cover
Contact Name
Ahmad Nubli Gadeng
Contact Email
nubliyuslian@gmail.com
Phone
+6285270000352
Journal Mail Official
nubliyuslian@gmail.com
Editorial Address
Jurusan Pendidikan Geografi FKIP Universitas Syiah Kuala. Gedung Lama FKIP, Lantai 2. Jl. Teuku Hasan Kreung Kalee, Kopelma Darussalam, Syiah Kuala, Kota Banda Aceh, Aceh 24415. email: jpgeosfer@gmail.com dan jurnalpendidikangeosfer@gmail.com
Location
Kab. aceh besar,
Aceh
INDONESIA
Jurnal Pendidikan Geosfer
ISSN : 25416936     EISSN : 28082834     DOI : https://doi.org/10.23701/jpg
Pendidikan dan Sains Geografi dengan fokus pembahasan pada: Pendidikan Sosial, Pendidikan Sains, Pendidikan Geografi, Fenomena Geosfer,Kelingkungan & Kewilayahan, Sistem Informasi Geografi, Penginderaan Jauh, Kajian Perpetaan, Evaluasi Lahan, Perencanaan Pembangunan, Pariwisata, serta Demografi, Sosial Budaya.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol 3, No 2 (2018): Jurnal Pendidikan Geosfer" : 5 Documents clear
PERBANDINGAN DESAIN RESPON SPEKTRUM PADA PERMUKAAN TANAH DI TEMPAT EVAKUASI KOTA BANDA ACEH BERDASARKAN SNI 1726-2002 DAN SNI 1726-2012 DENGAN PETA BAHAYA GEMPA 2017 Rizcha Tasliya
Jurnal Pendidikan Geosfer Vol 3, No 2 (2018): Jurnal Pendidikan Geosfer
Publisher : Universitas Syiah Kuala

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (837.497 KB)

Abstract

Tempat evakuasi di Kota Banda Aceh dijadikan enam objek lokasi penelitian memiliki pedoman  standar keamaanan untuk menahan beban gempa. Standar yang dipakai SNI 1726-2002 telah diperbaharui dengan adanya SNI 1726-2012. Penyempurnaan standar peraturan ini memiliki aturan baru dengan metode Probabilistic Seismic Hazard Analysis (PSHA). Desain Respon spektrum dapat menghitung beban gempa yang dinamis dan gedung tidak beraturan. Parameter-parameter beban gempa desain respon spektrum dapat dihitung secara sistematis dari peta bahaya gempa 2017. Data sekunder diperoleh dari literatur dan perhitungan sesuai ketetatapan kedua SNI dengan peta bahaya gempa 2017. Keseluruhan objek penelitian memiliki karakteristik tanah yang sama, yaitu tanah sedang. Perbandingan puncak permukaan tanah pada pada SNI 1726-2002 dan SNI 1726-2012 adalah 0,8 g. Perbedaan nilai spectral acceleration (Sa) pada tempat evakuasi dikaji agar dapat menjadi bangunan yang melindungi masyarakat ketika terjadi bencana alam.
PEMANFAATAN GEOGRAPHICAL TOOLS UNTUK MENDUKUNG PENCAPAIAN KETERAMPILAN GEOGRAFI PADA SISWA SMA Puspita Annaba Kamil
Jurnal Pendidikan Geosfer Vol 3, No 2 (2018): Jurnal Pendidikan Geosfer
Publisher : Universitas Syiah Kuala

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (311.088 KB)

Abstract

Artikel ini mendeskripsikan pemanfaatan geographical tools sebagai alat pendidikan dalam mata pelajaran geografi sekolah menengah atas dan kontribusinya terhadap pencapaian keterampilan geografis siswa. Alat geografis yang digunakan terdiri dari peta (maps), studi lapangan (fieldwork), grafik dan statistik (graph and statistic), teknologi geospasial (geospatial technologies), representasi visual (visual representation. Penelitian ini dilaksanakan pada mata pelajaran geografi kelas XI di SMA Negeri 3 Kota Malang. Pre test dan post test digunakan untuk mengevaluasi efektivitas dari pemanfaatan geographical tools untuk mendukung pencapaian keterampilan geografis siswa. Angket respon siswa juga digunakan untuk mendapatkan pendapat siswa tentang penggunaan geographical tools dalam pembelajaran geografi. Penelitian ini mengungkapkan bahwa pemanfaatan geographical tools dipahami oleh sebagian besar siswa kelas XI SMA Negeri 3 Malang. Perolehan skor siswa bervariasi dengan skor rata-rata pre test sebesar 43,2 dan skor rata-rata post test 65,5. Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada peningkatan hasil belajar siswa dengan menggunakan alat geografi. Mayoritas siswa menyukai latihan penggunaan geographical tools dan alat pembelajaran yang efektif untuk pelajaran geografi sekolah menengah atas terutama saat digunakan dengan metode, materi, dan tujuan yang tepat.
BANJIR DI KAWASAN SEMPADAN SUNGAI KALIREJO, KAMPUNG MUKTI JAYA, KECAMATAN SINGKOHOR, KABUPATEN ACEH SINGKIL Hari Hikmawan; Thamrin Kamaruddin
Jurnal Pendidikan Geosfer Vol 3, No 2 (2018): Jurnal Pendidikan Geosfer
Publisher : Universitas Syiah Kuala

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (647.423 KB)

Abstract

Banjir merupakan bencana alam yang sering terjadi di Indonesia. Di wilayah Kabupaten Aceh Singkil khususnya di kawasan sempadan sungai adalah daerah rawan banjir. Secara rinci banjir terbesar pernah terjadi di sempadan Sungai Kalirejo, Kampung Mukti Jaya, Kecamatan Singkohor. Menyadari akan datangnya banjir serta permasalahan lingkungan yang dihadapi, masyarakat yang tinggal suka tidak suka terbiasa dengan fenomena banjir yang meng-haruskan mereka bertahan dan berupaya beradaptasi terhadap banjir untuk bertahan hidup. Peneliti mencoba menelusuri upaya-upaya yang dapat dilakukan masyarakat dalam menghadapi banjir dengan melakukan penelitian yang bertujuan untuk mengetahui sejauh mana kemampuan adaptasi masyarakat terhadap banjir. Untuk mencapai tujuan, peneliti memilih sampel sebanyak 23 KK yaitu masyarakat yang bertempat tinggal di kawasan sempadan Sungai Kalirejo, Kampung Mukti jaya, Kecamatan Singkohor. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif deskriptif untuk dapat menggambarkan keadaaan di lapangan tentang kemampuan adaptasi masyarakat terhadap banjir. Pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan angket dan dilengkapi wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam menghadapi banjir, masyarakat di kawasan sempadan Sungai Kalirejo, Kampung Mukti Jaya, pada umumnya mampu beradaptasi terhadap banjir dengan segala keterbatasan yang dimiliki.
PENERAPAN MODEL ACTIVE LEARNING TIPE BERIKAN UANGNYA DENGAN BERBANTUAN MEDIA KERTAS FLIPCHART UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS TERPADU SISWA KELAS VIII SMP N 17 BANDA ACEH Maya Silvina; Alamsyah Taher; Abdul Wahab Abdi
Jurnal Pendidikan Geosfer Vol 3, No 2 (2018): Jurnal Pendidikan Geosfer
Publisher : Universitas Syiah Kuala

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (862.332 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) peningkatan hasil belajar siswa; (2) Aktivitas guru dan siswa; (3) Keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran; dan (4) Respon siswa terhadap model active learning tipe berikan uangnya dengan berbantuan media kertas flipchart. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII-3 SMP Negeri 17 Banda Aceh yang berjumlah 27 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan (1) Lembar pre test dan post test; (2) Lembar pengamatan aktivitas guru dan siswa; (3) Lembar pengamatan keterampilan guru; dan (4) Angket respon siswa. Analisis data menggunakan statistik deskriptif persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Persentase ketuntasan secara individual meningkat dari 40% pada siklus I menjadi 74% pada siklus II, dan 100% pada siklus III. Persentase ketuntasan klasikal meningkat dari 30% pada siklus I menjadi 70% pada siklus II, dan 90% pada siklus III; (2) Jumlah aktivitas guru dan siswa meningkat dari 5 aktivitas sesuai pada siklus I menjadi 8 aktivitas sesuai pada siklus II, dan 10 aktivitas sesuai pada siklus III; (3) Keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran meningkat dari skor 2,52 dengan kategori sedang pada siklus I menjadi 3,23 dengan kategori baik pada siklus II, dan 3,78 dengan kategori sangat baik pada siklus III; (4) Pada umumnya siswa menyatakan setuju bahwa pembelajaran active learning tipe berikan uangnya dengan berbantuan media kertas flipchart sangat menarik dan membantu siswa dalam memahami materi dan meningkatkan hasil belajar.
PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA YANG MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TWO STAY TWO STRAY DENGAN TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DEVISION PADA MATA PELAJARAN GEOGRAFI KELAS X SMAN 1 MEULABOH Oka Marzhatillah; Syamsul Bardi; Abdul Wahab Abdi
Jurnal Pendidikan Geosfer Vol 3, No 2 (2018): Jurnal Pendidikan Geosfer
Publisher : Universitas Syiah Kuala

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (611.141 KB)

Abstract

Penelitian ini berjudul “Perbandingan Hasil Belajar Siswa Yang Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray Dengan Tipe Student Team Achievement Devision Pada Mata Pelajaran Geografi Kelas X SMAN 1 Meulaboh” ini mengangkat masalah yakni apakah terdapat perbedaan hasil belajar antara siswa yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran two stay two stray dan pembelajaran student team achievement devision pada mata pelajaran geografi di SMAN 1 Meulaboh. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X-IS SMAN 1 Meulaboh yang berjumlah 96 siswa. Sampel yang diambil  hanya dua kelas, yakni kelas X-IS 1 sebanyak 22 siswa dan kelas X-IS 2 sebanyak 21 siswa. Penentuan sampel dilakukan dengan cara purposive sampling. Teknik pengumpulan data berupa pemberian tes kepada siswa, yakni pre test dan post test. Teknik pengolahan data dilakukan dengan uji-t. Hasil pengolahan data post test yang diperoleh  adalah  thitung = 6,96 dan nilai ttabel pada taraf signifikan α = 0,05 (uji satu pihak) dengan dk =  +  - 2= 22 + 21 – 2 = 41 adalah 1,68. Oleh karena itu terima Ha jika thitung lebih besar dari ttabel dengan  thitung = 6,96 dan ttabel = 1,68 atau 6,96 lebih besar dari 1,68, maka H0 ditolak dan Ha diterima. Hal ini menunjukkan hasil belajar siswa yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran two stay two stray lebih baik dari pada hasil belajar siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran student team achievement devision pada mata pelajaran geografi di SMAN 1 Meulaboh dapat diterima kebenarannya.

Page 1 of 1 | Total Record : 5