cover
Contact Name
Acep Hendra
Contact Email
acep.hendra@unpas.ac.id
Phone
+628122108395
Journal Mail Official
pasinformatika@unpas.ac.id
Editorial Address
Alamat Redaksi : Program Studi Teknik Informatika Kampus IV Universitas Pasundan Gedung B Lantai 2 Jl. Dr. Setiabudi No. 193 Bandung
Location
Kota bandung,
Jawa barat
INDONESIA
Jurnal Pasundan Informatika
Published by Universitas Pasundan
ISSN : 29865352     EISSN : 29865360     DOI : -
JURNAL yang diterbitkan oleh Program Studi Teknik Informatika Universitas Pasundan, terbit dua kali setahun, bertujuan menjadi wadah PUBLIKASI ILMIAH dari penelitian bidang Teknik Informatika. Jurnal menjadi wadah publikasi gagasan orisinil dan hasil penelitian bidang informatika/ilmu komputer yang meliputi Artificial Intelligence, Software Engineering, Computer Networking & Security, Datawarehouse & Datamining, Enterprise System (SCM, ERP, CRM), Human Computer & Interaction, Image Processing, Information Retrieval, Information System, Mobile Computing & Application, Multimedia System, Data Science dan lain-lain. Hasil penelitian ini sebagai media penyebaran ide, kreatifitas dan pengembangan keilmuan terkini bidang keinformatikaan yang akan meningkatkan kualitas penelitian dan pendidikan ditingkat regional dan nasional.
Articles 24 Documents
Klasifikasi Ekspresi Wajah Menggunakan Metode Convolutional Neural Network(Studi Kasus Kuliah Daring) Dwiki Darmawan; Handoko Supeno
JURNAL PASUNDAN INFORMATIKA Vol. 1 No. 01 (2022): PasInformatik Edisi 01 Januari 2022
Publisher : Program Studi Teknik Informatika Universitas Pasundan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1616.562 KB)

Abstract

Perubahan cara belajar pada tahun 2020 menjadikan media daring sangat dibutuhkan karena dengan adanya pandemi covid-19 maka semua instansi Pendidikan dan pemerintah hampir di seluruh dunia mulai menuntut agar pembelajaran menggunakan media daring yang disediakan instansi masing-masing maupun media pihak ketiga. cara belajar daring ini memiliki beberapa kekurangan seperti tingkat antusias belajar yang dirasa tidak diketahui, maka dari itu untuk mengetahui tingkat antusias suatu pembelajaran daring tadi diperlukan media untuk mengenali antusiasme dari pengguna video conference guna mendapatkan feedback yang dapat diukur apakah antusiasme pembelajaran sesuai dengan apa yang diharapkan oleh pengajar, maka pembuatan model deep learning untuk klasifikasi ekspresi wajah menggunakan metode Convolutional neural network dilakukan untuk mengetahui antusiasme dari kuliah daring dengan cara melihat real-time webcam yang diklasifikasikan oleh ekspresi yang sudah ditentukan atau dengan meninjau ulang dari rekaman perkuliahan yang sudah terjadi. Hasil akurasi menjadi tolok ukur seberapa akurat pembelajaran yang diterima untuk mengklasifikasikan ekspresi wajah guna mengetahui antusias pada model sebanyak 36.000 dataset dengan 64 % akurasi untuk melakukan deteksi ekspresi wajah pada sebuah frame video, dimana pada studi kasus ini tingkat tidak antusiasnya belajar secara daring lebih tinggi 1% dibandingkan dengan tingkat antusias belajar siswa di masa pandemi covid-19.
Perancangan Game Edukasi untuk Orientasi Mahasiswa Baru Berbasis Massively Multiplayer Online Rifqi Nauval Taufiqurrohman; Handoko Supeno; Fajar Darmawan
JURNAL PASUNDAN INFORMATIKA Vol. 1 No. 01 (2022): PasInformatik Edisi 01 Januari 2022
Publisher : Program Studi Teknik Informatika Universitas Pasundan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (848.894 KB)

Abstract

Pandemi COVID-19 memengaruhi kegiatan pendidikan tinggi yang mengakibatkan salah satu aspek penting yaitu masa orientasi harus dilaksanakan melalui daring. Hal tersebut menimbulkan permasalahan dari sisi mahasiswa baru yang berdasarkan kuesioner terdapat beberapa masalah seperti koneksi internet yang tidak bagus, suara bising dari luar dan kemampuan menangkap materi melalui video conference yang berbeda – beda. Untuk mengatasi permasalahan tersebut maka ditawarkan sebuah solusi untuk menunjang pembelajaran pada saat masa orientasi yaitu melalui game yang berbasis massively multiplayer online. Game sebagai media hiburan memiliki potensi untuk menyampaikan materi – materi pada masa orientasi dengan cara yang menyenangkan dan bisa dimainkan secara fleksibel di mana saja dan kapan saja. Game yang ditawarkan memiliki konsep MMORPG yang memungkinkan pemain melakukan misi terkait pembelajaran, bekerja sama di dalam game dan menguji pemahaman materi melalui battle. Metodologi yang digunakan yaitu digital game-based learning yang menerapkan pembelajaran terpusat melalui game untuk tujuan pembelajaran. Hasilnya menurut kuesioner pengujian yang sudah diisi oleh responden mahasiswa dan dosen, aspek pembelajaran dan game design yang diimplementasikan ke dalam game sudah dianggap bagus dan berpotensi untuk bisa menjadi media penunjang masa orientasi bagi mahasiswa baru.
Pemanfaatan Blended Learning Model Dalam Kuliah Perancangan Sistem Di Program Studi Teknik Informatika Caca E Supriana
JURNAL PASUNDAN INFORMATIKA Vol. 1 No. 01 (2022): PasInformatik Edisi 01 Januari 2022
Publisher : Program Studi Teknik Informatika Universitas Pasundan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (763.421 KB)

Abstract

Blended Learning adalah pendekatan yang memberikan solusi pendidikan inovatif melalui perpaduan efektif antara pengajaran tatap muka di kelas dengan pembelajaran seluler dan aktivitas online untuk guru, pelatih, dan siswa. Konsep ini berakar pada gagasan bahwa belajar bukan hanya peristiwa satu kali, belajar adalah proses yang berkelanjutan. Pemanfaatan blended learning dengan dukungan media digital dan online melalui internet menjadi sangat penting khususnya untuk para mahasiswa belajar di rumah selama masa pandemik Covid-19. Penelitian ini akan menganalisis blended learning model yang cocok digunakan dalam kuliah perancangan sistem, sebagai bagian dari siklus hidup pengembangan sistem yang diajarkan di Program Studi Teknik Informatika Universitas Pasundan. Bagaimana blended learning dapat diaplikasikan dalam kuliah e-learning yang mengacu pada kurikulum tetapi dengan mengantisipasi kemungkinan pembelajaran tatap muka jika kondisi setelah pandemik memungkinkan. Analisis akan melihat pada bahan ajar perancangan sistem, dengan studi kasus kuliah interaksi manusia komputer, bagian yang bisa didukung oleh media digital, tatap muka dan kombinasi keduanya. Evaluasi dilaksanakan terhadap model yang digunakan untuk memastikan kemudahan transfer pengetahuan dari dosen terhadap mahasiswa, kemudahan dalam pengajaran dan pemenuhan target kurikulum dari perancangan sistem. Manfaat dari penelitian ini adalah penggunaan model blended learning yang tepat, evaluasi dengan studi kasus untuk mendukung pelaksanaan kuliah dan memenuhi tujuan pembelajaran sepanjang hayat baik untuk mahasiswa ataupun dosen pengajar.
Perancangan Model Penilaian Kualitas Informasi di Fanpage Facebook Asep Somantri
JURNAL PASUNDAN INFORMATIKA Vol. 1 No. 01 (2022): PasInformatik Edisi 01 Januari 2022
Publisher : Program Studi Teknik Informatika Universitas Pasundan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (966.736 KB)

Abstract

Pada saat terjadinya pertumbuhan kuantitas ketersediaan informasi, maka kualitas informasi menjadi faktor yang sangat penting, agar dapat dimanfaatkan oleh organisasi maupun individu untuk menentukan sikap terhadap situasi yang sedang dihadapi. Banyak pengguna Facebook yang menjadikan informasi yang ditulis oleh pemilik Fanpage Facebook sebagai pijakan untuk menentukan sikap terhadap situasi yang terjadi pada lingkungannya. Salah satu hal penting yang perlu disadari oleh pengguna Facebook adalah tidak semua informasi yang ditulis oleh pemilik Fanpage merupakan informasi yang berkualitas, sehingga belum tentu dapat dijadikan pijakan untuk menentukan sikap terhadap situasi yang sedang dihadapi. Hal tersebut mendorong dilakukannya penelitian ini yang bertujuan untuk membuat sebuah model yang diharapkan dapat dimanfaatkan sebagai panduan untuk menilai informasi yang ditulis oleh sebuah Fanpage Facebook. Model dibentuk dengan menggunakan metode inovatif dengan tahapan yang disusun berdasarkan hasil kajian terhadap beberapa konsep dan teori dari penelitian terdahulu, yaitu konsep informasi pada media sosial, metode pengolah teks, teori kualitas infomasi dan kredibilitas sumber data.
Integrasi Payment Gateway Untuk Donasi Menggunakan Framework Flutter (Studi Kasus Donasi HMTIF UNPAS) Nurul Fauziah; Fajar Darmawan; Wanda Gusdya
JURNAL PASUNDAN INFORMATIKA Vol. 1 No. 01 (2022): PasInformatik Edisi 01 Januari 2022
Publisher : Program Studi Teknik Informatika Universitas Pasundan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (946.869 KB)

Abstract

Dengan adanya covid-19 yang sedang terjadi saat ini (sept 2020) terjadi dampak serius dalam berbagai sektor, tidak hanya sektor eknonomi fenomena tersebut juga berpengaruh dalam sektor pendidikan, khususnya Perguruan Tinggi. Menurut Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) bahwa angka putus kuliah meningkat di tengah pandemi Covid-19. Bahkan tingkat putus kuliah bisa mencapai 50 persen (Sept 2020). Donasi adalah sebuah pemberian dari perorangan atau badan hukum kepada pihak tertentu yang mempunyai sifat sukarela dengan tanpa adanya imbalan yang bersifat keuntungan, dengan adanya teknologi internet dan payment gateway kini donasi mulai beralih ke sistem online. Maka dari itu munculah gagasan untuk mengintegrasikan payment gateway pada aplikasi donasi sebagai metode pembayaran online yang dapat meminimalisir keteledoran manusia dan membuat transaksi dapat dilakukan dimana saja dan kapan saja. Penelitian ini menggunakan metodologi dengan tahapan yang dimulai dari Identifikasi masalah, lalu pengumpulan data dengan menggunakan kuesioner dan studi literatur, Analisis dan perancangan yang dilakukan berdasarkan hasil identifikasi masalah serta terhadap teknologi yang digunakan, lalu implementasi bagaimana mengintegrasikan teknologi payment gateway dengan Framework Flutter. Hasil akhir dari penelitian ini adalah dengan dihasilkannya aplikasi donasi berbasis mobile yang sudah terintegrasi dengan payment gateway yang dapat membantu melakukan pembayaran atau transaksi secara online.
Perancangan Knowledge Management System Tugas Akhir Mahasiswa Ahmad Wahyudin; Caca E Supriana; Shanti Herliani
JURNAL PASUNDAN INFORMATIKA Vol. 1 No. 01 (2022): PasInformatik Edisi 01 Januari 2022
Publisher : Program Studi Teknik Informatika Universitas Pasundan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1400.613 KB)

Abstract

Pengetahuan yang ada pada pembimbingan dan penyelesaian tugas akhir mahasiswa adalah pengetahuan yang diketahui serta dipahami oleh mahasiswa dan dosen pembimbing, umumnya proses pengelolaan pengetahuan kurang diidentifikasi dan disimpan dengan baik. Penelitian ini membahas bagaimana pengetahuan yang dimiliki oleh mahasiswa dan dosen pembimbing dapat diidentifikasi, dikelola dan disebarkan ke mahasiswa dan dosen yang lain. Dalam pelaksanaan dan proses pembuatan tugas akhir ini mahasiswa sering mendapat kesulitan dalam menentukan judul/topik yang sesuai minat serta menentukan pembimbing yang sesuai dengan pengetahuan/bidang keilmuan yang tepat. Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis sistem informasi pengelolaan tugas akhir dan merancang Knowledge Management System dengan tempat studi kasus di program Studi Teknik Informatika Universitas Pasundan dengan menggunakan reservoirs of knoweldge sebagai framework untuk menganalisis dan mengidentifikasi orang, artefak, dan entitas organisasi, dengan memahami proses-proses dalam sistem informasi pengelolaan tugas akhir. Hasil dari penelitian ini adalah Perancangan Knowledge Management System Tugas Akhir Mahasiswa dengan manfaat untuk memudahkan mahasiswa dalam mencari pengetahuan yang ada dalam memulai, melaksanakan dan menyelesaikan tugas akhirnya dan membantu mahasiswa dalam mencari topik penelitian dan pembimbing yang sesuai.
Visualisasi Data Curah Hujan Daerah Aliran Sungai Citarum Hulu Sebagai Indikator Ketersediaan Air Di Bandung Raya Dengan Menggunakan Metode The Seven Stages Of Visualizing Data Riksa Galih Purnama; Anggoro Ari Nurcahyo
JURNAL PASUNDAN INFORMATIKA Vol. 1 No. 02 (2022): PasInformatik Edisi 02 Juli 2022
Publisher : Program Studi Teknik Informatika Universitas Pasundan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Teknologi informasi dapat membantu dalam mengolah data sehingga dihasilkannya informasi yang bermanfaat masyarakat dan instansi yang memanfaatkan sumber daya air sebagai sarana dalam perencanaan maupun pengambilan keputusan. Pengolahan data yang tepat dapat menghasilkan output yang baik dan akan memudahkan semua pihak dalam menerima hasil dari pengolahan data, salah satu output tersebut yaitu Visualisasi Data. Visualisasi data merupakan salah satu media output dari pengolahan data yang memiliki tujuan untuk merepresentasikan informasi hasil pengolahan data sehingga dapat memudahkan pihak dalam mengetahui makna dari informasi hasil pengolahan data tersebut. Penelitian ini dilakukan untuk membantu pihak yang memanfaatkan sumber daya air terutama masyarakat dalam usaha mengefisienkan pemanfaatan sumber daya air dan menyediakan media informatif untuk mengetahui ketersediaan air bagi masyarakat khususnya, juga dapat digunakan oleh instansi yang memanfaatkan sumber daya air serta diketahuinya visualisasi data curah hujan dan tren curah hujan di Daerah Aliran Sungai (DAS) Citarum Hulu. Penelitian dilakukan dengan melakukan identifikasi masalah terhadap peristiwa yang terjadi agar diketahui solusi sementara untuk mengatasi masalah tersebut, pengumpulan data dengan melakukan wawancara, studi literatur dan dokumen yang berkaitan dengan visualisasi data curah hujan, pengolahan data yang dilakukan berdasarkan pengumpulan data yang telah dilakukan dan visualisasi data berdasarkan metode The Seven Stages of Visualizing Data. Salah satu dokumen yang penting digunakan pada visualisasi data ini yaitu Data Curah Hujan Harian di setiap pos hujan DAS Citarum Hulu beserta sebaran pos hujan dan batas Sub DAS yang didapatkan dari Pusat Penelitian dan Pengembangan Sumber Daya Air (PUSAIR). Hasil akhir dari penelitian ini adalah visualisasi data curah hujan serta tren curah hujan di DAS Citarum Hulu dan juga contoh penerapan untuk usaha dalam pemanfaatan sumber daya air.
Rancang Bangun Portal Pembelajaran Online Menggunakan Framework Laravel Muhammad Ardan; Handoko Supeno; R. Sandhika Galih Amalga
JURNAL PASUNDAN INFORMATIKA Vol. 1 No. 02 (2022): PasInformatik Edisi 02 Juli 2022
Publisher : Program Studi Teknik Informatika Universitas Pasundan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (743.83 KB)

Abstract

Saat ini pembelajaran telah berevolusi menggunakan media internet sehingga siswa dapat belajar dimanapun dan kapanpun. Web adalah salah satu teknologi yang memungkinkan pembelajaran online yang berbentuk e-learning menjadi mungkin. Untuk dapat membangun web secara efektif dan efisien maka pengembang menggunakan framework dalam pengembangan aplikasinya. Salah satu framework yang handal adalah Laravel. Tujuan dari penelitian ini adalah melakukan pembangunan portal pembelajaran online dengan efektif menggunakan framework laravel. Pembangunan web tersebut dilakukan melalui beberapa tahapan antara lain analisis, perancangan, pembangunan, pengujian, dan implementasi. Untuk meningkatkan motivasi siswa dalam pembelajaran jarak jauh maka maka diimplementasikan beberapa elemen gamifikasi. Hasil dari penelitian ini adalah produk web elearning dengan beberapa fitur untuk pembelajaran jarak jauh. Penggunaan framework Laravel dan tahapan pengembangan web yang terstruktur telah berhasil menghasilkan produk web yang bisa dimanfaatkan serta dibangun secara efektif dan efisien. Implementasi aspek gamifikasi seperti leaderboard dan badge terbukti meningkatkan motivasi siswa dalam mendalami materi yang diajarkan pada portal pembelajaran yang dibangun.
Perancangan Dokumentasi Disaster Recovery Plan Terhadap Data APBD Berdasarkan ISO 24762:2008: (Studi Kasus : Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kota Bandung) Indra Yudha Pratama; Rita Rijayanti; Doddy Ferdiansyah
JURNAL PASUNDAN INFORMATIKA Vol. 1 No. 02 (2022): PasInformatik Edisi 02 Juli 2022
Publisher : Program Studi Teknik Informatika Universitas Pasundan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1317.114 KB)

Abstract

Kebutuhan terhadap data yang terus meningkat menjadikan data sebagai aset penting bagi seperti instansi pemerintah. Hal inipun tidak lepas dari risiko kehilangan akses data akibat bencana yang mungkin terjadi setiap saat. Dewan perwakilan rakyat (DPRD) Kota Bandung Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Bandung yang memiliki tugas Pokok melaksanakan Pengawasaan terhadap Pelaksanaan Peraturan Daerah dan APBD Kota Bandung nomor 58 Tahun 2005 tentang Pengelolaan Keuangan Daerah, Anggaran Pendapatan Daerah (APBD) diatur dengan peraturan daerah. Saat ini Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kota Bandung masih belum memiliki dokumen terkait dengan disaster recovery plan, karena tidak lepas dari kemungkinan terjadinya bencana seperti; bencana alam, kebakaran, kesalahan manusia, data corrupt, maupun serangan kepada sistem seperti virus. Mengingat data yang tersimpan di DEWAN PERWAKILAN RAKYAT DAERAH Kota Bandung sangatlah penting yang memiliki dasar hukum dan dilindungi Undang-Undang, maka penelitian ini bertujuan untuk merancang dokumen Disaster recovery plan yang difokuskan pada penggunaan teknologi informasi (TI) untuk pemulihan kinerja sistem, aplikasi atau sebuah fasilitas komputer yang dijalankan dari suatu tempat yang berbeda (off-site) ketika terjadi situasi darurat di DRPD Kota Bandung. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Risk Assessment.
Pengukuran Kualitas Antarmuka Aplikasi Web Menggunakan Heuristic Evaluation: (Studi Kasus : if.unpas.ac.id) Alysa Yuandra Pratiwi; Sali Alas Majapahit; Asep Somantri
JURNAL PASUNDAN INFORMATIKA Vol. 1 No. 02 (2022): PasInformatik Edisi 02 Juli 2022
Publisher : Program Studi Teknik Informatika Universitas Pasundan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (542.278 KB)

Abstract

Website Teknik Informatika Universitas Pasundan (if.unpas.ac.id) merupakan company profile yang digunakan sebagai media untuk memperkenalkan identitasnya kepada dunia luar. Tujuan dibuatnya website ini adalah untuk menjawab kebutuhan akan pengenalan program studi kepada seluruh masyarakat, tanpa batasan ruang dan waktu. Website Teknik Informatika Universitas Pasundan memuat informasi mulai dari sejarah, visi misi, profil dan kegiatan di Program Studi Teknik Informatika. Halaman interface website merupakan bagian terpenting dimana pengguna sering menilai suatu sistem dari interface website. Salah satu aspek terpenting untuk kualitas situs web adalah kegunaan (usability), terutama dalam hal interaksi dengan pengguna. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi interface yang diterapkan pada website, pengukuran dilakukan dengan menganalisis website, serta mewawancarai pengelola website. Dengan menggunakan salah satu metode usability yaitu heuristic evaluation yang bertujuan untuk menilai usability atau kualitas dari website dan untuk menilai apakah aplikasi tersebut layak untuk digunakan atau perlu ditingkatkan bahkan dapat dikembangkan menjadi aplikasi yang lebih baik. Metode ini memiliki 10 variabel yang menjadi parameter untuk menentukan kualitas antarmuka website. Cara kerja metode ini adalah dengan menentukan 3 responden yang akan dijadikan evaluator, kemudian evaluator mengisi kuesioner yang berisi beberapa pertanyaan terkait dengan 10 variabel tersebut. Dari metode ini akan diperoleh kesimpulan dan saran. Hasil akhir dari penelitian ini adalah tingkat kualitas website Teknik Informatika Universitas Pasundan berdasarkan 10 prinsip evaluasi heuristik yang akan digunakan sebagai rekomendasi perbaikan website.

Page 1 of 3 | Total Record : 24