cover
Contact Name
Safitri Juanita
Contact Email
Safitri.juanita@budiluhur.ac.id
Phone
+62215869225
Journal Mail Official
telematika.mkom@budiluhur.ac.id
Editorial Address
Sekretariat TELEMATIKA MKOM Jl. Ciledug Raya No.99, RT.1/RW.2, Petukangan Utara, Jakarta Selatan, 12260. Unit 7, Lantai 2. Fakultas Teknologi Informasi - Universitas Budi Luhur Telp. (021) 5869225, 5853753 ext 227, 228
Location
Kota adm. jakarta selatan,
Dki jakarta
INDONESIA
Telematika MKOM
ISSN : 2085725X     EISSN : 25279033     DOI : 10.36080
Core Subject : Science,
Jurnal ini memuat hasil-hasil penelitian dengan topik-topik penelitian yang berasal dalam cakupan rumpun ilmu Komputer khususnya studi penelitian dasar dan terapan dalam Rekayasa Komputasi Terapan dan Teknologi Sistem Informasi, seperti: 1. Network Computer and Security 2. Data Mining 3. Sistem pakar (Expert System) 4. Jaringan syaraf tiruan (Artificial Neural Network) 5. Natural Language Processing (NLP) 6. Game Development 7. Visi Komputer 8. Temu balik Informasi 9. Artificial Intelligent 10 Internet of Things 11. E-Learning 12. IT Governance serta topik lainnya yang masuk ke dalam rumpun ilmu tersebut
Articles 7 Documents
Search results for , issue "Vol 5, No 1 (2013): Jurnal Telematika MKOM Vol. 5 No. 1 Maret 2013" : 7 Documents clear
MODEL DATA WAREHOUSE DENGAN MULTIDIMENSIONALMODELING UNTUK MENUNJANG KEPUTUSAN DALAM BIDANG JASA EKSPEDISI : STUDI KASUS PT. FASTINDO GLOBAL UTAMA GROUP Lusi Fajarita; Dana Indra Sensuse
Telematika MKOM Vol 5, No 1 (2013): Jurnal Telematika MKOM Vol. 5 No. 1 Maret 2013
Publisher : Universitas Budi Luhur

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (8971.755 KB)

Abstract

PT. FASTINDO GLOBAL UTAMA GROUP merupakan perusahaan yang bergerak dibidang penyediaan jasa pengiriman tentu harus dapat memberikan pelayanan yang terbaik kepada pelanggannya. Dengan menggunakan data warehouse, proses analisa informasi dan pengembangan dapat dibuat lebih cepat untuk memenuhi kebutuhan informasi PT. FASTINDO GLOBAL UTAMA GROUP. MetodologiĀ  yang digunakan dalam penelitian ini dibagi menjadi 2 (dua) tahap, yaitu tahap analisis dan perancangan. Pada tahap analisis menggunakan Nine Step Methodology, sedangkan pada tahap perancangan model data warehouse menggunakan SnowflakeSchema. Selain itu perusahaan juga menggunakan analisis KeyPerformanceIndicator (KPI) untuk membantu dalam merumuskan strategi yang dapat diterapkan perusahaan dalam menghadapi persaingan bisnis. Hasil dari penelitian ini berupa model data warehouse dan prototype aplikasi yang berhubungan dengan informasi transaksi pengiriman dan pendapatan dalam berbagai dimensi, sehingga dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan pihak eksekutif perusahaan.
APLIKASI PEMESANAN BARANG BERBASIS SMS GATEWAY DAN MOBILE APLICATION PADA SHOP AND DRIVE CABANG KREO TANGERANG Dewi Kusumaningsih; Ahmad Pudoli
Telematika MKOM Vol 5, No 1 (2013): Jurnal Telematika MKOM Vol. 5 No. 1 Maret 2013
Publisher : Universitas Budi Luhur

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (8820.333 KB)

Abstract

Teknologi pada masa sekarang ini diperlukan pada semua aspek kehidupan. Teknologi mempermudah manusia untuk memaksimalkan suatu kinerja. Dalam kehidupan sehari-hari, manfaat dari teknologi semakin meningkat. Terutama beberapa tahun terakhir ini, teknologi informasi dan komputer telah berkembang dengan pesat. Kegiatan yang biasa kita lakukan diluar rumah, dapat dengan mudah kita lakukan di dalam rumah dengan mudah dan nyaman. Dengan perkembangan teknologi yang sedemikian pesat maka berbanding lurus dengan prioritas masyarakat dalam mencari kebutuhan dengan menggunakan media tenologi. Semakin banyaknya pengguna SMS membuat beberapa perusahaan, instansi, universitas maupun organisasi membuat layanan-layanan berbasis SMS, seperti mobile banking, pemesanan tiket.Pokok permasalahan yang dihadapi adalah proses transaksi pemesanan barang yang dilakukan oleh pelanggan hanya sekedar memberikan informasi ketersediaan barang, dan tidak dilakukan proses pembookingan pesanan tersebut sehingga informasi tersebut bisa berubah ketika pelanggan tiba di tempat transaksi. Dengan mengetahui pokok permasalahan di atas, maka dikembangkan suatu aplikasi berbasis SMS yang nantinya bisa memenuhi kebutuhan pelanggan. Adapun hasil dari penelitian ini memberikan solusi dalam meningkatakan pelayan dan kepuasan pelanggan.
KAJIAN EFEKTIFITAS SISTEM INFORMASI RUMAH SAKIT : STUDI KASUS RUMAH SAKIT ANAK DAN BUNDA HARAPAN KITA JAKARTA Nurul Jamal
Telematika MKOM Vol 5, No 1 (2013): Jurnal Telematika MKOM Vol. 5 No. 1 Maret 2013
Publisher : Universitas Budi Luhur

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (11337.75 KB)

Abstract

"Rumah Sakit Anak dan Bunda Harapan Kita" (RSAB Harapan Kita) telah mengembangkan paket Sistem Informasi Rumah Sakit yang dirancang untuk mencakup hampir semua kegiatan di rumah sakit yang telah dikembangkan pada tahun 2003.Dari laporan menunjukkan bahwa penggunaan Sistem Informasi Rumah Sakit RSAB Harapan Kita masih belum sempurna karena beberapa unit di rumah sakit ini masih belum sepenuhnya memanfaatkan sistem informasi rumah sakit, seperti Bagian Keuangan, dan Sub Bagian Personalia, Bagian Sumber Daya Manusia. Berdasarkan masalah ini, penelitian akan diarahkan pada proses pemanfaatan Sistem Informasi Rumah Sakit, dengan menemukan masalah, dan mencoba mencari solusi masalah tersebut. Model yang digunakan dalam penelitian ini adalah DeLone & McLane Model. Penelitian ini menggunakan sampel model bukan model populasi, karena populasi dalam penelitian ini tidak cukup untuk mewakili populasi dalam model teoritis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kualitas sistem dan kualitas pelayanan akan mempengaruhi efektifitas Sistem Informasi Rumah Sakit di RSAB Harapan Kita. Hubungan kausal antara faktor-faktor yang mempengaruhi efektivitas Sistem Informasi Rumah Sakit menunjukkan bahwa semuanya mempengaruhi secara positif. Ini berarti bahwa semakin tinggi kualitas sistem dan semakin tinggi kualitas layanan akan meningkatkan kegunaan Sistem Informasi Rumah Sakit di RSAB Harapan Kita.
PROTOTIPE KNOWLEDGE MANAGEMENT SYSTEM UNTUK MENDUKUNG MODEL SISTEM INOVASI MENGGUNAKAN TEKNOLOGI OPEN SOURCE: STUDI KASUS BPPT Budiono Budiono; Moedjiono Moedjiono
Telematika MKOM Vol 5, No 1 (2013): Jurnal Telematika MKOM Vol. 5 No. 1 Maret 2013
Publisher : Universitas Budi Luhur

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (12467.193 KB)

Abstract

Knowledge Management System (KMS) merupakan proses yang mengkoordinasikan penggunaan pengetahuan pada sebuah organisasi. Keuntungan dari implementasi KMSĀ  pada organisasi antara lain adalah pengambilan keputusan menjadi lebih baik dan lebih cepat, mempercepat inovasi dan meningkatkan produktivitas. Banyak organisasi merasa sudah menerapkan KMS tetapi belum ada pengaruhnya secara signifikan terhadap pencapaian tujuan dari KMS itu sendiri. Sebagai salah satu lembaga penelitian, BPPT membutuhkan prototipe knowledge management system untuk dapat diterapkan. Survey dilakukan dengan menyebarkan kuesioner dan wawancara pada unit organisasi. Dari hasil penilaian survey tersebut kemudian diolah menjadi suatu rancangan penelitian untuk membentuk sebuah model atau rancangan KMS. Adapun hasil yang diharapkan dengan adanya penelitian ini adalah tersedianya prototipe aplikasi Knowledge Management System (KMS) pada organisasi BPPT dengan berpedoman pada Model Sistem Inovasi yang dapat digunakan sebagai wadah knowledge sharing antara peneliti, perekayasa dan pegawai BPPT pada umumnya.
KAJIAN EFEKTIVITAS SISTEM PENYEBARAN INFORMASI GEMPABUMI DAN PERINGATAN DINI TSUNAMI : STUDI KASUS PENYEBARAN INFORMASI MELALUI EMAIL DAN SITUS JEJARING SOSIAL Akbar Akbar; Prabowo Pudjo Widodo
Telematika MKOM Vol 5, No 1 (2013): Jurnal Telematika MKOM Vol. 5 No. 1 Maret 2013
Publisher : Universitas Budi Luhur

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (6781.269 KB)

Abstract

Indonesia merupakan negara kepulauan yang memiliki tingkat kebencanaan yang sangat tinggi, terutama bencana gempabumi. Untuk mengetahui tingkat kesuksesan penyebaran informasi gempabumi tersebut maka diperlukan pengukuran-pengukuran pada beberapa variabel-variabel yang ada pada sistem informasi tersebut. Dengan menggunakan metode kesuksesan Delon dan Mclean dapat diketahui tingkat kesuksesan sistem informasi. Dari hasil pengukuran tersebut dapat diketahui tingkat efektivitas penyebaran informasi gempabumi menggunakan email dan situs jejaring sosial masih belum efektif dan masih diperlukan penyempurnaan pada kualitas layanan dan kualitas informasi sistem penyebaran informasi gempabumi.
APLIKASI MONITORING SUHU DAN KELEMBABAN RUANG SERVER PT HERO SUPERMARKET Tbk. Noni Juliasari; Dhayani Ardyan
Telematika MKOM Vol 5, No 1 (2013): Jurnal Telematika MKOM Vol. 5 No. 1 Maret 2013
Publisher : Universitas Budi Luhur

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (3860.736 KB)

Abstract

Dunia bisnis saat ini berkembang sangat pesat. Untuk meningkatkan efisiensi proses bisnis dalam suatu perusahaan, maka diperlukan adanya peningkatan kebutuhan dalam bidang IT. Banyak faktor yang menjadi pertanda dari perkembangan bisnis. Salah satunya adalah perubahan orientasi arsitektur menjadi client server. Oleh karena itu, eksistensi server menjadi hal yang sangat penting saat ini. Menjaga eksistensi server berkaitan erat dengan menjaga kinerja server melalui pengawasan terhadap kestabilan suhu dan kelembaban ruang server itu sendiri. Permasalahan yang sering terjadi adalah administrator server tidak bisa mengawasi kestabilan suhu dan kelembaban ruang server secara terus menerus. Apabila terjadi ketidakstabilan pada suhu atau kelembaban ruang server, maka hal ini dapat mengakibatkan terganggunya kinerja server yang akan berdampak juga pada proses bisnis perusahaan. Pengembangan aplikasi ini bertujuanuntuk memberikan solusi dari permasalahan server melaluipemantauan suhu dan kelembaban ruang server melalui sensor yang ditempatkan pada ruang server tersebut.Apabila terdeteksi kondisi abnormal pada suhu dan kelembaban, makamuncul peringatan berupa alarm dan email kepada administrator server, serta menyalakan pendingin ruangan cadangan secara otomatis. Dengan demikian, permasalahan eksistensi server pada perusahaan diharapkan dapat segera ditanggulangi dengan aplikasi ini. Meskipun, masih banyak pengembangan yang dapat dilakukan untuk menyempurnakan aplikasi ini ke depan.
PERANCANGAN IMPLEMENTASI SHA-1 PASSWORD CRACKING BERBASIS FPGA: STUDI KASUS INSTANSI XYZ Siti Zaim; Nazori AZ; Hadi Syahrial
Telematika MKOM Vol 5, No 1 (2013): Jurnal Telematika MKOM Vol. 5 No. 1 Maret 2013
Publisher : Universitas Budi Luhur

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (7042.735 KB)

Abstract

Password merupakan salah satu metode otentikasi yang digunakan pada banyak aplikasi. Password disimpan dalam bentuk digest yang dihasilkan dari perhitungan menggunakan fungsi hash, salah satunya SHA-1. Instansi XYZ bergerak dalam bidang pengamanan informasi yang membutuhkan kecepatan dalam melakukan komputasi kriptanalisis termasuk password cracking di dalamnya. FPGA merupakan salah satu alternatif teknologi komputasi dengan performansi tinggi. Pada penelitian ini akan dibuat rancangan implementasi SHA-1 password cracking dengan metode brute force attack.Pada Hasil akhir dari penelitian ini berupa rancangan implementasi SHA-1 password cracking berbasis FPGA bagi Instansi XYZ. Dengan menggunakan rancangan ini, Instansi XYZ dapat melakukan password cracking lebih cepat dibandingkan menggunakan personal computer sehingga informasi dapat lebih cepat disampaikan untuk pengambilan keputusan.

Page 1 of 1 | Total Record : 7


Filter by Year

2013 2013