mempunyai hak dan kewajiban, sehingga agar pendidikan di Negara Republik Indonesia ini dapat berhasil maka semua diperlukan pemahaman dan pelaksanaan hak dan kewajibannya secara baik.
Pembelajaran PAI dan Budi Pekerti Berbasis Kurikulum Merdeka Belajar untuk Meningkatkan Kreativitas Siswa SMAN 1 Dompu Rahmadin Munauwarah; Muh. Wasith Achadi
Journal Islamic Pedagogia Vol. 3 No. 1 (2023): Journal Islamic Pedagogia
Publisher : Fakultas Agama Islam Universitas Wiralodra

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31943/pedagogia.v3i1.87

Abstract

Artikel ini membahas tentang kegiatan pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti berbasis kurikulum merdeka belajar untuk meningkatkan kreativitas siswa SMAN 1 Dompu. Kebijakan kurikulum merdeka sebagai kurikulum penyempurna kurikulum 2013 yang bertujuan untuk memberikan kebebasan kepada lembaga dan pendidik dalam mengebangkan pemebelajaran sesuai dengan karakteristik peserta didik. Metode penelitian yang digunakan yaitu deskriptif kualitatif dengan model nanturalistik berdasarkan situasi alamiah, pendekatan yang digunakan melalui pendekatan paedagogik dengan cara observasi dan wawancara. Hasil penelitian yang didapatkan yaitu bahwa kegitan pembelajaran Pendidikan Agama Isalam dan Budi Pekerti di SMAN 1 Dompu sudah menerapkan pembelajaran dan penilaian berdiferensiasi sebagai bentuk penerapan pembelajaran berbasis kurikulum merdeka belajar serta implementasi dari penerapan pembalajaran berabsis merdeka belajar membawa pengaruh positif terhadap peningkatan kreativitas siswa, menjadikan pembelajaran PAI dan Budi Pekerti lebih mengembirakan, berkualitas dan bermakna karena pembelajaran berbasis merdeka belajar membentuk kemampuan berpikir kritis peserta didik, mempunyai kepekaan emosional, memiliki imajinasi yang tinggi dan berbakat.
Media Torso Maneken dalam Pembelajaran PAI Materi Perawatan Jenazah di Kelas XI SMK Dirgantara Putra Bangsa Yogyakarta Fadhillah Izzatun Nisa
Journal Islamic Pedagogia Vol. 3 No. 1 (2023): Journal Islamic Pedagogia
Publisher : Fakultas Agama Islam Universitas Wiralodra

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31943/pedagogia.v3i1.88

Abstract

Keterampilan siswa dalam merawat jenazah di SMK Dirgantara Putra Bangsa Yogyakarta masih sangat kurang, sehingga dikhawatirkan belum menghasikan output siswa yang mampu menerapkan nilai-nilai Islam. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penggunaan media Torso maneken pada pembelajaran PAI materi perawatan jenazah di Kelas XI SMK Dirgantara Putra Bangsa Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan seorang guru PAI dan siswa kelas XI di SMK Dirgantara Putra Bangsa sebagai informan penelitian. Pada pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan analisis datanya menggunakan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Pelaksanaan pembelajaran PAI di kelas XI kurang aktif dan bergairah. Kemudian dilakukan beberapa variasi media diantaranya menggunakan media laptop, LCD, televisi, video pembelajaran, gambar, Torso maneken, dll., (2) Penggunaan media Torso maneken sudah cukup baik dan tujuan pembelajaran tercapai. Selain itu, siswa sangat terbantu dalam menerima materi perawatan jenazah. Kelebihan yang dimiliki media Torso maneken dapat menjawab beberapa kesulitan dan hambatan yang sering dialami, (3) Hasil dari penggunaan media Torso maneken terbukti dapat memberikan beberapa manfaat bagi siswa khususnya kelas XI. Adapun penggunaan media pembelajaran Torso maneken sudah memenuhi tiga kriteria yaitu: mampu mengatasi penjelasan yang terlalu verbalistis, terbatasnya ruang dan waktu, serta sikap pasif siswa.
Analisis Kesiapan Penerapan Kurikulum Merdeka Belajar pada Mata Pelajaran SKI di MIN 4 Ponorogo Nuril Fathiha; Muh. Wasith Achadi
Journal Islamic Pedagogia Vol. 3 No. 1 (2023): Journal Islamic Pedagogia
Publisher : Fakultas Agama Islam Universitas Wiralodra

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31943/pedagogia.v3i1.89

Abstract

Penelitian ini betujuan untuk mengkaji kesiapan penerapan kurikulumm merdeka belajar pada mata pelajaran sejarah kebudayaan Islam di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 4 Ponorogo. Terdapat empat fokus pembahasan dalam penelitian ini yakni kesiapan guru, dukungan sekolah, faktor pendukung dan penghambat, serta solusi dari probelem penerapan kurikulum merdeka. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Menggunakan pendekatan studi kasus. Subjek penelitiannya adalah guru Sejarah Kubudayaan Islam di MIN 4 Ponorogo. Hasil penelitian ini menunjukan sebagian besar guru merasa belum siap untuk mengiplementasikan kurikulum merdeka, begitupun dengan guru SKI yang ada MIN 4 Ponorogo. Kemuduian dukungan warga sekolah untuk implementasi kurikulum ini dirasa kurang. Walaupun disatu sisi para guru menyambut baik kehadiran Kurikulum Merdeka. faktor pendukung implementasi Kurikulum Merdeka di lapangan, yaitu (1) penganggaran yang jelas dari pemerintah daerah untuk mendukung implementasi Kurikulum Merdeka, (2) koordinasi yang baik dari pemerintah daerah baik kabupaten maupun provinsi dengan pemerintah pusat dalam pengadaan sarana pembelajaran dan pelatihan, perencaan yang baik, dan (3) ketersediaan sarana pembelajaran lainnya seperti LCD dan sambungan internet.
Pengembangan Metode Pembelajaran dalam Pendidikan Agama Islam Siti Badrotil Khasanah
Journal Islamic Pedagogia Vol. 3 No. 1 (2023): Journal Islamic Pedagogia
Publisher : Fakultas Agama Islam Universitas Wiralodra

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31943/pedagogia.v3i1.91

Abstract

Penenilitian ini merupakan bentuk model pembelajaran yang terdapat di dalamnya tentang pendekatan pembelajaran, metode pembelajaran, strategi pembelajaran serta teknik dan taktik pembelajaran. Bentuk-bentuk ini merupakan cara ataupun strategi yang dapat dilakukan oleh seorang pengajar untuk memberikan pemahaman kepada anak didiknya. Tujuan dari penelitian ini, tidak agar dapat mengetahui pada pengembangan metode pembelajaran dalam pendidikan Agama Islam. Metode penelitian yang digunakan oleh penulis, ialah menggunakan penelitian kualitatif, dengan menggunakan pendekatan library research. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa seorang pengajar harus cerdas dalam memaham serta mampu memberikan pemahaman pada anak didik, sebab model-model pemahaman siswa berbeda, begitu juga dengan cara pembelajaran yang bermacam-macam, maka guru harus menyesuaikan dengan pola dan serta batas kemampuan siswa dalam menyerap pelajaran. Pemahaman siswa yang sempurna merupakan harapan bersama, akan tetapi pemahaman ini kembali pada cara pengajaran yang diambil oleh seorang tenaga pengajar, maka dari penulisan di atas menjelaskan tentang cara serta strategi dalam pembelajaran, model-model di atas bisa menjadi acuan dalam memberikan materi pembelajaran pada anak didik.
Nilai-Nilai Pendidikan Spiritual Menurut Syekh Zainal Abidin Abdul Karim Al Husaini dalam Kitab Al Barzanji Akhmad Faozi; Didik Himmawan
Journal Islamic Pedagogia Vol. 3 No. 1 (2023): Journal Islamic Pedagogia
Publisher : Fakultas Agama Islam Universitas Wiralodra

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31943/pedagogia.v3i1.93

Abstract

Pendidikan spiritual adalah pendidikan yang berhubungan dengan pembentukan sikap, mental, batin, perasaan dan penjiwaan terhadap suatu hal, yang bertujuan untuk meraih kemurnian batin serta kecerdasan spiritual dalam hubungannya untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT. Kata spiritual selalu dikaitkan oleh kalbu (hati), jiwa dan akal. Ketiganya saling berhubungan satu sama lain, karena tujuan pendidikan spiritual adalah menjernihkan hati, membersihkan jiwa, dan memperbaiki akal dari gangguan-gangguan spiritual (penyakit hati). Maka adanya Pendidikan spiritual ini untuk menghilangkan dan membersihkan penyakit hati yang sering terdapat dalam seseorang ketika menjalankan pendidikan di kehidupan sehari-hari. Tujuan penyusunan skripsi ini dibuat untuk mengetahui Nilai-Nilai Pendidikan Spiritual dan Relevansinya dalam Kehidupan Sehari-hari serta penerapan pada ranah pendidikan. Adapun jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah  Kualitatif dengan menggunakan metode Kepustakaan atau Library Research, yakni penelitian yang dilakukan melalui mengumpulkan data atau karya tulis ilmiah yang bertujuan dengan obyek penelitian atau pengumpulan data yang bersifat kepustakaan. Dan yang dijadikan objek kajian adalah hasil karya tulis yang merupakan hasil dari pemikiran Syekh Zainal Abidin Abdul Karim Al Husaini. Adapun kesimpulan dari penelitian ini adalah Pendidikan spiritual merupakan pondasi untuk membentuk pribadi dan mental yang diharapkan mampu memberikan pencerahan dan sikap spiritual terhadap peserta didik Hal tersebut akan berkaitan dengan sikap spiritual manusia dalam menjalankan kehidupannya. Karena pendidikan spiritual berupaya mendorong jiwa manusia melalui ketenteraman hati, pencerahan batin, dan kejelasan sikap sehingga menjadikan manusia yang berkualitas zahir dan batinnya.

Page 1 of 1 | Total Record : 9