cover
Contact Name
Andika Sulistiawan
Contact Email
andika.fkik@unja.ac.id
Phone
+62811360363
Journal Mail Official
andika.fkik@unja.ac.id
Editorial Address
-
Location
Kota jambi,
Jambi
INDONESIA
Jurnal Keperawatan Universitas Jambi
Published by Universitas Jambi
ISSN : 25484869     EISSN : -     DOI : -
Core Subject : Health,
Jurnal Keperawatan Universitas Jambi adalah jurnal yang dikeleola ioleh jurusan keperawatan universitas jambi, yang fokus terhadap penelitian dan perkembangan ilmu keperawatan.
Articles 11 Documents
PENGARUH PENERAPAN STRATEGI PELAKSANAAN HARGA DIRI RENDAH TERHADAP HARGA DIRI KLIEN SKIZOFRENIA Sutinah Sutinah
JURNAL KEPERAWATAN UNIVERSITAS JAMBI Vol 3 No 2 (2018): JURNAL KEPERAWATAN UNIVERSITAS JAMBI
Publisher : Program Studi Keperawatan Universitas Jambi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Harga diri rendah adalah perasaan tidak berharga, tidak berarti yang berkepanjangan akibat evaluasi negatif terhadap diri sendiri dan kemampuan diri. Harga diri rendah berhubungan dengan hubungan interpersonal yang buruk terutama menonjol pada klien skizofrenia. Klien yang mengalami harga diri rendah akan menunjukkan perilaku menarik diri dan menghindari interakasi dengan orang lain jika tidak di intervensi. Kemampuan klien melakukan hubungan interpersonal dapat ditingkatkan dengan pemberian intervensi salah satunya strategi pelaksanaan. Adapun tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh penerapan strategi pelaksanaan harga diri rendah terhadap harga diri klien skizofrenia di Rumah Sakit Jiwa Provinsi Jambi. Jenis penelitian yang digunakan adalah kuantitatif quasi experimental, pre-test and post–test one group design. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh klien skizofrenia sebanyak 102 orang dengan jumlah sampel sebanyak 16 orang adapun tehnik pengambilan sampel purposive sampling. Pengumpulan data menggunakan kuesioner. Analisis data dilakukan secara univariat dan bivariat, dari hasil uji statistik univariat diketahui sebanyak 100% mengalami harga diri rendah. Hasil uji statistik bivariat menunjukkan ada pengaruh penerapan strategi pelaksanaan harga diri rendah terhadap harga diri klien skizofrenia dengan p-value 0.01 (< 0.05). Penelitian ini menunjukkan bahwa klien sebaiknya melakukan strategi pelaksanaan pada saat mengalami harga diri rendah.
Hubungan Pola Asuh Ibu dan Personal Hygiene dengan Kejadian Kecacingan pada Anak Usia 2-4 Tahun di Kelurahan Kasang Kota Jambi Tahun 2018 Dian Octavia
JURNAL KEPERAWATAN UNIVERSITAS JAMBI Vol 3 No 2 (2018): JURNAL KEPERAWATAN UNIVERSITAS JAMBI
Publisher : Program Studi Keperawatan Universitas Jambi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Latar Belakang: Penyakit kecacingan merupakan penyakit yang saat ini memiliki tingkat prevalensi tertinggi pada anak usia prasekolah. Data dari Dinas Kesehatan Kota Jambi, diketahui sebanyak 696 kasus infeksi kecacingan. Berdasarkan survei dan observasi dari beberapa Kelurahan di Jambi, warga kasang mengatakan bahwa di daerah tersebut sering terjadi banjir sehinggalingkungannya beresiko terjadi kecacingan. Selain itu, banyak anak-anak saat bermain tidak mengunakan alas kaki sehingga mempermuda parasit masuk ke dalam tubuh.. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan pola asuh ibu dan personal hygiene dengan kejadian kecacingan pada anak usia 2-4 tahun. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan cross sectional. Penelitian ini dilakukan di Kelurahan Kasang Kota Jambi pada tanggal 1-24 Agustus 2018.Populasi penelitian ini adalah seluruh ibu yang memiliki anak usia 2-4 tahun sebanyak 272 orang. Sampel sebanyak 79 ibu diambil secara purposive sampling. Pengumpulan data dengan cara pengisian kuesioner. Analisis data univariat dan bivariat menggunakan uji spearman.Hasil penelitian ini menunjukkan dari 79 responden, sebagian besar menerapkan pola asuh positif sebanyak 46 responden (58,2%), sebagian besar responden (50,8%) melakukan personal hygiene dengan baik dan sebagian besar responden (50,6%) tidak cacingan. Pola asuh ibu (sig. 0,000) dan personal hygiene (sig. 0,000) dengan kejadian cacingan pada anak usia 2-4 tahundengan nilai p value < 0,05. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya hubungan antara pola asuh dan personal hygiene dengan kecacingan. Diharapkan hasil penelitian dapat dipergunakan sebagai sumber informasi bagi Puskesmas dan masyarakat untuk melakukan pencegahan dan penanganan kejadian kecacingan.
Penambahan Minyak Kelapa Murni (VCO) pada Jus Tomat Menurunkan Tekanan Darah Pada Penderita Hipertensi di Puskesmas Simpang IV Sipin Kota Jambi Dasuki Dasuki
JURNAL KEPERAWATAN UNIVERSITAS JAMBI Vol 3 No 2 (2018): JURNAL KEPERAWATAN UNIVERSITAS JAMBI
Publisher : Program Studi Keperawatan Universitas Jambi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Hipertensi merupakan silent killer dimana hipertensi adalah salah satu penyebab utama mortalitas dan morbiditas di Indonesia, sehingga tatalaksana penyakit ini merupakan intervensi yang sangat umum dilakukan diberbagai tingkat fasilitas kesehatan. Salah satunya adalah mengkonsumsi jus tomat dengan penambahan minyak VCO. Tomat memiliki manfaat menurunkan tekanan darah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penambahan minyak kelapa murni (VCO) pada jus tomat dapat menurunkan tekanan darah pada penderita hipertensi. Jenis penelitian yang digunakan Quasy eksperimen atau eksperimen semu. Rancangan penelitian yang digunakan adalah one group pretest posttest. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh yang menderita hipertensi di Puskesmas Simpang IV Sipin Kota Jambi sebanyak 2018 orang dengan jumlah sampel 28 orang. Pengambilan sampel dengan purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan pada tanggal 05 - 18 Juli 2018. Analisa data yang digunakan adalah analisis univariat dan bivariat dengan menggunakan uji wilcoxon. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari 28 responden rata-rata tekanan darah sistolik pasien hipertensi sebelum penambahan minyak kelapa murni (VCO) pada jus tomat adalah 150 /mmHg, dan rata-rata tekanan darah sistolik pasien hipertensi sesudah penambahan minyak kelapa murni (VCO) pada jus tomat adalah 140 mmHg dengan selisih 10. Rata-rata tekanan darah diastolik pasien hipertensi pre test adalah 100 mmHg, dan rata-rata tekanan darah diastolik pasien hipertensi post test adalah 90 mmHg dengan selisih 0. Hasil uji statistik didapat nilai p-value < 0,05. Diharapkan agar pihak Puskesmas mensosialisasikan manfaat penambahan minyak kelapa murni (VCO) pada jus tomat terhadap perubahan tekanan darah, sehingga penderita hipertensi dapat mengkonsumsi jus tomat dengan penambahan minyak VCO sebagai alternatif minuman untuk menurunkan tekanan darah.
PENGETAHUAN DAN SIKAP KELUARGA DALAM PENCEGAHAN RESIKO JATUH PADA LANSIA Jajuk Kusumawaty
JURNAL KEPERAWATAN UNIVERSITAS JAMBI Vol 3 No 2 (2018): JURNAL KEPERAWATAN UNIVERSITAS JAMBI
Publisher : Program Studi Keperawatan Universitas Jambi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Latar Belakang : Resiko jatuh adalah suatu kejadian yang mengakibatkan seseorang mendadak terbaring, terduduk di lantai atau tempat yang lebih rendah dengan atau tanpa kehilangan kesadaran atau luka. Untuk menghindari resiko jatuh, diperlukan pengetahuan keluarga yang baik dalam merawat lansia untuk meningkatkan status kesehatan lansia. Tujuan : Untuk memperoleh gambaran mengenai pengetahuan dan sikap keluarga dalam pencegahan resiko jatuh pada lansia di wilayah kerja Puskesmas Handapherang Kabupaten Ciamis tahun 2018. Metode Penelitian : Jenis penelitian ini adalah deskriptif. Jumlah sampel 99 orang dari 6587 populasi, teknik pengambilan sampel menggunakan Proporsional Random Sampling. Hasil Penelitian : Pengetahuan keluarga tentang pencegahan resiko jatuh pada lansia sebagian besar berkategori kurang yaitu sebanyak 57 orang (57.6%) dan sikap keluarga tentang pencegahan resiko jatuh pada lansia sebagian besar berkategori unfavorable sebanyak 60 orang (60.6%). Pembahasan dan Kesimpulan : Pengetahuan dan sikap keluarga tentang pencegahan resiko jatuh pada lansia mayoritas kurang salahsatu factor yang mempengaruhinya adalah tingkat pendidikan dan pemahaman serta tingkat penghasilan yang masih rendah .
Teknik Relaksasi Guided Imagery Terhadap Pemenuhan Kebutuhan Tidur Anak Usia Sekolah Di Rumah Sakit Deswita Deswita
JURNAL KEPERAWATAN UNIVERSITAS JAMBI Vol 7 No 1 (2022): JURNAL KEPERAWATAN UNIVERSITAS JAMBI
Publisher : Program Studi Keperawatan Universitas Jambi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Gangguan tidur sering dialami oleh anak selama menjalani hospitalisasi. Gangguan tidur dalam waktu yang lama akan mempengaruhi kondisi fisik dan psikologis seseorang serta bisa menyebabkan lamanya proses penyembuhan. Teknik relaksasi imajinasi terbimbing (guided imagery) merupakan salah satu teknik relaksasi yang menggunakan semua pancaindera melalui audio yang diberikan. Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat pengaruh teknik relaksasi imajinasi terbimbing terhadap pemenuhan kebutuhan tidur anak usia sekolah. Desain penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimental design dengan one group pretest posttest. Teknik pengambilan sampel dengan purposive sampling yang terdiri dari 14 orang responden yang mengalami gangguan tidur. Hasil penelitian dengan menggunakan uji statistik wilcoxon menunjukan adanya pengaruh teknik relaksasi imajinasi terbimbing terhadap pemenuhan kebutuhan tidur anak usia sekolah dengan rata-rata peningkatan durasi tidur adalah 8,42, p=0,000 dan standar deviasi 0,474. Perlu diberikan teknik relaksasi imajinasi terbimbing (guided imagery) baik secara langsung ataupun menggunakan media audio seperti mp3 di sebuah pelayanan kesehatan dalam meningkatkan kebutuhan tidur pasien rawat inap anak.
GAMBARAN KUALITAS TIDUR DAN GANGGUAN TIDUR PADA LANSIA DI PANTI SOSIAL TRESNA WERDHA BUDI LUHUR KOTA JAMBI Ernawati Ernawati
JURNAL KEPERAWATAN UNIVERSITAS JAMBI Vol 7 No 1 (2022): JURNAL KEPERAWATAN UNIVERSITAS JAMBI
Publisher : Program Studi Keperawatan Universitas Jambi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Pada kelompok lanjut usia (60 tahun), hanya ditemukan 7% kasus yang mengeluh mengenai masalah tidur (hanya dapat tidur tidak lebih dari 5 jam sehari). Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan cross sectional untuk mengetahui gambaran kualitas tidur dan gangguan tidur pada lansia di Panti Sosial Tresna Werdha Budi Luhur Kota Jambi tahun 2017. Pengambilan sampel dilakukan dengan purpusive sampling sebanyak 47 responden. Penelitian dilakukan pada bulan Februari 2017 dan data dianalisis secara univariat. Karakteristik umur responden terbesar adalah berumur 60 – 74 tahun yaitu sebanyak 26 responden (72,2%), jenis kelamin terbesar adalah laki-laki yaitu sebanyak 21 responden (58,3%), kualitas tidur pada lansia terbesar adalah kualitas tidur kurang baik yaitu sebanyak 24 responden (66,7%) dan gangguan tidur pada lansia terbesar adalah gangguan tidur ringan yaitu sebanyak sebanyak 26 responden (72,2%).
HUBUNGAN PENGETAHUAN DAN SIKAP TENTANG PEDICULOSIS CAPITIS DENGAN PERILAKU PENCEGAHAN PEDICULOSIS CAPITIS PADA SANTRI ASRAMA PUTRI PONDOK PESANTREN DARUSSALAM MUARA BUNGO TAHUN 2017 MUHAMMAD RIDWAN
JURNAL KEPERAWATAN UNIVERSITAS JAMBI Vol 7 No 1 (2022): JURNAL KEPERAWATAN UNIVERSITAS JAMBI
Publisher : Program Studi Keperawatan Universitas Jambi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Pediculosis capitis merupakan penyakit kulit kepala yang disebabkan oleh parasit pediculus humanus varian capitis. Penyakit ini banyak menyerang anak sekolah terutama yang tinggal di asrama. Gatal yang ditimbulkan mengakibatkan berbagai dampak terhadap penderitanya seperti kurangnya kualitas tidur, stigma sosial, rasa malu, dan rendah diri. Penularan dapat melalui kontak langsung maupun tak langsung. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan pengetahuan dan sikap tentang pediculosis capitis dengan perilaku pencegahan pediculosis capitis. Disain penelitian adalah cross-sectional. Penelitian dilakukan pada santri asrama putri Pesantren Darussalam. Besar sampel sebanyak 72 sampel dengan teknik proportionate stratified random sampling. Pengumpulan data menggunakan data sekunder dan primer (kuesioner). Analisis data dilakukan secara univariat dan bivariat dengan aplikasi SPSS. Hasil analisis chi-square dengan tingkat signifikan 5% menunjukkan bahwa terdapat hubungan antara pengetahuan dengan perilaku pencegahan pediculosis capitis p-value 0,024 (<∝0,05) dan terdapat hubungan antara sikap tentang pediculosis capitis dengan perilaku pencegahan pediculosis capitis p-value 0,019 (<∝0,05). Terdapat hubungan antara pengetahuan dan sikap tentang pediculosis capitis dengan perilaku pencegahan pediculosis capitis.
PENGARUH PENDIDIKAN KESEHATAN TERHADAP PENGETAHUAN DAN SIKAP WANITA USIA SUBUR TENTANG PEMERIKSAAN INSPEKSI VISUAL ASAM ASETAT (IVA) DI RT 11 DAN RT 21 KELURAHAN LEGOK DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS PUTRI AYU KOTA JAMBI TAHUN 2017 FADLIYANA EKAWATY; YUSNILAWATI YUSNILAWATI
JURNAL KEPERAWATAN UNIVERSITAS JAMBI Vol 7 No 1 (2022): JURNAL KEPERAWATAN UNIVERSITAS JAMBI
Publisher : Program Studi Keperawatan Universitas Jambi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Latar Belakang: Dewasa ini, banyaknya kasus kanker serviks yang terjadi pada wanita. Kanker serviks adalah kelainan ginekologi yang dapat dicegah dengan deteksi dini seperti pemeriksaan inspeksi visual asam asetat (IVA). Dewasa ini, IVA tidak terkenal dimasyarakat. Cara efisien untuk menyebarluaskan informasi tentang IVA adalah melalui pendidikan kesehatan, pendidikan kesehatan dilakukan untuk meningkatkan pengetahuan dan sikap wanita usia subur. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendidikan kesehatan terhadap pengetahuan dan sikap wanita usia subur tentang pemeriksaan IVA di RT 11 dan RT 21 Kelurahan Legok Wilayah Kerja Puskesmas Putri Ayu. Metode: Penelitian ini menggunakan rancangan Pre-Eksperimental dengan metode One group pretest-posttest. Penelitian ini dilaksanakan pada Bulan Mei-Juni 2017. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh wanita usia subur yang sudah menikah dan berusia 20-45 tahun, dengan sampel 39 responden yang diambil secara Random. Data didapatkan dengan memberikan kuesioner kepada responden kemudian diberikan penyuluhan kesehatan dan 2 minggu kemudian memberikan kuesioner kembali. Hasil: Hasil uji statistik dengan uji Wilcoxon menunjukkan bahwa terjadi peningkatan pengetahuan dan sikap sebelum dan sesudah dilakukan pendidikan kesehatan. Sedangkan untuk pengaruh penyuluhan kesehatan terhadap pengetahuan dan sikap adalah sangat berpengaruh dengan p-value 0,000. Kesimpulan: Ada pengaruh penyuluhan kesehatan tentang pemeriksaan Inspeksi Visual Asam Asetat (IVA) terhadap pengetahuan dan sikap wanita usia subur di RT 11 dan RT 21 kelurahan Legok Wilayah Kerja Puskesmas Putri Ayu Kota Jambi Tahun 2017.
ANALISIS PENGARUH KEPATUHAN POLA DIET DM TERHADAP KADAR GULA DARAH DM TIPE II dini rudini; YUSNILAWATI YUSNILAWATI; ANDIKA SULISTIAWAN
JURNAL KEPERAWATAN UNIVERSITAS JAMBI Vol 3 No 2 (2018): JURNAL KEPERAWATAN UNIVERSITAS JAMBI
Publisher : Program Studi Keperawatan Universitas Jambi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Latar Belakang: Diabetes mellitus adalah kelainan metabolik kronis yang menyebabkan peningkatan kadar gula darah. Manajemen kadar gula darah adalah terapi diet untuk mengurangi risiko komplikasi. Tujuan penelitian untuk mengetahui hubungan antara tingkat kepatuhan pola diet DM dengan kadar gula darah pada pasien DM tipe II. Metode Penelitian: Penelitian observasional menggunakan cross sectional. Sampel penelitian pasien Dm tipe II berjumlah 74 responden dengan mengambil secara simple rendom sampling di ruangan rawat jalan RSUD Raden Mattaher Jambi pada 6-12 April 2018. Instrumen penelitian menggunakan kuesioner Food recall 1x24jam dan Food frequency questioner. Penggolahan data menggunakan program Nutrisurvey2007 dan Spss versi 21 dengan uji statistik univariat distribusi frekuensi dan analisis bivariat menggunakan uji regresi linier sederhana.Hasil: Hasil penelitian kepatuhan terhadap pola diet DM yang tidak patuh 70 responden dan patuh sebanyak 4 responden. Hasil uji statistik menggunakan uji regresi linier sederhana menunjukkan nilai signifikan diet DM pada kadar glukosa darah puasa pada bulan April adalah 0,009 pada bulan Maret nilai signifikansi 0,026 dan pada bulan Februari nilai signifikan 0,010. Simpulan: Upaya yang dilakukan dalam mengontrol kadar gula darah pasien diabetes mellitus tipe II yaitu kepatuhan pola diet diabetes mellitus.
HUBUNGAN KOPING TERHADAP TINGKAT STRESS DENGAN PASIEN DIABETES MELITUS DI POLI PENYAKIT DALAM RSUD RADEN MATTAHER JAMBI TAHUN 2018 KAMARIYAH KAMARIYAH; DINI RUDINI
JURNAL KEPERAWATAN UNIVERSITAS JAMBI Vol 3 No 2 (2018): JURNAL KEPERAWATAN UNIVERSITAS JAMBI
Publisher : Program Studi Keperawatan Universitas Jambi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Latar Belakang : Bagi pasien diabetes mellitus tipe II, stress dapat mempengaruhi kadar guladarah. Salah satu penatalaksanaan yang dianggap efektif dalam mengatasi stress pada pasiendiabetes mellitus tipe II adalah dengan cara mengoptimalkan koping yang dimiliki oleh pasiendiabetes mellitus tipe II.Tujuan : Untuk mengetahui hubungan koping dengan tingkat stres pada pasien diabetesmellitus tipe II.Metode : Jenis penelitian ini kualitatif dengan menggunakan cross sectional. Sampel dalampenelitian ini berjumlah 34 responden. Analisa univariat menggunakan distribusi frekuensi dananalisis bivariate menggunakan gamma correlation.Hasil : Dari hasil penelitian ini didapatkan bahwa koping dengan stres pada pasien diabetesmellitus tipe II terdapat hubungan yaitu hubungan moderat dengan nilai signifikan 0,47.Kesimpulan : Ada hubungan koping dengan tingkat stres pada pasien diabetes mellitus tipe IIdi RSUD Raden Mattaher Jambi Tahun 2018.

Page 1 of 2 | Total Record : 11