cover
Contact Name
Ary Purmadi
Contact Email
arypurmadi@undikma.ac.id
Phone
+6281917931525
Journal Mail Official
jdm@undikma.ac.id
Editorial Address
https://e-journal.undikma.ac.id/index.php/jdm/about/editorialTeam
Location
Kota mataram,
Nusa tenggara barat
INDONESIA
Jurnal Dedikasi Madani : Jurnal Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat
ISSN : -     EISSN : 29641519     DOI : Prefix 10.33394
Core Subject : Education, Social,
Jurnal Dedikasi Madani (JDM) contains scientific articles from community service, empowerment, and training in multidiciplinary science.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 27 Documents
Pelatihan Pemanfaatan Media Pembelajaran Prezi untuk Meningkatkan Inovasi dan Kreatifitas Mengajar Guru SD Peduli Anak Muzakkir Muzakkir; Ary Purmadi; Farida Fitriani; Fitri Astutik
Jurnal Dedikasi Madani Vol 1, No 1 (2022): July
Publisher : Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (312.666 KB) | DOI: 10.33394/jdm.v1i1.6493

Abstract

Media Prezi merupakan media presentasi yang didukung adanya internet atau bisa juga aplikasi tersendiri (offline). Target dalam pengabdian ini adalah guru dengan tujuan agar guru bisa menguasai, memanfaatkan, dan mengajarkan siswa di kelas dengan menggunakan media Prezi. Metode yang akan digunakan dalam pelaksanaan program pengabdian ini yakni pelatihan pemanfaatan media pembelajaran secara partisipatif. Adapun teknik pelaksanaan program ini akan dilakukan secara tim yang terdiri dari dosen, dari tim dosen tersebut akan ditugaskan untuk mendampingi guru-guru agar pelaksanaan pelatihan berjalan secara optimal serta adanya buku panduan praktis untuk guru. Pelatihan ini dikhususkan guna memantapkan dan meningkatkan kemampuan guru dalam hal mengembangkan inovasi mengajar di kelas.
Pelatihan Penyusunan Teknik Penilaian Hasil Belajar Bagi Guru-Guru di SMPN Satu Atap Batu Rintang M. Samsul Hadi; M. Chairul Anam; M. Najamuddin
Jurnal Dedikasi Madani Vol 1, No 2 (2023): Januari
Publisher : Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (301.319 KB) | DOI: 10.33394/jdm.v1i2.7035

Abstract

Kegiatan pengabdian ini dilaksanakan di SMPN 1 Atap Batu Rintang Kecamatan Praya Timur. Kegiatan ini bertujuan untuk melatih guru dalam menyusun teknik penilaian hasil belajar. Kegiatan ini sangat bermanfaat memberikan pengetahuan dan pemahaman yang lebih mendalam tentang pentingnya menyusun instrumen hasil belajar. Metode yang digunakan adalah partisipatif dan kolaboratif. Kegiatan ini sekaligus menjadi dorongan bagi guru-guru untuk menyampaikan informasi khususnya kepada guru-guru lain tentang pentingnya peran guru dalam pengembangan penilaian hasil belajar siswa. Hasil kegiatan ini dapat meningkatkan pengetahuan guru dalam menyusun penilaian hasil belajar Dengan demikian kegiatan pelatihan ini secara tidak langsung menjadi bagian penting untuk turut menumbuhkan kesadaran bagi masyarakat untuk memperbaiki proses pembelajaran.
Pelatihan Penggunaan Media “Loose Parts” untuk Mengembangkan Kreativitas Anak Usia Dini di PAUD Cerdas Ceria Lu'luin Najwa; Eneng Garnika; Baiq Rohiyatun; Wiwiek Zainar Sri Utami
Jurnal Dedikasi Madani Vol 1, No 1 (2022): July
Publisher : Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (377.409 KB) | DOI: 10.33394/jdm.v1i1.6494

Abstract

Anak usia dini memiliki pemikiran unik yang dapat menghasilkan berbagai karya sesuai dengan apa yang pernah mereka lihat dan dengar. Melalui penggunaan Loose Parts anak dibimbing dan difasilitasi untuk terus mengeluarkan imajinasi-imajinasi kreatifnya menjadi sebuah karya nyata sehingga anak merasa memiliki kebebasan untuk berekspresi dan berkreasi sesuai kemampuannya. Tujuan pengabdian ini adalah untuk mengedukasi guru tentang penggunaan media loose part serta dapat mengaplikasikannya dalam proses pembelajaran. Kegiatan diawali dengan pemberian materi dan dilanjutkan dengan praktik penggunaan media loose parts menggunakan bahan di sekitar peserta pelatihan. Kegiatan ini dinilai efektif sebagai sarana edukasi bagi peningkatan kreativitas guru dalam menyampaikan materi pembelajaran yang menarik dan bermakna kepada siswa PAUD.
Penyuluhan Dampak Penggunaan Gadget Pada Siswa SMK Negeri 1 Janapria Lombok Tengah M. Zainuddin; Ahmad Yani; Reza Zulaifi
Jurnal Dedikasi Madani Vol 1, No 2 (2023): Januari
Publisher : Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (207.626 KB) | DOI: 10.33394/jdm.v1i2.7065

Abstract

Gadget adalah kata yang diserap dari bahasa Inggris yang artinya perangkat elektronik berukuran kecil dan memiliki fungsi khusus dan praktis dengan ukuran kecil yang dapat dibawa kemana-mana dengan mudah. Gadget merupakan salah satu bagian dari perkembangan teknologi yang selalu menghadirkan teknologi terbaru yang dapat membantu aktivitas manusia menjadi lebih mudah. Penggunaan gadget yang berlebihan bisa membawa dampak yang cukup besar bagi tumbuh kembang (remaja). Salah satunya perihal berkurangnya aktivitas fisik yang seharusnya dilakukan. Untuk memberi pemahaman dan pengetahuan tentang dampak penggunaan gadget, maka dilakukan pengabdian dalam bentuk penyuluhan. Tujuan penyuluhan masyarakat ini untuk mengetahui tingkat pengetahuan siswa/i tentang dampak penggunaan gadget. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini dilaksanakan dalam bentuk penyuluhan tentang dampak penggunaan Gadget pada siswa/I SMK Negeri 1 Janapria Lombok Tengah NTB. Kegiatan ini dilaksanakan pada hari senin, tanggal 16 Januari 2023 yang diikuti oleh siswa/I SMK Negeri 1 Janapria Lombok Tengah NTB sebanyak 87 orang. Kegitan penyuluhan ini mendapat respon yang baik dari peserta. Hal ini dapat dilihat dari respon peserta saat kegiatan penyuluhan berlangsung. Dimana tingkat diskusi yang terjadi cukup antusias dan merata serta menunjukkan tingkat pemahamana yang baik dari para siswa/I SMK Negeri 1 Janapria Lombok Tengah NTB.
Penyuluhan Upaya Pencegahan Pernikahan Dini Reza Zulaifi; Ahmad Yani; M. Zainuddin
Jurnal Dedikasi Madani Vol 1, No 1 (2022): July
Publisher : Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (306.514 KB) | DOI: 10.33394/jdm.v1i1.6483

Abstract

Pernikahan pada dasarnya bertujuan untuk membangun keluarga yang harmonis yang dapat membahgiakan satu sama lain. Untuk dapat mewujudkan tujuan pernikahan yang harmonis ada beberapa hal yang harus diperhatikan diantaranya adalah kematangan jiwa dan raga. Dalam Undang-undang RI Nomor 16 Tahun 2019 ditentukan batas umur minimal untuk melangsungkan pernikahan yakni 19 tahun. Fenomena pernikahan dini masih tergolong tinggi. dampak negatif dari pernikahan dini lebih banyak daripada dampak positifnya. upaya yang dapat dilakukan untuk menekan terjadinya pernikahan dini adalah dengan memberikan penyuluhan. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat berupa penyuluhan ini dilaksanakan pada tanggal 12 Oktober 2022 di Yayasan Pondok Pesantren Ibadurrahman Tibu Sisok. Peserta dalam penyuluhan ini adalah guru pembimbing dan siswa Kelas III MA IbadurrahmanTibu Sisok. kegiatan berupa penyuluhan upaya pencegahan pernikahan dini pada remaja dapat berjalan dengan baik hal tersebut dapat dilihat dari respon dan antusiasme dari peserta. Kegiatan ini sangat bermanfaat bagi guru pembimbing maupun para siswa pada khususnya dan masyarakat pada umumnya karena memberikan pengetahuan dan pemahaman yang lebih mendalam tentang dampak dari pernikahan dini. Hasil dari kegiatan ini adalah para siswa mampu membentingi diri dari berbagai faktor yang dapat menyebabkan meraka terjerumus dalam pemikiran dan pergaulan yang memicu terjadinya pernikahan dini
Strategi Guru Dalam Membina Kemampuan Membaca Huruf Hijaiyyah Melalui Kartu Media Bergambar Pada PAUD Kelas B Khairul Huda; Ahmad Zainul Irfan; Baiq Sarlita Kartiani
Jurnal Dedikasi Madani Vol 1, No 2 (2023): Januari
Publisher : Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (392.513 KB) | DOI: 10.33394/jdm.v1i2.7032

Abstract

Tujuan kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah untuk melatih guru dalam menerapkan Strategi Guru dalam Membina Kemampuan Membaca Huruf Hijaiyyah melalui Kartu Media Bergambar Pada PAUD Kelas B. Hal ini didasarkan atas masih kurangnya pengalaman dan keterampilan guru dalam mengemabangkan strategi pendekatan kontekstual. Target khusus yang dicapai dari kegiatan pelatihan ini adalah memberikan penguatan serta meningkatkan kecakapan guru dalam menggunakan strategi pendekatan pembelajaran kontekstual dalam membina kemampuan dasar mengenal huruf hijaiyyah. Metode yang digunakan dalam kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini adalah pelatihan dan pendampingan yang bersifat partisipatif. semua guru yang ada di lembaga tersebut menjadi peserta pelatihan dalam pengabdian kepada masyarakat. Hal ini dilakukan sebagai bentuk penguatan dan kemampuan guru dalam menerapkan strategi pendekatan media kartu bergambar. Setelah penguatan konseptual, Guru melakukan pendampingan intensif dalam praktik evaluasi dengan berdasar pada mekanisme evaluasi program yang terstandar mulai dari pemilihan program yang akan dievaluasi, formulasi tujuan, penentuan model evaluasi yang digunakan, pengembangan instrumen, pengumpula data, dan analisis data dari hasil evaluasi program. Untuk menjaga keberlanjutan hasil dari kegiatan ini, pendampingan terus dilakukan antara guru dengan Tim Pelaksan pengabdian sehingga tujuan dari pelaksanaan kegiatan pengabdian pada masyarakat ini dapat tercapai secara optimal
Peningkatan Character Leadership Santriwati Pada Era Modern Agus Fahmi; Kholisussa'di Kholisussa'di; Ahmad Muslim; Menik Aryani
Jurnal Dedikasi Madani Vol 1, No 1 (2022): July
Publisher : Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1001.335 KB) | DOI: 10.33394/jdm.v1i1.6485

Abstract

Pesantren pada dasarnya merupakan sebuah asrama pendidikan Islam tradisional, dimana para santrinya tinggal bersama dan belajar di bawah pimpinan dan bimbingan seorang kyai. Asrama tersebut berada dalam lingkungan kompleks pesantren dimana kyai menetap. Pada pesantren terdahulu pada umumnya seluruh komplek adalah milik kyai, tetapi dewasa ini (Modern) kebanyakan pesantren tidak semata-mata dianggap milik kyai saja, melainkan milik masyarakat. Ini disebabkan karena kyai sekarang memperoleh sumber-sumber untuk pembiayaan dan perkembangan pesantren dari masyarakat. Walaupun demikian kyai tetap mempunyai kekuasaan mutlak atas dasar pengurusan kompleks pesantren tersebut. Tidak terlepas dari hal tersebut Pondok Pesantren Anwarul Halimy memiliki peran strategis dalam membentuk watak masyarakat yang muaranya adalah terwujudnya masyarakat Agamis yang berlandaskan Al. Qur`an dan Sunnah. Sebagai bentuk implementasi kegiatannya adalah mendidik santri dalam meningkatkan keilmuan, keterampilan, serta membentuk jiwa dan karakter menjadi pemimpin di masa yang akan datang. Kegiatan Peningkatan Character Leadership Santriwati pada era Modern ini memberikan dampak positif pada Individu santri yaitu tumbuh dengan pengalaman tanggungjawab yang sesuai dan terus meningkat. Sekali seorang dapat meyakinkan dirinya sendiri maka orang tersebut akan bisa meyakinkan orang lain dan orang lain akan bersandar kepadanya. Oleh karena itu, individu harus diberi tanggungjawab dan berawal dari tanggungjawab untuk mengurus dirinya sendiri.
Pelatihan Teknik Pembuatan Alat Permainan Edukatif (APE) Berbasis Bahan Bekas di PAUD Al Hasanah Ampenan Nurul Iman; Abdurrahman Abdurrahman; Ahmad Zainul Irfan; Ani Endriani; Khairul Huda
Jurnal Dedikasi Madani Vol 1, No 2 (2023): Januari
Publisher : Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (305.537 KB) | DOI: 10.33394/jdm.v1i2.7033

Abstract

Keberhasilan kegiatan pembelajaran di PAUD sangat ditentukan oleh pengelolaan berbagai kegiatan main oleh pendidik. Kegiatan tersebut diupayakan seoptimal mungkin harus dapat dan mampu mengembangkan seluruh aspek perkembangan anak usia dini. Maka dari itu sebagai calon pendidik PAUD harus berusaha untuk membuat dan atau mengembangkan alat permainan edukatif dengan memanfaatkan barang-barang bekas yang ada di lingkungan sekitar. Dengan adanya alat permainan edukatif (APE) ini bisa membantu pendidik untuk mempermudah proses pembelajaran di kelas dengan lebih efektif dan menyenangkan. Tujuan kegiatan ini adalah untuk melatih guru dalam pembuatan alat permainan edukatif (APE) berbasis bahan bekas. Metode yang digunakan adalah partisipatif. Hasilnya semua guru antusias dalam mengikuti pelatihan serta bisa menstimulasi seluruh aspek perkembangan anak.
Pelatihan Pemanfaatan Media Interaktif Edmodo Untuk Meningkatkan Variasi Mengajar Guru SMA Negeri 1 Pujut Ary Purmadi; Restu Wibawa; Muzakkir Muzakkir; Dewi Rayani
Jurnal Dedikasi Madani Vol 1, No 1 (2022): July
Publisher : Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (290.749 KB) | DOI: 10.33394/jdm.v1i1.6489

Abstract

Peranan teknologi pada saat ini semakin menjadi hal yang paling berdampak pada semua aspek kehidupan. Pendidikan menjadi salah satu yang terkena dampak teknologi seperti pemanfaatan e-learning dalam pembelajaran. E-learning merupakan pembelajaran yang menggunakan teknologi internet dalam menyajikan materi pelajaran. Materi pelajaran dapat diakses kapan dan dimana saja yang menjadi kelebihannya. Materi pelajaran yang baik dikemas pada media interaktif yang dikembangkan oleh developer seperti Edmodo. Pentingnya pemanfaatan media interaktif ini adalah pelayanan yang optimal dengan pemanfaatan media dalam mengajar di kelas. Targetnya adalah guru dapat menguasai, memanfaatkan, dan mengajarkan peserta didik di kelas menggunakan media edmodo. Metode yang akan digunakan dalam melaksanakan program pengabdian masyarakat ini yakni pelatihan pemanfaatan media pembelajaran secara partisipatif.
Penyuluhan Menjadi Orangtua Cerdas untuk Membangun Karakter yang Baik dan Kecerdasan Pada Anak Usia Dini Dewi Rayani; Ni Made Sulastri; Sukarman Sukarman; Herlina Herlina
Jurnal Dedikasi Madani Vol 1, No 2 (2023): Januari
Publisher : Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (322.179 KB) | DOI: 10.33394/jdm.v1i2.7034

Abstract

Setiap anak dilahirkan dengan meimiliki kemampuan yang baik, dibutuhkan peran orang tua dan lingkungan dalam pendukung kemampuan dan membentuk karakter anak. Pengabdian pada masyarakat ini berupa penyuluhan bagaimana menjadi orang tua cerdas dan mendukung kemampuan anak. Adapun tujuan dari kegiatan  ini untuk memberikan pemahaman pada orang tua tentang berbagai jenis kecerdasan yang dimiliki oleh anak, sehingga orang tua dapat memahami kecerdasan  dasar yang dimiliki anak sejak usia dini. Metode yang digunakan dalam kegiatan pengabdian pada masyarakat ini adalah penyuluhan, meliputi pemberian materi tentang kecerdasan serta bagaimana menumbukan karakter positif pada anak dan sharing bersama membahas berbagai permasalahan anak. Adapun hasil dari pelaksanaan kegiatan ini adalah adanya pemahaman  orang tua  tentang perbedaan karakter individu, tahapan perkembangan individu serta berbagaimacam kecerdasan individu sehingga orang tua dapat memaksimalkan dukungan dan potensi anak.

Page 1 of 3 | Total Record : 27