cover
Contact Name
Hafiedh Hasan
Contact Email
hafiedhasan@stitpemalang.ac.id
Phone
+6285743476734
Journal Mail Official
promis@journal.stitpemalang.ac.id
Editorial Address
Jl. D.I Panjaitan KM. 3 Paduraksa, Pemalang
Location
Kab. pemalang,
Jawa tengah
INDONESIA
Promis
Published by STIT Pemalang
ISSN : 27459837     EISSN : 27766209     DOI : https://doi.org/10.58410/promis
Promis adalah Jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh program studi managemen Pendidikan Islam (MPI) STIT Pemalang, yang memiliki fokus kajian tentang manajemen pendidikan dan pengembangan khususnya pada lembaga pendidikan Islam. Pada masing-masing edisi yang diterbitkan dua kali dalam satu tahun, diangkat tema-tema kajian yang berbeda sesuai dengan isu-isu yang dikembangkan. Jurnal ini sebagai sarana pengembangan Prodi MPI dan publikasi karya ilmiah dosen dan pemerhati pendidikan, melalui pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi dalam bidang pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat yang mengacu pada pola pengembangan ilmiah. Promis terbit pada Edisi Maret dan September setiap tahunnya.
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol 2 No 2 (2021): edisi September 2021" : 5 Documents clear
Urgensi Manajemen Pendidikan dalam Pengelolaan Lembaga Pendidikan Hilma Oktafia Rizki rizki
Jurnal Ilmiah Promis Vol 2 No 2 (2021): edisi September 2021
Publisher : Program Studi Manajemen Pendidikan Islam (MPI) Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah (STIT) Pemalang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (316.646 KB) | DOI: 10.58410/promis.v2i2.500

Abstract

Dalam tataran nilai, pendidikan mempunyai peran vital sebagai pendorong individu dan warga masyarakat untuk meraih progresivitas pada semua lini kehidupan. Namun dalam tataran ideal, pergeseran paradigma yang awalnya memandang lembaga pendidikan sebagai lembaga sosial, kini dipandang sebagai suatu lahan bisnis basah yang mengindikasikan perlunya perubahan pengelolaan. Manajemen dalam dunia pendidikan menjadi salah satu yang diprioritaskan untuk menjamin kualitas pendidikan, agar betul-betul nampak outcome-nya. Manajemen pendidikan yang bagus adalah lembaga pendidikan yang visioner, berawal dari misi yang jelas untuk luaran yang berkualitas. Karenanya manajemen yang tepat menjadi sebuah keharusan. Bagaimana mengubah manajemen tradisional menjadi manajemen yang modern sesuai dengan tuntutan zaman.
PENGARUH SUPERVISI AKADEMIK DAN KERJASAMA TIM TERHADAP EFEKTIFITAS KERJA GURU SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI DI KECAMATAN RANDUDONGKAL Arif Hidayatulloh
Jurnal Ilmiah Promis Vol 2 No 2 (2021): edisi September 2021
Publisher : Program Studi Manajemen Pendidikan Islam (MPI) Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah (STIT) Pemalang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (337.703 KB) | DOI: 10.58410/promis.v2i2.532

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh supervisi akademik dan kerjasama tim terhadap efektivitas kerja guru Sekolah Menengah Pertama Negeri di Kecamatan Randudongkal. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan kuantitatif dan teknik pengumpulan data dengan menggunakan angketdengan melibatkan 78 guru SMP Negeri di Kecamatan Randudongkal sebagai sampel penelitian. Sampel dalam penelitian ini ditentukan secara acak dengan menggunakan rumus Slovin. Analisis dan interpretasi data menunjukkan indikasi ; Pertama, adanya pengaruh supervisi akademik langsung positif dan signifikan terhadap efektivitas kerjaguru dengan koefisien jalur 0,249. Kedua, adanya pengaruh kerja sama tim secara langsung positif terhadap efektivitas kerja guru dengan koefisien jalur 0,557. Ketiga, adanya pengaruh supervisi akademik secara langsung positif terhadap kerja sama tim dengan koefisien jalur 0,383. Berdasarkan hasil penelitian ini, efektivitas kerja guru dapat ditingkatkan dengan supervisi akademik yang dilakukan secara tepat. Kerjasama tim melalui koordinasi, aktivitas interpersonal, tanggung jawab, dukungan antara individu dan kerjasama dapat meningkatkan efektivitas kerja guru.
Model Pembelajaran Tahfidzul Qur'an Pondok Pesantren Salafiyah Ula Ibnu Abbas Wiradesa Kabupaten Pekalongan Tahun Ajaran 2022 / 2023 Arum Fatmala; Anas
Jurnal Ilmiah Promis Vol 2 No 2 (2021): edisi September 2021
Publisher : Program Studi Manajemen Pendidikan Islam (MPI) Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah (STIT) Pemalang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (410.413 KB) | DOI: 10.58410/promis.v2i2.538

Abstract

Pembelajaran Tahfidzul Qur’an di Pondok Pesantren Salafiyah Ula Ibnu Abbas Wiradesa Kabupaten Pekalongan mendapat perhatian tersendiri karena menjadi program unggulan sekolah. Sehingga kurikulumnya pun dibuat secara mandiri. Pembelajaran Tahfidzul Qur’an di Pondok Pesantren Salafiyah Ula Ibnu Abbas Wiradesa Kabupaten Pekalongan menerapkan model pembelajaran yang menarik dan disesuaikan dengan usia anak tingkat ula atau dasar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui model pembelajaran Tahfidzul Qur’an di Pondok Pesantren Salafiyah Ula Ibnu Abbas serta kelebihan dan kekurangan model pembelajaran Tahfidzul Qur’an di Pondok Pesantren Salafiyah Ula Ibnu Abbas Wiradesa Kabupaten Pekalongan. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian lapangan ( field research). Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Sumber data primer dalam penelitian ini adalah koordinator program kurikulum, koordinator program tahfidz, ustadz/ustadzah dan santri. Adapun yang menjadi data sekunder adalah buku prestasi hafalan santri, laporan perkembangan hafalan santri dan dokumentasi foto kegiatan hafalan Tahfidzul Qur’an. Metode pengumpulan data penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini adalah bahwa model pembelajaran Tahfidzul Qur’an di Pondok Pesantren Salafiyah Ula Ibnu Abbas Wiradesa Kabupaten Pekalongan adalah dengan bentuk halaqoh-halaqoh tiap kelas dengan kelompok halaqoh dibentuk berdasarkan tingkat pencapaian hafalan santri. Adapun strategi yang dilakukan adalah menenutukan pengampu tahfidz yang berkompeten dan menentukan halaqoh. Metode yang diterapkan dalam pembelajaran Tahfidzul Qur’an bervariatif, yakni dengan sistem talaqqi dan taqrir dengan model evaluasi yaitu sabaq , sabqi , dan manzil. Adapun untuk evaluasi pembelajaran Tahfidzul Qur’an adalah dengan evaluasi akhir semester, dan tasmi’. Kelebihan model pembelajaran Tahfidzul Qur’an di Pondok Pesantren Salafiyah Ula Ibnu Abbas Wiradesa Kabupaten Pekalongan adalah alokasi waktu, metode yang berfariatif, sistem evaluasi yang rutin. Adapun kekurangannya adalah terbatasnya tenaga pendidik yang kompeten dibidang Tahfidzul Qur’an dan terbatasnya sarana prasarana.
IMPLEMENTASI SISTEM INFORMASI MANAJEMEN AKADEMIK BERBASIS TEKNOLOGI INFORMASI SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN MUTU PELAYANAN PEMBELAJARAN DI SMK AL-ISLAH KEBAGUSAN muhammadade sulaiman
Jurnal Ilmiah Promis Vol 2 No 2 (2021): edisi September 2021
Publisher : Program Studi Manajemen Pendidikan Islam (MPI) Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah (STIT) Pemalang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (304.167 KB) | DOI: 10.58410/promis.v2i2.545

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang pemanfaatan sistem informasi pendidikan dalam pengelolaan akademik, dan pemenuhan kebutuhan sistem (hardware dan software) dalam mendukung pelayanan sistem informasi berbasis teknologi pendidikan di sekolah. Pelayanan bagian pendidikan memiliki peran penting dalam sistem informasi pendidikan, terutama dalam perencanaan, pengawasan, pemantauan dan evaluasi. Selain itu, penelitian ini bertujuan untuk membahas lebih lanjut tentang penerapan sistem informasi berbasis teknologi informasi untuk meningkatkan kualitas layanan belajar-mengajar di SMK Al-Islah. Pendekatan kualitatif digunakan dalam penelitian ini dan metode deskriptif adalah metode yang digunakan dalam penelitian ini. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pelayanan akademik sudah cukup baik, pelaksanaan pengelolaan akademik dilakukan oleh kepala sekolah dan tim akademik sistem informasi manajemen dan hasilnya cukup baik. Meski demikian, saluran informasi belum berjalan secara maksimal.
IMPLEMENTASI SISTEM INFORMASI MANAJEMEN PENDIDIKAN (SIMDIK) DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN DI MADRASAH ALIYAH SALAFIYAH KARANGTENGAH idimurni rohmawati
Jurnal Ilmiah Promis Vol 2 No 2 (2021): edisi September 2021
Publisher : Program Studi Manajemen Pendidikan Islam (MPI) Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah (STIT) Pemalang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (219.559 KB) | DOI: 10.58410/promis.v2i2.546

Abstract

Penelitian ini mendiskripsikan implementasi sistem informasi manajemen pendidikan dalam meningkatkan mutu pendidikan di MA Salafiyah Karangtengah. Sistem Informasi Manajemen Pendidikan dikembangkan untuk memenuhi kebutuhan lembaga madrasah/ sekolah, dimana sekolah menghendaki pegelolaan kegiatan akademik yang terkomputerisasi sebagai kontribusi dalam meningkatkan kualitas pelayanan madrasah/ sekolah serta dalam rangka mempermudah dan memperlancar proses belajar mengajar sekolah dan pelayanan sekolah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan mengggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi sebagai teknik pengumpulan data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi sistem informasi manajemen pendidikan di MA Salafiyah Karangtengah dalam bentuk pemanfaatan sistem aplikasi yang terdiri dari pelayanan tenaga pendidik dan kependidikan dengan memberdayakan aplikasi SIMPATIKA (Sistem Informasi Pendidik dan Tenaga Kependidikan Kementrian Agama), aplikasi pembelajaran e-learning, aplikasi BNI eduPATROL, aplikasi fingerprint baik guru maupun siswa dan aplikasi berbasi web dalam penerimaan peserta didik baru (PPDB). Ada beberapa faktor pendukung dan penghambat dalam implementasi SIMDIK di MA Salafiyah Karangtengah adalah tersedianya fasilitas sistem informasi dan adanya kendala dalam sumber daya manusia maupun kesalahan teknis serta kendala siswa dalam mengikuti pembelajaran dengan aplikasi tersebut.

Page 1 of 1 | Total Record : 5