cover
Contact Name
Erwin Siregar
Contact Email
regarewin07@gmail.com
Phone
+6281361188883
Journal Mail Official
regarewin07@gmail.com
Editorial Address
Kota Padangsidimpuan Sumatera Utara
Location
Kab. tapanuli selatan,
Sumatera utara
INDONESIA
Jurnal Tarombo
ISSN : 26846861     EISSN : 26846861     DOI : https://doi.org/10.37081/ed.v9i3
Core Subject : Education, Social,
Jurnal Tarombo : adalah publikasi ilmiah yang diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Sejarah Instititut Pendidikan Tapanuli Selatan yang berisi tentang hasil penelitian Sejarah, Pendidikan dan Sosial. Tujuan dari Jurnal ini adalah untuk penyebaran informasi dan publikasi kajian sejarah, pendidikan sosial yang dapat membantu dalam penyebaran dan pengembangan ilmu pengetahuan. Jurnal Tarombo diterbitkan dalam 2 kali setahun yaitu pada bulan Februari dan Juli. Jurnal Tarombo juga mempublikasikan tulisan ilmiah hasil penelitian kualitatif dan kuantitatif dari para Akademisi, guru dan mahasiswa yang berhubungan dengan kajian sosial pendidikan.
Articles 8 Documents
Search results for , issue "Vol 2 No 1 Mei (2020): Tarombo Mei 2020" : 8 Documents clear
RELOKASI PEDAGANG PASAR TRADISIONAL SIBUHUAN (2013-2018) Erwin Siregar; Ahmad Sukri Harahap
Jurnal TAROMBO Vol 2 No 1 Mei (2020): Tarombo Mei 2020
Publisher : Pendidikan Sejarah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

ABSTRACT This study examines the relocation policy of Sibuhuan traditional market traders in Sibuhuan village market in Padang Lawas district from 2013 to 2018. And this study aims to describe and analyze the history of sibuhuan traditional market traders relocation policy, factors that encourage traders in rejection activities, the impacts experienced Sibuhuan traditional market traders Padang lawas district. This study uses historical research methods, and this study includes qualitative research which includes four research steps, namely: 1. Heuristics, the source gathering stage, 2. Source criticism, the stage for testing the source, 3. Interpretation, interpretation, 4. Historiography, the writing stage . The results of this study show that the history of the establishment of the Sibuhuan traditional market and the background of the emergence of the relocation policy initiated by the Padang Padang district government with the CV CV Martua developers who were rejected by traders, the traders felt that the relocation plan would harm them because of the market location which they will occupy is very quiet / lonely not strategic besides that the market distance is too far. In 2013 as an initial limitation, since the inauguration of the new market began by the old Padang district head H Ali Sutan Harahap as well as planning and implementing the location of new market traders. The year 2018 was chosen as the final frontier, because with the start of the discussion about the relocation of traders to new markets, leaving the new market buildings unused and unmanageed which were overgrown with shrubs. The factor that encourages the relocation of sibuhuan traditional market traders is the development factor where the location of the old market is right in the heart / core of the city where this location also includes the trans-Sumatra route (riau) so that it can interfere or hinder development and transportation. Keywords: Traders, Markets, Relocation.
KETERAMPILAN WALI KELAS DALAM MENGOLAH NILA PESERTA DIDIK DENGAN APLIKASI MS.EXCEL DI SMP NEGERI 1 PADANGSIDIMPUAN MELALUI PELATIHAN TIK TAHUN PELAJARAN 2019/2020 Abdi Tanjung; Batras M.Pd
Jurnal TAROMBO Vol 2 No 1 Mei (2020): Tarombo Mei 2020
Publisher : Pendidikan Sejarah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Pelaksanaan pelatihan pengelolaan nilai siswa bagi guru wali kelas VII SMP Negeri 1 Padangsidimpuan tahun pelajaran 2019/2020 bertujuan Untuk mengetahui peningkatan guru wali kelas dalam memanfaatkan aplikasi Ms. Excel dalam pengolahan nilai siswa pada waktu proses penilaian hasil siswa yang sesuai dengan kriteria kurikulum 2013. Kegiatan pelatihan guru wali kelas berlangsung 2 hari dengan metode presentasi dengan materi pelatihan-pelatihan Microsoft Excel untuk dijadikan bahan pada pelatihan sesuai dengan kebutuhan guru wali kelas VII SMP Negeri 1 Padangsidimpuan dalam mengolah nilai siswa. Hasil siklus I guru wali kelas VII SMP Negeri 1 Padangisidimpuan dalam pelatihan pengolahan nilai siswa diperoleh 30 % peserta pelatihan telah menunjukan pencapai hasil atau dengan kata lain 3 dari 10 guru telah mendapatkan meningkatkan pemahaman penguasaan aplikasi Ms.Excel untuk pengolahan nilai. Sedangkan 70 % belum sesuai dengan keinginan dari peneliti. Berdasarkan tingkat angket yang disebarkan diperoleh data bahwa kebanyakan peserta mengalami kendala dalam poin materi 11,12, dan 13 yakni : (1)Menuliskan rumus; (2).Menyelesaikan Formula pada Microsoft Excel seperti Sum, Count, Average, Min dan Max, (3)Mengurutkan nilai terbesar sampai terkecil maupun sebaliknya. Dengan memperhatikan hasil prasiklus dan Siklus I, peneliti merencanakan tindakan yang akan dilakukan pada Siklus II. Kegiatan Siklus II direncanakan peneliti dengan mengajar guru wali kelas VII SMP Negeri 1 Padangsidimpuan (Peserta pelatihan) berbicara secara personal tentang kendala yang dihadapinya pada kegiatan prasiklus(observasi awal), dan bagaimana solusi yang harus dilakukan guru wali kelas VII SMP Negeri 1 Padangsidimpuan (Peserta pelatihan) untuk meningkatkan pemahaman dalam pengelolaan nilai siswa pada Siklus II untuk aspek materi 11,12 dan 13, 80 % sudah menunjukakan nilai diatas rata-rata 78,00 untuk mengolah nilai menggunakan rumus-rumus aplikasi Excel. Dari hasil analisa kegiatan yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa nilai tertinggi peserta dalam mengelola penilaian siswa adalah 86, 15 dan nilai terendah 81,15 sebanyak 7 orang dari 10 peserta kegiatan yang telah memenuhi ketercapaian nilai.
PENGARUH LEMBAGA KEUANGAN NON BANK (PEMBIAYAAN) TERHADAP PENYERAPAN TENAGA KERJA DI KOTA PADANGSIDIMPUAN Abdul Latif Lubis; Makhrani .
Jurnal TAROMBO Vol 2 No 1 Mei (2020): Tarombo Mei 2020
Publisher : Pendidikan Sejarah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh lembaga keuangan non bank (Pembiayaan) terhadap penyerapan tenaga kerja di Kota Padangsidimpuan studi pada Adira Finance Tahun 2015-2020 Hasil pengujian secara individu menunjukkan variable Lembaga Keuangan non bank PT. Adira Finance (X) terdiri dari butir soal Daya guna, Stabilitas, Penyaluran, penyebaran informasi, Rekrutmen karyawan dengan hasil nilai rhitung lebih besar dari rtabel (0.312) dengan nilai terendah 0.350 dan tertinggi 0,481 hal ini semua butir soal dinyatakan valid dengan melihat ini maka variabel X pengaruh yang signifikan terhadap variabel (Y) Penyerapan tenaga kerja terdiri dari butir soal yaitu, Tingkat Pengangguran, Perbandingan Usia, Tingkat Usia, Perkembangan permintaan tenaga kerja & Pendidikan dengan hasil nilai rhitung lebih besar dari rtabel (0.312) dengan nilai terendah 0,399 dan tertinggi 0,503 hal ini juga membuktikan bahwa variabel Y dapatdigunakan karena semua butir soal dinyatakan valid. Berdasarkandarihasilpenelitianbahwahasiluji ANOVA atau FTestbahwahasil Fhitungsebesar 4.395. Hal iniberartibahwaFhitunglebihbesardari Ftabelyaitu 4.10 yang artinyasignifikan, dengantingkatsignifikansi 0.043 yang lebihkecildari(<0,05) berarti PT. Adira Finance berpengaruhpositifdansignifikanterhadapPenyerapan tenaga kerja di Kota Padangsidimpuan. Selain melihat pengaruh tersebut diatas maka PT. Adira Finance sangat di dukung secara positif atas keberadaannya karena dapa tmem permudah masyarakat dalam memperoleh kendaraan dan dapat menyerap tenaga kerja dalam hal mengurangi pengangguran karena dalam ekonomi penggangguran adalah salah satu faktor yang harus diperhatikan demi mewujudkan pembangunan ekonomi yang berkembang dan maju dalam suatu Negara atau pun wilayah.
PENINGKATAN MINAT DAN HASIL BELAJAR IPA MELALUI PENERAPAN METODE MIND MAPPING SISWA KELAS V SD NEGERI 101660 BAHAL Sukriadi Hasibuan
Jurnal TAROMBO Vol 2 No 1 Mei (2020): Tarombo Mei 2020
Publisher : Pendidikan Sejarah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstrak Metode pengumpulan data yang digunakan adalah angket, tes dan observasi. Instrumen yang digunakan adalah lembar angket yang digunakan untuk mengukur minat belajar siswa, tes pilihan ganda yang digunakan untuk mengukur hasil belajar siswa dan lembar observasi yang digunakan untuk mengamati siswa dan guru dalam pelaksanaan pembelajaran IPA dengan menerapkan metode mind mapping. Data hasil penelitian dianalisis secara deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran melalui penerapan metode mind mapping dapat meningkatkan minat dan hasil belajar IPA pada siswa kelas V SD Negeri 101660 Bahal. Berdasarkan hasil angket dan observasi, minat belajar siswa mengalami peningkatan dengan kriteria baik. Pada pra tindakan, jumah siswa yang mendapatkan skor minat belajar siswa ≥76 dengan rata-rata sebesar 62,8%. Pada siklus I, meningkat menjadi 73,75% dan pada siklus II meningkat menjadi 85,25% Selanjutnya, data hasil belajar pada pra tindakan, yaitu jumlah siswa yang mendapatkan nilai ≥75 (KKM) yaitu ada 9 siswa (45%). Pada siklus I, meningkat menjadi 14 siswa (70%), kemudian pada akhir siklus II, meningkat menjadi 19 siswa (95%). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan metode mind mapping dapat meningkatkan minat dan hasil belajar siswa kelas V SD Negeri 101660 Bahal
UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA DENGAN PENERAPAN METODE INKUIRI TERHADAP MATERI SISTEM PENCERNAAN MANUSIA PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 200201 PADANGSIDIMPUAN SELATAN
Jurnal TAROMBO Vol 2 No 1 Mei (2020): Tarombo Mei 2020
Publisher : Pendidikan Sejarah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Pelaksanaan penelitian ini dengan penerapan Metode Inkuiri adalah untuk mengetahui bagaimana capaian prestasi siswa kita dalam memahami, mengerti dan dapat menguasai materi pelajaran sistem pencernaan manusia di Kelas V SD Negeri 200201 Padangsidimpuan Selatan setelah dilakukan perlakuan dengan konsep pembelajaran Inkuiri. Ternyata metode Inkuiri ini dapat terasa bagi siswa kelas V SD Negeri 200201 terbukti hasil peningkatan pemahaman materi dari pra siklus rata-rata siswa memahami materi cara membuat memahami sistem pencernaan manusia. Pada saat pra siklus rata-rata siswa memahami materi sistem pencernaan manusia 45,8, setelah di beri kesempatan pada siswa dengan langkah-langkah pembelajaran pada siklus I diperoleh rata-rata siswa memahami materi sistem pencernaan manusia adalah 72,8. Penulis tidak merasa puas maka melanjutkan penelitian ini pada siklus II di peroleh rata-rata siswa memahami materi sistem pencernaan manusia adalah 80,55. Penerapan metode inkuiri mempunyai pengaruh positif, yaitu dapat meningkatkan motivasi belajar siswa pembelajaran metode inkuiri memiliki dampak positif terhadap pemahaman materi pelajaran yang diajarkan, dimana dengan metode ini siswa dipaksa untuk menemukan materi dan menyimpulkan materi tentang sistem pencernaan manusia, dan sifat-sifat dan organ sistem pencernaan manusia setelah mereka bereksperimen dengan sistem pencernaan manusia, sekaligus menyimpulkan satu kesimpukan dari tujuan pembelajaran di kelas V di SD Negeri 200201 Padangsidimpuan Selatan. Disamping itu tingkat kepuasan siswa setelah di lakukan wawancara 76,5 % pada siklus I merasa metode pembelajaran ini sangat disukai siswa kelas VI SD Negeri 200201 Padangsidimpuan Selatan dengan jumlah siswa 25 orang yang terdiri dari 15 orang perempuan dan 10 orang laki-laki. Namun tingkat kepuasan siswa dengan metode inkuiri ini meningkat menjadi 80,2 % pada siklusII. Hasil Prestasi siswa untuk materi sistem pencernaan manusia pada siklus pertama diperoleh rata-rata 72,8. Setelah dilakukan perbaikan pembelajaran dengan kelompok diperoleh rata-rata pemahaman siswa tentang materi sistem pencernaan manusia meningkat menjadi 80,55. Penulis dapat menyimpulkan bahwa dengan metode Inkuiri pada materi sistem pencernaan manusia di kelas V SD Negeri 200201 Padangsidimpuan Selatan meningkat pemahamannya dan siswa merasa senang belajar dengan metode inkuiri.
PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN PAIRED STORY TELLING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA BAHASA INGGRIS PADA SISWA KELAS X.1 SMA NEGERI 1 ANGKOLA TIMUR SEMESTER GANJIL TAHUN 2019 Pintasari .
Jurnal TAROMBO Vol 2 No 1 Mei (2020): Tarombo Mei 2020
Publisher : Pendidikan Sejarah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstract Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan keterampilan berbicara siswa dengan menggunakan model pembelajaran paired storytelling pada siswa kelas X.1 SMA Negeri 1 Angkola Timur. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas dan jumlah subjek penelitian adalah 24 siswa. Observasi dan tes digunakan dalam pengumpulan data. Siklus I, keterampilan berbicara siswa memiliki rata – rata 68.75 dan 70.8% siswa yang mencapai KKM. Pembelajaran dilanjutkan dengan siklus II dan menunjukkan rata-rata 82 dan 87,5% siswa mencapai KKM. Disimpulkan model pembelajaran paired storytelling mampu meningkatkan keterampilan berbicara siswa dengan menggunakan model pembelajaran paired storytelling. Kata kunci: model pembelajaran paired storytelling. Abstrak This study aimed to describe the improvement of students' speaking skills by using the paired storytelling learning model in class X.1 students of SMA Negeri 1 Angkola Timur. The research approach used Classroom Action Research and the number of research subjects was 24 students. Observations and tests were used in data collection. Cycle I, students' speaking skills had an average of 68.75 and 70.8% of students who reached the Minimum Completeness Criteria. The learning was continued to cycle II and showed an average of 82 and 87.5% of students reached the Minimum Completeness Criteria. It was concluded that the paired storytelling learning model was able to improve students' speaking skills by using the paired storytelling learning model. Keywords: paired storytelling learning model,
ANALISIS PROGRAM PEMBANGUNAN JALAN TERHADAP PERUBAHAN PENDAPATAN EKONOMI MASYARAKATDESA TANJUNG MEDAN KECAMATAN TANTOMANGKOLA KABUPATEN TAPANULI SELATAN Abdul Latif Lubis; Agustalinda Nora; Pertama Yul Asmara Pane
Jurnal TAROMBO Vol 2 No 1 Mei (2020): Tarombo Mei 2020
Publisher : Pendidikan Sejarah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Pembangunan ekonomi adalah suatu proses yang menyebabkan kenaikan rill pendapatan per kapita penduduk suatu negara dalam jangka panjang yang disertai oleh perbaikan sistem kelembagaan. Keberhasilan pembangunan ekonomi ditunjukkan oleh tiga nilai pokok. Pengertian pendapatan dapat ditemui dalam berbagai literature akuntansi baik mengenai sumber, cara memperoleh maupun cara mengukurnya. Pendapatan ini dapat terjadi setiap saat dan dapat pula terjadi pada waku-waktu tertentu. Tujuan penelitian ini adalah Mengkaji Pendapatan dan Strategi Pemenuhan Kebutuhan Ekonomi Masyarakat dengan Adanya Pembangunan Jalan di Desa Tanjung Medan Kecamatan Tantom Angkola, Untuk mengetahui latar belakang Pendapatan dan Strategi Pemenuhan Kebutuhan Ekonomi Masyarakat dengan Adanya Pembangunan Jalan di Desa Tanjung Medan Kecamatan Tantom Angkola. Merumuskan dan merekomendasikan Strategi Pemenuhan Kebutuhan Ekonomi Masyarakat dengan Adanya Pembangunan Jalan di Desa Tanjung Medan Kecamatan Tantom Angkola Kabupaten Tapanuli Selatan. Metode penelitian yang digunakan penulis yaitu Metode Deskriptif dan Observasi. Metode Deskriptif merupakan metode penelitian dengan tujuan pemecahan masalah dengan menganalisa, mengklasifikasikannya dan menginterprestasikannya. Sedangkan Observasi yaitu metode penelitian melalui pengumpulan data langsung dilapangan. Yang termasuk Variabel X 1 adalah dari Pendapatan, Variabel X 2 adalah Strategi Pemenuhan Kebutuhan sedangkan Variabel Y adalah Trayek Angkutan. Hipotesis yang menyatakan: Untuk mengetahui hubungan antara kedua variabel, yaitu variabel bebas (X) dan variabel terikat (Y). Dapat diketahui bahwa koefisien korelasi (r xy ) adalah sebesar 0,877 untuk hubungan antara pendapatan (X 1 ) dengan pembangunan jalan (Y) Kemudian koefisien korelasi (r xy ) adalah sebesar 0,877 untuk hubungan antara strategi pemenuhan kebutuhan (X 2 ) dengan pembangunan jalan (Y) Di Desa Tanjung Medan Melihat hasil perhitungan diatas dapat disimpulkan korelasi antara variabel X (pendapatan), pemenuhan kebutuhan (X 2 ) dengan variabel Y (pembangunan jalan) tingkat hubungannya adalah tinggi.
KREATIVITAS GURU DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SISWA DI MTsN 1 PADANG SIDEMPUAN Nursakinah Lubis
Jurnal TAROMBO Vol 2 No 1 Mei (2020): Tarombo Mei 2020
Publisher : Pendidikan Sejarah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana bentuk kreativitas guru dalam meningkatkan motivasi belajar Pendidikan Agama Islam siswa di MTsN 1 Padang Sidempuan, untuk mengetahui faktor yang menjadi hambatan dalam mengembangkan kreativitas dalam meningkatkan motivasi belajar pendidikan agama Islam siswa di MTsN 1 Padang Sidempuan, untuk mengetahui solusi yang diberikan terhadap hambatan kreativitas guru dalam meningkatkan motivasi belajar Pendidikan Agama Islam siswa di MTsN 1 Padang Sidempuan. Berdasarkanan alisis datanya, penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Penelitian ini bersifat deskriptif. Instrumen pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun responden dalam penelitian ini adalah guru. Dari penelitian yang dilakukan diperoleh kesimpulan bahwa: 1) bentuk-bentuk kreativitas guru yang dilakukan di MTsN 1 Padang Sidempuan ialah membangkitkan motivasi dan perhatian anak, memperhatikan perbedaan karakteristik anak, pengelolaan kelas, pengulangan, pemberian hadiah, memberikan pujian, mengadakan tanya jawab, menggunakan alat peraga, menyanyikan lagu, guru yang penggembira, interaksi antara guru dengan siswa, penugasan yang diberikan oleh guru, guru mengembangkan sumber belajar, persaingan atau kompetensi. 2) Faktor-faktor yang mempengaruhi kreativitas guru dalam meningkatkan motivasi belajar siswayaitu: Kedisiplinan Siswa, Tingkat Pendidikan, Fasilitas, Guru merasa puas dengan pembelajaran yang dilaksanakan. 3) Solusi yang diberikan terhadap hambatan kreativitas guru dalam meningkatkan motivasi belajar Pendidikan Agama Islam siswa ialah memberikan hukuman, mencari tempat kos, guru bekerja sama dalam menciptakan kreativitas yang baru, meningkatkatkan fasilitas, meningkatkan fungsi komite sekolah yang jujur, meningkatkan wawasan guru dengan mengikuti program Musyawarah Guru Mata Pelajaran.

Page 1 of 1 | Total Record : 8