cover
Contact Name
Muhammad Ichwan Musa
Contact Email
m.ichwan.musa@unm.ac.id
Phone
+628124271104
Journal Mail Official
m.ichwan.musa@unm.ac.id
Editorial Address
Jl. Raya Pendidikan, Kampus UNM Gunungsari Baru Makassar 90221
Location
Kota makassar,
Sulawesi selatan
INDONESIA
Jurnal Manajemen
ISSN : 27238059     EISSN : 28295412     DOI : http://dx.doi.org/10.26858/jm
Core Subject : Economy, Science,
Jurnal Manajemen is a media or means of communication and scientific publication from the result of management science thought and research carried out by lecturers, researchers and related research institutions. Jurnal Manajemen are published twice a year (February and August) through Open Journal System (OJS)
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol 1, No 2 (2022): Februari" : 5 Documents clear
ANALISIS FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUTUSAN PEMBELIAN MIE INSTAN MEREK INDOMIE (STUDI KASUS MAHASISWA ANAK KOST FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR) Ajis Chaniago Indrawan
Jurnal Manajemen Vol 1, No 2 (2022): Februari
Publisher : Universitas Negeri Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (338.955 KB) | DOI: 10.26858/jm.v1i2.27078

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh faktor kebudayaan, sosial, pribadi dan psikologi terhadap proses keputusan pembelian produk mie instan merek Indomie baik secara parsial maupun secara simultan. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Makassar yang telah mengonsumsi mie instan merek Indomie dan merupakan anak kost. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan kuesioner yang telah di uji validitas dan reliabilitasnya. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi berganda. Dari analisis regresi didapatkan persamaan Y= 3.890 + 0.464X1 - 0.053X2 + 0.177X3 + 0.435X4. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Faktor budaya berpengaruh positif dan signifikan terhadap proses keputusan pembelian produk mie instan merek Indomie; (2) Faktor sosial berpengaruh negatif tidak signifikan terhadap proses keputusan pembelian produk mie instan merek Indomie; (3) Faktor pribadi berpengaruh positif dan signifikan terhadap proses keputusan pembelian produk mie instan merek Indomie; (4) Faktor psikologi berpengaruh positif dan signifikan terhadap proses keputusan pembelian produk mie instan merek Indomie; (5) Faktor budaya, sosial, pribadi dan psikologi berpengaruh signifikan terhadap proses keputusan pembelian produk mie instan merek Indomie. Variabel budaya berpengaruh dominan terhadap keputusan pembelian produk mie instan merek Indomie dengan nilai koefisiensi regresi sebesar 0.464.Kata Kunci: Budaya, Sosial, Pribadi, Psikologi, Keputusan PembelianAbstract: This study aims to determine the influence of cultural, social, personal and psychological factors on the purchasing decision process of Indomie brand instant noodle products, either partially or simultaneously. The population in this study were students of the Faculty of Economics, Makassar State University who had consumed Indomie brand instant noodles and were boarding children. The data collection technique in this study used a questionnaire that had been tested for validity and reliability. The data analysis technique used multiple regression analysis. From the regression analysis, the equation Y= 3.890 + 0.464X1 - 0.053X2 + 0.177X3 + 0.435X4. The results of this study indicate that: (1) cultural factors have a positive and significant effect on the purchasing decision process of Indomie brand instant noodle products; (2) Social factors have an insignificant negative effect on the purchase decision process for Indomie brand instant noodle products; (3) Personal factors have a positive and significant impact on the purchase decision process for Indomie brand instant noodle products; (4) Psychological factors have a positive and significant effect on the purchasing decision process of Indomie brand instant noodle products; (5) Cultural, social, personal and psychological factors have a significant effect on the purchase decision process for Indomie brand instant noodle products. The cultural variable has a dominant effect on purchasing decisions for Indomie brand instant noodle products with a regression coefficient of 0.464.Keywords: Culture, Social, Personal, Psychology, Purchase Decision 
PENGARUH KEMAMPUAN KERJA DAN MOTIVASI KERJA TERHADAP KINERJA KARYAWAN PADA PT. EQUIPORT INTI INDONESIA Fitrah Fitrah
Jurnal Manajemen Vol 1, No 2 (2022): Februari
Publisher : Universitas Negeri Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (188.36 KB) | DOI: 10.26858/jm.v1i2.27693

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan: (1) untuk menjelaskan ada tidaknya pengaruh kemampuan kerja terhadap kinerja karyawan pada PT Equiport Inti Indonesia, dan (2) untuk menjelaskan ada tidaknya pengaruh motivasi kerja terhadap kinerja karyawan pada PT Equiport Inti Indonesia. Populasi penelitian ini adalah 20 orang, sedangkan sampel adalah 20 orang yang diambil dengan teknik sampling jenuh. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner dan wawancara. Analisis data dilakukan dengan menggunakan analisis regresi linier berganda dengan menggunakan Statistical Product and Service Solutions (SPSS). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel kemampuan kerja (X1) dan motivasi kerja (X2) memberikan pengaruh positif terhadap kinerja karyawan (Y) pada PT Equiport Inti Indonesia. Berdasarkan analisis data statistik, semua variabel bersifat valid dan reliabel. Pada uji asumsi klasik dinyatakan bahwa semua variabel berdistribusi normal. Pada uji analisis regresi linear berganda diperoleh persamaan regresi Y = 10,459 + 0,374X1 + 0,849X2. Pada uji koefisien determinasi menunjukkan bahwa 58,7% kemampuan kerja dan motivasi kerja PT. Equiport Inti Indonesia dipengaruhi oleh variabel yang diteliti pada penelitian ini.Kata kunci: Kemampuan Kerja, Motivasi Kerja, Kinerja KaryawanAbstract: This research aimed (1) whether or not impact work ability to performances employee than PT Equiport Inti Indonesia, and (2) for explain whether or not work motivation on performance employee than PT Equiport Inti Indonesia. The population of this research is 20 people. While the sample is 20 people taken with a saturated sampling technique. Data collection was carried out using questionnaires and interviews. Data analysis was carried out using multiple linear regression analysis by using Statistical Product and Service Solutions (SPSS). The results of this study indicate that the variables of work ability (X1) and work motivation (X2) have a positive influence on performance employee (Y) at PT Equiport Inti Indonesia. Based on statistical data analysis, all variables are valid and reliable. In the classical assumption test, it is stated that all variables are normally distributed. In the multiple linear regression analysis, the regression equation Y = 10.459 + 0.374X1 + 0.849X2. The coefficient of determination test shows that 58.7% of work ability and work motivation of PT Equiport Inti Indonesia is influenced by the variables studied in this study.Keywords: Work Ability, Work Motivation, Performance Employee 
ANALISIS KELOMPOK REFERENSI , KELUARGA, PERAN DAN STATUS YANG MEMPENGARUHI PERILAKU KONSUMEN TERHADAP PEMBELIAN DI MINI MARKET/ MINIMALIS DI KABUPATEN SINJAI Reni Reni; Muhammad Ilham Wardhana Haeruddin
Jurnal Manajemen Vol 1, No 2 (2022): Februari
Publisher : Universitas Negeri Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (213.327 KB) | DOI: 10.26858/jm.v1i2.27791

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui analisis Kelompok Referensi (X1), Keluarga (X2), Peran dan Status (X3) berpengaruh terhadap Perilaku Konsumen (Y) terhadap pembelian di Minimalis.  Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh konsumen yang berbelanja di Minimalis. Sampel yang di ambil sebanyak 115 responden. Pengumpulan data yang dilakukan dengan membagikan kuesioner/angket dengan menggunakan rumua slovin kepada konsumen yang pernah berbelanja di Minimalis. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis linear berganda dan menggunakan dua metode Uji Simultan (f) dan Uji Persial (t) dengan menggunakan Statitical Product and Service Solution (SPSS). Berdasarkan Hasil dari penelitian diperoleh persamaan regresi berganda Y=7,996+0,336X1+0,006X2+0,256X3. Hasil hipotesis Uji F menujukkan nilai F hitung lebih besar dari nilai F tabel dengan taraf signifikan 0,000 < 0,05, yang berarti variabel bebas (kelompok refrensi, keluarga, peran dan status). Secara simultan berpengaruh positif signifikan terhadap variabel Y (perilaku konsumen). Sedangkan hasil Uji t , diperoleh nilai t tabel dengan taraf signifikan 0,000 < 0,05, yang berarti variabel X1 (kelompok refrensi) secara persial berpengaruh positif dan signifikan terhadap variabel Y (perilaku konsumen). Untuk variabel keluarga diporeloh nilai t hitung lebih kecil dan t tabel dan taraf signifikan 0,000 < 005 yang berarti variabel X2 (keluarga) secara persial tidak berpengaruh positif dan signifikan terhadap variabel Y (perilaku konsumen). Sedangkan untuk variabel peran dan status diperoleh nilai t hitung lebih besar dari nilai t tabel dan taraf nilai signifikan 0,0005< 0,05, yang berarti X3 (peran dan status) secara persial berpengaruh positif dan signifikan terhadap variabel Y (perilaku konsumen).Kata kunci : Kelompok Referensi, Keluarga, Peran dan Status, Perilaku KonsumenAbstract: This study aims to determine the analysis of Reference Groups (X1), Family (X2), Roles and Status (X3) influence consumer behavior (Y) on purchasing in Minimalism. The population in this study are all consumers who shop at Minimalist. Samples taken as many as 115 respondents. Data collection was carried out by distributing questionnaires/questionnaires using slovin formulas to consumers who had shopped at Minimalist. The data analysis technique used is multiple linear analysis technique and uses two methods of Simultaneous Test (f) and Partial Test (t) using Statistical Product and Service Solution (SPSS). Based on the results of the study, the multiple regression equation Y=7,996+0,336X1+0,006X2+0,256X3. The results of the F test hypothesis show that the calculated F value is greater than the F table value with a significant level of 0.000 <0.05, which means the independent variables (reference group, family, role and status). Simultaneously significant positive effect on variable Y (consumer behavior). While the results of the t-test, the t-table value is obtained with a significant level of 0.000 <0.05, which means that the X1 variable (reference group) partially has a positive and significant effect on the Y variable (consumer behavior). For the family variable, the t-count value is smaller and the t-table and significant level 0.000 <005, which means that the X2 (family) variable partially has no positive and significant effect on the Y variable (consumer behavior). As for the role and status variables, the calculated t value is greater than the t table value and the significant value level is 0.0005 < 0.05, which means that X3 (role and status) partially has a positive and significant effect on the Y variable (consumer behavior).Keywords: Reference Group, Family, Role and Status, Consumer Behavior
PENGARUH MOTIVASI DAN LINGKUNGAN KERJA TERHADAP KINERJA KARYAWAN CV. IBUNDA DI KOTA MAKASSAR Tenri Sayu Puspitaningsih Dipoatmodjo; Agung Widhi Kurniawan; M. Ikhwan Maulana Haeruddin
Jurnal Manajemen Vol 1, No 2 (2022): Februari
Publisher : Universitas Negeri Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (257.266 KB) | DOI: 10.26858/jm.v1i2.25598

Abstract

Abstrak : Penelitian bertujuan untuk mengetahui berapa besar pengaruh motivasi kerja terhadap kinerja karyawan CV. Ibunda di Kota Makassar dan berapa besar pengaruh linkungan kerja terhadap kinerja karyawan CV. Ibunda di Kota Makassar secara parsial. Secara simultan berapa besar pengaruh motivasi dan lingkungan kerja terhadap kinerja karyawan CV. Ibunda di Kota Makassar.Jenis penelitian ini merupakan penelitian deskriptif yang bertujuan untuk mengubah kumpulan data mentah menjadi bentuk yang mudah dipahami, dalam bentuk informasi yang lebih ringkas. Adapun yang menjadi variabel dalam penelitian ini adalah motivasi kerja dan linkungan kerja sebagai variabel bebas dan kinerja karyawan sebagai variabel terikat. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan kuisioner dan dokumentasi. Teknik analisisi data yang digunakan dalam penelitian ini uji validitas dan reliabilitas, uji normalitas, uji multikoliniearitas, uji heteroskedastisitas, uji regresi linier berganda, dan uji hipotesis. Semua pengujian dilakukan dengan menggunakan program SPSS versi 25. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara simultan, variabel motivasi kerja dan lingkungan kerja berpengaruh signifikan terhadap kinerja karyawan pada CV. Ibunda, dan secara parsial variabel motivasi kerja dan lingkungan kerja juga memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kinerja karyawan berdasarkan hasil olah data dengan program SPSS versi 25 dengan menggunakan instrument pertanyaan yang telah diuji sebelumnya.Kata kunci : Motivasi Kerja, Lingkungan Kerja, Kinerja KaryawanAbstract : This study aims to determine how much influence work motivation has on employee performance at CV. Ibunda in Makassar City and how much influence the work environment has on the performance of CV. Ibunda in Makassar City partially. Simultaneously how much influence motivation and work environment on employee performance CV. Ibunda in Makassar City. This type of research is a descriptive study that aims to convert raw data sets into a form that is easy to understand, in the form of more concise information. The variables in this study are work motivation and work environment as independent variables and employee performance as the dependent variable. Data collection techniques in this study is to use questionnaires and documentation. The data analysis techniques used in this study were validity and reliability tests, normality tests, multicollinearity tests, heteroscedasticity tests, multiple linear regression tests, and hypothesis testing. All tests were carried out using the SPSS version 25 program. The results of this study indicate that simultaneously, work motivation and work environment variables have a significant effect on employee performance at CV. Ibunda, and partially the variables of work motivation and work environment also have a significant influence on employee performance based on the results of data processing with the SPSS version 25 program using a question instrument that has been tested previouslyKeywords : Work Motivation, Work Environment, Employee Performance 
ANALISIS PERBANDINGAN KINERJA KEUANGAN PADA PERUSAHAAN PT MAYORA INDAH Tbk. DAN PT INDOFOOD SUKSES MAKMUR Tbk. Syarif Hidayatullah
Jurnal Manajemen Vol 1, No 2 (2022): Februari
Publisher : Universitas Negeri Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (309.349 KB) | DOI: 10.26858/jm.v1i2.26715

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana perbandingan kinerja keuangan PT. Mayora Indah Tbk dengan PT. Indofood Sukses Makmur Tbk periode 2010-2019. Sampel penelitian ini terdiri dari data laporan keuangan perusahaan PT. Mayora Indah Tbk dan PT. Indofood Sukses Makmur Tbk yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia selama 10 tahun yaitu periode 2010-2019.Teknik analisis data yang dipergunakan dalam penelitian ini adalah analisis rasio keuangan dan uji beda dua rata-rata (independent sample t-test). hasil dari analisis rasio diperoleh bahwa kinerja keuangan PT. Mayora Indah Tbk yang baik berdasarkan standar industri dari segi rasio Current Ratio, Quick Ratio, Cash Ratio, Long Term Debt to Equity, dan Earning Per Share, sedangkan untuk kinerja keuangan PT. Indofood Sukses Makmur Tbk sesuai standar industri dari segi rasio Cash Ratio, Long Term Debt to Equity, Earning Per Share, dan Dividend Payout Ratio. Adapun hasil Uji Beda Dua Rata-rata (Indepent Sample t-test) diperoleh bahwa pada Cash Ratio, Inventory Turnover, Fixed Assets Turnover, Net Profit Margin, Earning Per Share, dan Price Earning Ratio tidak terdapat perbedaan secara signifikan antara kinerja keuangan PT. Mayora Indah Tbk dengan PT. Indofood Sukses Makmur Tbk. Current Ratio, Quick Ratio, Debt to Assets Ratio, Debt to Equity Ratio, Long Term Debt to Equity, Receivable Turnover, Return on Investment, Return on Equity, dan Dividend Payout Ratio terdapat perbedaan secara signifikan antara PT. Mayora Indah Tbk dengan PT. Indofood Sukses Makmur Tbk.Kata Kunci: Kinerja Keuangan, dan Rasio Keuangan.Abstract: This study aims to determine how the comparison of the financial performance of PT. Mayora Indah Tbk with PT. Indofood Sukses Makmur Tbk period 2010-2019. The sample of this study consisted of data from the financial statements of the company PT. Mayora Indah Tbk and PT. Indofood Sukses Makmur Tbk is listed on the Indonesia Stock Exchange for 10 years, namely the period 2010-2019. The data analysis technique used in this study is financial ratio analysis and the independent sample t-test. the results of the ratio analysis obtained that the financial performance of PT. Mayora Indah Tbk is good based on industry standards in terms of the ratio Current Ratio, Quick Ratio, Cash Ratio, Long Term Debt to Equity, and Earning Per Share, while for the financial performance of PT. Indofood Sukses Makmur Tbk complies with industry standards in terms of the ratio of Cash Ratio, Long Term Debt to Equity, Earning Per Share, and Dividend Payout Ratio. The results of the Two Average Difference Test (Indepent Sample t-test) were obtained that the Cash Ratio, Inventory Turnover, Fixed Assets Turnover, Net Profit Margin, Earning Per Share, and Price Earning Ratio there was no significant difference between the financial performance of PT. Mayora Indah Tbk with PT. Indofood Sukses Makmur Tbk. Current Ratio, Quick Ratio, Debt to Assets Ratio, Debt to Equity Ratio, Long Term Debt to Equity, Receivable Turnover, Return on Investment, Return on Equity, and Dividend Payout Ratio there are significant differences between PT. Mayora Indah Tbk with PT. Indofood Sukses Makmur Tbk.Keywords: Financial Performance, and Financial Ratios. 

Page 1 of 1 | Total Record : 5