cover
Contact Name
Yosia Dian Purnama Windrayadi
Contact Email
dianyosia@gmail.com
Phone
+6285217664694
Journal Mail Official
oportunitasunirow@gmail.com
Editorial Address
Jalan Manunggal No. 61, Gedongombo, Tuban, Jawa Timur
Location
Kab. tuban,
Jawa timur
INDONESIA
Oportunitas
ISSN : -     EISSN : 27215954     DOI : -
Core Subject : Economy, Education,
Jurnal OPORTUNITAS diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Ekonomi Universitas PGRI Ronggolawe Tuban di Tuban sebagai media untuk menyalurkan pemahaman tentang ilmu di bidang pendidikan ekonomi, Manajemen, Kewirausahaan dan Koperasi yang berupa hasil penelitian lapangan atau laboratorium maupun studi pustaka. Jurnal ini diterbitkan dua kali dalam setahun yaitu pada bulan Maret dan September.
Arjuna Subject : -
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol 3 No 01 (2022): Oportunitas" : 6 Documents clear
PENGENALAN INSTRUMEN KOPERASI SYARIAH DALAM PEMBERDAAYAAN EKONOMI MASYARAKAT Alvi Nuur Rasyidah; Sri Wigati
OPORTUNITAS: Jurnal Pendidikan Ekonomi, Manajemen, Kewirausahaan dan Koperasi Vol 3 No 01 (2022): Oportunitas
Publisher : Pendidikan Ekonomi FKIP Universitas PGRI Ronggolawe Tuban

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (124.479 KB)

Abstract

Koperasi syariah adalah intrumen keuangan yang didirikan untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat dan anggotanya demi terwujudnya suatu perekenomian yang lebih baik dengan berlandaskan prinsip-prinsip islam. Penelitian ini bertujuan agar masyarakat lebih memahami bagaimana koperasi syariah yang tengah berkembang ini dapat meningkatkan pemberdayaan ekonomi masyarakat. Jurnal yang berjudul Pengenalan Instrumen Koperasi Syariah dalam Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif melalui literatur review (tinjauan pustaka). Koperasi syariah atau (KJKS) melayani dua kegiatan usaha yaitu bidang perdagangan dan bidang simpan pinjam. Bentuk pembiayaan simpan pinjam dalam koperasi dikhususkan kepada masyarakat menengah kebawah. Dengan berdirinya koperasi syariah akan meningkatkan pemberdayaan ekonomi masyarakat dengan pembiayaan-pembiayaan yang ditawarkan sesuai dengan prinsip syariah. Dengan hal ini, perekonomian masyarakat akan semakin membaik dan menjadi salah satu pilihan masyarakat dalam pengelolahan uang yang baik.
VALIDASI PENGEMBANGAN LITERASI PEMBELAJARAN EKONOMI BERBASIS PROJECT BASED LEARNING PADA SISWA KELAS X DI SMA MAZRA’ATUL ULUM PACIRAN Siti Maemunah; Suwarno Suwarno
OPORTUNITAS: Jurnal Pendidikan Ekonomi, Manajemen, Kewirausahaan dan Koperasi Vol 3 No 01 (2022): Oportunitas
Publisher : Pendidikan Ekonomi FKIP Universitas PGRI Ronggolawe Tuban

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (343.675 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan produk, berupa Media pembelajaran Ekonomi khususnya materi masalah pokok ekonomi dalam sistem ekonomi berbasis Project Based Learning agar memudahkan serta memotivasi siswa saat mengikuti pembelajaran dikelas. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan, dengan menggunakan model Borg & Gall (digagas oleh Sugiyono dalam Meikahani dan Kriswanto (2015:18). Model ini mempunyai 7 tahap pengembangan yaitu Identifikasi potensi dan masalah, Pengumpulan data, Desain produk, Validasi desain , Revisi Desain , Revisi Produk , Produk Jadi. Kemudian jenis data yang digunakan adalah kuantitatif deskriptif dan kualitatif deskriptif dengan skala likert, instrumen pengumpulan data menggunakan lembar validasi, teknik analisis data yang digunakan berupa teknik analisis . Dalam hal ini peneliti mengembangkan modul pembelajaran yang kemudian diuji oleh tiga Ahli Validasi, yaitu validasi materi, validasi bahasa, dan validasi media.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangakan literasi pembelajaran ekonomi berbasis Project Based Learning di kelas X SMA Mazra’atul Ulum Paciran Hasil uji validasi menunjukan bahawa instrument valid digunakan untuk penelitian dengan nilai pencapaian dari ahli materi yaitu sangat valid dengan hasil 94%, dari ahli media didapatkan sangat valid dengan hasil 81% , dan dari ahli bahasa didapatkan valid dengan hasil 80%. Hasil penelitian menunjukan bahwa modul pembelajaran berbasis Project Based Learning Sangat Valid, praktis dan efektif untuk digunakan.
VALIDASI PENGEMBANGAN BUKU PRAKTIKUM DENGAN MODEL PROJECT BASED LEARNING PELAJARAN PRAKARYA DAN KEWIRAUSAHAAN KELAS X SMA N RENGEL MELALUI FLIPBOOK Rista Indra Lukmana; Henny Sri Astuty
OPORTUNITAS: Jurnal Pendidikan Ekonomi, Manajemen, Kewirausahaan dan Koperasi Vol 3 No 01 (2022): Oportunitas
Publisher : Pendidikan Ekonomi FKIP Universitas PGRI Ronggolawe Tuban

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (316.417 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan smedia pembelajaran berbasis flipbook yang interaktif mengikuti perkembangan zaman yang layak dijadikan dalam melaksanakan dalam pembelajaran baik secara daring maupun non daring pada pelajaran prakarya dan kewirausahaan di SMA Negeri 1 Rengel ditinjau dari validator yang dituju. Penelitian ini menggunakan model pjbl yang melaui langkah-langkah (1) potensi, (2) pengumpulan data, (3) pengembangan buku praktikum, (4) produk awal, (5) validasi, (6) revisi 1 (7) pengembangan buku petunjuk praktikum (8) revisi (9) hasil akhir produk dang menggunakan analisis data sekala likert. Hasil penelitian menunjukan bahwa media pembelajaran berbasis flipbook pada pelajaran prakarya dan kewirausahan di SMA Negeri 1 Rengel, berdasarkan para ahli materi, ahli bahasa, dan ahli disain yang dari guru mata pelajaran dan dosen di Universitas PGRI Ronggolawe mendapatkan nilai rata-rata dari ketiga ahli 84 % dinyatakan valid dan layak dijadikan sebagai bahan pembelajaran.
PENGEMBANGAN ALAT EVALUASI PEMBELAJARAN ONLINE MENGGUNAKAN APLIKASI QUIZIZZ PADA MATA PELAJARAN EKONOMI Ririn Indah Kusumadewi; Candra Aeni
OPORTUNITAS: Jurnal Pendidikan Ekonomi, Manajemen, Kewirausahaan dan Koperasi Vol 3 No 01 (2022): Oportunitas
Publisher : Pendidikan Ekonomi FKIP Universitas PGRI Ronggolawe Tuban

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (321.341 KB)

Abstract

ABSTRAK Pada masa pandemi covid 19 membuat kegiatan evaluasi pembelajaran menjadi terhambat, karena terbatasnya kegiatan pembelajaran dan tatap muka akan sulit jika melakukan sebuah kegiatan evaluasi, maka dari itu peneliti memanfaatkan media sosial sebagai alat evaluasi agar peserta didik tidak merasa bosan. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan produk, berupa alat evaluasi pembelajaran online menggunakan aplikasi quizizz. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan, dengan menggunakan model Borg & Gall. Model ini mempunyai 10 tahap pengembangan. Mengingat keterbatasan waktu serta terkendalanya proses belajar mengajar karena adanya covid-19 yang ada di Indonesia, maka langkah-langkah tersebut disederhanakan menjadi 6 langkah pengembangan yaitu Tahap pengumpulan data, Tahap Perencanan, Tahap Pengembangan Produk, Revisi Produk, Uji Coba, Implementasi. Kemudian jenis data yang digunakan adalah kuantitatif dan kualitatif dengan skala likert, instrumen pengumpulan data menggunakan lembar validasi. Dalam hal ini peneliti mengembangkan alat evaluasi pembelajaran yang kemudian diuji oleh tiga Ahli Validasi, yaitu validasi evaluasi, validasi materi, dan validasi Praktisi. Yang bertujuan untuk mengetahui kevalidan evaluasi pembelajaran tersebut. Hasil penelitian ini diperoleh data sebagai berikut. Data dari validasi Ahli Evaluasi adalah 94, 79% dinyatakan sangat valid. Ahli materi sebesar 96,87% dinyatakan sangat valid. Ahli Praktisi sebesar 92,70% dinyatakan sangat valid, sehingga analisis dari tiga ahli tersebut dicari nilai intraclass corelation yaitu dengan hasil 0,52 yang dikatakan cukup reliabel. Mengacu pada kriteria tingkat kevalidan produk menurut Arikunto (2014). Berdasarkan hasil dari penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa produk alat evaluasi pembelajaran online menggunakan aplikasi quizizz adalah layak digunakan untuk pembelajaran/penelitian selanjutnya.
ANALISIS RISIKO KREDIT UNTUK MENURUNKAN TERJADINYA KREDIT DEBITUR BERMASALAH PADA PT. BPR DAMATA ARTHANUGRAHA LAMONGAN Handaru Indrian Sasmito Adi; Hendra Purwanto; Muhammad Yusuf
OPORTUNITAS: Jurnal Pendidikan Ekonomi, Manajemen, Kewirausahaan dan Koperasi Vol 3 No 01 (2022): Oportunitas
Publisher : Pendidikan Ekonomi FKIP Universitas PGRI Ronggolawe Tuban

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (216.657 KB)

Abstract

Bank sebagai perantara masyarakat yang memiliki dana lebih dengan masyarakat yang membutuhkan dana, maka usaha utama yang dilakukan oleh bank ialah kegiatan-kegiatan terhadap sektor penyaluran dana atau yang disebut Perkreditan. Dalam usaha Penyaluran dana tidak lepas dengan adanya risiko terhadap kegagalan pembayaran atau kemacetan pelunasan, yang mana debitur tidak bisa lagi untuk membayar kreditnya. Begitu pula terhadap PT. BPR Damata Arthanugraha yang terletak di Kabupaten Lamongan Jawa Timur tidak lepas dengan adanya kredit yang bermasalah, untuk menghindari hal ini terjadi diperlukan manajemen Risiko Kredit yang efektif sehingga mampu untuk menurunkan kredit yang bermasalah. Penelitian memiliki tujuan untuk mengetahui apakah manajemen kredit yang diterapkan PT. BPR Damata Arthanugraha dapat menurunkan terjadinya kredit bermasalah dan Untuk mengetahui faktor apa saja yang menyebabkan terjadinya kredit bermasalah. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan deskriptif, data yang dikumpulkan merupakan data primer dan sekunder dengan teknik wawancara dan dokumentasi. Hasil analisis diperoleh bahwa manajemen kredit yang diterapkan PT. BPR Damata Arthanugraha sudah efektif dalam pengelolaan kredit serta menurunkan jumlah kredit yang bermasalah dengan menggunakan analisis 5C dan dengan perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, pengawasan. Faktor penyebab kredit bermasalah adalah nasabah yang tidak memiliki niat yang baik dalam pembayaran kreditnya, PT. BPR Damata Arthanugraha melakukan tindak lanjut untuk menurunkan jumlah kredit bermasalah dengan cara melakukan Peringatan tertulis pada debitur 1-3x, Mendatangi debitur bersama tim, Debitur akan dibawa ke hukum cukup efektif serta ditinjau dari kolektibility tahun 2019-2021 kredit bermasalah tiap tahunnya mengalami penurunan dari tahun 2019 sebesar 15,8% , tahun 2020 sebesar 15,2%, sampai tahun 2021 menurun 12,6%.
ANALISIS PENGARUH CITRA MEREK, HARGA DAN PERSEPSI KUALITAS TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SKINCARE MS GLOW PADA MAHASISWA FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIROW TUBAN Nuraini; Arif Unwanullah
OPORTUNITAS: Jurnal Pendidikan Ekonomi, Manajemen, Kewirausahaan dan Koperasi Vol 3 No 01 (2022): Oportunitas
Publisher : Pendidikan Ekonomi FKIP Universitas PGRI Ronggolawe Tuban

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (352.372 KB)

Abstract

Era globalisasi mendorong bermunculnya produsen baru yang menjual barang-barang yang sejenis. Banyaknya perusahaan menjadikan konsumen lebih selektif dalam memilih setiap produk yang beredar di pasar, khususnya kebutuhan disegmen perawatan kecantikan. Berbagai kriteria dan penilaian konsumen terhadap produk skincare seperti citra merek, harga dan persepsi kualitas menjadi pertimbangan dalam pembelian skincare. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh secara parsial citra merek, harga dan persepsi kualitas terhadap keputusan pembelian serta pengaruh secara simultan antara citra merek, harga dan persepsi kualitas terhadap keputusan pembelian. Metode penelitian ini menggunakan kuantitatif dengan pendekatan deskriptif. Data dikumpulkan melalui penyebaran kuisioner kepada 105 orang mahasiswa FKIP Unirow Tuban yang menggunakan produk MS GLOW sebagai sampel penelitian. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling. Teknik analisis data yang digunakan meliputi uji validitas, reliabilitas, uji asumsi klasik yang terdiri dari uji normalitas, linieritas, multikolinearitas dan heteroskedastisitas, analisis regresi linier berganda, uji hipotesis yang terdiri dari uji, uji F dan koefisien determinasi. Berdasarkan analisis data, hasil penelitian menunjukkan bahwa indikator -indikator dalam penelitian ini bersifat valid dan reliabel. Pada uji asumsi klasik data berdistribusi normal, terdapat hubungan linier antar variabel, tidak terjadi multikolinearitas dan heteroskedastisitas. Pada uji hipotesis uji t diketahui variabel citra merek thitung sebesar 3,315 sedangkan nilai ttabel sebesar 1,659 berpengaruh terhadap keputusan pembelian, variabel harga diperoleh nilai thitung sebesar 2,852 sedangkan nilai ttabel sebesar 1,659 berpengaruh terhadap keputusan pembelian, dan variabel persepsi kualitas diperoleh nilai thitung sebesar 3,298 sedangkan nilai ttabel sebesar 1,659 berpengaruh terhadap keputusan pembelian. Pada uji F diketahui bahwa variabel citra merek, harga dan persepsi kualitas secara bersama-sama diperoleh fhitung sebesar 50,365 dari ftabel sebesar 3,09 dengan signifikansi sebesar 0,000 yang mana lebih kecil dari 0,05 berpengaruh terhadap keputusan pembelian.

Page 1 of 1 | Total Record : 6