cover
Contact Name
Sigit Budhi Setiawan
Contact Email
sbs@rijan.ac.id
Phone
+628123456585
Journal Mail Official
sbs@rijan.ac.id
Editorial Address
STIES Riyadlul Jannah Mojokerto JL. Hayam Wuruk No.22, Ledok, Pacet, Kec. Pacet, Kota Mojokerto, Jawa Timur 61374
Location
Kota mojokerto,
Jawa timur
INDONESIA
FADZAT Jurnal Ekonomi Syariah
ISSN : 27467864     EISSN : 27467872     DOI : https://doi.org/10.58787/fdzt
FADZAT Jurnal Ekonomi Syariah adalah jurnal ilmiah yang terbit dalam bentuk elektronik dan cetak sebagai penerbitan yang orisinal hasil-hasil penelitian kualitatif, kuantitatif, dan metode campuran terkait dengan isu ekonomi syariah. FADZAT terbit dua kali dalam setahun, setiap bulan Juni dan Desember. FADZAT memiliki cakupan isu Ekonomi Islam/Syariah, Bisnis/Kewirausahaan Syariah, Manajemen dan Perbankan Syariah, Etika Bisnis Syariah, Manajemen Investasi Syariah, Manajemen Risiko Syariah, Filantropi Syariah (Zakat, Infaq, Wakaf, Sodaqoh, dsb), Perbankan dan Keuangan Syariah, Permasaran Syariah, Sumber Daya Manusia Syariah, Halal Supply Chain Management dan hal-hal baru terkait temuan dalam Ekonomi Syariah. FADZAT Jurnal Ekonomi Syariah telah memiliki ISSN Cetak (P-ISSN 2746-7864 ) dan ISSN Elektronik E-ISSN 2746-7872. Jurnal FADZAT juga telah terdaftar di sistem Crossref dengan Digital Object Identifier (DOI): 10.58787 FADZAT Jurnal Ekonomi Syariah berdiri sejak 2018, dikelola dan diterbitkan oleh Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Syariah Riyadlul Jannah Mojokerto. Semua artikel jurnal ini bisa diakses di https://jurnal.rijan.ac.id/index.php/fdzt FADZAT Jurnal Ekonomi Syariah menerbitkan artikel jurnal hasil dari penelitian kualitatif, kuantitatif dan metode campuran. Scopes Scopes atau cakupan FADZAT Jurnal Ekonomi Syariah adalah: Ekonomi Islam/Syariah Bisnis/Kewirausahaan Syariah Manajemen dan Perbankan Syariah Etika Bisnis Syariah Manajemen Investasi Syariah Manajemen Risiko Syariah Filantropi Syariah (Zakat, Infaq, Wakaf, Sodaqoh, dsb) Perbankan dan Keuangan Syariah Permasaran Syariah Sumber Daya Manusia Syariah Halal Supply Chain Management
Articles 4 Documents
Search results for , issue "Vol. 3 No. 2 (2023): Edisi Juni" : 4 Documents clear
Prospek Rijan Laundry dalam Meningkatkan Usaha Mikro Kecil dan Menengah Menurut Tinjauan Ekonomi Islam : Studi pada Rijan Laundry Pondok Pesantren Riyadlul Jannah Mojokerto Mokhammad Ainurrofiq
FADZAT: Jurnal Ekonomi Syariah Vol. 3 No. 2 (2023): Edisi Juni
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Syariah Riyadlul Jannah Mojokerto

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (163.04 KB) | DOI: 10.58787/fdzt.v3i2.39

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui prospek dalam penerimaan pendapatan yang cukup besar bagi pemilik usaha dan bagaimana tinjauan ekonomi Islam terhadap usaha laundry di Pondok Pesantren Riyadlul Jannah Mojokerto. Dalam pengumpulan data, penulis menggunakan wawancara dan dokumentasi yang di ambil dari lokasi penelitian. Subjek dalam penelitian ini adalah pengusaha usaha Rijan laundry, sedangkan objek penelitian adalah usaha Rijan laudry. Dalam penelitian ini penulis menggunakan teknik analisa kualitatif dengan deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa prospek usaha laundry di Pondok Pesantren Riyadlul Jannah Mojokerto merupakan salah satu usaha untuk meningkatkan usaha mikro kecil dan menengah khususnya di Pondok Pesantren Riyadlul Jannah Mojokerto. Sedangkan yang mempengaruhi usaha laundry ini dapat dilihat dari pemasaran dan produksi, faktor pendukung usaha Rijan laundry yaitu Faktor pertama adalah konsumen yang terus meningkat sebagian mencari jalan lain yang praktis untuk mengurusi masalah pakaian kotor, faktor kedua yaitu kewajiban konsumen dalam melaundrykan pakaian ke Rijan Laundry, sedangkan dalam tinjauan ekonomi Islam dalam usaha Rijan laundry tidak ada hal yang bertentangan dengan ekonomi Islam dan kita sangat di anjurkan untuk senantiasa berusaha dan bekerja, dengan adanya itu terbukanya lapangan pekerjaan dan juga terdapat unsur tolong menolong, hal ini sangat dianjurkan oleh agama yang mulia ini.
Strategi Meningkatkan Kualitas Pelayanan dalam Membangun Kepuasan Konsumen Di Cattering Rijan Pondok Pesantren Riyadhlul Jannah Pacet Mojokerto Tahun Pelajaran 2020/2021 Joko Wiyono
FADZAT: Jurnal Ekonomi Syariah Vol. 3 No. 2 (2023): Edisi Juni
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Syariah Riyadlul Jannah Mojokerto

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (144.484 KB) | DOI: 10.58787/fdzt.v3i2.40

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah Untuk mengetahui Strategi Meningkatkan Kualitas Pelayanan Dalam Membangun Kepuasan Konsumen Di Cattering Rijan Pondok Pesantren Riyadlul Jannah Pacet Mojokerto. Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang dipilih oleh peneliti, bahwa penelitian kualitatif adalah suatu prosedur penelitian yang menghasilkan data deskriptif berupa data-data tertulis atau lisan dari orang-orang atau pelaku yang kita amati.Berdasarkan hasil penelitian, Strategi Meningkatkan Kualitas Pelayanan dalam membangun kepuasan konsumen Di Cattering Rijan dapat dilihat berdasarkan penerapan strategi yang sudah dilakukan, Penilaian Konsumen terhadap kualitas Pelayanan yang diberikan kepada konsumen. Penilaian tersebut dapat dijadikan Tolak Ukur bagi pihak Rijan Cattering, agar bisa lebih memperbaiki sistem pelayanan dalam membangun kepuasan konsumen yang diberikan.
Penerapan Analisis SWOT dalam Menentukan Strategi Pemasaran Syariah Produk Butik Maura Pacet Mojokerto Hifi Rini Puspita
FADZAT: Jurnal Ekonomi Syariah Vol. 3 No. 2 (2023): Edisi Juni
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Syariah Riyadlul Jannah Mojokerto

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (198.195 KB) | DOI: 10.58787/fdzt.v3i2.41

Abstract

The application of Islamic Shari'a in Mojokerto has developed a new paradigm regarding the application of law, including muamalah which causes the application of sharia principles in marketing to also be an interesting matter to study. This study aims to analyze the implementation of sharia marketing at the Butik Maura Pacet Mojokerto. Marketing mix variables consist of product, price, promotion and distribution, as well as SWOT variables. The method used is qualitative descriptive analysis approach. Sources of data obtained by observation, interviews, and documentation. The results of this study indicate that the implementation of the marketing mix has been carried out properly and in accordance with sharia principles, and there are no elements that deviate from Islamic law in the marketing process according to the example of the Prophet.
Implementasi Peraturan Daerah Berbasis Syariah Di Pantai Tanjung Bira Aninda Aprilia; Idris Parakkasi; Sirajuddin
FADZAT: Jurnal Ekonomi Syariah Vol. 3 No. 2 (2023): Edisi Juni
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Syariah Riyadlul Jannah Mojokerto

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.58787/fdzt.v3i2.44

Abstract

Regional Regulation Number 3 of 2002 concerning Prohibition, Supervision, Control, Distribution and Sale of Alcoholic Drinks andRegional Regulation Number 5 of 2003 concerningMuslim Women and Muslim Women's Clothing are two examples of sharia law that have beenimplemented in Bulukumba Regency. To understandand assess the community's reaction to the formationof Sharia-Based Regional Regulations at Tanjung Bira Beach, Bulukumba Regency, this study seeks tounderstand the mechanisms and implementation ofpolicies as well as policy implementation. Suchstudies use a phenomenological approach and focus onhow individual participants perceive their experiences. based on an investigation into the spike in alcohol useamong Bulukumba residents and questions about theclothing worn by tourists. The regional governmentand its staff, especially Kesbangpolinmas and Satpol Pamong Praja, have attempted to interact and persuadeyoung people who use alcohol and traders who sellalcohol, especially regional drinks, by taking firmaction against violations of regional law, formingBuserda Teams (Regional Hunters and Sergeants), andcarrying out supervision and enforcement of alcohol in the field. They also gave strict warnings to employeeswho were not wearing Muslim clothing and were drunk. The community responded positively to theimplementation of this regional regulation which madeTanjung Bira Beach, Bulukumba Regency, experiencea decrease in crime rates.

Page 1 of 1 | Total Record : 4