cover
Contact Name
MUHAMMAD IQBAL AL GHOZALI
Contact Email
tugasku44@gmail.com
Phone
+628998894014
Journal Mail Official
tugasku44@gmail.com
Editorial Address
Blok Selasa RT/RW 01/03 NO. 73, Desa Jatitengah Kecamatan Jatitujuh , Kab. Majalengka, Provinsi Jawa Barat, 45458
Location
Unknown,
Unknown
INDONESIA
Action Research Journal Indonesia (ARJI)
ISSN : 27749290     EISSN : 27750787     DOI : -
Core Subject : Education,
ARJI is a journal that publishes the results of scientific research in the field of education using classroom action research methods. The ARJI journal is published every 3 months, namely in March, June, September and December. The ARJI journal has been published since March 2019. The ARJI journal already has the E-ISSN (2775-0787) and P-ISSN (2774-9290) numbers.
Articles 10 Documents
Search results for , issue "Vol. 3 No. 3 (2021): Action Research Journal Indonesia (ARJI)" : 10 Documents clear
Meningkatkan Keaktifan Belajar dan Hasil Belajar Peserta Didik Mata Pelajaran Keterampilan Agribisnis Perikanan Air Tawar Melalui Penerapan Model Problem Based Learning Pada Peserta Didik Kelas XI MA Al Hikmah 2 Benda Semester Genap Tahun 2019/2020 Heri Trianingsih
Action Research Journal Indonesia (ARJI) Vol. 3 No. 3 (2021): Action Research Journal Indonesia (ARJI)
Publisher : Insania Publishing

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (390.232 KB)

Abstract

Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas. Yang diteliti pada penelitian ini adalah keatifan belajar pada penerapan pembelajaran dengan model Problem Based Learning dan peningkatan hasil belajar siswa selama mengikuti proses pembelajaran. Penelitian ini menggunakan observasi untuk mengetahui proses pembelajaran model Problem Based Learning dan tes untuk mengetahui hasil belajar siswa. Dari hasil penelitian ini didapatkan bahwa: (1) Proses pembelajaran dengan menggunakan model Peoblem Based Learning adalah sebagai berikut:Tahap 1: Orientasi, Tahap 2: Penyajian, Tahap 3: Latihan Terstruktur, Tahap 4: Latihan Terbimbing, Tahap 5: Latihan Mandiri., (2) Dengan menerapkan model Problem Based Learning, keaktifan belajar dan hasil belajar peserta didik kelas XI MA Al Hikmah 2 Benda semester Gasal tahun 2019/2020 mapel Keterampilan Agribisnis Perikanan Air Tawar mengalami peningkatan dari kondisi awal, siklus kesatu dan siklus kedua. Peningkatan tersebut adalah sebagai berikut: Pada kondisi awal keaktifan belajar peserta didik rendah 75%, sedang 15% dan tinggi 10%. Pada siklus kesatu keaktifan belajar peserta didik rendah 18%, sedang 49% dan tinggi 33%. Pada siklus kedua keaktifan belajar peserta didik rendah 0%, sedang 21% dan tinggi 79%. Pada kondisi awal hasil belajar peserta didik yang belum tuntas ada 63%, siswa yang tuntas ada 37%. Pada siklus kesatu, siswa yang belum tuntas ada 58%, siswa yang tuntas ada 42%. Pada siklus kedua, siswa yang belum tuntas ada 0%, siswa yang tuntas ada 100%. Dengan demikian sampai pada siklus kedua, siswa yang hasil belajarnya tuntas mencapai lebih dari 100%.
Peningkatan Kemampuan Berbicara Bahasa Arab Melalui Metode Thariqah Mubasyarah Khusnul Khotimah
Action Research Journal Indonesia (ARJI) Vol. 3 No. 3 (2021): Action Research Journal Indonesia (ARJI)
Publisher : Insania Publishing

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (368.915 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan siswa berbicara dalam Bahasa Arab menggunakan Thariqah Mubasyarah serta ada tidaknya peningkatan kemampuan berbicara siswa. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) atau disebut juga “classroom action research”. Penelitian tindakan ini adalah penelitian ilmiah mikro yang bersifat partisipatif dan kolaboratif. Bersifat partisipatif karena penelitian ini dilakukan sendiri oleh peneliti sendiri dari penentuan topik, perumusan masalah, perencanaan, pelaksanaan, analisis, dan pelaporannya. Hasil penelitian menunjukkan nilai rata-rata yang dicapai siswa adalah 63. Siswa yang sudah mencapai ketuntasan belajar sebanyak 8 siswa atau 32 % dari jumlah keseluruhan. Dengan demikian maharotul kalam materi Fi Maktabati Tijariyyah ada siswa masih rendah. Pelaksanaan pembelajaran maharotul kalam materi Fi Maktabati Tijariyyah terdiri atas tiga siklus di mana setiap siklus terdapat perbaikan setiap indikator keatifan belajar siswa, kualitas pembelajaran guru, dan hasil akhir post test. Metode Thariqah Mubasyarah berhasil meningkatkan kemampuan siswa dalam berbicara menggunakan bahasa Arab. Berdasarkan tes diperoleh peningkatan rerata kelas. Siklus I=63, Siklus II =65,08, dan siklus III =69,84.
Meningkatkan Kemampuan Menulis Deskripsi MelaluiMedia Gambar Improving the Ability to Write Descriptions Through Image Media Kusnaeniyah Kusnaeniyah
Action Research Journal Indonesia (ARJI) Vol. 3 No. 3 (2021): Action Research Journal Indonesia (ARJI)
Publisher : Insania Publishing

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (513.491 KB)

Abstract

Permasalahan dalam atikel ini adalah kemampuan menulis siswa masih rendah. Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan kemampuan menulis deskripsi melalui media gambar. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) atau Classroom Action Research (CAR). Penelitian Tindakan Kelas merupakan kegiatan yang dilakukan untuk memperbaiki proses pembelajaran dan meningkatkan hasil pembelajaran. Penelitian tindakan kelas yang akan peneliti lakukan adala penelitian tindakan kelas dengan menggunakan model Kemmis & McTaggart. Hasil penelitian menunjukkan dari pratindakan dan tindakan terdapat perbedaan rerata nilai. Rerata pada pratindakan sebesar 64, 03; siklus I rerata sebesar 69, 46, dan siklus II rerata sebesar 78,37. Hal ini berarti ada kenaikan rerata secara kontinyu.
Penggunaan Media Video dalam Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif Siswa Kelas VIII MTS Negeri 4 Cirebon Pada Mata Pelajaran IPS Materi Kedatangan Bangsa Bangsa Barat Ke Indonesia Hanifah Hanifah
Action Research Journal Indonesia (ARJI) Vol. 3 No. 3 (2021): Action Research Journal Indonesia (ARJI)
Publisher : Insania Publishing

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (381.85 KB)

Abstract

Mata pelajaran IPS yang kontennya berkaitan dengan masa lalu bukan berarti tidak menemukan masalah. Justru karena kejadinnya dimasa lalu yang mana notabenenya situasi, kondisi serta keadaan yang berbeda dengan yang terjadi dimasa kini sehingga siswa perlu berimajinasi tingkat tinggi agar dapat memahami konsep meteri tersebut. Guru perlu mencari cara bagaimana dapat menghadirkan serta mempertajam imajinasi siswa agar dapat memposisikan dirinya kembali ke masa lalu Berdasarkan permasalahan tersebut, peneliti berinisiatif untuk mengadakan proyektor agar dapat digunakan sebagai media pembelajaran. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas (PTK). Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah model penelitian tindakan Kemmis & Taggart. Lokasi penelitian ini dilaksanakan di MTs Negeri 4 Cirebon. Sekolah ini beralamatkan di Gg. Manuk, Weru Kidul, Kec. Weru, Cirebon, Jawa Barat 45154. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII A dengan jumlah siswa sebanyak 30 siswa. Teknik pengumpuan data yang digunakan yakni observasi dan tes hasil belajar. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yakni: Reduksi data, Data display, Verifikasi data. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Pada data awal siswa yang mendapatkan nilai di atas KKM sebanyak 66,66%. Setelah menggunakan media video pada siklus I, terjadi peningkatan siswa yang medapatkan nilai di atas KKM yakni sebesar 76,6%. Kemudian meningkat kembali menjadi 86,6% siswa yang lulus KKM pada siklus II. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa Penggunaan Media Video dapat Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif Siswa Kelas VIII MTS Negeri 4 Cirebon Pada Mata Pelajaran IPS Materi Kedatangan Bangsa Bangsa Barat Ke Indonesia.
Efektivitas Penggunaan Media Kartu Huruf Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Siswa Kelas 1 MI Miftahul Ulum Karangsari Kecamatan Weru Kabupaten Cirebon Rosi’a Rosi’a; Muhammad Iqbal Al Ghozali
Action Research Journal Indonesia (ARJI) Vol. 3 No. 3 (2021): Action Research Journal Indonesia (ARJI)
Publisher : Insania Publishing

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (460.599 KB)

Abstract

Kajian penelitian ini dilatar belakangi oleh guru yang kurang kreatif pada saat proses pembelajaran dimana guru belum menggunakan media pembelajaran, sehingga siswa kurang antusias pada saat proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah media kartu huruf efektif dalam meningkatkan kemampuan membaca siswa kelas I MI Miftahul Ulum Karangsari. Model penelitian ini yaitu quasi experiment dengan menggunakan desain nonequivalent control group design. Populasi penelitian ini adalah sebagian siswa kelas I MI Miftahul Ulum Karangsari yang jumlahnya 65 siswa yang terbagi dalam 2 kelas. Untuk memperoleh tujuan penelitian, peneliti menggunakan instrumen tes membaca siswa dan lembar observasi kegiatan guru dalam pengelolaan data digunakan analisis data deskrptif serta analisis uji hipotesis. Hasil analisis data dengan menggunakan statistik deskriptif melalui media kartu huruf pada kemampuan membaca siswa kelas I MI Miftahul Ulum Karangsari ini efektif. Hal ini dapat ditunjukkan melalui uji hipotesis dengan uji t diperoleh thitung > ttabel = 5,983 > 1,999 sehingga dari hasil ini dapat diketahui bahwa media kartu huruf efektif dalam meningkatkan kemampuan membaca siswa.
Meningkatkan Keaktifan Belajar dan Hasil Belajar Peserta Didik Mata Pelajaran Keterampilan Agribisnis Perikanan Air Tawar Melalui Penerapan Model Problem Based Learning Pada Peserta Didik Kelas XI MA Al Hikmah 2 Benda Semester Genap Tahun 2019/2020 Heri Trianingsih
Action Research Journal Indonesia (ARJI) Vol. 3 No. 3 (2021): Action Research Journal Indonesia (ARJI)
Publisher : PT. Pusmedia Group Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.61227/arji.v3i3.44

Abstract

Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas. Yang diteliti pada penelitian ini adalah keatifan belajar pada penerapan pembelajaran dengan model Problem Based Learning dan peningkatan hasil belajar siswa selama mengikuti proses pembelajaran. Penelitian ini menggunakan observasi untuk mengetahui proses pembelajaran model Problem Based Learning dan tes untuk mengetahui hasil belajar siswa. Dari hasil penelitian ini didapatkan bahwa: (1) Proses pembelajaran dengan menggunakan model Peoblem Based Learning adalah sebagai berikut:Tahap 1: Orientasi, Tahap 2: Penyajian, Tahap 3: Latihan Terstruktur, Tahap 4: Latihan Terbimbing, Tahap 5: Latihan Mandiri., (2) Dengan menerapkan model Problem Based Learning, keaktifan belajar dan hasil belajar peserta didik kelas XI MA Al Hikmah 2 Benda semester Gasal tahun 2019/2020 mapel Keterampilan Agribisnis Perikanan Air Tawar mengalami peningkatan dari kondisi awal, siklus kesatu dan siklus kedua. Peningkatan tersebut adalah sebagai berikut: Pada kondisi awal keaktifan belajar peserta didik rendah 75%, sedang 15% dan tinggi 10%. Pada siklus kesatu keaktifan belajar peserta didik rendah 18%, sedang 49% dan tinggi 33%. Pada siklus kedua keaktifan belajar peserta didik rendah 0%, sedang 21% dan tinggi 79%. Pada kondisi awal hasil belajar peserta didik yang belum tuntas ada 63%, siswa yang tuntas ada 37%. Pada siklus kesatu, siswa yang belum tuntas ada 58%, siswa yang tuntas ada 42%. Pada siklus kedua, siswa yang belum tuntas ada 0%, siswa yang tuntas ada 100%. Dengan demikian sampai pada siklus kedua, siswa yang hasil belajarnya tuntas mencapai lebih dari 100%.
Peningkatan Kemampuan Berbicara Bahasa Arab Melalui Metode Thariqah Mubasyarah Khusnul Khotimah
Action Research Journal Indonesia (ARJI) Vol. 3 No. 3 (2021): Action Research Journal Indonesia (ARJI)
Publisher : PT. Pusmedia Group Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.61227/arji.v3i3.45

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan siswa berbicara dalam Bahasa Arab menggunakan Thariqah Mubasyarah serta ada tidaknya peningkatan kemampuan berbicara siswa. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) atau disebut juga “classroom action research”. Penelitian tindakan ini adalah penelitian ilmiah mikro yang bersifat partisipatif dan kolaboratif. Bersifat partisipatif karena penelitian ini dilakukan sendiri oleh peneliti sendiri dari penentuan topik, perumusan masalah, perencanaan, pelaksanaan, analisis, dan pelaporannya. Hasil penelitian menunjukkan nilai rata-rata yang dicapai siswa adalah 63. Siswa yang sudah mencapai ketuntasan belajar sebanyak 8 siswa atau 32 % dari jumlah keseluruhan. Dengan demikian maharotul kalam materi Fi Maktabati Tijariyyah ada siswa masih rendah. Pelaksanaan pembelajaran maharotul kalam materi Fi Maktabati Tijariyyah terdiri atas tiga siklus di mana setiap siklus terdapat perbaikan setiap indikator keatifan belajar siswa, kualitas pembelajaran guru, dan hasil akhir post test. Metode Thariqah Mubasyarah berhasil meningkatkan kemampuan siswa dalam berbicara menggunakan bahasa Arab. Berdasarkan tes diperoleh peningkatan rerata kelas. Siklus I=63, Siklus II =65,08, dan siklus III =69,84.
Meningkatkan Kemampuan Menulis Deskripsi MelaluiMedia Gambar Improving the Ability to Write Descriptions Through Image Media Kusnaeniyah Kusnaeniyah
Action Research Journal Indonesia (ARJI) Vol. 3 No. 3 (2021): Action Research Journal Indonesia (ARJI)
Publisher : PT. Pusmedia Group Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.61227/arji.v3i3.46

Abstract

Permasalahan dalam atikel ini adalah kemampuan menulis siswa masih rendah. Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan kemampuan menulis deskripsi melalui media gambar. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) atau Classroom Action Research (CAR). Penelitian Tindakan Kelas merupakan kegiatan yang dilakukan untuk memperbaiki proses pembelajaran dan meningkatkan hasil pembelajaran. Penelitian tindakan kelas yang akan peneliti lakukan adala penelitian tindakan kelas dengan menggunakan model Kemmis & McTaggart. Hasil penelitian menunjukkan dari pratindakan dan tindakan terdapat perbedaan rerata nilai. Rerata pada pratindakan sebesar 64, 03; siklus I rerata sebesar 69, 46, dan siklus II rerata sebesar 78,37. Hal ini berarti ada kenaikan rerata secara kontinyu.
Penggunaan Media Video dalam Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif Siswa Kelas VIII MTS Negeri 4 Cirebon Pada Mata Pelajaran IPS Materi Kedatangan Bangsa Bangsa Barat Ke Indonesia Hanifah Hanifah
Action Research Journal Indonesia (ARJI) Vol. 3 No. 3 (2021): Action Research Journal Indonesia (ARJI)
Publisher : PT. Pusmedia Group Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.61227/arji.v3i3.47

Abstract

Mata pelajaran IPS yang kontennya berkaitan dengan masa lalu bukan berarti tidak menemukan masalah. Justru karena kejadinnya dimasa lalu yang mana notabenenya situasi, kondisi serta keadaan yang berbeda dengan yang terjadi dimasa kini sehingga siswa perlu berimajinasi tingkat tinggi agar dapat memahami konsep meteri tersebut. Guru perlu mencari cara bagaimana dapat menghadirkan serta mempertajam imajinasi siswa agar dapat memposisikan dirinya kembali ke masa lalu Berdasarkan permasalahan tersebut, peneliti berinisiatif untuk mengadakan proyektor agar dapat digunakan sebagai media pembelajaran. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas (PTK). Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah model penelitian tindakan Kemmis & Taggart. Lokasi penelitian ini dilaksanakan di MTs Negeri 4 Cirebon. Sekolah ini beralamatkan di Gg. Manuk, Weru Kidul, Kec. Weru, Cirebon, Jawa Barat 45154. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII A dengan jumlah siswa sebanyak 30 siswa. Teknik pengumpuan data yang digunakan yakni observasi dan tes hasil belajar. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yakni: Reduksi data, Data display, Verifikasi data. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Pada data awal siswa yang mendapatkan nilai di atas KKM sebanyak 66,66%. Setelah menggunakan media video pada siklus I, terjadi peningkatan siswa yang medapatkan nilai di atas KKM yakni sebesar 76,6%. Kemudian meningkat kembali menjadi 86,6% siswa yang lulus KKM pada siklus II. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa Penggunaan Media Video dapat Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif Siswa Kelas VIII MTS Negeri 4 Cirebon Pada Mata Pelajaran IPS Materi Kedatangan Bangsa Bangsa Barat Ke Indonesia.
Efektivitas Penggunaan Media Kartu Huruf Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Siswa Kelas 1 MI Miftahul Ulum Karangsari Kecamatan Weru Kabupaten Cirebon Rosi’a Rosi’a; Muhammad Iqbal Al Ghozali
Action Research Journal Indonesia (ARJI) Vol. 3 No. 3 (2021): Action Research Journal Indonesia (ARJI)
Publisher : PT. Pusmedia Group Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.61227/arji.v3i3.48

Abstract

Kajian penelitian ini dilatar belakangi oleh guru yang kurang kreatif pada saat proses pembelajaran dimana guru belum menggunakan media pembelajaran, sehingga siswa kurang antusias pada saat proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah media kartu huruf efektif dalam meningkatkan kemampuan membaca siswa kelas I MI Miftahul Ulum Karangsari. Model penelitian ini yaitu quasi experiment dengan menggunakan desain nonequivalent control group design. Populasi penelitian ini adalah sebagian siswa kelas I MI Miftahul Ulum Karangsari yang jumlahnya 65 siswa yang terbagi dalam 2 kelas. Untuk memperoleh tujuan penelitian, peneliti menggunakan instrumen tes membaca siswa dan lembar observasi kegiatan guru dalam pengelolaan data digunakan analisis data deskrptif serta analisis uji hipotesis. Hasil analisis data dengan menggunakan statistik deskriptif melalui media kartu huruf pada kemampuan membaca siswa kelas I MI Miftahul Ulum Karangsari ini efektif. Hal ini dapat ditunjukkan melalui uji hipotesis dengan uji t diperoleh thitung > ttabel = 5,983 > 1,999 sehingga dari hasil ini dapat diketahui bahwa media kartu huruf efektif dalam meningkatkan kemampuan membaca siswa.

Page 1 of 1 | Total Record : 10