cover
Contact Name
Ikhsan Satria Irianto
Contact Email
sendratasik@unja.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
sendratasik@unja.ac.id
Editorial Address
Prodi Sendratasik, FKIP, Univ. Jambi. Jl. Jambi - Muara Bulian. KM. 15, Mendalo Darat, Kec. Jambi Luar Kota, Kabupaten Muaro Jambi
Location
Kota jambi,
Jambi
INDONESIA
Jurnal Prabung Seni: Pengkajian dan Penciptaan Seni Pertunjukan
Published by Universitas Jambi
ISSN : 29647444     EISSN : 29647452     DOI : https://doi.org/10.22437/jpps.v1i01.21233
Core Subject : Art,
Jurnal Prabung Seni merupakan jurnal ilmiah pengkajian dan penciptaan seni pertunjukan untuk mahasiswa. Dikelola oleh Program Studi Seni Darma, Tari dan Musik (Sendratasik) Universitas Jambi. Prabung Seni menerima tulisan hasil studi atau penelitian di bidang seni drama (teater), tari, dan musik dalam berbagai kemungkinan sudut pandang.
Articles 18 Documents
PENULISAN NASKAH TITIK KOMA BERDASARKAN ASPEK MORFOLOGI TEATER ABDUL MULUK JAMBI Natasya Salsabilla
Prabung Seni: Jurnal Pengkajian dan Penciptaan Seni Vol. 1 No. 01 (2022): Prabung Seni | Pengkajian dan Penciptaan Seni Pertunjukan (Juni 2022)
Publisher : Universitas Jambi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (553.968 KB) | DOI: 10.22437/jpps.v1i01.20930

Abstract

Penulisan naskah drama Titik Koma ini berpijak pada aspek morfologi teater Abdul Muluk yang terdapat di Desa Muara Jambi. Tujuan penulisan naskah drama adalah terciptanya naskah yang berkarakter seni lokal Melayu Jambi. Ide karyanya bersumber pada pengalaman empiris dalam suatu keluarga. Metode penciptaan yang digunakan terbagi menjadi tiga tahap, yaitu pengumpulan data, pengolahan data dan perumusan data. Capaian kerja ilmiah ini adalah naskah drama berjudul Titik Koma yang mengangkat tentang pola asuh orang tua yang berkesan berupa ketabahan, kegigihan, pengontrolan emosi dan upaya meraih impian yang dipandang bernilai sebagai pembelajaran hidup bagi sesama.
PENCIPTAAN TRANSFORMASI IDIOM MUSIKAL SENANDUNG JOLO DALAM BENTUK KOMPOSISI MUSIK PROGRAMA Handika Maulana
Prabung Seni: Jurnal Pengkajian dan Penciptaan Seni Vol. 1 No. 01 (2022): Prabung Seni | Pengkajian dan Penciptaan Seni Pertunjukan (Juni 2022)
Publisher : Universitas Jambi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (2537.446 KB) | DOI: 10.22437/jpps.v1i01.20932

Abstract

Senandung Jolo adalah pantun yang dinyanyikan dengan diiringi oleh alat musik Gambang dan Gendang. Teks pantun dinyanyikan secara spontan oleh pelantun durasinya tergantung pada suasana hati pelantun. Dalam kesenian tradisional senandung jolo terdapat idiom musikal misalnya scale (tangga nada), bentuk pola melodi dan iringan. Tujuan penciptaan ini adalah mentransformasikan idiom musikal Senandung Jolo dalam bentuk komposisi musik programa. Proses penciptaan menggunakan metode observasi dan pengumpulan data, elaborasi, eksperimen, dan perwujudan baik struktur maupun tekstur. Luarannya berupa karya musik yang menyajikan musik programa naratif mengekspresikan pengalaman hidup pengkarya sebagai anak tunggal. Karya ini disajikan dalam bentuk ensambel campuran.
PEMERANAN TOKOH TRISNO DALAM PERTUNJUKAN NASKAH TITIK-TITIK HITAM KARYA NASYAH DJAMIN Ricky Agu Renaldy
Prabung Seni: Jurnal Pengkajian dan Penciptaan Seni Vol. 1 No. 01 (2022): Prabung Seni | Pengkajian dan Penciptaan Seni Pertunjukan (Juni 2022)
Publisher : Universitas Jambi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (844.606 KB) | DOI: 10.22437/jpps.v1i01.20934

Abstract

Pemeran menggunakan metode akting Stanislavsky untuk pendekatan terhadap akting realis dalam memerankan tokoh Trisno. Capaian dari metode akting ini adalah mewujudkan yang natural dan tidak di buat-buat. Penciptaan pemeranan ini menggunakan dua teori, yaitu: teori Sense of Memory dari Stanislavsky dan teori spiritual akting dari WS Rendra. Tahapan untuk memerankan tokoh Trisno dimulai dari tahap membaca naskah, membangun khimestry dan menjalin relasi dengan tata pentas, tata rias, tata busana dan tata musik.
PENCIPTAAN TARI MURUP BERANGKAT DARI TRADISI TERINAI DI KABUPATEN TANJUNG JABUNG TIMUR, JAMBI Puji Rahayu
Prabung Seni: Jurnal Pengkajian dan Penciptaan Seni Vol. 1 No. 01 (2022): Prabung Seni | Pengkajian dan Penciptaan Seni Pertunjukan (Juni 2022)
Publisher : Universitas Jambi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (733.662 KB) | DOI: 10.22437/jpps.v1i01.20936

Abstract

Murup terinspirasi dari lilin yang ada di tradisi berinai, lilin tersebut memiliki makna semangat juang yang bekobar, sehingga makna api tersebut dikaitkan dengan kehidupan seorang perempuan yang mengalami pembulian fisik. Dalam karya ini ingin menyampaikan suara-suara perempuan yang mengalami pembulian. Pengkarya sebagai korban pembulian fisik yang merasa terintimidasi oleh lingkungan sekitar, dan merasa dalam situasi kehidupan yang tidak sejalan seperti kenyataannya. Peristiwa ini pada karya ini diungkapkan ke dalam tiga bagian karya, yaitu bagian I permasalahan, bagian II pemberontakan, bagian III penyelesaian. Kemudian mengkarya menggunakan gerak tari Begubang dan Kelintang Serame yang dikembangkan dengan motif gerak dan tehnik dalam gerak tari Begubang.
STRUKTUR PENCIPTAAN KOMPOSISI MUSIK HU ALLAH ZIKIR BERDAH PADA TEKS KITAB AL-BARZANZI KARYA IMAM AL BUSYIRI Joko Satrio
Prabung Seni: Jurnal Pengkajian dan Penciptaan Seni Vol. 1 No. 01 (2022): Prabung Seni | Pengkajian dan Penciptaan Seni Pertunjukan (Juni 2022)
Publisher : Universitas Jambi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1716.772 KB) | DOI: 10.22437/jpps.v1i01.21232

Abstract

Zikir Berdah merupakan kesenian tradisi yang dipengaruhi oleh Islam yangmengekspresikan pujian terhadap nabi Muhammad SAW serta mengingat kepada sangpencipta Allah SWT. Teks yang dinyanyikan adalah kitab Al-Barzanzi karya Imam AlBusyiri. Dalam nyanyiannya terdapat idiom musikal seperti scale (tangga nada), bentukpola melodi yang „identik‟, gaya bernyanyi dengan menggunakan Hendel. Tujuanpenciptaan ini adalah mentransformasikan idiom musikal Zikir Berdah dalam merangkaikomposisi musik. Proses penciptaan menggunakan metode observasi, perumusan danpengembangan konsep serta perwujudannya ke dalam komposisi musik. Keluarannyaberupa karya musik yang menyajikan naskah Al-Barzanzi yang dinyanyikan oleh vokalsopran, alto, tenor dan bass dalam ensambel campuran. Kemudian diberi judul „HuAllah‟
ESTETIKA GERAK TARI BARAHOI MASYARAKAT DESA RANTAU BADAK, KECAMATAN MUARA PAPALIK, PROVINSI JAMBI Putri Rezky Marliani
Prabung Seni: Jurnal Pengkajian dan Penciptaan Seni Vol. 1 No. 01 (2022): Prabung Seni | Pengkajian dan Penciptaan Seni Pertunjukan (Juni 2022)
Publisher : Universitas Jambi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (629.388 KB) | DOI: 10.22437/jpps.v1i01.21233

Abstract

Tari Barahoi merupakan tari yang mentradisi di Desa Rantau Badak, Kecamatan Muara Papalik, Kabupaten Tanjung Jabung Barat, Provinsi Jambi. Tari ini dipertunjukkan oleh 10 pasang penari dalam acara pesta panen padi sebagai bentuk rasa syukur masyarakat terhadap hasil panen yang berlimpah, tari ini juga ditampilkan dalam acara pernikahan, khitanan dan penyambutan tamu- tamu besar di Desa Rantau Badak. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui keindahan tari Barahoi Desa Rantau Badak. Penelitian ini menggunakan teori estetika dan teori bentuk. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah deskriptif kualitatif, dengan teknik pengumpulan data dilakukan secara dokumentasi, wawancara dan observasi. Analisis data menggunakan metode tringulasi data. Hasil penelitian ini adalah tari Barahoi secara estetika berdasarkan bentuk.
ANALISIS BENTUK DAN TEKSTUAL MUSIK KRINOK PADA MASYARAKAT DESA RANTAU PANDAN KABUPATEN BUNGO Andri Reza Pahlawan; Mahdi Bahar; Ofa Yutri Kumala
Prabung Seni: Jurnal Pengkajian dan Penciptaan Seni Vol. 1 No. 2 (2022): Prabung Seni | Pengkajian dan Penciptaan Seni Pertunjukan (Desember 2022)
Publisher : Universitas Jambi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (688.651 KB)

Abstract

Krinok merupakan kesenian tradisi tutur yang dinyanyikan menggunakan alat-alat musik tradisional yaitu piul, gendang melayu, kelintang kayu, dan gong. Adapun teks pada nyanyian tersebut berisi pesan nasehat, keluh kesah, dan ajaran kehidupan yang dinyanyikan secara spontan oleh pelantun Krinok. Pada penampilannya, musik Krinok dipadukan dengan sebuah tarian yang disebut tari Tauh. Musik Krinok dan tari Tauh menjadi satu-kesatuan dan menjadi identitas masyarakat Rantau Pandan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan bidang keilmuan musik, diantaranya menyangkut struktur musik dan tekstual yang ada pada Musik Krinok.
PENCIPTAAN TARI TAMBO BERANGKAT DARI GERAK SILAT KEMIYAN DESA DUSUN BARU, KABUPATEN SAROLANGUN Ulfa Dwi Candra; Mahdi Bahar; Hartati M
Prabung Seni: Jurnal Pengkajian dan Penciptaan Seni Vol. 1 No. 2 (2022): Prabung Seni | Pengkajian dan Penciptaan Seni Pertunjukan (Desember 2022)
Publisher : Universitas Jambi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (749.019 KB)

Abstract

Tambo merupakan karya tari dengan ide garapan yang berasal dari sejarah di balik benda pusaka Bedil Paklinggam pada masa perjuangan masyarakat pribumi melawan penjajah Belanda di Kampung Ujung Tanjung yang merupakan desa tertua di Kabupaten Sarolangun. Karya tari Tambo berpijak dari motif gerak silat Kemiyan yang ada di desa Dusun Baru, Kabupaten Sarolangun. Metode penciptaan yang digunakan dalam proses penggarapan karya ini adalah kolaborasi, observasi, pengumpulan data, perwujudan pengembangan konsep dan perwujudan karya. Capaian dari proses karya Tambo ini adalah karya tari baru yang mengangkat kisah tentang perjuangan pribumi melawan penajajah melalui eksporasi dari gerak silat Kemiyan.
PENYUTRADARAAN TEATER BONEKA ABDUL MULUK DENGAN NASKAH SALAH SANGKO KARYA DIMAS RADITYA ARISANDI Fitri Wulandari Ratumas; Ikhsan Satria Irianto; Mahdi Bahar
Prabung Seni: Jurnal Pengkajian dan Penciptaan Seni Vol. 1 No. 2 (2022): Prabung Seni | Pengkajian dan Penciptaan Seni Pertunjukan (Desember 2022)
Publisher : Universitas Jambi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (484.523 KB)

Abstract

Naskah Salah Sangko adalah naskah yang terinspirasi dari teater tradisional Abdul Muluk di Jambi. Naskah Salah Sangko berisi kisah aktual kehidupan modern saat ini, tentang hubungan orang tua dan anak. Penulis yang bertindak sebagai sutradara tertarik kepada transformasi teater tradisional Abdul Muluk ke bentuk teater boneka. Bagi penulis hal ini merupakan kesempatan untuk mengekspresikan estetika dan artistika kontemporer yang berbasis teater tradisi Jambi. Proses mewujudkan pementasan teater boneka ini penulis menggunakan metode penyutradaraan teater boneka prologis (boneka mati yang dihidupkan) serta menggunakan penggabungan teori Lissez Faire dan Gordon Craig.
ANALISIS SENI PERTUNJUKAN SINGA DEPOK DI BUAH BATU Amalia nurqaidah; Jaeni Jaeni; Monita Precillia
Prabung Seni: Jurnal Pengkajian dan Penciptaan Seni Vol. 1 No. 2 (2022): Prabung Seni | Pengkajian dan Penciptaan Seni Pertunjukan (Desember 2022)
Publisher : Universitas Jambi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1241.472 KB)

Abstract

Seni pertunjukan Singa Depok adalah tradisi yang berasal dari Subang dan berkembang hingga ke Buah Batu. Singa Depok dahulunya merupakan bentuk sindiran terhadap bangsa kolonial, sebagai upaya balas dendam melalui kesenian. Rumusan masalah yang dipertanyaan dalam penelitian ini adalah bagaimana penyajian seni Singa Depok dan bagaimana persiapan prapertunjukan agar pertunjukan berjalan dengan lancar. Metode yang digunakan pada penelitian ini yaitu menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Data dan informasi didapati melalui observasi dan wawancra. Hasil dari penelitian ini adalah penjelasan tentang sejarah, perkembangan dan tujuan dari seni Singa Depok.

Page 1 of 2 | Total Record : 18