cover
Contact Name
Yosia Dian Purnama Windrayadi
Contact Email
dianyosia@gmail.com
Phone
+6285217664694
Journal Mail Official
oportunitasunirow@gmail.com
Editorial Address
Jalan Manunggal No. 61, Gedongombo, Tuban, Jawa Timur
Location
Kab. tuban,
Jawa timur
INDONESIA
Oportunitas
ISSN : -     EISSN : 27215954     DOI : -
Core Subject : Economy, Education,
Jurnal OPORTUNITAS diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Ekonomi Universitas PGRI Ronggolawe Tuban di Tuban sebagai media untuk menyalurkan pemahaman tentang ilmu di bidang pendidikan ekonomi, Manajemen, Kewirausahaan dan Koperasi yang berupa hasil penelitian lapangan atau laboratorium maupun studi pustaka. Jurnal ini diterbitkan dua kali dalam setahun yaitu pada bulan Maret dan September.
Arjuna Subject : -
Articles 7 Documents
Search results for , issue "Vol 4 No 1 (2023): Oportunitas: Jurnal Pendidikan Ekonomi, Manajemen, Kewirausahaan, dan Koperasi" : 7 Documents clear
STRATEGI MENGEMBANGKAN SUMBER DAYA MANUSIA DALAM MENINGKATKAN MUTU PELAYANAN Dyah Ayu Sekar
OPORTUNITAS: Jurnal Pendidikan Ekonomi, Manajemen, Kewirausahaan dan Koperasi Vol 4 No 1 (2023): Oportunitas: Jurnal Pendidikan Ekonomi, Manajemen, Kewirausahaan, dan Koperasi
Publisher : Pendidikan Ekonomi FKIP Universitas PGRI Ronggolawe Tuban

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.5555/oportunitas.v4i1.553

Abstract

Judul penelitian ini adalah “Strategi Mengembangkan Sumber Daya Manusia Dalam Meningkatkan Mutu Pelayanan”. Untuk mencapai tujuan dan membangun kinerja dan layanan yang baik, perusahaan harus memiliki karyawan yang sangat baik dan bertanggung jawab. Hal ini karena pengelolaan sumber daya manusia, khususnya menurut konsep Islam, merupakan salah satu proses kunci dalam upaya perusahaan untuk memberikan pelayanan yang sebaik mungkin kepada pelanggannya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengkaji bagaimana taktik pengembangan bakat dan kualitas pelayanan kepada konsumen yang bekerja di perusahaan. Sifat penelitian ini adalah naratif, deskripsinya kualitatif, dan penulis juga menggunakan literatur yang relevan. Tujuan pelatihan dan pengembangan adalah untuk mengubah perilaku, sikap, pengalaman dan kinerja karyawan menjadi lebih baik guna memperoleh bakat yang unggul.
ANALISIS KEPEMIMPINAN DAN KOMUNIKASI ORGANISASI DALAM MENINGKATKAN KINERJA KARYAWAN Arini Putri Safina; Cetrin Andyah Pramesty
OPORTUNITAS: Jurnal Pendidikan Ekonomi, Manajemen, Kewirausahaan dan Koperasi Vol 4 No 1 (2023): Oportunitas: Jurnal Pendidikan Ekonomi, Manajemen, Kewirausahaan, dan Koperasi
Publisher : Pendidikan Ekonomi FKIP Universitas PGRI Ronggolawe Tuban

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.5555/oportunitas.v4i1.572

Abstract

Strategi kepemimpinan dan komunikasi mempunyai peran penting dalam seluruh bidang, seluruh individu sampai seluruh kelompok (organisasi). Di kelompok (organisasi), kepemimpinan dan komunikasi berguna untuk menjalin hubungan yang baik antara divisi-divisi yang berada dalam organisasi tersebut. Studi ini melihat berbagai cara untuk meningkatkan kinerja karyawan, dengan menggunakan metode kualitatif. Ini berarti bahwa penelitian ini akan melihat berbagai cara untuk mengamati dan memahami bagaimana orang bekerja sama. Peneliti memperoleh data yang sumbernya adalah studi kepustakaan yang berasal dari buku, internet, artikel ilmiah dan hasil penelitian peneliti terdahulu lainnya. Dalam penelitian ini mendapatkan hasil yang, strategi kepemimpinan dan komunikasi sangat berdampak dalam meningkatkan kualitas kinerja karyawan. Peneliti berharap suatu perusahaan dapat menerapkan strategi kepemimpinan dan komunikasi yang baik agar dapat tercipta komunikasi yang menyatu antara pemimpin dan karyawan agar mencapai tujuan bersama.
MODEL PENGANGGARAN DAN MANAJEMEN SEKOLAH ISLAM DI INDONESIA andi masruroh
OPORTUNITAS: Jurnal Pendidikan Ekonomi, Manajemen, Kewirausahaan dan Koperasi Vol 4 No 1 (2023): Oportunitas: Jurnal Pendidikan Ekonomi, Manajemen, Kewirausahaan, dan Koperasi
Publisher : Pendidikan Ekonomi FKIP Universitas PGRI Ronggolawe Tuban

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.5555/oportunitas.v4i1.683

Abstract

Sistem pendidikan di Indonesia memiliki dua subsistem utama, satu di bawah pengelolaan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud), dan pendidikan madrasah dan pendidikan agama di bawah pengelolaan Kementerian Agama (Kemenag). Dari sekitar 233.517 sekolah dan madrasah negeri, sekitar 82% adalah sekolah negeri dan sisanya 18% adalah madrasah; dan dari 49.402.000 siswa dari lembaga-lembaga ini, 87% terdaftar di sekolah negeri dan 13% lainnya terdaftar di madrasah. Undang-undang dan peraturan Indonesia mengharuskan sekolah dan madrasah negeri diperlakukan sama. Selain itu, madrasah juga mengajarkan kurikulum nasional yang sama selain mata pelajaran agama Islam yang diatur oleh Kemenag. Penulis mencoba untuk mendefinisikan keadaan pendidikan Islam saat ini di Indonesia, masalah akademik yang dihadapi pemerintah dan mencari solusi yang mungkin untuk mereka melalui survei lapangan dan metode analisis data yang digunakan selama penyelidikan. Data yang ditemukan menunjukkan bahwa infrastruktur yang tidak memadai dari kontribusi pemerintah terhadap pendidikan umum termasuk pendidikan agama, dan terbatasnya kuota di universitas pedagogik menyebabkan kekurangan guru di daerah pedesaan. Pemerintah Indonesia membutuhkan reformasi pendidikan lebih lanjut di bidang pendidikan umum, pelatihan guru, dan pelatihan ulang guru yang berkualitas, dan biaya sekolah menantang sistem pendidikan nasional di negara ini. Kata kunci: pembiayaan, Indonesia, pendidikan Islam, madrasah, pengelolaan proses belajar mengajar pendidikan
PENGAMBILAN KEPUTUSAN DALAM MENYELESAIKAN PEMBUKAAN REKENING ONLINE BERMASALAH PADA BANK MUAMALAT KCP MOJOKERTO Cetrin Andyah
OPORTUNITAS: Jurnal Pendidikan Ekonomi, Manajemen, Kewirausahaan dan Koperasi Vol 4 No 1 (2023): Oportunitas: Jurnal Pendidikan Ekonomi, Manajemen, Kewirausahaan, dan Koperasi
Publisher : Pendidikan Ekonomi FKIP Universitas PGRI Ronggolawe Tuban

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.5555/oportunitas.v4i1.695

Abstract

Pembukaan rekening online sudah menjadi hal yang mudah dilakukan di era modern ini. Saat ini setiap bank, baik bank konvensional maupun syariah telah dimudahkan dengan adanya pembukaan rekening online. Namun, ada juga yang mengalami masalah dalam pembukaan rekening online. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui proses pengambilan keputusan Bank Muamalat KCP Mojokerto dalam menyelesaikan pembukaan rekening online nasabah yang bermasalah. Hal-hal yang diuraikan meliputi faktor penyebab terjadinya pembukaan rekening online, mekanisme pengambilan keputusan pihak bank dalam menyelesaikan pembukaan rekening online yang bermasalah. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif sedangkan metode pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, observasi dan dokumentasi. . Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa untuk mengatasi permasalahan dalam pembukaan rekening online nasabah Bank Muamalat KCP Mojokerto dengan meng-otorisasi akun nasabah melalui Supervisior Bank Muamalat KCP Mojokerto, Sebelum pembukaan rekening online, nasabah sebaiknya mempehatikan kondisi, baik smartphone yang digunakan ataupun data-data yang akan di daftarkan.
PENGAMBILAN KEPUTUSAN DALAM PENYELESAIAN PEMBIAYAAN BERMASALAH PADA PRODUK MODAL KERJA (PMK) DI BANK PANIN DUBAI SYARIAH KC HR. MUHAMMAD SURABAYA Alvi Nuur Rasyidah
OPORTUNITAS: Jurnal Pendidikan Ekonomi, Manajemen, Kewirausahaan dan Koperasi Vol 4 No 1 (2023): Oportunitas: Jurnal Pendidikan Ekonomi, Manajemen, Kewirausahaan, dan Koperasi
Publisher : Pendidikan Ekonomi FKIP Universitas PGRI Ronggolawe Tuban

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.5555/oportunitas.v4i1.720

Abstract

Setiap pembiayaan modal kerja di bank syariah mempunyai resiko permasalahan yang cukup tinggi karena dalam prakteknya sering terjadi permasalahan pembiayaan disebabkan adanya wanpretasi baik dari pihak lembaga maupun debitur. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor penyebab terjadinya pemiayaan bermasalah dan untuk mengetahui proses pengambilan keputusan dalam penyelesaian pembiayaan bermasalah pada produk pembiayaan modal kerja di Bank Panin Dubai Syariah KC HR. Muhammad Surabaya. Metode penelitian menggunakan metode kualitatif deskriptif. Pengambilan data melalui observasi, interview dan studi pustaka. Teknik analisa data dengan menggunakan analisis Fishbone (atau Ishikawa). Dari hasil penelitian, faktor penyebab terjadi pembiayaan bermasalah pada produk pembiayaan modal kerja ini yaitu berasal dari faktor nasabah,lingkungan,kebijakan pemerintah, dan produksi.
PENGELOLAAN SEKTOR PARIWISATA PESISIR DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PERTUMBUHAN EKONOMI MASYARAKAT DI KABUPATEN TUBAN Sulistya Novia Fitasari; Yosia Dian Purnama Windrayadi; Arif Unwanullah; Muhammad Yusuf
OPORTUNITAS: Jurnal Pendidikan Ekonomi, Manajemen, Kewirausahaan dan Koperasi Vol 4 No 1 (2023): Oportunitas: Jurnal Pendidikan Ekonomi, Manajemen, Kewirausahaan, dan Koperasi
Publisher : Pendidikan Ekonomi FKIP Universitas PGRI Ronggolawe Tuban

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Pariwisata merupakan suatu hal yang menjadi komponen cukup penting dalam peningkatan kualitas ekonomi masyarakat, baik dalam upaya untuk hiburan maupun komponen pendukung dalam rangka peningkatan ekonomi setempat. Pariwisata dapat membantu perekonomian masyarakat. Belakangan ini sektor kepariwisataan di Tuban mengalami peningkatan cukup tinggi. Penelitian ini bertujuan untuk mengolaborasi potensi objek wisata baru di Kelurahan Panyuran Kecamatan Palang dan di Desa Socorejo Kecamatan Jenu Kabupaten Tuban. Pariwisata Pantai Kelapa dan Semilir memiliki daya tarik tersendiri yang otentik dan unik terkait dengan alam dan budaya. Metode yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara dan observasi. Berkenaan dengan teknik analisis data, penulis memakai teknik analisis data secara periodik mulai dari reduksi data hingga penarikan kesimpulan. Analisis data hasil penelitian menunjukkan bahwa Pantai Kelapa memiliki daya tarik tersendiri dari keindahan alam, budaya. Adapun keunggulan yang dimiliki Pantai Kelapa dari hasil pengembangan yang berupa penambahan spot foto dan arena bermain juga menjadi daya tarik tersendiri bagi para pariwisata. Begitu pula sama halnya dengan Pantai Semilir yang memiliki keindahan pasir putih dan air laut bersih sebagai ciri tersendiri untuk pantai tersebut. Hal Ini Menjadikan pariwisata sebagai faktor kunci dalam pendapatan jumlah destinasi dan investasi di sektor pariwisata, penciptaan lapangan kerja, pengembangan usaha dan infrastruktur, pariwisata juga telah mengalami aktivitas memperluas usaha dan menganekaragamkan produk yang berkelanjutan, serta menjadi sektor ekonomi yang sangat pesat untuk peningkatan pendapatan ekonomi masyarakat sekitar.
STRATEGI PEMASARAN JASA JAHIT UNTUK KELANGSUNGAN USAHA PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI DESA PEKUWON Eni rahayu; Candra Aeni
OPORTUNITAS: Jurnal Pendidikan Ekonomi, Manajemen, Kewirausahaan dan Koperasi Vol 4 No 1 (2023): Oportunitas: Jurnal Pendidikan Ekonomi, Manajemen, Kewirausahaan, dan Koperasi
Publisher : Pendidikan Ekonomi FKIP Universitas PGRI Ronggolawe Tuban

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Strategi pemasaran merupakan kegiatan yang sangat penting dalam dunia usaha untuk memperoleh keuntungan yang maksimal. Pada kondisi seperti ini, Indonesia mengalami dampak dari pandemi covid-19. Pemasaran merupakan faktor pendorong untuk mempertahankan usaha sehingga perusahaan tidak mengalami kerugian ketika mengalami dampak pandemi covid-19. Adanya pandemi ini menyebabkan banyak negara-negara yang menetapkan peraturan pembatasan sosial bahkan sampai menghentikan para pekerja pabrik. Strategi pemasaran sangat penting bagi perusahaan, ketika dihadapkan masalah pandemi covid-19 sehingga perlu dilakukan suatu penelitian. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis hasil strategi pemasaran dalam masa pandemi covid -19, dan bagaimana mengatasi kendala yang dihadapi oleh konveksi Anisa Collection dalam masa krisis pandemi covid 19. Penelitian ini dilakukan untuk mendeskripsikan strategi pemasaran dan bagaimana mempertahankan kualitas layanan jasa jahit pada konveksi Anisa Collection dan penjualan Produk di konveksi Anisa Collection. Pendekatan penelitian ini melalui metode kualitatif deskriptif dengan melakukan secara langsung dalam mencari informasi serta bukti untuk memperjelas permasalahan yang terjadi pada perencanaan strategi pemasaran dalam mempertahankan kelangsungan usaha. Teknik pengumpulan data melalui interview, observasi dan dokumentasi. Teknik analisa yang digunakan adalah deskriptif yaitu untuk menganalisa data dengan cara mendeskripsikan data yang telah terkumpul. Hasil analisis sebuah strategi pemasaran terdiri dari segmentasi pasar, target pasar, posisi pasar dan bauran pemasaran yang meliputi: produk, harga, promosi, tempat, sumber daya manusia, proses dan bukti fisik. Dari beberapa strategi pemasaran yang telah digunakan menunjukkan penjualan Anisa Collection dalam kurun waktu 6 bulan yaitu (Januari-Juli 2021) cenderung meningkat. Strategi pemasaran yang diterapkan menjadi sebuah strategi pemasaran yang efektif karena dapat mempertahankan kelangsungan usahanya di tengah pandemi covid -19. Strategi pemasarannya dapat digunakan sebagai strategi pemasaran dalam masa krisis seperti pandemi covid-19 maupun pada saat normal kedepan. Karena sebelum melakukan strategi pemasaran tersebut usaha jasa jahit konveksi Anisa Collection sering mengalami penurunan pesanan.

Page 1 of 1 | Total Record : 7