cover
Contact Name
Arisantoso
Contact Email
arisantoso@i-tech.ac.id
Phone
+6285692405633
Journal Mail Official
jurnal.maklumatika@i-tech.ac.id
Editorial Address
Jl. Asem Dua No.22 Kelurahan Cipete Selatan, Kecamatan Cilandak, Kota Jakarta Selatan 12410
Location
Kota adm. jakarta selatan,
Dki jakarta
INDONESIA
Jurnal Maklumatika
ISSN : 24075043     EISSN : -     DOI : -
Core Subject : Science,
Publikasi Ilmiah Informatika atau Jurnal Maklumatika diterbitkan oleh Program Studi Teknik Informatika Sekolah Tinggi Teknologi Informasi NIIT. Jurnal maklumatika bertujuan untuk menyalurkan pemahaman tentang pengetahuan dan kemajuan teknologi informasi yang berupa hasil dari penelitian lapangan, laboratorium maupun studi pustaka. Jurnal maklumatika ini terbit satu tahun dua kali atau satu kali tiap semester yaitu bulan Januari dan Juli dengan mempublikasikan tulisan-tulisan ilmiah yang berisi gagasan, konseptual, kajian kepustakaan dan aplikasi.
Articles 10 Documents
Search results for , issue "Jurnal Maklumatika Vol. 8 No. 1 (2021)" : 10 Documents clear
Perancangan Aplikasi Form HRD Berbasis Web Sekolah Tinggi Teknologi Informasi NIIT Christ Evvert Lisangan; Eva Harvina
Jurnal Maklumatika Jurnal Maklumatika Vol. 8 No. 1 (2021)
Publisher : Program Studi Teknik Informatika Sekolah Tinggi Teknologi Informasi NIIT

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (687.099 KB)

Abstract

Perkembangan teknologi dewasa ini bergerak cepat demi memajukan pelayanan yang lebih cepat, tepat dan informatif. Dalam kegiatan pengajuan form yang ada dalam kegiatan Human Resources Department (HRD) pada STTI NIIT kegiatan pelayanan terhadap karyawan menjadi nilai yang utama. Di mana dalam meningkatkan pelayanan ada beberapa aspek yang menjadi perhatian, salah satu nilai tersebut adalah tersedianya fasilitas sistem informasi yang diberikan STTI NIIT I-Tech kepada pada karyawan, sehingga karyawan dapat dengan mudah untuk mengajukan form yang biasanya dengan manual menjadi lebih mudah karna menggunakan web dan dapat diajukan ke atasan langsung melalui web. Dalam penelitian ini metode pengembangan sistem yang digunakan adalah system development life cycle (SDLC) dengan model waterfall. Adapun tujuan penelitian ini adalah mempercepat proses pengajuan form HRD serta memberikan informasi tracking pengajuan form bagi karyawan. Hasil yang dicapai adalah merancang aplikasi form HRD berbasis website untuk mengoptimalkan proses pengajuan form sehingga memudahkan HRD dalam menjalankan tugasnya serta meminimalisir kesalahan dan tepat dalam pelaporannya. Simpulan dari penelitian ini adalah diharapkan dapat memenuhi kebutuhan untuk menunjang kegiatan STTI NIIT yang lebih cepat, tepat, dan informatif bagi pengguna.
Perancangan Aplikasi Wisata Kuliner Kaki Lima Berbasis Android Mochamad Sanwasih
Jurnal Maklumatika Jurnal Maklumatika Vol. 8 No. 1 (2021)
Publisher : Program Studi Teknik Informatika Sekolah Tinggi Teknologi Informasi NIIT

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1338.489 KB)

Abstract

Keanekaragaman rasa dan variasi jajanan makanan kaki lima yang ada di Kota Jakarta tentu menjadi daya tarik tersendiri untuk menarik minat para penikmat kuliner yang ada di setiap Kota yang ada di Jakarta. Sebagai contoh, Nasi Goreng kambing Kebon Sirih yang terkenal di Jakarta Pusat yang memiliki rasa yang sangat nikmat di lidah orang orang yang menikmati nasi goreng tersebut, atau Indomie Abang Adek makanan yang berada di Jakarta Barat ini menggunakan mie instan sebagai bahan baku, yang jadi pembeda adalah tingkat kepedasan yang bisa menggunakan 200 cabai. Oleh karena itu, akan dibuat aplikasi berbasis Android untuk mempermudah mengetahui lokasi-lokasi jajanan makanan kaki lima. Aplikasi ini dirancang dengan bahasa pemograman HTML, CSS dan JavaScript. Untuk melakukan penulisan dan penyusunan koding program langsung dikerjakan pada lembar kode yang sudah tersedia pada Adobe Dreamweaver CS6. Hasil implementasi pada telepon selular berbasis Android merk Vivo type V5S untuk peforma sangat baik, kualitas tampilan sangat baik dan tingkat eror tidak ada. Dengan aplikasi pengenalan kuliner berbasis Android ini, akan mempermudah masyarakat Jakarta untuk mengetahui tempat kuliner kaki lima.
Perancangan Aplikasi Fasilitasi Penanganan Masalah Di Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Joko Trianto; Fira Fairuz
Jurnal Maklumatika Jurnal Maklumatika Vol. 8 No. 1 (2021)
Publisher : Program Studi Teknik Informatika Sekolah Tinggi Teknologi Informasi NIIT

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (610.846 KB)

Abstract

Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) merupakan Lembaga Pemerintah Non Kementerian yang bertugas melaksanakan koordinasi kebijakan dan pelayanan di bidang penanama modal berdasarkan ketentuan peraturan perundang-undangan. Sebagai penghubung utama antara dunia usaha dan pemerintah, BKPM diberi mandat untuk mendorong investasi langsung, baik dari dalam negeri maupun luar negeri, melalui penciptaan iklim investasi yang kondusif. Saat ini dalam proses atau pekerjaan yang dilakukan di Direktorat Wilayah III untuk permasalahan-permasalahan yang dihadapi pelaku usaha belum didokumentasikan secara sistem, hanya dicatat dalam file tidak terstruktur atau tidak terintegrasi dalam Microsoft Excel sehingga menyulitkan dalam proses analisis. Tujuan penelitian ini adalah membuat sistem fasilitasi permasalahan yang terjadi pada tiap pelaku usaha untuk dapat diinput oleh kepala seksi dan staf. Hasil yang dicapai penelitian ini diharapkan setiap permasalahan yang terjadi pada pelaku usaha dan dilaporkan ke Direktorat Wilayah III dapat dicatat secara terstruktur sehingga mudah dalam pencarian data dari proses permasalahan yang ada. Pengerjaan dimulai dengan membuat akun login untuk semua kepala seksi dan staf dilanjutkan dengan membuat inputan kolom apa saja yang terdapat pada sistem fasilitasi lalu membuat fitur lihat data, edit data dan hapus data. Simpulan dari penelitian ini adalah dengan dirancang sistem fasilitasi proses kinerja di Direktorat Wilayah III dapat meningkat dan efisien.
Implementasi Keamanan Komputer Pada Aspek Confidentiality, Integrity, Availability (CIA) Menggunakan Tools Lynis Audit System Indro Dwinanto; Hari Setiyani
Jurnal Maklumatika Jurnal Maklumatika Vol. 8 No. 1 (2021)
Publisher : Program Studi Teknik Informatika Sekolah Tinggi Teknologi Informasi NIIT

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1209.971 KB)

Abstract

Kemajuan teknologi dan sistem informasi memberikan banyak keuntungan bagi kehidupan manusia, meskipun aspek negatifnya juga banyak, seperti kejahatan komputer berupa penyadapan data di jaringan komputer oleh pihak yang tidak bertanggung jawab. Keamanan komputer berhubungan dengan pencegahan terhadap tindakan pengganggu yang tidak dikenali dalam sistem komputer. Celah keamanan dapat terbuka dikarenakan perangkat komputer di instal program aplikasi yang terhubung jaringan lokal maupun internet membuka port komunikasi. Port komunikasi ada dalam protokol TCP atau User Datagram Protocol (UDP) yang merupakan transportation layer pada standar OSI. Port komunikasi yang terbuka secara bebas menjadi ancaman keamanan data yang ada dalam sistem jaringan komputer. Tujuan penelitian ini adalah meminimalisir ancaman keamanan komputer dengan Tools Lynis Audit System. Metode penelitian yang digunakan adalah studi pustaka, Network Development Life Cycle (NDLC). Hasil yang dicapai penelitian ini adalah mengimplementasikan keamanan komputer dengan OS Linux Fedora dan Tools Lynis Audit System agar meminimalisir kerugian yang terjadi. Simpulan dari penelitian ini adalah dengan confidentiality, Integrity dan availability (CIA) maka ancaman yang terjadi pada komputer menggunakan OS Linux Fedora dapat di minimalisir dengan cara mengupdate sistem operasi secara berkala, mengecek data yang dikirim menggunakan tools hashing, membuat password file office sebelum dikirimkan, dan selalu memisahkan user biasa dengan user previlege (root).
Implementasi API Raja Ongkir Pada Fitur Pengiriman Di Aplikasi Tepokin Iqbal Setyo Nugroho; Mohammad Imam Shalahudin; Ahmad Fitriansyah
Jurnal Maklumatika Jurnal Maklumatika Vol. 8 No. 1 (2021)
Publisher : Program Studi Teknik Informatika Sekolah Tinggi Teknologi Informasi NIIT

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (675.485 KB)

Abstract

Perkembangan e-commerce di Indonesia terkait kegiatan jual beli secara elektronik menjadi peluang bagi pelaku bisnis khususnya di PT. Ribrick Teknologi Utama pada aplikasi Tepokin. Para pelaku e-commerce masih harus melakukan pengecekan harga pada website ekspedisi secara satu persatu untuk mendapatkan ekspedisi yang dapat digunakan secara optimal. Hal ini sangat membutuhkan waktu dan proses yang rumit untuk sampai kepada pengguna dapat memilih ekspedisi apa yang akan mereka gunakan. Untuk itu dalam memberikan pelayanan e-commerce yang lebih baik bagi penggunanya khususnya Tepokin, kini bekerja sama dengan berbagai layanan jasa pengiriman yang bertujuan memudahkan para pedagang mendistribusikan barang mereka kepada pembeli. Tujuan dibuatnya penelitian ini adalah sebagai penyedia layanan jual beli secara elektronik yang memerlukan fitur layanan pengiriman pengantaran barang atau makanan dengan memanfaatkan Application Programming Interface (API) sehingga memberikan hasil dalam menentukan ekspedisi dan kalkulasi harga ongkos kirim secara akurat. Metode penelitian yang digunakan diantaranya studi pustaka, observasi, System Development Life Cylce (SDLC) dengan model extreme programming. Hasil yang dicapai penelitian ini adalah implementasi API Raja Ongkir pada fitur pengiriman barang aplikasi Tepokin. Simpulan penelitian ini adalah API Raja Ongkir telah dapat memenuhi kebutuhan perusahaan untuk data pengiriman yang digunakan dalam pengembangan aplikasi Tepokin, data yang dihasilkan telah sesuai yang dibutuhkan perusahaan.
Quality Assurance Pada Sistem ERP EQUIP Modul Purchase dan Inventory Di PT Hashmicro Solusi Indonesia Kezia Wijaya; Trinugi Wira Harjanti
Jurnal Maklumatika Jurnal Maklumatika Vol. 8 No. 1 (2021)
Publisher : Program Studi Teknik Informatika Sekolah Tinggi Teknologi Informasi NIIT

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (535.296 KB)

Abstract

Perkembangan teknologi sangat membantu bisnis perusahaan lebih cepat, mudah dan efisien. Contohnya perusahaan penyedia teknologi Enterprise Resource Planning (ERP) pada PT. Hasmicro Solusi Indonesia yang memiliki sistem berbasis cloud untuk mengotomatiskan proses end-to-end dalam operasi bisnisnya. Sistem tersebut bernama EQUIP. EQUIP merupakan sistem ERP yang menyediakan lebih dari 40 modul untuk keperluan dan kepentingan proses bisnis perusahaan lebih dari 15 industri. Tentunya suatu produk atau layanan harus memenuhi persyaratan mutu dari awal hingga akhir diperlukan Quality Assurance (QA) dengan tujuan mencegah produk cacat mulai dari perencanaan produksi hingga distribusi produk ke konsumen untuk menghindari produksi ulang (Rework) yang menghabiskan waktu dan biaya. Tujuan penelitian ini melakukan pengujian sistem EQUIP pada modul Purchase, Inventory, serta menguji flow atau proses bisnisnya. Metode penelitian ini diantaranya adalah studi pustaka, observasi serta pengujian dengan metode black box system. Hasil yang dicapai penelitian ini membuat Test Scenario dan Test Case untuk setiap modul, melakukan pengujian dengan cara Manual ataupun Automation pada modul, melaporkan ketidaksesuaian sistem dengan flow yang ada, serta melakukan pengujian ulang untuk meminimalisir bug system. Simpulan penelitian ini PT Hashmicro Solusi Indonesia memiliki ERP yang sangat kompleks sehingga memerlukan proses pengujian efektif dan efisien dengan Automated Testing agar hasilnya cepat dan akurat.
Sistem Pemesanan Makanan Warung Makan Osaka Ramen Berbasis website Luthfi Ananda Hadist; Himawan Himawan
Jurnal Maklumatika Jurnal Maklumatika Vol. 8 No. 1 (2021)
Publisher : Program Studi Teknik Informatika Sekolah Tinggi Teknologi Informasi NIIT

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (981.404 KB)

Abstract

Perkembangan teknologi informasi yang pesat, segala informasi mudah didapatkan melalui internet. Seperti teknologi website tentunya berguna bagi dunia usaha untuk keberhasilan suatu perusahaan karena penjualan merupakan kegiatan bisnis yang dilakukan untuk memperoleh keuntungan. Salah satu perusahaan atau restoran yang bergerak dibidang makanan atau minuman, kepuasan pelanggan merupakan prioritas utama bagi layanan jasa tersebut. Dalam memberikan layanan kepada pelanggan, terkadang pihak pengelola mengalami kesulitan dalam masalah pendataan makanan dan minuman yang dipesan oleh pelanggan secara manual, karena adanya kemungkinan melakukan kesalahan dalam pendataan pemesanan makanan yang dilakukan oleh pihak pengelola secara manual, sehingga pesanan pelanggan tidak sesuai dengan keinginan. Tujuan dari penelitian ini yaitu membangun sistem informasi usaha warung makan Osaka Ramen berbasis website untuk mengurangi beban waktu dan menghindari kesalahan dalam pemesanan menu makanan yang di jalani oleh perusahaan atau restoran tersebut. Metode penelitian yang digunakan antara lain studi pustaka, observasi serta system development life cycle (SDLC) berpedoman Object Oriented dengan Unified Modelling Language (UML) Hasil yang dicapai penelitian ini adalah aplikasi pemesanan makanan warung makan Osaka Ramen berbasis Website. Simpulan penelitian ini adalah dengan adanya aplikasi tentunya warung makan tersebut bisa lebih efektif dalam pendataan makanan serta para pelanggan akan merasa lebih mudah untuk memesan menu makanan yang diinginkan.
Perancangan Aplikasi Point of Sale Berbasis Website Pada PT Lottemart Indonesia Muhammad Padri; Jefri Rahmadian
Jurnal Maklumatika Jurnal Maklumatika Vol. 8 No. 1 (2021)
Publisher : Program Studi Teknik Informatika Sekolah Tinggi Teknologi Informasi NIIT

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (667.511 KB)

Abstract

Point of Sale (POS) merupakan sebuah sistem aplikasi yang dirancang untuk mencatat transaksi penjualan dan mengolah data. Pada PT. Lottemart Indonesia, sistem aplikasi point of sale yang telah berjalan masih menggunakan sistem aplikasi berbasis desktop yang sudah build dengan PC serta sulit untuk dilakukan mentenance dan dipengembangan pada sistem aplikasi tersebut. Tujuan penelitian ini menghasilkan rancangan sistem aplikasi point of sale berbasis web dengan harapan agar lebih mudah untuk dilakukan maintenance serta pengembangan untuk kedepannya. Metode Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara serta studi pustaka untuk menganalisa kebutuhan dari sistem aplikasi point of sale. Perancangan sistem aplikasi point of sale ini menggunakan Unified Modeling Language (UML) untuk menggambarkan proses-proses yang terjadi pada sistem aplikasi. Diagram yang digunakan yaitu use case diagram serta activity diagram. Hasil dari penelitian ini adalah perancangan sistem aplikasi berupa mockup atau desain perancangan sistem web aplikasi point of sale. Simpulan dari penelitian ini adalah dengan perancangan aplikasi point of sale pada PT. Lottemart Indonesia berbasis website diharapkan dapat mempermudah pekerjaan baik dalam perawatan atau peremajaan sebuah sistem dan akan lebih mudah sistem untuk di kembangkan mengikuti cepat nya perkembangan teknologi saat ini.
Perancangan Firewall Menggunakan Fortigate Di PT Swadharma Duta Data Ahmad Riduan; Nanang Sadikin
Jurnal Maklumatika Jurnal Maklumatika Vol. 8 No. 1 (2021)
Publisher : Program Studi Teknik Informatika Sekolah Tinggi Teknologi Informasi NIIT

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (718.43 KB)

Abstract

Jaman era komputeriasi saat ini yang berkembang dan menyebar luas hampir semua layanan komunikasi seperti media internet sebagai alat untuk mencari informasi. Seiring kemajuan teknologi timbul permasalahan dan berdampak negatif, seperti kejahatan siber yang berasal dari dalam maupun dari luar melalui sistem jaringan komputer. Adanya Kejahatan komputer akan menyebabkan kerugian khususnya berhubungan data-data yang merupakan informasi yang sangat penting dan diketahui oleh orang-orang tertentu di dalam perusahaan atau organisasi tersebut. Sehingga keamanan data merupakan informasi berharga menjadi prioritas utama untuk diperhatikan dan terjamin dari segala kemungkinan kerusakan ataupun penyalahgunaan dari pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab, sehingga perlu adanya pengamanan sistem dengan menggunakan teknologi firewall. Tujuan penelitian ini adalah merancang firewall menggunakan foretigate sebagai pengamanan sistem informasi untuk sejumlah data-data penting perusahaan. Metode penelitian yang digunakan diantaranya adalah studi kepustakaan, observasi dan wawancara serta metode pengembangan jaringan menggunakan Network Development Life Cylce (NDLC). Hasil yang akan dicapai penelitian ini yaitu mengimplementasikan perangkat dari brand Fortinet yaitu FortiGate. Simpulan dari penelitian ini adalah implementasi firewall menggunakan Fortigate memiliki fitur keamanan untuk sistem jaringan yang lengkap, diantaranya pengamanan antivirus, web-filtering, application control, network trafic policy, dan Intrusion Prevention.
Perancangan Sistem Aplikasi Penghitung Stok Barang (Stok Opname) Berbasis Android Pada PT Lottemart Indonesia Wahyu Hidayat; Budi Waluyo
Jurnal Maklumatika Jurnal Maklumatika Vol. 8 No. 1 (2021)
Publisher : Program Studi Teknik Informatika Sekolah Tinggi Teknologi Informasi NIIT

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (438.803 KB)

Abstract

Kegiatan stock opname adalah menghitung barang antara data komputer dengan fisik dilapangan. Sebagai perusahaan ritel yang besar, PT. Lottemart Indonesia memiliki jumlah barang disetiap toko dan departemennya, dimana dalam kegiatan stok opname sering terjadi kesalahan kerja yang berasal dari user. Kesalahan tersebut tidak terlepas dari teknologi yang belum mendukung terhadap kegiatan stok opname, dimana masih menggunakan kertas dan bolpoin untuk pengecekan dan memasukkan kembali data hasil pengecekan ke dalam sistem. Untuk mengatasi masalah tersebut perlu dibangun aplikasi berbasis native programming yang bisa diterapkan pada Android. Untuk mendukung sistem ditambahkan teknologi barcode scanner yang berfungsi menkonversi barcode pada barang menjadi bentuk angka sehingga memudahkan user untuk mencari nama barang yang sama tetapi memiliki barcode yang berbeda, selanjutnya ditambahkan fungsi upload data hasil kegiatan ke database server. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui apakah jumlah barang sudah sesuai dengan catatan pembukuan. Metode penelitian yang digunakan diantaranya studi kepustakaan, observasi/wawancara, metode pengembangan sistem dengan system development life cycle (SDLC) dengan model Waterfall. Hasil yang dicapai pada penelitian ini berupa aplikasi penghitung stok barang berbasis Android yang memberikan kemudahan kepada pengguna untuk kegiatan stok opname barang. Simpulan penelitian ini adalah aplikasi menginformasikan barang yang diinput serta menampilkan nama barang untuk meminimalisir kesalahan.

Page 1 of 1 | Total Record : 10