cover
Contact Name
Wahyu Mustajab
Contact Email
jmae@erapublikasi.id
Phone
+6282186310996
Journal Mail Official
jmae@erapublikasi.id
Editorial Address
Taman Balaraja blok G 2 no.1 RT 03 RW 08 Desa Parahu Kec. Sukamulya Kab. Tangerang - Banten 15610
Location
Kota tangerang,
Banten
INDONESIA
Jurnal Manajemen, Akuntansi, Ekonomi
ISSN : -     EISSN : 28287770     DOI : 10.59066/jmae
Core Subject : Economy,
Focus and Scope Accounting: Financial Accounting Public Sector Accounting Management Accounting Islamic Accounting and Financial Management Auditing Corporate Governance Ethics and Professionalism Corporate Finance Accounting Education Taxation Capital Market Banking Information System Sustainability Reporting Economics: Macroeconomics Microeconomics Urban economy Property appraisal Islamic economists Banking financial institutions Management: Human Resource Management Financial Management Marketing Management Strategic Management Organizational Behaviour Operations Management Change Management Entrepreneurship E-Business Supply Chain Management Logistic Management
Articles 9 Documents
Search results for , issue "Vol. 1 No. 2 (2022): JMAE : Jurnal Manajemen, Akuntansi, Ekonomi" : 9 Documents clear
PENGARUH KUALITAS PELAYANAN, BRAND, DAN HARGA TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN GRAB Albert Yansen; Monika Jenfriska
Jurnal Manajemen, Akuntansi, Ekonomi Vol. 1 No. 2 (2022): JMAE : Jurnal Manajemen, Akuntansi, Ekonomi
Publisher : CV. Era Digital Nusantara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (414.607 KB) | DOI: 10.59066/jmae.v1i2.47

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Kualitas Pelayanan, Brand dan Harga terhadap Kepuasan Konsumen Grab secara parsial dan simultan. Penelitian ini menggunakan metode survei dengan populasi 128 orang, dan sampel 97 siswa-siswi sebagai responden. Penentuan sampel menggunakan teknik simple random sampling. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan analisis yang menggunakan uji analisis regresi linier berganda, uji koefisien determinasi (R2), uji parsial (t) dan uji silmutan (F) yang diolah menggunakan program Statistical Package for the Social Sciences (SPSS) versi 23. Hasil penelitian menunjukkan bahwa brand, dan harga berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen grab sedangkan kualitas pelayanan berpengaruh positif terhadap kepuasan konsumen grab. Variabel yang paling dominan yaitu brand terhadap kepuasan konsumen.
PENGARUH RETURN ON ASSET DAN KEPEMILIKAN MANAJERIAL TERHADAP MANAJEMEN LABA PADA PERUSAHAAN KEUANGAN YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA PERIODE 2017-2020 Dessyana Dessyana; Nur Aliah
Jurnal Manajemen, Akuntansi, Ekonomi Vol. 1 No. 2 (2022): JMAE : Jurnal Manajemen, Akuntansi, Ekonomi
Publisher : CV. Era Digital Nusantara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (211.174 KB) | DOI: 10.59066/jmae.v1i2.89

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji dan menganalisis pengaruh Return On Asset dan kepemilikan manajerial terhadap manajemen laba pada perusahaan keuangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2017-2020 baik secara simultan maupun parsial. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 105 perusahaan. Metode yang digunakan adalah metode purposive sampling dan diperoleh sebanyak 20 perusahaan yang menjadi sampel penelitian. Jenis penelitian merupakan penelitian deskriptif kuantitatif dengan menggunakan analisis regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara simultan, ROA dan Kepemilikan Manajerial tidak memiliki pengaruh terhadap Manajemen Laba pada perusahaan keuangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2017-2020. Secara parsial, ROA tidak memiliki pengaruh terhadap Manajemen Laba pada perusahaan keuangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2017-2020, begitu juga dengan Kepemilikan Manajerial tidak memiliki pengaruh terhadap Manajemen Laba pada perusahaan keuangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2017-2020. Kata Kunci: ROA, Kepemilikan Manajerial, Manajemen Laba
PENGARUH STRATEGI WORD OF MOUTH (WOM), SHARIA COMPLIANCE, DAN TINGKAT RELIGIUSITAS TERHADAP KEPUTUSAN MENJADI NASABAH DI PT. BANK MUAMALAT KANTOR CABANG UTAMA PALEMBANG Mufti Fiandi; Citra Pertiwi; Laitatul Badi’ah
Jurnal Manajemen, Akuntansi, Ekonomi Vol. 1 No. 2 (2022): JMAE : Jurnal Manajemen, Akuntansi, Ekonomi
Publisher : CV. Era Digital Nusantara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (277.169 KB) | DOI: 10.59066/jmae.v1i2.97

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh strategi word of mouth (WOM), sharia compliance, dan tingkat religiusitas terhadap keputusan menjadi nasabah di PT. Bank Muamalat Kantor Cabang Utama Palembang. Sampel dipilih menggunakan teknik sampel aksidental. Data dalam penelitian ini adalah 100 responden. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. Penelitian ini menggunakan metode analisis regresi berganda untuk menganalisis data. Hasil penelitian membuktikan bahwa secara parsial, strategi word of mouth (WOM) berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan menjadi nasabah, sharia compliance berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan menjadi nasabah, dan tingkat religiusitas berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan menjadi nasabah. Secara simultan, strategi word of mouth (WOM), sharia compliance, dan tingkat religiusitas berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan menjadi nasabah di PT. Bank Muamalat Kantor Cabang Utama Palembang. Hasil penelitian ini diharapkan memberikan manfaat bagi PT. Bank Muamalat Kantor Cabang Utama Palembang untuk meningkatkan keputusan menjadi nasabah melalui strategi word of mouth (WOM), sharia compliance, dan tingkat religiusitas.
PENERAPAN MODEL INDEKS TUNGGAL PADA PEMBENTUKAN PORTOFILIO OPTIMAL INDEKS SAHAM IDX 30 YANG TERDAFTAR DI BEI PERIODE 2018-2020 litka ginting; Naca perangin-angin; sugianta ginting
Jurnal Manajemen, Akuntansi, Ekonomi Vol. 1 No. 2 (2022): JMAE : Jurnal Manajemen, Akuntansi, Ekonomi
Publisher : CV. Era Digital Nusantara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (339.287 KB) | DOI: 10.59066/jmae.v1i2.107

Abstract

Investor di pasar modal umumnya akan menginvestasikan dananya pada saham yang memiliki return tinggi dengan risiko yang minimal. Untuk mengurangi tingkat risiko, saham-saham ini dapat dibentuk menjadi portofolio. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pembentukan portofolio optimal dengan model indeks tunggal pada saham-saham Indeks IDX 30 di Bursa Efek Indonesia. Metodologi penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif dengan data sekunder yang diperoleh dari Bursa Efek Indonesia. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis portofolio dengan menggunakan model indeks tunggal. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat tiga saham yang komposisinya sesuai dengan pembentukan portofolio saham yang optimal dengan model indeks tunggal. PT Aneka Tambang Tbk (ANTM), PT Bank Central Asia Tbk (BBCA), dan PT Semen Indonesia (Persero) Tbk (SMGR). Proporsi dana yang dapat diinvestasikan dalam saham adalah PT Aneka Tambang Tbk (ANTM) sebesar 28%, PT Bank Central Asia Tbk (BBCA) sebesar 64%, dan PT Semen Indonesia (Persero) Tbk (SMGR) sebesar 8%. Ketiga portofolio optimal tersebut diharapkan memiliki return 0,0239 atau 2,39% per bulan dan risiko yang harus dihadapi investor atas investasinya adalah 0,0275 atau 2,75%.
IMPLEMENTASI WAKAF UANG DI INDONESIA Ulil Amri
Jurnal Manajemen, Akuntansi, Ekonomi Vol. 1 No. 2 (2022): JMAE : Jurnal Manajemen, Akuntansi, Ekonomi
Publisher : CV. Era Digital Nusantara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (646.01 KB) | DOI: 10.59066/jmae.v1i2.108

Abstract

Implementasi Wakaf tidak hanya berkembang pada barang-barang tidak bergerak seperti rumah ibadah dan bangunan-bangunan penting lainnya, melainkan sudah merambah pada konsep wakaf uang tunai. Namun dalam implementasinya, wakaf uang mengalami kendala dalam pengembangannya meskipun pemerintah mengeluarkan UU Undang No 41 Tahun 2004 tentang wakaf uang supaya tidak terjadi penyelewengan dalam pengelolaannya. Penulis tertarik mengkaji permasalahan tersebut dikarenakan wakaf benda bergerak (uang) pada masa sekarang ini justru mempunyai nilai kemanfaatan lebih banyak, tidak hanya sekedar sementara atau sekali pakai sudah habis. Seiring perkembangan zaman yang pesat di masa sekarang wakaf uang pun banyak dimanfaatkan nilainya sehingga jauh dari unsur kerusakan. Hasil peneitian mencermati pendapat dan dasar hukum pendapat Sayyid Sabiq tentang wakaf uang sebagaimana dapat dilihat dari penjelasan sebelumnya, bahwa alasan Sayyid Sabiq tidak mengesahkan wakaf uang dikarenakan banda tersebut cenderung mudah habis ketika dibelikan sesuatu yang ringan, seperti lilin, minyak wangi, sehingga ketika sekali pakai, maka benda tersebut tidak jelas bekasnya. Jika dikelola dengan maksimal sehingga dapat membantu memenuhi kebutuhan hidup masyarakat.
PENGARUH PELATIHAN DAN MOTIVASI KERJA TERHADAP KINERJA KARYAWAN PT. TOKAI RIKA INDONESIA Rahmawati Solihat; Maha Putra
Jurnal Manajemen, Akuntansi, Ekonomi Vol. 1 No. 2 (2022): JMAE : Jurnal Manajemen, Akuntansi, Ekonomi
Publisher : CV. Era Digital Nusantara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (217.783 KB) | DOI: 10.59066/jmae.v1i2.109

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui seberapa besar faktor Pelatihan Kerja (X1) dan Motivasi Kerja (X2) terhadap Kinerja Karyawan (Y) pada PT. Tokai Rika Indonesia. Metode penulisan ini adalah kuantitatif. Untuk Pengumpulan data meliputi observasi dan penyebaran kuisioner kepada 73 karyawan dengan menggunakan teknik sample random sampling. Hasil analisa data dilakukan dengan teknik statistik menggunakan Spss 23 diantaranya uji validitas,uji reabilitas,regresi berganda, dan uji hipotesis parsial dan hipotesis simultan. Hasil penelitian ini adalah (1) terdapat pengaruh positif dan signifikan variabel pelatihan kerja terhadap kinerja karyawan dengan hasil uji hipotesis t hitung > t tabel 1,994 (2) terdapat pengaruh positif dan signifikan variabel motivasi kerja terhadap kinerja karyawan dengan hasil uji hipotesis t hitung > t tabel 1,994.
RELIGIUSITAS SEBAGAI FAKTOR UTAMA LOYALITAS NASABAH BANK SYARIAH Sutisna Sutisna; Rudi Aryanto; Siti Mardiah
Jurnal Manajemen, Akuntansi, Ekonomi Vol. 1 No. 2 (2022): JMAE : Jurnal Manajemen, Akuntansi, Ekonomi
Publisher : CV. Era Digital Nusantara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (231.699 KB) | DOI: 10.59066/jmae.v1i2.112

Abstract

 Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Religiusitas, Persepsi Atribut Produk dan Persepsi Nilai terhadap loyalitas nasabah Bank Syariah Indonesia   Kantor   Cabang   Pembantu   Palembang   Veteran.   Penelitian   ini merupakan jenis penelitian Kuantitatif dan sampel yang digunakan sebanyak 100 Responden dengan menggunakan teknik sampling isidental dengan populasi sebanyak 29.040 nasabah. Metode pengumpulan data yang digunakan penelitian ini menggunakan kuesioner yang disebarkan kepada nasabah Bank Syariah Indonesia kantor cabang pembantu Palembang Veteran. Metode analisis menggunakan analisis regresi berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan Religiusitas (X1) berpengaruh positif terhadap loyalitas nasabah Bank Syariah Indonesia Kantor Cabang Pembantu Palembang Veteran dengan nilai thitung 5,082 dan ttabel 1.984 dan nilai signifikan sebesar 0,000 < 0,05, Persepsi Atribut Produk (X2) berpengaruh positif terhadap loyalitas nasabah Bank Syariah Indonesia Kantor Cabang Pembantu Palembang Veteran dengan nilai thitung 2,438 dan ttabel 1.984 dan nilai signifikan sebesar 0,000 < 0,05, Persepsi Nilai (X3) berpengaruh positif terhadap loyalitas nasabah Bank Syariah  Indonesia  Kantor  Cabang Pembantu  Palembang Veteran  dengan  nilai thitung 3,941 dan ttabel 1.984 dan nilai signifikan sebesar 0,000 < 0,05, Artinya Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel Religiusitas, Persepsi Atribut Produk dan   Persepsi   Nilai   berpengaruh   terhadap   loyalitas   nasabah   Bank   Syariah Indonesia Kantor Cabang Pembantu Palembang Veteran.
ANALISIS PENGARUH PANDEMI COVID – 19 TERHADAP FINANCIAL DISTRESS PERUSAHAAN JASA DENGAN METODE ALTMAN Z-SCORE ( Studi Empiris Pada Perusahaan Perhotelan Restoran, Dan Pariwisata Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Periode 2018 – 2021) Andhiny Andhiny; Eduward Tony Sitorus; Rina Dameria Napitupulu
Jurnal Manajemen, Akuntansi, Ekonomi Vol. 1 No. 2 (2022): JMAE : Jurnal Manajemen, Akuntansi, Ekonomi
Publisher : CV. Era Digital Nusantara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (366.621 KB) | DOI: 10.59066/jmae.v1i2.120

Abstract

This study focuses on how the impact of the COVID-19 pandemic on service companies (empirical studies on hotel, restaurant and tourism companies listed on the Indonesia Stock Exchange (IDX) for the 2018-2021 period. The method used is the altman zscore analysis method, by analyzing the company's financial statements The population in this study is all service and hospitality companies that have Initial Public Offering (IPO) on the Indonesia Stock Exchange at least since 2018 and below, with a sample of 20 service companies in the hotel, restaurant and tourism subsector. hotel, restaurant and tourism sub-sector services.
PENGARUH PENGELOLAAN PIUTANG DAN ASET TERHADAP KINERJA KEUANGAN PERUSAHAAN PT TEMAS SHIPPING PERIODE 2017-2021 Vina Oktaviana; Eduward Tony Sitorus; Rina Dameria Napitupulu
Jurnal Manajemen, Akuntansi, Ekonomi Vol. 1 No. 2 (2022): JMAE : Jurnal Manajemen, Akuntansi, Ekonomi
Publisher : CV. Era Digital Nusantara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (258.368 KB) | DOI: 10.59066/jmae.v1i2.121

Abstract

This study aims to determine the effect of receivables and asset turnover on the financial performance of the company PT. Temas Shipping period 2017-2021 in quarterly.The source of this research uses secondary data. The type of research used is quantitative research with descriptive analysis and multiple linear regression analysis measured using SPSS 25.00. This research data collection uses documentation. The sample of this research is 5 periods of financial statements at PT. Temas Shipping by using the non-probability sampling method, namely the saturated sample, the population is the same as the sample.The results of this study indicate that the management of receivables at PT. Temas Shipping ranges between 3.10 times and 11.50 times with an average value of 7.76 times. Asset management at PT. Temas Shipping ranged between 34.38% and 102.91% with an average value of 49.08%. The Company's performance at PT Temas Shipping is between (3.61)% and 84.32% with an average value of 15.92%. The results of hypothesis testing indicate that Receivable Management has a positive and significant effect on Financial Performance (ROA), while Asset Management has a positive and significant effect on Financial Performance (ROA).Meanwhile, simultaneously, Receivable Management and Asset Management have a positive and significant effect. R square value of 0.818 which indicates 81.8% ROA can be explained by the independent variable, while the remaining 18.2% is explained outside of other variables outside this study.

Page 1 of 1 | Total Record : 9