cover
Contact Name
Lukman Nurhakim
Contact Email
lukmannurhakim@iaisambas.ac.id
Phone
+6285161018819
Journal Mail Official
lukmannurhakim@iaisambas.ac.id
Editorial Address
Tanjung Mentawa, Kel. Tanjung Mekar, Kec. Sambas, Kab. Sambas, Provinsi Kalimantan Barat, Indonesia
Location
Kab. sambas,
Kalimantan barat
INDONESIA
NUMBERS: Jurnal Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
Published by CV. Adiba Aisha Amira
ISSN : -     EISSN : 29853885     DOI : -
Core Subject : Science, Education,
Numbers (Jurnal Pendidikan Matematika & Ilmu Pengetahuan Alam) is an-Opened Access journal which contains the results of research and literature studies and published four times a year every January, April, July, November. It publishes the research (no longer than 5 years after the draft proposed) in term of mathematics, mathematics education and Natural Sciences in school and education institutions. The journal welcomes contributions in such areas of current analysis in: Mathematics in school and educational institutions Mathematics learning material and ethnomathematics in mathematics learning material. Mathematics education in school and educational institutions Curriculum Development, Learning Methods, Learning Materials, Learning Media, Assessment, Information and Communications Technology in Mathemarics Learning, Mathematics Skill, Ethnomathemarics and Other Mathematics Learning Analysis. Natural Sciences in school and education institutions Curriculum Development, Learning Methods, Learning Materials, Learning Media, Assessment, Information and Communications Technology in Natural Sciences Learning, Natural Sciences Skill and Other Natural Sciences Learning Analysis.
Articles 10 Documents
Search results for , issue "Vol. 1 No. 3 (2023): Juli - September" : 10 Documents clear
Integrasi Integrasi Matematika Terpadu Bernuansa Islam Dalam Materi Geometri Berkonteks Fikih Ulfin Nadiroh Yustika; Gilang Dzulfikri Ramadani; Nur Ikromah; Mohammad Zainur Roziqin; Mohammad Kholil
NUMBERS : Jurnal Pendidikan Matematika & Ilmu Pengetahuan Alam Vol. 1 No. 3 (2023): Juli - September
Publisher : CV. ADIBA AISHA AMIRA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Integrasi adalah suatu ilmu yang akan selesai jika dikaitkan atau dikoordinasikan dengan berbagai bidang. Dan matematika adalah penguasa ilmu karena ia menawarkan jenis bantuan untuk berbagai bidang yang berhubungan dengan aritmatika yang dapat diterapkan ke berbagai bidang. Bisa disimpulkan bahwa integrasi matematika adalah suatu ilmu atau bidang yang dikaitkan dengan bidang yang berhubungan dengan aritmatika yang diterapkan ke berbagai bidang. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengembangkan pemahaman siswa tentang geometri sekaligus memperkuat pemahaman mereka tentang ajaran Islam. Sumber data dalam penelitian ini adalah Al-quran, hadis, dan beberapa sumber referensi berupa artikel berkesinambungan dengan judul penelitian. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian dengan kajian literatur. Kajian ini mengumpulkan datanya dengan membaca sejumlah artikel tentang matematika terpadu, Alquran, dan hadits. Harapannya hal ini dapat membantu siswa untuk melihat keterkaitan antara matematika dan agama.
Hubungan Keaktifan di Organisasi HIMMAT Terhadap Indeks Prestasi Kumulatif Mahasiswa Prodi Pendidikan Matematika FKIP UNTAN Mas Arifin Rasdhakim; Febi Nurdianti; Maria Celza Gita Vania; Ahmad Yani; Nadya Febriani Meldi
NUMBERS : Jurnal Pendidikan Matematika & Ilmu Pengetahuan Alam Vol. 1 No. 3 (2023): Juli - September
Publisher : CV. ADIBA AISHA AMIRA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Organisasi HIMMAT FKIP UNTAN merupakan sebuah organisasi kemahasiswaan dengan beranggotakan mahasiswa Pendidikan Matematika yang berada di Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tanjungpura Pontianak. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara keaktifan mahasiswa di organisasi HIMMAT dengan kualitas Prodi Pendidikan Matematika FKIP UNTAN. Pendekatan penelitian yang dipilih ialah deskriptif kuantitatif dengan melibatkan 20 mahasiswa yang mengikuti organisasi HIMMAT FKIP UNTAN sebagai sampel penelitian. Instrumen teknik pengumpulan data dengan menggunakan kuisioner yang memanfaatkan Google Form. Metode yang peneliti gunakan ialah uji normalitas, homogenitas, linearitas dan uji korelasi. Diperoleh nilai signifikan linearity sebanyak 0,186 (lebih dari 0,05) sehingga diambil kesimpulan bahwa adanya hubungan linear secara signifikan antara aktif berorganisasi dengan indeks prestasi kumulatif mahasiswa yang mengikuti organisasi HIMMAT FKIP UNTAN.
A MATEMATIKA FALAK : KONSEP MATEMATIKA DALAM PENENTUAN WAKTU SHALAT FARDHU M Vicky Fahamsyah; Iffa miftahurohmah; Retno Septiantik; Ika Novi Putri Juwita; Mohammad Kholil
NUMBERS : Jurnal Pendidikan Matematika & Ilmu Pengetahuan Alam Vol. 1 No. 3 (2023): Juli - September
Publisher : CV. ADIBA AISHA AMIRA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Hukum melaksanakan shalat lima waktu bagi setiap orang islam adalah fardhu `ain. Pemahaman ilmu falak dalam penentuan waktu sholat fardu yang akan dikaitkan dengan konsep matematika dengan tujuan untuk mengenalkan konsep matematika pada ilmu falak dalam penentuan waktu sholat fardhu. Maka dari itu peneliti tertarik untuk memilih sebuah judul “Matematika Falak : Konsep Matematika Dalam Penentuan Waktu Shalat Fardhu. Metode yang diterapkan pada artikel ini adalah studi kepustakaan atau studi literasi dengan menggunakan pendekatan deskriptif aritmatika, sumber data utama menggunakan data dari rumus perhitungan waktu sholat awal dan data lintang dan bujur yang terdapat dalam buku Pengantar Hisab dengan Metode Ephemeris. Data yang digunakan dalam penelitian diambil dari daerah Krasak, Tegalsari, Kabupaten Banyuwangi dan menggunakan zona Waktu Indonesia Barat (WIB), pada tanggal 20 April 2023. Data yang diperlukan : 1. mencari data yang diperlukan antara : LT -8֯ 25’ 34”, BT 114֯ 9’ 26”, Deklinasi Matahari (d) : 11֯ 29’ 48.98”, Equation of Time (e) : 0֯ 01’ 01.46”, Tinggi Tempat 110 m dari permukaan air laut, Tinggi matahari 2. Tafawut 3. Mencari sudut waktu dari awal terbenamnya matahari: 4. Bujur Standart (WIB). Sehingga didapatkan hasil waktu sholat yaitu : Subuh dilaksanakan 4° 5’ 47.21’’ (pukul 4 lewat 5 menit 47.21 detik), Duhur dilaksanakan 11° 22’ 20.81’’ (pukul 11 lewat 22 menit 20.81 detik), Ashar dilaksanakan 15° 0’ 31.07’’ (pukul 15 lewat 0 menit 31.07 detik), Magrib dilaksanakan 17° 20’ 8.97’’ (pukul 17 lewat 20 menit 8.97 detik), Isya’ dilaksanakan 18° 30’ 43.07’’ (pukul 18 lewat 30 menit 43.07 detik)
Prediksi Angka Kelahiran Tahun 2022 di Sumatera Utara Menggunakan Metode Naive Bayes Anggun Elni Novia; Indah Dwi Syafitri; Natanael Pangabean; Yohana Enjelika Silalahi
NUMBERS : Jurnal Pendidikan Matematika & Ilmu Pengetahuan Alam Vol. 1 No. 3 (2023): Juli - September
Publisher : CV. ADIBA AISHA AMIRA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Angka kelahiran adalah salah satu indikator penting dalam pembangunan suatu daerah. Oleh karena itu, penting untuk melakukan prediksi angka kelahiran di masa yang akan datang. Penelitian ini menggunakan metode Naive Bayes untuk memprediksi angka kelahiran di Sumatera Utara pada tahun 2022. Data yang digunakan adalah data angka kelahiran pada tahun-tahun sebelumnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode Naive Bayes dapat digunakan untuk memprediksi angka kelahiran di Sumatera Utara pada tahun 2022. Prediksi ini didasarkan pada probabilitas dari variabel-variabel yang digunakan dalam model. Hasil prediksi menunjukkan bahwa angka kelahiran di Sumatera Utara pada tahun 2022 rendah
REPRESENTASI MATEMATIS SISWA SEKOLAH DASAR DALAM PEMAHAMAN KONSEP PECAHAN BERDASARKAN TAHAPAN BRUNER Ahmad Supono
NUMBERS : Jurnal Pendidikan Matematika & Ilmu Pengetahuan Alam Vol. 1 No. 3 (2023): Juli - September
Publisher : CV. ADIBA AISHA AMIRA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Objek dalam matematika itu semuanya abstrak sehingga untuk mempelajari dan memahami ide-ide abstrak itu tentunya memerlukan representasi. Representasi terjadi melalui dua tahapan, yaitu representasi internal dan representasi eksternal. Penelitian ini termasuk jenis penelitian eksploratif dengan pendekatan kualitatif, dan berdasar pada wawancara berbasis tugas. Penelitian ini menggali proses representasi siswa kelas III Sekolah Dasar dalam memahami konsep pecahan dan untuk menggambarkan peralihan/transisi dari bentuk representasi yang satu ke bentuk yang levelnya lebih tinggi (berdasarkan teori bruner). Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa telah memahami konsep pecahan dengan baik pada setiap level teori Bruner dan siswa mampu memahami konsep pecahan pada peralihan (transisi) dari representasi konkrit ke ikonik, dan dari ikonik ke bentuk representasi yang lebih abstrak (representasi simbolik).
METODE EDUKASI BERTUTUR BAHASA MADURA PADA PEMBELAJARAN CEMARA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN LITERASI DAN NUMERASI SISWA Tina Safitri; Dwi Ivayana Sari; Eli Masnawati
NUMBERS : Jurnal Pendidikan Matematika & Ilmu Pengetahuan Alam Vol. 1 No. 3 (2023): Juli - September
Publisher : CV. ADIBA AISHA AMIRA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Keterampilan literasi dan numerasi siswa Sekolah Dasar (SD) merupakan salah satu focus perkembangan pendidikan di Indonesia. Hal ini dikarenakan kemampuan literasi dan numerasi siswa SD terutama di daerah 3T (Terdepan, Terpencil dan Tertinggal) sangat rendah. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Menjabarkan pelaksanaan pembelajaran literasi dan numerasi menggunakan metode edukasi bertutur Bahasa Madura pada pembelajran CEMARA (Cermat Bermain Anak) dan (2) Mendeskripsikan peningkatan keterampilan literasi dan numerasi siswa melalui metode Edukasi bertutur Bahasa Madura dalam metode CEMARA (Cermat Bermain Anak). Metode edukasi bertutur bahasa Madura pada pembelajaran CEMARA (Cermat Bermain Anak), salah satu metode yang digunakan pada siswa kelas 5 di SD Islam Al Hidayah desa Kombangan Bangkalan. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif dengan peneliti bertindak sebagai observer. Metode dokumentasi, observasi dan tes digunakan untuk mengumpulkan data. Hasil yang diperoleh menunjukkan bahwa metode edukasi bertutur Bahasa Madura pada pembelajaran CEMARA (Cermat Bermain Anak) dapat digunakan untuk mengembangkan keterampilan literasi dan numerasi siswa.
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PBL DALAM MENGEMBANGKAN BERPIKIR KRITIS, KEAKTIFAN, DAN HASIL BELAJAR SISWA Ipah Budi Minarti; Atip Nurwahyunani; Latifa Nur Anisa; Devanny Kurniawan Widodo; Revita Chandra Kusumaningtyas; Fahmi Dwi Septiani; Oktafia Dewi Putri; Angelica Tricia Wijaya; Steffy Amelia Savitri
NUMBERS : Jurnal Pendidikan Matematika & Ilmu Pengetahuan Alam Vol. 1 No. 3 (2023): Juli - September
Publisher : CV. ADIBA AISHA AMIRA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dalam mengembangkan kemampuan berpikir kritis, keaktifan, dan hasil belajar siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode literature review untuk menganalisis pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Teknik pengumpulan data menggunakan dokumentasi, dengan menelusuri jurnal yang relevan dengan topik ini melalui Google Scholar dengan periode 10 tahun terakhir dari tahun 2013-2023. Berdasarkan hasil analisis 16 artikel bahwa didapatkan informasi; 1) Penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) mampu memberikan berpengaruh tinggi dalam meningkatkan dan mengembangkan keterampilan berpikir kritis siswa; 2) model pembelajaran Problem Based Learning dapat meningkatkan keaktifan siswa sebesar 42,7% pada materi Suhu dan Kalor; 3) model PBL telah memberikan alternatif tambahan untuk pilihan model pembelajaran yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Kesimpulan dari penelitian ini bahwa fakta model PBL mampu mengembangkan kemampuan berpikir kritis, keaktifan, dan hasil belajar siswa.
Tanaman Lotus (Nelumbo nucifera) sebagai Agen Fitoremediasi Limbah Pencemaran Air Alifia Hasna Azzah Fillah; Choirul Nisa Kismayanti; Diska R.P. Andriani; Erma Lintang Sari; Farisa Khoirun Nissa; Handini; Endah Rita Sulistya Dewi; Atip Nurwahyunani
NUMBERS : Jurnal Pendidikan Matematika & Ilmu Pengetahuan Alam Vol. 1 No. 3 (2023): Juli - September
Publisher : CV. ADIBA AISHA AMIRA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Air menjadi kebutuhan utama untuk berbagai aktifitas seperti kebutuhan minum, kebutuhan rumah tangga, kegiatan pertanian maupun kegiatan industri. Namun, dilain pihak dari kegiatan tersebut justru dapat menurunkan mutu sumber daya air sehingga terjadi pencemaran air. Penyebab utama pencemaran ini adalah akibat limbah rumah tangga (40%), limbah industri (30 %), dan sisanya berasal dari limbah pertanian dan peternakan. Dalam penelitian ini dilakukan literatur review terhadap artikel penelitian fitoremediasi tanaman Lotus (Nelumbo nucifera) yang meliputi fitoremediasi pada limbah pencemaran air yang menghasilkan pemahaman dan penjelasan yang didukung oleh bukti yang relevan. Proses investigasi melibatkan 15 artikel terkait efektivitas fitoremediasi tanaman Lotus, kemudian dianalisis. Hasil tinjauan literatur menunjukkan bahwa tanaman Lotus efektif sebagai agen fitoremediasi. Hasil kajian literatur diharapkan dapat memberikan kontribusi rekomendasi penerapan fitoremediasi tanaman Lotus dalam menangani limbah pencemaran air.
Efektivitas Tanaman Salvinia Molesta Sebagai Agen Fitoremediasi Alfina Damayanti; Nurce Khasanah; Septiana Nur Kholifah; Salma Najikhah; Immas Saniyyah Rosalia; Endah Rita Sulistya Dewi; Atip Nurwahyunani
NUMBERS : Jurnal Pendidikan Matematika & Ilmu Pengetahuan Alam Vol. 1 No. 3 (2023): Juli - September
Publisher : CV. ADIBA AISHA AMIRA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tanaman fitoremediator merupakan salah satu jenis tanaman yang memiliki potensi untuk menyaring atau mengurangi beberapa lingkungan yang tercemar. Salah satu lingkungan yang mudah tercemar adalah lingkungan perairan. Seringkali lingkungan perairan tercemar oleh limbah organik maupun anorganik yang mengandung banyak logam berat. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji mengenai efektivitas penggunaan tanaman Salvinia molesta sebagai tanaman fitoremediator lingkungan air yang tercemar. Dalam penelitian ini data sekunder yang diambil dari jurnal penelitian yang relevan kemudian dianalisis dengan pendekatan deskriptif analitik. Pustaka tersebut kemudian dipelajari dengan seksama, dianalisis sesuai dengan kebutuhan studi yaitu tanaman salvinia molesta terhadap penggunaan media fitoremediasi, dan disajikan secara naratif deskriptif. Hasil menunjukkan bahwa salvinia molesta memiliki potensi dan efektivitasnya teruji sebagai tanaman fitoremediator.
Analisis Kesalahan Penyelesaian Soal Matriks Berdasarkan Newman Anggun Puji Rahayu; Sri Hariyani; Rosita Dwi Ferdiani
NUMBERS : Jurnal Pendidikan Matematika & Ilmu Pengetahuan Alam Vol. 1 No. 3 (2023): Juli - September
Publisher : CV. ADIBA AISHA AMIRA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Matematika memiliki peran penting dalam kehidupan sehari-hari, namun masih banyak peserta didik mempunyai persepsi bahwa matematika adalah salah satu mata pelajaran yang sangat sulit. Karena hal tersebut, banyak peserta didik yang melakukan kesalahan-kesalahan baik kesalahan konsep maupun perhitungan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jenis-jenis kesalahan yang dilakukan oleh peserta didik kelas XI-Bahasa di SMA Negeri 1 Sumberpucung dalam menyelesaikan soal matriks dan hasil pekerjaan peserta didik dianalisis menggunakan tahapan Newman. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif. Jumlah keseluruhan peserta didik yang menjadi subjek penelitian yaitu 27 peserta didik dan akan diambil 6 peserta didik untuk dianalisis, yaitu 2 peserta didik yang memiki skor tertinggi, 2 peserta didik yang memperoleh skor sedang, dan 2 peserta didik yang memperoleh skor rendah. Metode pengumpulan data pada penelitian ini yaitu tes tertulis, pedoman wawancara, dan dokumentasi. Kesalahan yang dianalisis dikategorikan menggunakan kriteria kesalahan Newman yang terdiri dari 5 kesalahan yaitu kesalahan membaca, memahami, transformasi, keterampilan proses, dan penulisan jawaban akhir. Teknik analisis yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data menggunakan teknik triangulasi sumber data. Hasil penelitian menunjukan bahwa tidak ada subjek yang melakukan kesalahan membaca, terdapat 5 subjek yang melakukan kesalahan memahami, 4 subjek yang melakukan kesalahan pad tahap transformasi, 6 subjek yang melakukan kesalahan pada tahap proses perhitungan, dan 6 subjek yang melakukan kesalahan pada tahap penulisan jawaban akhir. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa rata-rata kesalahan yang banyak dilakukan subjek yaitu jenis kesalahan proses perhitungan dan penulisan jawaban akhir. Saran peneliti yaitu sebaiknya guru lebih sering memberikan soal-soal latihan dan membahas bersama guna meminimalisir kesalahan pada tahap keterampilan proses.

Page 1 of 1 | Total Record : 10