cover
Contact Name
Arisantoso
Contact Email
arisantoso@i-tech.ac.id
Phone
+6285692405633
Journal Mail Official
jurnal.maklumatika@i-tech.ac.id
Editorial Address
Jl. Asem Dua No.22 Kelurahan Cipete Selatan, Kecamatan Cilandak, Kota Jakarta Selatan 12410
Location
Kota adm. jakarta selatan,
Dki jakarta
INDONESIA
Jurnal Maklumatika
ISSN : 24075043     EISSN : -     DOI : -
Core Subject : Science,
Publikasi Ilmiah Informatika atau Jurnal Maklumatika diterbitkan oleh Program Studi Teknik Informatika Sekolah Tinggi Teknologi Informasi NIIT. Jurnal maklumatika bertujuan untuk menyalurkan pemahaman tentang pengetahuan dan kemajuan teknologi informasi yang berupa hasil dari penelitian lapangan, laboratorium maupun studi pustaka. Jurnal maklumatika ini terbit satu tahun dua kali atau satu kali tiap semester yaitu bulan Januari dan Juli dengan mempublikasikan tulisan-tulisan ilmiah yang berisi gagasan, konseptual, kajian kepustakaan dan aplikasi.
Articles 7 Documents
Search results for , issue "Jurnal Maklumatika Vol. 3 No. 1 (2016)" : 7 Documents clear
ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PENERIMA DALAM MENGGUNAKAN SISTEM INFORMASI BPJS DI KABUPATEN JEPARA Buang Budi Wahono; Dias Prihatmoko
Jurnal Maklumatika Jurnal Maklumatika Vol. 3 No. 1 (2016)
Publisher : Program Studi Teknik Informatika Sekolah Tinggi Teknologi Informasi NIIT

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (217.381 KB)

Abstract

Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) sebagaimana termaktub dalam Undang – Undang Nomor 24 Tahun 2011 tentang BPJS pada Pasal 1 merupakan badan hukum yang dibentuk untuk menyelenggarakan program jaminan sosial. Semua transaksi dari pendaftaran sampai rujukan pada setiap tingkat layanan kesehatan dilakukan secara online. Pada pemerintahan sekarang bertambah lagi dengan adanya kartu sakti, serta BPJS selain kesehatan juga telah menambah BPJS ketenagakerjaan. Sistem informasi BPJS sangat dipengaruhi para penggunanya seperti operator sistem di Puskesmas maupun rumah sakit. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendapatkan bukti empiris pengaruh ekspektasi kinerja, ekspektasi usaha, pengaruh sosial terhadap minat pemanfaatan teknologi informasi secara parsial, mendapatkan bukti empiris pengaruh minat pemanfaatan teknologi informasi terhadap penggunaan sistem informasi BPJS, mendapatkan bukti empiris pengaruh penggunaan teknologi informasi terhadap kinerja individu. Hasil analisis deskriptif memperlihatkan bahwa sebagian besar responden memiliki tingkat performance expectancy, effort expectancy, social influence, facilitating conditions, dan use behavior yang tergolong tinggi, sementara tingkat behavioral intention sebagian besar responden tergolong sedang. Hasil pengujian dengan korelasi Spearman menunjukkan bahwa performance expectancy, social influence, dan facilitating condition masing-masing memiliki korelasi positif dan signifikan (p-value<0.01) terhadap behavioral intention, sedangkan effort expectancy tidak memiliki hubungan yang signifikan terhadap behavioral intention. Begitu pula behavioral intention memiliki korelasi yang positif dan signifikan dengan use behavior (p-value<0.05). Sementara facilitating condition tidak memiliki korelasi yang signifikan dengan use behavior.
AKURASI PERHITUNGAN DALAM PENENTUAN BEASISWA DENGAN METODE FUZZY TSUKAMOTO BERBASIS WEB Muhammad Arifin; Khoirudin Asfani; Anik Nur Handayani
Jurnal Maklumatika Jurnal Maklumatika Vol. 3 No. 1 (2016)
Publisher : Program Studi Teknik Informatika Sekolah Tinggi Teknologi Informasi NIIT

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (522.761 KB)

Abstract

Penerapan kebijakan pada Perguruan Tinggi tentang Uang Kuliah Tunggal (UKT) yang diperlakukan semenjak tahun 2014 bagi mahasiswa baru yang akan melanjutkan ke perkuliahan, membuat mahasiswa semakin banyak untuk mencari beasiswa. Beasiswa adalah pemberian berupa bantuan keuangan yang diberikan kepada perorangan yang bertujuan untuk digunakan demi keberlangsungan pendidikan yang ditempuh. Akan tetapi, masalah yang ada kini adalah banyak beasiswa yang diberikan instansi ataupun universitas terkadang belum tepat sasaran. Sehingga perlunya sebuah metode dalam penentuan beasiswa, metode yang digunakan dalam kajian paper ini menggunakan Fuzzy Tsukamoto. Metode Fuzzy Tsukamoto ini dilakukan yang pertama kaliadalah menentukan fungsi keanggotaannya, kemudian menentukan rule dan nantinya kategori akan diklasterisasi ke masing-masing kelompok sesuai dengan rule yang diterapkan. Hasil penelitian ini penggunaan logika fuzzy menggunakan metode Tsukamoto dapat menghitung penentuan kategori beasiswa mahasiswa dengan pemakaian tiga variabel input dan satu variabel output, diantaranya variabel input; penghasilan orang tua, tanggungan orang tua, dan IPK mahasiswa. Sedangkan variabel output adalah kategori beasiswa. Hasil perhitungan secara manual nilai Z adalah 5. Sedangkan pada perhitungan di program berbasis website adalah sama, yaitu mendapatkan beasiswa setengah dengan nilai Z adalah 5, sehingga dapat disimpulkan selisih antara perhitungan manual dengan program berbasis website adalah sebesar 0 atau presisi.
APLIKASI MEMBATIK SEBAGAI MEDIA PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN JAVA NETBEANS Wahyu Nur Cholifah; Dewi Ninety Budaya
Jurnal Maklumatika Jurnal Maklumatika Vol. 3 No. 1 (2016)
Publisher : Program Studi Teknik Informatika Sekolah Tinggi Teknologi Informasi NIIT

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (518.192 KB)

Abstract

Perkembangan teknologi yang sangat pesat membawa dampak begitu besar dalam setiap kegiatan yang dilakukan oleh manusia. Penggunaan teknologi komputer menjadi media yang sangat dibutuhkan sebagai sarana pengembangan pembelajaran khususnya seni membatik dengan tujuan untuk dapat tetap melestarikan kebudayaan nusantara. Sebagai generasi penerus bangsa, sudah sepatutnya kita mengajarkan dan belajar tentang teknik membatik. Dibutuhkan semangat dan dorongan dari para pendidik dan seniman untuk terus memberikan motivasi kepada siswa-siswa yang akan diajarkan membatik, karena membatik sungguh membutuhkan kesabaran dan ketelitian dalam proses pengerjaannya. Seiring dengan perkembangan teknologi pula, kini sudah sepantasnya kita juga memanfaatkan perkembangan teknologi tersebut sebagai sistem pembelajaran dalam penyampaian ilmu pendidikan. Dalam aplikasi membatik ini, menggunakan bahasa pemprograman Java dengan Netbeans IDE 7.2.1 sebagai editornya, Windows dan MySql sebagai database. Aplikasi membatik diharapkan dapat memberikan informasi akan seni membatik serta memberikan kemudahan dalam media pembelajarannya, dan dapat meningkatkan minat generasi muda untuk lebih mencintai, mengenal dan mempelajari warisan budaya nusantara yang sudah di akui oleh dunia yaitu seni membatik.
KAJIAN KOMPARASI PENERAPAN METODE FIS MAMDANI DAN AHP DALAM MENENTUKAN HARGA JUAL DAN MEMILIH SEPEDA MOTOR BEKAS Imam Sunoto
Jurnal Maklumatika Jurnal Maklumatika Vol. 3 No. 1 (2016)
Publisher : Program Studi Teknik Informatika Sekolah Tinggi Teknologi Informasi NIIT

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (503.378 KB)

Abstract

Meningkatnya tingkat pembelian sepeda motor baru, juga meningkatkan tingkat penjualan sepeda motor bekas. Dikarenakan mayoritas masyarakat akan menjual sepeda motor lamanya terlebih dahulu, kemudian beralih membeli sepeda motor yang lebih baru dengan spesifikasi yang lebih canggih. Hanya saja transaksi jual beli sepeda motor bekas yang dilakukan dealer sepeda motor masih menggunakan perkiraan dimana hasilnya kurang akurat dan tidak sesuai dengan kondisi dari sepeda motor tersebut. Untuk itu dibutuhkan sistem yang dapat menentukan harga jual dengan akurat. Dalam penentuan harga jualnya dapat menggunakan metode Fuzzy Infrence System (FIS) Mamdani, diharapkan dapat memudahkan pihak dealer sepeda motor dalam menentukan harga jual sepeda motor bekas dengan lebih akurat sesuai dengan kondisi dari sepeda motor yang akan dijual. Dalam pemilihan sepeda motor bekas yang akan dibeli dapat menggunakan metode Analytical Hirarki Process (AHP), dimana setiap alternatif akan dilakukan perangkingan untuk mendapatkan hasil terbaik dan digunakan sebagai alat dalam pengambilan keputusan, diharapkan dapat membantu calon pembeli untuk memilih sepeda motor bekas yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan. Hasil dari penelitian ini yaitu berupa prototipe yang dapat memproses masukan berupa kondisi fisik, aksesoris, minat pasar, harga beli baru, dan harga jual dari sepeda motor menjadi pendukung keputusan dalam membeli sepeda motor bekas.
PROTOTIPE SISTEM E-LEARNING BERBASIS KNOWLEDGE MANAGEMENT STUDI KASUS: PAUD. XYZ Ari Susanto
Jurnal Maklumatika Jurnal Maklumatika Vol. 3 No. 1 (2016)
Publisher : Program Studi Teknik Informatika Sekolah Tinggi Teknologi Informasi NIIT

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (267.71 KB)

Abstract

Pembelajaran adalah suatu proses penciptaan lingkungan yang memungkinkan terjadinya proses belajar. Belajar dalam pengertian aktivitas dari peserta didik dalam berinteraksi dengan lingkungan yang menghasilkan perubahan perilaku yang bersifat relatif konstan. Dalam rangka menciptaan pembelajaran yang inovatif, maka pembelajaran berbasis TIK sangatlah berperan untuk peningkatan mutu peserta didik. Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) merupakan pondasi penting bagi anak untuk memastikan kesiapannya saat memasuki Sekolah Dasar (SD). Berdasarkan identifikasi masalah diatas, maka penulis membatasi permasalahan yang akan dibahas dalam penelitian ini yaitu pada tingkat kompetensi pendidik yang rendah dan tenaga pendidik yang tidak tetap (relawan), dan bagaimana meningkatkan kompetensi pendidik paud dengan memiliki pemahaman yang baik. Pembelajaran melalui E-Learning merupakan solusi dari masalah tersebut dengan berbasis knowledge management. Hasil dari penelitian tersebut adalah prototype E-Learning yang dapat digunakan untuk meningkatkan kompetensi pendidik. E-Learning memungkinkan pembelajar untuk belajar melalui komputer ditempat mereka masing-masing tanpa harus secara fisik pergi mengikuti pelajaran/perkuliahan di kelas. E-Learning sering pula dipahami sebagai suatu bentuk pembelajaran berbasis web yang bisa diakses dari intranet di jaringan lokal atau internet. Sebenarnya materi E-Learning tidak harus didistribusikan secara on-line baik melalui jaringan lokal maupun internet, distribusi secara off-line menggunakan media CD/DVD pun termasuk pola E-Learning.
SISTEM PREDIKSI NILAI IPK MAHASISWA MENGGUNAKAN METODE K-NEAREST NEIGHBOR Ratih Kumalasari Niswatin; Resty Wulanningrum; Ulfatus Syaidah
Jurnal Maklumatika Jurnal Maklumatika Vol. 3 No. 1 (2016)
Publisher : Program Studi Teknik Informatika Sekolah Tinggi Teknologi Informasi NIIT

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (400.314 KB)

Abstract

Mahasiswa sebagai produk perguruan tinggi dapat dijadikan sebagai acuan untuk menunjukkan keberhasilan pendidikan. Prestasi belajar mahasiswa dapat dilihat berdasarkan nilai indeks prestasi kumulatif (IPK) yang diperoleh mahasiswa Pada penelitian ini dibuat sebuah sistem peramalan nilai indek prestasi kumulatif (IPK) mahasiswa menggunakan metode k-nearest neighbor. Proses peramalan dilakukan berdasarkan data training yang berasal dari data mahasiswa angkatan sebelumnya, sementara untuk data testing menggunakan data calon mahasiswa baru. Penelitian ini akan dilakukan pada mahasiswa Program Studi Teknik Informatika Fakultas Teknik Universitas Nusantara PGRI Kediri. Tujuan dari pembuatan sistem ini adalah untuk membantu mengetahui perkiraan nilai ipk calon mahasiswa baru. Metode yang digunakan untuk peramalan nilai ipk mahasiswa adalah metode k-nearest neighbor classification dengan menghitung kedekatan antara data mahasiswa yang sudah ada dengan data calon mahasiswa baru berdasarkan kriteria – kriteria yang telah ditentukan. Sistem ini akan dibuat berbasis web agar lebih efektif, cepat dan mudah digunakan. Sistem ini akan menghasilkan informasi peramalan nilai indek prestasi kumulatif (ipk) mahasiswa pada jurusan teknik informatika.
PENILAIAN KUALITAS DOSEN BERDASARKAN OPINI MAHASISWA DENGAN ANALYTICAL HIERARCHY PROCESS (AHP) Patmi Kasih; Hendra Riyandoko; Rina Firliana
Jurnal Maklumatika Jurnal Maklumatika Vol. 3 No. 1 (2016)
Publisher : Program Studi Teknik Informatika Sekolah Tinggi Teknologi Informasi NIIT

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (2587.739 KB)

Abstract

Peningkatan mutu program studi menuntut prasyarat tersedianya tenaga pengajar (dosen) yang memiliki kualitas sesuai tuntutan dan ketentuan. Tidak hanya tuntutan secara kuantitatif, tetapi juga tuntutan kualitatif. Penilaian Kualitas Dosen Berdasarkan Opini Mahasiswa pada Prodi Teknik Informatika Universitas Nusantara PGRI (UN PGRI) Kediri memerlukan opini mahasiswa sebagai dasar penilaian. Selain untuk meningkatkan kualitas dan mutu pendidikan di lingkungan Prodi, juga agar ada koreksi diri bagi dosen yang mempunyai nilai kurang dalam hasil penilaian. Sistem penilaian dibuat dalam aplikasi berbasis Web dengan metode Analytical Hierarchy Process (AHP) untuk sistem penilaiannya. Penilaian dilakukan dalam 3 kategori, yaitu kategori pengajaran, bimbingan, dan interaksi umum dosen diluar kelas. Kategori pengajaran mempunyai kriteria penguasaan materi, kemampuan menyampaikan materi, dan pemberian tugas kepada mahasiswa. Kategori bimbingan mempunyai kriteria kedisiplinan, ketelitian, dan pemberian saran dalam melakukan pembimbingan. Sedangkan kategori interaksi umum mempunyai kriteria kesediaan dalam hal konsultasi mata kuliah, keramahan/komunikatif, dan pemberian motivasi terhadap mahasiswa. Penilaian dilakukan terhadap semua dosen Prodi Teknik Informatika, berdasarkan hasil kuesioner mahasiswa. Selanjutnya hasil kuesioner diproses dengan AHP yang memberikan nilai berupa hasil hitung untuk ketiga kategori bagi setiap dosen. Hasil akhir adalah nilai ketiga kategori untuk keseluruhan dosen dilakukan perangkingan hingga diketahui siapa dosen dengan nilai terbaik dan terburuk berdasarkan opini mahasiswa.

Page 1 of 1 | Total Record : 7