cover
Contact Name
Debi Setiawan
Contact Email
rumahjurnalrahmatan@gmail.com
Phone
+6281297409136
Journal Mail Official
jurnalcerdas@gmail.com
Editorial Address
Yayasan Rahmatan Fiddunya Wal Akhirah Jl. Datuk Tunggul, Kel Teluk Kenidai, Kec Tambang, Kab Kampar, Prov Riau, Indonesia.
Location
Kab. kampar,
Riau
INDONESIA
Cerdas-Jurnal Pendidikan
ISSN : 29647053     EISSN : 29647053     DOI : -
Core Subject : Education,
Pendidikan Dasar dan Menengah, Model Pendidikan Pendidikan Dasar dan Menengah, Media Pembelajaran, RnD Pembelajaran, Pengembangan Pembelajaran dan Praktek Mengajar Pembelajaran.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol. 2 No. 1 (2023)" : 5 Documents clear
Implementation of Information Communication Technology in Enhancing Early Childhood Language Development: Sabarno Dwirianto; Tris Trimasnia ziliwu
CERDAS - Jurnal Pendidikan Vol. 2 No. 1 (2023)
Publisher : Yayasan Rahmatan Fidunya Wal Akhirah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.58794/cerdas.v2i1.142

Abstract

This study aims to determine the effect of using Information Communication and Technology in improving language development in early childhood. The research method used is true experimental research. The subjects of this study were children aged 4-6 years in grades B1 and B2, the number of group B1 was 17 children and the number of group B2 was 17 children. The data collection tool used is in the form of observation sheets for the language development of children aged 4-6 years after being treated with ICT-based learning media. The results of the t-test show that the asymp. Significant (2-tailed) of 0.012 with a significant value <0.06. The hypothesis is accepted, meaning that ICT-based learning media can improve the language development of children aged 4-6 years for the better. Therefore, researchers provide suggestions that educators can use internet media, computers and technology as an alternative in learning activities, especially in early childhood language development.
Upaya Meningkatkan Kemampuan Berbicara pada Anak Usia Dini Menggunakan Buku Cerita Bergambar Sri Devi Handayani Simanjuntak; Sri Wahyuni; Azlin Atika Putri
CERDAS - Jurnal Pendidikan Vol. 2 No. 1 (2023)
Publisher : Yayasan Rahmatan Fidunya Wal Akhirah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.58794/cerdas.v2i1.174

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perkembangan berbicara anak usia 3 – 4 tahun dan untuk mengetahui persentase peningkatan berbicara anak usia 3 – 4 tahun kelas KB di TK Arafah menggunakan buku cerita bergambar tahun ajaran 2022/2023.  Metode penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) model Kemmis dan MC Taggart. Penelitian tindakan kelas dilaksanakan sebanyak empat siklus, setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek dan sumber data pada penelitian ini adalah anak kelompok bermain TK Arafah. Teknik pengambilan data dalam penelitian ini menggunakan observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah kualitatif. Hasil penelitian tindakan kelas menunjukkan adanya peningkatan kemampuan berbicara anak   pada setiap tindakan.  Hal ini dapat dilihat dari hasil tahap prasiklus, kemampuan berbicara anak pada umumnya berada pada kategori   Mulai Berkembang (MB) sebanyak 42,4%. Masih belum muncul anak yang mecapai kategori Berkembang Sesuai Harapan (BSH) dan Berkembang Sangat Baik (BSB). Namun setelah dilakukan pembelajaran melalui metode buku cerita bergambar mengalami peningkatan pada kemampuan berbicara. Pada siklus 1 kemampuan berbicara anak berada pada kategori Berkembang Sesuai Harapan sebanyak 60,8%.   Dan pada siklus 2 kemampuan berbicara anak berada pada kategori Berkembang Sangat Baik (BSB) sebanyak 76,7%.  Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas melalui buku cerita bergambar dapat meningkatkan kemampuan berbicara anak kelas KB di TK Arafah.
Dampak Kekerasan Verbal di Lingkungan Sekolah Reswita; Bernadet Buulolo
CERDAS - Jurnal Pendidikan Vol. 2 No. 1 (2023)
Publisher : Yayasan Rahmatan Fidunya Wal Akhirah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.58794/cerdas.v2i1.176

Abstract

Kekerasan verbal dapat memiliki dampak negatif yang signifikan, terutama pada perkembangan emosional dan psikologis anak. Kekerasan verbal dapat dialami anak pada lingkungan sekolah. Tujuan penelitian ini adalah untuk menmperoleh solusi sebagai upaya adventif dan kuratif masalah kekerasan verbal di lingkungan sekolah. Metode penelitian yang digunakan adalah library research dengan  mendokumentasikan artikel, buku, dan analisis lapangan. Selanjutnya mengumpulkan bahan-bahan yang dibutuhkan, pengelompokan, dan kemudian dianalisis sesuai dengan tujuan penelitian. Dari Hasil penelitian diketahui beberapa dampak yang bisa timbul akibat kekerasan verbal: (1)Rendahnya harga diri, (2) gangguan kesehatan mental, (3) gangguan hubungan interpersonal, (4) penurunan performa akademik, (5) perilaku agresif, (6) gangguan emosional, dan (7) sikap diri yang negatif. Penting untuk diingat bahwa kekerasan verbal tidak hanya berdampak pada saat itu, tetapi juga dapat meninggalkan bekas jangka panjang pada korban. Oleh karena itu, penting untuk mendorong komunikasi yang sehat, penuh pengertian, dan mendukung dalam hubungan interpersonal. Jika Anak atau seseorang yang Anak kenal mengalami kekerasan verbal, penting untuk mencari bantuan dan dukungan dari profesional atau organisasi yang dapat memberikan pertolongan.  
Parenting Program Implementation to Increase Positive Parenting Behavior Erick Maison Putra; Reggy Ariska Firdhayani
CERDAS - Jurnal Pendidikan Vol. 2 No. 1 (2023)
Publisher : Yayasan Rahmatan Fidunya Wal Akhirah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.58794/cerdas.v2i1.210

Abstract

 This research is motivated by the problem of the lack of positive parenting knowledge from every parent at Tulip Early Childhood Education. Every parent has a different parenting background but has the same parenting problems by having positive goals. This happens because of the lack of knowledge that every parent in PAUD has in educating children who aim towards positive parenting. This study used a descriptive qualitative approach, with interview and observation techniques. The subjects in this study were five people, namely three parenting participants, one PAUD manager, and one resource person. The results of the study show that: 1) the process of implementing the parenting program involves the presence of parents in parenting activities so that they always follow the material presented, such as skills, spiritual teachings, cooking, and so on. 2) The attitude of parents after participating in the parenting program shows positive parenting behavior. 3) The inhibiting factor of parenting program behavior is in the form of economic difficulties, and the main factor that is felt to be hindering is the presence of parents and children who still need time to adapt in applying positive things in everyday life, and there are still many parents who cannot attend or arrive late so that not all information can be conveyed by the speaker. While the supporting factors are in the form of the arrangement of committee activities, positive responses from parents, and facilities and infrastructure that support the smooth running of these parenting activities. In addition, there is cooperation with posyandu partners, BKB, puskesmas, experts in the field of education. Suggestions for parents parents should be firm when educating and caring for children so that children get used to the application of positive parenting.
Efektivitas Konseling Kelompok Pendekatan Rational Emotive Behavior Therapy (REBT) Untuk Mereduksi Sikap Tidak Percaya Diri pada Siswa Korban Bullying Difa Sukma Milenia; Ulfa Danni Rosada
CERDAS - Jurnal Pendidikan Vol. 2 No. 1 (2023)
Publisher : Yayasan Rahmatan Fidunya Wal Akhirah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.58794/cerdas.v2i1.455

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui layanan konseling kelompok pendekatan Rational Emotive Behavior Therapy (REBT) untuk meningkatkan sikap percaya diri pada korban bullying di SMP N 11 Yogyakarta. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif yang menggunakan metode eksperimen. Dalam penelitian ini menggunakan desain two group pretest-posttest design, salah satu grup akan dipilih berdasarkan kriteria, kelompok yang akan dipilih yaitu kelompok eksperimen. Populasi yang digunakan yaitu siswa kelas VIII. Teknik yang digunakan adalah purposive sampling, yakni teknik penentuan sampel dengan pertimbangan tertentu oleh peneliti. Teknik penghimpunan data menggunakan wawancara dan skala. Alat untuk penghimpunan data menggunakan skala kepercayaan diri. Dalam analisis data bertujuan guna mengetahui ada tidaknya perubahan serta ingin mengetahui besar tingkatannya pada kelompok eksperimen dan kelompok kontrol yang diteliti dari mulai diberikan pretest, treatment sampai posttest. Siswa yang telah diberikan treatment ada kenaikan skor, pada kelompok eksperimen yang awalnya 63 menjadi 83, 8. Sedangkan, hasil kelompok kontrol yakni dengan rata-rata 79,4 mengalami kenaikan kepercayaan diri. Hasil dari N-Gain Score kelompok eksperimen mengalami peningkatan lebih tinggi dari pada kelompok kontrol yaitu dengan skor 20,8 > 14,6. Penelitian yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa layanan konseling kelompok pendekatan Rational Emotive Behavior Therapy (REBT) efektif untuk mereduksi sikap tidak percaya diri pada siswa.  

Page 1 of 1 | Total Record : 5