cover
Contact Name
Uswatun Hasanah
Contact Email
uswatunh@radenintan.ac.id
Phone
+6282184435197
Journal Mail Official
kopertais15@radenintan.ac.id
Editorial Address
Jl. Endro Suratmin, Sukarame, Bandar Lampung, Lampung
Location
Kota bandar lampung,
Lampung
INDONESIA
Tafahus: Jurnal Pengkajian Islam
ISSN : 27973867     EISSN : 28089081     DOI : https://doi.org/10.58573/tafahus.v2i2.27
Tafahus Jurnal Pengkajian Islam publishes research articles focusing on studies within the scope of Islamic Education Islamic thought ushuluddin adab and dawah related to Islam and Muslim society
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 7 Documents
Search results for , issue "Vol. 1 No. 2 (2021)" : 7 Documents clear
Tata Kelola Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Swasta Dalam Mewujudkan Kampus Berbudaya Mutu Erina Pane; Kartika S
TAFAHUS: JURNAL PENGKAJIAN ISLAM Vol. 1 No. 2 (2021)
Publisher : Kopertais Wilayah XV Lampung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (304.219 KB) | DOI: 10.58573/tafahus.v1i2.8

Abstract

Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Swasta (PTKIS) kian tumbuh dan berkembang. Termasuk di Provinsi Lampung yang kemudian didukung dengan keberadaan Kopertais Wilayah XV Provinsi Lampung yang memiliki tugas pengawasan, pengendalian, dan pembinaan PTKIS. Penelitian ini adalah penelitian lapangan yang dilakukan di Provinsi Lampung. Objek dalam penelitian ini adalah keterwakilan dari jenis Perguruan Tinggi, yakni Institut Agama Islam (IAI), Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI), Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah (STIT), Sekolah Tinggi Ekonmi dan Bisnis Islam (STEBI), dan Sekolah Tinggi Ilmu Syari’ah (STIS). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa proses penjaminan mutu pada PTKIS di lingkungan Kopertais Wilayah XV Lampung telah berjalan. Tata kelola penjaminan mutu PTKIS di Provinsi Lampung dipengaruhi oleh faktor internal dan eksternal. Meski demikian, tetap diperlukan peningkatan agar proses penjaminan mutu PTKIS menjadi lebih baik lagi sesuai dengan SN-Dikti.
Analisis Semiotika Roland Barthes Atas Konsep Wali dalam kitab Ihya' Ulumuddin Ahmad Fauzan
TAFAHUS: JURNAL PENGKAJIAN ISLAM Vol. 1 No. 2 (2021)
Publisher : Kopertais Wilayah XV Lampung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (406.736 KB) | DOI: 10.58573/tafahus.v1i2.9

Abstract

Suami dan istri adalah penopang utama keluarga yang memiliki relasi unik. Istri cerewet adalah salah satu wujud dari relasi tersebut sebagai dinamika kehidupan rumah tangga. Imam Ghazali dalam kitab Ihya’ Ulumuddin mengatakan bahwa istri yang cerewet adalah salah satu ujian para wali. Hal ini kemudian dianalisis menggunakan teori semiotika Roland Barthes. Hasil penelitian menyatakan bahwa istri yang cerewat adalah sebagai signifier (penanda), sedangkan suami yang sabar sebagai signified (petanda). Kemudian sebagi primary signification atau makna denotasi adalah istri yang cerewet tanda ujian suami wali. Secondary signification atau makna konotasinya adalah relasi yang saling melekat pada suami dan istri dalam segala aspek kehidupan.
Analisis Kepemimpinan Yusuf AS Menurut Al-Qurtubi dan Hamka Sigit Budiyanto; Abdul Malik Ghozali; Yusuf Baihaqi
TAFAHUS: JURNAL PENGKAJIAN ISLAM Vol. 1 No. 2 (2021)
Publisher : Kopertais Wilayah XV Lampung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (302.695 KB) | DOI: 10.58573/tafahus.v1i2.11

Abstract

Kondisi kepemimpinan di masa modern ini telah tergambar dalam media sosial yang bersumber dari lembaga terpercaya yang menunjukkan kondisi sebagian pejabat yang tidak lagi beretika karena jauh dari apa yang diteladankan Nabi Saw dan generasi terbaik dari umatnya karena fitnah harta dan wanita. Al-Qur'an hadir dengan membawa aḥsan al-qaṣaṣ sebagai solusi terbaik dalam konsep kepemimpinannya. Kisah kepemimpinan Yusuf As dan kondisi masyarakat saat ini menjadi objek penelitian, maka tujuan penelitian ini untuk mengungkap konsep kepemimpinan Yusuf dalam membangun nilai-nilai etika menduduki jabatan yang terkandung dalam surah Yūsuf As dengan metode penelitian tafsīr, jenis penelitian library research dan metode penafsiran ayat menggunakan metode tematik. Pengumpulan data merujuk kitab tafsīr al-Jāmiʻ li 'ahkām al-Qur'ān dan kitab tafsīr al-Azhār. Metode analisa data menggunakan metode interpretasi dan analisis komparatif. Temuan dalam penelitian ini bahwa pemimpin yang ideal dihasilkan dari nilai-nilai etika yang dibangun dari periode persiapan, periode meminta dan periode menjabat yang saling berkaitan erat, dan pemimpin yang ideal tidak dapat dihasilkan hanya dengan satu periode saja. 3 periode besar tersebut tersusun dari 5 tahapan usia yang dimulai usia 1-12 tahun, usia 12-18, usia 18-35, usia 35-40≥, dan usia 35-40≥.
Unity of Science: Reintegrasi Sains dan Islam Sai'dy; Hendri Noperi; Rizka Pitri
TAFAHUS: JURNAL PENGKAJIAN ISLAM Vol. 1 No. 2 (2021)
Publisher : Kopertais Wilayah XV Lampung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (304.953 KB) | DOI: 10.58573/tafahus.v1i2.16

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji unity of science reintegrasi sains dan Islam sebagai agama. Hal ini dilatarbelakangi oleh sejarah perkembangan Islam yang telah bersinggungan dengan berbagai budaya dan bangsa termasuk bangsa barat yang telah berjalan selama berabad-abad, yang tentu saja menyisakan berbagai problematika serta rivalitas. Fakta menunjukkan bahwa pendidikan di Indonesia yang merupakan negara dengan mayoritas muslim ini telah mengalami pasang surut serta problematika-problematika yang harus segera dicarikan solusinya, mulai dari permasalahan penurunan moral serta karakter. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kepustakaan dengan teknik analisis content untuk mengkaji konsep Unity of Science. Hasil penelitian menunjukkan bahwa integrasi sains dan Islam adalah suatu keniscayaan yang tidak dapat dipisahkan. Hakikat sains yang merupakan suatu ilmu bersumber dari Tuhan sehingga asal sains dan Islam sebagai agama berasal dari sumber yang sama yaitu Allah SWT. Kesimpulannya, dikotomi ilmu dan pemisahan sains dengan Islam pada akhirnya hanya akan menghilangkan kemanfaatan dan esensi ilmu secara menyeluruh. Integrasi sains dan Islam mengembalikan sains pada fitrahnya saling melengkapi dalam mengarahkan manusia pada tujuan hidupnya yaitu kembali pada Tuhan pencipta alam semesta.
Implikasi Pembiasaan Pembacaan Asmaul Husna Terhadap Perilaku Peserta Didik Maulia Isnaini; Waluyo Erry Wahyudi; Imam Syafe'i
TAFAHUS: JURNAL PENGKAJIAN ISLAM Vol. 1 No. 2 (2021)
Publisher : Kopertais Wilayah XV Lampung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (381.682 KB) | DOI: 10.58573/tafahus.v1i2.18

Abstract

Maraknya kasus-kasus perilaku generasi muda saat ini mengindikasikan penurunan kualitas moral dan akhlak sehingga perlu upaya nyata untuk menanamkan nilai agama sebagai salah satu solusi dari permasalahan yang terjadi. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implikasi pembiasaan pembacaan asmaul husna terhadap perilaku peserta didik di SMP IBS Nur Shofin Natar Lampung Selatan. Pada penelitian ini, digunakan pendekatan bersifat deskriptif dengan metode penelitian kualitatif. Data yang diperoleh menggunakan teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi dan dokumentasi. Adapun keabsahan data diuji menggunakan teknik triangulasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi pembacaan asmaul husna terhadap perilaku peserta didik kelas VIII SMP IBS Nur Shofin Natar sudah berjalan dengan baik dan konsisten. Pelaksanaannya yaitu seusai sholat dhuha berjamaah di Masjid Nurul Iman dengan alat bantu pengeras suara. Bagi siswa yang tidak mengikuti kegiatan akan dikenakan hukuman, sehingga peserta didik tertib melaksanakan kegiatan dan menunjukkan peningkatan kualitas perilaku peserta didik menjadi lebih baik. Kesimpulannya, perilaku peserta didik dapat dikatakan telah mencerminkan asmaul husna yang mereka baca setiap hari. Dalam pelaksanaannya, ditemukan faktor pendukung dan penghambat yang sama-sama berasal dari peserta didik dan dari luar peserta didik.
Hubungan Kebiasaan Belajar dan Kesulitan Belajar Dengan Prestasi Belajar Peserta Didik Nurul Lutfiah
TAFAHUS: JURNAL PENGKAJIAN ISLAM Vol. 1 No. 2 (2021)
Publisher : Kopertais Wilayah XV Lampung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (326.835 KB) | DOI: 10.58573/tafahus.v1i2.25

Abstract

Prestasi belajar siswa dipengaruhi oleh banyak faktor, diantaranya kebiasaan belajar dan kesulitan belajar. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan kebiasaan belajar dengan prestasi belajar siswa, untuk mengetahui hubungan kesulitan belajar dengan prestasi belajar siswa serta untuk mengetahui hubungan kebiasaan belajar dan kesulitan belajar dengan prestasi belajar siswa. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan sampel yang diambil adalah 50% dari populasi yaitu 118 siswa. Metode pengumpulan data adalah metode angket (questionare), observasi dan dokumentasi. Kemudian dalam menganalisa data digunakan rumus regresi linier berganda (multiple regression). Setelah data dianalisis, diketahui bahwa harga korelasi untuk kebiasaan belajar dengan prestasi belajar adalah 0,574 dengan interpretasi sedang, pada taraf nyata 5%. koefisien kebiasaan belajar signifikan dan hipotesis penulis ada hubungan kebiasaan belajar dengan prestasi belajar diterima. Kemudian harga korelasi antara kesulitan belajar dengan prestasi belajar yakni sebesar -0,711 yang  berinterpretasi tinggi pada taraf nyata 5% juga diterima. Sedangkan nilai Sig. variabel kesulitan belajar adalah 0,000 dengan alpha 5%. Artinya koefisien kesulitan belajar signifikan dan hipotesis penulis, “ada hubungan kesulitan belajar dengan prestasi belajar”, diterima. Harga koefisien determiansi untuk kebiasaan belajar dan kesulitan belajar dengan prestasi belajar adalah  sebesar 0,535 pada taraf nyata 5%. Korelasi ini berada pada tingkat sedang. Maka Ho ditolak dan hipotesis penulis “ada hubungan kebiasaan belajar dan kesulitan belajar dengan prestasi belajar siswa” diterima.
Revitalisasi Peran Pendidikan Islam Sebagai Sarana Terciptanya Masyarakat Madani Uswatun Hasanah
TAFAHUS: JURNAL PENGKAJIAN ISLAM Vol. 1 No. 2 (2021)
Publisher : Kopertais Wilayah XV Lampung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (348.728 KB) | DOI: 10.58573/tafahus.v1i2.28

Abstract

Masyarakat Madani merupakan suatu bentuk masyarakat toleran serta terikat pada nilai-nilai agama dan hukum yang berlaku, hidup damai, serta memiliki kesadaran untuk melakukan pembangunan menuju kehidupan yang lebih baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji peran pendidikan Islam sebagai sarana terciptanya masyarakat Madani di Desa Pelindung Jaya Kecamatan Gunung Pelindung Lampung Timur. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif lapangan, Sumber data yang digunakan adalah sumber data primer dan sekunder. Metode pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa, Masyarakat Madani sudah tercipta di Desa Pelindung Jaya Kecamatan Gunung Pelindung Kabupaten Lampung Timur karena lima karakteristik masyarakat madani sudah terlaksana meski aspek keadilan sosial belum maksimal. Faktor utama kesuksesan ini adalah pendidikan Islam non formal  yang telah menjalankan perannya sebagi tempat pembinaan akhlak masyarakat, internalisasi nilai keislaman dan solusi pemecahan masalah sosial. Peran ini perlu terus ditingkatkan menjadi sarana menyatukan masyarakat dalam bingkai Islami agar seluruh karakteristik masyarakat Madani dapat sepenuhnya tercermin dalam kehidupan masyarakat. Kesimpulannya, untuk menciptakan masyarakat Madani sangat dibutuhkan pendidikan Islam sebagai sarana dan dasar pelaksanaannya, karena pendidikan Islam akan  menghantarkan masyarakat untuk meraih kebahagiaan yang hakiki yaitu mendapatkan ridho dari Allah SWT.

Page 1 of 1 | Total Record : 7