cover
Contact Name
Wahyudin
Contact Email
wahyudin_sanusi@upi.edu
Phone
+6221-82436886
Journal Mail Official
isbi@binainsani.ac.id
Editorial Address
Jl. Siliwangi No 6 Rawa Panjang Bekasi Timur 17114 Indonesia. Telp. (021) 824 36 886 / (021) 824 36 996. Fax. (021) 824 009 24
Location
Kota bandung,
Jawa barat
INDONESIA
INFORMATION SYSTEM FOR EDUCATORS AND PROFESSIONALS : Journal of Information System
ISSN : 25483587     EISSN : 25483587     DOI : https://doi.org/10.51211/isbi.v6i2.1854
Core Subject : Science,
JURNAL INFORMATION SYSTEM FOR EDUCATORS AND PROFESSIONALS merupakan jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh Program Studi Sistem Informasi Universitas Bina Insani. Jurnal ini berisi tentang karya ilmiah hasil penelitian yang bertemakan: Big Data, Computer Base Information System (CBIS), Customer Relationship Management (CRM), Data Mining, Data Scientists, Enterprise Architecture, Enterprise Resource Planning (ERP), Government Technology, Information Retrieval System, Information Technology / Information Systems Audit, Knowledge Management System (KMS), Management Information Systems (MIS), Project Management, Proses Bisnis, Smart City, Sistem Informasi, Sosial Media, Sistem Penunjang Keputusan. Media komunikasi ilmiah diterbitkan dua kali setahun
Articles 137 Documents
Sistem Informasi Perpustakaan Pada Perpustakaan Umum Jakarta Timur Endang Retnoningsih
INFORMATION SYSTEM FOR EDUCATORS AND PROFESSIONALS : Journal of Information System Vol 1 No 1 (2016): INFORMATION SYSTEM FOR EDUCATORS AND PROFESSIONALS (Desember 2016)
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Bina Insani

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (721.939 KB)

Abstract

Abstrak: Perpustakaan umum merupakan bagian dalam meningkatkan taraf kecerdasan masyarakat terhadap kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi serta pengetahuan lainnya. Sejalan dengan fungsi dalam memberikan pelayanan kepada anggota dan pengunjung maka pengelola perpustakaan dihadapkan pada berbagai masalah administrasi pengelolaan data anggota, pengelolaan data buku, data peminjaman dan pengembalian buku sampai penyajian laporan dari tiap kegiatan. Proses administrasi yang tidak dengan komputerisasi terasa kurang memadai dalam menentukan optimalitas pelayanan perpustakaan. Pendekatan penelitian dan pengembangan menggunakan metode System Development Life Cycle (SDLC) untuk pengembangan sistem aplikasi perpustakaan. Aplikasi sistem informasi perpustakaan membantu administrasi perpustakaan dalam meningkatkan optimalitas pelayanan kepada anggota dan pengunjung serta mengikuti kecepatan perkembangan eksistensi perpustakaan dalam menjalankan perannya menyebarkan ilmu pengetahuan kepada masyarakat umum. Kata kunci: pengetahuan, perpustakaan, SDLC, sistem informasi Abstract: The public library is a part in improving the intelligence community to the advancement of science and technology and other knowledge. In line with the functions in providing services to members and visitors of the library managers faced with various problems managing member data administration, data management book, Data borrowing and returning books to the presentation of reports from each activity. Administrative process is not computerized feels inadequate in determining the optimality of library services. Approach to research and development using the System Development Life Cycle (SDLC) for system development applications library. Library information system helps in improving optimality library administration services to members and visitors as well as keep pace with the development of the library's existence in their role to spread knowledge to the general public. Keywords: information systems, knowledge, library, SDLC
Game ID Card Puzzle Berbasis Virtual Reality Untuk Mengenalkan Kebudayaan Tradisional Indonesia Radi Rusadi Susanto; Febry Eka Purwiantono; Koko Wahyu Prasetyo
INFORMATION SYSTEM FOR EDUCATORS AND PROFESSIONALS : Journal of Information System Vol 3 No 1 (2018): INFORMATION SYSTEM FOR EDUCATORS AND PROFESSIONALS (Desember 2018)
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Bina Insani

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (747.657 KB)

Abstract

Abstrak: Perkembangan industri Game pada saat ini sangat pesat dengan berbagai macam teknologi yang digunakan. Salah satu teknologi Game yang terkenal beberapa tahun belakangan ini adalah Virtual Reality. Virtual Reality sendiri adalah teknologi yang memungkinkan penggunanya merasakan secara lansung tampilan dunia maya (virtual) dengan memanfaat indra penglihatan. Game ID Card Puzzle memanfaatkan teknologi ini dalam implementasinya. ID Card Puzzle termasuk dalam kategori (genre) puzzle. Konten yang digunakan dalam Game ini merupakan konten lokal seperti rumah adat, pakaian tradisional, senjata tradisional, alat musik tradisional dan tarian tradisional.Sesuai dengan judul dari Game yang dibuat, tujuan dari pembuatan Game ini adalah untuk mengembangkan permainan berbasis virtual reality yang menarik, kreatif, dan inovatif sehingga bisa dinikmati serta mencoba untuk mengenalkan budaya Indonesia bagi pengguna didalam maupun luar Indonesia. Dalam proses pengembangan terdapat beberapa prosedur yang dilalui yaitu persiapan, analisa, desain, pembuatan dan uji coba. Metode pengumpulan data yang dilakukan meliputi studi literatur dan observasi. Pada tahap pengujian dilakukan proses uji coba pada 30 penguji yang terdiri dari usia 14 – 40 tahun. Setelah melalui tahap pengembangan dan pengujian, Game ID Card Puzzle dapat membuktikan bahwa dengan penerapan teknologi Virtual Reality dalam Game yang mengangkat konten lokal, pengguna dapat merasa pengalaman bermain yang jauh lebih interaktif dan memberikan pengetahuan baik tentang informasi kearifan lokal. Kata Kunci: Game , Puzzle, Virtual Reality, 3D Game. Abstract: The development of the Game industry at this time is very rapid with a variety of technologies used. One of the most popular Game technologies in recent years is Virtual Reality. Virtual Reality itself is a technology that allows users to feel directly the appearance of the virtual world by utilizing the sense of sight. ID Card Puzzle Game utilizes this technology in its implementation. ID Card Puzzle is included in the puzzle category. The content used in this Game is local content such as traditional houses, traditional clothes, traditional weapons, traditional musical instruments and traditional dances. In accordance with the titles of the Game s made, the purpose of making this Game is to develop interesting, creative virtual reality based Game s and innovative so that it can be enjoyed and try to introduce Indonesian culture to users inside and outside Indonesia. In the development process there are several procedures that go through namely preparation, analysis, design, manufacture and testing. Data collection methods carried out include literature study and observation. At the testing stage, a trial process was carried out on 30 examiners consisting of ages 14-40 years. After going through the development and testing phases, ID Card Puzzle Game s can prove that with the application of Virtual Reality technology in Game s that lift local content, users can feel a much more interactive playing experience and provide good knowledge about information on local wisdom. Keywords: Game , Puzzle, Virtual Reality, 3D Game.
Metode Analytical Hiearchy Process Pada Pemilihan Platform Website E-Commerce Terbaik Untuk Membangun Toko Online Sari Hartini
INFORMATION SYSTEM FOR EDUCATORS AND PROFESSIONALS : Journal of Information System Vol 4 No 2 (2020): INFORMATION SYSTEM FOR EDUCATORS AND PROFESSIONALS (Juni 2020)
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Bina Insani

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (424.794 KB)

Abstract

Abstrak: Tren bisnis online meningkat dengan pesat, ini disebabkan karena banyaknya kemudahan yang didapat dengan melakukan usaha menggunakan bisnis online, Sehingga banyak orang awan ataupun pelaku usaha melirik atau mempunyai niat untuk membangun bisnis online.Langkah awal untuk membangun sebuah bisnis online adalah mempunyai toko online terlebih dahulu, salah-satu pilihan yang banyak digunakan oleh mereka yang ingin membuat toko online adalah, dengan menggunakan platform e-commerce .Banyaknya platform yang ada menimbulkan permasalahan baru yaitu bagaimana memilih platform yang tepat untuk membuat sebuah toko online, Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menerapkan sistem pendukung keputusan untuk menetapkan alternatif terbaik dari sejumlah alternatif platform web E-Commerceyang ada dengan menggunakan metode Analytical Hiearchy Process (AHP) untuk membantu para pelaku usaha untuk membangun toko onlinenya sendiri. Adapun penentuan kriteria didalam struktur hirarki AHP antara lain Kemudahan penggunaan, keamanan dan fitur ,terhadap empat buah platform web marketplace yang paling sering digunakan di Indonesia. Data penilaian didapatkan melalui penyebaran kuesioner kemudian diolah dan dilakukan pengujian dengan menggunakan AHP. Hasil akhir penelitian berupa urutan alternatif dari platform web E-Commercesesuai dengan penilaian para programmer web.Berdasarkan penilaian dengan menggunakan AHP didapatkan urutan platform web e-commerce yang mendapatkan nilai paling tinggi yaitu woo commerce dengan 26,3 %, diikuti oleh openchart 24.46%, prestashop 24,45% dan urutan keempat yaitu Magento dengan 23,1%. Berdasarkan hasil tersebut maka penerapan metode AHP ini dapat memberikan rekomendasi dalam pengambilan keputusan untuk menentukan pemilihan platform web E-Commerce yang paling sesuai dengan kebutuhan para pelaku usaha dalam membangun toko onlinenya sendiri. Kata kunci: AHP, platform web e-commerce, pemilihan, sistem keputusan Abstract: Online business trends are increasing rapidly, this is due to the many conveniences that are obtained by doing business using an online business, so that many people or business people glance or have the intention to build an online business. The first step to building an online business is to have an online store first, one of the choices that is widely used by those who want to create an online store is, by using an e-commerce platform. The number of existing platforms raises new problems namely how to choose the right platform to create an online store. The purpose of this research is to implement Decision support system to determine the best alternative from a number of alternative E-Commerceweb platforms that exist by using the Analytical Hiearchy Process (AHP) method to help businesses to build their own online stores. The determination of criteria in the AHP hierarchical structure includes ease of use, security and features of the four most commonly used web marketplace platforms in Indonesia. The assessment data obtained through questionnaires were then processed and tested using AHP. The final result of this research is an alternative sequence from the E-Commerceweb platform in accordance with the evaluation of web programmers. Based on the assessment using AHP, it is found that the e-commerce web platform has the highest score, woo commerce with 26.3%, followed by openchart 24.46%, prestashop 24.45% and fourth place is Magento with 23.1%. Based on these results, the application of the AHP method can provide recommendations in making decisions to determine the selection of the E-Commerceweb platform that best suits the needs of businesses in building their own online stores. Keywords: AHP, decision system, e-commerce web platform, selection
RANCANG BANGUN APLIKASI PENCATATAN KEUANGAN DIGITAL BAGI BUMDES Henny Wahyu Sulistyo; Hardian Oktavianto
INFORMATION SYSTEM FOR EDUCATORS AND PROFESSIONALS : Journal of Information System Vol 6 No 1 (2021): INFORMATION SYSTEM FOR EDUCATORS AND PROFESSIONALS (Desember 2021)
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Bina Insani

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (649.736 KB) | DOI: 10.51211/isbi.v6i1.1763

Abstract

Bagi Bumdes tentunya catatan keuangan sangat bermanfaat dimana pengelola dapat mengetahui secara rinci perkembangan usaha. Dengan memiliki pencatatan yang detail, maka pengelola dapat mengetahui sudah sejauh mana perkembangan usaha yang dimiliki melalui progres kondisi bisnis, apakah sedang meningkat, menurun, maupun dalam kondisi yang stagnan. Kondisi tersebut dapat terlihat dari catatan keuangan yang dimiliki. Pengelola juga dapat mengetahui kondisi keuangan bisnis. Sebagai Bumdes yang mungkin baru beberapa tahun berdiri, maka catatan keuangan sangat penting untuk melihat kondisi keuangan, sehingga pengelola mengetahui kondisi keuangan dari bulan ke bulan, maupun dari tahun ke tahun. Selain itu pengelola dapat menjadikan catatan keuangan sebagai sumber pengambil keputusan, karena keputusan sebuah bisnis dapat dilihat dari kondisi keuangan yang sedang dijalankan. Jika selama satu bulan ini dalam kondisi rugi, maka bisa menentukan target apa yang seharusnya dilakukan untuk meningkatkan keuntungan pada periode selanjutnya. Beberapa aplikasi telah disediakan oleh pemerintah akan tetapi banyak bumdes yang kesulitan dalam penggunaannya. Penelitian ini bertujuan untuk melakukan rancang bangun aplikasi pencatatan keuangan bagi bumdes yang ramah dan mudah dalam penggunaannya. Aplikasi dibangun berdasarkan kebutuhan dasar bumdes melalui observasi dan hasil studi yang mendalam, kebutuhan bumdes diambil berdasarkan salah satu bumdes di Kabupaten Jember.Aplikasi pencatatan keuangan dapat membantu pihak Bumdes dalam pencatatan transaksi keuangan dan penyajian laporan transaksi, sehingga dampaknya adalah meningkatkan produktivitas dan kinerja Bumdes. Aplikasi ini lebih baik dari model pencatatan yang telah dipakai sebelumnya yaitu dari model dokumen cetak dan formulir spreadsheet sederhana.
Pengujian Sistem Informasi Penjualan dan Persediaan Barang Dengan Web Application Load Stress and Performance Testing (WAPT) Herlambang Brawijaya; Slamet Widodo; Samudi Samudi
INFORMATION SYSTEM FOR EDUCATORS AND PROFESSIONALS : Journal of Information System Vol 2 No 2 (2018): INFORMATION SYSTEM FOR EDUCATORS AND PROFESSIONALS (Juni 2018)
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Bina Insani

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (548.233 KB)

Abstract

Abstrak: Kemajuan teknologi saat ini berkembang sangat cepat sehingga setiap usaha seperti penjualan dan persediaan barang memerlukan penerapan teknologi informasi. Karena setiap transaksi penjualan dan persediaanvsangat diperlukan pencatatan. Tujuannya untuk menyimpan setiap proses yang terjadi baik penjulan ataupun persediaan. Untuk mengurangi kendala informasi dan mempercepat pemprosesan penjualan dan persediaan barang diperlukan sistem yang terkomputerisasi berupa website. Websitenya akan menyimpan penyimpanan transaksi pembelian, transaksi penjualan, retur pembelian, transaksi retur penjualan, data customer, data supplier,data admin, stok opname, transaksi pembayaran piutang, transaksi pembayaran piutang, mencari data barang, data hutang, data piutang, mencetak laporan penjualan, laporan pembelian, laporan piutang, laporan hutang, dan laporan stock barang. Kata kunci: penjualan, persediaan, WAPT,website Abstract: Technological advancements are currently expanding very rapidly so that every business such as sales and inventory requires the application of information technology. Because every sale and inventory transaction is very necessary recording. The goal is to save every process that occurs either sales or inventory. To reduce the information constraints and speed up the processing of sales and inventory of goods required a computerized system of websites. The website will store the storage of purchase transactions, sales transactions, purchase returns, sales return transactions, customer data, supplier data, admin data, hospital stock, receivable payment transactions, payment receivable transactions, data searching goods, debt data, receivable data, print sales reports , purchase report, accounts receivable report, debt report, and stock item report. Keywords: inventory, sales, WAPT, website
Metode Multimedia Development Life Cycle Pada Animasi Berhitung Interaktif Sebagai Alat Bantu Belajar Matematika Wahyu Tisno Atmojo; Muhamad Irvansyah; Didik Setiyadi
INFORMATION SYSTEM FOR EDUCATORS AND PROFESSIONALS : Journal of Information System Vol 4 No 1 (2019): INFORMATION SYSTEM FOR EDUCATORS AND PROFESSIONALS (Desember 2019)
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Bina Insani

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (314.937 KB)

Abstract

Abstrak: Matematika adalah salah satu mata pelajaran wajib yang harus dipelajari oleh anak-anak Sekolah Dasar. Salah satu materi yang terdapat dalam mata pelajaran Matematika adalah berhitung. Saat ini masih banyak guru-guru matematika yang mengajarkan materi berhitung dengan cara tradisional yaitu dengan menggunakan buku-buku pelajaran serta menulis di papan tulis. Hal tersebut menimbulkan masalah ketika guru salah menghitung. Masalah lain yang mungkin timbul adalah adanya rasa bosan yang dialami oleh siswa pada saat mengikuti materi tersebut. Jika siswa sudah merasa bosan, maka materi yang disampaikan oleh guru tidak akan terserap dengan maksimal. Dengan perkembangan teknologi, maka sudah seharusnya metode pembelajaran menghitung perlu untuk dirubah. Untuk mengatasi masalah tersebut, maka perlu adanya sebuah animasi interaktif yang dapat digunakan sebagai alat bantu untuk mempelajari materi berhitung. Aplikasi yang dihasilkan dalam penelitian ini adalah animasi interaktif yang memadukan gambar, suara serta video sehingga siswa tidak merasa bosan saat belajar menghitung. Metode perancangan animasi yang digunakan adalah metode Multimedia Development Life Cycle. Aplikasi ini telah diuji terhadap 50 (Lima Puluh) siswa SD dengan hasil sebesar 87% siswa menyatakan jawaban Ya untuk masing-masing pertanyaan, dan 13% sisanya menyatakan tidak untuk masing-masing pertanyaan, Hal tersebut berarti penelitian ini dikatakan berhasil dikarenakan tingkat keberhasilan sebesar 87%. Kata Kunci: Animasi interaktif, Berhitung, Matematika, Multimedia development life cycle. Abstract: Mathematics is one of the compulsory subjects that must be learned by elementary school children. One of the material contained in Mathematics is counting. At present there are still many mathematics teachers who teach arithmetic material in the traditional way by using textbooks and writing on the board. This creates a problem when the teacher calculates incorrectly. Another problem that may arise is the boredom experienced by students while following the material. If students feel bored, the material delivered by the teacher will not be absorbed to the maximum. With the development of technology, it is necessary to calculate learning methods to change. To overcome these problems, it is necessary to have an interactive animation that can be used as a tool to study the counting material. The application produced in this study is an interactive animation that combines images, sound and video so students do not feel bored when learning to count. The animation design method used is the Multimedia Development Life Cycle method. This application has been tested on 50 (Fifty) elementary students with a result of 87% of students stating an answer Yes to each question, and the remaining 13% stating no to each question, This means that the study was said to be successful due to the success rate of 87%. Keywords: Counting, Interactive media application, Mathematics, Multimedia development life cycle
Implementasi Aplikasi Mengenal Budaya Lokal Berbasis Android Menggunakan Metoda Sequential Searching Tio Prasetya; Raja Al-Fath Hidayat; Akhmad Roziq; Irfan Ali; Edi Wahyudin
INFORMATION SYSTEM FOR EDUCATORS AND PROFESSIONALS : Journal of Information System Vol 5 No 2 (2021): INFORMATION SYSTEM FOR EDUCATORS AND PROFESSIONALS (Juni 2021)
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Bina Insani

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (444.342 KB) | DOI: 10.51211/isbi.v5i2.1520

Abstract

Abstrak: Penelitian ini didasarkan pada masyarakat Indramayu yang masih minim informasi tentang bahasa Krama. Padahal pengetahuan tentang Bahasa Krama sangatlah penting dalam sebuah percakapan maupun pembicaraan yang menggunakan Bahasa Krama. Minimnya referensi tentang kosa kata dalam bahasa Krama Saat ini yang masih setia menggunakan bahasa daerah terbatas usia lanjut. Hal ini dapat mengakibatkan punahnya bahasa daerah, sehingga perlu kerja keras untuk menyesuaikan setiap orang menggunakan bahasa daerah. Untuk mengatasi masalah tersebut maka perlu dilakukan perancangan sistem agar dapat memberikan pembelajaran tentang bahasa krama melalui platform android, sehingga mudah digunakan dan dipelajari. Penelitian ini bertujuan untuk merancang sebuah pembelajaran berbasis Android yang mampu meningkatkan pengetahuan dan minat masyarakat dalam berbahasa lokal. Dalam penelitian ini mengunakan metode Research and Development (R&D). Karena hasil akhir dari penelitian ini akan menghasilkan suatu produk sistem informasi bahasa krama indramayu berbasis android menggunakan sequential searching. Harapan dari penelitian ini adalah memudahkan pengguna khususnya masyarakat Indramayu dapat meningkatkan pengetahuan dan minat masyarakat dalam berbahasa lokal Kata kunci: Android, Bahasa Krama, Pengetahuan. Abstract: This research is based on the Indramayu community, which lacks information about the Krama language. Even though knowledge of Krama is very important in a conversation or a conversation using Krama Language. Lack of references to vocabulary in Krama. Currently, people who are still loyal to use regional languages ​​are limited to the elderly. This can cause the extinction of regional languages, so it is necessary to make efforts for all people to get used to using regional languages. To overcome this problem, it is necessary to make a system design that is able to provide learning about Krama language through the Android platform so that it is easy to use and learn. This study aims to design an Android-based learning that can increase people's knowledge and interest in local languages. In this study using the Research and Development (R&D) method. Because the final result of this research will produce an android-based product of indramayu krama language information system using sequential searching. The hope of this research is that it makes it easier for users, especially the Indramayu community, to increase their knowledge and interest in local languages. Keywords: Android, Krama language, Knowledge.
Kualitas Layanan Website E-Commerce Lazada.co.id Menggunakan Teknik Pengukuran WebQual Nani Agustina
INFORMATION SYSTEM FOR EDUCATORS AND PROFESSIONALS : Journal of Information System Vol 1 No 1 (2016): INFORMATION SYSTEM FOR EDUCATORS AND PROFESSIONALS (Desember 2016)
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Bina Insani

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (576.281 KB)

Abstract

Abstrak: E-commerce di Indonesia berkembang pesat, dengan kondisi seperti ini menandakan mulai meningkatnya pemanfaatan teknologi informasi. Kualitas dari website e-commerce dapat berpengaruh pada banyaknya pelanggan yang memutuskan untuk berbelanja online pada e-commerce tersebut, untuk mengetahui tinggi dan rendahnya kualitas sebuah website ditentukan pada sebuah standart dengan metode webqual. Pada penelitian ini membahas dari 4 (empat) aspek yaitu kegunaan (usability), kualitas informasi, kualitas interaksi, dan kepuasan pelanggan terhadap website lazada.co.id. Jumlah responden yang diambil sebanyak 34 responden, dimana pengolahan data untuk mengetahui hasil dari kepuasan layanan terhadap website lazada.co.id dengan menggunakan SPSS, dan untuk mengetahui persepsi dan harapan dari responden menggunakan IPA (Importance Performance Analysis). Diduga terdapat hubungan yang positif terhadap layanan yang telah diberikan website lazada.co.id tehadap variable kegunaan (usability), variable kualitas informasi, variable kualitas interaksi, dan variable kepuasan pelanggan. Kata kunci: Kepuasan Layanan, Kualitas Website, Webqual Abstract: E-commerce in Indonesia is growing rapidly, with this condition indicates an upswing in the use of information technology. The quality of e-commerce website can affect the number of customers who decided to shop online on the e-commerce, to determine the high and the low quality of a website is determined on a standard method WebQual. In this research study of four (4) aspects of usability (usability), quality of information, interaction quality, and customer satisfaction lazada.co.id website. The number of respondents who were taken as many as 34 respondents, where processing the data to determine the result of the website lazada.co.id service satisfaction by using SPSS, and to find out the perceptions and expectations of respondents using IPA (Importance Performance Analysis). Allegedly there is a positive relationship to the services that have been given variable tehadap lazada.co.id website usability (usability), variable quality of information, variable quality of interaction, and variable customer satisfaction. Keywords: Service Satisfaction, Website Quality, WebQual
Metode Waterfall Pada Sistem Informasi Koperasi Simpan Pinjam Oky Irnawati
INFORMATION SYSTEM FOR EDUCATORS AND PROFESSIONALS : Journal of Information System Vol 2 No 1 (2017): INFORMATION SYSTEM FOR EDUCATORS AND PROFESSIONALS (Desember 2017)
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Bina Insani

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (476.901 KB)

Abstract

Abstrak: Perkembangan teknologi informasi yang semakin pesat ikut berperan dalam meningkatkan mutu serta pelayanan setiap instansi, termasuk instansi yang bergerak dalam bidang koperasi simpan pinjam. Pengolahan data dalam jumlah besar yang dilakukan secara terkomputerisasi dapat meminimalisir kesalahan yang mungkin bisa terjadi akibat human error dan mempersingkat waktu pengolahan melebihi kecepatan manusia. Sistem pengolahan data simpan pinjam pada Koperasi yang masih dilakukan secara manual sering kali menimbulkan beberapa kendala diantaranya kesalahan dalam pencatatan transaksi simpan pinjam, lambatnya proses pencarian data dan pengolahan data transaksi simpan pinjam, adanya duplikasi data, serta penyediaan laporan memerlukan waktu yang cukup lama. Sistem manual membuat data tidak akurat, tidak efektif dan efisien. Sistem komputerisasi diharapkan menjadi solusi untuk permasalahan-permasalahan yang terjadi. Waterfall digunakan sebagai metode penelitian untuk menjelaskan alur hidup sistem. Penulis menggunakan bahasa pemrograman java untuk merancang program koperasi simpan pinjam serta mysql untuk mengelola databasenya. Hasil dari penelitian berupa rancang bangun program berbasis desktop dengan menggunakan software netbeans IDE 1.8. Kata kunci: koperasi simpan pinjam, sistem informasi. Abstract: Development of information technologies that accelerate played a role in improving the quality of every agency of services, Including agency engaged in savings and loans cooperative. Data processing in large numbers conducted in computerized able to minimize the wrong may happen due to human error And processing shorten time over human speed . System data processing savings and loan in cooperatives that is still done manually often causes a number of problems of them error in recording transactions savings and loan, searching the data and the data processing savings and loan transactions , the presence of duplicating data , and the provision of the report calls for a long time. Manual system make data inaccurate , was not very effective and efficient . A computerized system is expected to be the solution for the problems that occur. Waterfall used as the methodology to explain the live system . The writers use java programming language to designing programs loan and save cooperative and mysql format to manage the databases .The results of the study in the form of engineering desktop based programs as using software netbeans 1.8 IDE. Keywords: information system, savings and loans cooperative.
Sistem Informasi Persediaan Alat Tulis Kantor Pada PT Berjaya Sally Ceria Jakarta Tika Yuli Lestari; Didik Setiyadi
INFORMATION SYSTEM FOR EDUCATORS AND PROFESSIONALS : Journal of Information System Vol 3 No 2 (2019): INFORMATION SYSTEM FOR EDUCATORS AND PROFESSIONALS (Juni 2019)
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Bina Insani

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (361.903 KB)

Abstract

Abstrak: PT. Berjaya Sally Ceria Jakarta merupakan salah satu perusahaan dibidang retail yang menjual produk es cream yogurt di dalam PT Berjaya sally ceria terdapat beberapa permasalahan, yang mana Proses Permintaan dan Pengeluaran Alat Tulis Kantor tiap departemen masih dilakukan dengan cara mengisi Formulir Permintaan dan Pengeluaran Alat Tulis Kantor oleh departemen terkait serta belum ada sistem yang terkomputerisasi didalamnya selain itu, permintaan dan pengeluaran alat tulis kantor masih dilakukan dengan cara dicatat di dalam buku sehingga sewaktu waktu datanya bisa hilang maupun rusak, serta pembelian alat tulis kantor pun masih di lakukan dengan cara datang langsung ke swalayan yang menjual perlengkapan alat tulis kantor sehingga membutuhkan waktu yang lama serta kurang cepat dalam persediaanya, dan permasalahan yang lainnya kesulitan pihak general affair dalam membuat laporan harian dan periode yang harus di laporkan oleh pihak general affair kepada manager, hal ini membuat peneliti tergerak untuk membuat sistem yang terkomputerisasi. Sistem informasi ini dibuat menggunakan bahasa pemograman visual basic.net serta menggunakan database sql server dan juga proses reporting menggunakan Crystal Report Viewer serta metode pengembangan sistem yang digunakan adalah metode RAD (Rapid Application Development). Sehingga perusahaan memiliki sistem yang bertujuan untuk menyediakan semua kebutuhan alat tulis kantor yang di perlukan pada saat adanya kegiatan di dalam PT.Berjaya Sally Ceria Jakarta, dengan adanya sistem informasi persediaan alat tulis kantor ini dapat dijadikan sebagai media pendukung dalam pembuatan informasi kepada pimpinan atau team managerial, yang nantinya dapat di jadikan sebuah laporan sebagai evaluasi pada waktu yang akan datang di PT. Berjaya Sally Ceria Jakarta. Kata kunci: RAD (Rapid Application Development), Sistem Informasi, Visual Basic.Net Abstract: PT. Berjaya Sally Ceria Jakarta is one of the retail companies that sell yogurt ice cream products in PT. Successfully sally cheerful there are several problems, which are the process of Request add Expenditure for Office Stationery for each department is still done by filling out the Office Stationery Request and Expenditure Form by related departments and there is no computerized system in it, besides, the demand and expenditure of office stationery is still done by being recorded in the book so that when the data can be lost or damaged, the purchase of office stationery is still done by coming directly to the supermarket who sells office stationery equipment so that it takes a long time and is not fast in its preparation, and other problems the difficulty of the general affair in making daily reports and periods that must be reported by the general affair to the manager, this makes the writer moved to create a computerized system. This information system is created using Visual Basic.net programming language and uses the SQL Server database and also the reporting process using Crystal Report Viewer and the system development method used is the Rapid Application Development (RAD) method. So that the company has a system that aims to provide all the office stationery needs that are needed when there are activities in PT. Beraya Sally Ceria Jakarta, with the information system of office stationery supplies can be used as a supporting media in making information to the leadership or team managerial, which later can be used as a report as an evaluation in the future at PT. Berjaya Sally Ceria Jakarta. Keywords: Information Systems, RAD (Rapid Application Development), Visual Basic.Net

Page 1 of 14 | Total Record : 137