cover
Contact Name
Anita Adesti
Contact Email
anitaadesti@gmail.com
Phone
+6281377904274
Journal Mail Official
anitaadesti@gmail.com
Editorial Address
Jl. Ratu Penghulu No.2301, Karang Sari, Baturaja, Tj. Baru, Kec. Baturaja Timur, Kabupaten Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan 32115
Location
Kab. ogan komering ulu,
Sumatera selatan
INDONESIA
BAJET ( Baturaja Journal of Educational Technology)
Published by Universitas Baturaja
ISSN : 25806599     EISSN : 25809067     DOI : https://doi.org/10.54895/bajet.v6i1
Jurnal BAJET ( Baturaja Journal of Educational Technology) merupakan jurnal yang memuat artikel hasil dan kajian analitis kritis di bidang pembelajaran, media dan pendidikan dengan tujuan untuk mengeksplorasi dan mengembangkan model pembelajaran yang efektif serta media yang membantu proses pembelajaran. Jurnal ini terbit dua kali dalam satu tahun pada bulan Juni dan bulan Desember.
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol 6 No 1 (2022): Baturaja Journal of Educational Technology" : 6 Documents clear
PELAKSANAAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING OLEH GURU DI SMK YIS MARTAPURA Anita Adesti; Dewi Saryani
BaJET (Baturaja Journal of Education Technology) Vol 6 No 1 (2022): Baturaja Journal of Educational Technology
Publisher : Program Studi Teknologi Pendidikan FKIP UNBARA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (423.869 KB) | DOI: 10.54895/bajet.v6i1.1490

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan model pembelajaran problem based learning oleh guru di SMK YIS Martapura Kabupaten OKU Timur. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah 43 orang guru di SMK YIS Martapura Kabupaten OKU Timur. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah kuesioner dengan alat bantu berupa angket. Teknik analisis data menggunakan analisa statistik dengan rumus presentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Guru SMK YIS Martapura Kabupaten OKU Timur telah melaksanakan perencanaan kegiatan model pembelajaran dengan baik (78%). (2) Guru SMK YIS Martapura Kabupaten OKU Timur telah melaksanakan model problem based learning dengan sangat baik (76%). (3) Evaluasi model pembelajaran problem based learning telah dilakukan dengan baik (77%). Berdasarkan hasil penelitian diperoleh rekaptulasi data sebesar 78% dengan kriteria baik. Artinya, pembelajaran dengan menggunakan model problem based learning telah dilakukan dengan baik oleh guru di SMK YIS Martapura Kabupaten OKU Timur
PENGEMBANGAN MEDIA EVALUASI PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN APLIKASI WONDERSHARE QUIZCREATOR PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI Edi Sutiono; Yamanto Isa; Mohamad Salman Rusdi
BaJET (Baturaja Journal of Education Technology) Vol 6 No 1 (2022): Baturaja Journal of Educational Technology
Publisher : Program Studi Teknologi Pendidikan FKIP UNBARA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (613.085 KB) | DOI: 10.54895/bajet.v6i1.1491

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan Media Evaluasi Pembelajaran Dengan Menggunakan Aplikasi Wondershare QuizCreator Pada Mata Pelajaran Biologi Kelas XI IPA di SMA Negeri 1 Cempaka OKU Timur. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian Research and Development (R&D). Metode yang digunakan adalah metode prosedural dengan teknik pengumpulan data berupa angket. Dari hasil uji coba, ahli media memberikan nilai 85,3% dengan kategori “Baik”. Ahli desain memberikan nilai 82% dengan kategori “Baik”. Dan ahli materi memberikan nilai 82,1% dengan kategori “Baik”. Pada uji coba produk skala perorangan dengan objek penelitian 3 orang responden yaitu peserta didik kelas XI IPA semester II diperoleh nilai 81,5% dengan kategori “Baik”. Uji coba kelompok kecil dengan objek penelitian 6 orang responden memperoleh nilai 83,5% dengan kategori “Baik”. Kemudian dilakukan uji coba skala besar dengan objek penelitian 26 orang responden memperoleh nilai 81,7% dengan kategori “Baik”. Maka dapat peneliti simpulkan bahwa produk media evaluasi pembelajaran ini valid, dan layak untuk digunakan di lapangan.
IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN BLENDED LEARNING OLEH GURU DI SMK NEGERI 2 OKU SELATAN Eriyanti Eriyanti; Ade Vidianti; Ranita Mukhriji
BaJET (Baturaja Journal of Education Technology) Vol 6 No 1 (2022): Baturaja Journal of Educational Technology
Publisher : Program Studi Teknologi Pendidikan FKIP UNBARA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (223.904 KB) | DOI: 10.54895/bajet.v6i1.1492

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Implementasi Model Pembelajaran Blended Learning oleh Guru di SMK Negeri 2 OKU Selatan. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode deskriptif. Sampel penelitian ini berjumlah 60 orang. Teknik pengumpulan data adalah kuisioner dan alat pengumpulan data berupa sejumlah pertanyaan dan teknik analisis data menggunakan rumus persentase. Berdasarkan hasil penelitian pada indikator Rancangan Pembelajaran Blended Learning mendapat hasil persentase sebesar 92,11% dengan kriteria Baik Sekali. Pada indikator Pelaksanaan Pembelajaran Blended Learning mendapat hasil persentase sebesar 88,97% dengan kriteria Baik Sekali. Selanjutnya pada Evaluasi Pembelajaran Blended Learning mendapat hasil persentase sebesar 92,08% dengan kriteria Baik Sekali. Dari hasil penelitian tersebut dapat dinyatakan bahwa Implementasi Model Pembelajaran Blended Learning oleh Guru di SMK Negeri 2 OKU Selatan terlihat dari rata-rata persentasi jawaban pada 3 indikator pertanyaan angket yaitu sebesar 91,25% dengan demikian pembelajaran sudah dijalankan dengan kriteria Baik Sekali.
PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ANDROID PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI DI KELAS XI Johan Eka Wijaya; Sulia Ningsih; Endang Dian Wahyuni
BaJET (Baturaja Journal of Education Technology) Vol 6 No 1 (2022): Baturaja Journal of Educational Technology
Publisher : Program Studi Teknologi Pendidikan FKIP UNBARA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (349.088 KB) | DOI: 10.54895/bajet.v6i1.1493

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan Media Pembelajaran Berbasis Android menggunakan aplikasi Adobe Flash CS6 pada mata pelajaran Biologi di kelas XI. Jenis penelitian yang digunakan penelitian dan pengembangan (research and development). Model yang digunakan adalah model prosedural. Dengan teknik pengumpulan data berupa angket. Data hasil penelitian dianalisis dengan menggunakan rumus presentase, dari hasil coba, ahli media memberikan nilai 78,23% dengan predikat “Baik” dari skala lima. Ahli desain memberikan nilai 75,8% dengan predikat “Baik” dari skala lima. Ahli materi memberikan nilai 90,36% dengan predikat “Sangat Baik” dari skala lima. Pada uji coba perorang (one-to-one) dengan 3 objek siswa kelas XI di peroleh nilai 87,18% dengan predikat “Sangat Baik” dari skala empat. Pada uji coba kelompok kecil (small group) dengan objek 8 orang siswa kelas XI di peroleh nilai 87,14% dengan predikat “Sangat Baik” dari skala empat. Kemudian uji coba lapangan (field test) dengan objek 26 orang siswa kelas XI di peroleh nilai 86,68% dengan predikat “Sangat Baik” dari skala empat. Hasil uji coba produk menunjukkan tingkat kelayakan produk dengan kriteria baik dan layak untuk kelas XI
PENERAPAN INTERAKSI EDUKATIF OLEH GURU DI SD NEGERI SE-KECAMATAN MARTAPURA Nora Agustina; Bella Ayu Settya
BaJET (Baturaja Journal of Education Technology) Vol 6 No 1 (2022): Baturaja Journal of Educational Technology
Publisher : Program Studi Teknologi Pendidikan FKIP UNBARA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (212.412 KB) | DOI: 10.54895/bajet.v6i1.1494

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana penerapan interaksi edukatif oleh guru di SD Negeri Se-Kecamatan Martapura Kabupaten OKU Timur. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatf dengan metode deskriptif. Populasi penelitian ini adalah guru di SD Negeri Se-Kecamatan Martapura Kabupaten OKU Timur berjumlah 37 orang. Teknik pengumpulan data adalah kuesioner dan alat pengumpulan data berupa angket. Teknik analisis data menggunakan rumus persentase. Berdasarkan hasil penelitian, penerapan interaksi edukatif oleh guru di SD Negeri Se-Kecamatan Martapura Kabupaten OKU Timur untuk indikator tahap sebelum pembelajaran (pre-active) diperoleh rata-rata 77,15% dengan kriteria baik, indikator tahap pembelajaran (interactive) diperoleh rata-rata 79,55% dengan kriteria baik, dan untuk indikator tahap sesudah pembelajaran (post-active) diperoleh rata- rata 87,27% dengan kriteria baik sekali. Dari hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa pemanfaatan interaksi edukatif oleh guru di SD Negeri Se-Kecamatan Martapura Kabupaten OKU Timur sudah dijalankan dengan Baik.
GAYA BELAJAR MAHASISWA BIDIK MISI PROGRAM STUDI TEKNOLOGI PENDIDIKAN UNIVERSITAS BATURAJA Yelmi Yunarti; Arief Qosim; Meta Novianti
BaJET (Baturaja Journal of Education Technology) Vol 6 No 1 (2022): Baturaja Journal of Educational Technology
Publisher : Program Studi Teknologi Pendidikan FKIP UNBARA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (279.787 KB) | DOI: 10.54895/bajet.v6i1.1495

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk Mendeskripsikan Gaya Belajar Mahasiswa Bidik Misi Program Studi Teknologi Pendidikan Universitas Baturaja. Jenis Penelitian adalah penelitian kualitatif, metode atau pendekatan yang digunakan adalah studi kasus (case study) dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara dan dokumentasi. Sumber data berjumlah 18 Mahasiswa Bidik Misi dengan hasil temuan penelitian menunjukkan bahwa gaya belajar visual diterapkan dengan cara mengamati, memahami dan mencatat poin penting dalam pembelajaran serta mengenali semua jenis warna yang lebih dominan dan memiliki pemahaman yang cukup terhadap artistik. Selain itu, mahasiswa bidik misi perlu membuat catatan dan membuat diri serileks mungkin, karena mahasiswa bidik misi terlalu reaktif terhadap suara dalam belajar sehingga perlu memahami anjuran yang diberikan oleh dosen, lalu dapat menginterpretasikan kata dengan cara menggarisbawahi kata dan mencari arti. Selanjutnya gaya belajar auditorial dengan cara mengulang kembali pelajaran dan mencari poin penting yang terkandung di dalamnya, sehingga dapat dibaca berulang kali. Sedangkan gaya belajar kinestetik dengan cara mencatat serta menghubungkan pembelajaran dengan kehidupan sehari-hari, sehingga dapat mengamati secara langsung dan mencari makna yang terkandung didalamnya. Serta mampu memanajemen kelompok diskusi dan mampu menggunakan isyarat tubuh dalam pembelajaran. Berdasarkan temuan ini, gaya belajar mahasiswa bidik misi Program Studi Teknologi Pendidikan menerapkan gaya belajar visual dalam belajar.

Page 1 of 1 | Total Record : 6