cover
Contact Name
Ika Purwanti
Contact Email
ikapurwanti044@gmail.com
Phone
+6281387837638
Journal Mail Official
jurnalmelati@gmail.com
Editorial Address
Jalan KH. Ahmad Dahlan No. 41 Lamongan
Location
Kab. lamongan,
Jawa timur
INDONESIA
Melati: Jurnal Media Komunikasi Ilmu Ekonomi
ISSN : 19799101     EISSN : 28088662     DOI : https://doi.org/10.58906/melati
Core Subject : Economy,
MELATI: Jurnal Media Komunikasi Ilmu Ekonomi dengan nomor registrasi ISSN 2808-8662 (Online) dan ISSN 1979-9101 (Cetak), merupakan jurnal peer-review yang diterbitkan dua kali dalam setahun yaitu bulan Juni dan Desember oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) Institut Teknologi dan Bisnis Ahmad Dahlan Lamongan. Jurnal MELATI: Media Komunikasi Ilmu Ekonomi mempublikasikan artikel yang melaporkan temuan penelitian bidang ekonomi dan bisnis. Disiplin dan topik yang dicakup oleh MELATI: Jurnal Media Komunikasi Ilmu Ekonomi, meliputi bidang ekonomi dan bisnis, khususnya bidang akuntansi, manajemen, pasar modal, etika bisnis, perpajakan, kewirausahaan, sistem informasi, serta bidang ekonomi dan lainnya.
Articles 29 Documents
AUDIT OPERASIONAL, AKUNTABILITAS, DAN MOTIVASI TERHADAP KINERJA KARYAWAN Achmad Nur Firdaus; Evi Dwi Kartikasari; Heti Nur Ani
Media Komunikasi Ilmu Ekonomi Vol 38 No 1 (2021): MELATI : Jurnal Media Komunikasi Ilmu Ekonomi Juni 2021
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Institut Teknologi dan Bisnis Ahmad Dahlan Lamongan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (363.782 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis pengaruh audit operasional, akuntabilitas dan motivasi terhadap kinerja Karyawan. Penelitian ini dilakukan di PT. BRI Cabang Lamongan. Sampel penelitian terdiri dari semua karyawan bagian operasional, bagian SDM, bagian logistik, bagian keamanan, bagian account officer dan bagian Funding Officer yang berjumlah 40 karyawan. Teknik penelitian menggunakan teknik total sampling, yaitu semua karyawan bagian operasional bagian SDM, bagian logistik, bagian keamanan, bagian account officer dan bagian Funding Officer. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Analisis data menggunakan regresi linier berganda dengan program SPSS for windows versi 20. Hasil penelitian menunjukkan bahwa audit operasional, akuntabilitas, dan motivasi mampu meningkatkan kinerja karyawan PT. BRI Cabang Lamongan.
PENINGKATAN KINERJA KARYAWAN MELALUI AUDIT INTERNAL, KOMPETENSI, DAN KOMPENSASI Siti Nurhayati; Annita Mahmudah; Yusuf Darmawan
Media Komunikasi Ilmu Ekonomi Vol 38 No 1 (2021): MELATI : Jurnal Media Komunikasi Ilmu Ekonomi Juni 2021
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Institut Teknologi dan Bisnis Ahmad Dahlan Lamongan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (499.211 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis pengaruh Internal Audit, Kompetensi dan Kompensasi terhadap Kinerja Karyawan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruih karyawan yang bekerja pada PT Pasific Indo Packing. Metode pengambilan sampel menggunakan total sampling, yaitu semua anggota populasi menjadi sampel penelitian, berjumlah 65 orang. Data dianalisis dengan regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa audit internal, kompetensi, dan kompensasi berpengaruh terhadap kinerja karyawan. Evaluasi berkala diperlukan untuk mengetahui apakah audit internal dalam perusahaan berjalan dengan baik atau tidak. Kompetensi karyawan perlu dievaluasi agar karyawan dapat bekerja sesuai dengan keterampilan dan pengetahuan yang didukung oleh sikap kerja. Kompensasi yang diberikan kepada karyawan harus diberikan tepat waktu agar karyawan bersemangat dalam bekerja.
KUALITAS PELAYANAN DAN HARGA TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN Fariski Nurfebriani Rusmita; Muhammad Sulton; Mesra Surya Arifien
Media Komunikasi Ilmu Ekonomi Vol 38 No 1 (2021): MELATI : Jurnal Media Komunikasi Ilmu Ekonomi Juni 2021
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Institut Teknologi dan Bisnis Ahmad Dahlan Lamongan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (501.384 KB)

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk menguji dan menganalisis pengaruh kualitas layanan dan harga terhadap kepuasan pelanggan. Penelitian ini dilakukan pada PT. JNE EXPRESS Kabupaten Lamongan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pengguna jasa PT. JNE Express Kabupaten Lamongan, dengan sampel sebanyak 100 responden. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Analisa data menggunakan regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen dan harga berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen. Hasil penelitian secara keseluruhan memiliki implikasi bahwa kualitas layanan dan harga merupakan faktor penting untuk meningkatkan kepuasan pelanggan JNE.
PAJAK DAERAH, INTERGOVERNMENTAL REVENUE DAN KEMAKMURAN TERHADAP KINERJA KEUANGAN PEMERINTAH DAERAH (Studi Pada Badan Pendapatan Daerah Lamongan) Dwi Agustina Iswantini; Agung Hirmantono; Rita Natalia
Media Komunikasi Ilmu Ekonomi Vol 38 No 1 (2021): MELATI : Jurnal Media Komunikasi Ilmu Ekonomi Juni 2021
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Institut Teknologi dan Bisnis Ahmad Dahlan Lamongan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (401.646 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pajak daerah, dana perimbangan, dan kemakmuran terhadap kinerja keuangan Pemerintah Daerah dengan studi kasus pada Badan Pendapatan Daerah Lamongan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder yang diperoleh dari kantor Badan Pendapatan Daerah Lamongan selama tahun 2015-2018. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi linier berganda. Pengolahan data menggunakan SPSS Versi 26. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial variabel pajak daerah tidak berpengaruh terhadap kinerja keuangan Pemerintah Kabupaten Lamongan. Variabel dana perimbangan secara parsial berpengaruh negatif dan signifikan terhadap kinerja keuangan Pemerintah Kabupaten Lamongan. Sedangkan variabel kemakmuran secara parsial berpengaruh terhadap kinerja keuangan Pemerintah Kabupaten Lamongan. Berdasarkan hasil pengujian simultan, pajak daerah, dana perimbangan dan kemakmuran berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja keuangan Pemerintah Kabupaten Lamongan.
MENINGKATKAN KEPUASAN PASIEN MELALUI PELAYANAN PRIMA DAN TRUST PASIEN Vivi Rohmatul Ula; Darianto; Ardiasyah Ahsanul Hayat
Media Komunikasi Ilmu Ekonomi Vol 38 No 1 (2021): MELATI : Jurnal Media Komunikasi Ilmu Ekonomi Juni 2021
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Institut Teknologi dan Bisnis Ahmad Dahlan Lamongan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (754.01 KB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji dan menganalisis pengaruh pelayanan prima dan kepercayaan (trust) terhadap kepuasan pasien Klinik Muhammadiyah Lamongan. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif deskriptif dengan pendekatan analisis positivistik. Metode pengumpulan data menggunakan angket, observasi, dan dokumentasi. Sampel penelitian sebanyak 100 responden dengan teknik pengambilan sampel adalah teknik Non Probability Sampling. Data dianalisis menggunakan regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa baik pelayanan prima maupun kepercayaan berpengaruh positif signifikan terhadap kepuasan pasien Klinik Muhammadiyah Lamongan.
PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN BERTRANSAKSI (Studi Kasus Pada Agen BRILink BRI Unit Sidayu, Gresik) Mochamad Ridzwan; Ika Purwanti; Arian Yusuf Wicaksono
Media Komunikasi Ilmu Ekonomi Vol 38 No 1 (2021): MELATI : Jurnal Media Komunikasi Ilmu Ekonomi Juni 2021
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Institut Teknologi dan Bisnis Ahmad Dahlan Lamongan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (610.125 KB)

Abstract

Agen BRILink merupakan salah satu inovasi layanan Bank BRI, dimana Bank BRI menjalin kerjasama dengan nasabah dalam bentuk kemitraan. Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis pengaruh kualitas pelayanan dan harga terhadap keputusan bertransaksi, baik secara parsial maupun simultan. Penelitian ini dilakukan pada agen BRILink BRI Unit Sidayu Gresik. Sampel penelitian ditentukan sebanyak 100 responden dan dipilih dengan menggunakan teknik Non Probability Sampling jenis Accidental Sampling yaitu siapa saja yang datang dianggap memenuhi kriteria penelitian. Analisis data menggunakan pendekatan kuantitatif dengan menggunakan aplikasi SPSS 18.0. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kualitas layanan dan harga berpengaruh positif signifikan terhadap keputusan transaksi, baik secara parsial maupun simultan pada agen BRILink. Adanya pengaruh positif-signifikan terhadap kualitas layanan dan harga ditandai dengan adanya peningkatan keputusan transaksi oleh konsumen pada agen BRILink. Oleh karena itu, bank BRI perlu mengevaluasi kualitas layanan dan harga di agen BRILink agar nilai pengambilan keputusan transaksi di agen BRILink dapat meningkat
BRAND EQUITY, SERVICE QUALITY DAN COST STUDY TERHADAP KEPUTUSAN MAHASISWA MEMILIH PERGURUAN TINGGI SWASTA Agus Tita Wanda; Muhammad Sulton; Mesra Surya Ariefin; Sutikno
Media Komunikasi Ilmu Ekonomi Vol 38 No 2 (2021): MELATI : Jurnal Media Komunikasi Ilmu Ekonomi Desember 2021
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Institut Teknologi dan Bisnis Ahmad Dahlan Lamongan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (610.227 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis pengaruh Brand Equity, Service Quality dan Cost Study terhadap Keputusan Mahasiswa memilih Perguruan Tinggi Swasta di Universitas Muhammadiyah Lamongan baik secara parsial maupun simultan. Penelitian ini dilakukan di Universitas Muhammadiyah Lamongan. Sampel dalam penelitian ini adalah sebagian dari Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Lamongan, yaitu berjumlah 95 mahasiswa dan dipilih menggunakan teknik sampling Proportional Random Sampling dengan cara undian yaitu setiap Program Studi dalam populasi memiliki kesempatan untuk menjadi sampel. Data dianalisis menggunakan regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan Variabel Brand Equity, Service Quality dan Cost Study terhadap Keputusan Mahasiswa memilih perguruan tinggi Universitas Muhammadiyah Lamongan. Berdasarkan tabel uji Dominan secara keseluruhan pengaruh variable independent yang paling dominan terhadap variable dependent adalah variabel Brand Equity.
ANALISIS EFEKTIVITAS DAN KONTRIBUSI PENERIMAAN PAJAK BEA PEROLEHAN HAK ATAS TANAH DAN BANGUNAN TERHADAP PENDAPATAN ASLI DAERAH KABUPATEN LAMONGAN Dwi Pratiwi; Rita Nataliawati; Arfiana Dewi; Mesra Berlyn Haskim
Media Komunikasi Ilmu Ekonomi Vol 38 No 2 (2021): MELATI : Jurnal Media Komunikasi Ilmu Ekonomi Desember 2021
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Institut Teknologi dan Bisnis Ahmad Dahlan Lamongan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (645.987 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji analisis efektivitas dan potensi penerimaan pajak Bea Perolehan Hak Atas Tanah dan Bangunan terhadap Pendapatan Asli Daerah Kabupaten Lamongan periode tahun 2016-2020. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah data realisasi dan target Penerimaan Pendapatan Asli Daerah Kabupaten Lamongan selama tahun 2016-2020 dan sampelnya adalah data target dan realisasi penerimaan pajak pajak Bea Perolehan Hak Atas Tanah dan Bangunan Kabupaten Lamongan tahun 2016-2020. Metode pengumpulan data menggunakan data sekunder. Hasil dari penelitian menunjukkan tingkat efektivitas pajak Bea Perolehan Hak Atas Tanah dan Bangunan Kabupaten Lamongan secara keseluruhan dilihat dari rata-rata setiap tahunnya 81,65% dan termasuk kriteria yang cukup efektif. Efektivitas tertinggi terjadi pada tahun 2016 yaitu sebesar 112,44%. Besarnya pajak Bea Perolehan Hak Atas Tanah dan Bangunan dalam meningkatkan PAD Kabupaten Lamongan cukup besar. Potensi terbanyak dari transaksi jual beli.
KUALITAS LAYANAN, INOVASI PRODUK DAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DI MASA PANDEMI COVID-19 (Studi pada Konsumen Dapur Kopi Lamongan) Tria Wahyu Indriyani; Ika Purwanti; Sawabi; Dwi Reni Nisvul Lailyningsih
Media Komunikasi Ilmu Ekonomi Vol 38 No 2 (2021): MELATI : Jurnal Media Komunikasi Ilmu Ekonomi Desember 2021
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Institut Teknologi dan Bisnis Ahmad Dahlan Lamongan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (647.625 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas layanan, inovasi produk dan harga terhadap keputusan pembelian pada konsumen Dapur Kopi Lamongan. Metode penelitian mengunakan metode kuantitatif. Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah 75 responden menggunakan teknik purposive sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner. Data dianalisis menggunakan analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukan bahwa kualitas pelayanan, inovasi produk, dan harga berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Kesimpulan dari penelitian ini adalah pentingnya menjaga kualitas produk, melakukan inovasi produk, dan memberikan harga yang sesuai guna meningkatkan keputusan konsumen dalam pembelian.
PROFITABILITAS, UMUR PERUSAHAAN DAN UKURAN PERUSAHAAN TERHADAP AUDIT DELAY (Studi Kasus Pada Perusahaan Jasa Subsektor Infrastruktur, Utilitas Dan Transportasi Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Tahun 2017-2019) Muhammad Fahim Rusydi; Yusuf Darmawan; Aranta Prista Dilasari; Heti Nur Ani
Media Komunikasi Ilmu Ekonomi Vol 38 No 2 (2021): MELATI : Jurnal Media Komunikasi Ilmu Ekonomi Desember 2021
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Institut Teknologi dan Bisnis Ahmad Dahlan Lamongan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (782.652 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis pengaruh profitabilitas, umur perusahaan dan ukuran perusahaan, profitabilitas yang diproksikan dengan Return On Asset (ROA) dan ukuran perusahaan menggunakan LN (aset) terhadap audit delay. Penelitian ini di lakukan pada perusahaan jasa subsektor infrastruktur, utilitas dan transportasi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2017 – 2019. Periode penelitian yang digunakan yaitu selama 3 tahun mulai tahun 2017 sampai dengan tahun 2019. Metode pada penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan menggunakan laporan keuangan untuk menguji hipotesis yang telah disusun terhadap variabel – variabel yang akan diteliti. Metode pengambilan sampel penelitian ini adalah purposive sampling dan didapatkan 14 sampel yang memenuhi kriteria dari 75 perusahaan. Variabel dalam penelitian ini berupa tiga variabel bebas yaitu profitabilitas, umur perusahaan dan ukuran perusahaan yang mempengaruhi audit delay sebagai variabel terikat, dan teknik analisis yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda dengan software IBM SPSS versi 22. Hasil penelitian menunjukan bahwa profitablitas tidak berpengaruh terhadap audit delay, umur perusahaan tidak berpengaruh terhadap audit delay, dan ukuran perusahaan tidak berpengaruh terhadap audit delay.

Page 1 of 3 | Total Record : 29