cover
Contact Name
Acep Hendra
Contact Email
acep.hendra@unpas.ac.id
Phone
+628122108395
Journal Mail Official
pasinformatika@unpas.ac.id
Editorial Address
Alamat Redaksi : Program Studi Teknik Informatika Kampus IV Universitas Pasundan Gedung B Lantai 2 Jl. Dr. Setiabudi No. 193 Bandung
Location
Kota bandung,
Jawa barat
INDONESIA
Jurnal Pasundan Informatika
Published by Universitas Pasundan
ISSN : 29865352     EISSN : 29865360     DOI : -
JURNAL yang diterbitkan oleh Program Studi Teknik Informatika Universitas Pasundan, terbit dua kali setahun, bertujuan menjadi wadah PUBLIKASI ILMIAH dari penelitian bidang Teknik Informatika. Jurnal menjadi wadah publikasi gagasan orisinil dan hasil penelitian bidang informatika/ilmu komputer yang meliputi Artificial Intelligence, Software Engineering, Computer Networking & Security, Datawarehouse & Datamining, Enterprise System (SCM, ERP, CRM), Human Computer & Interaction, Image Processing, Information Retrieval, Information System, Mobile Computing & Application, Multimedia System, Data Science dan lain-lain. Hasil penelitian ini sebagai media penyebaran ide, kreatifitas dan pengembangan keilmuan terkini bidang keinformatikaan yang akan meningkatkan kualitas penelitian dan pendidikan ditingkat regional dan nasional.
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol. 2 No. 2 (2023): PasInformatik Edisi 02, Juli 2023" : 6 Documents clear
Perancangan Aplikasi Belajar Matematika (Smartmath) Menggunakan Metode User Centered Design: (Studi Kasus : Sekolah Dasar Kelas 1) Adrian Hartanto Hidayat; Caca E. Supriana
JURNAL PASUNDAN INFORMATIKA Vol. 2 No. 2 (2023): PasInformatik Edisi 02, Juli 2023
Publisher : Program Studi Teknik Informatika Universitas Pasundan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Smartmath adalah aplikasi belajar matematika untuk tingkat/kelas 1 Sekolah Dasar, pada siswa tingkat kelas 1, siswa berumur 6 sampai 7 tahun yang sedang mengalami pengembangan kemampuan kognitif, sehingga membutuhkan adanya pendampingan belajar ataupun media belajar yang memumpuni ketika belajar diluar sekolah. Pada proses pembelajaran matematika, materi yang disampaikan harus jelas dan mudah difahami mengingat matematika adalah ilmu abstrak. Disamping itu proses belajar matematika harus tetap menyenangkan dan membuat kesan pertama yang baik bagi siswa, serta memberikan pemahaman materi yang jelas dengan menggunakan pendekatan mengajar matematika yaitu Realistic Mathematic Education (RME). Penelitian ini berfokus pada desain aplikasi belajar dengan menggunakan metode User Centered Design. Konsep dari metode ini ialah desain antarmuka yang dibuat berfokus pada tujuan kegunaan, karakteristik pengguna, lingkungan, dan alur kerja di dalam desain. Hasil akhir dari penelitian ini berupa desain antarmuka aplikasi belajar matematika untuk siswa sekolah dasar tingkat kelas 1 yang akan dilakukannya pengujian Usability Testing.
Pelacak Lokasi Perjalanan Logistik Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jawa Barat Menggunakan Work System Framework Erik
JURNAL PASUNDAN INFORMATIKA Vol. 2 No. 2 (2023): PasInformatik Edisi 02, Juli 2023
Publisher : Program Studi Teknik Informatika Universitas Pasundan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Komisi Pemilihan Umum (KPU) memiliki peran sangat penting dalam penyelenggaraan pemilihan umum yang mencakup pemilihan presiden dan anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR), Dewan Perwakilan Daerah (DPD), Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) tingkat Provinsi, dan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) tingkat Kabupaten/Kota. Menurut Peraturan Komisi Pemilihan Umum Nomor 15 Tahun 2018 pasal 1 ayat (7),(8),(9) bahwa Komisi Pemilihan Umum dibentuk secara berjenjang yang terbagi menjadi 3 (tiga) tingkatan yaitu Komisi Pemilihan Umum Republik Indonesia tingkat pusat (KPU RI), Perlengkapan pemungutan suara yang paling vital adalah surat suara, sebagai media untuk mengkorversi suara menjadi kursi. Dibawah disajikan grafik kebutuhan surat suara untuk pemilihan DPR RI di Jawa Barat. Penelitian ini memiliki focus penelitian diantara lain Penelitian berfokus pada aktifitas logistik surat suara Pemilu dan pada pengiriman logistik yaitu sistem traking pada perjalanan kendaraan pembawa logistik. Agar informasi pemantauan pada perjalanan kendaraan logistik menuju ke tujuan dapat diketahui, maka dari itu dibutuhkan system informasi untuk mempermudah pemantauan perjalanan.
Perancangan Ulang Game Edukasi Bahasa Inggris menggunakan Digital Game Based Learning Method Fadhlanrashif Ibrahim Supriana; Ririn Dwi Agustin; Fajar Darmawan
JURNAL PASUNDAN INFORMATIKA Vol. 2 No. 2 (2023): PasInformatik Edisi 02, Juli 2023
Publisher : Program Studi Teknik Informatika Universitas Pasundan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Game edukasi adalah game yang didesain untuk merangsang kecerdasan anak. Game edukasi bertujuan untuk belajar dan menarik perhatian siswa. Game edukasi adalah gabungan dari konten edukasi, prinsip belajar dan game computer. Game dengan jenis edukasi berfungsi untuk memancing minat belajar siswa terhadap materi pelajaran yang telah disajikan pada game tersebut. Bahasa Inggris adalah pelajaran yang harus dipelajari oleh siswa Sekolah Dasar, pemanfaatan game edukasi dapat mendukung siswa dalam memahami pelajaran Bahasa Inggris. Penelitian ini akan menggunakan metode game based learning yang dimana terdapat beberapa pendekatan yaitu pendekatan sosio/cultural, pendekatan afektif, pendekatan kognitif, dan pendekatan motivas. Perancangan game ini akan meliputi pengetahuan Bahasa Inggris yang diberikan kepada siswa. Perancangan game ini meliputi pembuatan soal Bahasa Inggris yaitu belajar kosa kata, mengartikan kalimat sederhana dan melafalkan kata, perancangan game mechanic, hasil atau nilai yang diberikan apabila menjawab pertanyaan yang diberikan, perancangan estetika, pembuatan musik pada game dan balancing pada game sehingga game menjadi menantang untuk siswa. Hasil dari perancangan game edukasi Bahasa Inggris dengan studi kasus Wayang Quest. Wayang Quest adalah game edukasi Bahasa Inggris dengan genre trivia, crossword, action, turn-based yang dimana karakter yang digunakan pemain adalah karakter wayang mengacu pada kebudayaan. Game ini dirancang dimainkan di mobile device sehingga memudahkan siswa mengakses game tersebut. Manfaat dari game ini adalah mempermudah pemahaman siswa untuk pelajaran Bahasa Inggris.
Optimasi SEO Website Universitas Pasundan (unpas.ac.id) Dalam Rangka Peningkatan Rangking Webometrics Ferry Mulyanto; M. Tirta Mulia
JURNAL PASUNDAN INFORMATIKA Vol. 2 No. 2 (2023): PasInformatik Edisi 02, Juli 2023
Publisher : Program Studi Teknik Informatika Universitas Pasundan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Webometrics merupakan disiplin ilmu untuk mengukur website secara kuantitatif. Tujuan utamanya yaitu untuk melakukan rangking terhadap website perguruan tinggi yang ada di seluruh dunia, saat ini webometrics dikelola oleh Cybermetrics Lab (Spanish National Research Council, CSIC. Dengan adanya penilaian webometrics ini secara tidak langsung mendorong perguruan tinggi untuk memiliki strategi dalam mengelola konten digitalnya. Metode SEO yang akan digunakan yaitu menggunakan Off page SEO, metode ini menitik beratkan pada peningkatan nilai PageRank. PageRank sendiri memiliki konsep secara umum yaitu sebuah ranking halaman website yang dihitung berdasarkan banyaknya website lain yang mencamtumkan link website tersebut atau yang dikenal sebagai Backlink, dan juga dinilai berdasarkan rangking website yang mencantumkan link tersebut. Sehingga semakin banyak dan berkualitas link yang masuk maka akan mengkongrak nilai PageRank website tersebut. Dengan menerapkan metode Off page SEO pada website unpas.ac.id maka diharapkan dapat meningkatkan point penilaian Impact dan secara tidak langsung akan meningkatkan rangking webometrics Universitas Pasundan pada umumnya.
Identifikasi Kerentanan Terhadap Serangan Slot Backdoor Pada Website di Indonesia Dengan Menggunakan Metode OSINT Miftahul Fadli Mutaqin; Doddy Ferdiansyah
JURNAL PASUNDAN INFORMATIKA Vol. 2 No. 2 (2023): PasInformatik Edisi 02, Juli 2023
Publisher : Program Studi Teknik Informatika Universitas Pasundan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Kejadian yang berhubungan dengan peretasan dan kebocoran data di dunia siber semakin meningkat. Kejadian ini tercatat bahwa dalam kuartal II tahun 2022, kasus-kasus kebocaran data di Indonesia melonjak sampai 143%. Beberapa kasus yang terjadi tidak hanya dari sektor perdagangan digital (e-commerce), tetapi terjadi juga pada sektor pendidikan, industri, sampai dengan pemerintahan. Hal ini tidak lepas dari sistem yang kurang aman, baik dalam pengembangannya atau pemeliharannya. Salah satu kasus yang diangkat dalam penelitian ini adalah maraknya website-website di Indonesia yang diretas oleh hacker dengan mengubah halaman website tersebut menjadi halaman website ilegal (judi atau slot). Sehingga tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi kerentanan (vulnerability) yang terjadi pada website yang terkena peretasan dengan menggunakan metode Open Source Intelligent (OSINT).
Perancangan Digital Asset Management untuk Pengelolaan Dokumen di Lingkungan Perguruan Tinggi: (Studi Kasus: Teknik Informatika Universitas Pasundan) Mellia Liyanthy
JURNAL PASUNDAN INFORMATIKA Vol. 2 No. 2 (2023): PasInformatik Edisi 02, Juli 2023
Publisher : Program Studi Teknik Informatika Universitas Pasundan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Dokumen merupakan hal penting dalam mendukung aktivitas sebuah institusi, termasuk Perguruan Tinggi. Pengelolaan dokumen yang tidak baik dapat menyebabkan penyalahgunaan, kehilangan, duplikasi dan memerlukan waktu yang lama untuk pencariannya. Dokumen dengan jenis yang beragam (multimedia) juga menambah kompleksitas dari pengelolaan dokumen. Digital Asset Management (DAM) merupakan konsep pengelolaan dokumen yang dapat meliputi dokumen-dokumen multimedia, serta menawarkan konsep repository dan workflow sehingga pengelolaannya dapat lebih efektif dan efisien, serta menjamin otentifikasi dari dokumen yang dikelolanya. DAM Perguruan Tinggi (DAM-PT) yang telah dirancang meliput perancangan katalog, metadata, fungsi-fungsi repositori dan hak aksesnya, user interface, integrasi jaringan, dan arsitektur aplikasinya, berdasarkan hasil requirement analysis yang telah dilakukan sebelumnya.

Page 1 of 1 | Total Record : 6