cover
Contact Name
Erick Fernando
Contact Email
fernandoerick8@gmail.com
Phone
+6285266296098
Journal Mail Official
editorial@proletargroup.org
Editorial Address
https://journal.proletargroup.org/index.php/JKST/about/editorialTeam
Location
Unknown,
Unknown
INDONESIA
Jurnal Komunikasi, Sains dan Teknologi (JKST)
ISSN : -     EISSN : 29645077     DOI : 10.61098
Jurnal Komunikasi Sains dan Teknologi (JKST) memuat naskah hasil-hasil penelitian di bidang Ilmu Komunikasi, sains , dan Teknologi. JKST berkomitmen untuk memuat artikel berbahasa Indonesia yang berkualitas dan dapat menjadi rujukan utama para peneliti dalam bidang bidang Ilmu Komunikasi, sains , dan Teknologi. Ruang lingkup Jurnal Komunikasi Sains dan Teknologi (JKST) adalah sebagai berikut: 1. Communication sciences 2. Public Relation 3. Broadcasting 4. Mass Media and Journalism 5. New Media and Social Media 6. Digital Innovation 7. Media studies 8. Mass communication and journalism 9. Strategic communication 10. New Media 11. Information Management 12. Information Security Management 13. ICT for Development 14. E-learning 15. E-Commerce 16. Information Technology
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 8 Documents
Search results for , issue "Vol. 2 No. 1 (2023): Juni 2023" : 8 Documents clear
Realitas Interaksi Antara Manusia dengan Anjing dalam Film June dan Kopi dyah kusumawati; Graciela Nathania
Jurnal Komunikasi, Sains dan Teknologi Vol. 2 No. 1 (2023): Juni 2023
Publisher : CV. TOPAZART

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Interaksi merupakan suatu kegiatan yang sangat diperlukan dengan baik dalam kehidupan makhluk hidup agar dapat terjalin dalam suatu hubungan setiap individu atau seseorang baik secara langsung ataupun tidak langsung. Interaksi ini muncul dalam film June dan Kopi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui realitas interaksi antara manusia dengan hewan anjing dalam film June dan Kopi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode analisis semiotika Charles Sanders Peirce dengan tiga elemen yang membahas mengenai tanda (sign), acuan tanda (object), dan penggunaan tanda (interpretant). Hasil penelitian menunjukkan bahwa interaksi terlihat dalam Sentuhan dan pelukan ketenangan penuh makna, bantuan June kepada Aya ketika mengurus bayi, rasa tidak nyaman saat karin sakit, dan pertolongan yang diberikan June kepada Ale.
Studi Etnografi Virtual : Aksi Sosial Akun Instagram @Overheardmabok dyah kusumawati; Cornelius Bagas Wicaksono
Jurnal Komunikasi, Sains dan Teknologi Vol. 2 No. 1 (2023): Juni 2023
Publisher : CV. TOPAZART

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Instagram adalah media sosial yang sering digunakan untuk berinteraksi dan sebagai sarana untuk menyampaikan pesan. Pada akun @overheardmabok yang berisi konten mengenai dunia malam terdapat juga konten aksi sosial bernama gerakan #orangkerenOHM, para pengikut dapat berinteraksi dalam bentuk like dan komentar. Penelitian bertujuan untuk mendeskripsikan aksi sosial akun @overheardmabok menggunakan metode etnografi virtual. Pendekatan penelitian menggunakan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Teori yang digunakan adalah Teori Segitiga Realitas Sosial Siber. Hasil penelitian menunjukan terdapat empat level. Level ruang media yang merupakan medium terjadinya interaksi, yaitu akun Instagram @overheardmabok, level dokumen media berisi konten mengenai aksi sosial gerakan #orangkerenOHM, level objek media interaksi antara admin dan pengikut pada konten mengenai aksi sosial gerakan #orangkerenOHM, dan pada level pengalaman berisi alasan konten #orangkerenOHM terbentuk dan alasan pengikut @overheardmabok memberikan like dan komentar
A Aplikasi Pemantauan Berbasis Lokasi menggunakan Metode Geofencing pada Platform Android: Aplikasi Pemantauan Berbasis Lokasi menggunakan Metode Geofencing pada Platform Android Arief Agus Sukmandhani; Fuad Hambali; Gilang Mahadhika
Jurnal Komunikasi, Sains dan Teknologi Vol. 2 No. 1 (2023): Juni 2023
Publisher : CV. TOPAZART

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Aset adalah komponen utama untuk menunjang operasional suatu organisasi. Maka dari itu, kelayakan dan kesiapan aset harus senantiasa terjaga. Situasi pandemi memaksa organisasi swasta maupun pemerintah untuk memberlakukan kebijakan Work from Home (WFH). Kebijakan tersebut tentu mempersulit pengelola dalam memantau keadaan aset organisasi. Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan aplikasi yang mempermudah monitoring petugas pada perusahaan XYZ yang ditunjuk untuk memeriksa lokasi/berpatroli dengan memanfaatkan teknologi geofencing. Metodologi penelitian yang diterapkan literatur, diskusi, observasi lapangan, dan wawancara. Aplikasi yang dikembangkan berbasis Android menggunakan MySQL sebagai basis data, dan memanfaatkan Object-Oriented Design serta evaluasi sistem dilakukan dengan mengukur kesesuaian desain aplikasi dengan Eight Golden Rule dan Blackbox Testing. Penelitian ini menghasilkan aplikasi android pemantauan berbasis lokasi yang akurat untuk para petugas yang berjaga serta mampu mengatasi masalah pengawasan aset secara jarak jauh pada perusahaan XYZ.
I Implementasi Strategi Marketing Public Relations dalam Menarik Minat Pelanggan Warunk Upnormal Modernland Tangerang Melita; Davis Roganda Parlindungan
Jurnal Komunikasi, Sains dan Teknologi Vol. 2 No. 1 (2023): Juni 2023
Publisher : CV. TOPAZART

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi strategi Marketing Public Relatiosn (MPR) dalam menarik minat pelanggan Warunk Upnormal Modernland Tangerang. Implementasi strategi MPR memiliki peranan yang signifikan dalam mencapai marketing objectives perusahaan termasuk perusahaan restoran dan kafe. Salah satu usaha restoran dan kafe yang mengimplementasikan strategi MPR dalam menarik minat pelanggannya yaitu Warunk Upnormal Modernland Tangerang. Peneliti menggunakan konsep MPR PENCILS Strategy Philip Kotler dan Thomas L. Harris dalam menjawab permasalahan penelitian. Dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif dan paradigma postpositivisme, peneliti memaparkan hasil implementasi strategi MPR dalam menarik minat pelanggan Warunk Upnormal Modernland melalui pengumpulan data dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa Warunk Upnormal Modernland sudah hampir seluruhnya mengimplementasikan ketujuh aktivitas MPR PENCILS Strategy dalam menarik minat pelanggannya. Implementasi strategi MPR yang dijalankan oleh Warunk Upnormal Modernland menjadi solusi dalam mengimplementasikan kegiatan komunikasi pemasaran pusat.
Implementasi Metode Spiral Dalam Pembangunan Website Pendataan Alumni (Studi Kasus : Institut Shanti Bhuana) Mira; Candra Gudiato; Christian Cahyaningtyas; Maya Sari
Jurnal Komunikasi, Sains dan Teknologi Vol. 2 No. 1 (2023): Juni 2023
Publisher : CV. TOPAZART

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Perubahan penyampaian dan penyajian informasi dalam lembaga pendidikan merupakan pengaruh dari kemajuan teknologi informasi. Dalam hal ini, Institut Shanti Bhuana (ISB) sebagai perguruan tinggi swasta juga beradaptasi dengan perkembangan teknologi untuk menciptakan jaringan alumni yang baik sebagai aset penting sebagai citra institusi. Oleh karena itu, diperlukan adanya sistem informasi pendataan alumni berbasis website yang efektif dan efisien serta menyesuaikan dengan kebutuhan institusi. Pembangunan website dilakukan menggunakan motode spiral yang memungkinkan terjadinya perubahan sistem untuk melakukan evaluasi secara berkesinambungan. Selain itu, metode spiral juga memungkinkan perbaikan dengan cepat sesuai dengan kebutuhan user dan perbaikan sistem secara bertahap sehingga dapat menghindari risiko kegagalan proyek juga menghemat waktu dan biaya yang dikeluarkan. Pengujian website dilakukan menggunakan BlackBox Testing. Hasil penelitian yang dilakukan menghasilkan sebuah website yang telah diimplementasikan dan telah digunakan oleh para alumni Institut Shanti Bhuana. Dengan implementasi Website Pendataan Alumni, diharapkan kualitas pelayanan Pusat Karir dan Alumni Institut Shanti Bhuana dapat meningkat dan memberikan manfaat bagi para alumni.
Simulasi Jaringan Smart Home dengan Sistem Berbasis IoT Yohanes Duhin Mukin; Noviyanti P
Jurnal Komunikasi, Sains dan Teknologi Vol. 2 No. 1 (2023): Juni 2023
Publisher : CV. TOPAZART

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Internet of Things (IoT) telah mengubah cara kita berinteraksi dengan lingkungan sekitar, termasuk di rumah. Smart Home atau rumah pintar adalah contoh penerapan IoT di mana perangkat elektronik dan sistem rumah terhubung untuk memberikan kontrol dan kemudahan penggunaan. Penelitian ini mengembangkan simulasi jaringan Smart Home berbasis IoT yang menggunakan Arduino dan bluetooth HC-05 untuk menghubungkan perangkat-perangkat seperti lampu dan kipas angin. Melalui aplikasi Android, pengguna dapat memantau dan mengontrol perangkat-perangkat ini dengan mudah. Simulasi juga memperhatikan keamanan dengan protokol enkripsi dan otentikasi. Perintah suara (Google Assistant Voice) juga diterapkan untuk mempelajari preferensi dan kebiasaan pengguna, sehingga rumah dapat mengadaptasi dan merespons sesuai kebutuhan individu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan sistem berbasis IoT, pengguna dapat dengan mudah mengendalikan perangkat-perangkat dalam rumah secara efisien. Integrasi kecerdasan buatan memungkinkan rumah pintar belajar dan beradaptasi dengan kebutuhan penghuni, meningkatkan kenyamanan dan efisiensi energi. Simulasi ini menggambarkan potensi dan manfaat jaringan Smart Home berbasis IoT. Penerapan ini diharapkan semakin meluas, membawa perubahan positif dalam kehidupan sehari-hari dan efisiensi penggunaan sumber daya. Sehingga, menunjukkan kemampuan IoT dalam rumah pintar, memberikan pengguna kontrol, kenyamanan, dan efisiensi energi yang lebih tinggi.
Persepsi Penggemar BlackPink dalam Mengkonsumsi Konten di YouTube Audy Devanty; Tangguh Okta Wibowo; Aura Ramadita; Christina Stefani Butar-Butar; Kitra Riji Marcha
Jurnal Komunikasi, Sains dan Teknologi Vol. 2 No. 1 (2023): Juni 2023
Publisher : CV. TOPAZART

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

This research discusses how BlackPink fans, called BLINK, as an audience of BlackPink YouTube content because this research is motivated by fans who have their own way of idolizing someone. This research uses a descriptive qualitative research approach using the case study method. The research data was obtained from in-depth interview techniques with four informants, where it was found out why fans love BlackPink content on YouTube and idolize them more than other idols. The conclusion of this study shows how fans interpret BlackPink YouTube content as BLINK likes BlackPink YouTube content because of interest in BlackPink itself, which in any content shared can be entertaining and used as a source for fans to learn more about BlackPink as a group and as individuals. Furthermore, the level of fanatical devotion can be observed through their frequent responses to BlackPink's YouTube content, such as commenting, liking, and sharing among fellow fans.
Prototype of Interest Measurement Expert System and Career Field Based on Holland Theory in Indonesia Rudi Sutomo; Victor Angkawijaya Sudirgo
Jurnal Komunikasi, Sains dan Teknologi Vol. 2 No. 1 (2023): Juni 2023
Publisher : CV. TOPAZART

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

This research intends to develop an application based on an expert system that aids in assisting a person in identifying the type of employment that best fits their personality and set of traits. When a task that was previously performed manually and will be transferred to a computer system based on an expert system, measurements are made of each person's interests and talents. The Visual Basic programming language was used to construct this application. Realistic, Investigative, Artistic, Social, Enterprising, Conventional (RIASEC), developed based on Holland's thesis, is one of the six fundamental personalities that must be considered to suit individual psychological conditions in professional growth. The six parameters will be provided in various question formats, including graphic images, to help with measurement accuracy. Measurements are improved in accuracy and efficiency thanks to this application. It is anticipated that the system will be able to replace the psychologist in gauging interest according to Holland's theory if adequate measurement and analysis findings are available.

Page 1 of 1 | Total Record : 8