cover
Contact Name
Wire Bagye
Contact Email
wirestmik@gmail.com
Phone
+628179256488
Journal Mail Official
etikstmiklombok@gmail.com
Editorial Address
http://e-journal.stmiklombok.ac.id/index.php/etik/about/editorialTeam
Location
Kab. lombok tengah,
Nusa tenggara barat
INDONESIA
ETIK (Jurnal Elektronika Terapan dan Ilmu Komputer)
ISSN : -     EISSN : 29858585     DOI : -
ETIK (Jurnal Elektronika Terapan dan Ilmu Komputer) diterbitkan oleh LPPM STMIK Lombok sebagai wadah untuk mempublikasikan artikel tentang pengetahuan baru dan penelitian dengan isu terkini yang berkaiatan dengan teknologi informasi, dengan topik Sistem Informasi, Rekayasa Perangkat Lunak, Audit Sistem Informasi, E-Goverment. Jurnal ini terbit 2 (dua) kali dalam setahun yaitu pada bulan Maret dan Agustus .
Articles 15 Documents
PERANCANGAN APLIKASI PENGELOLAAN TIKET WISATA PADA DESA WISATA LANTAN BERBASIS WEB irwan hadi mustakim; Hairul Fahmi; Maemun Saleh
Jurnal Elektronika Terapan dan Ilmu Komputer Vol. 1 No. 1 (2022): Jurnal Elektronika Terapan dan Ilmu Komputer
Publisher : LPPM STMIK Lombok

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (580.227 KB)

Abstract

Indonesia merupakan salah satu negara yang memiliki potensi pariwisata cukup besar terutama melalui berbagai program pengembangan sesuai dengan ciri khas masing-masing daerah , Desa wisata Lantan merupakan salah satu Desa wisata yang memilliki beragam wisata alam disekitarnya, dalam melakukan pengolahan data tiket yang terjual pihak pengelola dari setiap objek wisata melakukan pendataan dengan cara manual, hal ini membuat proses dalam merekap laporan data tiket yang terjual membutuhkan waktu yang cukup lama dan hasilnya kurang akurat, Dalam menyelesaikan permasalahan yang ada di Desa wisata Lantan maka penulis melakukan perancangan aplikasi pengelolaan tiket wisata pada desa lantan berbasis web yang berfokus pada pendataan tiket yang terjual yang kemudian tersimpan dalam database bisa di rekap sebagai laporan dengan lebih cepat, Hasil dari perancangan ini adalah terciptanya aplikasi yang memudahkan pokdarwis dalam melakukan rekap dari setiap objek wisata.
RANCANG BANGUN SISTEM INFORMASI PENERIMAAN PESERTA DIDIK BARU BERBASIS WEB PADA SMA PLUS MUNIRUL ARIFIN NW PRAYA RIZAL HARTONO; Wire Bagye; Ichwan Purwata
Jurnal Elektronika Terapan dan Ilmu Komputer Vol. 1 No. 1 (2022): Jurnal Elektronika Terapan dan Ilmu Komputer
Publisher : LPPM STMIK Lombok

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1144.845 KB)

Abstract

Abstrak?Penerimaan peserta Didik Baru Berbasis adalah salah satu kegiatan tahunan pada setiap instansi pendidikan khususnya sekolah guna menyaring calon siswa yang terpilih sesuai keritria yang ditentukan oleh setiap sekolah tersebut untuk menjadi peserta didiknya. SMA Plus Munirul Arifin NW Praya melakukan penerimaan peserta didik baru menggunakan sistem konvensional sehingga membutuhkan waktu yang cukup lama untuk memproses data pendaftaran. Oleh karena itu, Sistem Informasi penerimaan Peserta Didik Baru Berbasis Web sangat diminati oleh SMA Plus Munirul Arifin NW Praya untuk mempermudah dan mempercepat jalannya proses pendaftaran di SMA Plus Munirul Arifin NW Praya Kbupaten Lombok Tengah. Pada penelitian ini, peneliti menganalisis sebuah permasalahan yang ada, menggunakan metode pengembangan sistem SDLC. Tahapan yang dilakukan adalah tahap analisis, desain, implementasi dan pengujian sistem. Tahap Analisis dilakukan dengan pengumpulan data (observasi dan wawancara) yang hasilnya dianalisis menggunakan analisis SWOT. Kemudian perancangan menggunakan UML, perancangan database dan perancangan interface. Sistem informasi Penerimaan Peserta Didik Baru pada SMA Plus Munirul Arifin NW Praya dibangun menggunakan perangkat lunak MySql, PHP dan Notepad++. Pengujian sistem dilakukan menggunakan black box testing. Hasil berupa sebuah Aplikasi Sistem Informasi Penerimaan Peserta Didik Baru Berbasis Web pada SMA Plus Munirul Arifin NW Praya yang mampu mempermudah calon siswa baru dalam melakukan pendaftaran. Mempermudah proses pengolahan data pendaftaran sehingga lebih cepat dan efisien.
PERANCANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS MULTIMEDIA UNTUK PELAJARAN AHLUSSUNNAH WAL JAMAAH Lalu Riki Husada Riki; Maulana Ashari; Hasyim Asyari
Jurnal Elektronika Terapan dan Ilmu Komputer Vol. 1 No. 1 (2022): Jurnal Elektronika Terapan dan Ilmu Komputer
Publisher : LPPM STMIK Lombok

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1417.074 KB)

Abstract

Abstrak - Media pembelajaran merupakan suatu alat atau perantara yang berguna untuk memudahkan proses belajar mengajar, dalam rangka mengefektifkan komunikasi antara guru dan siswa. Di Smk Al-Hasanain Beraim metode belajar yang digunakan oleh guru pada mata pelajaran Ahlussunnah Wal Jamaah masih menggunakan metode ceramah yang masih banyak kekurangan. oleh karena itu adanya media pembelajaran merupakan alternatif baru untuk melegkapi kekurangan tersebut sekaligus menjadi alat bahan ajar baru bagi guru yang mengajar. masalah lain seperti ketidak tersediaan buku paket juga bisa diatasi dengan media pembelajaran karena didalamnya terdapat seluruh isi buku paket dalam yang masih dalam bentuk pdf yang sedang di gunakan sekarang. Dan dengan adanya wabah virus corona seperti sekarang siswa juga bisa belajar dengan baik sesuai protokol kesehatan dengan memanfaatkan media pembelajaran seperti ini. Proses perancangan aplikasi media pembelajaran pada SMK Al-Hasanain Beraim Lombok Tengah dilakukan menggunakan aplikasi Swishmax versi 4. Dengan MDLC ( Multimedia Development Life Cycle) sebagai metode pengambangannya, dalam MDLC peneliti melakukan 6 tahapan yaitu concept (pengonsepan), design (Perancangan), material collecting (pengumpulan bahan), assembly (pembuatan), testing (pengujian), distribution ( pendistribusian). dengan adanya aplikasi media pembelajaran interaktif berbasis multimedia bisa menambah bahan ajar baru supaya bisa menambah minat belajar bagi siswa khususnya pada pelajar ASWAJA di Smk Al-Hasanain Beraim.
PENERAPAN MODEL PENGEMBANGAN WATERFALL PADA SISTEM INFORMASI MONITORING PRAKTIK KERJA LAPANGAN DI SMK NEGERI 1 NARMADA Samsu Rizal; Mohammad Taufan Asri Zaen; Wire Bagye
Jurnal Elektronika Terapan dan Ilmu Komputer Vol. 1 No. 1 (2022): Jurnal Elektronika Terapan dan Ilmu Komputer
Publisher : LPPM STMIK Lombok

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1337.461 KB)

Abstract

pengelolaan praktik kerja lapangan di SMK Negeri 1 Narmada belum terkelola dengan baik dan belum terkomputerisasi secara terpadu. Atas dasar dari permasalahan tersebut, maka penelitian ini bertujuan untuk merancang serta membuat aplikasi informasi praktik kerja lapangan berbasis web di SMK Negeri 1 Narmada dan mengetahui tingkat kelayakan yang dikembangkan dari sisi functionality, reliability, usability dan efficiency. Metode penelitian yang digunakan dalam perancangan ini adalah observasi, studi literatur, dan wawancara dengan model pengembangan waterfall, yang terdiri dari analisis, design, Implementation, dan testing. Pengembangan aplikasi informasi ini dibangun menggunakan framework codeigniter sebagai fungsi dari sistem karena memiliki benchmark yang tinggi, performa yang bagus, sehingga lebih mudah dalam pengelolaan sistem. Antar muka sistem menggunakan framework bootstrap yang dapat digunakan untuk berbagai macam perangkat karena bootstrap bersifat responsive. Pengujian dilakukan untuk mengetahui kualitas sistem informasi yang dikembangkan menggunakan metode whitebox testing, blackbox testing dan metode system usability scale testing
RANCANG BANGUN SISTEM INFORMASI PENERIMAAN PESERTA DIDIK BARU PADA MIN 1 LOMBOK TENGAH rohmayani; Wire BAgye
Jurnal Elektronika Terapan dan Ilmu Komputer Vol. 1 No. 1 (2022): Jurnal Elektronika Terapan dan Ilmu Komputer
Publisher : LPPM STMIK Lombok

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1394.507 KB)

Abstract

Penerimaan siswa baru merupakan salah satu proses yang ada di instansi pendidikan seperti sekolah yang berguna untuk menyaring calon siswa yang terpilih sesuai kriteria yang ditentukan oleh sekolah tersebut untuk menjadi peserta didiknya. Selama ini MIN 1 Lombok Tengah melakukan penerimaan peserta didik baru menggunakan sistem manual sehingga membutuhkan waktu lama untuk memproses data pendaftaran. Oleh karena itu, Sistem Informasi Penerimaan Peserta Didik Baru Berbasis Web sangat dibutuhkan untuk mempermudah dan mempercepat pengolahan data pendaftaran di MIN 1 Lombok Tengah Kabupaten Lombok Barat. Pada penelitian ini, peneliti mencoba untuk menganalisis permasalahan yang ada, menggunakan metode pengembangan sistem SDLC. Tahapan yang dilakukan adalah tahap analisis, desain, implementasi dan pengujian sistem. Tahap Analisis dilakukan dengan pengumpulan data (observasi dan wawancara) yang hasilnya dianalisis menggunakan analisis PIECES. Melakukan perancangan model proses menggunakan UML, perancangan database dan perancangan interface. Sistem informasi Penerimaan Peserta Didik Baru pada MIN 1 Lombok Tengah dibangun menggunakan perangkat lunak Apache, MySql, PHP dan Notepad++. Pengujian sistem dilakukan menggunakan black box testing. Aplikasi yang dihasilkan berupa Sistem Informasi Penerimaan Peserta Didik Baru Berbasis Web pada MIN 1 Lombok Tengah yang mampu mempermudah calon siswa baru dalam melakukan pendaftaran. Mempermudah proses pengolahan data pendaftaran sehingga lebih cepat dan efisien.
SISTEM PENILAIAN NILAI RAPORT MENGGUNAKAN METODE EXTREME PROGRAMMING PADA MTS BAITUSSALAM KEDING SAMPI Yudiana Tutik Handayani; Mohammad Taufan Asri Zaen; Saikin Saikin
Jurnal Elektronika Terapan dan Ilmu Komputer Vol. 1 No. 1 (2022): Jurnal Elektronika Terapan dan Ilmu Komputer
Publisher : LPPM STMIK Lombok

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1006.249 KB)

Abstract

Processing of Raport MTs Baitussalam Kending Sampi still uses the conventional system. Actually, by using the existing system, namely Ms. Excel has met the needs. However, problems began to arise because by using Ms. Excel value processing takes a long time, is less efficient, less effective, and never prints out as report cards. In designing this system the researcher uses several research methodologies. For the data collection method, the researcher used the observation method and the interview method for students, academics and the head of study programs. As for the method of analysis, the method used is the PIECES method. In this research, a report card assessment system was developed using the EXTREME programming methodology. The system is used by 4 users, namely students, subject teachers, homeroom teachers, and school principals. The interface is built based on the applicable printed form. Based on the results of functional testing carried out by the black box method. Each feature can run properly and the system can manage student report card assessment data.
IMPLEMENTASI ADDIEDALAM PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BIOLOGI MATERI ORGAN TUMBUHAN (STUDI KASUS : XI MIA 2 SMAN 1 JANAPRIA) LALU GALUH FIRMAN SIHABULLAH; Mohammad Taufan Asri Zaen; Khairul Imtihan
Jurnal Elektronika Terapan dan Ilmu Komputer Vol. 1 No. 1 (2022): Jurnal Elektronika Terapan dan Ilmu Komputer
Publisher : LPPM STMIK Lombok

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1080.307 KB)

Abstract

Pandemic Corona Virus 19 mengakibatkan lumpuhnya sistem pendidikan tatap muka antara pengajar atau guru dan siswa akibatnya penggunaan teknologi dalam pembelajaran banyak perkembangan dan banyak digunakan salah satunya adalah membuat media pembelajaran yang dimana membantu siswa memahami pelajaran tanpa harus bertatap muka dengan pengajar atau guru. Tujuan dari penelitian ini adalah membangun media pembelajaran dan merekapitulasi pengaruhnya dengan mengambil sampel 27 orang siswa. Metode yang digunakan adalah Analyze, Design, Development, Implementation and Evaluation (ADDIE) dan Metode pengujian adalah Black BoxTesting dan User Acceptance Test (UAT). Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pengaruh media pembelajaran yang meliputi 3 aspek antara lain kualitas sistem sebesar 75,7% dengan kriteria interpretasi skor Kuat, kualitas informasi sebesar 76,7% dengan kriteria interpretasi skor Kuat dan kualitas kepuasaan pengguna sebesar 81% dengan kriteria interpretasi skor Sangat Kuat. Kata Kunci: Media Pembelajaran, Analyze, Design, Development, Implementation and Evaluation (ADDIE), User AcceptanceTest (UAT).
SISTEM INFORMASI PEMESANAN DAN PENJUALAN BERBASIS WEB (STUDI KASUS : UD. WISNU BTN PUYUNG INDAH) Ni Wayan Suwiti; Sofiansyah Fadli; Saikin
Jurnal Elektronika Terapan dan Ilmu Komputer Vol. 1 No. 2 (2022): Jurnal Elektronika Terapan dan Ilmu Komputer
Publisher : LPPM STMIK Lombok

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1174.295 KB)

Abstract

Abstrak-BTN Puyung Indah Blok A No. 2, Puyung, Kec. Jonggat, Kab. Lombok Tengah warganya adalah kebanyakan wira usaha. Sistem Pemesanan dan Penjulan masih dilakukan dengan cara manual yaitu data barang, data penjualan dan pembelianya masih dicatat didalam buku besar, begitu juga dengan pencarian datanya sehingga kinerjanya masih belum efektif. Hal ini tercermin pada sering terjadinya kesulitan dalam penyusunan laporan hasil karena harus mengunpulkan kembali data-data transaksi yang sudah dilakukan. Untuk mempermudahkan perhitungan pemesanan dan penjualan, diperlukan sistem terkomputerisasi, dengan adanya sistem ini, setiap proses transaksi dalam system pemesanan dan penjulan dapat dikelola dengan baik.  Metodologi yang digunakan untuk membangun sistem ini adalah Model SDLC. Model ini merupakan sebuah pendekatan terhadap pengembangan perangkat lunak yang sistematik, dengan beberapa tahapan, yaitu: perencanaan, analisis, perancangan, implementasi dan perawatan rancangan menu pada sistem ini dibagi menjadi dua halaman, yaitu halaman admin dan halaman Pengguna / Pengunjung, bahasa pemrograman yang digunakan untuk merancang sistem ini adalah bahasa pemrograman PHP dengan database MySQL, dibantu dengan beberapa tools pendukung lainya.Dengan adanya sistem informasi pemesanan dan penjualan di desa kerembong berbasis web pada secara terkomputerisasi dapat digunakan sebagai alternative dari sistem sebelumnya yang masih menggunakan sistem manual.
SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN SELEKSI CALON KARYAWAN TOKO SENTRAL BUAH MURAH MENGGUNAKAN METODE ARAS Fitri Mirna Hidayati; Maulana Ashari; Mohammad Taufan Asri Zaen
Jurnal Elektronika Terapan dan Ilmu Komputer Vol. 1 No. 2 (2022): Jurnal Elektronika Terapan dan Ilmu Komputer
Publisher : LPPM STMIK Lombok

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (678.921 KB)

Abstract

Abstrak-Pegawai adalah pendukung bagi sebuah perusahaan, karena dengan memiliki pegawai yang bain dan professional dalam bekerja secara kualifikasi dan kriteria yang dibutuhkan perusahaan, disitulah perusahaan tersebut bisa berkembang dan bersaing dengan perusahaan di masa yang akan datang. Begitupun dengan Toko sentral buah murah saat ini membutuhkan Pegawai baru yang sesuai untuk bekerja di Toko sentral buah murah. Tetapi Toko sentral buaha murah saat ini sedang dalam kendala dimana dengan banyaknya peserta calon pegawai yang mengikuti tes seleksi, akibatnya banyaknya berkas bertumpuk yang masuk dan harus disesuaikan dengan kriteria yang dimiliki Toko sentral buaha murah serta memakan waktu yang tidak sedikit, tidak menutup kemungkinan terjadinya berbagai kekeliruan berkas. Untuk mengantisipasi yang akan terjadinya kesalahan dan lama waktu yang dibutuhkan, diusulkan suatu Sistem Pendukung Keputusan untuk menentukan calon karyawan terbaik yang akan bekerja di Toko sentral buaha murah. Dengan metode Sistem Pendukung Keputusan yang digunakan adalah Additive Ratio Assessment (ARAS). Penelitian ini sudah melakukan proses validasi, korelasi, rank, spearman, dan menghasilkan nilai sebesar 0,995. Melalu ujicoba peneliti memperoleh hasil dengan menggunakan metode ARAS dapat digunakan dalam menyeleksi calon karyawan baru pada toko sentral buah murah
IMPLEMENTASI METODE WDS DALAM PEMBANGUNAN JARINGAN HOTSPOT BERBASIS MIKROTIK DI STMIK LOMBOK Lalu Agung Abdul Aziz; Maulana Ashari; Maemun Saleh
Jurnal Elektronika Terapan dan Ilmu Komputer Vol. 1 No. 2 (2022): Jurnal Elektronika Terapan dan Ilmu Komputer
Publisher : LPPM STMIK Lombok

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1773.764 KB)

Abstract

Abstrak ? STMIK Lombok sudah memiliki jaringan internet, namun dilihat dari jumlah pengguna jaringan internet saat ini, belum memenuhi standarisasi kinerja jaringan internet, lokasi pengaksesan jaringan internet oleh Dosen dan Mahasiswa sangat terbatas yaitu pada area ruang Dosen saja, dikarenakan accesspoint yang digunakan hanya satu buah acces point yang ditempatkan di ruang Dosen. Penyebaran sinyal oleh acces point pada ruang Dosen tidak dapat menjangkau semua area Kampus, sehingga para Dosen dan Mahasiswa tidak dapat menggunakan jaringan internet pada saat proses pembelajaran dan Mahasiswa pun tidak dapat mengakses jaringan internet Kampus pada saat berada di dalam ruang kelas masing-masing maupun disaat berada diluar kelas.  Penelitian ini bertujuan untuk Merancang Jaringan Hotspot server  berbasis Mikrotik RouterOS  mengunakan metode  WDS serta menghasilkan rancangan jaringan hotspot menggunakan Mikrotik Router untuk mencakup semua area sehingga Dosen dan Mahasiswa dapat mengakses internet dari semua ruang kelas dan area Kampus. Metode penelitian yang digunakan adalah metode observasi, wawancara, dan literatur. Dari beberapa metode tersebut akan melakukan analisa terhadap permasalahan jaringan dan dibuat perancangan jaringan yang dibutuhkan kemudian dilakukan pengujian terhadap hasil perancangan yang baru. Peralatan yang dibutuhkan adalah Sistem Operasi Mikrotikos,Winbox,VirtualBox dan Graphical Network Simulator 3 (GNS 3) sebagai software simulasi untuk pengujian hasil perancangan jaringan hotspot. Hasil penelitian yang didapatkan dari perancangan jaringan hotspot berupa  adanya hotspot login, meningkatnya kecepatan akses internet dengan efisiensi yang mencakup semua ruang kelas dan area Kampus dan setiap user-user yang ingin login ke hotspot, memerlukan username dan password dari admin, tanpa username dan password dari admin, user tidak dapat terautentikasi dengan benar sehingga user tidak dapat login hotspot dan tidak bisa mengakses internet

Page 1 of 2 | Total Record : 15