cover
Contact Name
Andri Ardhiyansyah
Contact Email
andri.ardhiyansyah@eastasouth-institute.com
Phone
+6282180992100
Journal Mail Official
eastasouth.jcs@gmail.com
Editorial Address
Grand Slipi Tower, level 42 Unit G-H Jl. S Parman Kav 22-24, RT. 01 RW. 04 Kel. Palmerah Kec. Palmerah Jakarta Barat 11480
Location
Kota adm. jakarta barat,
Dki jakarta
INDONESIA
Easta Journal of Innovative Community Services
Published by Eastasouth Institute
ISSN : 29649501     EISSN : 29856159     DOI : https://www.doi.org/10.58812/ejincs
Core Subject : Social,
Easta Journal of Innovative Community Services adalah jurnal ilmiah yang menerbitkan artikel-artikel pengabdian masyarakat dari penerapan berbagai disiplin ilmu. Tujuan publikasi jurnal ini adalah untuk menyebarluaskan hasil kegiatan pengabdian masyarakat yang telah dicapai dalam bidang pengabdian masyarakat. EJINCS khususnya berfokus pada masalah utama dalam mengembangkan ilmu-ilmu berikut dalam pengabdian masyarakat: kesehatan, ilmu sosial, kewirausahaan, teknologi, dan pendidikan pengajaran.
Articles 26 Documents
Peningkatan Kualitas SDM Melalui Pengembangan Berbagai Sektor Secara Merata di Desa Loji Tedi Mulyadi
Easta Journal of Innovative Community Services Vol 1 No 01 (2022): Easta Journal of Innovative Community Services (EJINCS)
Publisher : Eastasouth Institute

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (91.762 KB)

Abstract

Kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) di Desa Loji menjadi suatu ukuran bagi setiap masyarakat di sekitanya, dalam hal kualitas SDM yang ada tidak selalu sudah ada pada kategori baik, artinya selalu saja ada yang perlu diperbaiki dan ditingkatkan. Masyarakat Desa Loji merupakan masyarakat yang kompak sehingga mampu mempermudah melakukan suatu pengembangan disana. Seperti hal nya berdasarkan analisis dan observasi lapangan dalam kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) yang telah dilaksanakan oleh Kelompok KKN 22 Universitas Nusa Putra menemukan hasil yang menjadi suatu permasalahan yang harus diperbaiki karena akan menjadi potensi pada pengembangan masyarakat di Desa Loji. Seperti kurangnya eksplorasi pengembangan ekonomi UMKM, belum lengkapnya fasilitas pendidikan masyarakat, serta pengetahuan seputar hukum dan masyarakat. Metode pengabdian ini sesuai dengan pedoman dan peraturan pelaksanaan KKN, sehingga mempermudah dalam mengatasi permasalahan yang terjadi, dan disertai dengan mobilitas setiap hari nya dari Kelompok KKN 22 Universitas Nusa Putra di Desa Loji, Kecamatan Simpenan, Kabupaten Sukabumi.
Kualitas Pelayanan dan Kepuasan Pelanggan pada UMKM Mie Ayam Kang Ikbal Dila Padila Nurhasanah
Easta Journal of Innovative Community Services Vol 1 No 01 (2022): Easta Journal of Innovative Community Services (EJINCS)
Publisher : Eastasouth Institute

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (249.198 KB)

Abstract

Pengabdian ini di lakukan di wilayah Sukabumi dan pengambilan objek yaitu Mie Ayam Kang Ikbal. Mie Ayam ini cukup enak dan murah tetapi sulit untuk menemukan. Metode yang digunakan yaitu wawancara sebanyak 28 narasumber yang pernah membeli Mie Ayam Kang Ikbal. Dari hasil wawancara Hal terpenting pada Umkm Mie Ayam Kang Ikbal ini mengutamakan kepuasan konsumen dengan segala keunikan dan ciri khas konsep yang diberikan, sehingga beliau melayani konsumen dengan sebaik-baiknya.
Sosialisasi dan Pelatihan Kue Bakpia Ketela Ungu Pada Ibu Rumah Tangga di Gampong Blang Situngkoh Pulo Aceh Kabupaten Aceh Besar Ana Hasanah
Easta Journal of Innovative Community Services Vol 1 No 01 (2022): Easta Journal of Innovative Community Services (EJINCS)
Publisher : Eastasouth Institute

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (186.348 KB)

Abstract

Pelatihan pengabdian kepada masyarakat ini dilaksanakan di Gampong Seurapong Pulo Aceh yang terletak di bagian pesisir pantai dengan mata pencaharian masyarakat yang dominan sebagai nelayan bagi laki-laki, sedangan bagi ibu-ibu rumah tangga dengan mengerjakan rutinitas dalam rumah tangga masing-masing. Tujuan dari kegiatan PKM ini memberikan sosialisasi dan pelatihan pembuatan kue bakpia ketela ungu, untuk memberikan motivasi para mitra atau ibu rumah tangga dalam berwirausaha demi membangun perekonomian keluarga dan masyarakat. Metode yang digunakan dalam pelatihan ini yaitu ceramah, diskusi dan demontrasi. Hasil yang ditemukan pada pelaksanaaan kegiatan pengabdian ini antara lain yaitu; Pertama, adanya peningkatan keterampilan dan keinginan pada ibu rumah tangga untuk berwirausaha, kedua, para mitra sudah mempunyai rasa ingin tahu dalam kegiatan pelatihan yang dilaksanakan oleh tim, ketiga, adanya pemahaman para ibu-ibu rumah tangga dalam pembuatan kue bakpia ketela ungu, dan adanya motivasi dalam mengembangkan pendapatan perekonomian dalam keluarga dan masyarakat.
Pemberdayaan Pelaku UMKM Melalui Komunitas Langkah Berdikari Untuk Pengembangan UMKM di Desa Karangturi, Karanganyar: Pemberdayaan Masyarakat Arieska Kurnia; Arieska Kurnia Wilyawati; Deni Yasin; Devinda Agristin Putri; Febi Mayasari; Hendrika Ayuliani Muntyas; Muhammad Hafidz Pradana Putra; Rahmawati Surya; Ronald Bagus Adith Ferdianto
Easta Journal of Innovative Community Services Vol 1 No 01 (2022): Easta Journal of Innovative Community Services (EJINCS)
Publisher : Eastasouth Institute

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (916.599 KB)

Abstract

Pemberdayaan merupakan suatu upaya dalam mengembangkan masyarakat, mendorong dan membangkitkan kesadaran akan potensi yang dimiliki masyarakat sehingga mereka mampu membangun potensi tersebut menjadi aksi nyata dalam menyelesaikan masalah dan mengambil keputusan secara mandiri. Dengan pemberdayaan ini mampu membawa masyarakat mencapai tingkat kesejahteraan dan kapasitas sumber daya manusia yang lebih maju dan unggul. Penggunaan metode interdisipliner pada pemberdayaan melalui peran komunitas akan mewujudkan UMKM Desa Karangturi yang berfokus pada marketing dan branding. Dengan kolaborasi dalam pendekatan interdisipliner, pemberdayaan ini akan melibatkan berbagai pihak dalam pelaksanaannya, seperti perangkat desa, pelaku UMKM, karang taruna, serta dinas dan kemitraan terkait. Mulai dari perencanaan hingga pelaksanaan program pemberdayaan dilakukan oleh tim PPK ORMAWA BEM FEB dengan perangkat dan masyarakat Desa Karangturi. Serangkaian program pelatihan dan workshop ditujukan dan diikuti oleh masyarakat khususnya pelaku UMKM sehingga tercapainya inovasi baru yang akan dijalankan oleh Komunitas Langkah Berdikari. Inovasi tersebut dikembangkan pelaku UMKM dengan pendampingan oleh tim.
Sign System Sebagai Bentuk Komunikasi Visual (Kuliah Kerja Nyata Mahasiswa Universitas Nusa Putra di Desa Margaluyu Kecamatan Sagaranten) Ujang Badru Jaman
Easta Journal of Innovative Community Services Vol 1 No 01 (2022): Easta Journal of Innovative Community Services (EJINCS)
Publisher : Eastasouth Institute

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (612.126 KB)

Abstract

Desa Margaluyu adalah salah satu desa yang terletak di kecamatan Sagaranten yang merupakan obejk Kuliah Kerja Nyata (KKN) yang dilaksanakana oleh mahasiswa Univerrsitas Nusa Putra sebagai salah satu bentuk kegiatan Tridharma Perguruan Tinggi, salah satu program kerja yang dilaksanakan oleh mahasiswa KKN di desa Margaluyu adalah Perancangan Sign System yang didasari oleh luasnya wilayah desa Margaluyu dan kurangnya petunjuk mapun informasi tentang desa Margaluyu. Sign System pada saat ini merupakan suatu kebutuhan yang keberadaanya cukup penting ditengah-tengah masyarakat, bukan hanya dikota-kota Metropolitan tetapi di pedesaan pun Sign Sistem ini sudah mulai diperlukan. Sekarang Keberadaan Sign Sistem bukan hanya digunakan sebagai tanda lalu lintas, tetapi lebih jauh daripada itu sekarang berkembang menjadi tanda bangunan, tempat wisata, bahkan dipedesaan Sign sistem digunakan sebagai tanda letak dusun, oleh karena itu perlu dirancang suatu Sign System yang dapat memberikan petunjuk maupun informasi kepada masyarakat desa Margaluyu.
Redesain Troli Pada UMKM Ayam Goreng Keraton Dengan Menggunakan Metode Antropometri Dan Handtools Design Ade Irawan Said; Ananda Hudi Perdana; Asshyifa Muthiā€™a Syafira; Devoni Putri Rahajeng
Easta Journal of Innovative Community Services Vol 1 No 02 (2023): Easta Journal of Innovative Community Services (EJINCS)
Publisher : Eastasouth Institute

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (322.155 KB) | DOI: 10.58812/ejincs.v1i02.76

Abstract

UMKM merupakan sektor yang berperan besar dalam perekonomian masyarakat. Kegiatan mengangkat atau memindahkan material melekat pada kegiatan UMKM, khususnya pada restoran "Ayam Goreng Keraton", para pekerja memindahkan kotak makan siang secara manual. Dalam sehari, pekerja bisa memindahkan puluhan hingga ratusan kotak makan ke truk pick-up. Hal ini menyebabkan kesulitan, kelelahan dan gangguan fisik bagi para pekerja. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan solusi terbaik dengan menggunakan metode REBA, QEC dan perancangan desain alat berupa troli barang yang sesuai, dengan menggunakan metode Antropometri & handtools untuk menunjang kegiatan dan mengatasi permasalahan yang terjadi.
Membangun Bisnis Es Coklat Cokot di Waduk Cengklik Boyolali Isnaina Azhuri
Easta Journal of Innovative Community Services Vol 1 No 02 (2023): Easta Journal of Innovative Community Services (EJINCS)
Publisher : Eastasouth Institute

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (229.503 KB) | DOI: 10.58812/ejincs.v1i02.77

Abstract

Saat ini bisnis kuliner berkembang semakin pesat. Peningkatan tersebut menjadi fenomena penting, karena mudahnya membuka bisnis usaha kuliner saat ini. Kemajuan teknologi juga tidak lepas dari perkembangan bisnis kuliner. Contoh pemanfaatan teknologi terhadap bisnis kuliner salah satunya dengan strategi pemasaran online. Salah satunya yang dilakukan oleh Es Coklat Cokot Waduk Cengklik. Tujuan dari artikel ilmiah ini ialah untuk mengetahui strategi yang diterapkan dalam pengembangan usaha es coklat cokot. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Metode ini melalui beberapa tahapan yaitu penemuan fakta dan fenomena melalui studi lapangan. Hasil penelitian menunjukkan strategi pemasaran yang diterapkan di Es Coklat Cokot Waduk Cengklik adalah pemasaran melalui media sosial yaitu Instagram, pemilihan lokasi usaha yang strategis, dan diadakannya promo untuk menarik minat pembeli.
Meningkatkan Bisnis Pengrajin Mabel Desa Trangsan Fatimah Nur Cahyani
Easta Journal of Innovative Community Services Vol 1 No 02 (2023): Easta Journal of Innovative Community Services (EJINCS)
Publisher : Eastasouth Institute

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (152.867 KB) | DOI: 10.58812/ejincs.v1i02.78

Abstract

Perekonomian di Indonesia mengalami banyak perubahan cukup signifikan dari tahun ke tahun, yang membuat berbagai sektor mengalami pertumbuhan ekonomi yang cenderung menurun, baik industri besar, UMKM, serta usaha mikro menengah diantaranya pengrajin mebel. Perumusan masalah dalam penelitian ini adalah untuk meningkatkan bisnis pengrajin mabel Desa Trangsan. Metode penelitian yang digunakan untuk artikel ialah metode wawancara serta pegamatan secara langsung, data yang didapatkan dianalisis secara kualitatif. Berdasarkan penelitian menunjukkan bahwa cara meningkatkan bisnis pengrajin mabel adalah dengan memperluas target pemasaran melalui kerja sama dengan investor, melakukan promosi dan pemasaran melalui online maupun offline, meningkatkan kualitas serta terus mengembangkan inovasi.
Analisis Strategi Usaha Penjualan Toko Cicaku.Cake di Kota Karanganyar Rahayu Budi Susanti
Easta Journal of Innovative Community Services Vol 1 No 02 (2023): Easta Journal of Innovative Community Services (EJINCS)
Publisher : Eastasouth Institute

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (312.683 KB) | DOI: 10.58812/ejincs.v1i02.79

Abstract

Industri roti adalah salah satu bagian dalam kontribusi ekonomi di sektor industri makanan. Pertumbuhan industri roti dipengaruhi oleh gaya hidup orang yang mengonsumsi roti untuk sarapan, makanan ringan dan sebagainya. Tujuan dari penelitian ini adalah analisis strategi usaha penjualan yang ditetapkan toko CICAKU.CAKE. Penelitian ini menggunakan metode studi lapangan oleh penyelidikan pemilik, yang dilakukan secara eksklusif. Data dikumpulkan dan dianalisis secara kualitatif untuk menjelaskan strategi pemasaran di Cicaku Cake. Hasil penelitian menujukan bahwa strategi usaha yang dilakukan oleh Toko Cicaku. Cake yaitu dengan menggunakan bantuan Pemasaran terdiri dari produk, harga, tempat dan promosi. Dengan bantuan diversifikasi makanan yang dipanggang, harga yang sesuai dengan kualitas produk dan promosi yang tepat, tujuannya adalah untuk meningkatkan penjualan dan memperluas jangkauan konsumen.
Bimbingan Cara Perhitungan Harga Pokok Produksi dan Harga Pokok Penjualan Bagi Pelaku Usaha di Destinasi Wisata Wae Bobok Ludgardis Deliman
Easta Journal of Innovative Community Services Vol 1 No 02 (2023): Easta Journal of Innovative Community Services (EJINCS)
Publisher : Eastasouth Institute

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (474.399 KB) | DOI: 10.58812/ejincs.v1i02.80

Abstract

Pengabdian Kepada Masyarakat meruapakn salah satu programa yang dilaksanakan oleh Program Studi Sarjana Terapan Akuntansi Perpajakan untuk menjalankan Tri Dharma Perguruan Tinggi. Pengabdian Kepada Masyarakat yang terdiri dari dosen dan mahasiswa Program Studi Sarajana Terapan Akuntasi Perpajakan Politeknik eLbajo Commodus memberikan materi dalam bidang keuangan bagi para pelaku usaha di Destinasi Wisata Wae Bobok. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini dilakukan untuk membantu para pelaku usaha di Destinasi Wisata Wae Bobok dalam menentukan harga pokok produksi dan harga pokok penjualan yang tepat dan benar. Metode dalam kegiatan ini menggunakan metode studi kasus dan didampingi langsung oleh tim Pengabdian Kepada Masyarakat kepada pelaku usaha dalam menghitung harga pokok produksi dan harga pokok penjualan. Pentingnya kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini dilakukan dikarenakan masih terdapat kekurangan masyarakat atau pelaku usaha dalam pengelolaan keuangan. Diharapkan setelah mengikut kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang dibawa oleh Program Studi Sarjana Terapan Akuntansi Perpajakan para pelaku usaha di Destinasi Wisata Wae Bobok dapat dipraktekkan dalam menjalankan usaha sebagai bahan pertimbangan penentuan harga jual.

Page 1 of 3 | Total Record : 26