cover
Contact Name
Indriyani Puluhulawa
Contact Email
indriyani_p@polbeng.ac.id
Phone
+6285241111108
Journal Mail Official
tekla@polbeng.ac.id
Editorial Address
Pusat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Politeknik Neberi Bengkalis Jl. Bathin Alam, Sungai Alam Bengkalis Riau – 28711
Location
Kab. bengkalis,
Riau
INDONESIA
Jurnal Inovtek Seri Teknik Sipil dan Aplikasi (TekLA)
ISSN : -     EISSN : 2715842X     DOI : https://doi.org/10.35314/tekla.v4i1
Jurnal Inovtek Seri Teknik Sipil dan Aplikasi (TeKLA) adalah jurnal yang di jadwalkan terbit dua kali setahun. memuat artikel terkait dengan ilmu rekayasa struktur dan material, ilmu pondasi dan tanah pendukung, rekayasa hydro dan bangunan air, rekayasa transportasi dan perkerasan jalan, manajemen konstruksi serta ilmu pengukuran dan pemetaan. Jurnal Inovtek Seri Teknik Sipil dan Aplikasi (TeKLA) disuport oleh dewan redaksi nasional dan internasional yang merupakan peneliti handal dibidangnya. Selain itu TeKLA menerima paper yang berasal dari peneliti, civitas akademik, dan praktisi yang berhubungan dengan bidang Teknik Sipil. Ruang lingkup jurnal TeKLA: Teknik Struktural Beton pracetak untuk konstruksi laut Bahan Konstruksi Rekayasa Geoteknik Teknik Lingkungan Teknik Sumber Daya Air Perencanaan dan Manajemen Transportasi Desain dan Perkerasan Jalan Struktur Jembatan Manajemen Konstruksi Gempa Bumi dan Tsunami Topik studi lain yang relevan
Articles 57 Documents
STUDI BANDING METODE DESAIN PERKERASAN KAKU ANTARA BM-2003 DAN BM-2017 (Studi Kasus: Jalan Subrantas, Desa Sukardjo Mesim, Rupat) HelmiIndra Yanti; Hendra Saputra
Jurnal TeKLA Vol 2, No 2 (2020): TEKLA VOL. 2 N0 2
Publisher : Politeknik Negeri Bengkalis

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (718.263 KB) | DOI: 10.35314/tekla.v2i2.1826

Abstract

Padasaatinibanyakperencanaantebalperkerasankaku menggunakanmetodeBinaMarga2003,dimanaBinaMargainiumumyangdipakai olehperencanaandalam merencanakantebal perkerasan. Saat ini, banyak terdapat perencanaan perkerasan kaku yang menggunakan Bina Marga 2003 (BM-2003), khususnya untuk tebal perkerasan.Akan tetapi, metode ini tidak cocok untuk lalu lintas pada saat ini. Jurnal ini akan membahas dan membandingkan antara metode BM-2003 dan BM 2017. Hasil penelitian menujukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara BM-2003 dan BM-2017, antara lain : jarak antar tulangan dan rencana anggaran biaya saat menggunakan ketebalan yang sama dan diameter yang sama pada perkerasan kaku. 
Cover dan Daftar Isi VOL. 04 NO 2 2022 Admin Tekla
Jurnal TeKLA Vol 4, No 2 (2022): TeKLA Vol. 4 No. 2
Publisher : Politeknik Negeri Bengkalis

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (820.258 KB) | DOI: 10.35314/tekla.v4i2.3073

Abstract

Cover dan Daftar Isi VOL. 04 NO 2 2022
Cover dan Daftar Isi VOL. 2 NO 1 2020 Admin TeKLA
Jurnal TeKLA Vol 2, No 1 (2020): TEKLA VOL. 2 N0 1
Publisher : Politeknik Negeri Bengkalis

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (179.744 KB) | DOI: 10.35314/tekla.v2i1.1449

Abstract

Studi Eksperimental Pengaruh Ekstrak Limbah Sayuran Terhadap Nilai Kuat Tekan Beton Dalam Proses Self Healing Concrete (SHC) syarifah sarah alwiyah
Jurnal TeKLA Vol 4, No 1 (2022): TEKLA VOL.4 NO1, 2022
Publisher : Politeknik Negeri Bengkalis

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1325.652 KB) | DOI: 10.35314/tekla.v4i1.2625

Abstract

Beton merupakan bahan paling banyak digunakan untuk pembangunan infrastruktur. Tetapi munculnya celah di dalamnya tidak dapat dihindari. Jika retakan terjadi di tempat-tempat yang sulit dijangkau, maka perbaikannya akan menjadi lebih rumit. Perawatan, pemantauan, dan perbaikan yang sering juga mahal. Pembentukan retakan terjadi karena kesalahan manusia, tenaga kerja yang tidak terampil, dan kondisi cuaca. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui perubahan pada fisik beton dan menganalisa pengaruh faktor air semen 0.55 terhadap nilai kuat tekan beton pada mutu beton self healing dengan metode yang digunakan untuk menghitung campuran beton (Mix Design) berdasarkan SNI 03-2834-2000. Persentase variasi yang digunakan yaitu 0%, 2%,4%,6%, dan 8%. Hasil kuat tekan beton pada perendaman umur 28 hari pada penelitian self healing concrete ini variasi 0% dengan nilai kuat tekan 33,45 MPa. Untuk variasi 2% bakteri dengan nilai kuat tekan 27,62 Mpa. Untuk variasi 4% bakteri dengan nilai kuat tekan 25,44 MPa. Untuk variasi 6% bakteri dengan nilai kuat tekan 20,06 MPa. Untuk variasi 8% bakteri dengan nilai kuat tekan 18,99 MPa. Kuat tekan beton setelah pemulihan retakan 28 hari dengan variasi 2% bakteri nilai kuat tekan 28,14 MPa. Untuk variasi 4% bakteri nilai kuat tekan 28,38 MPa. Untuk variasi 6% Bakteri nilai kuat tekan 27,29 MPa. Untuk variasi 8% bakteri nilai kuat tekan 19,59 MPa. Nilai kuat tekan beton pada perendaman 28 hari mengalami penurunan di bandingkan dengan beton variasi 0% bakteri dan pada beton setelah pemulihan retakan 28 hari mengalami penurunan kuat tekan pada persentase variasi 2%, 4%, 6%,8%.
PERENCANAAN TEBAL PERKERASAN KAKU DAN RENCANA ANGGARAN BIAYA PADA JALAN PANGKALAN NYIRIH, RUPAT Khairun Nisak; Hendra Saputra
Jurnal TeKLA Vol 1, No 1 (2019): Jurnal TeKLA
Publisher : Politeknik Negeri Bengkalis

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (575.106 KB) | DOI: 10.35314/tekla.v1i1.1225

Abstract

Jalan Pangkalan Nyirih menuju Kadur, Rupat Utara sudah ditimbun agregat kelas B beberapa tahun yang lalu, namun terdapat beberapa permasalahandiantaranya jalan tersebut tergenang oleh air apabila musim penghujan dan kendaraan yang melewatinya pun akan terganggu. Agar didapatkan kualitas jalanyang baik untuk kondisi sekarang dan masa yang akan datang, maka diperlukan perencanaan perkerasan jalan sesuai standar yang telah ditetapkan olehpemerintah. Maka dari itu, penelitian ini dilakukan  untuk mengetahui tebal perkerasan kaku dan rencana anggaran biaya pada Jalan Pangkalan Nyirih menujuKadur. Penelitian ini menggunakan metode Manual Desain Perkerasan Jalan Revisi September 2017 Nomor 02/M/BM/2017 dan rencana anggaran biayaberdasarkan Analisa Harga Satuan Pekerjaan Tahun 2016. Dari penelitian ini, dari STA 0+000 sampai dengan STA 3+000 diperoleh klasifikasi jalan kolektorrural, data LHR standar, umur rencana 40 tahun, hasil CBR lapangan 3.76%, dan mutu beton K-350 kg/cm2. Hasil dari penelitian ini didapat pelat beton setebal200 mm menggunakan tulangan anyaman welded wiremesh, untuk tulangan memanjang digunakan diameter 8 mm dengan jarak 200 mm dan tulanganmelintang digunakan diameter 8 mm, dengan jarak 250 mm dan tulangan tie bar diameter 12 mm, panjang 600 mm, dan jarak antar tie bar 750 mm. denganrencana anggaran biaya sebesar Rp. 22,856,950,000.
ANALISIS KERUSAKAN JALAN DATUK SETIA MAHARAJA PEKANBARU DENGAN METODE PAVEMENT CONDITION INDEX (PCI) Elianora Elianora; Horas Saut.M.M; Ere Zij Sheagle S
Jurnal TeKLA Vol 3, No 2 (2021): TEKLA VOL.3 NO2, 2021
Publisher : Politeknik Negeri Bengkalis

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (974.782 KB) | DOI: 10.35314/tekla.v3i2.2298

Abstract

Datuk Setia Maharaja Street Pekanbaru is a collector road connecting between the activity centers of Pekanbaru city and has a length of 1,620 meters and a width of 12 meters. There are several damages that make it uncomfortable for motorists who pass through the road so that repairs are needed. The purpose of this study was to determine the types of road damage and determine the index value of the flexible pavement condition using the Pavement Condition Index (PCI) method. The research was conducted into 8 segments with a size of 200 meters per segment. The results of the analysis showed that the damage to Datuk Setia Maharaja street Pekanbaru  included subsidence, lumps, obesity, potholes, grain release, block cracks, crocodile skin cracks, diagonal cracks, transverse cracks, longitudinal cracks, edge cracks, slip cracks, burrs, and fillings. The average PCI score is 54 with Fair conditions. This shows that a serious response from the government is needed to immediately make repairs before the damage becomes more severe.
ANALISIS PENGARUH PENGGANTIAN FILLER ABU SAWIT FLY ASH DAN BOTTOM ASH TERHADAP KARAKTERISTIK PERKERASAN LENTUR (AC-WC) Fadlan Hawari; Lizar Lizar
Jurnal TeKLA Vol 3, No 1 (2021): TEKLA VOL.3 NO1, 2021
Publisher : Politeknik Negeri Bengkalis

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (220.185 KB) | DOI: 10.35314/tekla.v3i1.2007

Abstract

 Riau merupakan salah satu provinsi penghasil kelapa sawit terbesar di Indonesia. Produksi kelapa sawit tersebut menghasilkan banyak limbah sekitar, 35-40% dari pengolahan tandan buah segar (TBS). Limbah ini juga dimanfaatkan sebagai pengganti batu bara yang menghasilkan limbah fly ash dan bottom ash. Oleh karena itu, untuk mengurangi jumlah limbah tersebut, maka digunakan sebagai bahan pengganti filler pada campuran aspal beton. Filler yang digunakan berupa fly ash dan bottom ash yang dihasilkan dari perusahaan pengolahan buah sawit. Spesifikasi dalam pelaksanaan pengujian ini mengacu pada spesifikasi Umum Bina Marga 2018. Pemadatan benda uji dilakukan 2×75 tumbukan yang berasumsi bahwa pengujian di peruntukan pada lalu lintas berat. Hasil pengujian menunjukkan bahwa karakteristik material dasar telah memenuhi spesifikasi material. Penggunaan variasi fly ash memiliki nilai stabilitas yang lebih tinggi dibandingkan dengan bottom ash dengan nilai 2316 Kg, sedangkan bottom ash memiliki nilai 2205 Kg. Nilai persentase rata-rata keseluruhan yang dihasilkan dalam pengujian karakteristik menunjukkan bahwa penggunaan filler fly ash 1,23% lebih baik dari pada penggunaan filler bottom ash.
METODE PELAKSANAAN PEKERJAAN JALAN (STUDI KASUS : JALAN PAMBANG – TELUK LANCAR STA 1+600 – STA 3+100) M. Khairun Nizam; MArhadi Sastra
Jurnal TeKLA Vol 2, No 2 (2020): TEKLA VOL. 2 N0 2
Publisher : Politeknik Negeri Bengkalis

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (976.196 KB) | DOI: 10.35314/tekla.v2i2.1822

Abstract

Jalan merupakan prasarana utama yang sangat berpengaruh dalam bidang perekonomian di suatu daerah. Ruas jalan Pambang – Teluk Lancar, Kecamatan Bantan, Provinsi Riau, merupakan jalan penghubung utama ke beberapa desa diujung pulau Bengkalis.Kondisi jalan saat ini dalam keadaan rusak dan kurang memadai untuk lalu lintas masyarakat. Oleh karena itu pemerintah daerah melalui dinas Pekerjaan Umum telah melakukan perencanaan jalan pada lokasi tersebut, yang rencananya akan di lanjutkan dengan pelaksanaan pekerjaan konstruksi pada tahun 2020.Dalam perancangan metode ini didapat tata cara pelaksanaan pekerjaan secara umum dari awal hingga akhir pekerjaan berdasarkan spesifikasi yang telah disyaratkan. Kemudian lokasi quarry yang digunakan adalah quarry yang sudah ada permanen di dekat lokasi pekerjaan dengan jarak ± 5 km dari lokasi pekerjaan. Untuk penempatan barak pekerja dan kantor lapangan juga memakai yang sudah ada atau permanen di sekitaran lokasi quarry.
Perencanaan Tebal Perkerasan Kaku Dengan Menggunakan PDT 14 2003 (Studi Kasus : Pos Retribusi Terminal Angkutan Barang) M. Arif
Jurnal TeKLA Vol 4, No 2 (2022): TeKLA Vol. 4 No. 2
Publisher : Politeknik Negeri Bengkalis

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (956.106 KB) | DOI: 10.35314/tekla.v4i2.2627

Abstract

To support the acceleration of regional economic development, the Dumai city government wants to plan retribution posts in three locations, namely Pelintung, Bukit tinggi, and Rawa Panjang. Within this retribution area, there are postal buildings, parking lots, road pavements, and traffic circulation. Completeness of facilities and infrastructure is an absolute must. Considering the vehicles that pass through this post area are vehicles with large loads and the load is a fixed load.So that the above statement can be answered, a good rigid pavement is planned for the retribution post area and for the retribution post road itself with the method used to determine the type of pavement using the Pd-T-14-2003 method.Based on the results of the LHR and CBR surveys in the existing condition, 9.5 % was found, so it was identified that the pavement thickness designed by the Pd T-14-2003 method was 260 mm with an estimated cost of Rp. 1.931.271.163
KEBUTUHAN FASILITAS PENYEBERANGAN PADA JALAN ARTERI PRIMER DI KOTA TARAKAN Achmad Zultan Mansur; Rudi Saputra
Jurnal TeKLA Vol 2, No 1 (2020): TEKLA VOL. 2 N0 1
Publisher : Politeknik Negeri Bengkalis

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (190.76 KB) | DOI: 10.35314/tekla.v2i1.1433

Abstract

Keberadaan penyeberang jalan pada tingkat tertentu akan mengakibatkan konflik yang tajam dengan arus kendaraan yang pada gilirannya berakibat tundaanlalu lintas dan tingginya tingkat kecelakaan. Penyediaan prasarana dan sarana bagi pejalan kaki sangat diperlukan untuk meminimalkan konflik antarapenyeberang jalan dan kendaraan, memperkecil tundaan lalu lintas, serta memberikan rasa keamanan, kenyamanan, dan keselamatan. Maka pengembanganfasilitas pejalan kaki yang menyeberang di Jalan Yos Sudarso perlu terus dilakukan untuk mencapai kondisi ideal bagi pejalan kaki. Analisis data denganmenggunakan rumus PV2 untuk mengetahui pemenuhan jenis fasilitas penyeberangan yang dibutuhkan. Pengamatan dilakukan dengan jarak per 100 msepanjang Jalan Yos Sudarso, maka terdapat 31 segmen penelitian. Dari hasil perhitungan didapat nilai rata-rata arus lalu lintas penyeberang jalan (P) dankendaraan (V) pada 31 segmen lokasi penelitian yaitu P = 23 orang/jam dan V = 4470 kendaraan/jam. Dari 31 segmen yang dibahas, terdapat 4 segmen yangmembutuhkan fasilitas penyeberangan yaitu Segmen 1, Segmen 4, Segmen 9, dan Segmen 19. Hasil dari penentuan fasilitas penyeberangan, maka didapatfasilitas penyeberangan yang sesuai dengan lokasi penelitian yaitu pelikan dengan lapak tunggu.