cover
Contact Name
Muhammad Zulkifli
Contact Email
sudutwarna@gmail.com
Phone
+6281235871313
Journal Mail Official
sudutwarna@gmail.com
Editorial Address
Jl. Tanjung Rema, Kantor Fakultas Tarbiyah IAI Darussalam Martapura Kabupaten: Banjar Provinsi: Kalimantan Selatan
Location
Kab. banjar,
Kalimantan selatan
INDONESIA
TARBIYAH DARUSSALAM: JURNAL ILMIAH KEPENDIDIKAN DAN KEAGAMAAN
ISSN : 25812106     EISSN : 26855097     DOI : http://dx.doi.org/10.58791/tadrs
Jurnal Ilmiah Kependidikan dan Keagamaan. Terbit dua kali setahun. Memuat tulisan yang diangkat dari hasil telaahan dan kajian analitis-kritis maupun dari hasil penelitian dalam bidang Kependidikan dan Keagamaan
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 70 Documents
PEMIKIRAN ISLAM DALAM TAFSIR AYAT-AYAT AL QUR’AN: Konsep Pemikiran Islam Yang Dikembangkan Oleh Kiai Abdullah Said Maharuddin Maharuddin
Tarbiyah Darussalam: Jurnal Ilmiah Kependidikan dan Keagamaan Vol 6, No 01 (2022): Jurnal Tarbiyah Darussalam
Publisher : Fakultas Tarbiyah Institut Agama Islam Darussalam Martapura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (61.336 KB) | DOI: 10.58791/tadrs.v6i01.140

Abstract

Abstrak Pemikiran Islam ini lahir, berangkat dari kegelisahan Kiai Abdullah Said untuk menemukan konsepsi pemikiran Islam yang lebih baru, dan dapat dijadikan landasan pemikiran gerakan dakwah yang sedang ia rintis. Ide dasar pemikiran ini muncul sekitar tahun 1970-an, ketika Abdullah Said yang saat itu masih muda-, mempelajari sebuah tafsir al-Qur’an yang berjudul “Sinar” karangan Buya Malik Ahmad, seorang ulama Muhammadiyah. Tafsir Sinar ini menafsirkan al-Qur’an secara kronologis menurut proses turunnya wahyu yang dimulai dari surat al-Alaq dan seterusnya. Akan tetapi Buya Malik Ahmad tidak merampungkan tafsir ini sampai lengkap 30 juz. Kata-kata Kunci : Pemikiran, Islam, Pondok Pesantren Hidayatulah.
THE COOPERATIVE AND POLITENESS PRINCIPLES IN RADIO BROADCASTING CONVERSATIONS Ridhani Fizi
Tarbiyah Darussalam: Jurnal Ilmiah Kependidikan dan Keagamaan Vol 4, No 2 (2020): Jurnal Ilmiah Keagamaan
Publisher : Fakultas Tarbiyah Institut Agama Islam Darussalam Martapura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.58791/tadrs.v4i2.48

Abstract

Abstrak The conclusions are related to the two research problems: 1) The Extent of the Use of the CP and the PP in the English Broadcasting Conversations, The ten maxims of the CP and PP are applied in terms of the maxims observances. Their uses vary from the most to the least frequent used. It can be concluded that in carrying out conversations over telephone in MAS FM radio broadcast politeness or being civil turns out not to be as powerful and not as important as being cooperative since the focus is on the topic forwarded and not so much on politeness. Besides, it shows that there are a lot of overlapping and violating of the maxims. The most frequent violated is the Relation Maxim. It is reasonable because some audiences know the presenters, meaning they are regular audiences in the program. Since they are not newcomers in joining the program, they frequently make a mocking joke. Their conversations are even out of topic and prolix. Thus, an utterance could be analyzed based on various angles because it may contain several maxims based on various points of view. And 2) The Speakers Purposes in Terms of Illocutionary Acts (IA), From the four function of IA, the only function, which is not applied at all by the participants, is the Conflictive. The all sub functions: threatening, accusing, cursing, and reprimanding cause conflicts among the participants in carrying out their conversa- tions. In fact, the participants in the radio broadcasting conversations try to avoid conflicts with others because in carrying out a conversation over the telephone is a non face-to-face conversation which is conduc- ted without facial expressions and gestures.Kata kunci : Cooperative Principle (CP), Politeness Principle (PP), Illocutionary Acts (IA), Conversations, Radio Broadcasting Program
MENINGKATKAN HASIL BELAJAR TEMATIK PADA TEMA GLOBALISASI KURIKULUM 2013 MELALUI MODEL INKUIRI TERBIMBING KELAS VI SDN MUNGGU RAYA KECAMATAN ASTAMBUL KABUPATEN BANJAR Sri Diswati; Eko Darwati
Tarbiyah Darussalam: Jurnal Ilmiah Kependidikan dan Keagamaan Vol 5, No 1 (2021): Tarbiyah Darussalam
Publisher : Fakultas Tarbiyah Institut Agama Islam Darussalam Martapura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (234.214 KB) | DOI: 10.58791/tadrs.v5i1.197

Abstract

Penggunaan model pembelajaran pada kurikulum 2013 masih konvensional. Salah satu pemecahan pembelajaran menggunakan model inkuiri terbimbing dengan pendekatan scientific dalam pembelajaran tematik pada kurikulum 2013 tema globalisasi. Penelitian ini digunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Indikator keberhasilan penelitian ini adalah apabila : Ketuntasan Siswa ≥ 85% dari total keseluruhan siswa; Aktivitas guru mengajar dengan model pembelajaran inkuiri terbimbing mencapai nilai ≥ 85%; dan Siswa yang aktif dengan model pembelajaran inkuiri terbimbing mencapai nilai ≥ 85%. Temuan yakni melalui model inkuiri terbimbing dapat meningkatkan hasil belajar tematik pada kurikulum 2013 tema globalisasi kelas VI SDN Munggu Raya Kecamatan Astambul Kabupaten Banjar . Hal ini dibuktikan ketuntasan siswa pada siklus I dari tes perngetahuan 62% rerata siklus I setelah di refleksi meningktan pada siklus II menjadi 86% rerata siklus II terjadi peningkatan sebesar 28%. Aktivitas guru dalam kegiatan pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar, terbukti rerata aktivitas guru siklus I 83% terlaksana, setelah di refleksi meningkat pada siklus II menjadi 98% rerata aktivitas guru siklus II terjadi peningkatan 15%. Dan aktivitas siswa dalam kegiatan pembelajaran dapat membantu meningkatkan hasil belajar, terbukti rerata aktivitas siswa siklus I 66% terlaksana, setelah direfleksi meningkat pada siklus II menjadi 89% rerata aktivitas siswa siklus II terjadi peningkatan 30%.Kata Kunci : Meningkatkan, hasil belajar, kurikulum inkuiri terbimbing
PENINGKATAN HASIL BELAJAR PADA MATERI FUNGSI KUADRAT MENGGUNAKAN STRATEGI TSTS (TWO-STAY TWO-STRAY) PADA PESERTA DIDIK KELAS IX A TAHUN PELAJARAN 2019/2020 DI SMP NEGERI 2 RANTAU Lilik Sutrismi
Tarbiyah Darussalam: Jurnal Ilmiah Kependidikan dan Keagamaan Vol 5, No 2 (2021): Tarbiyah Darussalam
Publisher : Fakultas Tarbiyah Institut Agama Islam Darussalam Martapura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (230.622 KB) | DOI: 10.58791/tadrs.v5i2.188

Abstract

Sistem pengajaran cooperative learning bisa didefinisikan sebagai kerja/ belajar kelompok yang terstruktur, sebaiknya guru meluangkan lebih banyak waktu dan perhatian dalam mempersiapkan dan menyusun metode kerja kelompok. Berdasarkan hasil analisis didapatkan bahwa hasil belajar peserta didik mengalami peningkatan dari siklus I sampai siklus II yaitu siklus I (63,64%), siklus II (81,82%). Strategi  TSTS (Two-Stay Two-Stray) dapat berpengaruh positif terhadap hasil belajar peserta didik kelas IX A, serta model pembelajaran ini dapat dipergunakan sebagai salah satu alternatif dalam pembelajaran matematika.     Kata Kunci : Pembelajaran matematika, strategi TSTS (Two-Stay Two-Stray).
MENINGKATKAN KEMAMPUAN GURU DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN KOOPERATIF TIPE BERTUKAR PASANGAN DI SDN SUNGAI TIUNG 5 MELALUI SUPERVISI AKADEMIK Akhmad Darliansyah
Tarbiyah Darussalam: Jurnal Ilmiah Kependidikan dan Keagamaan Vol 4, No 2 (2020): Jurnal Ilmiah Keagamaan
Publisher : Fakultas Tarbiyah Institut Agama Islam Darussalam Martapura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.58791/tadrs.v4i2.53

Abstract

Abstrak Pembinaan oleh kepala sekolah untuk meningkatkan kemampuan guru, salah satunya melalui supervisi akademik. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Sekolah yang mengadopsi dari Penelitian Tindakan Kelas, sehingga dalam pelaksanaannya melaui tahapan berupa siklus sama halnya dengan penelitian tindakan kelas yang dilakukan melalui tahapan- tahapan meliputi refleksi awal, perencanaan, pelaksanaaan tindakan, observasi dan evaluasi tindakan, dan refleksi akhir. Penelitian direncanakan dalam 2 siklus, setiap siklus terdiri atas 1 kali pertemuan setara dengan 2 jam pelajaran (2x35 menit).Siklus 1 dan siklus 2 mempelajari tentang Menulis Surat Undangan. Subjek penelitian berjumlah 1 orang yaitu Milania Ary S,S.Pd.SD selaku guru Bahasa Indonesia Kelas V di SDN Sungai Tiung 5 Kecamatan Cempaka Banjarbaru. Hasil penelitian dan pembahasan tentang meningkatkan kemampuan guru dalam pembelajaran Bahasa Indonesia dengan menggunakan pendekatan kooperatif tipe bertukar pasangan di SDN Sungai Tiung 5 melalui supervisi akademik sebagai berikut: 1) Kinerja guru dalam melaksanakan pembelajaran masih rendah, kinerja guru terkategori kurang baik, dengan kata lain belum memuaskan. 2) Deskripsi pelaksanaan pembelajaran meliputi 8 aspek yang diamati, dari 8 aspek yang harus dilaksanakan oleh guru pada kedua siklus tujuh aspek telah dilaksanakan, jadi ada satu aspek yang belum dilaksanakan yakni pembelajaran tidak langsung. 3) Aktivitas guru selama proses pembelajaran masih dominan, sedangkan aktivitas siswa sudah menunjukkan tanda-tanda keaktifan. 4) Hasil belajar siswa telah mencapai ketuntasan klasikal pada siklus 2 karena > 80% ketuntasan klasikal yang ditetapkan sekolah. 5) Proses pembelajaran mendapat respon positif dari guru Bahasa Indonesia dan siswa.Kata kunci : Kemampuan guru, pembelajaran Bahasa Indonesia, bertukar pasangan, supervisi akademik.
PEMBELAJARAN MEMBACA AlQURAN BAGI ANAK DALAM KEGIATAN KKN UIN ANTASARI BANJARMASIN DI DESA ANGKIPIH KECAMATAN PARAMASAN Muhammad Yusuf
Tarbiyah Darussalam: Jurnal Ilmiah Kependidikan dan Keagamaan Vol 6, No 2 (2022): JURNAL TARBIYAH DARUSSALAM
Publisher : Fakultas Tarbiyah Institut Agama Islam Darussalam Martapura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (162.268 KB) | DOI: 10.58791/tadrs.v6i2.224

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran membaca Alquran bagi anak-anak yang dilaksanakan oleh mahasiswa peserta KKN UIN Antasari Banjarmasin di Desa Angkipih Kecamatan Paramasan Kabupaten Banjar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran membaca AlQuran di Desa Angkipih oleh mahasiswa terlaksana dengan baik dan cukup berhasil. Hasil pembelajaran  menunjukkan bahwa kemampuan anak-anak dalam membaca Al Quran beragam karena tingkat kemampuan mereka berbeda-beda. Faktor pendukung berupa semangat yang tinggi dari mahasiswa peserta KKN dan anak-anak peserta pembelajaran serta dukungan dari masyarakat setempat. Dukungan yang ditunjukkan oleh aparat desa bersifat aktif, sedangkan dukungan oleh masyarakat umum bersifat pasif, dan respon yang diberikan oleh masyarakat sangat positif.
SUPERVISI KLINIS DAPAT MENINGKATKAN KEMAMPUAN GURU DALAM MELAKSANAKAN PENILAIAN BERBASIS KELAS DI SMP NEGERI 4 ARANIO KABUPATEN BANJAR TAHUN 2018 Rusdi Rusdi
Tarbiyah Darussalam: Jurnal Ilmiah Kependidikan dan Keagamaan Vol 3, No 2 (2019)
Publisher : Fakultas Tarbiyah Institut Agama Islam Darussalam Martapura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.58791/tadrs.v3i2.15

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan guru dalam melaksanakan penilaian berbasis kelas melalui bimbingan klinis pada SMP Negeri4Araniodi Kecamatan Kecamatan Aranio Kabupaten Banjar . Penelitian ini tergolong penelitian tindakan kelas dengan melibatkan 12 orang guru. Metode Penelitian deskriptif melalui penelitian Tindakan Kelas .Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah hasil penilaian langsung , dan juga melalui observasi .Teknik analisis data secara kwantitatif dan prosentasi. Penelitian dilakukan dengan dua siklus dan masing-masing siklus terdiri atas empat tahapan, yakni: perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Indikator kinerja yang ditetapkan adalah: Guru berhasil dalam melaksanakan penilaian kelas bila guru sudah memenuhi kereteria memperoleh sekor lebih atau sama dengan 77,8 (dengan kategori baik). Dari analisis diperoleh bahwa terjadi peningkatan kualitas pelaksanaan penilaian guru dari siklus I sebesar 67 dengan kategori cukup dan siklus II sebesar 79 dengan kategori baik. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa melalui optimalisasi bimbingan klinis dapat meningkatkan penilaian berbasis kelas, guru SMP Negeri 4 Aranio Kabupaten Banjar. Karena itu dapat disarankan kepada pengawas atau peneliti yang lain bahwa optimalisasi kegiatan bimbingan klinis dapat dipakai sebagai salah satu alternatif dalam meningkatkan kualitas pelaksanaan penilaian oleh guru.Kata kunci : Peningkatan, Penilaian Berbasis Kelas, Supervisi Klinis
PERHATIAN PENGEMBANGAN KURIKULUM PENDIDIKAN ISLAM Mihrab Afnanda
Tarbiyah Darussalam: Jurnal Ilmiah Kependidikan dan Keagamaan Vol 5, No 1 (2021): Tarbiyah Darussalam
Publisher : Fakultas Tarbiyah Institut Agama Islam Darussalam Martapura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (191.733 KB) | DOI: 10.58791/tadrs.v5i1.193

Abstract

Pendidikan kurikulum merupakan keseluruhan kegiatan yang dirancang sekolah untuk memberikan berbagai pengalaman kepada siswa, baik di dalam ataupun di luar kelas. Kurikulum tidak hanya identik dengan materi pelajaran, akan tetapi semua kegiatan yang dirancang sekolah untuk mengembangkan kapasitas diri siswa juga termasuk pada kurikulum. Pendidikan merupakan proses pemanusiaan manusia yang harus dikembangkan sesuai dengan kebutuhan manusia. Kebutuhan manusia selalu berkembang setiap saat seiring pesatnya perubahan zaman. Metoda analisis yang digunakan dalam pembahasan topik utama menggunakan model analisis content analysis dengan meninjau secara mendalam pendidikan kurikulum dengan sumber utama dari literature Islam dan umum. Hasil pembahasan menunjukkan bahwa Kurikulum di pandang sebagai jantung pendidikan hal ini sangat esensial bagi lembaga pendidikan. Melalui kurikulum maka proses belajar akan mudah dilaksanakan, dan kurikulum akan membentuk kepribadian seseorang agar mampu menghadapi problematika kehidupan. Dan juga kurikulum dapat diakui sebagai kekuatan tersendiri dalam membentuk prestasi dan produktivitas peserta didik. Dengan kurikulum akan menginterprestasikan lingkungan yang gemilang sehingga menciptakan insan yang mulia. Sedangkan karakteristi kurikulum harus sejalan dengan idelitas Islam. Antara kurikulum, motode, dan tujuan pendidikan Islam harus saling berkaitan (releven) dengan produk/hasil yang diinginkan. Cakupan dan kandungannya harus luas dan menyeluruh.Kata Kunci : Pendidikan, Kurikulum, Pengembangan
ALAT PERAGA, BAHAN AJAR DAN SUMBER BELAJAR IPA SDMI Miftah Arief
Tarbiyah Darussalam: Jurnal Ilmiah Kependidikan dan Keagamaan Vol 6, No 01 (2022): Jurnal Tarbiyah Darussalam
Publisher : Fakultas Tarbiyah Institut Agama Islam Darussalam Martapura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (455.271 KB) | DOI: 10.58791/tadrs.v6i01.141

Abstract

Abstrak Kriteria pendidikan IPA SD/MI yang baik tidak cukup hanya berpangkal dari buku ajar, tetapi proses pengajaran harus dilengkapi dengan alat-alat praktis, bahan ajar dan sumber belajar yang sesuai dengan lingkungan sekitar. Fokus tulisan ini ialah pada pemilihan alat peraga, bahan ajar dan sumber belajar IPA SD/MI guna mempermudah mencapai tujuan dari proses belajar dan mengajar IPA SD/MI.. Jenis penelitian ini adalah library research yang didasarkan pada studi literature. Penggalian dan pengumpulan data pada library research ini menggunakan teknik dokumentasi yang tentunya berorientasi terkait berbagai penelitian dan teori-teori yang relevan sehingga nantinya terkumpulah data informasi berkenaan dengan variabel yang ditulis. Kata Kunci: Alat Peraga, Bahan Ajar, Sumber Belajar IPA SD/MI
MENINGKATKAN HASIL BELAJAR EKONOMI PADA MATERI AKUNTANSI SEBAGAI SISTEM INFORMASI MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) PADA SISWA KELAS XII IPS-4 SMAN 4 BANJARBARU KOTA BANJARBARU Agustien Dewi Mardianti
Tarbiyah Darussalam: Jurnal Ilmiah Kependidikan dan Keagamaan Vol 4, No 2 (2020): Jurnal Ilmiah Keagamaan
Publisher : Fakultas Tarbiyah Institut Agama Islam Darussalam Martapura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.58791/tadrs.v4i2.49

Abstract

Abstrak Rendahnya hasil belajar ekonomi pada materi akuntansi sebagai sistem informasi di kelas XII IPS-4 SMAN 4 Banjarbaru Kota Banjarbaru di sebabkan kurang efektifnya metode pembelajaran yang di gunakan guru selama ini. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (class action research), penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Prosedur penelitian terdiri dari :tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, tahap pengamatan, dan tahap refleksi. Data penelitian diperoleh dengan tes tulis serta menggunakan lembaran observasi. Subjek penelitian adalah siswa kelas XII IPS-4 SMAN 4 Banjarbaru Kota Banjarbaru semester I tahun pelajaran 2019/2020 sebanyak 33 Orang. Hasil Penelitian menunjukan dengan pembelajaran Kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD) dapat meningkat hasil belajar ekonomi pada materi akuntansi sebagai sistem informasi di kelas XII IPS-4 SMAN 4 Banjarbaru Kota Banjarbaru dengan ketuntasan pada Siklus I ketuntasan siswa 67% Aktivitas guru dalam mengajar siklus I 80% terlaksana dan siswa yang aktif siklus I 82%. Setelah direfleksi terjadi peningkatan pada siklus II ketuntasan siswa 94%, Aktivitas guru meningkat menjadi 93% dan siswa yang aktif 96%. Dari analisis penelitian dapat disimpulkan dengan melalui pembelajaran Kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD) dapat meningkatkan hasil belajar ekonomi pada materi akuntansi sebagai sistem informasi di kelas XII SMAN 4 Banjarbaru Kota Banjarbaru.Kata kunci : Hasil Belajar, Pembelajaran Ekonomi, pembelajaran Kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD)