cover
Contact Name
Muhammad Salman
Contact Email
muhammadsalman1@unsam.ac.id
Phone
+628116800173
Journal Mail Official
jmas@unsam.ac.id
Editorial Address
Jl, Prof. Dr. Syarief Thayeb, Meurandeh, Langsa Lama, Kota Langsa, Aceh 24416.
Location
Kota langsa,
Aceh
INDONESIA
Jurnal Mahasiswa Akuntansi Samudra
Published by Universitas Samudra
ISSN : 27970434     EISSN : 27970086     DOI : 10.33059
Jurnal Mahasiswa Akuntansi Samudra (JMAS) e-ISSN 2797-0086 p-ISSN 2797-0434 is the publication of articles from research and literature review in the field of Economics, especially Accounting. JMAS is available in print and online versions published by the Accounting Study Program, Faculty of Economics, Samudra University. JMAS helps academics, researchers, and practitioners to publish their research results. JMAS is published periodically in January, May, and September. JMAS aims to widely disseminate both empirical studies and conceptual discourse in the field of Economics, especially Accounting. JMAS is a place for publishing literature articles that accept articles in both English and Indonesian, and reports that JMAS will post are not published in other journals. JMAS: Jurnal Akuntansi Mahasiswa Samudra is a journal that provides a forum for publishing original research articles, student research articles, and review articles from contributors. And this journal discusses Economics, especially Accounting, Sharia Accounting, Financial Accounting, and Public Sector Accounting.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 91 Documents
PENGARUH WORKING CAPITAL TERHADAP LIKUIDITAS PADA PT. CHAROEN POKPHAND INDONESIA TBK Budi gautama Siregar; Zulaika Matondang; Nora Angraini
Jurnal Mahasiswa Akuntansi Samudra Vol 1 No 1 (2020)
Publisher : Program Studi Akuntansi, Fakultas Ekonomi. Universitas Samudra

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (370.757 KB)

Abstract

Komponen working capital terdiri dari perputaran kas dan perputaran piutang, dalam penelitian ini terdapat fenomena ketika nilai perputaran kas dan perputaran piutang nilainya tinggi namun likuiditas PT Charoen Pokphand Indonesia Tbk mengalami kebalikannya. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh perputaran kas dan perputaran piutang terhadap likuiditas perusahaan. Pembahasan penelitian ini berkaitan dengan bidang akuntansi yang membahas tentang rasio keuangan. Sehubungan dengan itu, pendekatan yang dilakukan adalah teori-teori dan ayat yang berkaitan dengan rasio keuangan seperti, likuiditas yang diukur dengan current rasio, dan komponen working capital mengenai perputaran kas dan perputaran piutang. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan menggunakan data sekunder. Bentuk data dalam penelitian ini menggunakan data time series sebanyak 32 sampel dengan teknik pengambilan sampel jenuh. Hasil penelitian yang dilakukan melalui uji t menghasilkan nilai thitung ttabel atau (-0,400544 < 1,69913) dan signifikan > 0,05 (0,6917 > 0,05) untuk variabel perputaran kas yang berarti bahwa secara parsial tidak berpengaruh terhadap likuiditas. Untuk variabel perputaran piutang thitung ttabel atau (-0,875508 < 1,69913) dan signifikan > 0,05 (0,3885 > 0,05) yang berarti bahwa tidak berpengaruh secara parsial terhadap likuiditas. Dan hasil penelitian yang dilakukan melalui uji f menghasilkan nilai Fhitung < Ftabel atau (1,091348 < 3,33) yang berarti bahwa perputaran kas dan perputaran piutang tidak berpengaruh secara simultan terhadap likuiditas.
DETERMINAN KEPATUHAN WAJIB PAJAK KENDARAAN BERMOTOR DI KABUPATEN ACEH TAMIANG Tuti Meutia; Yani Rizal; Hasnizar
Jurnal Mahasiswa Akuntansi Samudra Vol 1 No 1 (2020)
Publisher : Program Studi Akuntansi, Fakultas Ekonomi. Universitas Samudra

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (417.617 KB)

Abstract

Penelitian dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh Pemahaman Sistem Pemungutan Pajak, Kualitas Pelayanan, Tingkat Penghasilan, dan Kesadaran Wajib Pajak Secara Simultan Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Kendaraan Bermotor di Kabupaten Aceh Tamiang. Penelitian ini menggunakan responden sebanyak 100 orang yang merupakan wajib pajak kedaraan bermotor di Aceh Tamiang. Metode analisis data menggunakan persamaan regresi linier berganda, uji koefisien determinasi dan uji hipotesis (uji t dan F). hasil penelitian diperoleh Y = 0,127 + 0,261X1 + 0,282X2 + 0,264X3 + 0,162X4, konstanta sebesar 0,127 merupakan kepatuhan wajib pajak sebelum dipengaruhi oleh pemahaman sistem pemungutan pajak, kualitas pelayanan, tingkat penghasilan dan kesadaran membayar pajak bernilai konstan. Koefisien dari pemahaman sistem pemungutan pajak, pemahaman sistem pemungutan pajak, kualitas pelayanan, tingkat penghasilan, dan kesadaran membayar pajak berpengaruh positif terhadap kepatuhan wajib pajak. Hasil uji t pemahaman sistem pemungutan pajak, kualitas pelayanan, tingkat penghasilan dan kesadaran membayar pajak secara parsial berpengaruh signifikan terhadap kepatuhan wajib pajak. Demikian hasil uji F, pemahaman sistem pemungutan pajak, kualitas pelayanan, tingkat penghasilan dan kesadaran membayar pajak secara parsial berpengaruh signifikan terhadap kepatuhan wajib pajak. Hasil uji koefisien determinasi (R2) sebesar 50,7% variabel pemahaman sistem pemungutan pajak, kualitas pelayanan, tingkat penghasilan dan kesadaran membayar pajak dapat menjelaskan variabel terikat kepatuhan wajib pajak.
Pengaruh Latar Belakang Pendidikan terhadap Penerapan Standar Akuntansi Keuangan Entitas Tanpa Akuntabilitas Publik di UMKM Kota Langsa Nasrul Kahfi Lubis
Jurnal Mahasiswa Akuntansi Samudra Vol 1 No 1 (2020)
Publisher : Program Studi Akuntansi, Fakultas Ekonomi. Universitas Samudra

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (345.739 KB)

Abstract

Tujuan dilakukan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Latar Belakang pendidikan terhadap Penerapan Standar Akuntansi Keuangan Entitas Tanpa Akuntabilitas Publik (SAK ETAP) pada Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) di Kota Langsa. Sampel penelitian diambil dengan metode stratified sampling. Jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian sebanyak 73 responden. Analisis data menggunakan Analisis Regresi Linear berganda dengan Y= 3.281 + 0.009X1. Hasil uji t menunjukan bahwa Latar Belakang pendidikan tidak berpengaruh signifikan terhadap Penerapan Standar Akuntansi Keuangan Entitas Tanpa Akuntabilitas Publik (SAK ETAP). Hasil uji koefisisen deternimasi menunjukkan kontribusi variabel Latar Belakang pendidikan mempengaruhi Penerapan Standar Akuntansi Keuangan Entitas Tanpa Akuntabilitas Publik (SAK ETAP) sebesar 43.4%, sisanya sebesar 56.6 % dipengaruhi oleh variabel yang tidak diteliti dalam penelitian ini.
PENGARUH PARTISIPASI PENYUSUNAN ANGGARAN, KOMITMEN ORGANISASI DAN MOTIVASI TERHADAP KINERJA MANAJERIAL PADA KANTOR CAMAT KOTA LANGSA sariati; Iqlima Azhar; Khairul Aswadi
Jurnal Mahasiswa Akuntansi Samudra Vol 1 No 1 (2020)
Publisher : Program Studi Akuntansi, Fakultas Ekonomi. Universitas Samudra

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (462.754 KB)

Abstract

This studi aims to determine the effect of budgeting participation, organizational commitment, and motivation on managerial performance in the Langsa district office. The population in this study were all employees of the Langsa city sub-district office with 114 employees. The Sample in this study amounted to 88 respondents. The sampling technique used in this study is a stratified sampling technique that is by taking samples with attention to strata (levels). The data analysis method used in this study is the multiple linear regression equation Y2,534+0,161X1-0,048X2+0,326X3. The hypothesis test used in this study is a partial test (t test) and simultaneous test (F test). t test results show that budgetary participation variable significantly influences managerial performance, organizational commitment, does not affect managerial performance. F test results showed that budgetary participation, organizational commitment, and motivation variables significantly influenced managerial performance at the Langsa District office.
Pengaruh Capital Adequacy Ratio, Loan to Deposit Ratio dan Non Performing Loan terhadap Kinerja Keuangan pada Sektor Perbankan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia faradillah; Muhammad Fuad; Nur Ismanidar
Jurnal Mahasiswa Akuntansi Samudra Vol 1 No 1 (2020)
Publisher : Program Studi Akuntansi, Fakultas Ekonomi. Universitas Samudra

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (486.06 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh Capital Adequacy Ratio (CAR), Loan to Deposit Ratio (LDR) dan Non Performing Loan (NPL) terhadap Kinerja Keuangan pada Sektor Perbankan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Populasi penelitian ini adalah Perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia sektor Perbankan pada tahun 2014-2015, dimana sampel penelitian ini berjumlah 10 perusahaan yang diambil dengan metode purposive sampling. Adapun data yang diolah adalah data sekunder berupa laporan keuangan periode 2014-2015. Berdasarkan uji regresi Linear Berganda, diporoleh persamaan Y = 9,033 + 0,016X1 + 0,162X2 – 0,002X3, dan hasil Uji t dab Uji F diperoleh kesimpulan bahwa Capital Adequacy Ratio dan Loan to Deposit Ratio berpengaruh positif dan signifikan terhadap Return On Asset pada perusahaan sektor perbankan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia, dan Non Performing Loan berpengaruh negatif dan signifikan terhadap Return On Asset pada perusahaan sektor perbankan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Sedangkan Capital Adequacy Ratio, Loan to Deposit Ratio, dan Non Performing Loan secara serempak berpengaruh signifikan terhadap Return On Asset pada perusahaan sektor perbankan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia.
PENGARUH PENGELOLAAN KEUANGAN DAN SISTEM PENGENDALIAN INTERNAL PEMERINTAH (SPIP) TERHADAP KINERJA APARATUR PEMERINTAH DAERAH KOTA LANGSA Anwar A.; Tuti Meutia
Jurnal Mahasiswa Akuntansi Samudra Vol 2 No 1 (2021)
Publisher : Program Studi Akuntansi, Fakultas Ekonomi. Universitas Samudra

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (221.184 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Sistem Pengendalian Internal Pemerintah (SPIP), dan Pengelolaan Keuangan Daerah terhdap Kinerja Aparatur Pemerintah Daerah. Penelitian ini dilakukan di Satuan Kerja Perangkat Kota (SKPK) di Kota Langsa. Pemilihan sampel yang diambil dengan menggunakan metode stratified sampling yaitu 8 SKPK yang termasuk kedalam leading sector. Pengumpulan data dilakukan dengan membagikan kuesioner kepada 56 responden. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan SPSS. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Pengelolaan Keuangan Daerah berpengaruh signifikan terhadap Kinerja Aparatur Pemerintah Daerah; (2) Sistem Pengendalian Internal Pemerintah (SPIP) berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kinerja Aparatur Pemerintah Daerah; (3) Pengelolaan Keuangan Daerah dan Sistem Pengendalian Internal Pemerintah (SPIP) berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kinerja Aparatur Pemerintah Daerah.
FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MINAT MAHASISWA DALAM MEMILIH KONSENTRASI AKUNTANSI KEUANGAN (Studi pada mahasiswa Program Studi Akuntansi Universitas Samudra) Fitri Mulya Sari; Iqlima Azhar
Jurnal Mahasiswa Akuntansi Samudra Vol 2 No 1 (2021)
Publisher : Program Studi Akuntansi, Fakultas Ekonomi. Universitas Samudra

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1086.976 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Ekspektasi Karir, Interaksi Teman Sebaya Dan Faktor Psikologis Terhadap Minat Dalam Memilih Konsentrasi Akuntansi Keuangan (Studi Pada Mahasiswa Program Studi Akuntansi Universitas Samudra). Data dalam penelitian ini merupakan data primer dengan metode penyebaran kuisoner untuk pengumpulan data. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa angkatan 2017, 2018, 2019 dengan sampel yang berjumlah 130 orang yang diperoleh dengan menggunakan metode purposive sampling dengan jenis random sampling. Analisis statistik yang digunakan dalam penelitian ini adalah regresi linear berganda dengan menggunakan SPSS (Statistical Package For the Social Science). Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa (1) ekspektasi karir berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap minat dalam memilih konsentrasi akuntansi keuangan. (2) Interaksi teman sebaya tidak berpengaruh signifikan terhadap minat dalam memilih konsentrasi akuntansi keuangan. (3) Faktor psikologis berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat dalam memilih konsentrasi akuntansi keuangan. (4) Ekspektasi karir, interaksi teman sebaya dan faktor psikologis berpengaruh signifikan terhadap minat dalam memilih konsentrasi akuntansi keuangan.
DETERMINAN GAYA HIDUP MAHASISWA PROGRAM STUDI AKUNTANSI DI FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS SAMUDRA (STUDI EMPIRIS ASPEK KEPERILAKUAN) Suci Wulandari; Afrah Junita; Tuti Meutia
Jurnal Mahasiswa Akuntansi Samudra Vol 2 No 1 (2021)
Publisher : Program Studi Akuntansi, Fakultas Ekonomi. Universitas Samudra

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (60.271 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Literasi Ekonomi, Kelompok Acuan, Pendapatan Orang Tua, dan Status Sosial terhadap Gaya Hidup Mahasiswa Program Studi Akuntansi Di Fakultas Ekonomi Universitas Samudra (Studi Empiris Aspek Keperilakuan). Data dalam penelitian ini merupakan data primer dengan metode penyeberan kuesioner untuk pengumpulan data. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa aktif program studi akuntansi. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 158 orang yang diperoleh dengan menggunakan metode probability sampling dengan jenis random sampling. Analisis statistik yang di gunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linear berganda dengan menggunakan SPSS (Statistical Package For The Social Science). Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa Literasi Ekonomi berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap Gaya Hidup Mahasiswa. Kelompok Acuan tidak berpengaruh signifikan terhadap Gaya Hidup Mahasiswa. Pendapatan Orang Tua tidak berpengaruh signifikan terhadap Gaya Hidup Mahasiswa. Status Sosial berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap Gaya Hidup Mahasiswa. Literasi Ekonomi, Kelompok Acuan, Pendapatan Orang Tua, dan Status Sosial berpengaruh positif dan signifikan terhadap Gaya Hidup Mahasiswa
ANALISIS PERLAKUAN AKUNTANSI ASET BIOLOGIS BERDASARKAN PSAK NO.69 PADA PT. PERKEBUNAN NUSANTARA I Asnita Juliana Tampubolon; Afrah Junita; Iqlima Azhar
Jurnal Mahasiswa Akuntansi Samudra Vol 2 No 1 (2021)
Publisher : Program Studi Akuntansi, Fakultas Ekonomi. Universitas Samudra

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (216.064 KB)

Abstract

Penelitian dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui perlakuan akuntansi aset biologis yang sesuai dengan PSAK No.69, dan kesesuaian akuntansi aset biologis pada PT. Perkebunan Nusantara I. Jenis data yang digunakan adalah data kualitatif dan sumber data yang digunakan adalah data primer dan sekunder, dan metode pengumpulan data diperoleh dengan menggunakan metode studi kepustakaan, metode wawancara dan metode dokumentansi. Metode analisis data yang digunakan adalah metode analisis deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa dalam melakukan perlakuan akuntansi aset biologis PT. Perkebunan Nusantara I berbeda dengan PSAK No.69. Perbedaan tersebut mengenai: Pengukuran nilai wajar yang tidak dilakukan oleh PT. Perkebunan Nusantara I dimana lebih menggunakan harga perolehan. Selain itu mengenai penyajian laporan keuangan dibagian aktiva tidak lancar seharusnya akun didalamnya lebih dirincikan lagi karena hal itu berlawanan dengan konsep dasar akuntansi yaitu konsistensi. Penyesuaian kematian atau cacat biologis tidak dilakukan oleh perusahaan dan menyebabkan nilai buku dengan nilai yang sebenarnya berbeda. Sehingga menyebabkan laporan keuangan kurang dapat diandalkan dan relevan.
PENGARUH PENGENDALIAN INTERNAL DAN KOMITMEN ORGANISASI TERHADAP PENCEGAHAN FRAUD PADA RUMAH SAKIT UMUM DAERAH ACEH TIMUR Tuti Meutia
Jurnal Mahasiswa Akuntansi Samudra Vol 2 No 2 (2021)
Publisher : Program Studi Akuntansi, Fakultas Ekonomi. Universitas Samudra

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (706.039 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Pengendalian Internal, Komitmen Organisasi dan Kesesuaian Kompensasi Terhadap Pencegahan Fraud Pada Rumah Sakit Umum Daerah Aceh Timur. Data dalam penelitian ini merupakan data primer dengan metode penyebaran kuesioner untuk pengumpulan data. Penelitian ini menggunakan responden sebanyak 70 orang yang merupakan karyawan RSUD Aceh Timur. Metode analisis data menggunakan persamaan regresi linier berganda, uji validitas dan reabilitas, uji asumsi klasik, uji hipotesis (uji t dan uji F) dan uji koefisien determinasi (R2). Hasil penelitian diperolah Y = 7,314 -0,101X1 + 0,409X2 + 0,077 X3 + e konstanta sebesar 7,314 merupakan pencegahan fraud sebelum dipengaruhi oleh pengendalian internal, komitmen organisasi dan kesesuaian kompensasi bernilai konstan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pengendalian Internal tidak berpengaruh terhadap Pencegahan Fraud. Komitmen Organisasi berpengaruh positif terhadap Pencegahan Fraud. Kesesuaian Kompensasi tidak berpengaruh terhadap Pencegahan Fraud. Pengendalian Internal, Komitmen Organisasi Dan Kesesuaian Kompensasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap Pencegahan Fraud pada Rumah Sakit Umum Daerah Aceh Timur.

Page 1 of 10 | Total Record : 91