cover
Contact Name
Diah Ambarwulan
Contact Email
mitrapilar.mji@gmail.com
Phone
+6282112013539
Journal Mail Official
journal@mitrajurnal.co.id
Editorial Address
Gedung Wirausaha Ruang 104, Jalan Haji R. Rasuna Said Kavling C5, RT.3/RW.1, Karet, Kecamatan Setiabudi, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12920
Location
Kota adm. jakarta pusat,
Dki jakarta
INDONESIA
Mitra Pilar: Jurnal Pendidikan, Inovasi, dan Terapan Teknologi
ISSN : 29647622     EISSN : 29646014     DOI : https://doi.org/10.58797/pilar
Core Subject : Education,
Mitra Pilar: Jurnal Pendidikan, Inovasi, dan Terapan Teknologi is a scientific journal that publishes and disseminates research results, in-depth studies, innovative thoughts, or works in the fields of education, innovation, and technology application. This journal focuses on works that positively contribute to readers and fellow researchers in the field of education. Mitra Pilar: Jurnal Pendidikan, Inovasi, dan Terapan Teknologi is published twice a year. Mitra Pilar: Jurnal Pendidikan, Inovasi, dan Terapan Teknologi is intended as a place for quality research publications in Indonesia and Asia in the future for researchers in the field of Education, Innovation, and Applied Technology. Mitra Pilar: Jurnal Pendidikan, Inovasi, dan Terapan Teknologi adalah jurnal ilmiah yang menerbitkan dan menyebarluaskan hasil penelitian, kajian mendalam, pemikiran inovatif, atau karya di bidang pendidikan, inovasi, dan penerapan teknologi. Jurnal ini berfokus pada karya-karya yang memberikan kontribusi positif bagi pembaca dan rekan-rekan peneliti di bidang pendidikan. Mitra Pilar: Jurnal Pendidikan, Inovasi, dan Terapan Teknologi terbit dua kali setahun. Mitra Pilar: Jurnal Pendidikan, Inovasi, dan Terapan Teknologi dimaksudkan sebagai wadah publikasi penelitian berkualitas di Indonesia dan Asia di masa depan bagi para peneliti di bidang Pendidikan, Inovasi, dan Teknologi Terapan
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 22 Documents
Pendidikan Karakter pada Peserta didik MAN 1 Kota Bekasi Pasca Pandemi Covid 19 dalam Persepektif Psikologi Pendidikan Tri Wahyuni
Mitra Pilar: Jurnal Pendidikan, Inovasi, dan Terapan Teknologi Vol. 1 No. 1 (2022): Mitra Pilar: Jurnal Pendidikan, Inovasi, dan Terapan Teknologi, Volume 1 Nomor
Publisher : PT MITRA JURNAL INDONESIA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (109.031 KB) | DOI: 10.58797/pilar.0101.01

Abstract

Abstract Character education is homework for educators, especially during the Corona Virus Disease (COVID-19) pandemic, which requires educators to work harder to instill character education. Character education is not only the task of educators, but all parents must be able to provide teaching both academically, ethically, and morally. This article uses a qualitative case study method to find information related to Corona Virus Disease (COVID-19) against government policies to implement online learning and decide on the teaching and learning process at home. As for character education from the perspective of educational psychology, which can be done during this pandemic period, the method is to set a good example, a sense of responsibility, a sense of caring, and motivate students to have good personalities. After the pandemic, there was a significant change in the character of MAN 1 Kota Bekasi students. Based on the psychological perspective, there has been a change in students’ attitudes throughout Indonesia, especially for students of MAN 1 Kota Bekasi to be more indifferent, not paying attention to the environment, and having difficulty building friendships (individual). Abstrak Pendidikan karakter merupakan pekerjaan rumah bagi para pendidik, terutama dimasa pandemi Corona Virus Disease (COVID-19) ini menuntut para pendidik bekerja lebih keras untuk dapat menanamkan pendidikan karakter. Pendidikan karakter bukan hanya tugas dari pendidik tetapi semua orang tua harus dapat memberikan pengajaran baik secara akademik maupun secara etika dan moral. Artkel ini menggunakan pendekatan dengan metode studi kasus kualitatif, yang bisa mengetahui informasi yang terjadi terkait Corona Virus Disease (COVID-19) terhadap kebijakan pemerintah melaksanakan pembelajaran secara daring dan memutuskan proses belajar mengajar di rumah. Adapun pendidikan karakter dalam prespektif psikologi pendidikan yang dapat dilakukan pada masa pandemik ini dengan metode memberikan contoh yang baik, rasa tanggung jawab, rasa peduli, dan memotivasi peserta didik sehingga memiliki pribadi yang baik. Setelah pandemi terjadi perubahan besar terhadap karakter pada peserta didik MAN 1 Kota Bekasi. Berdasarkan perspektif psikologi terjadi perubahan pada sikap peserta didik di seluruh Indonesia, khususnya bagi peserta didik MAN 1 Kota Bekasi menjadi lebih tidak acuh, tidak memperhatikan lingkungan, serta kesulitan membangun hubungan pertemanan (individual).
Kajian Discrete Fourier Transform untuk Menganalisis Sinyal Arbitrer Irsya Luthfiah Ramadhyagita; Annisa Annisa; Faishal Kamindra; Farhan Muhammad Rizky
Mitra Pilar: Jurnal Pendidikan, Inovasi, dan Terapan Teknologi Vol. 1 No. 1 (2022): Mitra Pilar: Jurnal Pendidikan, Inovasi, dan Terapan Teknologi, Volume 1 Nomor
Publisher : PT MITRA JURNAL INDONESIA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (306.131 KB) | DOI: 10.58797/pilar.0101.02

Abstract

  Abstract   This study aims to examine the Discrete Fourier Transform using arbitrary signals. Signal processing is a mathematical operation performed on a signal to obtain the required information. In this case, a transformation occurs. The Fourier transform is a popular method often used to change the time form to the frequency form intended to facilitate analysis. The Fourier transform is divided into two parts: the Continuous Fourier and the Discrete Fourier. The program developed by the researcher, DFT, analyzes arbitrary signals created in two programs. The first program is a function of the DFT and the second is the main program used to generate DFT graphs. In this project, researchers will analyze arbitrary signals decomposed into sine waves. This program uses two main libraries, namely matplotlib, and NumPy. In this case, we have used the DFT method and plotted the results of the calculations performed. Now the researcher will analyze the process that the researcher did while using the DFT method and plot the results. Using DFT, arbitrary signals can be arranged into a series of sinusoids, each with a different frequency. The DFT method can arrange signals into a series of sinusoids with different frequencies. In the DFT amplitude spectrum, the signal frequency is shown as a vertical bar, with the height being the signal amplitude in the time domain. DFT can convert a sequence of equally spaced signals into information about the frequencies of all sine waves needed to sum the time domain signals.  Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji Discrete Fourier Transform dengan menggunakan sinyal arbitrer. Pengolahan sinyal adalah suatu operasi matematik yang dilakukan terhadap suatu sinyal sehingga diperoleh suatu informasi yang dibutuhkan. Dalam hal ini terjadi suatu transformasi. Transformasi Fourier merupakan salah satu metode popular yang sering digunakan untuk mengubah bentuk waktu bentuk frekuensi yang ditujukan untuk mempermudah analisis. Transformasi Fourier dibagi menjadi 2 bagian yaitu Fourier Kontinu dan Fourier Diskret. Program yang dikembangkan oleh peneliti yaitu, DFT untuk menganalisis sinyal arbitrer yang dibuat dalam dua program. Program pertama adalah fungsi dari DFT dan program kedua adalah program utama yang digunakan untuk memunculkan grafik DFT. Dalam project ini peneliti akan menganalisis sinyal arbitrer yang sudah diuraikan menjadi gelombang sinus. Program ini menggunakan dua library utama, yaitu matplotlib dan numpy. Pada case kali ini, telah menggunakan metode DFT dan membuat hasil plot dari perhitungan yang dilakukan. Sekarang peneliti akan menganalisis proses yang peneliti lakukan selama menggunakan metode DFT dan membuat hasil plot. Sebelum membahas hasil perhitungan, mari kembali membahas metode DFT itu sendiri. Dengan menggunakan DFT, dapat disusun sinyal arbitrer menjadi serangkaian sinusoid dan masing-masing akan memiliki frekuensi yang berbeda.Metode DFT dapat menyusun sinyal menjadi serangkaian sinusoid yang memiliki frekuensi yang berbeda-beda. Dalam spektrum amplitude DFT, frekuensi sinyal ditampilkan sebagai batang vertikal dengan ketinggiannya adalah amplitude sinyal dalam domain waktu. DFT dapat mengubah urutan sinyal dengan jarak yang sama menjadi informasi tentang frekuensi semua gelombang sinus yang diperlukan untuk menjumlahkan sinyal domain waktu.
Pengaruh “Create Bu CaMat” terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Matematika Wajib SMA Nurhayati Nurhayati
Mitra Pilar: Jurnal Pendidikan, Inovasi, dan Terapan Teknologi Vol. 1 No. 1 (2022): Mitra Pilar: Jurnal Pendidikan, Inovasi, dan Terapan Teknologi, Volume 1 Nomor
Publisher : PT MITRA JURNAL INDONESIA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (513.144 KB) | DOI: 10.58797/pilar.0101.03

Abstract

Abstract This research is a classroom action research that aims to determine the effect of math notebooks on learning outcomes. Since learning was carried out online, many changes have occurred, including learning Mathematics. Both in offline and online learning, one of the biggest problems the researcher had was that students needed to remember how to solve various types of problems or skills that had been taught for one year (odd and even semesters). One of the reasons is the habit of only staring at the screen during online learning and not taking good notes on the material provided by the teacher. The new habit of students that has a negative impact is only printing or copying the material that the teacher gives without repeating it. Researchers try to do various things and adapt them to the characteristics of students until they finally find a way to overcome this problem. The way to solve this problem is to use student notebooks in math class. Student notebooks can be used as a central location where students can go back and refresh their memory on each standard being taught without having to be constantly re-explained by the teacher. The effect of applying "Create Bu CaMat" is any increase in the Gain value of 0.3859, which changes the results of compulsory mathematics learning for students in the moderate category. In addition, there was an increase in learning motivation and students' self-confidence in mathematics. Abstrak Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh buku catatan matematika terhadap hasil belajar. Sejak pembelajaran dilakukan secara daring banyak sekali perubahan yang terjadi, tidak terkecuali dalam pembelajaran Matematika. Baik dalam belajar luring maupung daring, salah satu masalah terbesar yang peneliti miliki adalah siswa lupa bagaimana memecahkan berbagai jenis masalah atau keterampilan yang telah diajarkan selama satu tahun (semester ganjil dan genap). Salah satu penyebabnya adalah kebiasaan hanya menatap layar selama pembelajarnan daring dan tidak mencatat dengan baik materi yang diberikan guru. Kebiasaan baru siswa yang berdampak negatif adalah hanya mencetak atau mengopi materi yang guru berikan tanpa mengulang. Peneliti berupaya melakukan berbagai dan disesuaikan dengan karakteristik siswa hingga akhirnya menemukan satu cara mengatasi masalah ini. Cara mengatasi masalah tersebut adalah dengan menggunakan buku catatan siswa di kelas matematika. Buku catatan siswa dapat dijadikan satu lokasi sentral di mana siswa dapat kembali dan menyegarkan ingatan mereka pada setiap standar yang diajarkan, tanpa harus selalu dijelaskan kembali oleh guru. Adapun pengaruh penerapan “Create Bu CaMat” adalah adanya peningkatan nilai Gain sebesar 0,3859 yang berarti memberikan perubahan pada hasil pembelajaran matematika wajib siswa dengan kategori sedang. Selain itu terjadi peningkatan pada motivasi belajar dan juga rasa percaya diri siswa dalam belajar matematika.
Studi Projek Trajectories Partikel dalam Medan Magnet Non Homogen di ATLAS dengan Menggunakan Runge-Kutta-Nystrom dan Runge-Kutta-Nystrom Adaptif Muhammad Ridho Pratama; Fadli Handoyo; Shallu Fidhah Ariyanti; Delila Septiani Dwi Putri; Michael Setiyanto Silambi
Mitra Pilar: Jurnal Pendidikan, Inovasi, dan Terapan Teknologi Vol. 1 No. 1 (2022): Mitra Pilar: Jurnal Pendidikan, Inovasi, dan Terapan Teknologi, Volume 1 Nomor
Publisher : PT MITRA JURNAL INDONESIA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (798.257 KB) | DOI: 10.58797/pilar.0101.04

Abstract

Abstract The problem that arises in the numerical method is the validation of the answers obtained from these calculations. Another phenomenon that can be analyzed using other numerical approaches was also discovered by the European Institute for Nuclear Research, CERN. four giant detectors record the energy-producing Higgs boson particles. One such detector is ATLAS. As for this research, a new adaptive Runge-Kutta-Nystrom method was developed for the STEP algorithm on the ATLAS detector. In solving problems regarding the determination of the second-order ordinary differential equation (2) on the path of particles in the non-homogeneous magnetic field of the ATLAS detector (A Toroidal LHC Apparatus). Two types of modified Runge-Kutta methods were used. This method is the adaptive Runge Kutta Nystrom method which is then compared with the usual Runge Kutta Nystrom method to find the function r(s) which is a 2nd-order differential function. The output table contains data for arc length (s), the radius of curvature (r), the gradient of the function R(dr/ds), and the step size (h).Runge-Kutta Nystrom Table Outputs. Adaptive Runge-Kutta Nystrom Graph Output. Runge-Kutta Nystrom Graph Output. Project Discussion. Based on Algorithm. Based on Time Consumption. Based on Cost-Computation. Based on the Step-Size Difference. Based on the time consumption, the Adaptive Runge-Kutta Nystrom algorithm requires a faster running time than the usual Runge-Kutta Nystrom algorithm. Adaptive Runge-Kutta Nystrom takes 1,095 seconds to run, and Runge Kutta Nystrom takes 2,135 seconds. If it is reviewed based on the computational side which is focused on memory efficiency, the Adaptive Runge-Kutta Nystrom method is better than Runge-Kutta Nystrom. Abstrak Permasalahan yang muncul pada metode numerik adalah validasi jawaban yang diperoleh dari perhitungan tersebut. Fenomena lain yang dapat dianalisis dengan menggunakan pendekatan numerik lainnya juga ditemukan oleh Lembaga Riset Nuklir Eropa, CERN. partikel Higgs boson yang menghasilkan energi direkam oleh empat detektor raksasa. Salah satu detektor tersebut adalah ATLAS. Adapun dalam penelitian ini dikembangkan metode Runge-Kutta-Nystrom adaptif yang baru untuk algoritma STEP pada detektor ATLAS Dalam menyelesaikan persoalan mengenai penentuan persamaan diferensial biasa orde 2 (dua) pada lintasan partikel dalam medan magnet non-homogen detektor ATLAS (A Toroidal LHC Apparatus) digunakan dua jenis metode Runge-Kutta yang dimodisikasi. Metode tersebut yaitu metode Runge Kutta Nystrom adaptif yang kemudian dibandingkan dengan metode Runge Kutta Nystrom biasa untuk mencari fungsi r(s) yang merupakan fungsi diferensial orde 2. Output Tabel yang berisikan data nilai panjang busur (s), jari-jari kelengkungan (r), gradien fungsi R(dr/ds), dan ukuran langkah (h). Output Tabel Runge-Kutta Nystrom. Output Grafik Runge-Kutta Nystrom Adaptif. Output Grafik Runge-Kutta Nystrom. Pembahasan Projek. Berdasarkan Algoritma. Berdasarkan Time Consumption. Berdasarkan Cost-Computation. Berdasarkan Perbedaan Step-Size.Bedasarkan sisi time consumption algoritma Runge-Kutta Nystrom Adaptif membutuhkan waktu running yang lebih cepat dibandingkan algoritma Runge-Kutta Nystrom biasa. Runge-Kutta Nystrom Adaptif membutuhkan waktu running selama 1.095 detik dan Runge Kutta Nystrom membutuhkan waktu selama 2.135 detik. Jika ditinjau berdasarkan sisi komputasi yang difokuskan pada efisiensi memori, maka dapat dikatakan bahwa metode Runge-Kutta Nystrom Adaptif lebih baik dari Runge-Kutta Nystrom.
EANDROID FISIKA: Pengembangan Aplikasi Android sebagai Media Pembelajaran Fisika Annisa Rahmah; Dewi Muliyati; Sunaryo Sunaryo
Mitra Pilar: Jurnal Pendidikan, Inovasi, dan Terapan Teknologi Vol. 1 No. 1 (2022): Mitra Pilar: Jurnal Pendidikan, Inovasi, dan Terapan Teknologi, Volume 1 Nomor
Publisher : PT MITRA JURNAL INDONESIA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (305.074 KB) | DOI: 10.58797/pilar.0101.05

Abstract

Abstract Students in the 21st century belong to generation Z or better known as Gen Z. One thing that stands out is the ability of Gen Z to take advantage of technological changes in various aspects of their lives. It is not surprising that students are looking for application-based learning resources. In the digital era, developing Android-based applications is very easy to learn. researchers want to develop an Android-based physics learning application that is free and also suitable for use by students. The research model used is ADDIE divided into five stages, namely: (1) Analysis, (2) Design, (3) Development, (4) Implementation, and (5) Evaluation. The ADDIE model is a general development model that can be used as a guide at a fairly high level for the development of instructional designs, software engineering, and also the development of learning media. The material developed in the product is Temperature and Heat. The developed application contains text containing learning materials supported by illustrations in the form of pictures, graphs, tables, and videos. This application is also equipped with examples of questions and practice questions. The product developed has the advantage that it can be accessed anytime and anywhere. The results of the assessment by material and media experts and field trials can be concluded that the Android application is suitable for use as teaching material. The values obtained from the validation test are as follows: media experts obtained an achievement of 77.33%, and material experts obtained an achievement of 83.28%. Meanwhile, the field test results obtained a value of 80.28%.  Abstrak Peserta didik di abad-21 termasuk ke dalam generasi Z atau yang lebih dikenal dengan sebutan Gen Z. Satu hal yang menonjol adalah kemampuan Gen Z memanfaatkan perubahan teknologi dalam berbagai aspek kehidupan mereka. Tidak heran jika peserta didik mencari sumber belajar yang berpatokan pada aplikasi. Pada era digital mengembangkan aplikasi berbasis android sangat mudah untuk dipelajari. peneliti ingin mengembangkan aplikasi pembelajaran fisika berbasis android yang gratis dan juga layak digunakan untuk siswa. Model penelitian yang digunakan adalah ADDIE terbagi menjadi lima tahap yaitu: (1) Analisis, (2) Desain, (3) Pengembangan, (4) Implementasi, dan (5) Evaluasi. Model ADDIE merupakan model pengembangan umum yang dapat digunakan sebagai petunjuk dalam tingkatan yang cukup tinggi untuk pengembangan desain pembelajaran, teknisi software dan juga pengembangan media pembelajaran. Materi yang dikembangkan dalam produk adalah Suhu dan Kalor. Aplikasi yang dikembangkan memuat teks yang berisi materi pembelajaran didukung dengan ilustrasi dalam bentuk gambar, grafik, tabel, dan video. Aplikasi ini juga dilengkapi dengan contoh soal dan soal latihan. Produk yang dikembangkan memiliki keunggulan yaitu dapat diakses kapanpun dan dimanapun. Hasil penilaian oleh ahli materi dan ahli media serta uji coba lapangan dapat disimpulkan bahwa aplikasi android layak digunakan sebagai bahan ajar. Adapun nilai yang diperoleh dari uji validasi adalah sebagai berikut ahli media didapatkan capaian sebesar 77,33% dan ahli materi didapatkan capaian sebesar 83,28%. Sedangkan untuk hasil uji lapangan diperoleh nilai 80,28%.
Analisis Ayunan Pendulum Menggunakan Aplikasi Phyphox Pada Materi Fisika Kelas X Salsan Sya'bana Zahra; Ivan Hary Syahbana; Made Ocha Wiyadnyana; Fani Anggraini
Mitra Pilar: Jurnal Pendidikan, Inovasi, dan Terapan Teknologi Vol. 1 No. 2 (2022): Mitra Pilar: Jurnal Pendidikan, Inovasi, dan Terapan Teknologi, Volume 1 Nomor
Publisher : PT MITRA JURNAL INDONESIA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (441.028 KB) | DOI: 10.58797/pilar.0102.02

Abstract

Abstract This article contains a study on oscillations. In the basic physics practicum there are several simplifications of cases that aim to support the understanding of the concepts of physics learning. In the practicum implementation there is a proving process that is carried out through experiments and involves formulations using Newtonian and Lagrangian equations. This can be found in pendulum experiments using the Phyphox application, where there are simplified cases that make it easier to understand the factors that affect the value of the pendulum period. The method used is a real experiment using PhyPhox software, then the data obtained will be analyzed quantitatively and qualitatively manually. Therefore, this study aims to prove the value of the pendulum period based on experimental results and formula calculation data. The period values obtained in our research did not show a significant difference. We argue that a high degree of effectiveness exists in the Phyphox Application experimental medium. This is because the Phyphox application is able to save time and costs and is easy to use to support physics learning. Based on the results of the research and discussion, the following suggestions are put forward, namely that teachers can use sensors on Android smartphones as practicum tools. There is still a lot of practicum material that can be done by utilizing an Android smartphone such as motion material, waves, magnets, electricity, and so on. Abstrak Artikel  ini memuat kajian pada osilasi. Dalam praktikum fisika dasar terdapat beberapa penyederhanaan kasus yang bertujuan untuk mendukung pemahaman konsep pembelajaran fisika. Dalam pelaksanaan praktikum terdapat proses pembuktian yang dilakukan melalui percobaan serta melibatkan perumusan menggunakan persamaan newtonian dan lagrangian.  Hal ini dapat ditemukan pada percobaan pendulum menggunakan aplikasi phyphox, dimana terdapat kasus-kasus yang disederhanakan sehingga memudahkan pemahaman faktor-faktor yang mempengaruhi nilai periode pendulum. Metode yang digunakan adalah eksperimen nyata menggunakan software PhyPhox, kemudian data yang diperoleh akan dianalisis secara kuantitatif dan kualitatif secara manual. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk membuktikan nilai periode pendulum berdasarkan hasil percobaan dan data perhitungan rumus. Nilai periode yang diperoleh pada penelitian yag kami lakukan tidak menunjukkan perbedaan yang signifikan. Kami beragumentasi bahwa tingkat kefektivitas tinggi ada pada media percobaan Aplikasi Phyphox. Hal ini dikarenakan aplikasi Phyphox mampu mengefisiensi waktu dan biaya serta mudah digunakan untuk mendukung pembelajaran fisika. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan diajukan saran berikut ini yaitu para guru dapat memanfaatkan sensor pada smartphone android sebagai alat praktikum. Masih banyak materi praktikum yang dapat dilakukan dengan memanfaatkan smartphone android seperti materi gerak, gelombang, magnet, listrik, dan lain sebagainya.
Pembelajaran Fisika Sekolah Menengah Atas pada Materi Osilasi: Studi Literatur Ayu Fatimah; Nisrina Tsabitah Zain; Raden Roro Sekar Ayu Nur Fadilla; Wini Sholina
Mitra Pilar: Jurnal Pendidikan, Inovasi, dan Terapan Teknologi Vol. 1 No. 2 (2022): Mitra Pilar: Jurnal Pendidikan, Inovasi, dan Terapan Teknologi, Volume 1 Nomor
Publisher : PT MITRA JURNAL INDONESIA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (323.324 KB) | DOI: 10.58797/pilar.0102.03

Abstract

Abstract Oscillation is one of the studies of physics that are studied in high school. However, educators, especially teachers, must identify how to teach the material effectively. This research used the literature study method to analyze review studies in academic journals from 2007 to 2022. The literature results show divine physics learning at the high school level, where there are not only real learning media such as teaching aids but also virtual learning using smartphone software. The learning methods used are the inquiry learning model and diagnostic tests. Abstrak Osilasi merupakan salah satu kajian ilmu fisika yang dipelajari di sekolah menengah atas. Namun, para pendidik, khususnya guru belum mengidentifikasi dengan jelas cara mengajarkan materi tersebut secara efektif. Penelitian ini dibuat dengan metode studi literatur dengan analisis review studi yang sudah diterbitkan dalam jurnal akademik dari 2007 hingga 2022. Dari hasil studi literatur menunjukkan keberagaman dalam pembelajaran fisika pada tingkat sekolah menengah atas di mana bukan hanya media pembelajaran yang nyata seperti alat peraga, tetapi ada juga secara virtual menggunakan perangkat lunak pada smartphone. Metode pembelajaran yang digunakan yaitu model pembelajaran inquiry dan tes diagnostik.
Analisis Pembelajaran Fisika Materi Dinamika Rotasi: Studi Literatur Publikasi Ilmiah Siti Maryam Ahlamy; Susilawati Susilawati; Habibah Nurul Padilah; Azam Izzatulhaq
Mitra Pilar: Jurnal Pendidikan, Inovasi, dan Terapan Teknologi Vol. 1 No. 2 (2022): Mitra Pilar: Jurnal Pendidikan, Inovasi, dan Terapan Teknologi, Volume 1 Nomor
Publisher : PT MITRA JURNAL INDONESIA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.58797/pilar.0102.11

Abstract

Abstract This literature research aims to identify rotational dynamics learning problems. The research method used is the System Literature Review (SLR). The results of studying the literature show that a lot of learning research has been carried out on rotational dynamics material. Even though the concept of the material has been conveyed, many students do not understand and fail to apply the concept to solve a problem. This is because the knowledge is still in the form of knowledge and has yet to form a complete knowledge of concepts. Some rotational dynamics learning uses cognitive conflict and analogy. Inappropriate selection of cognitive conflicts and analogies by learners can lead students to make false claims about concepts. Based on the results of the review of the literature study, several recommendations for physics learning models were obtained that could train problem-solving skills with various learning models, scientific approaches, and technological media assistance to support learning activities, especially on rotational dynamics material. Abstrak Penelitian literatur ini bertujuan untuk mengidentifikasi permasalahan pembelajaran dinamika rotasi. Metode penelitian yang digunakan adalah System Literature Review (SLR), Hasil belajar literatur menunjukkan banyak penelitian pembelajaran yang telah dilakukan pada materi dinamika rotasi. Meskipun konsep materi telah disampaikan, banyak siswa yang tidak paham dan gagal dalam menerapkan konsep tersebut untuk menyelesaikan suatu permasalahan. Hal ini disebabkan karena ilmu yang dimiliki masih berupa pengetahuan dan belum membentuk ilmu yang utuh tentang konsep. Beberapa pembelajaran dinamika rotasi menggunakan konflik kognitif dan analogi. Pemilihan konflik kognitif dan analogi yang tidak tepat oleh pembelajar dapat membuat siswa memberikan klaim yang salah pada konsep. Berdasarkan hasil kajian studi literatur didapatkan beberapa rekomendasi model pembelajaran fisika yang dapat melatih keterampilan pemecahan masalah dengan berbagai model pembelajaran, pendekatan saintifik, dan  bantuan media teknologi untuk menunjang kegiatan pembelajaran terutama pada materi dinamika rotasi.
Kajian Model Pembelajaran Fisika SMA pada Topik Kinematika Gerak Lurus Arif Muzakki; Indriani Novia Ramadhanti; Intan Nurul Alifiyan; Tiara Sekar Ayu
Mitra Pilar: Jurnal Pendidikan, Inovasi, dan Terapan Teknologi Vol. 1 No. 2 (2022): Mitra Pilar: Jurnal Pendidikan, Inovasi, dan Terapan Teknologi, Volume 1 Nomor
Publisher : PT MITRA JURNAL INDONESIA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (253.778 KB) | DOI: 10.58797/pilar.0102.04

Abstract

Abstract Kinematics is a basic science before studying dynamics because the dynamics will be discussed in more detail. Kinematics material must first be well understood so that it is easier to study the dynamics. In kinematics, it discusses straight motion, which is divided into Regular Straight Motion and Regularly Changing Straight Motion, Regular straight motion is the motion of objects in a straight trajectory which has the characteristics that the speed is fixed or constant and the acceleration is zero (Sunaryono and Taufik, 2010: 27).  In this article we will discuss several high school physics learning models on the topic of the kinematics of straight motion to find out what kind of learning model is most suitable for learning later. The method used in making this article is to use a literature review. The literature study method is a series of activities by collecting library data, reading and recording, and processing research materials. From the discussion on the references used, several learning models are less and quite effective if applied in learning physics in high school. To review further, we will discuss one of the journals in 3 categories: effective, quite effective, and less effective. We will discuss the application of the learning cycle 7E learning model assisted by a website as an example of an effective journal for physics learning. The learning model greatly influences students' interests. An innovative learning model can attract students' attention. The results of the study of kinematics and dynamics of motion can be used as a basis for designing contextual learning resources such as lesson materials, sample problems, laboratory activities, and practice questions related to the context of physics phenomena. Abstrak Kinematika merupakan ilmu dasar sebelum mempelajari dinamika karena pada dinamika akan dibahas lebih detail lagi, sehingga materi kinematika harus lebih dulu dipahami dengan baik sehingga lebih mudah dalam mempelajari dinamikanya. Dalam kinematika membahas tentang gerak lurus yang dibagi menjadi Gerak Lurus Beraturan (GLB) dan Gerak Lurus Berubah Beraturan (GLBB) (Handayani, dkk., 2019) Gerak lurus beraturan merupakan gerak benda dalam lintasan lurus yang memiliki ciri yaitu kecepatannya tetap atau konstan dan percepatannya adalah nol (Sunaryono dan Taufik, 2010: 27).  Dalam artikel ini kami akan membahas beberapa model pembelajaran fisika SMA pada topik kinematika gerak lurus guna mengetahui model pembelajaran seperti apa yang paling cocok digunakan untuk pembelajaran nantinya. Metode yang digunakan pada pembuatan artikel ini adalah dengan menggunakan tinjauan literasi. Metode studi literatur adalah serangkaian kegiatan yang dilakukan dengan metode pengumpulan data pustaka, membaca dan mencatat, serta mengolah bahan penelitian. Dari pembahasan pada referensi yang digunakan ada beberapa model pembelajaran yang kurang dan cukup efektif jika diterapkan dalam pembelajaran fisika di kalangan SMA. Untuk mengulas lebih lanjut, kami akan membahas salah satu dari jurnal dalam 3 kategori yaitu efektif, cukup efektif, dan kurang efektif. Penerapan model pembelajaran learning cycle 7E berbantuan website akan kami bahas sebagai contoh jurnal yang efektif untuk pembelajaran fisika. Model Pembelajaran sangat mempengaruhi keminatan para peserta didik. Model Pembelajaran yang inovatif dapat menarik perhatian peserta didik. Hasil kajian kinematika dan dinamika gerak dapat digunakan sebagai dasar untuk merancang sumber belajar kontekstual seperti materi pelajaran, contoh soal, kegiatan laboratorium, dan soal latihan yang berkaitan dengan konteks fenomena fisika.
Implementasi Pembelajaran Fisika Topik Usaha dan Energi Berdasarkan Publikasi Ilmiah Pinky Ersa Niyanti; Fitria Putri Setyaningrum; Gustama Wibawa Rachman; Fidelia Wandita
Mitra Pilar: Jurnal Pendidikan, Inovasi, dan Terapan Teknologi Vol. 1 No. 2 (2022): Mitra Pilar: Jurnal Pendidikan, Inovasi, dan Terapan Teknologi, Volume 1 Nomor
Publisher : PT MITRA JURNAL INDONESIA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (480.118 KB) | DOI: 10.58797/pilar.0102.05

Abstract

AbstractWork and energy is one of the important physics learning topics. Learning physics, especially on the topic of work and energy, can be done using various learning methods and media, the results of which will certainly be different for each learning method and media used. Therefore, the purpose of this paper is to find out the various models and learning media and their effects used in learning on the topic of work and energy. This research was examined through the meta-analysis method by collecting data from research literature studies of the same theme. The results obtained in this study were as many as 36 journals on learning physics on the topic of work and energy. This study concludes that learning media methods that can be applied in the process of learning effort and energy include the Learning Cycle 7E method, STEM, Problem Solving, Think-Pair-Share, Inquiry, Critical Thinking Skills, Predict Observe Explain (Poe), Project Based Learning, Certainty Of, Response Index (CRI), Multiple Representations, ARCS, Flipped Classroom, Problem-Based Learning (PBL), Inquiry-STEM, Scientific Communicating Skills, Online Hybrid Learning, and Creative Thinking Skills. And learning media that can be used in business and energy learning include Matlab, C-Map, PhET, E-Module, Android Smartphone-Based Online Tests, Student Worksheets, Kokami media, Lectora Inspire, Macromedia Director, Schoology, Andro-Web Comics, and Macromedia Flash. AbstrakUsaha dan energi merupakan salah satu topik pembelajaran fisika yang penting. Pembelajaran fisika, khususnya pada topik usaha dan energi ini dapat dilakukan dengan berbagai metode dan media pembelajaran, yang mana hasilnya pasti akan berbeda di setiap metode dan media pembelajaran yang digunakan. Oleh karena itu, tujuan dibuatnya tulisan ini adalah untuk mencari tahu berbagai model dan media pembelajaran serta pengaruhnya yang digunakan pada saat pembelajaran pada topik usaha dan energi. Penelitian ini dikaji melalui metode meta analisis dengan mengumpulkan beberapa data dari studi literatur penelitian yang setema. Hasil yang didapakan pada penelitian ini yaitu sebanyak 36 jurnal tentang pembelajaran fisika pada topik usaha dan energi. Kesimpulan pada penelitian ini yaitu didapatkan bahwa media metode pembelajaran yang dapat diterapkan dalam proses pembelajaran usaha dan energi diantaranya adalah metode Learning Cycle 7E, STEM, Problem Solving, Think-Pair-Share, Inkuiri, Critical Thinking Skills, Predict Observe Explain (Poe), Project Based Learning, Certainty Of, Response Index (CRI), Multiple Representations, ARCS, Flipped Classroom, Problem Based Learning (PBL), Inquiry-STEM, Scientific Communicating Skills, Online Hybrid Learning, dan Creative Thinking Skills. Dan media pembelajaran yang dapat dipakai pada pembelajaran usaha dan energi diantaranya Matlab, C-Map, PhET, E-Modul, Online Test Android Smartphone Based, Student Worksheet/Lembar Kerja Siswa, Kokami media, Lectora Inspire, Macromedia Director, Schoology, Andro-Web Comics, dan Macromedia Flash.

Page 1 of 3 | Total Record : 22