cover
Contact Name
Silviana Purwanti
Contact Email
jspfisip@unmul.ac.id
Phone
+6285393344559
Journal Mail Official
jspfisip@unmul.ac.id
Editorial Address
Jl. Muara Muntai, Gn. Kelua, Kec. Samarinda Ulu, Kota Samarinda, Kalimantan Timur 75411
Location
Kota samarinda,
Kalimantan timur
INDONESIA
Jurnal Sosial-Politika
Published by Universitas Mulawarman
ISSN : 14106604     EISSN : 27982238     DOI : 10.54144
Core Subject : Social,
JSP publishes articles on certain topics in social and political studies; The main aim of JSP is to disseminate articles from researchers and discuss various contemporary social and political issues: communication, sociology, politics, gender, cyber media, movements in community groups, media studies, information & literacy, politics, governance & democracy, radicalism and terrorism, public welfare, social development, public administration and management, public policy, politics & international security.
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol 3 No 2 (2022)" : 5 Documents clear
STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN KEDAI KOPIRIA PADA INSTAGRAM DALAM MENINGKATKAN BRAND ENGAGEMENT Putri Ajeng Ngabito; Sugiadi Sugiadi
Journal Social Politica Vol 3 No 2 (2022)
Publisher : Jurnal Sosial-Politika

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (370.787 KB) | DOI: 10.54144/jsp.v3i2.50

Abstract

Perkembangan teknologi merupakan sesuatu yang akan terjadi seiring dengan berkembangnya kemampuan manusia untuk melakukan inovasi dan kreasi. Perkembangan teknologi dapat memudahkan bagi setiap individu untuk mendapatkan informasi dan pengetahuan dengan cepat dan real-time. Salah satu perkembangan teknologi yang berkembang pesat adalah media sosial. Dengan adanya media sosial, kemudian banyak pebisnis yang memanfaatkan media sosial untuk melakukan pemasaran usahanya bertujuan menjangkau individu yang lebih luas lagi. Salah satunya adalah Kedai Kopiria yang bertujuan untuk meningkatkan brand engagement terhadap akun usaha online di media sosial. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi komunikasi pemasaran Kedai Kopiria pada Instagram sehingga Kedai Kopiria dapat meningkatkan brand engagement pada akun Instagramnya. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dan mengambil sumber data dengan wawancara, data tertulis serta dokumentasi menggunakan teori The Sircular Model of SOME yang dikemukakan oleh Regina Luttrel. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada kesesuaian strategi komunikasi pemasaran yang dilakukan Kopiria dengan teori The Sircular Model of SOME dan berdampak terhadap brand engagement dari Instagram Kedai Kopiria.
STRATEGI PROMOSI PENJUALAN KAPAL WISATA PESUT ETAM SAMARINDA MELALUI MEDIA SOSIAL AKUN INSTAGRAM DAN FACEBOOK PADA MASA PANDEMI COVID-19 Natasya Putri Juliana; Kezia Arum Sary
Journal Social Politica Vol 3 No 2 (2022)
Publisher : Jurnal Sosial-Politika

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (505.578 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi promosi penjualan (sales promotion) yang dilakukan oleh Kapal Wisata Pesut Etam melalui media sosial akun facebook dan instagram serta untuk mengetahui ketidakefektifan atau penghambat pada masa pandemi Covid-19 dalam mempromosikan objek wisata susur sungai mahakam yaitu Kapal Wisata Pesut Etam. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif. Pada penelitian ini menggunakan sumber data purposive sampling, dalam menganalisis penelitian menggunakan AIDA (Attention, Interest, Desire, Action). Attention pada penelitian ini adalah cara Pesut Etam mengemas caption, hastag dan poster yang telah diunggah ke laman facebook dan instagram guna menarik perhatian dari pengguna kedua media sosial tersebut, Interest membuat Pesut Etam untuk menciptakan citra yang baik melalui reposting instastory pada akun instagram dan menyediakan fitur ulasan pada akun facebook, Desire dimana Pesut Etam melihat hasrat pengguna instagram dan facebook dengan mengukur keberhasilan melakukan interaksi melalui kolom komentar pada postingan kedua media sosial tersebut, dan Action merupakan cara untuk memengaruhi pengguna media sosial agar melakukan tindakan giveaway yang diadakan pesut etam guna memperluas pengetahuan masyarakat terhadap objek wisata Kapal Wisata Pesut Etam.Kata Kunci: Facebook, Instagram, Promosi Penjualan Masa Covid-19, Strategi Promosi Penjualan
PETKUQ MEHUEY: KEARIFAN LOKAL DENGAN KESETARAAN GENDER DALAM MENJAGA HUTAN ADAT SUKU DAYAK WEHEA-KUTAI TIMUR, KALIMANTAN TIMUR Sari Mulyani
Journal Social Politica Vol 3 No 2 (2022)
Publisher : Jurnal Sosial-Politika

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (258.268 KB)

Abstract

abstract Forest patrols require great physical strength, so they are often viewed as men's work. But, in Nehas Lian Bing Village, the Wehea Dayak Tribe is doing equality to protect the Wehea Forest, East Kutai, East Kalimantan. Petkuq Mehuey means a group of forest rangers in the Dayak Wehea language, a tribal responsibility for the forest where they live, which happens to be included in the protected forest area of ​​Wehea. According to the local wisdom of Dayak Wehea, protecting the forest is protecting future generations as well as protecting their lives, this is a shared responsibility, men and women. This article will be descriptive with case study designs whose data will be obtained from various internet sources such as journal articles, news, and webinars related to forest protection by the Wehea community and gender equality in the value of Petkuq Mehuey. This paper will discuss Petkuq Mehuey is a form of gender equality in the Wehea Dayak community related to maintaining the sustainability of their customary forest. Petkuq Mehuey, which is a product of the local wisdom of the Dayak Wehea, is one of the efforts of indigenous peoples together with the government to protect the largest protected forest in Kalimantan. Keywords: Petkuq Muhuey, local wisdom, gender equality, forest protection.
KINERJA BADAN PERENCANAAN PEMBANGUNAN PENELITIAN DAN PENGEMBANGAN (BAPPELITBANG) DALAM SINKRONISASI VISI DAN MISI PEMBANGUNAN DI KABUPATEN KATINGAN PROVINSI KALIMANTAN TENGAH Fernandes Simangunsong; Gefri Berland Nastolio
Journal Social Politica Vol 3 No 2 (2022)
Publisher : Jurnal Sosial-Politika

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (328.609 KB)

Abstract

Penelitian yang bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis kinerja Badan Perencanaan Pembangunan Penelitian Dan Pengembangan (Bappelitbang) dalam sinkronisasi visi dan misi pembangunan berdasarkan Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 86 tahun 2017, serta mengetahui dan menganalisis faktor pendukung dan penghambat kinerja di Kabupaten Katingan Provinsi Kalimantan Tengah. Dalam penelitian ini menggunakan teori Hersey, Blanchard dan Jonhson yang meliputi 7 (tujuh) indikator kinerja yaitu tujuan (goals), standar (standard), umpan balik (feddback), alat atau sarana (means), kompetensi (competence), motif (motive), dan peluang (opportunity), metode penelitian yang digunakan adalah metode deksriptif kualitatif dengan pendekatan induktif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Informan yang diwawancarai yaitu Kepala Bappelitbang, Sekretaris Bappelitbang, Kepala bidang perencanaan pengendalian dan evaluasi pembangunan daerah, Kepala Sub Bagian Umum dan Kepegawaiaan, Kepala Sub Bagian Keuangan, Kepala Sub Bagian Program, Evaluasi, Pelaporan dan Informasi Teknologi, Kepala sub bidang perencanaan dan pendanaan. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan dalam mengatasi permasalahan dalam pelaksanaan kinerja, Bappelitbang Kabupaten Katingan telah melakukan kinerja yang sudah cukup baik, namun ada beberapa evaluasi yang perlu dilakukan.
TATA KELOLA LINGKUNGAN GOOD ENVIRONMENTAL GOVERNMENT MELALUI PEMANFAATAN SAMPAH (STUDI KASUS TPA MRICAN JENANGAN PONOROGO) Ariska Rahayuningtyas; Robby Darwis Nasution; Jusuf Harsono; Yusuf Adam Hilman
Journal Social Politica Vol 3 No 2 (2022)
Publisher : Jurnal Sosial-Politika

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (295.104 KB)

Abstract

Penelitian yang bertujuan untuk mengetahui penerapan Good Environmental Government di TPA desa Mrican Kecamatan Jenangan, Kabupaten Ponorogo. Dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif untuk mendieskripsikan pelaksanaan Good Environmental Government. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Informan yang diwawancarai yaitu: Kepala bagian Kebersihan Dinas Lingkungan Hidup Ponorogo, Bagian ketua atau Pegawai Pengelolaan Sampah TPA Mrican, Pegawai TPA Mrican Kecamatan Jenangan, Masyarakat sekitar TPA Mrican Kecamatan Jenangan. Berdasarkan hasil penelitian di ketahui bahwa tata kelola lingkuang melalui konsep Good Environmental Government belum kamsimal, karena di lingkungan sekitar tempat pembuangan sampahmenyebabkan dampak yang tidak baik bagi lingkungan, di TPA Mrican sendiri sudah overload, menurut Undang-undang seharunya sudah tutup dikarenakan sudah 25 tahun lamanya dan tidak ada perluasan pada TPA Mrican.

Page 1 of 1 | Total Record : 5